Hallo,
Kepada semua member baru, jika beberapa hari ini melakukan registrasi dan belum menerima email aktifasi, bisa langsung email ke saya di wira@serayamotor.com untuk saya proses manual. Hal ini dikarenakan sempat ada kendala di email server forum.
Thanks..

Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1452
Joined: 08 Apr 2010, 16:37

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby Andrian » 21 Dec 2013, 14:46

injak gas lebih dalam waktu lepas rem tangan sudah dilakukan blom?

kembali ke feeling juga sih. kalo ane biasanya pas pertama kali bawa mobil selalu ane rasakan itu mobil jalan pas kopling posisi diangkat seberapa.
kalo di tanjakan untuk lebih amannya pakai rem tangan. jangan sekali2 main setengah kopling. CMIIW
Image

User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 21 Sep 2013, 08:31

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby SilverK610i » 21 Dec 2013, 19:24

Andrian wrote:injak gas lebih dalam waktu lepas rem tangan sudah dilakukan blom?

kembali ke feeling juga sih. kalo ane biasanya pas pertama kali bawa mobil selalu ane rasakan itu mobil jalan pas kopling posisi diangkat seberapa.
kalo di tanjakan untuk lebih amannya pakai rem tangan. jangan sekali2 main setengah kopling. CMIIW


Idem ne ama om andrian,

Masalah setengah kopling, ane cuman berani klo pake mobil sendiri yg notabene udah hapal gimana posisi koplingnya.

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1030
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby marmut » 23 Dec 2013, 06:57

losthard wrote:Mau tanya dong Om, mesin agya dan ayla sama khan? Ane udah pake agya tipe E manual hampir 3 mingguan. Kalo pas di tanjakan trus berenti trus mau jalan lagi kok mesinnya cepet banget mati ya? Ane dulu pake avanza 1300 cc nggak kayak begeni dech perasaan. Apa mesinnya terlalu kecil ya 1000 cc atau cuma Ane yang belum jago mainin koplingnya? Ane udah cobain berbagai cara mulai kombinasi setengah kopling + rem, setengah kopling + gas, mainin rem tangan gak ada yang berhasil. Akhirnya Ane turunin sampe bawah trus nanjak lagi baru bisa. Itu karna jalanan tempet Ane sepi, nah kalo banyak mobil macet2a Ane bakalan galau banget tuh. Masalahnya waktu bawa avanza Ane pas di tanjakan lancar2 aja. Pengalaman Om Puma waktu bawa Ayla gmn? Ada yang bisa bantu Ane kasih solusi atau saran?


ganti yang A/T. atau idle di stel ke 2500 RPM aja.
dont tell ur god how big ur problem but tell2ur problem how god is big...
-newrubble-

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10851
Joined: 27 Nov 2010, 08:07

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby VanzMatic » 23 Dec 2013, 08:09

Mesin Sijuki Carry injection juga masih 1000cc.

Bukan dari cc nya.
Itu hanya masalah teknik,..teknik dan teknik...
:big_comfort:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

inorick
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 02 Jun 2009, 12:56

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby inorick » 23 Dec 2013, 08:56

betul, ane juga gak masalah pake Ayla... kalao gak berhenti cukup gigi 2 masih nanjak, kalo sempet berhenti kudu gigi 1 naek kok...setelan pengapiannya kali kurang pas tuh...mang full loaded kah ? ane kmrn 2 dewasa, 2 anak masih nanjak naek jembatan kapuas di gigi 2

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10851
Joined: 27 Nov 2010, 08:07

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby VanzMatic » 23 Dec 2013, 09:03

SOP belajar mengemudi:
1. Tahan mobil di tanjakan pakai rem tangan.
2. Saat mau jalan, masukkan gear 1, injak gas dikit sampe 2000, lepas kopling pelan pelan sampai mobil agak ketahan rem tangan.
3. Lepaskan rem tangan. Jalan deh

Poin dua, lepas koplingnya pelan pelan aja. Biarin agak nggerung, namanya juga ngegas ampe 2000rpm.
Lepas kopling pelan pelan sampai kerasa mobil mau jalan ketahan rem tangan, nah baru turunkan rem tangan.

*end of story.
:big_smoking:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1030
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby marmut » 23 Dec 2013, 09:08

inorick wrote:betul, ane juga gak masalah pake Ayla... kalao gak berhenti cukup gigi 2 masih nanjak, kalo sempet berhenti kudu gigi 1 naek kok...setelan pengapiannya kali kurang pas tuh...mang full loaded kah ? ane kmrn 2 dewasa, 2 anak masih nanjak naek jembatan kapuas di gigi 2


nyetel pengapian ayla begimana caranya? ajarin dong.... nubie pengen nyoba nyetel2 biar tambah enak.
dont tell ur god how big ur problem but tell2ur problem how god is big...
-newrubble-

jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 09 Oct 2013, 06:15

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby jekael » 28 Dec 2013, 20:55

losthard wrote:
amfibi wrote:CC kecil emang perlu penyesuaian buat kopling ya kayaknya...

Ane wkt bawa katana & karimun juga serin mati kalo tanjakan, spt agan losthard...


Trus gimana dong Om solusinya? Sampe sekarang Ane belum berani bawa jauh2 takut kejadian kayak gini pas di tanjakan dan macet.Kalau tanjakannya lancar sih ga ada masalah, tapi kalo macet horrorr banget.


Yang penting kudu tenang Om, kadang yang bikin mati mesin itu kepanikan kita sendiri. Sekedar sharing ya Om, saya pakai Ayla manual yang mesinnya juga sama dengan Agya punya Om.
Untuk tanjakan tidak curam dan berhenti hanya sebentar bisa pakai kombinasi 1/2 kopling + rem. Setelah terasa sedikit getaran angkat rem dan bantu dengan gas sambil angkat kopling pelan2.
Untuk tanjakan curam dan berenti agak lama lebih amannya pakai rem tangan. Posisikan setengah kopling sambil gas (kira2 3000 rpm), nah setelah berasa mesin mau maju langsung lepas rem tangan.... Btw jangan terlalu lama main setengah koplingnya, katanya sih bisa cepet aus ntar koplingnya...
Mungkin ada suhu di SM yang lebih fasih pakai manual bisa bantu Losthard ini...

User avatar
billyd1773dz
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3098
Joined: 02 Sep 2008, 07:19

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby billyd1773dz » 28 Dec 2013, 22:28

Tadi sama temen ber 5 kls berat total 390kg pke agya AT main ke daerah cartil bdg utara, nanjak2 terus.. belok2 tajam g bisa ngawahan jln kampung ancur... uda gas pol ampir2an gkuat cuma bisa <5kmh ngerayap.. meski lewat juga akhirnya biasanya pke rocky lewat sana lumayan seru juga.

Yang menarik pke full premium kaga ngelitik sama sekali meski uda ngeden abis2 overload gtu wkwkwk.....

Pke mira lewat sana sekalipun pertamax pure biasanya masih knock.. meski masih lebih laju highrev nya jg,,

Memang engine yg RnD d indo bener2 uda d optimalin bwat fuel ron88 sini yah.

:big_exellent:

Meski tergelitik jg katanya enginenya d bikin harus pertamax pke premium bisa rusak... nyatanya pke.ron88 aja knock free kok..
just my dummy head....

User avatar
imingwahyudi
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2328
Joined: 30 Nov 2013, 22:30

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby imingwahyudi » 29 Dec 2013, 00:51

billyd1773dz wrote:Tadi sama temen ber 5 kls berat total 390kg pke agya AT main ke daerah cartil bdg utara, nanjak2 terus.. belok2 tajam g bisa ngawahan jln kampung ancur... uda gas pol ampir2an gkuat cuma bisa <5kmh ngerayap.. meski lewat juga akhirnya biasanya pke rocky lewat sana lumayan seru juga.

Yang menarik pke full premium kaga ngelitik sama sekali meski uda ngeden abis2 overload gtu wkwkwk.....

Pke mira lewat sana sekalipun pertamax pure biasanya masih knock.. meski masih lebih laju highrev nya jg,,

Memang engine yg RnD d indo bener2 uda d optimalin bwat fuel ron88 sini yah.

:big_exellent:

Meski tergelitik jg katanya enginenya d bikin harus pertamax pke premium bisa rusak... nyatanya pke.ron88 aja knock free kok..


:ungg: napa avanza gw ngelitik yah...keberatan dosa gitu :upss:

User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: 01 Oct 2013, 15:02

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby sepatupuma » 29 Dec 2013, 07:07

billyd1773dz wrote:...

Memang engine yg RnD d indo bener2 uda d optimalin bwat fuel ron88 sini yah.

:big_exellent:

Meski tergelitik jg katanya enginenya d bikin harus pertamax pke premium bisa rusak... nyatanya pke.ron88 aja knock free kok..


Kompresi rendah ala mobil jadul? :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?

User avatar
billyd1773dz
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3098
Joined: 02 Sep 2008, 07:19

Re: Review Daihatsu Ayla M A/T 2013

Postby billyd1773dz » 29 Dec 2013, 11:57

sepatupuma wrote:
billyd1773dz wrote:...

Memang engine yg RnD d indo bener2 uda d optimalin bwat fuel ron88 sini yah.

:big_exellent:

Meski tergelitik jg katanya enginenya d bikin harus pertamax pke premium bisa rusak... nyatanya pke.ron88 aja knock free kok..


Kompresi rendah ala mobil jadul? :big_biglaugh: :big_biglaugh:


emang kompresinya brp bro? wkwkkw :D

bisa juga ignition timingnya retard bngt..... bikin g gampang knock wkwkw :D

:beer:
just my dummy head....


Return to “Review Corner”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 14 guests



cron