SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 22 Aug 2014, 22:41

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 24 Jun 2012, 21:28 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 14 Nov 2011, 16:33
Posts: 63
Kawan" saya kebetulan baru meminang all new jazz rs a/t 2012, kebetulan beberapa hari ini mobil sering dipinjam ama saudara buat belajar parkir mundur. Masalahnya ketika mobil sudah dipakai untuk belajar mundur sekitar 1 jam an (Kebanyakan setir sering diputar di posisi mobil diam tidak bergerak) timbul masalah setir mendadak menjadi berat sekali untuk diputar. Tetapi bila didiamkan sekitar 2 menit an kembali normal lagi. Kondisi seperti ini wajar atau tidak ya ? Thx :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 08:04 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic

Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Posts: 140
Sptnya sih tak normal ya. Ada indikator lampu EPS gak om di all new jazz, kalau ada pas lagi berat setirnya lampunya nyala gak. Kalau lampu EPS nyala pertanda ada masalah sama power steeringnya.

Mungkin master-master lain di sini lbh tau knp dgn mobil om.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 09:25 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9260
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Sementara memantau dulu

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 15:01 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
Array wrote:
Kawan" saya kebetulan baru meminang all new jazz rs a/t 2012, kebetulan beberapa hari ini mobil sering dipinjam ama saudara buat belajar parkir mundur. Masalahnya ketika mobil sudah dipakai untuk belajar mundur sekitar 1 jam an (Kebanyakan setir sering diputar di posisi mobil diam tidak bergerak) timbul masalah setir mendadak menjadi berat sekali untuk diputar. Tetapi bila didiamkan sekitar 2 menit an kembali normal lagi.


Kondisi seperti ini wajar atau tidak ya ? Thx :big_peace:

tdk tahu maslah apa sebenarnya, krn jg blm pernah ngalamin. tp yg jelas, itu tidak wajar dong. aplg jika mmg ada sebuah dua buah indokator2 failure yg nyala di panel instrumen. tdk ada failure indoicator yg nyala pun. tetep aja itu gak wajar.
mmg ada sih peluang krn perlakuan tsb. tp itu dah "ga penting lg" utk dipermasalahkan.

jd yg jelas, krn ada yg salah dg setirnya, maka mumpung msh baru banget, msh dlm masa garansi, segera aja bawa ke BeRes. cari cara supaya bs membuktikan ketidakwajaran tsb di depan service advisor nya.

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 15:22 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Array wrote:
Kawan" saya kebetulan baru meminang all new jazz rs a/t 2012, kebetulan beberapa hari ini mobil sering dipinjam ama saudara buat belajar parkir mundur. Masalahnya ketika mobil sudah dipakai untuk belajar mundur sekitar 1 jam an (Kebanyakan setir sering diputar di posisi mobil diam tidak bergerak) timbul masalah setir mendadak menjadi berat sekali untuk diputar. Tetapi bila didiamkan sekitar 2 menit an kembali normal lagi. Kondisi seperti ini wajar atau tidak ya ? Thx :big_peace:

ke honda, minta mereka buat reset EPS di ECU nya, biasanya problem solved. kalo masih, artinya itu failed pabrikan, claim aja.

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 17:37 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Posts: 1439
mungkin akinya habis, karena mobil banyak idle, sementara memutar setir dalam keadaan diam (apalagi sambil injak rem) membuat motor listrik EPS bekerja keras. Sifat motor listrik: jika beban berat, kuat arus naik, motor menjadi sangat panas. Mungkin juga thermal switch protector nya bekerja, sehingga motor listrik off sementara waktu.

*sok tau mode on

_________________
Powered by BBM Subsidi


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 18:00 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
setau ane, EPS itu kalo diputer mentok dan terus2an dia akan panas (ya iya lah, namanya jg motor listrik) dan biasanya kalo uda panas, maka otomatis dia akan shut off sendiri utk sementara, nahh ntar kalo uda cooling down, dia bakal nyala lagi... tapi kalo di kasus TS yg berat terus2an, jgn2 ada kerusakan mekanis dari motor si EPS atau mungkin cuman hal sepele tinggal di reset doank sperti kata mods poet... mendingan bawa aja ke beres, toh masi garansi ini..

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 18:08 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 14 Nov 2011, 16:33
Posts: 63
Thx buat tanggapannya :big_peace:
Kaleng wrote:
Sptnya sih tak normal ya. Ada indikator lampu EPS gak om di all new jazz, kalau ada pas lagi berat setirnya lampunya nyala gak. Kalau lampu EPS nyala pertanda ada masalah sama power steeringnya.

Mungkin master-master lain di sini lbh tau knp dgn mobil om.


Untuk indikator eps di speedometer nya ga nyala bro, cuman setir tiba" mendadak berat gitu. Hehe..

ilhami wrote:
mungkin akinya habis, karena mobil banyak idle, sementara memutar setir dalam keadaan diam (apalagi sambil injak rem) membuat motor listrik EPS bekerja keras. Sifat motor listrik: jika beban berat, kuat arus naik, motor menjadi sangat panas. Mungkin juga thermal switch protector nya bekerja, sehingga motor listrik off sementara waktu.

*sok tau mode on


DOHC wrote:
setau ane, EPS itu kalo diputer mentok dan terus2an dia akan panas (ya iya lah, namanya jg motor listrik) dan biasanya kalo uda panas, maka otomatis dia akan shut off sendiri utk sementara, nahh ntar kalo uda cooling down, dia bakal nyala lagi... tapi kalo di kasus TS yg berat terus2an, jgn2 ada kerusakan mekanis dari motor si EPS atau mungkin cuman hal sepele tinggal di reset doank sperti kata mods poet... mendingan bawa aja ke beres, toh masi garansi ini..


Hmm, kalo udah berat gitu didiemin 1 menitan gitu ato dipake buat berkendara dengan jarak 2 meteran aja udah kembali normal lagi bro. Tapi kalo pas posisi masih berat gitu ga didiemin dipaksa diputar trus yang ada tetap berat juga :big_peace:

---
Barusan tadi pagi coba telp beres SA nya cuman bilang coba aja dibawa sini buat diperiksa lebih lanjut. Trus akhirnya coba" baca bukman dan di bagian eps ada tertulis begini "Jika anda beberapa kali memutar roda kemudi sepenuhnya ke kiri atau kanan saat kendaraan berhenti atau kendaraan bergerak dengan kecepatan sangat rendah, Anda dapat merasakan kemudi sedikit keras diputar, hal ini dimaksudkan untuk mencegah kerusakan pada steering box akibat panas berlebih". Mungkin kondisi ini ya yang terjadi ama mobil saya waktu itu :ungg:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 18:21 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Posts: 1439
ya berarti bener, thermal switch protectornya bekerja.

_________________
Powered by BBM Subsidi


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 18:36 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 10 Aug 2011, 20:56
Posts: 230
so..kondisi tersebut wajar/normal.. :big_smoking:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 18:36 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
hoo berarti normal itu...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Jun 2012, 18:56 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 14 Nov 2011, 16:33
Posts: 63
Thx kawan" sudah membantu mencerahkan, sempat panic juga kmaren pas tau itu setir berat. Untungnya masih bisa sedikit tenang karena masih dalam masa garansi :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Jul 2012, 17:18 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Posts: 3359
Location: All over the world
Dulu pernah ngalamin di sx 4 setelah di telusuri accunnya ,ganti baru sdh g ada apa2 lancar lagi


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Jul 2012, 06:45 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 16 Feb 2012, 16:52
Posts: 100
Array wrote:
Thx kawan" sudah membantu mencerahkan, sempat panic juga kmaren pas tau itu setir berat. Untungnya masih bisa sedikit tenang karena masih dalam masa garansi :big_peace:


masih berat gak bro? apa conditional aja?
gw pernah ngalamin sendiri setir mobil jadi berat stelah 1 bulan pemakaian di all new city. komplen, cek, masih berat. komplen lagi akhirnya diurusin dan diganti baru satu set eps ama Honda.
lo konsul ke beres mana? waktu itu gw lapor dan penggantian di Honda Pondok Indah.

untuk after sales, emang mereknya si Jonfis ini top bgt dah


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jan 2013, 12:37 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic

Joined: 25 Jan 2013, 16:54
Posts: 217
wah kalau kasus begitu, tidak wajar bos mendadak setir jadi berat. coba lihat indikator di dashboard apakah lambang EPS menyala atau tidak. mengingat honda jazz menggunakan electric power stering bukan menggunakan belt seperti power stering seperti kebanyakan mobil. kl menurut saya sih kayanya yang bermasalah electriknya. sebaiknya cepet bawa mobil ke BeRes dan tanyakan apa yang rusak supaya kerusakan tidak menyebar ke bagian lain dan biaya yang dikeluarkan juga bisa ditekan dibanding dibiarkan beberapa lama kerusakannya merembet wah kan bahaya bos.

_________________
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 13 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com