gejalanya mirip ketika termostat gak ada Ki...VanzMatic wrote:Seharusnya masih terpasang, mbah, mengingat ane ngga pernah instruksi lepas thermostat, dan ane kenal baik SA Mitsu jalansolo. Biasanya dia bawel kalo something missing di Kudies.
Analisisnya bagaimana mbah? Kalau stasioner panjer ac, jarum mentok di kurang dari setengah. Kalau dijalanin dgn style santai ngga lebih dari 2500rpm, jarum temp bisa turun dikit. Kalau nahan di rpm diatas 2500, jarum temp balik ke dibawah garis setengah. Ntar kalo sempet, ane fotoin ya posisi posisi yg dimaksud... biar gamblang.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
ketika stasioner, radiator didinginkan oleh putaran kipas. sedangkan kalo sudah jalan, radiator didinginkan oleh kipas dan angin yang melewati radiator ketika jalan. ketika putaran mesin dinaikkan, suhu mesin akan relatif naik.
ini gunanya termostat, menjamin mesin bekerja di suhu ideal dan tidak akan terlalu jauh perbedaannya.
kalo pas ke bengkel lagi, minta cek termostat aja Ki.