Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by ipat »

Dirumah ada gnki d4d 2011 mt,jelajah pulau jawa sampe ke bromo juga nyaman,narik colt diesel yg mogok jg bisa,muat power sound system jg bisa,malah mau nambah gnki d4d at
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by stevenanthony »

ipat wrote:Dirumah ada gnki d4d 2011 mt,jelajah pulau jawa sampe ke bromo juga nyaman,narik colt diesel yg mogok jg bisa,muat power sound system jg bisa,malah mau nambah gnki d4d at
d4d mt ga pernah bawa, cuma sering numpang.
d4d at oke banget om... sering banget bawa boil ini. muat banyak, puter2 jauh cuma turun dikit solarnya, sama tenaga standarannya aja uda oke banget :big_love:
2015 Honda HR-V E CVT
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by hariy »

tebeer wrote:om hariy, di trit sebelah kalo ngaku nubie bisa kena jewer lho .... wkwkwkwk

estimasi biayanya kira2 brapa, om?
perbandingan cvt dan matic konvensional secara umum lebih worthed yang mana??
:mky_03:
gpp, om...kalo ada yg jewer, tinggal kirim kuyang buwat nemen in bobo malam ybs..

wadhuh, estimasi biaya baiknya ditanyakan ke beres ybs, apalagi kalo sudah beda merk.

secara singkat, lebih worth matik konvensional. dari jenis oli nya saja, sudah jelas. matik cvt, HARUS menggunakan oli yang khusus untuk cvt. kalo diganti / dicampur dengan oli ATF, ya bisa wassalam itu tranny cvt. dan lagi, matik cvt lebih rentan ketika menerjang banjir, dikarenakan menggunakan peranti elektronik.
untuk sebagian kalangan enthusiast, lebih menyukai hentakan perpindahan gigi matik konvensional dibanding cvt.

harga sparepart(s) untuk matik konvensional lebih murah dibanding matik cvt. contohnya, sabuk baja (metal belt) jazz yang penggantiannya sekitar Rp. 14 juta, atau penggantain pegas penekan puli jazz yang harganya di atas Rp. 10 juta.
(bukan pengalaman saya pribadi. pas ketemu orang yang 'loyo' di beres honda, di suatu waktu.)
kalo matik konvensional, ganti pelat kopling (mobil jepangan) di bawah Rp. 10 juta, ganti valve body sekitar Rp. 5 juta.

sekali lagi, biaya di atas hanya estimasi, kalo ternyata salah / sudah tidak apdet, mohon dikoreksi. saya kan masih nubie... :upss:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by amfibi »

hariy wrote:
tebeer wrote:om hariy, di trit sebelah kalo ngaku nubie bisa kena jewer lho .... wkwkwkwk

estimasi biayanya kira2 brapa, om?
perbandingan cvt dan matic konvensional secara umum lebih worthed yang mana??
:mky_03:
gpp, om...kalo ada yg jewer, tinggal kirim kuyang buwat nemen in bobo malam ybs..

wadhuh, estimasi biaya baiknya ditanyakan ke beres ybs, apalagi kalo sudah beda merk.

secara singkat, lebih worth matik konvensional. dari jenis oli nya saja, sudah jelas. matik cvt, HARUS menggunakan oli yang khusus untuk cvt. kalo diganti / dicampur dengan oli ATF, ya bisa wassalam itu tranny cvt. dan lagi, matik cvt lebih rentan ketika menerjang banjir, dikarenakan menggunakan peranti elektronik.
untuk sebagian kalangan enthusiast, lebih menyukai hentakan perpindahan gigi matik konvensional dibanding cvt.

harga sparepart(s) untuk matik konvensional lebih murah dibanding matik cvt. contohnya, sabuk baja (metal belt) jazz yang penggantiannya sekitar Rp. 14 juta, atau penggantain pegas penekan puli jazz yang harganya di atas Rp. 10 juta.
(bukan pengalaman saya pribadi. pas ketemu orang yang 'loyo' di beres honda, di suatu waktu.)
kalo matik konvensional, ganti pelat kopling (mobil jepangan) di bawah Rp. 10 juta, ganti valve body sekitar Rp. 5 juta.

sekali lagi, biaya di atas hanya estimasi, kalo ternyata salah / sudah tidak apdet, mohon dikoreksi. saya kan masih nubie... :upss:
*jleb* *ngerasa banget* :big_cry:
Sampe pengen swap manual saking gedegnya sama slip & geter2 yg makin membahana pas posisi R... :big_dunno:
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by tebeer »

hariy wrote:
secara singkat, lebih worth matik konvensional. dari jenis oli nya saja, sudah jelas.
matik cvt, HARUS menggunakan oli yang khusus untuk cvt. kalo diganti / dicampur dengan oli ATF, ya bisa wassalam itu tranny cvt.
dan lagi, matik cvt lebih rentan ketika menerjang banjir, dikarenakan menggunakan peranti elektronik.
untuk sebagian kalangan enthusiast, lebih menyukai hentakan perpindahan gigi matik konvensional dibanding cvt.

harga sparepart(s) untuk matik konvensional lebih murah dibanding matik cvt.
contohnya, sabuk baja (metal belt) jazz yang penggantiannya sekitar Rp. 14 juta,
atau penggantain pegas penekan puli jazz yang harganya di atas Rp. 10 juta.
(bukan pengalaman saya pribadi. pas ketemu orang yang 'loyo' di beres honda, di suatu waktu.)
kalo matik konvensional, ganti pelat kopling (mobil jepangan) di bawah Rp. 10 juta, ganti valve body sekitar Rp. 5 juta.

sekali lagi, biaya di atas hanya estimasi, kalo ternyata salah / sudah tidak apdet, mohon dikoreksi. saya kan masih nubie... :upss:
nubie lagi .... :mky_01:

pada cvt dan konvenstional, penggantian segitu karena faktor penggunaan atau kewajiban pada kilometer tertentu, om hariy ?
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by hariy »

tebeer wrote:nubie lagi .... :mky_01:

pada cvt dan konvenstional, penggantian segitu karena faktor penggunaan atau kewajiban pada kilometer tertentu, om hariy ?
Matik, bila perawatannya benar, usia pakai bisa lebih panjang daripada tipe manual. Bisa saja gejala problem terjadi di atas 150 rb km. Namun, akibat kesalahan pemakaian atau terlambat mengganti oli bahkan salah spesifikasi oli transmisi, mempercepat kerusakan hingga penggantian sparepart(s) mau tidak mau harus dilakukan.
Last edited by hariy on Wed Mar 16, 2016 6:33, edited 1 time in total.
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by tebeer »

jadi .... 1 mobil saja sampe rusak ?
pilih matic cvt
hehehehe
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by hariy »

Yaa..monggo, om tebeer. Ini trit kan sharing berandai2, tapi juga bisa buat target atau referensi. Ngga ada yg ngelarang, koq. :mrgreen:

Kelebihan matik cvt, di aspek kenyamanan.

Eh, harus liat2 jenis mobilnya juga, seh... :mky_01:
bediesel77
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Mar 16, 2016 8:01

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by bediesel77 »

Ipah matic diesel trim tertinggi :big_love:

Ni mobil bener2 istimewa.... Apalagi skrng yg all new pke mesin baru gd lbh top lg :big_exellent:
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by tebeer »

hariy wrote:Yaa..monggo, om tebeer. Ini trit kan sharing berandai2, tapi juga bisa buat target atau referensi. Ngga ada yg ngelarang, koq. :mrgreen:

Kelebihan matik cvt, di aspek kenyamanan.

Eh, harus liat2 jenis mobilnya juga, seh... :mky_01:
ngubeg2 SM nemu trit tentang matic
perbandingan cvt vs matic gear
cvt ada yg beltnya karet ada yg chain. cmiiw. menarik juga.
apalagi matic rasa manualnya wagon R
hehehehehe
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by tebeer »

hariy wrote:Yaa..monggo, om tebeer. Ini trit kan sharing berandai2, tapi juga bisa buat target atau referensi. Ngga ada yg ngelarang, koq. :mrgreen:

Kelebihan matik cvt, di aspek kenyamanan.

Eh, harus liat2 jenis mobilnya juga, seh... :mky_01:
ngubeg2 SM nemu trit tentang matic
perbandingan cvt vs matic gear
cvt ada yg beltnya karet ada yg chain. cmiiw. menarik juga.
apalagi matic rasa manualnya wagon R
hehehehehe
journeytohell
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
Location: Jkt
Daily Vehicle: Anki Q_W221

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by journeytohell »

Kalau disuruh pilih 1 mobil pakai sampe rusak ya toyota harrier deh.... All rounder.. nyaman dan bandel.. Kecuali kaca spion langganan ilang...
kipasangin
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Mar 15, 2016 21:27

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by kipasangin »

kijang super 94 warisan dari kakek
ni mobil beli baru pas ane umur 4th
pernah mogok kebanjiran di pantura
indramayu,disemprot kompresor doang
dah idup lagi.
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by memphisraines »

omsafety2 wrote:
memphisraines wrote:ertiga gx db at black 2013..sialan..jadi sedih karena ane mau ngelepas r3 gl db mt 13 ane bentar lagi.. :big_cry:

Dituker dengan mobil apa om ?
bahenol at black 2001 om, dah rapi underhoodnya, balik sedia kala..tinggal merapikan audio peninggalan tangan sebelumnya..
whatever your flag..we share the same road..
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by walid_007 »

Yang reliable oastinya yah.. dan model nya time less... land cruiser ja
engine roaring!
User avatar
omsafety2
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Mon Jan 18, 2016 5:40

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by omsafety2 »

memphisraines wrote:
omsafety2 wrote:
memphisraines wrote:ertiga gx db at black 2013..sialan..jadi sedih karena ane mau ngelepas r3 gl db mt 13 ane bentar lagi.. :big_cry:

Dituker dengan mobil apa om ?
bahenol at black 2001 om, dah rapi underhoodnya, balik sedia kala..tinggal merapikan audio peninggalan tangan sebelumnya..

suzuki lover ya om :frm_salut:

btw kok dari lmpv dituker ke sedan?
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by memphisraines »

omsafety2 wrote:
memphisraines wrote:
omsafety2 wrote:

Dituker dengan mobil apa om ?
bahenol at black 2001 om, dah rapi underhoodnya, balik sedia kala..tinggal merapikan audio peninggalan tangan sebelumnya..

suzuki lover ya om :frm_salut:

btw kok dari lmpv dituker ke sedan?
pengen naik kelas secara karbitan om :big_slap:

maklum, ortu ane boil pertama & kedua nya dahulu sijuki, carry 1.0 91-95 lalu sidekik 95-2003..baru pindah ke triple ellps dan h tegak, namun ortu ga pernah beli sedan, akhirnya setelah berumah tangga..ane disuruh ambil lmpv..karena ane lagi BU dan ga sanggup beli sedan kekinian, akhirnya ambil yang tahun sepuh om..jadi curhat :big_childish:
whatever your flag..we share the same road..
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: RE: Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by octafiantos »

ginting wrote:Oom kalau misalnya mobil matic sdh dipakai 200 000 km, lalu gearbox rusak, apakahmaticnya bisa ganti jeroan ?
Mirip kaya mesin ganti piston, ring, dll saat overhaul
Kalo girbok girboknya ZF sih ada partnya dan saya yakin berlaku untuk girboks merek lain. AW misalnya, itu juga punya part daleman matik.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
kiepet
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Mar 03, 2016 7:19

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by kiepet »

Mercedes-Benz W124 Masterpiece
Swap V8-BiTurbonya Merc E63. :ngacir:
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by tebeer »

walid_007 wrote:Yang reliable oastinya yah.. dan model nya time less... land cruiser ja

nggak LGX, om walid ? :big_peace:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by walid_007 »

tebeer wrote:
walid_007 wrote:Yang reliable oastinya yah.. dan model nya time less... land cruiser ja

nggak LGX, om walid ? :big_peace:

Ha ha ha... lgx mobil biasa pak, cmn krn pertama jd banyak cerita
engine roaring!
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Kalo disuruh milih 1 mobil aja sampai rusak..

Post by tebeer »

walid_007 wrote:
tebeer wrote:
walid_007 wrote:Yang reliable oastinya yah.. dan model nya time less... land cruiser ja

nggak LGX, om walid ? :big_peace:

Ha ha ha... lgx mobil biasa pak, cmn krn pertama jd banyak cerita
banyak komen di SM,
LGX timeless juga katanya
legend malah tuh .... hehehehehe
masih tinggi RV
hampir sama LCGC brand new