mobil nyendal waktu rpm tinggi

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10884
Joined: 27 Nov 2010, 08:07

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby VanzMatic » 15 Feb 2012, 18:45

sealteam88 wrote:-cut-

betul banget bro , bau bensin terasa di kabin , awalnya bingung kenapa gitu , ternyata karena komposisi bensin dan angin yang tidak tepat , businya pakai splitfire cabang 2 , lalu tutup distributor diganti , ada efek nya juga rupa nya , yang jelas tadi lari 100-120km di tol masih mantab dan akselarasi sampai ke 100km/jam tidak butuh waktu lama , cuma saya agak kuatir nya , bensin nya apakah bakal boros yah ? :) mobil suzuki carry sebetulnya tidak rumit yah setting dan servis servis nya, sparepart pun murah, hanya kelemahan nya, AC tidak dingin di mesin 1000 cc :)

:mky_02:


Nah, kayaknya emang itu yg belum disampaikan di awal trit... gpp lah. Buat mobil karbu, emang gampang. Pertama, cek busi dulu. Busi ibarat jendela buat mengintip adukan adonan bensin udara di mesin.

Justru kalau setingan bensin terlalu basah / terlalu kaya bensin, yang ada malah boros. Cmiiw. kenapa? Karena campuran terlalu kaya, busi sulit memantik api. Tenaga drop. Pengemudi cenderung menginjak pedal gas lebih dalam lagi untuk mendapatkan tenaga. Ini alasan kenapa malah boros.

Kalau campuran ideal (untuk karbu, sangat sulit mendapatkan campuran bensin-udara yg sempurna), maka bahan bakar mudah terbakar habis di ruang bakar, pengemudi engga perlu injek gas dalam2 aja udh langsung ngacirrrr.... Ini malah membuat lebih irit.

Untuk AC yang kurang dingin, bagaimana kondisi kompressor AC? Apakah masih baik? Bawa ke tukang servis AC, supaya di cek, apakah ada sambungan klem2 selang2 AC yang kendur sehingga bikin bocor alus freon? bagaimana kondisi Drier?

Periksa juga kondensor (bentuknya seperti radiator). Bersih dari debu yang menempel? Sudahkah dipasang extra fan untuk kondensor? Bisa saja pasang double extra fan untuk kondensor, agar pendinginan / kondensasi gas freon lebih sempurna, karena karakter mesin bawah jok memang kurang mendapat hembusan angin dari depan.

Cmiiw

Mohon suhu2 Carry dan per-AC-an mengoreksi dan menambahkan..

:ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby sealteam88 » 15 Feb 2012, 19:34

terima kasih semua nya
ternyata ribet juga urusan angin dan api , wind and fire , kaya judul film silat aja :)

untuk AC next time bikin thread baru aja ah

:big_peace: :mky_03:

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby doq » 16 Feb 2012, 02:25

mengenai ac silahkan main2 kesini aja oom www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=12361
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9395
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby Turboman » 16 Feb 2012, 11:03

Ini mesin F10A kan yah ?

Buat rekan2 SM :
Mau tanya bengkel mana yg ahli tune up mesin F10A (tune up aja, bukan modif), utk setel klep, setel timing en punya CO meter. Buat Katana tuwir saya, mobil operasional staff kantor.

Diutamakan yg daerah JakBar

Thx bgt sebelumnya

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10884
Joined: 27 Nov 2010, 08:07

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby VanzMatic » 16 Feb 2012, 12:27

Turboman wrote:Ini mesin F10A kan yah ?

Buat rekan2 SM :
Mau tanya bengkel mana yg ahli tune up mesin F10A (tune up aja, bukan modif), utk setel klep, setel timing en punya CO meter. Buat Katana tuwir saya, mobil operasional staff kantor.

Diutamakan yg daerah JakBar

Thx bgt sebelumnya


Mana nih om qod suhu Si Juki SM...? :e-think: :e-think: :e-think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby doq » 16 Feb 2012, 14:17

suhu apaan? :big_weee:
mana ngarti saya soal gituan :ungg:
klo cuma sekedar tune-up biasa nya saya ke bengkel langganan di daerah sunter, tapi itu duluuuuu sebelom sering main ke pocimin
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9395
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby Turboman » 16 Feb 2012, 14:19

doq wrote:klo cuma sekedar tune-up biasa nya saya ke bengkel langganan di daerah sunter, tapi itu duluuuuu sebelom sering main ke pocimin


Mohon ingpo bengkel yg sering handle mesin F10A (tune up / setel klep), prefer yg punya CO meter buat bantu saat setting karburator

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby doq » 16 Feb 2012, 14:35

mumun kotak saya sih klo tune-up emang disitu oom, tapi setau saya dia belum punya co-meter :e-think:
rasa nya bang jalu lebih paham mengenai bengkel2 spesialis begini nih
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8290
Joined: 25 Mar 2008, 02:52

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby andy1800 » 16 Feb 2012, 16:18

Turboman wrote:
doq wrote:klo cuma sekedar tune-up biasa nya saya ke bengkel langganan di daerah sunter, tapi itu duluuuuu sebelom sering main ke pocimin


Mohon ingpo bengkel yg sering handle mesin F10A (tune up / setel klep), prefer yg punya CO meter buat bantu saat setting karburator
emang kondisi katananya skrg knp om?
knp gak ditune-up ndiri aja? knp pengen yg perfect banget? bukannya utk katana gitu asal udah enak aja gitu dah cukup ya? pgn didapat performance spt apa?
biasanya klo kreasi2 keren segala macem utk diesel itu, siapa yg nanganin? mestinya kan bagus jg nanganin meisn simple macem katana.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby jalu » 16 Feb 2012, 22:11

Pak Turbo... untuk bengkel referensi yg lbh akurat untuk katana sepertinya dari pak uwo deh ahlinya suzuki jip

untuk mesin F10A krn sederhana dan cuma 8 valve, sebenernya kalo memang ada waktu luang rasanya lebih asik distel2 sendiri pak,hehehe.....saya sendiri banyak belajar dr mesin itu selain mesin kijang.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby sealteam88 » 17 Feb 2012, 10:30

kalo suzuki carry 1000 cc saya, engine nya tipe ST100 , jadulllll

:big_peace:

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9395
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby Turboman » 17 Feb 2012, 11:21

andy1800 wrote:emang kondisi katananya skrg knp om?
knp gak ditune-up ndiri aja? knp pengen yg perfect banget? bukannya utk katana gitu asal udah enak aja gitu dah cukup ya? pgn didapat performance spt apa?


Katana ane sih fine2 aja, cuman pengen supaya bisa lebih optimal aja, BBM lebih efisien, krn ini utk mobil operasional staff kantor.

Btw saya nggak ada waktu utk setel2 klep en Platina sendiri, so kalo ada rekomendasi bengkel yg biasa handle mesin F10A sekiranya bisa di share....Thanks
Last edited by Turboman on 17 Feb 2012, 11:24, edited 1 time in total.

User avatar
Turboman
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 9395
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby Turboman » 17 Feb 2012, 11:23

Oke diskusi tentang F10A saya Close yach

Buat yang punya rekomendasi bengkel yg sering pegang mesin Katana / Mumun F10A monggo japri aja yah

Thanks

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby jalu » 17 Feb 2012, 13:00

sealteam88 wrote:kalo suzuki carry 1000 cc saya, engine nya tipe ST100 , jadulllll

:big_peace:


hoo... 5 speed atau yg masih 4 speed ?
dulu carry saya msh 4 speed, super jadul lagi... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

sealteam88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 05 Jun 2011, 15:29

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby sealteam88 » 17 Feb 2012, 13:15

jalu wrote:
sealteam88 wrote:kalo suzuki carry 1000 cc saya, engine nya tipe ST100 , jadulllll

:big_peace:


hoo... 5 speed atau yg masih 4 speed ?
dulu carry saya msh 4 speed, super jadul lagi... :upss:



heheheheh 5 speed , ST100 jaduulllll tapi masih kenceng ya sudah , dipakai saja deh , irit pula :)
:mky_02:

cooling
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 14 Aug 2013, 18:11

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby cooling » 14 Aug 2013, 18:19

Kalo dipasang ac, pengalaman sy bisa dingin dengan modifikasi sendiri.
1. Compressor sy gunakan sanden 805.
2. Kondensor ukuran 40x ...cm merk fujicool dan sy tempatkan di bawah pintu tengah sehingga, mesin tetap dingin. Freon menggunakan musicool saat langsam lebih rendah dibanding dengan pake r 134, sementara single blower maklum masih ngunpulin dana buat double blower, mobil saya carry station tahun 1986.

Justru permasalahan sy, saat injak gas, kadang gas gk mau balik, kira2 apanya yah ?

Yg kedua masalah suspensi depan terasa jedug pdhl penumpang kosong, olie shockbecker sudah diganti, mohon masukan dr master - master

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby doq » 14 Aug 2013, 18:47

bisa diterangkan lbh lanjut soal gas ga mau balik oom?
pedal gas nya yg ga balik lagi ke posisi semula atawa rpm nya yang ga mau turun/lama turun?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

cooling
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 14 Aug 2013, 18:11

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby cooling » 14 Aug 2013, 18:52

RPM nya bro, padahal kabel dr pedal gas Ʊϑaђ ane setting free

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9384
Joined: 10 May 2008, 19:09

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby doq » 14 Aug 2013, 19:13

coba cek selang2 vacum dari dan menuju karbu oom, setau saya kalo ada yg bocor bahkan sedikit aja pun bisa bikin kinerja karbu kacau..........salah satu nya ya rpm susah turun cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

cooling
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 14 Aug 2013, 18:11

Re: mobil nyendal waktu rpm tinggi

Postby cooling » 14 Aug 2013, 19:23

Baik , besok sy coba chek semua nya


Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: stiffler and 1 guest