Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
uchychan wrote:imo, diliat dr prospeknya sptnya utk awal2 mobil ini palingan akan dipakai/diujicobakan khusus kendaraan dinas lintas kementrian or pemerintahan, cz klo dilihat dr innovasi yg dibuat dr lmbaga tsb jrg ada yg dipakai oleh masy. umum atau mngkin blm terasa secara luar... Cmiiw
pencermatan yg mantaaap, tan
imsus2c wrote:
karena musti diakui, energi pembangkit listrik di negara kita sekarang ini memang masih pakai fossil, entah itu Batubara maupun Minyak Bumi
kalau ngga salah, ini pernah dibahas dulu di trid lama...tar cari2 dulu deh
data distribusi sumber pembangkitnya PLN di seluruh Indonesia tu gmana sih meneer?
brp MW yg dari PLTA, brp MW dari PLTD, PLTUap/Steam dari BatuBara/Gas, PLTU steam dr panas bumi....
soalnya yg ane srg lihat di alur Citarum utk Jabar, itu ada 3 stage PLTA...gak kecil jg loh listrik yg dihasilkannya.
Saguling 1.400, Cirata 1.008 MW dan Jatiluhur 187 MW
energi yg dihasilkan tsb setara BBM sebanyak 16 Juta ton/tahun
saya agak lupa baca dimana...
seingat saya, berita itu saya ikuti saat dulu Dahlan Iskan jadi dirut PLN, (salah satu programnya; yg mau dia berantas adalah masalah "byar-pet" teratur)
saat byar pet dulu (2 tahunan silam), para pelaku industri termasuk kena getahnya, karena musti "libur paksa" 1 hari selama sebulan di hari kerja
alasan PLN (sebelum pak Dahlan masuk), ada defisit supply listrik di jawa bali, dan beberapa pembangkit tidak dapat supply batubara (karena saat itu harga batubara pasaran eksport lagi bagus-bagusnya)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
y_anjasrana wrote:motor listriknya segede apaan ya bisa narik beban lebih dr 2 ton.....
asal torsi mencukupi dan didukung dengan reduksi yg tepat, sebenarnya nggak harus jumbo juga kok...
itu motor listrik lokomotif, dibanding beban yg harus ditarik (puluhan/ratusan ton), ukurannya juga "biasa" saja
yg dahsyat ukurannya justru pembangkit/sumber tenaga listriknya, alias generator-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Kira kira thn 2010 ahir saya kbtulan @spore liat RollsRoyce phantom yg EV ...lagi global tour n spore jadi salah1 tempat singgahnya sblm ostrali ...saat display di dkt ngee an city saya tanya display manager nya ...brp lama charging zero to full? 8 jam pada tegangan listrik stabil (spt spore) dan 11 jam bila naik turun (spt bila pakai wind propelled generator ...)
Trus saya tanya wattage yg diperlukan utk recharging? 3,800 watts dia bilang
Dan saat saya buka trunklid yg seharusnya bisa diisi 5 golfbag dgn leluasa ...ternyata 3/4 nya sdh dipakai u battery dan coolant nya