2013 Mercedes C-Class Sedan

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by ChZ »

madcat015 wrote:Kecuali CLS63: diperuntukkan bagi orang yang benar2 gila... :ngacir:
diperuntukkan bagi para sado-masochist yang volume otaknya kelebihan 1cc.... :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by montirangin »

CLA aja om sandal..banyak tuh skrg gara2 harganya itu lho..
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by sandal »

montirangin wrote:CLA aja om sandal..banyak tuh skrg gara2 harganya itu lho..
Mmg harganya itu :big_slap:

Sent from my Ericsson GH 218 4G LTE-A
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote:
kompresorz wrote:Bbn c250 93.303.000..

Td siang lewat lampu merah alam sutera tes ternyata ketemu 328 akhirnya tarik2an..ketinggalan tipis krn saya msh kagok pindah manual terpaksa paksa pake matik saja walo speed top 160..n ketika masuk tikungan c250 berasa ngepot buntutnya n 328 terus saja menambah kecepatan terpaksa ketinggalan lumayan sampe akhirnya adu selip di tol bentar dgn cb manual msh kagok walo bisa di depan akhirnya krn kagok cari setelan manual paten akhirnya saya ngalah..

Tp imo..rasanya mang ditikungan bmw msh juara..walo saya jg tdk tau didalam bmw seperti apa..tp dgn menambah gas berarti msh ada kepercayaan..klo c250 berasa bbrp x ban depan belakang suspensi seperti ngelipat kelempar krn ngebuang di tikungan..

Tp enak lah tarikan galak cepat naiknya..

Siap2 jd mobil harian..:big_biglaugh:

*seperti biasa saya kalah lg..senangnya dikalahkan bmw.. :big_blushing:
hehehe BMW sih enak banget ditekuk mobilnya, kerasa compact dan lincah. 320i F30 dan 520i F10 sih beda bobot doang tapi kedinamisan waktu hard cornering beneran mantep :big_smoking: the powahhhh of 50:50 weight distribution

berarti yang om kompre rasakan seperti yang saya rasain waktu nyetir SLK200... bagian belakang terasa ngeri dan ngebuang di tikungan. Mobil terasa tidak balanced, terasa rear-heavy.

beda waktu saya drift pake 520i kerasa mobil sangat balanced depan-belakang. padahal ini sedan 4,9m, yang satunya roadster kompak :ngacir: :ngacir:

ya beda sih, mercedes kodratnya lebih ke kenyamanan, apalagi profil W205 yang wheelbase nya nambah panjang. BMW lebih ke sportness.
Bicara grip di cornering ya Jelas beda, mas christ & om kompre... selain disttribusi bobot yg mendekati 50:50 ya :mky_01:

BMW pake ban RFT profil rada tipis dan lbh lebar & Mercy-nya om kompre pake ban std non RFT.

Ketika ditekuk di tikungan, ban std pasti ngelipat ke dalam.. Lain sm RFT-nya BMW, memang kelasnya untuk performance bukan comfort, jadi klo ditekuk di tikungan pun, ya jauh terasa lbh ngegigit layaknya MACAN menerkam.

Klo mau fair sih sm2 pake RFT atau Tipe Std sekalian, dgn size dan brand yg sama.
Tapi yg pasti BMW dah menang di distribusi bobot dpn - blkg (kecuali klo ada 2-3 org berbobot berat duduk di blkg semua) :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Bicara grip di cornering ya Jelas beda, mas christ & om kompre... selain disttribusi bobot yg mendekati 50:50 ya :mky_01:

BMW pake ban RFT profil rada tipis dan lbh lebar & Mercy-nya om kompre pake ban std non RFT.

Ketika ditekuk di tikungan, ban std pasti ngelipat ke dalam.. Lain sm RFT-nya BMW, memang kelasnya untuk performance bukan comfort, jadi klo ditekuk di tikungan pun, ya jauh terasa lbh ngegigit layaknya MACAN menerkam.

Klo mau fair sih sm2 pake RFT atau Tipe Std sekalian, dgn size dan brand yg sama.
Tapi yg pasti BMW dah menang di distribusi bobot dpn - blkg (kecuali klo ada 2-3 org berbobot berat duduk di blkg semua) :mky_02:
yoi, RFT dengan profil tipis dan ketiadaan ban serep di bagasi menjadi advantage tersendiri untuk BMW urusan handling dan distribusi bobot dibanding Mercedes.

Mercedes karena nggak RFT, dan ban serep diletakkan di bagasi, mobilnya terasa rear heavy dan less-balanced. apalagi di SLK200 yang ketambahan motor penggerak atap lipatnya + ketika atap lipat kondisi dibuka bobot berpindah ke belakang semua. Rear drive + atap + ban serep menyumbang bobot cukup signifikan di bagian belakang mobil sehingga balance nya berantakan.

Kalo roadster, sekalian kayak MX-5, nggak ada ban serepnya (sampe yang punya pusing :ngacir: ), distribusi bobot 50:50 mudah dicapai jadinya. Dan jeniusnya engineer Mazda, atap lipat MX-5 diberi kompartemen khusus tepat di belakang pengemudi jadi posisinya tepat di atas roda belakang. This is why i admire MX-5 so much :big_smoking:

Z4 ane kurang tau, tapi dengan nggak adanya ban serep tentu balance mobilnya akan lebih baik dibanding SLK dan dengan ngototnya BMW akan idealisme bobot 50:50 rasanya masih make sense.

mungkin kalo SLK350 akan terasa lebih balanced berkat penggunaan mesin yang lebih berat.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote:
Suryaputra wrote: Bicara grip di cornering ya Jelas beda, mas christ & om kompre... selain disttribusi bobot yg mendekati 50:50 ya :mky_01:

BMW pake ban RFT profil rada tipis dan lbh lebar & Mercy-nya om kompre pake ban std non RFT.

Ketika ditekuk di tikungan, ban std pasti ngelipat ke dalam.. Lain sm RFT-nya BMW, memang kelasnya untuk performance bukan comfort, jadi klo ditekuk di tikungan pun, ya jauh terasa lbh ngegigit layaknya MACAN menerkam.

Klo mau fair sih sm2 pake RFT atau Tipe Std sekalian, dgn size dan brand yg sama.
Tapi yg pasti BMW dah menang di distribusi bobot dpn - blkg (kecuali klo ada 2-3 org berbobot berat duduk di blkg semua) :mky_02:
yoi, RFT dengan profil tipis dan ketiadaan ban serep di bagasi menjadi advantage tersendiri untuk BMW urusan handling dan distribusi bobot dibanding Mercedes.

Mercedes karena nggak RFT, dan ban serep diletakkan di bagasi, mobilnya terasa rear heavy dan less-balanced. apalagi di SLK200 yang ketambahan motor penggerak atap lipatnya + ketika atap lipat kondisi dibuka bobot berpindah ke belakang semua. Rear drive + atap + ban serep menyumbang bobot cukup signifikan di bagian belakang mobil sehingga balance nya berantakan.

Kalo roadster, sekalian kayak MX-5, nggak ada ban serepnya (sampe yang punya pusing :ngacir: ), distribusi bobot 50:50 mudah dicapai jadinya. Dan jeniusnya engineer Mazda, atap lipat MX-5 diberi kompartemen khusus tepat di belakang pengemudi jadi posisinya tepat di atas roda belakang. This is why i admire MX-5 so much :big_smoking:

Z4 ane kurang tau, tapi dengan nggak adanya ban serep tentu balance mobilnya akan lebih baik dibanding SLK dan dengan ngototnya BMW akan idealisme bobot 50:50 rasanya masih make sense.

mungkin kalo SLK350 akan terasa lebih balanced berkat penggunaan mesin yang lebih berat.
ya asalkan jgn bawa bnyk org aja di jok blkg, distribusi 50:50 msh bs di-maintain :glodak:

lagipula di indonesia mau hard-cornering dmn ?...
betul2 gak safe untuk org lain.. kecuali ke sentul ______________ :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: ya asalkan jgn bawa bnyk org aja di jok blkg, distribusi 50:50 msh bs di-maintain :glodak:

lagipula di indonesia mau hard-cornering dmn ?...
betul2 gak safe untuk org lain.. kecuali ke sentul ______________ :ngacir:
hehehe di Surabaya sih masih ada beberapa tempat yang bisa jadi "playground" :big_cat:

ane setuju untuk menggila memang harus di controlled environment. Makanya itu ane kalo TD dan mau coba hard cornering selalu cek kondisi sekitar aman atau nggak untuk hard accel atau hard cornering :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by Hansen »

Perasaan kmarin liat foto2nya C250 om kompressorz udah pake ban RFT deh :e-think:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by sandal »

ChZ wrote:
Suryaputra wrote: ya asalkan jgn bawa bnyk org aja di jok blkg, distribusi 50:50 msh bs di-maintain :glodak:

lagipula di indonesia mau hard-cornering dmn ?...
betul2 gak safe untuk org lain.. kecuali ke sentul ______________ :ngacir:
hehehe di Surabaya sih masih ada beberapa tempat yang bisa jadi "playground" :big_cat:

ane setuju untuk menggila memang harus di controlled environment. Makanya itu ane kalo TD dan mau coba hard cornering selalu cek kondisi sekitar aman atau nggak untuk hard accel atau hard cornering :mrgreen:
Nah, kalo mau playgroundnya di surabaya tanya masternya di marih
:ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by kompresorz »

ChZ wrote:
Suryaputra wrote: ya asalkan jgn bawa bnyk org aja di jok blkg, distribusi 50:50 msh bs di-maintain :glodak:

lagipula di indonesia mau hard-cornering dmn ?...
betul2 gak safe untuk org lain.. kecuali ke sentul ______________ :ngacir:
hehehe di Surabaya sih masih ada beberapa tempat yang bisa jadi "playground" :big_cat:

ane setuju untuk menggila memang harus di controlled environment. Makanya itu ane kalo TD dan mau coba hard cornering selalu cek kondisi sekitar aman atau nggak untuk hard accel atau hard cornering :mrgreen:

Ban c250 depan potenza s001 225 45 18 RFT..belakang 245 40 18 RFT..

Sbenarnya orang hobi ngebut keseringan kalem bawa mobilnya..malah yg gak hobi ngebut malah bisa bawa mobil sruntulan..kondisi jalan dimanapun grasak grusuk..imo

Tapi emang bmw kalah soal tenaga mesin dgn merci(M n amg)krn kapsitas mesin..tp catatan waktu bmw bisa lebih cepat.. ditikungan lah bmw superior..

S class amg saja ditikungan di libas seri 7..

Terkadang di jalan itu sekali2 spontan ngebut..klo ke sirkuit wah terlalu bnyk yg dipersiapkan..

Sekali lg imo..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by ChZ »

kompresorz wrote: Ban c250 depan potenza s001 225 45 18 RFT..belakang 245 40 18 RFT..

Sbenarnya orang hobi ngebut keseringan kalem bawa mobilnya..malah yg gak hobi ngebut malah bisa bawa mobil sruntulan..kondisi jalan dimanapun grasak grusuk..imo

Tapi emang bmw kalah soal tenaga mesin dgn merci(M n amg)krn kapsitas mesin..tp catatan waktu bmw bisa lebih cepat.. ditikungan lah bmw superior..

S class amg saja ditikungan di libas seri 7..

Terkadang di jalan itu sekali2 spontan ngebut..klo ke sirkuit wah terlalu bnyk yg dipersiapkan..

Sekali lg imo..
hehehe orang hobi ngebut kebanyakan kalem kalo di jalan mah... pembalap2 biasanya kalem kalo nyetir. yang bukan pembalap malah berangasan :big_slap:

yoi, Mercedes AMG dan BMW M, di track lurus menang AMG. tapi kalo ketemu tikungan BMW M bisa menikung dengan flamboyan layaknya sebuah proper track car, dimana AMG harus struggle dengan torsi extra-besar yang membuat oversteer.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by montirangin »

nah kalo berangasan dijalan itu ingat artinyaa :"D
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by g4ndalf »

kompresorz wrote:
ChZ wrote:
hehehe BMW sih enak banget ditekuk mobilnya, kerasa compact dan lincah. 320i F30 dan 520i F10 sih beda bobot doang tapi kedinamisan waktu hard cornering beneran mantep :big_smoking: the powahhhh of 50:50 weight distribution

berarti yang om kompre rasakan seperti yang saya rasain waktu nyetir SLK200... bagian belakang terasa ngeri dan ngebuang di tikungan. Mobil terasa tidak balanced, terasa rear-heavy.

beda waktu saya drift pake 520i kerasa mobil sangat balanced depan-belakang. padahal ini sedan 4,9m, yang satunya roadster kompak :ngacir: :ngacir:

ya beda sih, mercedes kodratnya lebih ke kenyamanan, apalagi profil W205 yang wheelbase nya nambah panjang. BMW lebih ke sportness.
betul bro chz..wah slk aja parah ya..saya pikir ini w205 harus di sporing..bbrp x udah mental mentul..dipaksa rapat f30 saya yakin melintir nih mobil di tikungan..emang klo org sudah pernah coba bmw baru orang akan mengerti"sheer driving pleasure"..
ya emang merci berasa nyaman n mewah aja desainnya..
:off_good_job: ..
Slogan bimmer: sheer driving pleasure.. kalau di indo musti dikasih disclaimer: selama jalan tidak lobang dan rata. Kalo ketemu jalan rusak / tidak rata, jadi sheer horror for the passenger.

Sy sih gak tau w205 kek apa, tapi i will take on f30 320 with my w204 c200cgi any given day. Gak kalah handlingnya, feeling ngebuang itu kalau econ mode, ganti mode ke sport karakter jadi lain, mobil rwd masuk tikungan asal udah sampe apex nya tancep terus meski turbo gearbox 7g-tronic cukup intelijen utk tentuin distribusi power. Btw weight distribution w204 juga 50 50, its a driver car (silakan baca ripiu master AD74YA).

Tapi kembali lagi c250 isi premium, 328 isi perta plus.. ya wajar kalo kalah, krn power yg 240hp sekian itu kepotong paling2 tinggal 200an hp ketika diisi di bawah ron95.
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by Leonhart »

g4ndalf wrote:
kompresorz wrote:
ChZ wrote:
hehehe BMW sih enak banget ditekuk mobilnya, kerasa compact dan lincah. 320i F30 dan 520i F10 sih beda bobot doang tapi kedinamisan waktu hard cornering beneran mantep :big_smoking: the powahhhh of 50:50 weight distribution

berarti yang om kompre rasakan seperti yang saya rasain waktu nyetir SLK200... bagian belakang terasa ngeri dan ngebuang di tikungan. Mobil terasa tidak balanced, terasa rear-heavy.

beda waktu saya drift pake 520i kerasa mobil sangat balanced depan-belakang. padahal ini sedan 4,9m, yang satunya roadster kompak :ngacir: :ngacir:

ya beda sih, mercedes kodratnya lebih ke kenyamanan, apalagi profil W205 yang wheelbase nya nambah panjang. BMW lebih ke sportness.
betul bro chz..wah slk aja parah ya..saya pikir ini w205 harus di sporing..bbrp x udah mental mentul..dipaksa rapat f30 saya yakin melintir nih mobil di tikungan..emang klo org sudah pernah coba bmw baru orang akan mengerti"sheer driving pleasure"..
ya emang merci berasa nyaman n mewah aja desainnya..
:off_good_job: ..
Slogan bimmer: sheer driving pleasure.. kalau di indo musti dikasih disclaimer: selama jalan tidak lobang dan rata. Kalo ketemu jalan rusak / tidak rata, jadi sheer horror for the passenger.

Sy sih gak tau w205 kek apa, tapi i will take on f30 320 with my w204 c200cgi any given day. Gak kalah handlingnya, feeling ngebuang itu kalau econ mode, ganti mode ke sport karakter jadi lain, mobil rwd masuk tikungan asal udah sampe apex nya tancep terus meski turbo gearbox 7g-tronic cukup intelijen utk tentuin distribusi power. Btw weight distribution w204 juga 50 50, its a driver car (silakan baca ripiu master AD74YA).

Tapi kembali lagi c250 isi premium, 328 isi perta plus.. ya wajar kalo kalah, krn power yg 240hp sekian itu kepotong paling2 tinggal 200an hp ketika diisi di bawah ron95.
gak mgkin sejauh itu la nge drop nya
palingan turun jg 10 -15 hp

emang dasaran handling nya aja yg kalah
kena oversteer krn kelebihan bobot belakang kendaraan..

FYI ane pernah Make W204 C250 punya temen 3 hari berturut2
temen ane kalo lg ada duit pertamax
klo lg bokek premium

pas baru beli dia isi pertamax ane Test Drive bentar
lalu stlh 1 taonan dia sering bokek lalu diisi premium mulu
lalu ane pinjem 3 hari
masih sama kok tarikannya kayak pas beru beli (isi pertamax)
malahan menurut ane gak terasa penurunan sama sekali
padahal KM nya udah hampir 20rb

soal handling
ane pernah Nyetir 320i E90 punya temen
ane gak bs comment handling benz ato bmw lbh bagus
krn gak sempet nyetir extreme ampe ditekuk2 kyk master2 di sini...
nyetir w204 ama e90 nya standart aja gak lebih dari 80km/h
kota ane gak bs ngebut
Maktu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Wed Jul 30, 2014 19:03

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by Maktu »

Mercedes kyk nya lebih gk rewel ya mesin nya.. Diisi premium aman2 aja.
Bmw belom ada yg coba premium ni? Hehe
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by andrijet »

Maktu wrote:Mercedes kyk nya lebih gk rewel ya mesin nya.. Diisi premium aman2 aja.
Bmw belom ada yg coba premium ni? Hehe

Gak sesimple itu seh, om..
Hehehe..

Kebanyakan mobil berkompresi tinggi gak akan langsung rontok walau pk oktan 88.
Kerusakannga terjadi dalam jangka panjang.
2-3 tahun catalic converter mampet.
Pistonnya baru rontok beberapa tahun kemudian juga.

Yang langsung terasa kl turun oktan:
- Suara mesin lebih kasar dan besar
- Performa mesin turun, gak signifikan, kl diajak ke TOL baru kerasa krn buat overtake butuh RPM yang lebih tinggi dengan speed yg sama
- Lebih boros karena hal di atas, tp gak signifikan.

Buat yang mau nikmati hadiah subsidi dr pemerintah, ayo isi Premium sebanyak-banyaknya..!
Pk Bentley jg jangan ragu pk Premium!
(tp saya gak tanggung void garansinya yak, hehe..)

Sy sendiri pk RON95 krn 'sayang' aja sm mobilnya.
Kl mobil operasional dgn senang hati isi Premium.
Sebanyak-banyaknya.
Suruh siapa ksh hadiah subsidi...
Hahaha..
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by montirangin »

tapi bener juga bmw lebih rewel dari mercedes om andri
kalo mau ngomong jangka panjang. itu om kompre punya udah dari 2008 c class nya. ga knp2.
tapi kalo bmw diisi premium, ga perlu lama, langsung berasa ga mulus dibawanya.
Maktu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Wed Jul 30, 2014 19:03

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by Maktu »

Hmm kayaknya keawetan mesin gak serta merta oktan deh..
Ada pengaruh oli,perawatan lainya juga.

Terlalu klise kayaknya kalo karena premium lalu jadi dibilang perusak utama mesin
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by montirangin »

iya betul om maktu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by ChZ »

Maktu wrote:Hmm kayaknya keawetan mesin gak serta merta oktan deh..
Ada pengaruh oli,perawatan lainya juga.

Terlalu klise kayaknya kalo karena premium lalu jadi dibilang perusak utama mesin
ngomongin premium, kayaknya yang om kompre bilang di halaman sebelum-sebelumnya ada benernya...

sekali premium ya pake premium terus, jangan digonta-ganti nanti malah masalah. cukup make sense. ECUnya sudah baca harus mundurin timing soalnya, kalo diganti-ganti timingnya jadi kaco ntar. jadi kalo memang dari baru diisi premium terus ya pasti kagak kerasa bedanya emang. wong dari awal udah dimundurin secara otomatis.

tapi bener kata oom andrijet, resikonya ya CC mampet, injektor kaput, piston mampus, etc etc. Timing pengapian sih boleh mundur dan nggak ngelitik, masalah utama premium kan kotorannya. jadi ya balik lagi, perawatannya gimana :mrgreen: boleh pake premium asal rajin tune up :mrgreen:

IMO ya, nggak pernah pake Benz generasi baru :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by montirangin »

tapi knp bmw langsung garuh ya om chz :( menyedihkan..
User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by peace »

saya baru bulan ini service smart fortwo .. *mesin mitsu tapi tetep settingan merc
komplain enjin ngeglitik.. dahal isi premium paling 5x selama 2 taun... mungkin gara2 campur2 ada benarnya

ketemu masalahnya 2 injektor kotor n mesin masih bagusss... katanya mesinnya sensitif sekali. hedeh dahal pengen banget saya isi smart ini pake premium.. hemat bener FULL dalkot bisa 1:14!!

Bmw pernah isi premium setengah tangki campur shell pas touring ke bali ....sengaja sebelum balik isi premium soalnya masih ada 2 botol oktan booster persiapan bawa dari rumah ga kepake... ga ada masalah dan sampe sekarang masih dapat waktu 0-100 yang fantastis hehe.. kagak kehitung yah pake oktan booster
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by montirangin »

smartfor2 bukan campur listrik om?

bmw nya tipe apa om?
User avatar
peace
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by peace »

@om montirangin

smartfor2 yang masuk cuman bensin diindo.. ada yang full listrik kalo ga salah sumbangan ke pemerintah,ga ada kabarnya lagi hehe.. type bmw sama seperti om andrijet 328i
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2013 Mercedes C-Class Sedan

Post by ChZ »

peace wrote:saya baru bulan ini service smart fortwo .. *mesin mitsu tapi tetep settingan merc
komplain enjin ngeglitik.. dahal isi premium paling 5x selama 2 taun... mungkin gara2 campur2 ada benarnya

ketemu masalahnya 2 injektor kotor n mesin masih bagusss... katanya mesinnya sensitif sekali. hedeh dahal pengen banget saya isi smart ini pake premium.. hemat bener FULL dalkot bisa 1:14!!

Bmw pernah isi premium setengah tangki campur shell pas touring ke bali ....sengaja sebelum balik isi premium soalnya masih ada 2 botol oktan booster persiapan bawa dari rumah ga kepake... ga ada masalah dan sampe sekarang masih dapat waktu 0-100 yang fantastis hehe.. kagak kehitung yah pake oktan booster
yoi oom peace, masalah pengapian sih kayaknya sekarang semua pabrikan udah mengantisipasi dengan knock sensor dan memundurkan timing pengapian otomatis.

yang sering terjadi masalah justru di injektor yang kotorannya numpuk atau CC yang mampet
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7