Grand Livina Users..! - PART 05

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

Buka tret rangking oli trus scroll kr atas... cari postingan ane mar...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

ud klep, yg sludge itu yah. hmmmmmmmm.....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

TOLONG - HELP Aki mendidih

Post by Profith83 »

Sudah sekitar 1 minggu ini,
Aki di Mobil Grand Livina diisi sampai bibir di dalam aki, 1 minggu kemudian sampai batas bawah aki bahkan sampai hampir kelihatan cell akinya.

Pada waktu kemarin hari minggu check habis jalan dalam kota tidak lewat dari 1 jam, tidak ngebut dan tidak macet.
1. Kap mesin dibuka bau H2SO4 menyengat
2. dari tutup aki(belum dibuka) keluar asap dan didekati bau menyengat H2SO4
3. tutup aki dibuka juga keluar asap dan bau menyengat H2SO4
4. air di dalam accu mendidih berbuih persis kita masak air 100 derajat,
5. dinding luar aki dipegang panas banget, tangan gak kuat hampir melepuh.
6. air accu dilihat sudah hampir kelihatan cell nya, padahal seminggu yang lalu baru diisi penuh.
7, diisi lagi air aku habis 650 CC (satu botol air aki)

satu hari kemudian yaitu hari ini Senin, isi air aki lagi habis separuh botol 650 CC (jadi yang terisi sekitar 300 CC--> cuma dipakai 1 hari).

Sebagai informasi, aki baru beli 10 bulan (aki Yuasa, seri lama sepertinya, bukan yang type hybrd) karena pada waktu itu hari minggu, toko aki yg lain tutup.
Kenapa yah? apakah alternator nya over charging.

Terima kasih sebelumnya Master
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

Hahahaha.... persis sperti yg (dulu) ane alami dgn livina ane dan (skrg) ane alami d gl cw ane.... itu biasanya tanda2 ud mau koit tuh baterai nya.. pdahal cek pake avometer mahh pengisian normal2 aj... dl perna ama supir ane dibiarin aje ampe akhirnya uap nya luber kena selang kopling ampe jebol

btw, mendingan diganti aj om kl ud gt... kl saran ane, pake aj aki kering... umurnya mirip2 koq ama aki basah, walaupun lebi mahal dikit tp lebi enak krn ga usa ngisi2 air aki lagi dan ga resiko jebol selang kopling kaya ane (mahal parts nya, d atrium aj dl kena ampir 400an rebu)...

kl mau awet, tiap kali abis dipake, pas parkir di rumah buka kap mesin biar tuh aki ga panas2 amat... tp ini cara super rempong sehh....

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Profith83 »

Thank You om DOHC.

Soalnya dulu pernah pakai GL 5 thn sampai 50,000 KM fine fine saja.
Sekarang 3 thn 50,000 KM banyak jajannya :D

Sip, besok diganti saja kalau gitu dari pada rusak kemana mana

Thanks Om

Satu lagi, kalau ganti kampas kopling GL manual, itu di tempatnya transmisi yah? sorry kurang ilmu nih.
Soalnya mau ganti kampas kopling sekalian ganti olie tansmisi.
Kalau ganti kampas kopling perlu ganti sekalian apa yah? :D
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

kl ganti kampas kopling GL... wajib hukum nya ganti CSC nya atau kl biasanya kta blg dek laher... tertulis di manual repair nya kl stiap pembongkaran gearbox, ntuh CSC wajib dganti... nahh kl kampas ama csc nya ud dganti, mending skalian ganti matahari nya jg om...

btw 50 rebu ud ganti kampas cepet amat ?? ane dulu ampir 90an rebu km lebih baru ganti... pas masi 60an rebu aj masi bsa dapet 160 kph...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Profith83 »

Oh sip, cara testnya gitu yah .. gak kepikir ... selama masih bisa dapet 160 kph harusnya gak perlu ganti yah.
BTW perawatan transmisi manual, ganti olie di KM 50,000 takut transmisi jebol Om, soalnya mesin GL kan panas, takut panasnya merembet ke transmisi.

Kalau ganti olie transmisi di BeRes olienya satu type saja kan?
dan apa saja yang harus sekalian diganti? atau cuma olie saja?

Sorry Om banyak tanya dan terima kasih
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

Err 160 kph bukan patokan om... hehehe... waktu d km 70an rebu aj ane masi bsa lari kenceng koq.... parameter utama nya yahh pas gigi 1 kl br jalan musti d urut.. kl mendadak d bejeg gas pasti rpm melejit tp mobil laju nya ngeden... itu yg ane rasain waktu kopling ane ud mulai selip...
Atau coba aj dr posisi diem masuk gigi 5 dan paksa jalanin... kl mesin lgs mati atau mobil bsa jlan pelan2 means kopling masi lumayan...

Kl dl ane sehh per 30 rebu km malah gantinya... itu aj pas d tap olinya jd babak belur... item dan berbusa.... ganti gigi jg ud ga enak ad greg greg nya.... heran skrg beres malah blg bsa 120 rb km....

D beres ad 2 type om.... 5 ama 6 speed.. jgn ktuker... yg 5 speed itu tingkatan 75w-85 kl 6 speed 75w-80.. lebi encer.... harus APi GL-4...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by ternakblog »

Kmrn barusan ganti aki merk gs,kena 630 yg 45amper
Umur aki yg lama 1.5taon,pernah kehabisan air aki mayan lama,tpi diisi lagi sama bengkel pas servis 20rb,bisa tahan lagi smpek 10rb km
Kmrn sblm akhirnya wafat,tak coba cuci aki pake air panas,isi zur,tes eh mati 2 biji sel nya,diblgi tukang akinya,cara ngetes aki sel e msih hidup ato mati,sambungin aja kutub positip n negatipnya,nnti kalo bekutup2 air akinya,itu tandae sell e udah mati,percuma distrum lagi,ga lama bakal koid juga

Om dohc,bener om,kmrn iseng nanya,oli transimisi diganti brp km,eh jwb e 100rb km=--=
Kmrn nanya juga,kaki2 GL lawas sama yg baru beda ato sama?katae sing blkg beda,nomor part nya beda,entah juga,tpi tanya juga,wis ada blm sing komplen kaki2 buat angl?katae blm,lek gl lawas mmg byk yg komplen masalah kaki2 blkg
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Profith83 »

Pakai sehari diisi air aki sampai 400 CC baru balik ke batas atas ... cuma sehari pakai habis 400 CC.
Padahal cuman dalam kota dan tidak macet ...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

@ternakblog : justru yg ane tau kaki2 blakang gl ckup kuat om... ganti shock dgn yg gas klas murmer macam kyab ultra aj bsa awet bener.. cuman bantingan jd kaya delman... kl mau nyaman pake shock oli tp yagh ga awet

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

Kl perihal oli gearbox... saran ane ganti aj per 30an rebu km... inget ini mobil fwd... kerja gearbox berat... toh oli mtf cumab kepake 2.5 liter... ga seberapa

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Profith83 »

Report : habis ganti aki mobil malam ini dengan GS NS60L
Dipakai perjalanan 1 jam tidak panas. (jam 07:30-08:30)

Besok report lagi :D

Thanks Om DOHC, sudah banyak bantu jawab pertanyaan yang tak terhitung dari saya :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

sama2 om profith... dl nt jg perna bantu jawab pertanyaan ane waktu mau bungkus panther kapsul atau ipah... hehehe...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4606
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re:

Post by Profith83 »

DOHC wrote:Kl perihal oli gearbox... saran ane ganti aj per 30an rebu km... inget ini mobil fwd... kerja gearbox berat... toh oli mtf cumab kepake 2.5 liter... ga seberapa

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
olie transmisi manual GL 1.5 XV termasuk kuras cuma 3 liter yah?
soalnya oli transmisi matic Innova diesel kalau termasuk kuras 10.3 liter, kalau tidak dikuras katanya cuma 3 liter

olie transmisi manual GL 1.5 XV termasuk kuras cuma 3 liter yah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Re:

Post by DOHC »

Profith83 wrote:
DOHC wrote:Kl perihal oli gearbox... saran ane ganti aj per 30an rebu km... inget ini mobil fwd... kerja gearbox berat... toh oli mtf cumab kepake 2.5 liter... ga seberapa

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
olie transmisi manual GL 1.5 XV termasuk kuras cuma 3 liter yah?
soalnya oli transmisi matic Innova diesel kalau termasuk kuras 10.3 liter, kalau tidak dikuras katanya cuma 3 liter

olie transmisi manual GL 1.5 XV termasuk kuras cuma 3 liter yah?
perihal oli transmisi manual...

ini mahh ga kaya gearbox matic om yg ad istilah kuras... buka baut drain jg bakal kluar smua isi minyak nya...

3 liter mahh kebanyakan... wong di manual repair nya aj cuman ditulis 2.6 liter koq... bahkan itu ud termasuk waktu abis di overhaul... isi kebanyakan jg ga bagus, seal di deket as roda jd cepet aus.. patokan nya kl lg ngisi, mobil jgn d dongkrak... masukin 2,6 liter abis itu pake jari coba colok ke dalam lobang pengisian... pasti uda kena dehh oli nya... dan lagi, dl ane isi 2.6 liter jg ud pas di bibir pengisian koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

aki di GL ane pake cuman sampai di 1tahun 5 bulan aja broo....
ane perhatiin alias ane inget2 sebelom koit gk da gejala start berat atau apa, cumannnn speedometer sempet error sebentar, pas mesin ud nyala jarum bensin tetep di E dan bahkan lampu indikator bensin-nya nyala.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

kalo oli GL ane skrg, ganti di 38.xxxkm, skrg ud 44.xxxkm hajarrrrr ampe 48.xxxkm sesuai stiker yg ditempel :mky_03:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

klep klep..
GL ane kalo lagi posisi gimana gitu ya, pas injek rem setir gerak kiri kanan suka bunyi klek klek klek, duu juga ud pernah begitu masukin nissan pluit cmn di ganjel doank brake padnya, masalah solved, ente punya ada diganjel2 gak klep???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by Greenhunter »

GL ane tahun 2008, XV matic, sudah 2X ini radiator coolant berkurang sedikit, keadaan sekarang:
- mesin tidak pernah overheat
- sudah cek ke bengkel kipas radiator high speed mau nyala, tetapi saya bandingkan dgn ANGL kok bunyi putarannya kalah, apakah memang gitu atau punya saya mlai lemah kurang tahu
- waktu di check oleh bengkel pakai laptop di colokn ke socket dibawah mesin itu suhu temperatur normal, antara 84 - 90 derajat celcius, dia bilang thermostat juga masih normal
- tutup radiator standar 0,9 bar (ori dari baru)
- AC tetep dingin

Penasaran kenapa radiator coolant di reservoir tank bisa berkurang sedikit ya ?
Ada yang bisa share pengalaman kira kira kenapa ?
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by m4rio »

kalo cuman kurang dikit gpp om, ane juga suka bgtu kok kurang dikit ya tambahin aja pake air biasa kalo ane. GL 2013.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by KodokPushUp »

Coolant GL memang sering kurang kok
Kalo ane biasa pas abis diisi penuh (sampe garis max), beberapa hari di cek langsung ngurang lumayan banyak
Asal masih dalam batas max-min, biarin aja
Lucunya, setelah ngurang lumayan banyak itu, selama ga ditambah, ga ngurang lagi
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by DOHC »

m4rio wrote:klep klep..
GL ane kalo lagi posisi gimana gitu ya, pas injek rem setir gerak kiri kanan suka bunyi klek klek klek, duu juga ud pernah begitu masukin nissan pluit cmn di ganjel doank brake padnya, masalah solved, ente punya ada diganjel2 gak klep???
GAK !! :big_weee: :big_weee:

RV style : on....
KodokPushUp wrote:Coolant GL memang sering kurang kok
Kalo ane biasa pas abis diisi penuh (sampe garis max), beberapa hari di cek langsung ngurang lumayan banyak
Asal masih dalam batas max-min, biarin aja
Lucunya, setelah ngurang lumayan banyak itu, selama ga ditambah, ga ngurang lagi
coba diganti aj om coolant nya... dl ane waktu make coolant bawaan jg rajin nambah... tp sejak ane kuras trus ganti pake mrek laen, berkurang nya jauhh lebi minim koq... bsa2 berbulan2 baru ane tambahin dikit..

mengenai coolant, ane ga tau kl yg skrg punya kualitas nya gmana... tp kl dl jaman ane make produk batu makam, (2007-2008) coolant bawaan emg rada2 ampas kualitas nya... blom lg pas di kuras, bsa ada endapan2 putiih kluar di di bawah radiator, nempel di tutup plug radiator bahkan ngendap jg di bawah botol reservoir, mods hansen jg ngalamin hal yg sama dgn ane... makanya sjak itu ane ogah make coolant bawaan batu makam... tp denger2 mreka ud ganti vendor yahh.. warna coolant nya jg ud beda ama yg jaman ane dl..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: TOLONG - HELP Aki mendidih

Post by rautech »

Profith83 wrote:Sudah sekitar 1 minggu ini,
Aki di Mobil Grand Livina diisi sampai bibir di dalam aki, 1 minggu kemudian sampai batas bawah aki bahkan sampai hampir kelihatan cell akinya.

Pada waktu kemarin hari minggu check habis jalan dalam kota tidak lewat dari 1 jam, tidak ngebut dan tidak macet.
1. Kap mesin dibuka bau H2SO4 menyengat
2. dari tutup aki(belum dibuka) keluar asap dan didekati bau menyengat H2SO4
3. tutup aki dibuka juga keluar asap dan bau menyengat H2SO4
4. air di dalam accu mendidih berbuih persis kita masak air 100 derajat,
5. dinding luar aki dipegang panas banget, tangan gak kuat hampir melepuh.
6. air accu dilihat sudah hampir kelihatan cell nya, padahal seminggu yang lalu baru diisi penuh.
7, diisi lagi air aku habis 650 CC (satu botol air aki)

satu hari kemudian yaitu hari ini Senin, isi air aki lagi habis separuh botol 650 CC (jadi yang terisi sekitar 300 CC--> cuma dipakai 1 hari).

Sebagai informasi, aki baru beli 10 bulan (aki Yuasa, seri lama sepertinya, bukan yang type hybrd) karena pada waktu itu hari minggu, toko aki yg lain tutup.
Kenapa yah? apakah alternator nya over charging.

Terima kasih sebelumnya Master
Om saya ngalami ini dulu di Dangan GTi saya. problemnya dari regulator tegangan (IC regulator) yang ada di dalam alternator rusak (ketetesan power steering fluid). sehingga tegangan bisa sampe 18V. normalnya 13.8-14V pada saat pengisian. coba bawa ke ShopNDrive cek aki dan voltase pengisian disana. mudah2an bukan regulatornya yg kena.. karena kalo diliat, posisi alternator GL di atas. harusnya aman.

semoga membantu Om
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by rautech »

:big_peace:
punya ane alhamdulillah hampir 3bln dari dealer ngga pernah nambah Om.. kalo diperhatikan, level coolant naik turun.. kalo turun dikit dibiarin, pada kondisi tertentu dia naik kembali ke posisi semula.
kalo nambah mah berarti ada kebocoran halus tu.. Nouva ane terakhir sblm dijual aja udah jarang bgt nambah. sebelumnya semua saluran pengairan ane ganti baru. dan sambungan2 karet ke logam diberesin Om..
KodokPushUp wrote:Coolant GL memang sering kurang kok
Kalo ane biasa pas abis diisi penuh (sampe garis max), beberapa hari di cek langsung ngurang lumayan banyak
Asal masih dalam batas max-min, biarin aja
Lucunya, setelah ngurang lumayan banyak itu, selama ga ditambah, ga ngurang lagi
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird