Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

om turbo nanya dong
kalo oli comply MB 229.1,ACEA A3/B3-04 dipake ampe 6rb KM/6 bulan ama ga kira2??

thx om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26940
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

ZombiEE wrote:Ane tmsk yg dalam camp yg impresi nya biasa2 aja...konsistensi nya yg memang pantas diapresiasi memang...tapi ya itu berdasar butt-o-meter..

Yap, boleh dibilang waste of money,,dilihat dari jarak tempuh nya, tapi krn ane ganti nya setaun sekali sih jujur gak terasa terlalu mengrogoti kantong..ehehe...karena waktu yg lama itu lah ane berharap oli ini tidak rentan thd pengaruh lingkungan...;)


Kalau oom turbo lihat, liat secara TDS apakah cukup bagus dibandingkan misalkan dgn m1 sekelas/viskositas rating sama?
kalo mobil jarang dipake... apa ga mendingan turunin kelas oli nya aja jemb tp interval penggantian nya jd lebi sering...

misalnya dipakein oli semi syn yg gobanan seliter.. tp per 6 bulan diganti... ktimbang pake oli cepeceng per liter tapi 12 bulan skali diganti..

tohh sebagus2nya oli kalo kelamaan diem di oil pan atau cuman sekedar buat manasin mesin doank... kualitas tuh oli jg jauh lebi cepet drop kan... kena expos embun atau udara dingin dari luar.. oksidasi dari uap udara, pembakaran ga sempurna krn jarang dipake jalan... dll..

imaly dan cmiiw..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:
ZombiEE wrote:Ane tmsk yg dalam camp yg impresi nya biasa2 aja...konsistensi nya yg memang pantas diapresiasi memang...tapi ya itu berdasar butt-o-meter..

Yap, boleh dibilang waste of money,,dilihat dari jarak tempuh nya, tapi krn ane ganti nya setaun sekali sih jujur gak terasa terlalu mengrogoti kantong..ehehe...karena waktu yg lama itu lah ane berharap oli ini tidak rentan thd pengaruh lingkungan...;)


Kalau oom turbo lihat, liat secara TDS apakah cukup bagus dibandingkan misalkan dgn m1 sekelas/viskositas rating sama?
kalo mobil jarang dipake... apa ga mendingan turunin kelas oli nya aja jemb tp interval penggantian nya jd lebi sering...

misalnya dipakein oli semi syn yg gobanan seliter.. tp per 6 bulan diganti... ktimbang pake oli cepeceng per liter tapi 12 bulan skali diganti..

tohh sebagus2nya oli kalo kelamaan diem di oil pan atau cuman sekedar buat manasin mesin doank... kualitas tuh oli jg jauh lebi cepet drop kan... kena expos embun atau udara dingin dari luar.. oksidasi dari uap udara, pembakaran ga sempurna krn jarang dipake jalan... dll..

imaly dan cmiiw..
Wah kalo levellnya pakar, enak banget di mengerti om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26940
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

btw om bagor jadinya pake oli apa nehh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:btw om bagor jadinya pake oli apa nehh...
Masih pake oli Honda om baru 1500an,ntar kalo sdh 5000an baru pakein shell astra 10w30 itu om yang SM
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kalo mobil jarang dipake bisa pakai oli semi synth yg comply ke MB 229.1 atau semi synth passenger Diesel ACEA B4

Bisa dipake sampe 10 bulan

Ya mesin gak dipakai maka oli akan teroksidasi dengan udara, alhasil biar jalannya dikit banget tapi setelah 12 bulan jika di test TBN nya pasti turun

temen ane pernah iseng test SHU AB dipake selama 18 bulan di Yaris, jalan 10 rb Km, alhasil TBN turun banyak banget sampe di bawah 3 mg KOH, padahal oli yg sama dipake di CRV selama 11 bulan / 10 rb Km. TBN masih bertahan di level 5 - 6 an mg KOH, test di Corelab. (TBN saat baru sekitar 10 mg KOH)
DOHC wrote:
ZombiEE wrote:Ane tmsk yg dalam camp yg impresi nya biasa2 aja...konsistensi nya yg memang pantas diapresiasi memang...tapi ya itu berdasar butt-o-meter..

Yap, boleh dibilang waste of money,,dilihat dari jarak tempuh nya, tapi krn ane ganti nya setaun sekali sih jujur gak terasa terlalu mengrogoti kantong..ehehe...karena waktu yg lama itu lah ane berharap oli ini tidak rentan thd pengaruh lingkungan...;)


Kalau oom turbo lihat, liat secara TDS apakah cukup bagus dibandingkan misalkan dgn m1 sekelas/viskositas rating sama?
kalo mobil jarang dipake... apa ga mendingan turunin kelas oli nya aja jemb tp interval penggantian nya jd lebi sering...

misalnya dipakein oli semi syn yg gobanan seliter.. tp per 6 bulan diganti... ktimbang pake oli cepeceng per liter tapi 12 bulan skali diganti..

tohh sebagus2nya oli kalo kelamaan diem di oil pan atau cuman sekedar buat manasin mesin doank... kualitas tuh oli jg jauh lebi cepet drop kan... kena expos embun atau udara dingin dari luar.. oksidasi dari uap udara, pembakaran ga sempurna krn jarang dipake jalan... dll..

imaly dan cmiiw..
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

Iya neh...itu sangsi nya ane krn kelamaan ngeden di dlm oil pan oli nya...pun mobil memang jarang dipanasi,,,dipanasin nya waktu dipakai jalan aja..sisa nya ya padam...
Selain dari sisi keekonomisan yang kurang dalam case saya..kira2 apa lagi yah yang perlu diperhatikan?(D*mn..stok oli nya masih banyak..uwkwkwkw)
Oom turbo nanti saya liat ke website nya apakah comply dgn acea b4, tapi ane pesimis soal nya api certification aja seperti nya gak ada...uwkwkwkw
Selain itu kalau diliat spek yg saya post..kira2 cukup baik ga ya oli ini?

Haiii oom bagorrrr

Thanks master2
Kent12
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Mar 05, 2013 13:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Kent12 »

gan, gw td ganti shell hx8 5w30, apa benar api servicenya masih sl/cf? bukanya ini baru launch tahun ini jd api servicenya sudah sn/cf? thx gan.. itu spesifikasi di botolnya, karena kondisi stikernya jelek jd sedikit curiga makanya ingin pastiin. thx suhu semua
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Kent12 wrote:gan, gw td ganti shell hx8 5w30, apa benar api servicenya masih sl/cf? bukanya ini baru launch tahun ini jd api servicenya sudah sn/cf? thx gan.. itu spesifikasi di botolnya, karena kondisi stikernya jelek jd sedikit curiga makanya ingin pastiin. thx suhu semua
Yg dijual di Indo mmg SL/CF dan MB 229.3
* Bukan ajakan Beli *
Kent12
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Mar 05, 2013 13:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Kent12 »

Turboman wrote:
Kent12 wrote:gan, gw td ganti shell hx8 5w30, apa benar api servicenya masih sl/cf? bukanya ini baru launch tahun ini jd api servicenya sudah sn/cf? thx gan.. itu spesifikasi di botolnya, karena kondisi stikernya jelek jd sedikit curiga makanya ingin pastiin. thx suhu semua
Yg dijual di Indo mmg SL/CF dan MB 229.3
thx om turbo.. pantesan ya bisa lebih murah jauh dari fastron gold.. hx8 cuma 102 rb per liter, fastron gold 137 rb..
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Turboman wrote:
Kent12 wrote:gan, gw td ganti shell hx8 5w30, apa benar api servicenya masih sl/cf? bukanya ini baru launch tahun ini jd api servicenya sudah sn/cf? thx gan.. itu spesifikasi di botolnya, karena kondisi stikernya jelek jd sedikit curiga makanya ingin pastiin. thx suhu semua
Yg dijual di Indo mmg SL/CF dan MB 229.3
Di botolnya tertulis untuk diesel dan bensin non filter partikulit apaan artinya om Turbo?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

Ntah mata ane nyang picek atau gimana...di website resmi mobil delvac, jenis delvac 1 5w40 itu standar CF, kok di kemasan nya CI....mgkn kemasan yang lebih bisa dipercaya kali ya....cmiiw
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MI16 wrote: Di botolnya tertulis untuk diesel dan bensin non filter partikulit apaan artinya om Turbo?
Ya buat Diesel standard Euro III or older yg cuman pake Katalik doang......heheheeh

Or std Euro IV awal yg non DPF

kalo yg udah pake DPF harus pake oli low SAPS yg std nya MB 229.31 atau .51
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ZombiEE wrote:Ntah mata ane nyang picek atau gimana...di website resmi mobil delvac, jenis delvac 1 5w40 itu standar CF, kok di kemasan nya CI....mgkn kemasan yang lebih bisa dipercaya kali ya....cmiiw
Liat ACEA dan MB LongLife spec nya aza..........Full Synth dgn ACEA E-4 dan MB 228.3 sih udah moooyyy banget dah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ZombiEE »

Turboman wrote:
ZombiEE wrote:Ntah mata ane nyang picek atau gimana...di website resmi mobil delvac, jenis delvac 1 5w40 itu standar CF, kok di kemasan nya CI....mgkn kemasan yang lebih bisa dipercaya kali ya....cmiiw
Liat ACEA dan MB LongLife spec nya aza..........Full Synth dgn ACEA E-4 dan MB 228.3 sih udah moooyyy banget dah
Besok2 coba liat lg kemasannya dah...
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by wenD »

Melanjutkan kegalauan dalam memilih oli...

Share disini skalian minta masukan yg lain biar tmbh galau :p

Setelah memilih oli,,, rencana mau beli amsoil OE 5w-30
Tapi,, karena menemukan thread ini
http://aceong.wordpress.com/2011/05/23/ ... /#comments
Disitu ada quoteny "If you are driving a car with Flat Tappet Camshafts, do not use the AMSOIL OE Series"

Menurut kalian gimana?
Alternatif oli lain apa ya?? Mau beli online aja ngestok sedus... Tapi yg cocok utk mesin flat tappetny avanza veloz yg 1500cc :)
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

wenD wrote:Melanjutkan kegalauan dalam memilih oli...

Share disini skalian minta masukan yg lain biar tmbh galau :p

Setelah memilih oli,,, rencana mau beli amsoil OE 5w-30
Tapi,, karena menemukan thread ini
http://aceong.wordpress.com/2011/05/23/ ... /#comments
Disitu ada quoteny "If you are driving a car with Flat Tappet Camshafts, do not use the AMSOIL OE Series"

Menurut kalian gimana?
Alternatif oli lain apa ya?? Mau beli online aja ngestok sedus... Tapi yg cocok utk mesin flat tappetny avanza veloz yg 1500cc :)
Menurut Suheng Turboman pakai Shell Ultra AB atau HX8 5w30 API SL di Bali ane dapet harga 90ribu per botol...
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Om turbo, kalo misalnya chart oli spek 5W-30 di buku manual cuma diijinkan sampe suhu 15 derajat Celcius boleh ga tetep nekat pake oli dgn spek itu di iklim tropis kyk indo gini??
Kalo 10W-40,10W-30,15W-40 diijinkan sampe 40 derajat celcius
Sekarang sih msh pake castrol magnatec 10W-40 pengen nyobain yg 5W-30 hehe..
Mobilnya nissan x-trail 2003 odo 47rb KM
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by wenD »

Dibali dptny lmyn murah ya... Harga resmi menurut wawancara dikoran 100rb/ltr
Sepertiny hx8 boleh nih d coba.... Full synt atau synt technology?
Shell ab susah cariny,,, hargany jg gila klo ketemu
Ad rekomen contact person?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Lihat web PQIA mengenai oli ini

Btw jika kadar antiwear total masuk 1000 ppm maka bisa utk flat tappet

Antiwear agent :
- ZDDP / Zinc
- Mo / Molybden
- Bo / Boron
- Ti / Titan

Ams OE ane lihat udah lebih dr 1000 ppm

Sila buka web PQIA dan lakukan analisa
wenD wrote:Melanjutkan kegalauan dalam memilih oli...

Share disini skalian minta masukan yg lain biar tmbh galau :p

Setelah memilih oli,,, rencana mau beli amsoil OE 5w-30
Tapi,, karena menemukan thread ini
http://aceong.wordpress.com/2011/05/23/ ... /#comments
Disitu ada quoteny "If you are driving a car with Flat Tappet Camshafts, do not use the AMSOIL OE Series"

Menurut kalian gimana?
Alternatif oli lain apa ya?? Mau beli online aja ngestok sedus... Tapi yg cocok utk mesin flat tappetny avanza veloz yg 1500cc :)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

10W-30 dan 5W-30 sama sama masuk dlm range SAE 30 pada suhu 100 deg C

Jika 10w30 diijinkan then so does 5W30

tapi berarti gunakan 5W30 yg Full Synth
Jambangan wrote:Om turbo, kalo misalnya chart oli spek 5W-30 di buku manual cuma diijinkan sampe suhu 15 derajat Celcius boleh ga tetep nekat pake oli dgn spek itu di iklim tropis kyk indo gini??
Kalo 10W-40,10W-30,15W-40 diijinkan sampe 40 derajat celcius
Sekarang sih msh pake castrol magnatec 10W-40 pengen nyobain yg 5W-30 hehe..
Mobilnya nissan x-trail 2003 odo 47rb KM
* Bukan ajakan Beli *
arjunamedan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jul 21, 2013 15:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by arjunamedan »

kok di produk prestone ada tulisan (dalam websitnya) prod additivenya yg sy liat

This item cannot be shipped to any US State, US Territory or US Military address.

apa sebab ya..? (kualitas ato hubungan dagang)

arjuna medan
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Jambangan »

Turboman wrote:10W-30 dan 5W-30 sama sama masuk dlm range SAE 30 pada suhu 100 deg C

Jika 10w30 diijinkan then so does 5W30

tapi berarti gunakan 5W30 yg Full Synth
Kalo kyk motul h-tech atau q8 formula special dah full synth ga ya om?? :thanks:
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by wenD »

Itu yg api SN ya...
Ada gk amsoil oe yg msh SM...
Barang murah, biasa cuci gudang dgn barang lama
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by hosea »

Rekan2,

Mau tanya sesuatu setelah hari ini servis pertama Subaru Impreza saya, km 900. Servisnya sendiri OK, tapi sempat terjadi perdebatan dgn kabag servisnya, gara2 nya saya bawa oli sendiri Shell Helix Ultra 5W-40. ternyata ada aturan baru dari Subaru harus pake oli yg dijual di BeRes, yang kebetulan hampir sama yaitu Shell helix Ultra 5W-30...jadi cuma beda angka belakang (VI) nya saja.
Saya ngotot pokoknya oli saya harus dipake, krn tidak ada pemberitahuan dari Subaru ttg hal ini. Akhirnya disetujui (tapi hanya utk kali ini saja).
Masalah berikutnya, saya bawa 5W-40 hanya 4 liter, ternyata mesin boxer pakai 5,2 liter, jadi kurang 1,2 liter, akhirnya dicampur dgn 5W-30. menurut BeResnya sih ga masalah....

pertanyaan saya : apakah tdk masalah 5W-30 dicampur 5W-40? asal mereknya sama?

Kemudian saya juga bilang bhw sesuai info2 yg saya dapat, utk kondisi tropis spt indo, sebetulnya lebih cocok 5W-40, bukan 5W-30..tapi kabag servisnya tdk bisa menjelaskan, pokoknya kebijakan dr Subaru pakai 5W-30 :mky_04: