Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

Aa ya..begitu lah pak iming...
HPM gak terikat oleh hukum atau regulasi apa pun untuk beef up fitur safety nya, thus mgkn airbags dikurangi...contoh aja ya...
And yet, utk produk2 bread and butter nya semisal crv, mereka berhasil jadi market leader..selama ga ada kompetisi berarti ya gak ada perlu nya untuk nambah biaya produksi...logika dagang paling mendasar itu, modal sekecil2nya untung sebesar2nya...
dari segi bisnis ya wajar2 saja, kalau saya pemangku kebijakan yah akan mengambil langkah yang sama...cmiiw
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by Yusaku »

newbz ikut nimbrung, newzb dari kecil kenal mobil adalah dari Honda Prestige, Maestro dll, pengalaman masa kecil itu sampi sekarang masih membekas, bahkan sempat fanatiknya waktu SMA sampe merk laein pun selalu dipandang sebelah mata, handling Honda, Engine Honda, Reliability Honda, if you don't have a Honda then you're the most boring people.

setelah semakin tambah umur dan mengerti bagaimana kalau setiap brand pasti mempunyai forte yang berbeda beda, (Mitsu _> kencang, Toyota-> Reliability, Mazda-> out of the box), akhirnya pikiran newbz perlahan dibukakan, walaupun sampai sekarang roda 2 dan 4 harus ada nama dari Pabrikan Tochigi.

kalau di pikir kadang sebagai sebuah pabrikan mobil dalam mempertahanan fortenya, dalam kasus Honda (high performance engine dan handling dengan full double wishbone suspension), benar benar tidak mudah

contoh SAAB, mobil ini terkenal perfect dari sisi keamanan yang katanya satu tingkat di atas Volvo, belum lagi dia adalah produsen mobil yang nyelipin turbo ke produksi massalnya dan katanya di reli dia sebenarnya tidak usah pakai roll bar karena kerangka sasisnya sudah amat lebih cukup untuk melindungi penumpang dari bahaya terguling, dan dari sisi interior anda bisa bayangkan desain Swedish yang minimalis dan mewah, aman aman dan aman bahakan GM waktu beli SAAB dan jadi parent companynya sampai marah marah ama SAAB karena waktu disuruh rebadging, mereka Swedish malah tetep ngotot merubah desain GM dan bilang kalau desain GM itu not good enough, nyatanya SAAB dapet 5 star EURO NCAP sedngkan kembaranya di GM cuma 3 (sumber tribute to SAAB by Top Gear)

dan nyatanya Pabrikan ini bangkrut Saudara, bahkan sampai dibeli beberapa orang dan akhirnya masih ada beberapa ratus unit SAAB yang teronggok.

kadang yang newzb sadarin, tidak semua pembeli mobil itu antusias kaya kita di forum SM ini, dan celakanya kebanyakan market segmen pembeli mobil adalah ordinary people yang mau kendaraan dari point A-B terutama di Negara Berkembang, dimana Orang kaya baru atau menengah upgrade dari R2 ke R4. mereka cenderung minta kendaraan yang mudah dibawa di perkotaan dan perawatan murah serta gampang dimengerti + harga jual kembali yang tinggi ( Member SM ada yang pernah berkata kalau kendaraan di Indonesia itu dianggap investment bukan dianggap benda yang suatu saat harus discrap atau ada masa pakainya).

mau tidak mau untuk Survive sebuah brand akhirnya terpaksa mengikuti arus, make me too product dll, karena newbz cinta Honda, maka newzb tidak mau kalau pabrik satu ini sampai lenyap samapi harus dijual ke pihak yang sama sekali cuma menganggap buat mobil itu kaya buat kloset duduk yang ya cuma didudukin waktu itu selesai ya udah.

maka berbagai cara pahit ditempuh, buat mobil eco (kalau di jepang udah lahir honda N wagon, N oNe, dll) terus mulai bersaing dengan Toyota dalam perang hybrid, dll mungkin kalau di Indonesia seakan-akan Honda itu merk wah, soalnya kebanyakan Langganan Bokap yang dari pulau sberang selelau bawa CRV baru waktu mabil barang, dan sudah kaya simbol status, juga ama anak anak kuliah semester pertama udah bisa bawa ANJ aja bangganya setengah mati, itulah namanya Brand Recognition dan Brand Perception. berbeda setiap daerah dan negara.

semua itu adalah bentuk perusahaan untuk survive .


Belum lagi serangan dari Hyundai dan Kia yang jujur saja dari segi desain sudah ndak malu maluin lagi serta standart equipment yang bisa dibilang generous.

kita yang rindu ama ciri khas Honda dulu, cuma isa berdoa semoga kalau memang dia bisa survive dan profit, trus bisa masuk F1 lagi, smoga arwah spirit Soichiro bisa pelan pelan di masukan lagi ke lini produknya, lihat aja Toyota dan Lexus mulai masukin DNA Fun to drive again ke produk mereka, smga aja Honda mungkin bukan sekrang tetapi ada kemungkina dari phak prinsipal untuk sekali-kali juga mendengar jeritan suaran para antusias dan para pengguna Honda lama yang kangen akan feelnya (Honda bagaikan seorang Perempuan umur 40 yang udah terlalu tenggelam dalam urusan rumah tangga sehingga lupa kalau waktu dia muda, dia sangat menarik dan bahkan membuat banyak orang tergila-gila padanya, karena sisi wildnya dan RAwnya ) but time change :big_sorry:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

Yusaku wrote:newbz ikut nimbrung, newzb dari kecil kenal mobil adalah dari Honda Prestige, Maestro dll, pengalaman masa kecil itu sampi sekarang masih membekas, bahkan sempat fanatiknya waktu SMA sampe merk laein pun selalu dipandang sebelah mata, handling Honda, Engine Honda, Reliability Honda, if you don't have a Honda then you're the most boring people.

setelah semakin tambah umur dan mengerti bagaimana kalau setiap brand pasti mempunyai forte yang berbeda beda, (Mitsu _> kencang, Toyota-> Reliability, Mazda-> out of the box), akhirnya pikiran newbz perlahan dibukakan, walaupun sampai sekarang roda 2 dan 4 harus ada nama dari Pabrikan Tochigi.

kalau di pikir kadang sebagai sebuah pabrikan mobil dalam mempertahanan fortenya, dalam kasus Honda (high performance engine dan handling dengan full double wishbone suspension), benar benar tidak mudah

contoh SAAB, mobil ini terkenal perfect dari sisi keamanan yang katanya satu tingkat di atas Volvo, belum lagi dia adalah produsen mobil yang nyelipin turbo ke produksi massalnya dan katanya di reli dia sebenarnya tidak usah pakai roll bar karena kerangka sasisnya sudah amat lebih cukup untuk melindungi penumpang dari bahaya terguling, dan dari sisi interior anda bisa bayangkan desain Swedish yang minimalis dan mewah, aman aman dan aman bahakan GM waktu beli SAAB dan jadi parent companynya sampai marah marah ama SAAB karena waktu disuruh rebadging, mereka Swedish malah tetep ngotot merubah desain GM dan bilang kalau desain GM itu not good enough, nyatanya SAAB dapet 5 star EURO NCAP sedngkan kembaranya di GM cuma 3 (sumber tribute to SAAB by Top Gear)

dan nyatanya Pabrikan ini bangkrut Saudara, bahkan sampai dibeli beberapa orang dan akhirnya masih ada beberapa ratus unit SAAB yang teronggok.

kadang yang newzb sadarin, tidak semua pembeli mobil itu antusias kaya kita di forum SM ini, dan celakanya kebanyakan market segmen pembeli mobil adalah ordinary people yang mau kendaraan dari point A-B terutama di Negara Berkembang, dimana Orang kaya baru atau menengah upgrade dari R2 ke R4. mereka cenderung minta kendaraan yang mudah dibawa di perkotaan dan perawatan murah serta gampang dimengerti + harga jual kembali yang tinggi ( Member SM ada yang pernah berkata kalau kendaraan di Indonesia itu dianggap investment bukan dianggap benda yang suatu saat harus discrap atau ada masa pakainya).

mau tidak mau untuk Survive sebuah brand akhirnya terpaksa mengikuti arus, make me too product dll, karena newbz cinta Honda, maka newzb tidak mau kalau pabrik satu ini sampai lenyap samapi harus dijual ke pihak yang sama sekali cuma menganggap buat mobil itu kaya buat kloset duduk yang ya cuma didudukin waktu itu selesai ya udah.

maka berbagai cara pahit ditempuh, buat mobil eco (kalau di jepang udah lahir honda N wagon, N oNe, dll) terus mulai bersaing dengan Toyota dalam perang hybrid, dll mungkin kalau di Indonesia seakan-akan Honda itu merk wah, soalnya kebanyakan Langganan Bokap yang dari pulau sberang selelau bawa CRV baru waktu mabil barang, dan sudah kaya simbol status, juga ama anak anak kuliah semester pertama udah bisa bawa ANJ aja bangganya setengah mati, itulah namanya Brand Recognition dan Brand Perception. berbeda setiap daerah dan negara.

semua itu adalah bentuk perusahaan untuk survive .


Belum lagi serangan dari Hyundai dan Kia yang jujur saja dari segi desain sudah ndak malu maluin lagi serta standart equipment yang bisa dibilang generous.

kita yang rindu ama ciri khas Honda dulu, cuma isa berdoa semoga kalau memang dia bisa survive dan profit, trus bisa masuk F1 lagi, smoga arwah spirit Soichiro bisa pelan pelan di masukan lagi ke lini produknya, lihat aja Toyota dan Lexus mulai masukin DNA Fun to drive again ke produk mereka, smga aja Honda mungkin bukan sekrang tetapi ada kemungkina dari phak prinsipal untuk sekali-kali juga mendengar jeritan suaran para antusias dan para pengguna Honda lama yang kangen akan feelnya (Honda bagaikan seorang Perempuan umur 40 yang udah terlalu tenggelam dalam urusan rumah tangga sehingga lupa kalau waktu dia muda, dia sangat menarik dan bahkan membuat banyak orang tergila-gila padanya, karena sisi wildnya dan RAwnya ) but time change :big_sorry:

Opini yang mantap oom :big_exellent:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Nubie sotoy setuju dengan pendapat om jombiee... :ungg:

Memang hukum ekonomi dimana2 begitu: modal sekecil mungkin, untung segede gaban.

Nah, terkadang, proses CR atau cost reduction ini yg membuat para pemerhati atau die hard fan bingung.

Untuk para first time buyer: "wow, Ahond! Murah meriah mewah"

Bagi para die hard fans: "wow, Ahond! Murah meriah mengenaskan"

Secara logika dan kenyataan, kita ga mungkin bisa memuaskan keinginan semua orang. Just common folks atau mayoritas aja sudah syukur.

Tetapi jangan lupa, celotehan dan kekaguman die hard fans yg akan jadi marketing paling ampuh.

Ane mungkin akan mengkombinasikan the best of two worlds seandainya ane jadi pengambil keputusan.

Entry level dengan harga normal dan fitur seadanya, dan berikan full spek dengan kompensasi harga sedikit lebih mahal, yah, sekitar 15-17.5% lebih mahal.

Jual full spek dengan untung dikit ga masalah, bisa subsidi silang dari yg entry level... jadikan entry level sebagai backbone dan unit full spek/unik sebagai lambang eksistensi.

Jd bs memuaskan first time buyer dan tetap menjaga die hard fans...


Sayangnya, tuntutan Jepun sana mmg gila untuk CR atau cost reduction, akhirnya semua di reduksi gila2an... untuk Ahond JDM mah no problem, lah, Ahond Indonesia yg teler. Terpengaruh dua kekuasaan dan perintah. Satu dari Jepun, satu dari Thai.

Dengan misi yg sama: meanest profit, akhirnya produk2 Honda bergerak ke arah first time buyer.

Itu kenyataan... dan bagi idealis seperti ane... merupakan suatu hal yg kurang menyenangkan.

:ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by kariage »

ujung-ujungnya nanti perbandingan kualitas produk di range harga yg sama dengan kompetitor.

*ga ngerti apa apa, nungguin ada yg kompare

:ngacir:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

@momod mad: aa ya..good thought...that is, indeed a fair assessment to me...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

kariage wrote:ujung-ujungnya nanti perbandingan kualitas produk di range harga yg sama dengan kompetitor.

*ga ngerti apa apa, nungguin ada yg kompare

:ngacir:
Nah, itu dia bro kobogan...

Sebagian besar SMers dan readers nya kemungkinan akan membandingkan satu mobil dengan rival nya dalam kisaran harga serupa.

Meleset dikit dari rentang harga, ya monggo...

Dan ane setuju dgn pendapat om Yusaku... pabrikan lain terlihat lebih murah hati dan menarik.

Sayangnya, para underdoq ini terkendala ASS nya. Pabrikan besar mengerahkan segala daya upaya utk menjaga ASS nya dan mau ga mau, komponen biaya tsb masuk ke HPP mobil dan jasa yg dibebankan ke pelanggan.

Meski demikian, seiring dengan berjalan nya waktu, ane yakin, pabrikan underdoq tsb setidaknya akan mempunyai basis pasar tersendiri.

:ungg:


@om jombiee: thank you for your appreciation, dear great ladder...

Nubie hanya berusaha menempatkan diri di pihak netral, di pihak die hard fans, dan di ujung tombak perusahaan yg berurusan dengan pembeli Ahond.

Ada lebih banyak intrik dan kekonyolan dalam usaha mencari profit oleh prinsipal... tetapi ya sudahlah, cukup ane yg tau dan mengalami saat itu.

:ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

Thank you too oom dharma sudah memberikan sebuah sisi pandangan yang lain..better yet diberi sekalian ya insider news nya..uwkwkwkw
Jadi, hmmmm... Feel nya itu maksudnya mengemudi honda sekarang dgn dulu itu gimana ya?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

ZombiEE wrote:Thank you too oom dharma sudah memberikan sebuah sisi pandangan yang lain..better yet diberi sekalian ya insider news nya..uwkwkwkw
Jadi, hmmmm... Feel nya itu maksudnya mengemudi honda sekarang dgn dulu itu gimana ya?
Wah, yg insider jgn di share di marih om... drpd SM kena berangus... dan ane kena giling... :ungg:


Ane mencoba menjelaskan maksud teman2 yg uda post di marih ttg honda dulu...

Analogi nya seperti downgrade... baik downgrade mobil, kesenangan mengemudi, antusiasme dengan teknikal yg ajib, dll.

Om kopat bener dari sisi spek. Di atas kertas mmg enjin terbaru lebih powerful, tp belum tentu lebih fun. Bijimane rpm melesat mencapai rpm optimun itu juga jadi salah satu faktor yg akan dikenang.

Pun yg paling kasat mata adalah downgrade suspensi di kelas mobil jelata macam SX8 yg dari independen menjadi torsion beam utk Aria.

Ada harga yg dibayar agar Honda bisa menjual mobil ke mayoritas masyarakat. Dan di situ para die hard dan enthusiast akan termenung.

:ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by Yusaku »

@ Sepuh Zombiee: Ma kasih Sepuh Zombiee, it's a honor if my two cent can get compliment from You

@ Sepuh Kucing : Sepuh muhun tanya ASS itu apa ya klau HPP itu harga pokok penjualan, maklum newzb waktu plajaran budgeting suka titip absen wwkkw, ama perusahaan underdog klau di sisi R&D apakah sudah bisa menyaingi pabrikan jepang? Soalnya heran juga di US merk alternative ini mulai booming dan iklan mereka udah masuk superbowl di mana langkah ini hanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah mantab, kalau mereka bisa iklan di sna pasti R&D mereka udah aman damai.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

@momod madcat: kelihatan nya memang lagi trend torsion beam ye..bukan honda saja, toyota juga...rame2 cost cutting?
Pun demikian dgn suspensi sistem khas honda seperti doble wishbone mulai diganti ya ane tengok di akor baru2 ini....nah utk ini, nubie memang tidak mengetahui latar alasan nya apa, apakah cost cutting atau ada alasan tertentu lain nya..butuh insider news nih oom..uwkwkwkwk...

@sepuh yusaku: lama gak muncul ya sepuh...sepuh bisa ajaaaah
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

Analisis nya pada bagus bagus semuaa.... :ungg:

Jauh lebih bermangpaat dibanding celotehan cornering ga jelas...

Indeed, this is it...this is Seraya Motor.

Monggo dilanjuut...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3152
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by walid_007 »

Mobil lama ga ada gunany omm... apalagi kacangan, hanya sebuah mitos


Misalny lo dikasi maestro sama dikasi accord terbaru 2014 udah pake drl. Dr a smp z.. lo milih mana?


Apa sih gunany panel gap? Apa jg gunany soft pad?? Adany ane malah pusing pk sedan buat dijemur jemur??
Terus mana lebih baik?... membiarkan dash empuk anda hanya di rumah,, atau dash keras anda di pasar'?

ga semua org bekerja di kantor fan parkir teduh,,, hampir 90 persen hanya tergeletak di pinggir jalan.... wkwkwkwkwkwk
engine roaring!
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Yusaku wrote:@ Sepuh Zombiee: Ma kasih Sepuh Zombiee, it's a honor if my two cent can get compliment from You

@ Sepuh Kucing : Sepuh muhun tanya ASS itu apa ya klau HPP itu harga pokok penjualan, maklum newzb waktu plajaran budgeting suka titip absen wwkkw, ama perusahaan underdog klau di sisi R&D apakah sudah bisa menyaingi pabrikan jepang? Soalnya heran juga di US merk alternative ini mulai booming dan iklan mereka udah masuk superbowl di mana langkah ini hanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah mantab, kalau mereka bisa iklan di sna pasti R&D mereka udah aman damai.
ASS itu After Sales n Service...

Pada dasarnya, sebagian besar investasi ditelan oleh ASS... ada yang riil ada yang abstrak.

Riil seperti pembangunan dealer dengan 3S (Sales, Service, dan Spare Parts). Dealer2 3S inilah yang akan memberi ketenangan dan kemudahan kepada pemilik kendaraan yang mengetahui dengan baik bahwa kendaraan yang dibeli nya akan dapat dirawat dengan mudah. Pembangunan dealer ini menjadi satu investasi yang nilainya cukup besar dengan ROI yang cukup lama, berkisar antara 7-10 tahun. Perusahaan2 terbesar akan menanamkan banyak modal untuk menyebarkan cakupan dealer 3S ini di seluruh daerah. Belum lagi urusan logistik untuk menyediakan fluida2, fast moving spareparts, slow moving spare parts, fasilitas body n paint, hingga urusan gudang, stok, dan import hi-tech parts. Pun juga SDM yang berkualitas. Kesemuanya memakan biaya dan sumber daya yang tidak sedikit.

Abstrak seperti nilai jual dan branding. Mobil2 yang handal dan tahan siksaan tentu memiliki harga jual dan nilai ekonomi yang lebih baik. Kembali ke ASS dalam bentuk riil, karena branding dan nilai jual sedikit banyak tergantung dengan cakupan dealer. Bahkan ada pabrikan yang memberikan jaminan nilai beli, jadi unit bekas dengan merek yang sama dapat di tukar tambah dengan yang baru, untuk kemudian unit yang lama tsb akan dicek dan dikembalikan hingga kondisi terbaiknya dan masuk kedalam divisi penjualan mereka... Layanan seperti ini yang membuat loyal customer semakin loyal thd merek tsb.

Nah, itu dia, om yusaku. Masif nya iklan komersial pabrikan underdoq ini menunjukkan kalau sedikit banyak, mereka punya budget berlimpah untuk dibakar divisi marketing dan RnD. Pertanyaan nya, bijimane mereka mencetak profit dengan status sebagai pabrikan alternatif? Salah satunya adalah menciptakan niche market, sebuah market dengan kuantitas kecil tapi memiliki loyalitas dan fanatisme tersendiri. Apabila market tersebut dirawat dan diperhatikan dengan baik, niscaya, tim marketing ga bakal perlu memelas2 untuk sebuah SPK. Customer yang akan datang sendiri...

Either quality or quantity...

:ungg:


ZombiEE wrote:@momod madcat: kelihatan nya memang lagi trend torsion beam ye..bukan honda saja, toyota juga...rame2 cost cutting?
Pun demikian dgn suspensi sistem khas honda seperti doble wishbone mulai diganti ya ane tengok di akor baru2 ini....nah utk ini, nubie memang tidak mengetahui latar alasan nya apa, apakah cost cutting atau ada alasan tertentu lain nya..butuh insider news nih oom..uwkwkwkwk...

@sepuh yusaku: lama gak muncul ya sepuh...sepuh bisa ajaaaah
Betul om jombiee, pabrikan2 terbesar lagi rame2 kena CR atau Cost Reduction tadi. Apapun yang bisa dikurangi akan dikurangi, apapun yang bisa ditambahkan silahkan dibuang. :big_slap:

Demikian dengan sektor kaki2... Sebagai contoh, Mazda8 masih menggunakan independent multi-link untuk suspensi belakang, sementara Odyss RC1 menggunakan torsion-beam. Multi link nyata jauh lebih mahal daripada torsion-beam, dan dengan volume serta branding Honda, Odyss RC1 bakal mencetak penjualan lebih baik daripada M8 tetapi menggunakan suspensi yang diperuntukan bagi mobil dengan harga lebih murah.

Ironisnya, harga Odyss RC1 jauh lebih mahal dari M8, dan kita kembali membahas faktor ASS untuk memperhitungkan harga tsb.


OOT mengenai suspensi yang sedang digunakan:

Accord CR2 menggunakan independent multi-link di suspensi belakang. CRV dan Civic menggunakan double wish-bone, CRZ: torsion beam, Jazz-City-Iprit-Brio-Mobilio: H-shape torsion beam.

CX-5: SkyActiv Independent multi link + stabilizer, M6-MX5-Biante: SkyActiv Independent multi link, M2: torsion-beam

Untuk perbandingan, memang ane mempergunakan Mazda vs Honda, karena mmg rentang harga mereka berdekatan dan ane cukup mengetahui kedua merek ini. :ungg:

Nah, dalam salah satu product brush-up, ane memperhatikan, hanya Accord CR2 yang menggunakan independent multi link, dan satu hal yang bikin kening ane berkerut dan kuping kucing ane terkulai...: dengan huruf yang di-bold, ditulis begini "Tipe suspensi ini sangat mahal, karenanya dapat menjadi nilai plus tersendiri untuk melawan rival..."

:big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:

@om walid: betul... tapi ada sedikit orang yang menghargai arti sebuah sejarah atau bahkan hanya untuk nostalgia. Kalo ga, pasar dan kecintaan akan mobil klasik atau lawas tidak akan berkembang.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

Ada yang lebih sreg kalau pakai mobil baru.
Ada yang baru mampu tukar tambah mobil seken.
Ada yang beli mobil harus batch pertama atau kalau perlu first buyer.
Ada yang sreg memelihara mobil lawas dia dengan berbagai alasan yang kadang cukup masuk akal juga.

Ada yang memperhatikan konsistensi built quality sebuah kendaraan..
Ada yang entusias terhadap mutu interior kendaraannya
Ada pula yang antusias thd eksteriornya saja.
Ada yang merasa berisik dengan gap longgar interiornya
Ada pula yang sebodo amat dengan alunan orkestra kratak kratak rattling interior akibat built quality yang seadanya.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Setuju om VM... :mky_01:

Contoh, di Sby, masih banyak orang piara Tokisul/Tokidis LGX... karena tuh mobil badak bener... Ipah pun tidak dilirik.

Dan seandainya ane dikasi Honda City 2014 baru, gratis. Ane akan ambil, trus jual. Duid nya bisa buat beli Honda City SX8GM yang standar... sisa duid masih bisa digunakan untuk banyak keperluan yang lebih berguna...

Simply because, SX8 is an unforgettable car. :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3152
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by walid_007 »

Ohh y
Mobil honda itu hanya bermain di kelas "bawah" hargany aja ga ada yg lebih dr 600 jt
Mereka membuat untuk fungsionalitas berpindah dari titik a ke b
Mereka ingin meniru toyota, yang kuat dan minim perawatan alais 0

Kenapa mereka meniru boyota?
Krn dia market leader
Dimana mana , yg namany leader pasti akad ditiru, disaingi, bahkan saling begal membegal....klo bisa dibunuh agar dia yang jadi penggantiny

Kembali ke fungsionalitas tadi, yang diharuskan ya kekuatan...

Kmbli ke contoh
Ketika anda beli crv sekarang dan cx 5 sekarang ,, dalam 10 tahun si cx5 pasti udah ga karuan,, rusak dsb,, sedangkan si crv bisa saja masih sehat
Dan itu udah diterapkan boyota dari dulu jaman jebott... sejak anak tk pun tau

Jadi klo mau driving pleasure ,pliz deh jgn beli boil sekalas civic atau apalah.... silahkan beli sport car

@vm ,,, sebodo amat dengan dashboard retak? Warna yg memudar di soft pad pintu? Softpad pintu melembung?
engine roaring!
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by artoodetoo »

kl dikasih sx8gm gratis mau, moot? :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

walid_007 wrote:Ohh y
Mobil honda itu hanya bermain di kelas "bawah" hargany aja ga ada yg lebih dr 600 jt
Mereka membuat untuk fungsionalitas berpindah dari titik a ke b
Mereka ingin meniru toyota, yang kuat dan minim perawatan alais 0

Kenapa mereka meniru boyota?
Krn dia market leader
Dimana mana , yg namany leader pasti akad ditiru, disaingi, bahkan saling begal membegal....klo bisa dibunuh agar dia yang jadi penggantiny

Kembali ke fungsionalitas tadi, yang diharuskan ya kekuatan...

Kmbli ke contoh
Ketika anda beli crv sekarang dan cx 5 sekarang ,, dalam 10 tahun si cx5 pasti udah ga karuan,, rusak dsb,, sedangkan si crv bisa saja masih sehat
Dan itu udah diterapkan boyota dari dulu jaman jebott... sejak anak tk pun tau

Jadi klo mau driving pleasure ,pliz deh jgn beli boil sekalas civic atau apalah.... silahkan beli sport car

@vm ,,, sebodo amat dengan dashboard retak? Warna yg memudar di soft pad pintu? Softpad pintu melembung?
Errr... ga juga, om walid.

Odyss RC1 uda 700 jeteng.

Betul, market leader perlu untuk ditiru dan dikudeta... tapi harap diperhitungkan, butuh kekuatan dan pengorbanan sangat besar. Pun, market sudah berdarah2... market leader berdarah2? mereka punya kuantitas lebih besar... dan punya kekuatan lebih besar.

Sangat sulit, tapi tidak mustahil.


Nah, sekarang, bagaimana berpikir realistis, dari pada perang abis2an melawan market leader, bijimane kalau membuat market sendiri, yang niche dan loyal... dalam analogi perang gerilya vs perang konvensional.

Less sacrifice, but got any result than risk everything for uncertain result. Lagian, dengan gerilya, pabrikan underdoq tidak akan membuka front perang terhadap market leader. One of the many keys in war, is to remain invisible to become invincible.

Untuk CRV vs CX-5, kedua2 nya merupakan mobil baru. Kita belum sepatutnya membicarakan reliabilitas. Pabrikan2 umum Jepun tentu sudah membuat mobil dengan proses desain dan pengetesan berulang2. Pun tergantung yang menggunakan mobil. Kalau tidak bisa merawat, ya tentu saja mobil akan mudah rusak. Menurut ane, cukup banyak faktor x mengenai reliabilitas.

@moot droid: errr... liat2 kondisi nya dulu moot... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by haristk7 »

ehhhmm...izin mengeluarkan pendapat ane yaa suhu disini..ane cuma nubitol bau kencur :ungg:

Ane bukan fanboy Honda, tapi sejak kecil image Honda dimata ane adalah mobil sporty dan kencang, mungkin karena pengaruh game Gran Turismo ya..terutama dari Integra Type R, NSX, S2000, hingga Prelude..pas udah mulai masuk remaja, kebetulan keluarga meminang Civic FD1 Manual warna hitam, bokap ane suka ama mobil ama itu, handlingnya mantap dan larinya lumayan enak..

sekarang ane udah kepala 2, pengalaman nyetir Honda gak banyak..hanya Civic FD1, Accord CG, Accord CR2, CRV RE, CRV RM, dan Jazz GE..dari situ ane bisa rasakan, ada sesuatu yang hilang dari Honda yang dulu dibanding Honda yang sekarang..menurut ane, unsur "Fun To Drive" Honda sudah mulai hilang, terbukti di Accord CG mobilnya masih enak buat diajak olahraga di tol..sedangkan dengan CR2, ane rada waswas bawa itu mobil olahraga di tol..CR2 feels lifeless dibanding CG. Kalo mau perbandingan lain, CRV RE vs RM..keluarga pernah punya CRV RE dan itu mobil ane bilang mantep untuk di tol/kecepatan tinggi + handlingnya..begitu ane nyetir RM..kok rasanya ada yang hilang feel Hondanya..

Yang paling berkesan buat ane adalah Civic FD, itu Honda yang paling enak yang pernah ane cicip, mulai dari tenaga hingga handling ane demen banget, sampe sekarang masih sering nyetir punya temen dan menurut ane itu the last real Honda Sedan. Bentuknya juga kuat karakter sportynya, apalagi kalo didandani dengan Mugen Bodykit (walaupun itu moncong jadi horror GC nya kalo didandani)

puncak kekecewaan ane sebenernya ketika Oddyssey RC muncul...hilang sudah kesan sebuah MPV yang bentuknya streamline, sporty..yang diemban dari dinasti RA hingga RB..sampe saat ini ane selalu demen liat Oddyssey 4th gen dijalanan, malah ane lebih demen Oddyssey 4th gen dibanding Exiga..ane juga sedikit kecewa ketika HPM tidak mau memasukkan Stream RSZ..padahal banyak penggemar Honda Indonesia demen dengan Honda Stream, apalagi dengan tidak beredarnya Toyota Wish secara resmi, kalo Stream RSZ masuk yaa otomatis dia punya pasar tersendiri dan gak ada lawan..

kalo soal mobil kecil, mobil murah..yaa ane nggak bisa berkomentar banyak sih, karena di negeri asalnya ada Honda Life, Honda Zest, Honda N-One, bahkan pickup murah pun mereka ada..Honda Acty..yaa cuma karena mereka unit JDM, kualitas ane rasa beda lah ya dengan Honda kecil2 macam Brio disini..

konklusi ane..Honda itu udah kehilangan sebagian besar unsur "Fun to Drive" di lineup mereka, mereka sekarang ane lihat targetnya ke arah orang yang lebih mature, yang udah berumur..dan demi kenyamanan mereka mengurangi keasikan berkendara di mobil mereka, yang menurut ane itu adalah ciri khas Honda..apesnya lagi, sudah kehilangan unsur tersebut, HPM menyunat banyak fitur di line up Honda Indonesia..lengkaplah sudah unsur yang hilang tersebut..

cuma pendapat nubitol sotoy :ungg:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
siputKW
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
Location: 2000, NSW

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by siputKW »

kalo nubie-kencur-silent-reader rasa, ini murni strategi bisnis tiap pabrikan agar tetap survive di industri.
nubie kira di jaman yg susah sekarang ini, pepatah bisnis "cost minimal untuk profit maksimal" udah ndak relevan lagi.
yang ada tinggal, 1. "cost tertentu untuk profit semaksimal mungkin, atau 2. cost seminimal mungkin untuk profit tertentu"

ane setuju sm sesepuh2 diatas, nubie cuma pengen nambahin
yg ane tangkap, HPM ambil jalan cost seminimal mungkin untuk suatu profit yg udah ditargetkan, bisa diliat lewat sunat2an material dan downgrade fitur2. Kalo iya HPM pake cost tertentu untuk profit semaksimal mungkin, produk2 honda fitur dan material produknya bakalan memenuhi ekspektasi senior2 SM sekalian, tapi harganya bakal semakin ugal-ugalan naiknya bahkan melebihi price-list sekarang.
lantas kalau harganya sudah tdk terjangkau, bukannya malah bunuh diri namanya, sales drop-profit drop. Sehingga penyunatan fitur dan material merupakan opsi paling feasible.

Untungnya bagi market leader, pepatah cost minimal untuk profit maximal masih agak relevan, karena didukung brand image yg sudah sangat kuat, bisa diliat pada AvXen nya ToyoDai, tapi lambat laun hal ini tergerus juga karena banyak pemain baru yg masuk di pasar kedua produk tersebut sehingga memaksa memilih opsi ke 1 yg nubie sebut diatas: penambahan fitur.
Last edited by siputKW on Wed Jan 29, 2014 12:09, edited 1 time in total.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3152
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by walid_007 »

madcat015 wrote:
walid_007 wrote:Ohh y
Mobil honda itu hanya bermain di kelas "bawah" hargany aja ga ada yg lebih dr 600 jt
Mereka membuat untuk fungsionalitas berpindah dari titik a ke b
Mereka ingin meniru toyota, yang kuat dan minim perawatan alais 0

Kenapa mereka meniru boyota?
Krn dia market leader
Dimana mana , yg namany leader pasti akad ditiru, disaingi, bahkan saling begal membegal....klo bisa dibunuh agar dia yang jadi penggantiny

Kembali ke fungsionalitas tadi, yang diharuskan ya kekuatan...

Kmbli ke contoh
Ketika anda beli crv sekarang dan cx 5 sekarang ,, dalam 10 tahun si cx5 pasti udah ga karuan,, rusak dsb,, sedangkan si crv bisa saja masih sehat
Dan itu udah diterapkan boyota dari dulu jaman jebott... sejak anak tk pun tau

Jadi klo mau driving pleasure ,pliz deh jgn beli boil sekalas civic atau apalah.... silahkan beli sport car

@vm ,,, sebodo amat dengan dashboard retak? Warna yg memudar di soft pad pintu? Softpad pintu melembung?
Errr... ga juga, om walid.

Odyss RC1 uda 700 jeteng.

Betul, market leader perlu untuk ditiru dan dikudeta... tapi harap diperhitungkan, butuh kekuatan dan pengorbanan sangat besar. Pun, market sudah berdarah2... market leader berdarah2? mereka punya kuantitas lebih besar... dan punya kekuatan lebih besar.

Sangat sulit, tapi tidak mustahil.


Nah, sekarang, bagaimana berpikir realistis, dari pada perang abis2an melawan market leader, bijimane kalau membuat market sendiri, yang niche dan loyal... dalam analogi perang gerilya vs perang konvensional.

Less sacrifice, but got any result than risk everything for uncertain result. Lagian, dengan gerilya, pabrikan underdoq tidak akan membuka front perang terhadap market leader. One of the many keys in war, is to remain invisible to become invincible.

Untuk CRV vs CX-5, kedua2 nya merupakan mobil baru. Kita belum sepatutnya membicarakan reliabilitas. Pabrikan2 umum Jepun tentu sudah membuat mobil dengan proses desain dan pengetesan berulang2. Pun tergantung yang menggunakan mobil. Kalau tidak bisa merawat, ya tentu saja mobil akan mudah rusak. Menurut ane, cukup banyak faktor x mengenai reliabilitas.

@moot droid: errr... liat2 kondisi nya dulu moot... :ungg:

nah apakah pabriakan sekelas honda tidak melakukan nya???
==========================================
menurut saya , honda (HPM) lebih baik daripada Masdah indo
dengan penggunaan hard plastic di dashboar(lagi2 untuk ke sekian kaliny saya ngetik) jauh akan lebih baik di iklim indonesia yang panas , siap dijemur di depan toko dengan omzet 100jtt/hari jika mau lebaran.... tentu SIAP!

penggunaan dobel wishbone, , akan jauh dari sebuah pengendalian boil multi link? YA
tapi ketika saat melibas jalan indonesia yang penuh lubang seperti sumur, mana yang akan kuat dalam long term used?................

penggunaan mesin std, dari dulu enjin crv itu2 aja, malah down grade?
mana yang lebih siap untuk diisi bahan bakar premium? sebuah mobil direct injection atau boil dengan mesin jaman BATU???............

========================================

itu yang ane simpulkan di pasar(bukan berarti pasar makanan),, karena ane melihat real cara berpikir sebuah koko2 chinese ketika meraup uang.... sangat tidak masuk akal jika dia hanya menggunakan boil sekelas kijang grand? itu yg paling buruk , biasany sih panther (minoritas di surabaya) atau innova pastiny

mereka punya uang banyak..., rumah mewah di gf atau pakuwon mereka bahkan juga memiliki mobil mercy (maklum orang tua) dll dll ,tp mereka lebih memilih menggunakan mobil std ke kantor atau toko

========================================

honda ingin mengambil itu semua, konsumen yang memiliki cara berfikir bonafit pasti akan hanya membeli innova untuk kerja, avanza untuk bawahan ny... mereka ingin semua itu, dengan paket yang lebih baik, namun masih saja belum begitu berhasil....

jika honda adalah toyota maka:
mereka lebih memilih menjual 20 ribu unit avanza dan 5000unit innova daripada 200 unit camry
karena keuntungn dari 200 unit itu ga ada apa2 ny

========================================

kesimpulan saya adalah honda akan memilih "reliabilitas dll" yang selama ini ditawarkan toyota.
engine roaring!
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

Tret yang cukup menarik...

Banyak pendapat yang bagus, tapi lebih banyak yang misleading...

Sementara ane mantau dulu... karena lagi mobile, blom bisa komentar panjang lebar... Kalau sempet ane counter satu-satu... Supaya makin asik bahasannya..

Honda ini dari sisi sejarah satu-satunya produk Jepang yang ane respect.. Sejarahnya setara dengan Mercedes Benz menurut ane.. Berbagai macam asumsi yang ane baca di tret ini gak akan jadi aneh kalau menilik sejarahnya... Makanya tanpa pengetahuan, yang terlihat hanya sisi negatif saja.. Meskipun Honda terlihat lemah di produknya saat ini, ada alasan yang kuat kenapa mereka seperti begini sekarang.. Dan secara strategi, menurut ane brilliant. Walau, balik lagi, secara produk terasa makin cupu (apalagi HPM).

Akan makin berbobot jika kita bahas sudut pandang produsen (Honda) dan gak semata-mata dari sudut pandang konsumen, apalagi asumsi semata..

Keep up the good work guys!.. :cupss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by madcat015 »

Nah, ane tidak menyatakan Honda tidak melakukan proses desain dan testing...

Untuk diketahui, proses desain dan testing mobil adalah proses yang memakan biaya sangat besar. Lebih besar dari biaya produksi mobil itu...

Karena nya, platform dan part sharing sekarang jadi hal yang umum dilakukan... untuk mengurangi biaya dan harga jual ke konsumen.


===========


Terkait dengan penggunaan hardplastik, memang sangat kuat. Tetapi, yang harus digaris bawahi adalah kualitas plastik itu sendiri.

Dan double wish-bone vs multilink? Semua punya kelebihan dan kekurangan.

Tentu semua orang ga akan berpikir "ahhh, ane punya Mazda6, waktunya cari jalan jelek".

Ane kebetulan pernah berada dalam posisi itu, menghajar M8 di pantura selama 6 bulan lebih. Dengan kontur jalan mengenaskan.

Ane ga punya tujuan untuk menghajar M8 di Pantura. Andai Apanja koko ane di Sby, Apanja itu yg ane ajak cruise di Pantura.

Untuk enjin, ane ga compare CRV vs CX... karena irrelevan. Tp kita bisa liat dari Mazda8 vs Odyss RC1. M8 pake mesin L3-VE jaman jebot, sementara Odyss RC1 pakai K24W direct injection.

Ane rasa tiap pabrikan pasti harus mix n match utk tiap kendaraannya. Tapi ttp ada batasan yg bs dilihat oleh para die hard dan enthusiast thd kualitas overall kendaraan dan pengalaman mengemudi nya.

===========

Nah, makanya ane posting di bagian atas...

Pilih mana? Kualitas atau kuantitas...

Ane pernah mengutarakan, volume dan eksistensi harus bisa seimbang.

Ane ga akan memilih menjual 2000 apanja saja.

Ane harus menjual Camry atau LC200 meski cuman 10. Demi eksistensi dan menjaga customer loyal. Itu adalah sesuatu yg tidak bisa dinilai dengan uang.


Makanya ane agak protes begitu tau ada kode chassis CR2 J35ED nongkrong di sistem. Kenapa dibatalkan?

Meski cuman jual 10 unit per tahun, tp setidaknya menunjukkan "hey, ini kami, Honda, we got big enjin for enthusiasts".

Dan sedikit banyak, Honda telah mengukuhkan image sebagai Merc dari Jepun. Selama ini HPM hanya menjual mobil2 yg di anggap lebih mewah dr Toyota.

Karenanya, ikutnya HPM bermain dengan Brio dan Mobilio menunjukkan faktor volume mulai diperhitungkan untuk menemani faktor kualitas yg diwakili CR2 dan RC1 (meski rada dibawah ekspektasi dengan harga seperti itu).
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by amfibi »

Nubie menyimak...

Bagus2 bener pendapat suhu2 SM... :mky_02: