Seperti ane bilang, kadang di forum, masalahnya adalah, ada misalnya berapa orang " bilang ", mobil mereka merek A, ada berapa penyakit, kasus. Dan ada juga berapa orang " bilang ", sales / aftersales merek B jelek. SAnya kurang hajar, dll.
Menurut ane, gini, di forum yang berikan kesaksian sebenernya berapa orang ? Berapa kasus ? Andai kata 10 deh. Tinggal cari tau, merek yang di tuduh tiap bulan, tiap tahun jual berapa mobil ? Populasinya kira kira berapa ? Jumlah pemiliknya berapa orang ?
Masa cuman gara gara secuil orang, atau 1 orang kena kasus, langsung main cap merek itu bobrok semua ? Jika benar demikian parah, dalam 2 tahun aja udah pasti tutup deh.
Pula, masalahnya kesaksian kasus lebih baik jika di sebutkan nama, no polnya, dll. Sehingga lebih bisa di pertanggung jawabkan. Karena ingat, di negara manapun, saat puji pihak lain, tanpa identitas, nggak bakal di permasalahkan.
Namun jika cerita kasus serius tanpa bukti, lain ceritanya. Lihat aja kasus Florence. Tuduh rakyat Jogja gitu aja kena.
Ane juga kenal banyak orang yang pakai Nissan, OK OK aja tuh. Lain cerita jika tiap bulan mereka jual puluhan ribu, namun muncul ribuan complain, di internet maupun di surat pembaca koran nasional.
Lah jika cuman muncul berapa kesaksian, tanpa identitas pelapor dan bukti yang kuat pula, menurut ane, sama aja ama kasus sengketa pilpres di MK, tanpa bukti yang jelas, nggak bisa di pegang.
Dan jika ada misalnya 3 kasus dengan bukti kuat pun, di banding total penjualan / populasi merek tersebut, rationya berapa % ? 0.0001% ? 0.01% ? 0.1% ? 10% ?
Dan merek lain emang nggak ada kasus ? Jika benar ingin tau, baca aja surat pembaca, setidaknya itu ada identitas jelas pelapornya dan bukti konkret.
Carrefour aja udah berapa kali ada surat pembaca komplain, namun masih ramai tuh. Karena pada dasarnya, kasus mereka sangat kecil di bandingkan jumlah transaksi mereka tiap hari. tiap bulan.
1 lagi, yang kena kasus langsung cap Indomobil nggak benar semua, ane mau tanya, makan Indomie nggak ? Mie Goreng ? Mi Instan mereka ? Tau kah boss Indomobil sama persis ama boss Indofood sukses Makmur ! Kira kira beres nggak ya Indofood ?
siputKW wrote:montirangin wrote:
beruntung ya om kenal sales dgn mental attitude dan karakter seperti itu. kalo bisa ketemu 1 dari 10 aja rasanya udah bagus.
ane dulu kebetulan juga dapet sales nissan yg bagus dan profesional, cuman kebetulan aja dapet produk march yg cacat..
tp tiap komplain selalu dilayani dengan baik, bahkan waktu bapak ane mau bungkus serena dan telp mau TD..eeeh itu sales malah bilang ndak usah repot2 ke dealer..unitnya malah dibawain ke rumah buat TD
rasa-rasanya emang jarang sales yg bener punya passion, tp sekalinya dapet..puas.