Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by dogar »

madcat015 wrote:Selamat datang om dogar...

Sharing yang sangat menarik dan menggelitik... terima kasih sudah memberikan refreshment di SM dari sudut pandang yg sangat unik...

Mmg mobilio ini kontroversial. Antara jatuh cinta saat melihat langsung, atau kena jebmen bagi yg sudah berharap lebih.

Mari dilanjut diskusi ini... *siapkan bensin dan mercon, bakalan panas ini trit* :ngacir:

*ngomong2, nick nya dogar pake huruf G kan om? Di marih sering terbalik antara huruf G dan Q...* :mky_03:
Tengkyu sambutannya, bensinnya, dan juga merconnya. Tinggal korek apinya nih :D

Ngomong-ngomong soal jebmen, saat ada pameran besar-besaran di TransStudioMall, sambil penyerahan 38 unit pertama
dan ada 3-4 unit display yg bisa diduduki langsung, jujur aja feeling kejebmen itu memang ada. Duh koq dasbor begini sih,
duh glovebox koq piye, yah koq cermin di sun visornya sederhana amat (dibandingin sama yg di Yaris).
Tapi entah saya kena santet atau apa, semua jebmen itu jadi ngga ada artinya setelah nyoba duduk
sana sini dan membolak balik kursi penumpang. Ternyata buat saya fungsionalitasnya mengalahkan kehororan estetika interiornya.
Trus saya pikir-pikir, toh waktu nyetir saya lebih sering liat ke jalan bukan ke dasbor (pembenaran ceritanya sih :D ).
Jadilah saat itu saya tambah lagi tanda jadinya 4 jeti, soalnya kata salesnya momen itu adalah untuk memastikan
apakah calon customernya serius atau mau batal. Setelah tanya sana sini ternyata emang di kota-kota lain juga tanda jadi
Mobilio itu 5 jeti bukan 1 jeti.

Pas acara di TSM itu ada panggung juga (ada band yg namanya ADA BAND), lalu ada wawancara dengan salah satu pembeli Mobilio
yg terima mobilnya hari itu. Si pembeli bilang dia inden dari November '13. WTF? Saya protes ke salesnya, koq saya yg inden
dari Oktober ngga dapet duluan? Si salesnya dgn kalem bilang "Oh dia itu repeat order pak. Dari dulu beli Honda melulu ke kita,
jadi kita dahulukan".
Ooo okelahkalaubegitu... jadi abis beli Mobilio ini thn depan saya kudu beli Odyssey, Jazz, Accord supaya kalo ada launching
produk baru kastemer loyal kayak saya ini bisa nyalip di tikungan customer lainnya yg udah antri duluan ya.
(Loh koq jadi curcol :D ).

Yup pakai huruf G, kalau terbalik tinggal diputer aja layarnya om..hehe
Classic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by Classic »

Nah pengalamannya sama.. Waktu saya cari info ttg mobil incaran, kebanyakan saya dapat dari forum ini. :mky_02:
Ada juga sedikit info yang saya dapat dari sebelah, dan majalah kesayangan member SM yakni Autohbiel :big_weee: tapi ga seinformatif di sini. jadi Silent Reader udah 3 tahun, baru sekarang join :mky_01:

Ini menandakan postingan-postingan member SM benar-benar dibaca dan berguna di Indonesia :big_exellent:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by dogar »

ilhami wrote:Nice review Om dogar, cerdas dan argumentatif
Tengkyu bro, tapi ternyata saya ada yg salah nih.
Barusan ada yg PM, Freed itu ngga pake CVT tapi gear juga.
Setelah saya tengok spek nya di internet ternyata memang cuman disebutkan 5 Speed Automatic tanpa embel-embel
CVT. Berarti ini come back nya Honda ke CVT yah. Moga-moga sih CVT nya awet surawet.
Makasih buat yg PM ya.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by r1409 »

memang freed itu pake 5AT konvensional. dan tarikan freed mah memang berat, mesin buat mobil kecil seperti jazz/city dipasang di bodi bongsor segitu...
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by dogar »

ALX7 wrote: :big_biglaugh:
Ternyata ada yg senasib spt saya, berencana ganti itu mobil(APV) tp bingung cari alasan bisa diterima..

Yg mungkin si Lio lebih baik dari si angkot yg paling kerasa ya soal kekedapan kabin bung, yg biasa bawa APV pasti sudah terbiasa dengar mesin meraung dibawah jok klo rpm udah diatas 2500.
tp tetap soal kelapangan lbh enak si APV, malah itu mobil bisa dibawa utk pindahan rumah (lemari, kulkas, sofa bahkan sepeda motor)...
Maaf bukan nya mau bandingin/jelekin/OOT dr judul trit yah... :big_peace:
Memang si APV ini bandelnya ngga kira-kira. Selama 10 thn pake blom pernah mogok sedetikpun (kecuali aki ko'it). Kaki-kakinya
kuat bener, bearing roda depan baru diganti 1x, itupun di tahun ke 6 apa 7. Padahal bobotnya kan mayan juga tuh, RWD lagi.

Bagi yg suka mobil dgn daya akomodasi besar (saya dulu pernah beberapa kali bawa VW Combi, dari jenis Jerman sampe yg Clipper), pilihan LMPV nya kalau ngga Evalia ya Mobilio.
Tapi karena faktor eksterior, orang cenderung akan ke Lio.
Di Indonesia ini keliatannya faktor "tampang" masih jadi nomer 1. Contoh kecil misalnya nasib Baleno Next G.
Itu mobil kalo ngga salah pernah jadi car of the year/the best something nya salah satu media otomotif.
Tapi karena bentuknya yg 'gimanaaa gitu', penjualannya kurang sukses.
Malah lebih sukses Baleno gen 1 karena bentuknya lebih manis.
Karimun Estilo juga sami mawon, kalah sukses sama gen 1 nya gara-gara bentuk yg 'gitu gimanaaaa'.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by artoodetoo »

errrr ... anuh .... bukan standar saya yg ketinggian, saya cuma gak suka lihat sambungan2 yg gak presisi, itu aja sih
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by HouseOfDetailing »

Tenang om Dogar,Prittt mah di asapin ama Mobilinyong kalau urusan lomba lari :ngacir:
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

review Mobilio ala saya

Post by hadiyanfa »

oke satu2nya alasan kenapa saya bikin review ini adalah karena saya iri sama newcomer SM ini, mas Dogar namanya, iri karena mas Digar dapat sambutan gempita dari seluruh user SM lainnya, hanya karena dbeliau bikin review. sedangkan saya, awal main di SM tidak disambut dengan begitu antusias. oleh karenanya saya coba peruntungan dengan buat review juga, siapa tau saya dapat sambutan meriah ala artis yg siap konser di desa terpencil. :wkkk:

kalau mas dogar mereview ala on the spot, maka saya coba meriview dengan cara yang jauh berbeda dengan cara yg selama ini terpikirkan oleh para SMers, cara yang terbilang unik, cara yang kemungkinan besar akan saya buatkan hak patennya dikomnas perlindungan anak. cara unik ini saya namakan

mereview dari review untuk mencari alasan tetap membeli :big_smoking:

pasti semua rekan2 SMers disini penasaran dengan cara ini, oleh karenanya untuk mengefisienkan waktu, langsung saja saya mulai.

intinya review ini akan menggambarkan review2 lainnya yang selama ini sudah beredar yang membuat saya mendapatkan alasan untuk membeli mobil ini. oiya perlu suhu2 ketahui, selain meriview dari review yg ada, review kali ini juga bersumber dari pengalaman saya beberapakali meny*tubuhi unit show di dealer honda yang ada, dan experience yg saya rasakan pada mobilio ini saya komparasikan dengan experience yang sudah sering saya rasakan di papanjah tua saya. jadi di akhir tiap poin ada komparasi penilaian dengan format

poin yg dinilai (mobilio : papanjah tua saya)

oke kita mulai yo, eh sebelum mulai, perlu diketahui, review ini saya lakukan untuk menemukan poin2 pada mobilio yg mampu memenuhi kebutuhan bekedara saya. ada beberapa poin penting yg saya butuhkan kedepannya. mobil yg saya butuhkan adalah sebuah family car, namun punya nilai eksterior yg bisa dibanggakan ketika bertemu dengan klien atau mitra bisnis saya. sehingga poin2 penting dalam menentukan mobil dan menilai mobilio ini adalah
1. keluasan kabin (saya sering membawa keluarga di luar keluarga inti saya)
2. kenyamanan penumpang (saya sering melakukan perjalan dalkot dan lurkot yg cukup panjang bersama keluarga)
3. kenyamanan driver (saya sering melakukan perjalanan dalkot yg cukup panjang untuk keperluan bisnis, bukan orang kantoran)
4. keluasan bagasi (saya sering membawa banyak barang kebutuhan keluarga dan belanja bulanan dan tahunan)
5. eksterior (saya sering kumpul dengan komunitas pengusaha, jadi perlu mobil yg layak pamer lah)
6. irit BBM (kantong saya tidak setebal kantong beberapa suhu2 SM, oleh karennya BBM perlu irit)

1. keluasan kabin.
review dari mod metket, mas ChZ, mas tomiko dan mas2 lainnya sudah dengan gamblang dan tegas menyatakan bahwa mobil ini layak mendapatkan jempol sebanyak2nya, jika dibandingkan dengan rival sejenisnya, macam ererer, avania, aganlivi dan sepin. jangan ditanyakan seberapa luas, berbagai enjelasan dan foto menunjukkan bahkan pada 3rd rownya saja, orang setinggi 175cm masih bisa duduk dengan nyaman, dengan kondisi 2nd rownya tidak diubah, bayangkan saja kalo 2nd rownya sedikit dimajukan, pastinya akomodasi 3rd row pasti akan lebih luas

karena 3rd row sudah menunjukkan ke dewa annya dalam akomodasi, maka saya berpikir tidak perlu ada penjelasan untuk qst dan 2nd row yang sudah pasti akan lebih lega. kalau kata mas modmetket "mobilio menyediakan akomodasi tingktd dewa di kelasnya"

keluasan 1st row (7/10 : 5/10)
keluasan 2nd row (8/10 : 7/10)
keluasan 3rd row (7/10 : 6/10)
2. kenyamanan kabin.
masalah kenyamana memang banyak reviewers yg mengatakan joknya tipis. tapi disebalik tipisnya jok mobil ini, ternyata masih sangat nyaman untuk diduduki, ini dinyatakan juga oleh beberapa reviewers di berbagai media dan forum. mungkin karena bahan joknya yang cukup bagus (cuman mungkin)

atau saya curiga joknya sudah menggunakan teknologi terbaru, yakni independent air suspension. jadi setiap jok ada suspensinya. (lupakan statment konyol ini). atau mungkin bokong saya sudah mati atau kapalan rasa karena bertahun2 bergesekan dengan jok papanjah tua.

selain itu kenyamanan ini juga ditunjang dengan poin pertama, yakni keluasan kabin, yang tidak perlu saya ulas lagi disini. tapi poin plus kenyamanan akibat luasnya kabin tercederai dengan build quality dari doortrim dan dashboard, yang tentunya akan membuat mata sedikit terganggu dan akhirnya mengurangi rasa nyaman ketika duduk dalam kabin, diman amau tidak mau dua hal ini akan dapat terlihat dengan mudah. walaupun rasa nyaman yg kurang akibat dua hal ini bisa kita kurangi dengan membuat efek mati rasa/bebal, yakni dengan melakukan terapi "memandang", sisihkan waktu anda dalam sehari 3-4 jam melihat dua bagian ini selama sebulan, yaknilah lama kelamaan anda akan sedikit jereng. tapi saya tidak perlu melakukan terapi semacam itu, mata saya sudah matirasa dengan masalah ini, karena terlalu sering bergesekan dengan build quality papanjah edisi tua milik saya sebelumnya.

namun hal diatas masih bisa diakali dengan memberikan sentuhan tangan beberapa desainer interior mobil yg terkenal di sepanjang SM ini

nah beralih dari situ, saya coba mengulas kenyaman sebagai driver dibelakang kokpit. tidak perlu mengambil review dari siapapun untuk mengetahui ini, saya sudah 3 - 4 x merasakan posisi duduk di belakang kokpit, memainkan tilt steeringnya, memaju mundurkan joknya, sampai memaju mundurkan mobil dengan mendorongnya (yg terakhir cuman boongan). dan buat saya yg terbiasa dengan papanjah tua ini, kenyamana pengemudi di mobilio ini 2x lipat lebih nyaman dibandingkan kenyamana yg bisa saya dapatkan di papanjah tua saya.

nah dari 1st row, mari kita coba ulas masalah kenyamana yg dipengaruhi faktor kebisingan dalam kabin, saya akui sistemperedaman suara mobilio ini tidak begitu bagus, bahkan jika dibandingkan dengan papanjah tua saya, sehingga suara dari luar masih bisa terdengar di dalam kabin, begitupula sebaliknya, tapi saya bersyukur, karena kabin tidak begitu kedap suara, sehingga saya masih bisa emndengar suara dari 2nnd row di 1st row, atau suara dari 3rd row di 1st row. bayangkan saja kalau kabin ini kedap suara, jelas akan sangat membosankan, karena sepanjang perjalanan saya tidak bisa ngobrol dengan anggota keluarga dalam mobil, atau mendengarkan musik di mobil.

tapi tidak apa, hal ini masih bisa diakali dengan memberi sentuhan alat peredam suara di berbagai spotdi mobil ini.

kenyamanan tubuh di 1st row (8/10 : 5/10)
kenyamanan tubuh di 2nd row (8/10 : 7/10)
kenyamanan tubuh di 3rd row (7/10 : 6/10)
kenyamanan telinga (6/10 : 7/10)
kenyamanan mata (6/10 : 5/10)
kenyamana kulit (6/10 : 6/10)
3. keluasan bagasi
dari kabin kita menuju bagasi, tapi perlu anda ketahui, mobilio tipe E itu bagasinya ada dalam kabin, begitupula tipe lainnya, jadi tidak ada perbedaan pada tiap tipenya (tstatement ini tidak perlu dianggap penting). karena luasnya bagasi dalam kabin, ini menjadi nilai plus buat saya yang terkenal royal kepada keluarga (pengakuan sepihak), sehingga sering mengajak keluarag jalan2 dalam kondisi kabin full. luasnya kabin mobilio ini membuat saya tidak perlu mengorbankan 2nd row & 3rd row untuk diisi dengan barang, karena bagasi yg tidak muat.

keluasan bagasi dalam kabin (8/10 : 7/10))
4. eksterior
satu kalimat saja, saya suka dengan eksterior mobil ini.

tapmak depan (7/10 : 6/10)
tampak depan serong kesamping sedikit (8/10 : 6/10)
tampak samping (8/10 : 7/10)
tampak samping serong kebelakang sedikit (9/10 : 6/10)
tampak belakang (9/10 : 5/10)
5. kata suhu2 dimari "Driving Impression" kalau katas aya "kenyamanan berkendara" (sambung2in aja)
saya gak tau, kalau mereview dari review yg ada, bisa disimpulkan, kenyaman berkendara di mobilio ini sangat bagus untuk kendaraan LMVP under 200 jt. bahkan salah satu reviewers mengatakan lebih menyukai driving impression di mobilio ketimbang di freed. saya bisa lah sedikit mendapatkan gambaran terkait hal ini, ketika saya coba duduk di jok driver, dan memang pas mantab sepertinya, baik visibilitas, aksesibilitas driver ke berbagai tool berkendara, terutama stir dan tuas persenelingannya, masih terjangkau oleh tangan saya, bayangkan saya kalau dua tools ini tidak bisa di akses oleh tangan saya. kemudian kopling yang lembut tidak begitu keras juga jadi poin plus plus banget buat saya pecinta 3 pedal.

kemudian akselerasi, handling, bantingan, tingkat kelimbungan berkendara, suspensi, semuanya diluar ekspektasi para reviewers.

driving imperssion (8/10 : 6:10)
6. kehematan BBM
dari berbagai review menjelaskan bahwa mpobilio terbilang irit dengan mesin yg punya power terbesar di kelasnya. M/T bisa sampe 1:14 kombinasi dalkot lurkot sudah sangat memadai untuk memperpanjang nafas kantong saya

kehematan BBM (7/10 : 7/10)
7. Mesin
dengan harga papanjah, bisa dapat mesin sekalah freed dan jazz, ini sudah sangat luar biasa buat saya, dan diluar harapan saya akan mobil ini. terlenih lagi mesin ini diatas rata2 rivalnya di kelas LMVP, oleh karena itu tidak perlu penjelasan panjang lebar terkait mesin mobilio ini

mesin (9/10 : 7/10)
8. Verdict
honda Mobilio buat saya ada extra ordinary LMPV, angin segar di kelas gemuk ini. dan ini LMPV terbaik saat ini untuk keluarga saya. kalau kata mas ChZ "terlepas dari interiornya, mobilio ini adalah LMPV yang HEBAT"

maka total dan rataan dari setiap penilaian adalah
Keluasan (7,4/10 : 6,0/10)
kenyamanan (6,8/10 : 6,0/10)
bagasi (8,0/10 : 7,0/10)
eksterior (8,2/10 : 6,0/10)
driving impression (8,0/10 : 6,0/10)
kehematan BBM (7,0/10 : 7,0/10)
Mesin (9,0/10 : 7,0/10)

KESELURUHAN
mobilio : 7,8
papanjah tua saya : 6,5
untuk sumber2 review lainnya yang pastinya lebih berbobot dan berkualitas, silahkan pantengin
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=20247
disitu juga sudah include review dari mod metket dan dari mas Tomiko

oke itu deh review ala saya, yang rada2 bener, rada2 ga bener. mohon maf jika ada kesalah kata, kesalahan pengetahuan, kesalahan etika, dan kesalahan lain2nya yang menyebabkan terciderainya hati, perasaan salah satu member SM/pepmbaca atau terciderainya aturan dan regulasi di SM.

mohon nubitol tingkat dewa ini diingatkan kalau salah, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih banyak

salam damai :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by hadiyanfa »

dogar wrote: Ooo okelahkalaubegitu... jadi abis beli Mobilio ini thn depan saya kudu beli Odyssey, Jazz, Accord supaya kalo ada launching
produk baru kastemer loyal kayak saya ini bisa nyalip di tikungan customer lainnya yg udah antri duluan ya.
(Loh koq jadi curcol :D ).

Yup pakai huruf G, kalau terbalik tinggal diputer aja layarnya om..hehe
wkwkwkwkwkwkkwk...iya mas dogar di borong aja semuanya.... bagaiamana bisa, cuman gara2 repeat order, terus boleh nyalip antrian...klo ke resto langganan aja saya gak dapat perlakuan kayak gitu...

oiya, salam kenal mas, selamat datang di forum unik ini. saya juga anak baru disini. :big_childish:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by dogar »

DDR wrote:@ Bro Dogar, welcome bro... selamat yah atas mobil baru nya... jangan lupa kalau udah dateng nanti review real life yaks, saya penasaran jg soalnya hehe... kapan kapan pas saya ke Bandung yok kita kopdaran di PVJ... disana kan pemandangannya bagus... :D

Anyway, kalau saya dalam posisi Bro Dogar, ada kemungkinan besar saya juga akan ambil Mobilio bro... it suits me and my family's needs... tapi berhubung waktu saya lagi cari mobil tahun lalu (Oktober 2013), ini Mobilio baru gambarnya doang, jadi ya saya ambil TigaEr... tapi saya nggak menyesali pilihan saya juga sih, nyaman juga... sama... ya kalah di kapasitas bagasi sih hehe...
Boleh.. boleh kapan-kapan kita kopdar di PVJ. Btw, pemandangan apa "pemandangan" nih yg bagus? :D

Memang waktu ambil keputusan saat pameran di PVJ itu bener-bener kayak beli harimau dalam karung.
Lah unitnya ditaro di semacam high rise floor gitu, sekelilingnya dikasih pembatas agak jauh dari mobilnya.
Otomatis para pengunjung biar jinjit juga ngga bisa liat dalemnya kayak apa (kecuali Yao Ming kali ya), apalagi mau nyobain duduk.

Bener-bener tuh Honda PD banget, cuman jual tampang tanpa memberi kesempatan calon konsumen duduk di kabin
udah berani minta tanda jadi. Baru kali ini sih ada yg jualan mobil 'belagu' kayak gitu.
Tapi apa mau dikata, yg ngantri teteeeeep panjang.
Mungkin ini yg dinamakan kekuatan brand image itu ya.
Katanya yg inden sekarang sudah tembus 10 ribu hanya dlm 5 bulan, rasa-rasanya mirip kayak waktu Avania pertama kali launching
10 thn yg lalu.

Di Indo lebih gampang jualan mobil daripada vacuum cleaner kayaknya :D (ngga maksud ngeledek sales vacuum cleaner yg door 2 door itu lho).

http://www.solopos.com/2014/02/04/mobil ... lan-486856
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: review Mobilio ala saya

Post by kklover »

hore pertamax lagi...

nice review brooo hadiyanfa... tapi kaki2 sih mobilio agaknya lebih lemah deh kalau pake sama kaya brio
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: review Mobilio ala saya

Post by hadiyanfa »

@mas kklover, thanks mas apresiasinya, padahal ngereview asal aja saya. hehehe. wh jadi rada2 serem nih saya ngehantm poldur dan lubang. beneran tuh lemah kaki2nya? berarti harus main alus donk.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by dogar »

HouseOfDetailing wrote:Tenang om Dogar,Prittt mah di asapin ama Mobilinyong kalau urusan lomba lari :ngacir:
Wah udah TD ya om HoD.
Padahal pernah liat di Cipularang si mPriit bisa melesat juga tuh di tanjakan yg panjang.
Kalau dari bentuk fisik keliatannya Lio lebih aerodinamis daripada mPriit yah.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

HouseOfDetailing wrote:Akhirnya TD E CVT...dengan berkorban dikit muter nyari premios walau udah mupeng pingin full throttle :mky_03:
Driving impression:
Kesan mengemudikan jauh lebih dari cukup untuk membayar semua kekurangannya.Di kick down emang ngga seperti geared yang hempasan torquenya bikin nagih.Tapi akselerasi halus-halus ngacir,ane kick down saat nyampai 3500rpm ada sensasi banjir torque dari mesin.Angkat pedal gas tahu-tahu sudah nyampai lebih dari 80km/h dengan kondisi beban 2 orang dan fuel tank full.Si Mobilmonyong pelari marathon yang baik untuk overtake mobil lainnya.Suspensi senyap berhubung mobil baru,bantingan pas tanpa ada rebound berlebihan.A well done car from Hando :D

*ane banyakan naruh kaki di rem dari pada gas saat di arus traffic.cvt box of this car are good :big_slap:
Nice review :big_exellent: .
Testimoni om HoD paling tidak mematahkan teori bahwa komentar-komentar positif di beberapa media ttg si Lio adalah pesan sponsor.

Jadi penasaran nih mekanisme CVT waktu kickdown. Kalo yg geared kan memang "pindah gigi seketika". Kalau CVT gimana sih?
Apa cone nya membesar/mengecil seketika jg?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sp

Post by ChZ »

very-very nice end-user review om dogar... :mky_01:

dan dari sudut pandang yang sangat berbeda :mky_01:

ane setuju, interiornya memang masih lebih sedep dipandang dibanding APV GA.... :mky_01:

oh ya om... Freed pake 5sp A/T... kejelekan 5sp A/T Ahond di Jazz/City/Freed ini : Rasio giginya kepanjangan... jd di tarikan bawah berasa kurang responsif :big_slap: di Mobilio pake CVT terbaru, jd penyaluran tenaga lebih halus, lebih nyaman, dan lebih responsif, kira-kira itu yang ane rasakan

ngomong2 APV... temen ane ada juga yg miara APV 2004 dan sangat bandel emang mobilnya, 9 taun dijadiin mobil perang sampe dijual akhir taun 2013 kemaren :mky_01: makanya 1 1nya alasan dia jual APVnya juga bosen... dan lg nunggu Fiesta Ecoboost :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by artoodetoo »

Kawan2, berhubung trit review Mobilio terlalu banyak, semua trit yg senada saya merge ke sini.
Dimohon pengertiannya.

SM bukan ajang untuk mencari popularitas diri dengan bikin trit senada dengan yang lain. Kalau punya pendapat, silakan post sebagai komentar di trit yg sudah ada. Kalau komentar tsb bagus, toh pasti menuai pujian juga kok.
Nah, kalau ada yg mau bikin review Mobilio yg M/T dipersilakan di trit sendiri, soalnya itu sudah "makhluk" berbeda.

Harap maklum ya teman2, khususnya dogar sebagai TS 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sprot dan hadiyanfa sebagai TS review Mobilio ala saya
:thanks:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by ChZ »

artoodetoo wrote:Kawan2, berhubung trit review Mobilio terlalu banyak, semua trit yg senada saya merge ke sini.
Dimohon pengertiannya.

SM bukan ajang untuk mencari popularitas diri dengan bikin trit senada dengan yang lain. Kalau punya pendapat, silakan post sebagai komentar di trit yg sudah ada. Kalau komentar tsb bagus, toh pasti menuai pujian juga kok.
Nah, kalau ada yg mau bikin review Mobilio yg M/T dipersilakan di trit sendiri, soalnya itu sudah "makhluk" berbeda.

Harap maklum ya teman2, khususnya dogar sebagai TS 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sprot dan hadiyanfa sebagai TS review Mobilio ala saya
:thanks:
thankyou mod droid.... :mky_01: biar nggak berantakan juga :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by hadiyanfa »

artoodetoo wrote:Kawan2, berhubung trit review Mobilio terlalu banyak, semua trit yg senada saya merge ke sini.
Dimohon pengertiannya.

SM bukan ajang untuk mencari popularitas diri dengan bikin trit senada dengan yang lain. Kalau punya pendapat, silakan post sebagai komentar di trit yg sudah ada. Kalau komentar tsb bagus, toh pasti menuai pujian juga kok.
Nah, kalau ada yg mau bikin review Mobilio yg M/T dipersilakan di trit sendiri, soalnya itu sudah "makhluk" berbeda.

Harap maklum ya teman2, khususnya dogar sebagai TS 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sprot dan hadiyanfa sebagai TS review Mobilio ala saya
:thanks:

wkwkwkwkwkw. saya kesindir nih mod. statement di thread saya cuman buat candaan doank ko mod... tapi ya saya lebih suka kalau digabung, awalnya juga saya request ke modket kalau review2 digabungin di satu tempat, dan dipindahin ke page one. tapi kata mod metket, yg kalau ada review silahkan bikin thread sendiri...

sorry ya mod kalau saya melanggar regulasi di SM. maklum belum tau banyak ttg SM. yang jelas statement saya di review saya itu cuman statement bercandaan aja, cuman basa-basi pengantar pemecah kebuntuan menulis. saya di SM bukan cari popularitas, disini saya cari ilmu dan pengalaman, belajar dari para master dan suhu2 dunia otomotif yg sudah lebih banyak makan asam garam dunia otomotif, agar kelak saya tidak terjerumus dalam hal2 yg merugikan... sekali lagi mohon maaf , tidak bermaksud melanggar aturan, merugikan pihak lain ataupun mencari popularitas sepintas...

:big_sorry: :big_sorry: :big_sorry:

terkait ttg penggabungan thread, awalnya saya sudah request ke modmetket, tapi kata modmetket bikin thread review masing2 aja, jadi akhirnya saya tergelitik buat bikini sendiri, sekedar berbagi informasi ttg pertimbangan saya memilih mobilio (gak ada maksud lain) dan pandangan saya ttg mobilio tersebut, sehingga bisa memudahkan orang lain juga.

ini obrolan saya dengan mod metket terkait permintaan penggabungan thread
madcat015 wrote:
hadiyanfa wrote:@mas modket idola para nonik, request donk, supaya review dr mas romiko_van di gabungin ke pejwan.

terus judul,threadnya ganti jadi "Review Honda Mobilio" aja, biar nnti yg mau review ttg mobilio disini aja. lgpula udah ada beberapa review dr user SM disini yg bukan cuman tipe prestige nya.

thanks ya mod
Errr... ane lebih sreg kalau review tiap mobil dipisah om...

Untuk menghormati bro ChZ sebagai TS, dan memberikan om Tomiko sebuah trit tersendiri dengan bahasan lebih spesifik dan terarah.

Di SM, ripiu lebih dari 1 untuk satu mobil sudah lumrah om. Seperti Brio dengan 3 ripiu berbeda untuk 3 tipe. Bahkan untuk mobil yg sejenis bisa terdapat lebih dari satu ripiu. Seperti Accord CR2, Legacy BM, Mazda MX-5...


Jadi bukannya ane tidak mau om... di SM posting pertama TS jarang diedit dan dicampuraduk dengan postingan lain, posting pertama diusahakan semurni mungkin. Kecuali TS yg meminta nya secara spesifik, maka kami akan mempertimbangkan.

:ungg:
Last edited by hadiyanfa on Thu Feb 13, 2014 11:18, edited 1 time in total.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

HouseOfDetailing wrote:Akhirnya TD E CVT...dengan berkorban dikit muter nyari premios walau udah mupeng pingin full throttle :mky_03:
Image


aaaahhh, angle yang bagus :mky_02: baru keliatan cantik si Mobilinyong wkwkwkwk


@omDogar: selamat datang disini om! nice and honest sharing, jujur aye kurang sreg dg Mobilio...simply because the learning curve is just so steep, seperti Innova dono yang perlu lamaaaaaaa bgt buat bikin mata aye sedikit menerimanya :big_childish: . Nevertheless, it's a good return kalo driving impressionnya sangat baik, kompensasi atas eksterior dan material interior :big_biglaugh: ...untuk interior, take the bright side like this lah, we're supporting green living :mky_02: (using eco green plastics)

oiya...om orang Bandung? sarua yeuh jeung abi :mky_02: :mky_02:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by artoodetoo »

mungkin ada sedikit miskomunikasi, maksud modmedket kl tipe beda boleh bikin trit sendiri
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

hadiyanfa wrote:
artoodetoo wrote:Kawan2, berhubung trit review Mobilio terlalu banyak, semua trit yg senada saya merge ke sini.
Dimohon pengertiannya.

SM bukan ajang untuk mencari popularitas diri dengan bikin trit senada dengan yang lain. Kalau punya pendapat, silakan post sebagai komentar di trit yg sudah ada. Kalau komentar tsb bagus, toh pasti menuai pujian juga kok.
Nah, kalau ada yg mau bikin review Mobilio yg M/T dipersilakan di trit sendiri, soalnya itu sudah "makhluk" berbeda.

Harap maklum ya teman2, khususnya dogar sebagai TS 7 alasan milih (dan tidak milih) Mobilio versi on the sprot dan hadiyanfa sebagai TS review Mobilio ala saya
:thanks:

wkwkwkwkwkw. saya kesindir nih mod. statement di thread saya cuman buat candaan doank ko mod... tapi ya saya lebih suka kalau digabung, awalnya juga saya request ke modket kalau review2 TD nya di masukin ke page one...

sorry ya mod kalau saya melanggar regulasi di SM. maklum belum tau banyak ttg SM. yang jelas statement saya di review saya itu cuman statement bercandaan aja. saya di SM bukan cari popularitas, disini saya cari ilmu dan pengalaman... sekali lagi mohon maaf

:big_sorry: :big_sorry: :big_sorry:
Nope... ga ada yang salah di sini om hadiyanfa...

Memang di SM bisa terdapat dua atau lebih review mobil, dan biasanya beda varian (macam Brio yang punya 3 ripiu: E AT, Sotoy S MT, dan satu nya ane lupa tipe) atau beda sudut pandang (seperti ripiu MX-5 Miata om helm yang lebih ke arah seorang ahli otomotif yang membedah mobil vs ripiu MX-5 Miata ane yang cenderung mengupas kemampuan Miata menari dan membuat jejak ban di aspal), atau beda pendalaman ripiu (macam Legacy bro haristk yang memberikan gambaran Legacy dari seorang subby mania vs ripiu Legacy ane yang mengupas dan mengutuk understeer nya yang bagus untuk rally tetapi bencana di aspal), atau beda pembahasan (seperti ripiu interior dan pritilan kecil Mobilio dari sisi ane vs tes drive bro ChZ).

Jadi kami juga melihat sejauh dan sedalam apa perbedaan dan keunikan ripiu. Tentu saja ane pribadi selalu mendukung dan mengancam para piyikz atau member lain secara personal untuk menulis ripiu mereka di SM.

Sekali lagi, kami mohon maaf apabila langsung memberikan sedikit komentar to-the-point karena hal ini sudah dibicarakan antar moderator.

Salah satu keunikan SM adalah ripiu nya, jadi marilah kita menjaga ripiu2 di SM tetap unik, baik, dan menjadi acuan bagi para pembaca. :mky_01:

@om hadiyanfa: tetap posting di SM ya om, tetap tes drive, tetap berbagi pengalaman, dan tetap menulis untuk SM. :big_comfort:

artoodetoo wrote:mungkin ada sedikit miskomunikasi, maksud modmedket kl tipe beda boleh bikin trit sendiri
Yes... itu maksud ane moot. :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by hadiyanfa »

ooookeeee deh momod2 SM yg jempolan...!!!
thanks sudah mengurus forum keren ini dengan sangat apik...!!!
you've all done very well...!!!

:big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by wekweks »

Muter2in trit sm hari ini..

Kayaknya hari ini momoot2 pada banyak kerjaan ya..

Selamat bekerjaa moot2 sm yg top2..

Saya dukung sm tetap seperti biasanya..
Biar tetap berbobot dan selalu menjadi acuan buat yg benar2 mencari
Ilmu dan bukan yg lebay dan sejenisnya...

Good job mods....
User avatar
Angrock
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Feb 07, 2014 1:23

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Angrock »

wah udah panjang percakapannya.....@bung dogar salam kenal...@hadiyanfa ..reviewnya mantep..cocok dikategorikan sebagai "RACUN"....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by ChZ »

madcat015 wrote: Jadi kami juga melihat sejauh dan sedalam apa perbedaan dan keunikan ripiu. Tentu saja ane pribadi selalu mendukung dan mengancam para piyikz atau member lain secara personal untuk menulis ripiu mereka di SM.
termasuk ngancam ane buat nulis ripiu mobilinyong dalam waktu 8 jam setelah ane report TD di WASeM.... :mky_03:

*tidak ada kucing yang terluka dalam penulisan ripiu kali ini.... :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7