Santa Fe gen.3 user @SM

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ALX7 »

Turboman wrote:
dknee wrote:waduh sepiiiii banget euy
Bro/ Sis ada yang applied racechip gak di santi nya.
Tertarik juga nih soalnya menurut perhitungan mereka, santi crdi 2.2 bisa naik sekitar 23%an horse power maupun torque nya :big_peace:
Kalo ada yang sudah pake tolong share ya.....
Knp gak coba babat katalik di Down Pipe-nya dulu ? Ini efeknya utk membuat Powerband Torsi menjadi lebih lebar.

Lalu pasang ground cable, itu titik ground dr ECU di dinding engine bay enak banget krn terlihat jelas, tinggal pasang GC tarik ke aki aja.

Lalu yg penting diperhatikan adalah soal ban-nya, krn ban std senderung spin saat di gas mendadak walau mesin kondisi std, kalo dipake manuver agak extrem juga agak lost traction dimana bunyi mencicit - sreeeettt...sreeeetttt.......gitu........mending ban ganti dulu ama yg traksinya lebih baik.
om Turbo, newbie mau tanya dong, klo ga salah lihat di trit captiva sama ipah juga manjur resep nya..
pertanyaan nya klo memang efek nya significant, knp dr pabrikan ga langsung dihilangkan aja yah katalik nya..? Fungsi kataliknya itu lbh ke arah mana yah...?

:thanks: sebelumnya...
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

ALX7 wrote:
om Turbo, newbie mau tanya dong, klo ga salah lihat di trit captiva sama ipah juga manjur resep nya..
pertanyaan nya klo memang efek nya significant, knp dr pabrikan ga langsung dihilangkan aja yah katalik nya..? Fungsi kataliknya itu lbh ke arah mana yah...?

:thanks: sebelumnya...
Standard emisi Euro III, wajib ada katalik dan EGR

Kalo di H1 CRDi sih dulu gak ada katalik-nya, mungkin request dr HMI

CMIIW

Saya sendiri pada dasarnya prefer Katalik tetap ada di exhaust, tapi krn sulphur solar kita umumnya masih 500 - 1000 ppm, akhirnya lama2 katalik mampet oleh jelaga

harusnya utk Diesel2 yg dijual di indonesia dilengkapi Katalik type Free flow yg dimensi cell-nya besar2 / jadi lubang2-nya lebih besar.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ALX7 »

Turboman wrote:
ALX7 wrote:
om Turbo, newbie mau tanya dong, klo ga salah lihat di trit captiva sama ipah juga manjur resep nya..
pertanyaan nya klo memang efek nya significant, knp dr pabrikan ga langsung dihilangkan aja yah katalik nya..? Fungsi kataliknya itu lbh ke arah mana yah...?

:thanks: sebelumnya...
Standard emisi Euro III, wajib ada katalik dan EGR

Kalo di H1 CRDi sih dulu gak ada katalik-nya, mungkin request dr HMI

CMIIW

Saya sendiri pada dasarnya prefer Katalik tetap ada di exhaust, tapi krn sulphur solar kita umumnya masih 500 - 1000 ppm, akhirnya lama2 katalik mampet oleh jelaga

harusnya utk Diesel2 yg dijual di indonesia dilengkapi Katalik type Free flow yg dimensi cell-nya besar2 / jadi lubang2-nya lebih besar.
Oh jadi fungsi nya lebiih ke arah emisi/gas buang yah...
Tambah ilmu lagi deh,,, :off_good_job:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sting »

Hai hai .....
Santa fe ane baru sdh tembus 21.000
Tidak ada keluhan di mesin, suspensi , dan bunyi abnormal.
Kaget saja tahu parts yg diganti relatif murah : air filter rp 130 ribu,fuel filter rp 90,000. Sangat jauh dibandingkan suv umumnya.

Ada bunyi denging kecil di travo lampu HID kiri, solusi di ganti baru.
Good job Hyundai, angka 9.5 untuk santa fe skala 1-10.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by pilotgaruda »

sting wrote:Hai hai .....
Santa fe ane baru sdh tembus 21.000
Tidak ada keluhan di mesin, suspensi , dan bunyi abnormal.
Kaget saja tahu parts yg diganti relatif murah : air filter rp 130 ribu,fuel filter rp 90,000. Sangat jauh dibandingkan suv umumnya.

Ada bunyi denging kecil di travo lampu HID kiri, solusi di ganti baru.
Good job Hyundai, angka 9.5 untuk santa fe skala 1-10.
oom, ada keluhan di rem ga?
seperti rem yg terlalu dalam, atau pedal rem yg lama baliknya setelah diinjak?

soalnya itu yg saya alamin pas test drive santafe 2.2 crdi kemaren..

btw, hid emang bukannya ngedenging?
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sting »

Rem ngak ada masalah dan ok2 saja.
Lampu Hid bukan bawaan asli pabrik tapi oem di indonesia merk nya Hdx. Ballastnya baru baru bunyi dan hanya yg seblah kiri.
Henry Kurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Mar 31, 2011 15:56

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Henry Kurniawan »

sting wrote:Lampu Hid bukan bawaan asli pabrik tapi oem di indonesia merk nya Hdx. Ballastnya baru baru bunyi dan hanya yg seblah kiri.
Om Sting claim ballast di beres Hyundai atau dealer HDX ?
liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Apr 03, 2013 11:49

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by liora »

HALOO laporrr ane juga komplain fog lamp berkabut....dan diganti baru 2 2 nya.... :off_good_job: :off_good_job:
biq1506
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Sep 23, 2013 6:23

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by biq1506 »

Salam kenal, saya baru terima unit Santa Fe CRDI, dan ada tertulis untuk tidak mematikan mesin setelah 1-2 menit untuk pendinginan, apakah harus selalu begitu dan apa efeknya bila sering matikan langsung? Kebetulan saya tidak pernah menggunakan mesin diesel sebelumnya. Mohon infonya, Thx sebelumnya...
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by pilotgaruda »

biq1506 wrote:Salam kenal, saya baru terima unit Santa Fe CRDI, dan ada tertulis untuk tidak mematikan mesin setelah 1-2 menit untuk pendinginan, apakah harus selalu begitu dan apa efeknya bila sering matikan langsung? Kebetulan saya tidak pernah menggunakan mesin diesel sebelumnya. Mohon infonya, Thx sebelumnya...
nubi cb bantu..
simplenya sih supaya turbo awet..kalau mesin abis dibawa kencang, sebaiknya jangan langsung matikan mesin, tunggu 1 menit baru matikan..atau kalau mau simple pasang turbo timer..matikan mesin biasa, cabut kontak, kunci pintu, mobil akan mati sendiri dalam 1 menit (tergantung kita setel di berapa)

sebaliknya, kalo nyetirnya santai, jarang geber..sepertinya ga terlalu penting untuk tidak mematikan mesin selama 1 menit tsb..
cmiiw..

mungkin oom turbo bisa kasi penjelasan lebih ditel dan benar..
biq1506
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Sep 23, 2013 6:23

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by biq1506 »

Thx Pak, kalau Turbo timer bisa bisa pasang di Beres atau bisa di tempat lain? Harga kisaran berapa?
Menurut sales Hyundai, untuk solar katanya lebih baik tidak mencampur, jadi kalau mau pake bio yang seluruhnya bio atau sebaliknya Dex. Dan penjelasannya adalah ECU katanya akan confuse apabila dicampur. Apalagi setelah filter ditambah. Mohon infonya mana yang benar untuk urusan solar ini.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by pilotgaruda »

biq1506 wrote:Thx Pak, kalau Turbo timer bisa bisa pasang di Beres atau bisa di tempat lain? Harga kisaran berapa?
Menurut sales Hyundai, untuk solar katanya lebih baik tidak mencampur, jadi kalau mau pake bio yang seluruhnya bio atau sebaliknya Dex. Dan penjelasannya adalah ECU katanya akan confuse apabila dicampur. Apalagi setelah filter ditambah. Mohon infonya mana yang benar untuk urusan solar ini.
Turbo timer saya rasa dipasang di luar be-res..dan seharusna juga tidak menggugurkan garansi. Mungkin bisa dikonsultasikan ke bengkel resmi dulu untuk memastikan ga ngegugurin garansi. Kakak saya pakai turbo timer di innova diesel sih ga ngegugurin garansi, mungkin lain pabrikan beda kebijakan.

Untuk harga saya kurang paham, tp kalau tidak salah sih tidak sampai 1jt..

Soal campur mencampur solar sih saya kurang paham, tapi memang setahu saya Santa fe sekarang sudah double filter (kalau tidak salah sudah dipasang sebelum mobil dikirim ke customer), jadi memang sudah bisa minum bio solar...

kalau saya pernah baca penjelasan oom Turboman di sini sih, saya menangkapnya justru baik dicampur solar bio dgn non subsidi, lalu kemudian ditambahkan racun ..tapi logika tentang ecu juga masuk akal sih...

Oom Turboman bisa dicolek..dia paham betul hal2 seperti ini..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Turboman »

biq1506 wrote:Thx Pak, kalau Turbo timer bisa bisa pasang di Beres atau bisa di tempat lain? Harga kisaran berapa?
Menurut sales Hyundai, untuk solar katanya lebih baik tidak mencampur, jadi kalau mau pake bio yang seluruhnya bio atau sebaliknya Dex. Dan penjelasannya adalah ECU katanya akan confuse apabila dicampur. Apalagi setelah filter ditambah. Mohon infonya mana yang benar untuk urusan solar ini.
Soal solar :

Biosolar akan blend perfectly dgn DEX scr instant ngga pake nunggu

Pada mobil Diesel gak ada knock sensor, nggak spt Gasoline yg dimana ECU hrs menjaga agar mesin nggak knocking

Yah mmg kan sales dan SA di BeRes byk yg gak hobby mobil, mrk kerja tuk cari makan semata, no passion thd dunia otomotif
* Bukan ajakan Beli *
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Turboman wrote: Soal solar :

Biosolar akan blend perfectly dgn DEX scr instant ngga pake nunggu

Pada mobil Diesel gak ada knock sensor, nggak spt Gasoline yg dimana ECU hrs menjaga agar mesin nggak knocking

Yah mmg kan sales dan SA di BeRes byk yg gak hobby mobil, mrk kerja tuk cari makan semata, no passion thd dunia otomotif
suhu telah bersabda..
bravo..
:mky_02: :mky_02:
darkie307
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jan 14, 2013 23:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by darkie307 »

Punya ane kebetulan juga udah km 23000an, so far ga ada masalah, cuman lagi proses asuransi bemper belakang di cium motor yang bawa gerobak es, lecetnya sih sedikit, tapi karena type list bemper santi yang warna itemnya itu kaya kulit jeruk disarankan ganti yang baru, karena bakal belang kl didempul. Masalahnya udah hampir 2 minggu belum ada juga tuh si bemper, cuman dijanjiin sama asuransinya kl sudah ada bakal dikasih tau.

sekalian mo info ke suhu-suhu semua, keliatanya ane punya santi bakal di jual hiks..hiks..hiks..padahal lagi sayang-sayangnya, masalahya ane udah ga tahan pp jakarta-bogor tiap hari, nah tuh santi bakal ane tuker buat dp apt deket kantor, sapa tau dari suhu-suhu ada yang minat hehehe, info tambahan santi ane keluaran jan 2013, warna putih
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by iwang »

keren ni mobil..kemaren liat yang punya promotor turun dari santa pe di hotel mulia..
bow125
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Nov 27, 2012 7:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by bow125 »

Suhu suhu, sdh duq hari makai santafe. Kalau digas spontan setir terasa berat dan goyang goyang susah dikendalikan.
Apa memang begitu?
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Itu karena spin dan ban kehilangan traksi ke aspal kayanya om..

Coba upgrade ban biar makin nempel ke aspal, biasanya berguna krn ada temen yg ganti merk ban uda berasa efeknya. Ganti velg&ban dengan profil lebih lebar akan makin berasa bedanya.. Maklum mobil std dgn torsi monster tp tidak ditunjang ban yg bagus.. (IMHO)

:mky_01:
bow125
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Nov 27, 2012 7:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by bow125 »

Ok om, thank suggestnya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

bow125 wrote:Suhu suhu, sdh duq hari makai santafe. Kalau digas spontan setir terasa berat dan goyang goyang susah dikendalikan.
Apa memang begitu?
Itu Torque Steering
Kompensasi dan konsekuensi negatif, dari mesin ber-torsi besar tapi lay out nya FWD (penggerak depan)

Memang sih idealnya teknologi saat ini, mobil yg torsi nya besar, harusnya sudah pakai layout AWD, atau minimal RWD
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
dknee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Aug 11, 2013 16:36

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by dknee »

Dear Suhu's
Semoga dengan pertanyaan nubitol ini trit santa fe ini idup lagi.
Santa fe 4x2 ku belum dan gak pernah dipake di trek tanah apalagi dilumpur,
Tampang sangar tapi maennya di mall ato pun kalo buat speeding di high way ajah.
Bulan maret 2014 ini ada rencana dari klub buat kopdar tapi di daerah terpencil dengan trek campuran aspal, kerikil dan tanah becek.
Yang jadi kepikiran nubietol adalah apakah ntar bakal spin/ slip kalo ketemu tanjakan asoy dgn trek tanah mengingat ban nya juga masih standar dari hyundai nya dan sdh pernah dibahas kurang gripnya.
Sebelumnya pake subie no problemo dgn AWD nya.
Mohon saran dan triknya buat ngadepin tanjakan asoy dengan trek licin/tanah ini.
Nuhun semuanya.
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by ALX7 »

dknee wrote:Dear Suhu's
Semoga dengan pertanyaan nubitol ini trit santa fe ini idup lagi.
Santa fe 4x2 ku belum dan gak pernah dipake di trek tanah apalagi dilumpur,
Tampang sangar tapi maennya di mall ato pun kalo buat speeding di high way ajah.
Bulan maret 2014 ini ada rencana dari klub buat kopdar tapi di daerah terpencil dengan trek campuran aspal, kerikil dan tanah becek.
Yang jadi kepikiran nubietol adalah apakah ntar bakal spin/ slip kalo ketemu tanjakan asoy dgn trek tanah mengingat ban nya juga masih standar dari hyundai nya dan sdh pernah dibahas kurang gripnya.
Sebelumnya pake subie no problemo dgn AWD nya.
Mohon saran dan triknya buat ngadepin tanjakan asoy dengan trek licin/tanah ini.
Nuhun semuanya.
ini klub nya khusus pake Santi aja ato macem2 mobil nya?
Klo menurut saya sih klo mau off road dan benar2 utk meraih prestasi ya kudu ganti ban yg punya grip gede2 gitu, sisa nya yah skill driver deh... :big_peace:
mungkin om billyd1773dz lbh paham utk hal2 spt ini...

Oh ya jangan lupa dishare hasil kegiatannya yah bro, secara blm ada yg kasi review utk si Santi di medan off-road :big_smile]
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

ALX7 wrote:
dknee wrote:Dear Suhu's
Semoga dengan pertanyaan nubitol ini trit santa fe ini idup lagi.
Santa fe 4x2 ku belum dan gak pernah dipake di trek tanah apalagi dilumpur,
Tampang sangar tapi maennya di mall ato pun kalo buat speeding di high way ajah.
Bulan maret 2014 ini ada rencana dari klub buat kopdar tapi di daerah terpencil dengan trek campuran aspal, kerikil dan tanah becek.
Yang jadi kepikiran nubietol adalah apakah ntar bakal spin/ slip kalo ketemu tanjakan asoy dgn trek tanah mengingat ban nya juga masih standar dari hyundai nya dan sdh pernah dibahas kurang gripnya.
Sebelumnya pake subie no problemo dgn AWD nya.
Mohon saran dan triknya buat ngadepin tanjakan asoy dengan trek licin/tanah ini.
Nuhun semuanya.
ini klub nya khusus pake Santi aja ato macem2 mobil nya?
Klo menurut saya sih klo mau off road dan benar2 utk meraih prestasi ya kudu ganti ban yg punya grip gede2 gitu, sisa nya yah skill driver deh... :big_peace:
mungkin om billyd1773dz lbh paham utk hal2 spt ini...

Oh ya jangan lupa dishare hasil kegiatannya yah bro, secara blm ada yg kasi review utk si Santi di medan off-road :big_smile]
Ngga usah terlalu khawatir, Pak
Selama ada mobil non off roader yg bisa lewat, sudah pasti Santi ini pasti bisa

Kalau nanjak licin, yg penting jaga momen torsi dan ngga usah rpm tinggi/full throttle
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
dknee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Aug 11, 2013 16:36

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by dknee »

imsus2c wrote:
ALX7 wrote:
dknee wrote:Dear Suhu's
Semoga dengan pertanyaan nubitol ini trit santa fe ini idup lagi.
Santa fe 4x2 ku belum dan gak pernah dipake di trek tanah apalagi dilumpur,
Tampang sangar tapi maennya di mall ato pun kalo buat speeding di high way ajah.
Bulan maret 2014 ini ada rencana dari klub buat kopdar tapi di daerah terpencil dengan trek campuran aspal, kerikil dan tanah becek.
Yang jadi kepikiran nubietol adalah apakah ntar bakal spin/ slip kalo ketemu tanjakan asoy dgn trek tanah mengingat ban nya juga masih standar dari hyundai nya dan sdh pernah dibahas kurang gripnya.
Sebelumnya pake subie no problemo dgn AWD nya.
Mohon saran dan triknya buat ngadepin tanjakan asoy dengan trek licin/tanah ini.
Nuhun semuanya.
ini klub nya khusus pake Santi aja ato macem2 mobil nya?
Klo menurut saya sih klo mau off road dan benar2 utk meraih prestasi ya kudu ganti ban yg punya grip gede2 gitu, sisa nya yah skill driver deh... :big_peace:
mungkin om billyd1773dz lbh paham utk hal2 spt ini...

Oh ya jangan lupa dishare hasil kegiatannya yah bro, secara blm ada yg kasi review utk si Santi di medan off-road :big_smile]
Ngga usah terlalu khawatir, Pak
Selama ada mobil non off roader yg bisa lewat, sudah pasti Santi ini pasti bisa

Kalau nanjak licin, yg penting jaga momen torsi dan ngga usah rpm tinggi/full throttle
ALX7...Iya SOCI SantaFe Owner Club Indonesia....
Kalo menurut road captain nya treknya bukan offroad beradd...cuman banyak kontur tanjakan dengan trek tanah
Hmmm berarti pas ditanjakan curam hrs jaga jarak ajah kali ya...karena santi crdi dipake ngerayap boleh juga tuh asal jangan tiba2 hrs bejek
Bener gitu ya Om Imsus2c
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

halo temen2 new santi dan para suhu disini, minggu depan santi saya udah 30 ribu km, rencananya mau ganti ban sekalian, tolong masukannya ban yg cocok utk karakteristik new santi yg fwd ini ya, yang gak bikin slip saat di geber dan cukup silent.


thanks semua,


mohon bngt masukannya