Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

low saps itu katanya utk proteksi catalyc converter yg 3 way tp mnurut forum2 luar, low saps jg kurang cocok utk mobil tua yg masi flat tappet cam...

nahh karena mesin lipina ane yg masi teknologi jadul alias masi flat tappet... terpaksa oli2 low saps musti ane eliminate... gt om...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MI16 »

SAPS itu apaan ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MI16 wrote:SAPS itu apaan ya?
Sulphate Ash Phosporous sulphur

Berkorelasi dgn zat detergent
* Bukan ajakan Beli *
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by yaseinotulip »

Kmrn di toda liat2 Oli 5-30W ada royal purple harganya 210 rebu / liter. spesialnya dimana ya harganya sampe mahal gitu?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by kompresorz »

hahaha..kalo untuk mobil spek sport mungkin baru berasa spesial pak...krn oli mahal n mobil mahal jadi yang punya mobil merasa yakin mesinnya tambah awet n kencang..hahaha
adrielhw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 21, 2012 13:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by adrielhw »

mau tanya nih..
innova ane diesel 2012 baru bli, kmrn baru service rutin 1000 d beres..
nah oli nya khan ga d ganti..
mustinya di ganti ga ya?
diesel at enaknya pake oli apa ya?
shell hx7 10w-40
motul sae 15w-40
bagusan mana ya untuk innova ane? spy tarikan enteng n wuz2..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

adrielhw wrote:mau tanya nih..
innova ane diesel 2012 baru bli, kmrn baru service rutin 1000 d beres..
nah oli nya khan ga d ganti..
mustinya di ganti ga ya?
diesel at enaknya pake oli apa ya?
shell hx7 10w-40
motul sae 15w-40
bagusan mana ya untuk innova ane? spy tarikan enteng n wuz2..
kalo masi 1000 Km sih ane pribadi lebih prefer oli mineral based, tapi kalau memang sudah mau pakai yg semi synth juga oke aja sii

Motul Tekma 15W-40 vs HX7 Diesel / API SN 10W40 ? HX7 of course.............mau pakai yg HX7 Dsl atau yg API SN boleh :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
adrielhw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 21, 2012 13:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by adrielhw »

Turboman wrote:
adrielhw wrote:mau tanya nih..
innova ane diesel 2012 baru bli, kmrn baru service rutin 1000 d beres..
nah oli nya khan ga d ganti..
mustinya di ganti ga ya?
diesel at enaknya pake oli apa ya?
shell hx7 10w-40
motul sae 15w-40
bagusan mana ya untuk innova ane? spy tarikan enteng n wuz2..
kalo masi 1000 Km sih ane pribadi lebih prefer oli mineral based, tapi kalau memang sudah mau pakai yg semi synth juga oke aja sii

Motul Tekma 15W-40 vs HX7 Diesel / API SN 10W40 ? HX7 of course.............mau pakai yg HX7 Dsl atau yg API SN boleh :mrgreen:
bedanya oli mineral n semi synth apa ya?
semesti nya udah pake semi synth dari nasmoco ya? soalnya kmrn service berkala 1000km oi ga di ganti, d berikutnya 10rb km, tp ane mau ganti pas 5rb.. untuk oli yg apa ya?
motul tekma 15w-40 dah bagus ya ?
dibandingkan sama shell biru hx7 diesel bagus mana ya?
klo API SN 10W40 maksudnya gimana ya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

adrielhw wrote: motul tekma 15w-40 dah bagus ya ?
dibandingkan sama shell biru hx7 diesel bagus mana ya?
klo API SN 10W40 maksudnya gimana ya ?
Ya pasti enakan pakai 10W40 semi synth Diesel lah drpd 15W40 mineral

HX7 API SN itu comply ke ACEA B4 / MB 229.3 jadi bisa dipakai utk passenger diesel engine.

Utk Diesel mau pakai HX7 Diesel / HX7 API SN boleh, kalo dulu yg HX7 doank gak rekomen tuk Diesel.

OLi Ipah bawaan pabrik : oli mineral dgn kualitas pas2-an, kalao sy sih ganti secepat mungkin, kecuali oli Matic ya (kalo Ipah-nya matic)

Oli mineral based, oli semi synthetic : google aja, byk artikel terkait
* Bukan ajakan Beli *
adrielhw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 21, 2012 13:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by adrielhw »

Turboman wrote:
adrielhw wrote: motul tekma 15w-40 dah bagus ya ?
dibandingkan sama shell biru hx7 diesel bagus mana ya?
klo API SN 10W40 maksudnya gimana ya ?
Ya pasti enakan pakai 10W40 semi synth Diesel lah drpd 15W40 mineral

HX7 API SN itu comply ke ACEA B4 / MB 229.3 jadi bisa dipakai utk passenger diesel engine.

Utk Diesel mau pakai HX7 Diesel / HX7 API SN boleh, kalo dulu yg HX7 doank gak rekomen tuk Diesel.

OLi Ipah bawaan pabrik : oli mineral dgn kualitas pas2-an, kalao sy sih ganti secepat mungkin, kecuali oli Matic ya (kalo Ipah-nya matic)

Oli mineral based, oli semi synthetic : google aja, byk artikel terkait
ok2 thanks infonya.. jd klo ganti motul tekma dah bagus ya gan buat innvah diesel?
oo hx7 skrg ada yang baru ya API SN? itu untuk diesel jg?
jadi sarannya pake motul attau hx7 diesel gpp ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

adrielhw wrote: ok2 thanks infonya.. jd klo ganti motul tekma dah bagus ya gan buat innvah diesel?
oo hx7 skrg ada yang baru ya API SN? itu untuk diesel jg?
jadi sarannya pake motul attau hx7 diesel gpp ya?
gini ya, Motul Tekma 15W40 sama HX7 Diesel itu udah beda kelas, yg 1 mineral based, satunya semi synthetic, SAE nya pun beda. Yg SAE lebih kecil angkanya ya biasanya tarikan lebih enak.

nah anda maunya gimana dan budgetnya brp nihh ??

Kalo saya pribadi sih sampai dgn 5000 Km sy pilih yg mineral, selepas 5000 Km baru pakai semi or full synth.

tapi kalau anda dr 1000 Km mau pakai yg semi synth juga monggo.
* Bukan ajakan Beli *
adrielhw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 21, 2012 13:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by adrielhw »

Turboman wrote:
adrielhw wrote: ok2 thanks infonya.. jd klo ganti motul tekma dah bagus ya gan buat innvah diesel?
oo hx7 skrg ada yang baru ya API SN? itu untuk diesel jg?
jadi sarannya pake motul attau hx7 diesel gpp ya?
gini ya, Motul Tekma 15W40 sama HX7 Diesel itu udah beda kelas, yg 1 mineral based, satunya semi synthetic, SAE nya pun beda. Yg SAE lebih kecil angkanya ya biasanya tarikan lebih enak.

nah anda maunya gimana dan budgetnya brp nihh ??

Kalo saya pribadi sih sampai dgn 5000 Km sy pilih yg mineral, selepas 5000 Km baru pakai semi or full synth.

tapi kalau anda dr 1000 Km mau pakai yg semi synth juga monggo.
ooo jadi mineral based tu hx7? klo motul tekma semi synchetic.. bener ga?
skrg posisi 1000an, jd lebih baek skrg ganti mineral dl baru ganti semi ya.. klo lsg semi ga masalah ya?
thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

adrielhw wrote: ooo jadi mineral based tu hx7? klo motul tekma semi synchetic.. bener ga?
Tebalik
* Bukan ajakan Beli *
adrielhw
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 21, 2012 13:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by adrielhw »

Turboman wrote:
adrielhw wrote: ooo jadi mineral based tu hx7? klo motul tekma semi synchetic.. bener ga?
Tebalik
ooo saya mengerti.. thanks atas pencerahannya..
jd intinya hx7 diesel 10w-40 lebih semi syn ya, klo motul tekma 15w-40 mineral ya..
lebih bagus hx7 diesel walaupun jenis olie tekma sdh CI klo ga salah, maksudnya lebih tinggi dari pada hx7 diesel..
klo hx7 new api SN itu bisa d masukkan engine diesel.. kok baru ngerti saya ya. setau saya bensin n diesel dibedakan..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

adrielhw wrote: klo hx7 new api SN itu bisa d masukkan engine diesel.. kok baru ngerti saya ya. setau saya bensin n diesel dibedakan..
Bedanya cuman di kadar SAPS, TBN & antiwear agent, dimana umumnya Oli Diesel lebih tinggi utk 3 hal tsb.

Oli Diesel sendiri dibagi dalam 2 golongan besar, Heavy Duty Diesel ACEA E series, Light Duty Diesel ACEA B series, nah ACEA B series ini spec-nya mirip dengan oli mesin bensin generasi API SL or older, hanya saja TBN nya lebih tinggi sedikit.

HX7 API SN comply ke ACEA B4 dan MB 229.3 yang mana berarti bisa digunakan utk Light Duty Diesel.

Kalo std LongLife Mercedes dan BMW itu berlaku utk mesin bensin dan Diesel penumpangnya.
* Bukan ajakan Beli *
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

om turbo tanya dong:
bedanya 5-40 dgn 5-30 apa ya,overall mending pk yg mana ?
td liat total 9000 5-40 full syn 360rb/gl,fk freshing 5-30 450rb..tp ktnya fk freshing msh semi syn bener gak ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

copper rod wrote:om turbo tanya dong:
bedanya 5-40 dgn 5-30 apa ya,overall mending pk yg mana ?
td liat total 9000 5-40 full syn 360rb/gl,fk freshing 5-30 450rb..tp ktnya fk freshing msh semi syn bener gak ya?
Kalo boleh tahu utk mesin mobil apa ? Mesinnya udah jalan brp puluh ribu Km dan selama ini pakai oli apa ?
* Bukan ajakan Beli *
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by dimasapri »

Turboman wrote:
adrielhw wrote: klo hx7 new api SN itu bisa d masukkan engine diesel.. kok baru ngerti saya ya. setau saya bensin n diesel dibedakan..
Bedanya cuman di kadar SAPS, TBN & antiwear agent, dimana umumnya Oli Diesel lebih tinggi utk 3 hal tsb.

Oli Diesel sendiri dibagi dalam 2 golongan besar, Heavy Duty Diesel ACEA E series, Light Duty Diesel ACEA B series, nah ACEA B series ini spec-nya mirip dengan oli mesin bensin generasi API SL or older, hanya saja TBN nya lebih tinggi sedikit.

HX7 API SN comply ke ACEA B4 dan MB 229.3 yang mana berarti bisa digunakan utk Light Duty Diesel.

Kalo std LongLife Mercedes dan BMW itu berlaku utk mesin bensin dan Diesel penumpangnya.
Pak Turbo, saya tertarik nyobain olie diesel untuk bersihin sludge & gum di dalam mesin.
Walaupun lebih mahal dari engine flush tapi tidak mengandung kerosene, pastinya lebih aman.
Pertimbangannya, saat di-drain pasti masih ninggalin oli lama baik itu oli diesel maupun oli gasoline yang diberi kerosene.
Kalau disuruh milih, saya prefer ke oli diesel daripada sisa-sisa kerosene di dalam mesin.
Saya rencana mau pakai oli Meditran SX 15W 40 API CI-4.
Aman gak buat mobil bensin?
Trus pemakaiannya berapa lama / berapa km sebelum di-drain dan ganti oli bensin yang baru?
Sebenarnya kalau pakai oli diesel di mesin bensin efek positif & negatifnya apa saja?
Kalau seterusnya pakai oli diesel di mesin bensin boleh gak ya?

Ini spec. Meditran SX 15W 40 API CI-4 yang saya catat dari website Pertamina:
Meditran SX API CI-4
API CI-4/CH-4/CG-4/CF-4/SL/SJ, DHD-1,
ACEA E5/E3/B4/B3/A3-02, ACEA E7/A3/B3/B4-04, MB228.3/229.1, MAN3275/271, VOLVO VDS-3, Mack EOM Plus, Cummis 20071/72/76, MTU Category 2, Japanese Engines TD25&4D34T4, JASO DH-1 (Capable).
Viscosity Kinematic, at 40 oC, cSt = 102.30, at 100 oC, cSt = 14.23
Viscosity Index = 142
Flash Point (COC), oC = 220
Pour Point, oC = -30
Total Base Number (TBN), mg KOH/g. = 11.84
Apparent Viscosity at -20 ºC, cps = 5000
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

Turboman wrote:
copper rod wrote:om turbo tanya dong:
bedanya 5-40 dgn 5-30 apa ya,overall mending pk yg mana ?
td liat total 9000 5-40 full syn 360rb/gl,fk freshing 5-30 450rb..tp ktnya fk freshing msh semi syn bener gak ya?
Kalo boleh tahu utk mesin mobil apa ? Mesinnya udah jalan brp puluh ribu Km dan selama ini pakai oli apa ?
mazda5,km 32rb an...biasanya pk mobil1 s2000 dan fk rs 10-40..
emangnya knapa om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

copper rod wrote: mazda5,km 32rb an...biasanya pk mobil1 s2000 dan fk rs 10-40..
emangnya knapa om?
Mesin mesin Mazda & Ford generasi baru yg Gasoline NA itu bukanya minta oli buntut 20 yah ?

Oke lah utk Indonesia bisa kasih 5W30 / 0W30 Full Synth, kalau pakai 10W40 dipastikan tarikan jadi berat.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by nugroho bagor »

Turboman wrote:
copper rod wrote: mazda5,km 32rb an...biasanya pk mobil1 s2000 dan fk rs 10-40..
emangnya knapa om?
Mesin mesin Mazda & Ford generasi baru yg Gasoline NA itu bukanya minta oli buntut 20 yah ?

Oke lah utk Indonesia bisa kasih 5W30 / 0W30 Full Synth, kalau pakai 10W40 dipastikan tarikan jadi berat.
Wah kalo sesepuh sudah memastikan, pupuk bawang pasti nurut
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ilhami »

Saya baca di internet tentang menggunakan oli diesel di mesin bensin :
- oli diesel mengandung lebih banyak ZDDP dan phosporus, baik untuk mesin, tapi tidak baik untuk catalytic converter.
- oli diesel lebih kental dari oli mesin bensin. Jadi mesinnya akan lebih berat dan lebih panas.
- aditif deterjen di oli diesel akan membersihkan deposit di dinding silinder, sehingga mengakibatkan kompresi bocor.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:Saya baca di internet tentang menggunakan oli diesel di mesin bensin :
- oli diesel mengandung lebih banyak ZDDP dan phosporus, baik untuk mesin, tapi tidak baik untuk catalytic converter.
- oli diesel lebih kental dari oli mesin bensin. Jadi mesinnya akan lebih berat dan lebih panas.
- aditif deterjen di oli diesel akan membersihkan deposit di dinding silinder, sehingga mengakibatkan kompresi bocor.
Per Liner ya

1. Ya betul ZDDP kontradiktif dgn Exhaust aftertreatment, tapi ini utk standard Euro V ke atas, makanya skg ZDDP mulai dikurangi dan digantikan dgn bahan lain spt Borate / Moly / liquid Titanium.

2. Bukankah kekentalan itu mengacu kpd SAE nya ya ? Di Eropa sana oli Diesel Heavy Duty skg udah banyak yg SAE 5W30 dan bahkan ada yg 0W30. Mo oli bensin or Diesel ya selama SAE nya sama ya sama aja kentalnya / masuk range viscosity kinematic SAE buntut.

3. Itu hanya berlaku utk mesin tua yg udah pada aus.
* Bukan ajakan Beli *
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by ilhami »

Poin nomor 2, misalnya oli diesel pertamina baru sampai 15W-40. Sementara oli bensin sudah sampai 10W-30.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

ilhami wrote:Poin nomor 2, misalnya oli diesel pertamina baru sampai 15W-40. Sementara oli bensin sudah sampai 10W-30.
Oli Diesel 15W40 sama aja kentalnya spt oli 15W40 tuk bensin

Oli Diesel di Indo sudah sampai 5W40 (Mobil Delvac 1), yg 5W30 memang belum masuk, tapi buat Passenger Diesel bisa pakai oli Full Synth yg comply ke std MB 229.5 dimana ada bbrp oli 5W30 yg masuk std MB 229.5
* Bukan ajakan Beli *