Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

white_sportage
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Sep 16, 2012 5:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by white_sportage »

Menggunakan oli diesel di mesin bensin bagai pedang bermata dua, ada keuntungan dan kekurangannya.
Keuntungannya, kandungan detergen yang menjadi syarat penting di oli diesel memberikan dampak menguntungkan jika digunakan di mesin bensin.
Kekurangannya:
1. Kandungan ZDDP sebagai anti-wear agent akan menurunkan umur catalytic converter.
2. Kandungan detergent yang berbahan dasar logam pada oli diesel akan menimbulkan deposit abu yang berlebihan di exhaust chamber & exhaust valve.
3. Kandungan detergent yang tinggi akan mengurangi efektifitas ZDDP jika mobil digunakan untuk rute pendek (short trip) ataupun tidak mendapatkan perlakuan warm-up yang baik.
4. Kandungan detergent yang tinggi juga akan menurunkan tegangan permukaan oli sehingga menurunkan kekuatan lapisan film oli.
5. Viskositas oli mesin diesel umumnya lebih tinggi daripada oli bensin, sehingga untuk mesin-mesin bensin terbaru yang mensyaratkan oli sangat encer, sulit untuk mendapatkan oli diesel dengan SAE yang disyaratkan pabrik mobil tersebut.

Dari ke-5 kekurangan di atas, nomor 1 & 5 tidak berlaku jika digunakan pada mobil yang tidak memiliki CC & mensyaratkan oli SAE 15W40 ke atas.
Kekurangan nomor 4 bisa diatasi dengan menjaga agar putaran mesin tetap rendah layaknya mesin diesel. Hal ini lebih mudah dilakukan pada mobil bensin ber-cc 2000cc ke atas daripada yang ber-cc dibawahnya.
Kekurangan nomor 2 & 3 membuat saya mengambil kesimpulan bahwa oli diesel tidak direkomendasikan untuk digunakan pada mesin bensin selain untuk flushing.
Jika akan menggunakannya sebagai flushing, agar didapat hasil maksimal tanpa menimbulkan efek negatif, dilakukan dengan memanaskan mesin dengan baik dan dijalankan dengan putaran mesin konstan dalam rute cukup jauh (bukan stop & go).
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

Turboman wrote:
copper rod wrote: mazda5,km 32rb an...biasanya pk mobil1 s2000 dan fk rs 10-40..
emangnya knapa om?
Mesin mesin Mazda & Ford generasi baru yg Gasoline NA itu bukanya minta oli buntut 20 yah ?

Oke lah utk Indonesia bisa kasih 5W30 / 0W30 Full Synth, kalau pakai 10W40 dipastikan tarikan jadi berat.
di buku manual sih 10-40 msh termasuk om..kl misal pk 5-40 apa tarikan jg tetep berat?
kl 5-30 yg rekomen yg mana dan kisaran hrgnya brp om turbo?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

copper rod wrote: di buku manual sih 10-40 msh termasuk om..kl misal pk 5-40 apa tarikan jg tetep berat?
kl 5-30 yg rekomen yg mana dan kisaran hrgnya brp om turbo?
Ya, cuman kalo mau tarikan enak itu tekniknya : pilih oli dgn SAE terendah yg masih bisa cover ambient Temp sampai 30 - 40 deg C.

5W30 budgetnya mau yg harga brp per L nya ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

white_sportage wrote:Menggunakan oli diesel di mesin bensin bagai pedang bermata dua, ada keuntungan dan kekurangannya.
Keuntungannya, kandungan detergen yang menjadi syarat penting di oli diesel memberikan dampak menguntungkan jika digunakan di mesin bensin.
Kekurangannya:
1. Kandungan ZDDP sebagai anti-wear agent akan menurunkan umur catalytic converter.
2. Kandungan detergent yang berbahan dasar logam pada oli diesel akan menimbulkan deposit abu yang berlebihan di exhaust chamber & exhaust valve.
3. Kandungan detergent yang tinggi akan mengurangi efektifitas ZDDP jika mobil digunakan untuk rute pendek (short trip) ataupun tidak mendapatkan perlakuan warm-up yang baik.
4. Kandungan detergent yang tinggi juga akan menurunkan tegangan permukaan oli sehingga menurunkan kekuatan lapisan film oli.
5. Viskositas oli mesin diesel umumnya lebih tinggi daripada oli bensin, sehingga untuk mesin-mesin bensin terbaru yang mensyaratkan oli sangat encer, sulit untuk mendapatkan oli diesel dengan SAE yang disyaratkan pabrik mobil tersebut.
Ulasan yg bagus, oke sy tambahkan

Karena kandungan detergent oli Diesel tinggi (kadar Ca nya) maka kadar ZDDP nya juga tinggi, Oli Diesel API CI-4 / ACEA E-4 or backwards itu SAPS tinggi, ZDDP juga tinggi.

ZDDP tinggi berisiko membuat ash di ruang bakar yes, benar. Tapi dibanding resiko Cam aus ya tetap perlindungan cam yg lebih penting, utk mesin2 non Roller rocker.

Utk Viskositas sih sama aja, dilihat dari SAE nya saja. Oli Diesel 5W40 ya sama kentalnya dgn oli bensin 5W40

Utk di Indonesia oli Diesel heavy duty baru sampai 5W40 saja. Kalo Diesel yg minta 5W30 bisa pakai yg Full Synth dgn standard LongLife dr automakers yg sesuai.
* Bukan ajakan Beli *
n1r
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Sep 19, 2012 14:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by n1r »

Om Turbo,
Kira2 spec oli (produk Eva***e) seperti ini cocok ga buat mobil bensin matic:

SAE 5W-30 API SN/ILSAC GF-5

Specific Gravity @ 15 °C (60°F) 0.8495
 Flash Point, oC 230
 Pour Point, oC -36
 Color L 3.5
 Kinematic Viscosity @ 40°C, cSt 62.57
 Kinematic Viscosity @ 100°C, cSt 10.50
 Viscosity Index 158
 Total Base Number, mg KOH/g 8.82
 Noack Volatility, %wt 6.0

Dan dari spec-nya, kira2 pemakaian bisa sampai berapa km...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

n1r wrote:Om Turbo,
Kira2 spec oli (produk Eva***e) seperti ini cocok ga buat mobil bensin matic:

SAE 5W-30 API SN/ILSAC GF-5

Specific Gravity @ 15 °C (60°F) 0.8495
 Flash Point, oC 230
 Pour Point, oC -36
 Color L 3.5
 Kinematic Viscosity @ 40°C, cSt 62.57
 Kinematic Viscosity @ 100°C, cSt 10.50
 Viscosity Index 158
 Total Base Number, mg KOH/g 8.82
 Noack Volatility, %wt 6.0

Dan dari spec-nya, kira2 pemakaian bisa sampai berapa km...
Mestinya bisa 10.000 Km atau 8 bulan yg mana duluan, tapi tetap di atas 6000 Km cek per 1000 Km, fisik oli, kelicinan serta feels kinerja mesinnya.

Dgn catatan kondisi mesin prima, mesin std atau lightune aja

Utk mesin mobil apa ?
* Bukan ajakan Beli *
n1r
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Sep 19, 2012 14:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by n1r »

Turboman wrote:
n1r wrote:Om Turbo,
Kira2 spec oli (produk Eva***e) seperti ini cocok ga buat mobil bensin matic:

SAE 5W-30 API SN/ILSAC GF-5

Specific Gravity @ 15 °C (60°F) 0.8495
 Flash Point, oC 230
 Pour Point, oC -36
 Color L 3.5
 Kinematic Viscosity @ 40°C, cSt 62.57
 Kinematic Viscosity @ 100°C, cSt 10.50
 Viscosity Index 158
 Total Base Number, mg KOH/g 8.82
 Noack Volatility, %wt 6.0

Dan dari spec-nya, kira2 pemakaian bisa sampai berapa km...
Mestinya bisa 10.000 Km atau 8 bulan yg mana duluan, tapi tetap di atas 6000 Km cek per 1000 Km, fisik oli, kelicinan serta feels kinerja mesinnya.

Dgn catatan kondisi mesin prima, mesin std atau lightune aja

Utk mesin mobil apa ?
Kalo memang cocok ke mobil bensin, rencananya mo dipakai di ANPicanto matic.
Dibandingin dengan 5W-30 seperti Q8, TQ9000, atau Ca***ol gimana, om?
jasonbpwg
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Nov 01, 2012 13:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by jasonbpwg »

misi om mau tanya.
dibuku manual tulisannya begini:

Kualitas
ACEA A3/B3 atau A3/B4 atau API SM

Viskositas:
Hingga -25C dan lebih rendah : 0W-30, 0W-40
Hingga -25C : 5W-30, 5W-40
Hingga -20C : 10W-30, 10W-40

Kalo begitu cocoknya ganti oli dgn viskositas yg mana?
Kondisi mobil baru, mau ganti oli pertama kali.
Apa bisa pake castrol magna 10W-40 yg udah API SN? Oli ini bisa tahan sampai brp km sih? 10.000 Km bisa?
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

Turboman wrote:
copper rod wrote: di buku manual sih 10-40 msh termasuk om..kl misal pk 5-40 apa tarikan jg tetep berat?
kl 5-30 yg rekomen yg mana dan kisaran hrgnya brp om turbo?
Ya, cuman kalo mau tarikan enak itu tekniknya : pilih oli dgn SAE terendah yg masih bisa cover ambient Temp sampai 30 - 40 deg C.

5W30 budgetnya mau yg harga brp per L nya ?
skitar 115-125rb/lt...
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

Barusan ganti oli mesin D4D dari Shell Helix Ultra 5w-40 ke Motul CRDi 5w40.
Perasaan sih motul menang di kesenyapan mesin, kalo SHU 5W-40 menang di tarikan. Bedanya Ъķ terlalu jauh sih.
justweem
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Dec 06, 2012 12:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by justweem »

Permisi.. newbie numpang nanya..
Kalau untuk mesin flat tapped, better pilih yg mana ya?
- Agip Extra HTS 5w-40 (API SL / MB 229,3)
- Total Quartz 9000 5w-40 (API SM / MB 229,3)
- Motul H Tech 100 Plus 5w-30 (API SN / ILSAC GF-5)
- Total Quartz 9000 Future 5w-30 (API SN / ILSAC GF-5)
Krn didaerah saya pilihan oli encer yg API SL sangat terbatas, hanya oli-oli tersebut yg relatif gampang ditemui.
Mohon pencerahannya... :thanks:
Sandry
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Dec 02, 2012 9:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Sandry »

maaf newbie. kalo captiva fl recomennd oli nya apa aja ya? kalo ada yg buka lapak juga monggo di pm. makasih sebelumnya
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

oli merk apa jg rekomen buat captiva n mobil lain..yang penting asli gak masalah..tergantung mau kental ato encer n jg harga..cm enak sih pake kental 5 30..
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

Suhu2 terhormat mau nanya apakah ada hubunganya oli dapat membuat mesin ngelitik? Terima kasih..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

justweem wrote:Permisi.. newbie numpang nanya..
Kalau untuk mesin flat tapped, better pilih yg mana ya?
- Agip Extra HTS 5w-40 (API SL / MB 229,3)
- Total Quartz 9000 5w-40 (API SM / MB 229,3)
- Motul H Tech 100 Plus 5w-30 (API SN / ILSAC GF-5)
- Total Quartz 9000 Future 5w-30 (API SN / ILSAC GF-5)
Krn didaerah saya pilihan oli encer yg API SL sangat terbatas, hanya oli-oli tersebut yg relatif gampang ditemui.
Mohon pencerahannya... :thanks:
Prefer API SL or MB 229.3 or .5 or ACEA B3 / B4 or API CJ-4

Kalau API SN prefer yg non ILSAC
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Sandry wrote:maaf newbie. kalo captiva fl recomennd oli nya apa aja ya? kalo ada yg buka lapak juga monggo di pm. makasih sebelumnya
Yg 5W30

Utk yg Diesel di manual mintanya standard Dexos 2, tapi krn solar kita sulphur tinggi better pilih yg TBN nya di atas 9 alias 5W30 yg comply ke MB 229.3 / 229.5 ajah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

copper rod wrote: skitar 115-125rb/lt...
5W30 buat Gasoline di harga segitu banyak pilihan, mulai dari yg 5W30 API SN / ILSAC GF-5 (harga under cepek / L.) sampai kelas Shell Helix Ultra AB 5W30 Rp. 125 - 130 rb / L.

Q8 Formula Special (atau Super) 5W30 juga dapet, asal ada program bonus.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

jasonbpwg wrote:misi om mau tanya.
dibuku manual tulisannya begini:

Kualitas
ACEA A3/B3 atau A3/B4 atau API SM

Viskositas:
Hingga -25C dan lebih rendah : 0W-30, 0W-40
Hingga -25C : 5W-30, 5W-40
Hingga -20C : 10W-30, 10W-40

Kalo begitu cocoknya ganti oli dgn viskositas yg mana?
Kondisi mobil baru, mau ganti oli pertama kali.
Apa bisa pake castrol magna 10W-40 yg udah API SN? Oli ini bisa tahan sampai brp km sih? 10.000 Km bisa?
Lihat chart yg ada gambar panahnya, kalau mau enak pilih SAE terendah yang mana rentang panahnya sampai di atas 30 deg C atau sampai 40 deg C.

Ini utk mesin Bensin / Diesel ? flat tappet / roller rocker ?
* Bukan ajakan Beli *
jasonbpwg
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Nov 01, 2012 13:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by jasonbpwg »

om Turbo,

mobil ane chevy cruze, bensin 1800cc.
liat chart yg ada tanda panah dimana?
di buku ga ada tanda panah.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

jasonbpwg wrote:om Turbo,

mobil ane chevy cruze, bensin 1800cc.
liat chart yg ada tanda panah dimana?
di buku ga ada tanda panah.
Yg spt ini

Image

Tapi kalau dari keterangan anda, maka utk pemakaian di Jkt bisa pakai 5W30, krn di situ ada rekomen 10W-30 utk suhu panas, berarti bisa pakai 5W30 krn visc kinematic 10w30 dan 5W30 saat panas ya masih berada dalam range zona SAE 30
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

@om turbo...
mobil saya dari baru taun 94 selalu servis di beres bavaria n ganti oli ikutin indikator lampu instrumen cluster (10000km) setau saya menggunakan merk oli bavaria sendiri dgn harga mahal..nah ketika taun 2000 rejeki seret saya kebengkel spesialis bmw kemayoran kebetulan ganti packing cover head setelah dibuka tuh cover keliatan endapan seperti tanah merah n cukup tebal yang nempel di semacam plat kotak sbelum turun ke klep...sejak itu saya pindah ke fastron tapi ganti tiap 5000an..n gak ada lumpur lg..mungkin gantinya cepat x ya..setelah itu saya pindah oli ke merk sainz n pake selalu lewat 10000 kdg ampir 12000...sudah ampir5 taun saya pake oli ini...skrg udah ampir 3 taun blum ganti oli..n kebetulan kmrn2 ganti cover head dibuka sampe mekanik bilang mesin masih bersih benar...malah kalo saya pake ini mobil bisa gas itu paksa mentok abis merah rpm sampe mobil endut2an kalo ketemu kawan dijalan...makanya skrg saya gak pernah percaya oli merk mobil sendiri..lgpl dengar2 merk mobil jg kerjasama label doang..
nah pertanyaan saya ko itu oli beres bisa sampe berlumpur itu knp ya?trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

kompresorz wrote:@om turbo...
mobil saya dari baru taun 94 selalu servis di beres bavaria n ganti oli ikutin indikator lampu instrumen cluster (10000km) setau saya menggunakan merk oli bavaria sendiri dgn harga mahal..nah ketika taun 2000 rejeki seret saya kebengkel spesialis bmw kemayoran kebetulan ganti packing cover head setelah dibuka tuh cover keliatan endapan seperti tanah merah n cukup tebal yang nempel di semacam plat kotak sbelum turun ke klep...sejak itu saya pindah ke fastron tapi ganti tiap 5000an..n gak ada lumpur lg..mungkin gantinya cepat x ya..setelah itu saya pindah oli ke merk sainz n pake selalu lewat 10000 kdg ampir 12000...sudah ampir5 taun saya pake oli ini...skrg udah ampir 3 taun blum ganti oli..n kebetulan kmrn2 ganti cover head dibuka sampe mekanik bilang mesin masih bersih benar...malah kalo saya pake ini mobil bisa gas itu paksa mentok abis merah rpm sampe mobil endut2an kalo ketemu kawan dijalan...makanya skrg saya gak pernah percaya oli merk mobil sendiri..lgpl dengar2 merk mobil jg kerjasama label doang..
nah pertanyaan saya ko itu oli beres bisa sampe berlumpur itu knp ya?trims
2 faktor :
1. zaman dulu kadar sulphur bensin masih tinggi
2. Oli zaman skg zat detergentnya lebih tinggi

ditambah lagi ada bbrp jenis mesin M50 / M52 yg mmg cenderung suka timbul sludge.

tapi kalau mesin buatan tahun 94 jangan dikasih oli API SM ya, mesti kasih maksimal SL or backwards atau yg comply ke MB 229.3 / .5 / BMW LL-01 atau LL-98

Kenapa ?

soal ZDDP nya
* Bukan ajakan Beli *
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

@turboman: oli 5-30 yg api SN hrg dibwh 100rb/lt apaan ya,cr2 kok ndak nemu ya dan apakah oli ini semi syn atau full syn?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

oo gitu...arus sl ya..pdhl udah mau lirik fastron gold spek SN..
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by fur10usx »

Turboman wrote:
kompresorz wrote:@om turbo...
mobil saya dari baru taun 94 selalu servis di beres bavaria n ganti oli ikutin indikator lampu instrumen cluster (10000km) setau saya menggunakan merk oli bavaria sendiri dgn harga mahal..nah ketika taun 2000 rejeki seret saya kebengkel spesialis bmw kemayoran kebetulan ganti packing cover head setelah dibuka tuh cover keliatan endapan seperti tanah merah n cukup tebal yang nempel di semacam plat kotak sbelum turun ke klep...sejak itu saya pindah ke fastron tapi ganti tiap 5000an..n gak ada lumpur lg..mungkin gantinya cepat x ya..setelah itu saya pindah oli ke merk sainz n pake selalu lewat 10000 kdg ampir 12000...sudah ampir5 taun saya pake oli ini...skrg udah ampir 3 taun blum ganti oli..n kebetulan kmrn2 ganti cover head dibuka sampe mekanik bilang mesin masih bersih benar...malah kalo saya pake ini mobil bisa gas itu paksa mentok abis merah rpm sampe mobil endut2an kalo ketemu kawan dijalan...makanya skrg saya gak pernah percaya oli merk mobil sendiri..lgpl dengar2 merk mobil jg kerjasama label doang..
nah pertanyaan saya ko itu oli beres bisa sampe berlumpur itu knp ya?trims
2 faktor :
1. zaman dulu kadar sulphur bensin masih tinggi
2. Oli zaman skg zat detergentnya lebih tinggi

ditambah lagi ada bbrp jenis mesin M50 / M52 yg mmg cenderung suka timbul sludge.

tapi kalau mesin buatan tahun 94 jangan dikasih oli API SM ya, mesti kasih maksimal SL or backwards atau yg comply ke MB 229.3 / .5 / BMW LL-01 atau LL-98

Kenapa ?

soal ZDDP nya
efek nya apa emg om soal kadar ZDDP nya buat ke mobil nya?