SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 20 Aug 2014, 19:38

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 37 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 26 Mar 2003, 19:23 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 10 Sep 2002, 08:57
Posts: 257
Location: Jakarta/Bandung
Kalo gak salah sih Honda Tiger, tapi sekarang2 Yamaha Jupiter terang juga.
Gimana sih bikin lampu motor terang banget, saya pernah punya Yamaha crypton, lampu depan pakai relay dan catu dayanya diambil dari aki, gak terang juga.
Mo ganti bohlam, gak dapet yang watt besar tuh.....
Gimana dunk biar bisa seterang Honda Tiger


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Mar 2003, 07:22 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 20 Aug 2002, 15:16
Posts: 466
Pakai aja bohlam Halogen berwatt besar, misalnya H4 50/60 watt. Arus listriknya jangan dari aki, karena akan cepat drop. Kecuali kalo akinya lebih dari 6 ampere ndak masalah. 12v x 6 Amp = 72 watt tidak masalah untuk mengangkat lampu 60 watt.

Ambil saja arus yang keluar dari sepul dan belum masuk regulator/kiprok, dijamin terang. Karena kiprok akan membatasi arus yang keluar dari sepul. Tapi pada putaran rendah kurang stabil alias agak redup. Rata-rata tegangan optimum dihasilkan pada 4000 rpm dan mesin akan bekerja optimum diatas 3500 rpm.

Masalahnya untuk reflektor lampu yang terbuat dari plastik akan lebih mudah rusak (meleleh). Hal ini sudah saya coba pada Kawasaki Ninja R, untuk Jupiter lebih baik mengambil langkah dibawah ini :

Sambung aja lampu jauhnya ke aki langsung, lebih baik lagi dilengkapi relay. Sehingga arus yang keluar lebih optimal ke lampu. Maka lampu dekat dan jauh akan dapat menyala bersama-sama. Hal ini pernah saya coba ke F1Z dan Satria, hasilnya lampu F1Z-nya hampir menyamai lampu Ninja diatas. Gunakan saja lampu asli pabrik (Stanley) karena awet, kalo pakai yang biasa mudah putus karena panasnya akan tinggi. Tapi aman kok buat reflektornya.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Mar 2003, 11:38 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 10 Sep 2002, 08:57
Posts: 257
Location: Jakarta/Bandung
Wah kalo lampu jauh dan dekat nyala bersama2 , gimana cara maen lampu dekat dan jauh. Kalo lagi pengen make lampu jauh sih ga masalah, cuma kasian yg dari depan kan silau man.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Mar 2003, 12:53 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
wah saran gw segh untuk yg lampu terang sbaiknya untuk yg sering kluar kota or tinggalnya di pinggir kota gitu masalahnya kan banyak tempat gelap kalo kita kluar kota sebaliknya kalo dikota mah dah terang n malah kasian bagi si pengendara yg berlawanan arah dengan kita karena silau malah bisa 2 menyebabkan kecelakaan

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 27 Mar 2003, 12:54 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
indy wrote:
Pakai aja bohlam Halogen berwatt besar, misalnya H4 50/60 watt. Arus listriknya jangan dari aki, karena akan cepat drop. Kecuali kalo akinya lebih dari 6 ampere ndak masalah. 12v x 6 Amp = 72 watt tidak masalah untuk mengangkat lampu 60 watt.

Ambil saja arus yang keluar dari sepul dan belum masuk regulator/kiprok, dijamin terang. Karena kiprok akan membatasi arus yang keluar dari sepul. Tapi pada putaran rendah kurang stabil alias agak redup. Rata-rata tegangan optimum dihasilkan pada 4000 rpm dan mesin akan bekerja optimum diatas 3500 rpm.

Masalahnya untuk reflektor lampu yang terbuat dari plastik akan lebih mudah rusak (meleleh). Hal ini sudah saya coba pada Kawasaki Ninja R, untuk Jupiter lebih baik mengambil langkah dibawah ini :

Sambung aja lampu jauhnya ke aki langsung, lebih baik lagi dilengkapi relay. Sehingga arus yang keluar lebih optimal ke lampu. Maka lampu dekat dan jauh akan dapat menyala bersama-sama. Hal ini pernah saya coba ke F1Z dan Satria, hasilnya lampu F1Z-nya hampir menyamai lampu Ninja diatas. Gunakan saja lampu asli pabrik (Stanley) karena awet, kalo pakai yang biasa mudah putus karena panasnya akan tinggi. Tapi aman kok buat reflektornya.
BTW thanks for the tips bung indy :wink: 8)

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 28 Mar 2003, 07:34 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 20 Aug 2002, 15:16
Posts: 466
Maksudnya untuk lampu dekat langsung disambungkan ke switch on/off nya. Sedangkan yang jauh mengambil arus dari aki, melalui switch lampu jauh/dekat (hi/lo). Sehingga pada waktu lampu jauh dinyalakan akan lebih terang, karena lampu dekat masih menyala. Dan karena sumber arusnya berbeda maka sinar nya akan tetap terang.

Maaf ya.... mungkin njelasinnya kurang jelas.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 31 Mar 2003, 12:57 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
indy wrote:
Maksudnya untuk lampu dekat langsung disambungkan ke switch on/off nya. Sedangkan yang jauh mengambil arus dari aki, melalui switch lampu jauh/dekat (hi/lo). Sehingga pada waktu lampu jauh dinyalakan akan lebih terang, karena lampu dekat masih menyala. Dan karena sumber arusnya berbeda maka sinar nya akan tetap terang.

Maaf ya.... mungkin njelasinnya kurang jelas.
mmmh gimana sama aki nya tuh mm kalo me liat kayanya aki bakal cepet rusak ya ngga ? :lol: :wink:

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 01 May 2003, 15:28 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8049
Location: Kebayoran Lama
Waduh... jadi binun. Maqlum orank ekonomi, gak bgitu ngerti setrum-setruman... :roll:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 09:44 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
ya maklum lah kita jugha lagi belajjar negh

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 09:53 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 24 Feb 2003, 09:38
Posts: 98
Lampu scorpio saya juga sangat bergantung sama puteran mesin dan sinarnya nyebar banget alias kurang fokus.... sementara daerah rumah saya kan di pinggiran yang kalo malem di beberapa tempat kurang banget penerangan jalannya, naaaaahh buat solusinya........ hari minggu ini saya bakal pasang lampu tembak kecil 2 buar (kiri/kanan) buat tambahan. Lampu ini akan dihubungkan ke saklar on/off lampu dan sumber listrik langsung ambil dari accu pake relay sperti saran bung indy...... thanx buat idenya bung indy


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 10:52 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
wah langsung dipraktekan nih ilmunya bung bonnie ntar me kasih tahu yah hasilnya

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 10:56 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
oh ya me pasang lamu punya dash tuh yg kaya di batok motor shogun me tuh tapi ko lampunya kuang terang yah apa karena ada penghalangnya yah seperti lampu2 mobnil kijang tuh ada penghalang pada lampunya

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 11:13 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8049
Location: Kebayoran Lama
Masih gak ngartri...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 13:48 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
coba bung anjas liat pada mobil yg new kijang baru degh liat pas lampu depannya di depan lampu nya ad sejenis plastik penghalang mirip payung tuh

nah kalo di motor me ada jugha tuh kalo ngga salah katanya biar ngga silauw tapi malah kaga terang mungkin kalo pake lampu yg xenon / halogen kali yagh kudu pake penghalang gitu

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 15:49 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8049
Location: Kebayoran Lama
Ooo.... ICIC...
Kayak di antenne parabola gitu yagh? Tapi kalu diparabola itu receivernya. Nagh yg ini kebalikannya... Jadi sinarnya dari lampu, trus ke penghalang, trus balik lagi ke pemantul yg kayak parabola gitu, baru keluar dari lampu. Gitu yagh?

Kalu bener gitu, emmank gak bikin silau, tapi tetep terang.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 02 May 2003, 17:26 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 18 Feb 2003, 14:38
Posts: 1640
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
iya cuman me rasa kurang terang aza mmmh giman kalo penutup nya dibuang aza yah mmmh silauw ngga yah pengendara yg berlawanan arah dengan kita

_________________
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 08 May 2003, 12:32 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8049
Location: Kebayoran Lama
Tergantung ama lampunya dunk.....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 11 May 2003, 21:58 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 20 Aug 2002, 15:16
Posts: 466
vandekar wrote:
iya cuman me rasa kurang terang aza mmmh giman kalo penutup nya dibuang aza yah mmmh silauw ngga yah pengendara yg berlawanan arah dengan kita


Kalo silauw apa tidak tuh tergantung ketinggian lampunya juga. Cuman kalo "pemantul" sinar tersebut dilepas apa tidak terlalu fokus?? Contohnya seperti lampu senter.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 May 2003, 04:07 
Offline
Newbie
Newbie

Joined: 22 Feb 2003, 15:35
Posts: 13
kalo arus diambil langsung dari sepul, lampunya gak putus di rpm tinggi bung indy?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 May 2003, 09:24 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Apr 2003, 10:59
Posts: 309
Location: Anywhere in front of you
bonnie wrote:
Lampu scorpio saya juga sangat bergantung sama puteran mesin dan sinarnya nyebar banget alias kurang fokus.... sementara daerah rumah saya kan di pinggiran yang kalo malem di beberapa tempat kurang banget penerangan jalannya, naaaaahh buat solusinya........ hari minggu ini saya bakal pasang lampu tembak kecil 2 buar (kiri/kanan) buat tambahan. Lampu ini akan dihubungkan ke saklar on/off lampu dan sumber listrik langsung ambil dari accu pake relay sperti saran bung indy...... thanx buat idenya bung indy


Bung bonnie, apa kabarnya.
Kemaren minggu di senayan saya cariin anak scorpio kok nggak ada ya, padahal kan kemaren ada gaweannya wotorplus disana.
Soal lampu scorpio, emang lampunya nggak fokus kayak tiger (justru saya menilai lampunya tiger kayak senter fokus banget) cuman lebih baik karena menyebarnya pas dengan lebar jalan (+- 3meteran) dan sebelah kiri terangnya hampir sama dengan tengah. Ini adalah prinsip lampu yg bener seperti lampu mobil.
Kemaren saya disenayan beli lampu merek Osram buat scorpio, katanya sih lampunya xenon dan harganya 55rebu, semalem langsung saya pasang hasilnya emang lebih terang, dan kalo saya pasang lampu dim mobil pasti ngebales karena terang banget.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 12 May 2003, 12:23 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8049
Location: Kebayoran Lama
Kemaren mas Hery ke senayan ya? Koq, ndak ketemu sich?

:( :( :(


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 14 May 2003, 09:18 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 09 Apr 2003, 10:59
Posts: 309
Location: Anywhere in front of you
Saya ke senayannya sore jam 3-an, en nongkrong deket rock climb-nya jeep.
Back to the topic, gue denger lampu xenon dilarang lagi, ini terbukti dengan ditariknya bmw seri 5 buat diganti lampunya ke halogen lagi, bener nggak sih, apa cuman di eropa aja


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 14 May 2003, 09:28 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8049
Location: Kebayoran Lama
Ada kemungkinan karena gas seperti xenon agak berbahaya. Gas Xenon punya kemiripan dengan gas Helium yg sering dipakai utk balon udara. Oleh karena itu distruktur Kimia masuk dalam satu kelompok, disamping gas Neon, Argon, Kripton, dan Radon. Gas-gas diatas semuanya gampang sekali terbakar. Makanya sering dipakai utk berbagai kepentingan, seperti Neon utk lampu, Helium utk balon udara.

Kemungkinan yg ditakutkan adalah bila terjadi kecelakaan hingga terjadi kebakaran, kemungkinan besar lampu xenon dapat meledak.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 15 May 2003, 23:42 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 20 Aug 2002, 15:16
Posts: 466
y_anjasrana wrote:
Ada kemungkinan karena gas seperti xenon agak berbahaya. Gas Xenon punya kemiripan dengan gas Helium yg sering dipakai utk balon udara. Oleh karena itu distruktur Kimia masuk dalam satu kelompok, disamping gas Neon, Argon, Kripton, dan Radon. Gas-gas diatas semuanya gampang sekali terbakar. Makanya sering dipakai utk berbagai kepentingan, seperti Neon utk lampu, Helium utk balon udara.

Kemungkinan yg ditakutkan adalah bila terjadi kecelakaan hingga terjadi kebakaran, kemungkinan besar lampu xenon dapat meledak.


Wah soal keselamatan mestinya sudah dipikirkan.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
 Post subject:
PostMessage posted...: 17 May 2003, 13:24 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 24 Aug 2002, 15:44
Posts: 449
Location: Yogyakarta
Kimianya jago oey!!!

_________________
Speed is a game??!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 37 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com