Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

DOHC wrote:biasanya sehh nahan dulu di 1500 baru stelah itu drop mar... bukan sebalik nya sperti yg dari cerita ente...

ntuh TB perna dibersihin ga ?? coba dilap dulu pake tisu (bukan tisu basah yah)... dl di lipina ane soalnya ad perbedaan signifikan antara rpm yg bener dan rpm ngawur dgn kebersihan daleman si TB...
hahahahaha.. masih aja tisu basah dibawa2 :wkkk:

btw klep, ane sih gk pernah bersihin TB nih GL sendiri, palingan pas serpis aja di bengkel :big_grin: tapi dibengkel kmrn sih liat, di lap lap tuh dalem TB dengan sebelomnya disemprotin cleaner dlu di kainnya. tar ja dah per service 50rb jadiin sebagai keluhan :mky_03: masih kira2 6rb km lagi sih.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

rautech wrote:Oms.. kalo mau start mobil, harus nunggu lampu airbag mati dulu apa boleh langsung setelah instrumen nyala semua?

:mky_01:
kalo ane sih lgsg tanpa jeda masukin kunci lgsg start, lgsg gigi 1 lgsg jalan.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by henxster »

m4rio wrote:
rautech wrote:Oms.. kalo mau start mobil, harus nunggu lampu airbag mati dulu apa boleh langsung setelah instrumen nyala semua?

:mky_01:
kalo ane sih lgsg tanpa jeda masukin kunci lgsg start, lgsg gigi 1 lgsg jalan.
GL saya non airbag, tapi kebiasaan saya saat start pertama di pagi hari masukin kunci kontak, putar ke ON, dengarkan bunyi "tenggggg..." yang muncul (itu bunyi pompa besnsin ya? cmiiw) sampai hilang, tunggu sekitar 5 detik, baru saya starter mesin, tunggu sekitar 1 menit baru jalan, meskipun indikator lampu biru belum hilang...kalo lampu biru udah hilang sambil jalan baru nyalain AC :big_peace:

begitu juga saat selesai parkir, tidak langsung start, tapi tunggu bunyi "tenggggg...." selesai, tunggu 5 detik, baru mesin saya start.
B401RS-GQZFJ
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by henxster »

m4rio wrote:
rautech wrote:Oms.. kalo mau start mobil, harus nunggu lampu airbag mati dulu apa boleh langsung setelah instrumen nyala semua?

:mky_01:
kalo ane sih lgsg tanpa jeda masukin kunci lgsg start, lgsg gigi 1 lgsg jalan.
GL saya non airbag, tapi kebiasaan saya saat start pertama di pagi hari masukin kunci kontak, putar ke ON, dengarkan bunyi "tenggggg..." yang muncul (itu bunyi pompa besnsin ya? cmiiw) sampai hilang, tunggu sekitar 5 detik, baru saya starter mesin, tunggu sekitar 1 menit baru jalan, meskipun indikator lampu biru belum hilang...kalo lampu biru udah hilang sambil jalan baru nyalain AC :big_peace:

begitu juga saat selesai parkir, tidak langsung start, tapi tunggu bunyi "tenggggg...." selesai, tunggu 5 detik, baru mesin saya start.
B401RS-GQZFJ
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by rautech »

iya Om. kalo bunyu tenggg gt fuel pump keknya. itu sih mesti saya tunggu. thanks Oms, bener jg daripada ECU bacanya ada yg ngaco, mending tunggu lampu airbag mati dulu baru start.

saya baru beli voltmeter yg dicolok ke lighter. dari jaman saya pake mobil2 lama mesti ada voltmeter (trauma IC regulator jebol dulu. jiahah). at least saya tau Aki masih sehat ngga, pengisian baik ngga.

tinggal penasaran banget beli/pasang Air Flow Manipulator. Oms, saya cari2 selang yg biasanya bawa uap panas oli ke intake kok blm nemu ya di Livina. apa ngga ada? ini perlu diamankan soalnya jadi biang kerok ngotorin intake. hehehe. barangkali ada dari Oms yg bisa kasi potonya gt.. thanks before Oms.
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by rautech »

Lapor Oms.. weekend kemaren maen ke Darajat Pass di Garut. tanjakan terakhirnya curam dan panjang. mana sempet berenti di tengah gara2 ada mobil dari arah lawan ngga mau ngasi jalan saya buat nyalip kendaraan berenti.
awalnya sempet ragu karena bawa orang 5 plus barang penuh di bangku belakang dan bagasi. gigi 2 emang susah nambah kecepatan, tapi begitu pindah gigi 1, baru tau kuat banget mesin & gigi 1-nya.

ajib si neng Vina

:big_comfort:
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4589
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Profith83 »

Profith83 wrote:Report : habis ganti aki mobil malam ini dengan GS NS60L
Dipakai perjalanan 1 jam tidak panas. (jam 07:30-08:30)

Besok report lagi :D

Thanks Om DOHC, sudah banyak bantu jawab pertanyaan yang tak terhitung dari saya :big_smile]
Sesuai janji report lagi, mantaps air accu tidak berkurang :big_smile] sudah 2 minggu dan tiap minggu dicheck tidak berkurang.

Accu sehabis dipakai panas yah, terutama yang dekat mesin padahal cover sudah dipasang
User avatar
lebu777
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Apr 13, 2013 8:08

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by lebu777 »

aloo bro...btw ada yg punya stir oem Grand Livina 2007 dan Velg Oem yg gak kepake dan siapa tau mau di jual,,,pls hub i sy yah...harga bersahabat yah..whatsapp/line 081519573528 atau 0811156678 atau 02192612224
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

mesin GL yg ane pake kok kyknya berasa panasnya beda dari biasanya ya, lebih panas gtu, karena oli yng belom diganti kali ya, baru jalan 6000km nih oli yg dipakai sekarang, dan sekarang rasanya bensinnya borossss benerrrr dah.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

m4rio wrote:mesin GL yg ane pake kok kyknya berasa panasnya beda dari biasanya ya, lebih panas gtu, karena oli yng belom diganti kali ya, baru jalan 6000km nih oli yg dipakai sekarang, dan sekarang rasanya bensinnya borossss benerrrr dah.
Coba d kompres pake tisu basa mar.. siapa tau lg demam.... hehehe...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Betty »

Salam sejahtera buat seluruh Suhu dan Master SM khususnya yang berpengalaman dengan GL MT. Ogud mau mohon petunjuk dong... sebelumnya kayanya pernah tapi belum dapat pencerahan kayanya... :frm_salut:

Apakah diantara suhu dan master dimari ada yang pernah punya pengalaman atau tau cara mengganti "Shift Knob" (Kepala Tuas Transmisi Manual) GL 1,5 nggak ya? Ogud pengen ganti dengan yang "aftermarket" yang lebih keren (bosen dengan shift knob standar yang begitu - begitu saja). Pernah nanya ke beres, menurut beres tidak diizinkan karena bla ... bla ... bla ... *basi dah* :mky_04:

Mohon pencerahan bagi suhu2 dan master SM... :frm_salut:

Sebelum dan Sesudahnya Terima Kasih... :big_deal:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by henxster »

ada yang pengalaman servis ac rutin nggak disini? mau tanya nih om, kalo servis ac bersihin evaporator, apakah harus ngelepas dashboard atau nggak untuk ngelepas evaporatornya? berhubung sejak dapet ini mobil belum pernah servis ac... pengalaman dulu make greco cukup nglepas laci kiri aja... :big_peace:

makasih infonya
B401RS-GQZFJ
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

henxster wrote:ada yang pengalaman servis ac rutin nggak disini? mau tanya nih om, kalo servis ac bersihin evaporator, apakah harus ngelepas dashboard atau nggak untuk ngelepas evaporatornya? berhubung sejak dapet ini mobil belum pernah servis ac... pengalaman dulu make greco cukup nglepas laci kiri aja... :big_peace:

makasih infonya
kl montir nya jago, bahkan ga perlu mencopot apa2 om selaen corong udara warna item dibagian bawah.. deket pedal kopling...

desain evaporator ama fan nya simple koq di GL... gampang banget copot pasangnya... btw, nanti sesudah di bersihin, jgn lupa ganti seal o ring nya, dan pasang filter kabin... evap GL mirip apanja punya, rentan jebol kl kotor..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
abuibrahim
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Apr 11, 2015 22:15

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by abuibrahim »

Bismillah, sktr 2 bln yang lalu nebus GL 2009 Ultimate 1.8/AT. Ane posisi di semarang. Sejauh ini pemakaian sangat enak. Kemarin service beres 90 rb km.
Lihat hasil servisan banyak juga yg perlu diganti, antara lain :
1. Lower arm ka/ki,
2. mouth shock ka/ki,
3. low seat spring, buffer,
4. member.

Image

total sktr 4,5jt an. Tp gak langsung ane ganti. Ane tanya di bengkel luaran yg dia ngerti cmn lower arm dan katanya gak ush ganti 1 glondong, cuman ball joinnya aja udh oblak, alhasil yg tadinya di beres kena 1jt an ka/ki. diluar cuman 500rb. Lainnya belum ane ganti. Trs karet mouth shock dilihat tp gak di lepas kok katanya msh bagus.

Yang mau ane tanyain
1. Kalo di beres bagian mouth shock apa dilepas ya, sehingga bisa memvonis kalo udh pecah? kalo diluar ampe harga brp ya?
2. Apa itu buffer sm member. Apa bentuknya glondongan? bisakah diganti di luar beres?

Mohon bimbingan dan arahan suhu2 di sini. Sebelumnya ane ucapkan terimakasih banyak.
Last edited by ricz on Sun Apr 12, 2015 0:57, edited 1 time in total.
Reason: Edit url foto
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by fasc »

budget 120an, tadinya rencana mo ambil grand livina seken
ngeper juga kalo penyakitnya kaki2nya butuh biaya banyak

pilihan lain mpv seken cuma avanza s, tapi kenyamanan jauh
jadi galau :(
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

abuibrahim wrote:Bismillah, sktr 2 bln yang lalu nebus GL 2009 Ultimate 1.8/AT. Ane posisi di semarang. Sejauh ini pemakaian sangat enak. Kemarin service beres 90 rb km.
Lihat hasil servisan banyak juga yg perlu diganti, antara lain :
1. Lower arm ka/ki,
2. mouth shock ka/ki,
3. low seat spring, buffer,
4. member.

Image

total sktr 4,5jt an. Tp gak langsung ane ganti. Ane tanya di bengkel luaran yg dia ngerti cmn lower arm dan katanya gak ush ganti 1 glondong, cuman ball joinnya aja udh oblak, alhasil yg tadinya di beres kena 1jt an ka/ki. diluar cuman 500rb. Lainnya belum ane ganti. Trs karet mouth shock dilihat tp gak di lepas kok katanya msh bagus.

Yang mau ane tanyain
1. Kalo di beres bagian mouth shock apa dilepas ya, sehingga bisa memvonis kalo udh pecah? kalo diluar ampe harga brp ya?
2. Apa itu buffer sm member. Apa bentuknya glondongan? bisakah diganti di luar beres?

Mohon bimbingan dan arahan suhu2 di sini. Sebelumnya ane ucapkan terimakasih banyak.
nubie coba bantu jawab om.. :mky_01:

kl lower arm sebnernya mending ganti segelondong aj om, murah koq, d luaran cuman 400-450 rebu ssbuah, ori nissan thailand... yg KW malah cuman 300an rebu (merek international rubber kl ga salah) tp ini saran ane jgn di ambil... kcuali ketemu tukang bubut yg bsa ganti tuh karet jd yg lebi bahan solid.. nahh itu worth to try... tp overall, lower arm livi termasuk murah koq, jd ganti aj sgelondong sehh.. bsa tahan ampe 3 taonan koq.. ane aj dl d taon ke 5 br ane ganti...

mounting shock atau support shock atau bearing shock om ditulis nya d bon ?? kl support shock emang ga perlu di bongkar jg ud kliatan koq kl ud jebol... buka kap mesin, sambil liat ujung karet yg sperti mangkok atas shock ki/ka di enjin bay... dan suru satu orang coba muter2 in stir full lock to lock ke kiri dan kanan... ntuh karet ga boleh bergerak bebas naik turun, apalagi ampe kliatan retakan di karet nya... atau kl ga, coba liat tuh pinggir mangkok nya ga boleh menyentuh sisi support yg satu lg (alias mendem).. kl ampe ud menyentuh / mendem, berarti ud jebol... support shock yg KW kiasaran 300-400an rebu, aseli bsa 600-700an rebu... saran ane, beli di beres aj mendingan, di luaran bnyak palsu nya...

yg satu lg musti diliat yah damper shock yg sperti selongsong karet di batang shock... buatan livi emang agak kurang kuat... biasa ud pecah... barang nya sehh murah tp ganti nya rempong musti bongkar shock...

member kmungkinan crossmember... mounting nya ud jebol shg pas jalan jelek ad bunyi duk2 kenceng d dek... ampe brasa ke kaki... beres skrg jual koq mounting nya doank... kl ganti utuh crossmember, skrg jg ud murah... sejutaan lebih jg ud dapet... bda ama jaman ane dl, bsa ampe 3 jt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

fasc wrote:budget 120an, tadinya rencana mo ambil grand livina seken
ngeper juga kalo penyakitnya kaki2nya butuh biaya banyak

pilihan lain mpv seken cuma avanza s, tapi kenyamanan jauh
jadi galau :(
knapa jd ngeper om...

120 jt justru enak banget skrg ambil livi seken... yg kasian yg dulu beli livi baru... rugi beratttt....

GL1.5 XV manual taon 2007-2008 aj bsa d teken ampe cuman 70an-80 jt... apanja S mana dapet budget sgitu... toh ongkos btulin si livi siapin aj 10-15 jt jg ud beres...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by fasc »

DOHC wrote:
fasc wrote:budget 120an, tadinya rencana mo ambil grand livina seken
ngeper juga kalo penyakitnya kaki2nya butuh biaya banyak

pilihan lain mpv seken cuma avanza s, tapi kenyamanan jauh
jadi galau :(
knapa jd ngeper om...

120 jt justru enak banget skrg ambil livi seken... yg kasian yg dulu beli livi baru... rugi beratttt....

GL1.5 XV manual taon 2007-2008 aj bsa d teken ampe cuman 70an-80 jt... apanja S mana dapet budget sgitu... toh ongkos btulin si livi siapin aj 10-15 jt jg ud beres...

serem baca postingan om klep
selama ini pelihara sedan jejepangan, civic tua bangka sama civic setengah tua yang konon katanya kaki2nya manja aja, buat perbaikan maksimal 5 juta udah aluss lagi

mosok si GL 07/08 dapet 80an, ubek2 iklan online, masih bertengger di 95-100an
kirain dulu xv yang old gL uda dapet ABS, ternyata cuma di ultimate saja

pasaran avanza s 07/08 mirip2 sama GL XV 09/10, 100anjuta, menang dapet ABS
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

fasc wrote:
DOHC wrote:
fasc wrote:budget 120an, tadinya rencana mo ambil grand livina seken
ngeper juga kalo penyakitnya kaki2nya butuh biaya banyak

pilihan lain mpv seken cuma avanza s, tapi kenyamanan jauh
jadi galau :(
knapa jd ngeper om...

120 jt justru enak banget skrg ambil livi seken... yg kasian yg dulu beli livi baru... rugi beratttt....

GL1.5 XV manual taon 2007-2008 aj bsa d teken ampe cuman 70an-80 jt... apanja S mana dapet budget sgitu... toh ongkos btulin si livi siapin aj 10-15 jt jg ud beres...

serem baca postingan om klep
selama ini pelihara sedan jejepangan, civic tua bangka sama civic setengah tua yang konon katanya kaki2nya manja aja, buat perbaikan maksimal 5 juta udah aluss lagi

mosok si GL 07/08 dapet 80an, ubek2 iklan online, masih bertengger di 95-100an
kirain dulu xv yang old gL uda dapet ABS, ternyata cuma di ultimate saja

pasaran avanza s 07/08 mirip2 sama GL XV 09/10, 100anjuta, menang dapet ABS
itu blm di tawar om... coba aj d tawar om... mepet2 pasti dapet koq... wong showroom2 aj skrg jarang brani stok banyak ini livi... kenalan ane yg showroom di gading aj malah ud ogah nyetok ini mobil... perputaran nya lambat kata dia... dan dia perna ngelepas OGL 1.5 xv d kisaran 80an jt... kondisi standard...

OGL mahh minim fitur safety om... khas mobil2 taon sgitu... boro2 ABS.. airbag aj cuman di ultimate doank, itu aj cuman di sisi driver... tp at least, livi masi ngasi Brake assist di smua line up dia (cmiiw)....

apanja S menang ABS dkk... tp struktur body, livi kayanya lebi kuat om... ubek2 hasil crashtest nya malon, livi score nya lebi tinggi..

mengenai ongkos reparasi emang ini ane jg lg nyari2 info om... krn spertinya koq ad "penyesuaian" harga di parts kaki2 nya... waktu jaman ane dl mahal bener (mods vanzmatic, jg ngerasain waktu mau reparasi GL dia)... tp koq trakir2 kayanya ad banting harga... sperti misalnya di crossmember... langganan spare parts ane d atrium jg blg hal yg sama...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

Avanza menang abs, tapi kestabilan ya jauh sama livina
Yup kaki2 pernah di estimasi beres abis 12 jt, itu kaki2 lengkap termasuk tie rod, long tie rod, cross member, dkk
Yang bikin mahal karena yg perlu ganti cuma bushingnya, tapi di beres nissan jual sama besi2nya
Mau yg lebih murmer, mod klep pernah posting kok, coba cek di beberapa halaman kebelakang

Kalo cuma ganti shock, trus bushing2 diakali, ya paling maks 5 jt
Denger2 grand livina setelah yg batch awal (tahun 2009 apa 2010 ga tau, perlu verifikasi mod klep), dapet ratio gigi yg lebih kasar dan shock belakang lebih keras, lebih sesuai dengan jalanan indonesia

Satu lagi kelemahan livina, kompressor ac nya rawan jebol
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by fasc »

sering bawa dua-duanya, mobil kantor old GL 1.8, sama new avanza G
kenyamanan jelas jauh menang GL, tapi baca thread ini bimbang apa kudu realistis pilih avanza yang tinggal isi bensin

oh ya, old GL 1.5 a/t worth it gak?
karena nanti sering dipake bini juga, prefer ke metik
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

@kodokpushup : yup btul om.. ratio gigi utk yg 1.5 manual dbuat sdikit lrbi kasar.. bsa dbandingin dr rpm dan speed antara ogl dan angl.... shock jg konon ad beda.... mengenai kompresor... ane punya dl pemakaian 5 taon ga perna rusak ampe djual... kunci nya sehh jgn ampe evap jebol trus kering freon... dan tiap kl nyalain ac usahain rpm dlm kondisi idle

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
abuibrahim
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Apr 11, 2015 22:15

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by abuibrahim »

DOHC wrote:nubie coba bantu jawab om.. :mky_01:

kl lower arm sebnernya mending ganti segelondong aj om, murah koq, d luaran cuman 400-450 rebu ssbuah, ori nissan thailand... yg KW malah cuman 300an rebu (merek international rubber kl ga salah) tp ini saran ane jgn di ambil... kcuali ketemu tukang bubut yg bsa ganti tuh karet jd yg lebi bahan solid.. nahh itu worth to try... tp overall, lower arm livi termasuk murah koq, jd ganti aj sgelondong sehh.. bsa tahan ampe 3 taonan koq.. ane aj dl d taon ke 5 br ane ganti...

mounting shock atau support shock atau bearing shock om ditulis nya d bon ?? kl support shock emang ga perlu di bongkar jg ud kliatan koq kl ud jebol... buka kap mesin, sambil liat ujung karet yg sperti mangkok atas shock ki/ka di enjin bay... dan suru satu orang coba muter2 in stir full lock to lock ke kiri dan kanan... ntuh karet ga boleh bergerak bebas naik turun, apalagi ampe kliatan retakan di karet nya... atau kl ga, coba liat tuh pinggir mangkok nya ga boleh menyentuh sisi support yg satu lg (alias mendem).. kl ampe ud menyentuh / mendem, berarti ud jebol... support shock yg KW kiasaran 300-400an rebu, aseli bsa 600-700an rebu... saran ane, beli di beres aj mendingan, di luaran bnyak palsu nya...

yg satu lg musti diliat yah damper shock yg sperti selongsong karet di batang shock... buatan livi emang agak kurang kuat... biasa ud pecah... barang nya sehh murah tp ganti nya rempong musti bongkar shock...

member kmungkinan crossmember... mounting nya ud jebol shg pas jalan jelek ad bunyi duk2 kenceng d dek... ampe brasa ke kaki... beres skrg jual koq mounting nya doank... kl ganti utuh crossmember, skrg jg ud murah... sejutaan lebih jg ud dapet... bda ama jaman ane dl, bsa ampe 3 jt...
Makasih om DOHC atas sarannya. Harga sparepart yg di sebutkan om dohc bener semua smpe yg terakhir membernya yg harga 1,5jt. Kok bisa tau mpe detail ke harga2nya ya....hehehehe. Ajiiiibbbb.....

Sparepart yg ane tulis itu dr beres om. Gak ada yg ane tambah2in. Sebenere udh ane kirimkan gambar foto daftar sparepart yg perlu di ganti beserta harganya, tetapi entah mengapa gak bisa muncul. Saran mungkin serayamotor perlu ditambah attachment.

Oh iya mau tanya, adakah grup WA membahas Grand Livina ?
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

DOHC wrote:
m4rio wrote:mesin GL yg ane pake kok kyknya berasa panasnya beda dari biasanya ya, lebih panas gtu, karena oli yng belom diganti kali ya, baru jalan 6000km nih oli yg dipakai sekarang, dan sekarang rasanya bensinnya borossss benerrrr dah.
Coba d kompres pake tisu basa mar.. siapa tau lg demam.... hehehe...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk

tadi pagi sebelom jalan iseng2 cek oli mesin klep, tinggal setengah kurang dikit distiknya :big_dunno:
tar beli oli ah isiin lagi.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Betty »

m4rio wrote:
DOHC wrote:
m4rio wrote:mesin GL yg ane pake kok kyknya berasa panasnya beda dari biasanya ya, lebih panas gtu, karena oli yng belom diganti kali ya, baru jalan 6000km nih oli yg dipakai sekarang, dan sekarang rasanya bensinnya borossss benerrrr dah.
Coba d kompres pake tisu basa mar.. siapa tau lg demam.... hehehe...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk

tadi pagi sebelom jalan iseng2 cek oli mesin klep, tinggal setengah kurang dikit distiknya :big_dunno:
tar beli oli ah isiin lagi.
Apakah ada bocor kah Om? Sehari - hari di lantai apakah terlihat ada cecran oli kah? :big_think:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03: