Lampu motor Indonesia paling terang???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Lampu motor Indonesia paling terang???

Postby deanz » 26 Mar 2003, 19:23

Kalo gak salah sih Honda Tiger, tapi sekarang2 Yamaha Jupiter terang juga.
Gimana sih bikin lampu motor terang banget, saya pernah punya Yamaha crypton, lampu depan pakai relay dan catu dayanya diambil dari aki, gak terang juga.
Mo ganti bohlam, gak dapet yang watt besar tuh.....
Gimana dunk biar bisa seterang Honda Tiger

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: 20 Aug 2002, 15:16

Postby indy » 27 Mar 2003, 07:22

Pakai aja bohlam Halogen berwatt besar, misalnya H4 50/60 watt. Arus listriknya jangan dari aki, karena akan cepat drop. Kecuali kalo akinya lebih dari 6 ampere ndak masalah. 12v x 6 Amp = 72 watt tidak masalah untuk mengangkat lampu 60 watt.

Ambil saja arus yang keluar dari sepul dan belum masuk regulator/kiprok, dijamin terang. Karena kiprok akan membatasi arus yang keluar dari sepul. Tapi pada putaran rendah kurang stabil alias agak redup. Rata-rata tegangan optimum dihasilkan pada 4000 rpm dan mesin akan bekerja optimum diatas 3500 rpm.

Masalahnya untuk reflektor lampu yang terbuat dari plastik akan lebih mudah rusak (meleleh). Hal ini sudah saya coba pada Kawasaki Ninja R, untuk Jupiter lebih baik mengambil langkah dibawah ini :

Sambung aja lampu jauhnya ke aki langsung, lebih baik lagi dilengkapi relay. Sehingga arus yang keluar lebih optimal ke lampu. Maka lampu dekat dan jauh akan dapat menyala bersama-sama. Hal ini pernah saya coba ke F1Z dan Satria, hasilnya lampu F1Z-nya hampir menyamai lampu Ninja diatas. Gunakan saja lampu asli pabrik (Stanley) karena awet, kalo pakai yang biasa mudah putus karena panasnya akan tinggi. Tapi aman kok buat reflektornya.

deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: 10 Sep 2002, 08:57

Postby deanz » 27 Mar 2003, 11:38

Wah kalo lampu jauh dan dekat nyala bersama2 , gimana cara maen lampu dekat dan jauh. Kalo lagi pengen make lampu jauh sih ga masalah, cuma kasian yg dari depan kan silau man.

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 27 Mar 2003, 12:53

wah saran gw segh untuk yg lampu terang sbaiknya untuk yg sering kluar kota or tinggalnya di pinggir kota gitu masalahnya kan banyak tempat gelap kalo kita kluar kota sebaliknya kalo dikota mah dah terang n malah kasian bagi si pengendara yg berlawanan arah dengan kita karena silau malah bisa 2 menyebabkan kecelakaan
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 27 Mar 2003, 12:54

indy wrote:Pakai aja bohlam Halogen berwatt besar, misalnya H4 50/60 watt. Arus listriknya jangan dari aki, karena akan cepat drop. Kecuali kalo akinya lebih dari 6 ampere ndak masalah. 12v x 6 Amp = 72 watt tidak masalah untuk mengangkat lampu 60 watt.

Ambil saja arus yang keluar dari sepul dan belum masuk regulator/kiprok, dijamin terang. Karena kiprok akan membatasi arus yang keluar dari sepul. Tapi pada putaran rendah kurang stabil alias agak redup. Rata-rata tegangan optimum dihasilkan pada 4000 rpm dan mesin akan bekerja optimum diatas 3500 rpm.

Masalahnya untuk reflektor lampu yang terbuat dari plastik akan lebih mudah rusak (meleleh). Hal ini sudah saya coba pada Kawasaki Ninja R, untuk Jupiter lebih baik mengambil langkah dibawah ini :

Sambung aja lampu jauhnya ke aki langsung, lebih baik lagi dilengkapi relay. Sehingga arus yang keluar lebih optimal ke lampu. Maka lampu dekat dan jauh akan dapat menyala bersama-sama. Hal ini pernah saya coba ke F1Z dan Satria, hasilnya lampu F1Z-nya hampir menyamai lampu Ninja diatas. Gunakan saja lampu asli pabrik (Stanley) karena awet, kalo pakai yang biasa mudah putus karena panasnya akan tinggi. Tapi aman kok buat reflektornya.
BTW thanks for the tips bung indy :wink: 8)
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: 20 Aug 2002, 15:16

Postby indy » 28 Mar 2003, 07:34

Maksudnya untuk lampu dekat langsung disambungkan ke switch on/off nya. Sedangkan yang jauh mengambil arus dari aki, melalui switch lampu jauh/dekat (hi/lo). Sehingga pada waktu lampu jauh dinyalakan akan lebih terang, karena lampu dekat masih menyala. Dan karena sumber arusnya berbeda maka sinar nya akan tetap terang.

Maaf ya.... mungkin njelasinnya kurang jelas.

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 31 Mar 2003, 12:57

indy wrote:Maksudnya untuk lampu dekat langsung disambungkan ke switch on/off nya. Sedangkan yang jauh mengambil arus dari aki, melalui switch lampu jauh/dekat (hi/lo). Sehingga pada waktu lampu jauh dinyalakan akan lebih terang, karena lampu dekat masih menyala. Dan karena sumber arusnya berbeda maka sinar nya akan tetap terang.

Maaf ya.... mungkin njelasinnya kurang jelas.
mmmh gimana sama aki nya tuh mm kalo me liat kayanya aki bakal cepet rusak ya ngga ? :lol: :wink:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8340
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 01 May 2003, 15:28

Waduh... jadi binun. Maqlum orank ekonomi, gak bgitu ngerti setrum-setruman... :roll:

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 02 May 2003, 09:44

ya maklum lah kita jugha lagi belajjar negh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

bonnie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: 24 Feb 2003, 09:38

Postby bonnie » 02 May 2003, 09:53

Lampu scorpio saya juga sangat bergantung sama puteran mesin dan sinarnya nyebar banget alias kurang fokus.... sementara daerah rumah saya kan di pinggiran yang kalo malem di beberapa tempat kurang banget penerangan jalannya, naaaaahh buat solusinya........ hari minggu ini saya bakal pasang lampu tembak kecil 2 buar (kiri/kanan) buat tambahan. Lampu ini akan dihubungkan ke saklar on/off lampu dan sumber listrik langsung ambil dari accu pake relay sperti saran bung indy...... thanx buat idenya bung indy

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 02 May 2003, 10:52

wah langsung dipraktekan nih ilmunya bung bonnie ntar me kasih tahu yah hasilnya
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 02 May 2003, 10:56

oh ya me pasang lamu punya dash tuh yg kaya di batok motor shogun me tuh tapi ko lampunya kuang terang yah apa karena ada penghalangnya yah seperti lampu2 mobnil kijang tuh ada penghalang pada lampunya
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8340
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 02 May 2003, 11:13

Masih gak ngartri...

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 02 May 2003, 13:48

coba bung anjas liat pada mobil yg new kijang baru degh liat pas lampu depannya di depan lampu nya ad sejenis plastik penghalang mirip payung tuh

nah kalo di motor me ada jugha tuh kalo ngga salah katanya biar ngga silauw tapi malah kaga terang mungkin kalo pake lampu yg xenon / halogen kali yagh kudu pake penghalang gitu
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8340
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 02 May 2003, 15:49

Ooo.... ICIC...
Kayak di antenne parabola gitu yagh? Tapi kalu diparabola itu receivernya. Nagh yg ini kebalikannya... Jadi sinarnya dari lampu, trus ke penghalang, trus balik lagi ke pemantul yg kayak parabola gitu, baru keluar dari lampu. Gitu yagh?

Kalu bener gitu, emmank gak bikin silau, tapi tetep terang.

User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: 18 Feb 2003, 14:38

Postby vandekar » 02 May 2003, 17:26

iya cuman me rasa kurang terang aza mmmh giman kalo penutup nya dibuang aza yah mmmh silauw ngga yah pengendara yg berlawanan arah dengan kita
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8340
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 08 May 2003, 12:32

Tergantung ama lampunya dunk.....

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: 20 Aug 2002, 15:16

Postby indy » 11 May 2003, 21:58

vandekar wrote:iya cuman me rasa kurang terang aza mmmh giman kalo penutup nya dibuang aza yah mmmh silauw ngga yah pengendara yg berlawanan arah dengan kita


Kalo silauw apa tidak tuh tergantung ketinggian lampunya juga. Cuman kalo "pemantul" sinar tersebut dilepas apa tidak terlalu fokus?? Contohnya seperti lampu senter.

username
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 22 Feb 2003, 15:35

Postby username » 12 May 2003, 04:07

kalo arus diambil langsung dari sepul, lampunya gak putus di rpm tinggi bung indy?

User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 09 Apr 2003, 10:59

Postby hery_jul » 12 May 2003, 09:24

bonnie wrote:Lampu scorpio saya juga sangat bergantung sama puteran mesin dan sinarnya nyebar banget alias kurang fokus.... sementara daerah rumah saya kan di pinggiran yang kalo malem di beberapa tempat kurang banget penerangan jalannya, naaaaahh buat solusinya........ hari minggu ini saya bakal pasang lampu tembak kecil 2 buar (kiri/kanan) buat tambahan. Lampu ini akan dihubungkan ke saklar on/off lampu dan sumber listrik langsung ambil dari accu pake relay sperti saran bung indy...... thanx buat idenya bung indy


Bung bonnie, apa kabarnya.
Kemaren minggu di senayan saya cariin anak scorpio kok nggak ada ya, padahal kan kemaren ada gaweannya wotorplus disana.
Soal lampu scorpio, emang lampunya nggak fokus kayak tiger (justru saya menilai lampunya tiger kayak senter fokus banget) cuman lebih baik karena menyebarnya pas dengan lebar jalan (+- 3meteran) dan sebelah kiri terangnya hampir sama dengan tengah. Ini adalah prinsip lampu yg bener seperti lampu mobil.
Kemaren saya disenayan beli lampu merek Osram buat scorpio, katanya sih lampunya xenon dan harganya 55rebu, semalem langsung saya pasang hasilnya emang lebih terang, dan kalo saya pasang lampu dim mobil pasti ngebales karena terang banget.

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8340
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 12 May 2003, 12:23

Kemaren mas Hery ke senayan ya? Koq, ndak ketemu sich?

:( :( :(

User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 09 Apr 2003, 10:59

Postby hery_jul » 14 May 2003, 09:18

Saya ke senayannya sore jam 3-an, en nongkrong deket rock climb-nya jeep.
Back to the topic, gue denger lampu xenon dilarang lagi, ini terbukti dengan ditariknya bmw seri 5 buat diganti lampunya ke halogen lagi, bener nggak sih, apa cuman di eropa aja

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8340
Joined: 14 Feb 2003, 16:05

Postby y_anjasrana » 14 May 2003, 09:28

Ada kemungkinan karena gas seperti xenon agak berbahaya. Gas Xenon punya kemiripan dengan gas Helium yg sering dipakai utk balon udara. Oleh karena itu distruktur Kimia masuk dalam satu kelompok, disamping gas Neon, Argon, Kripton, dan Radon. Gas-gas diatas semuanya gampang sekali terbakar. Makanya sering dipakai utk berbagai kepentingan, seperti Neon utk lampu, Helium utk balon udara.

Kemungkinan yg ditakutkan adalah bila terjadi kecelakaan hingga terjadi kebakaran, kemungkinan besar lampu xenon dapat meledak.

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: 20 Aug 2002, 15:16

Postby indy » 15 May 2003, 23:42

y_anjasrana wrote:Ada kemungkinan karena gas seperti xenon agak berbahaya. Gas Xenon punya kemiripan dengan gas Helium yg sering dipakai utk balon udara. Oleh karena itu distruktur Kimia masuk dalam satu kelompok, disamping gas Neon, Argon, Kripton, dan Radon. Gas-gas diatas semuanya gampang sekali terbakar. Makanya sering dipakai utk berbagai kepentingan, seperti Neon utk lampu, Helium utk balon udara.

Kemungkinan yg ditakutkan adalah bila terjadi kecelakaan hingga terjadi kebakaran, kemungkinan besar lampu xenon dapat meledak.


Wah soal keselamatan mestinya sudah dipikirkan.

User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 24 Aug 2002, 15:44

Postby ivanov » 17 May 2003, 13:24

Kimianya jago oey!!!
Speed is a game??!!


Return to “Common Topics of Motorcycle”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests