SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 30 Jul 2014, 18:06

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 26 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 11:47 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
Mas2 para senior & mechanic,
Radiator sedan ku sering bocor, padahal gak pernah over heating, suhu normal, sensor suhu bekerja normal (udah tak test), fan juga normal (kalo mesin panas hidup).

Sering bocornya jika aq pake AC dan 2-3 kali dibuat perjalanan diatas 40km tanpa berhenti. Kalo gak pake AC, meski aq jalan 200km tanpa berhenti ya gak bocor.

Kondisi jika AC nyala ialah Extra Fan nyala continue, sedangkan Fan Radiator nyala hanya jika suhu mesin mulai bergerak diatas level yg di set ICU.

Contoh kasus kemaren, setelah bocor aku masukin bengkel radiator, dibersihin dalem-nya (mungkin ada sumbatan dll) dan di solder lagi. Tapi setelah 3-4 bbrp kali aq pake AC dg jarak 40km tanpa berhenti lalu mulai lagi deh netes coolant-nya.

Coolant di bak penampungan tidak pernah bertambah jika aq cek saat mesin panas baru dipake jalan jauh, yg ada malah berkurang terus. Pada kondisi sebelum bocorpun coolant terus berkurang, tapi sedikit, jadi suspect ku adalah sbb:

"Saat mesin masih dingin, dia nyedot air coolant di bak penampungan, tapi saat mesin panas, tekanan di radiator meningkat, harusnya air di radiator sebagian dikembalikan ke bak penampungan melalui klep di tutup radiator. Tapi karena ada problem di tutup kepala radiator shg klep tsb tdk terbuka shg tekanan di radiator terus meningkat shg sambungan solder pipa radiator bagian atas atau bawah jebol"

Benarkah demikian yg terjadi? Kalo benar, apa penyebab klep tutup radiator tdk terbuka? padahal sudah saya ganti dg yg baru, ada kode-nya 0,9.

FYI, pipa head radiator sebelah atas dan bawah sudah aq ganti yg kuningan, krn yg aslinya (fiber) udah jebol juga. Bisa gak ya beli pipa head nya aja (yg fiber) dan bisa gak masangnya?

Saya tunggu bantuannya ya, thx a lot mas bro semua... :)


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 12:55 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Posts: 1965
Location: Indonesia
kalau radiator udah sering2 bocor mending diganti baru sekalian , tapi ikut juga sekalian termostat,water temp sensor sama airnya

_________________
Google search Engine


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 14:12 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
Mahal bos soalnya kalo punya mobilku ini


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 14:25 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
ini mobilnya apa pak?
kadang2 kita ga sadar kalo fan radiator itu sudah lemah... coba cek lagi. Meskipun muter tapi berapa kencang putaran nya?
yang lain adalah putaran air di radiator menuju mesin dan balik lagi ke radiator, apakah lancar? jika tidak lancar artinya ada yg tersumbat...atau tertahan.

air di reservoir berkurang itu kalo habis dan tidak kembali, sebenernya bukan terhisap ke radiator, melainkan karena radiator terlalu panas menyebabkan air di reservoir malah terbuang di saluran pembuangan. Penyebab radiator terlalu panas bisa bermacam2... antara lain sensor2 (biasanya ada bbrapa) yg sudah error (perhatikan jenis nya, ada di berapa derajat sensor itu bekerja), water pump yg lemah, tutup radiator yg sudah longgar, fan radiator yg sudah lemah dan termostat.
meskipun radiator sudah diservis, tidak ada salahnya utk diliat lagi...bisa saja kemungkinan radiator masih bermasalah, atau pengerjaan nya kurang sempurna...

_________________
Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 14:35 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9209
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
menurut saya kemungkinan suspect di tutup radiator, karena klep yg ga bisa terbuka sempurna mengakibatkan tekanan berlebih sehingga ekses pembuangan malah membuat radiatot bocor. dulu jg sempat kejadian saa saya seperti ini, setelah diganti tutup radiato masalah selesai :D

coba aja ganti dulu yg original, jangan yg kw yah

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 16:22 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12820
Location: in your heart
maaf, dijawab dengan pertanyaan...
bocor ini karena ada yang netes. tahu lokasi netesnya di mana?
bocor, berarti air radiator (pake coolant) berkurang. yang berkurang apakah yang di radiator atau di tabung cadangan?
tempratur mesin gimana?
mobilnya apa? lokasi di mana?

pada saat jalan 200km tanpa AC, gimana dengan udara sekitar, apakah panas atau tidak?

ini dulu deh...

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 17:39 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Yoi, saya sepaham dengan Maskopat. Mohon dijawab pertanyaan Kopat di atas.

Ditambah lagi, netesnya dari botol air cadangan atau dari radiator?

Apakah menetesnya beberapa menit setelah mesin dimatikan?

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 21:05 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 12 Nov 2008, 23:57
Posts: 611
Location: tangerang <-> jakarta
ikutan nanya :mrgreen:
bisakah fan elektrik radiator itu di servis?
misalnya, putarannya udah lemah

_________________
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 21:19 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Bisa, bung Scorpio. Cuma ada batasnya sih. Kumparan atau bushing biasanya bisa diperbaiki.

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 21:56 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
maskopat wrote:
maaf, dijawab dengan pertanyaan...
bocor ini karena ada yang netes. tahu lokasi netesnya di mana?
bocor, berarti air radiator (pake coolant) berkurang. yang berkurang apakah yang di radiator atau di tabung cadangan?
tempratur mesin gimana?
mobilnya apa? lokasi di mana?

pada saat jalan 200km tanpa AC, gimana dengan udara sekitar, apakah panas atau tidak?

ini dulu deh...


Jawab ya:
- Netesnya dari radiator, bocornya antara blok radiator dan pipa head-nya yg bagian bawah, di sambungan/solderan antara pipa head bawah dg badan/kisi2 radiator.
- Pada saat belum bocor air coolant-nya juga berkurang di wadah penampungan jika dipake ke luar kota.
- Setelah bocor jelas tambah berkurang juga di wadah penampungannya. Wadah penampungan dan selang2 radiator gak ada yg bocor.
- Nah, itu yg saya heran, spt yg sudah saya sampaikan di atas bahwa temperatur mesin normal, gak pernah ada over heat meskipun sebentar, extra fan AC selalu hidup jika AC hidup, fan radiator hidup jika mesin sampai pada suhu yg ditetapkan oleh ICU (hanya menjaga spy gak overheat, jadi gak hidup terus).
- Toyota Corona 2000cc Injection th.1990, lokasi di Malang.
- Saya jalan biasanya dari Situbondo-Malang or sebaliknya (jarak 200km), udara biasa2 aja, kadang panas, mendung or hujan. Pagi, siang or sore. Udara gak sampai panas extrim. Yg jelas kalo udara panas shg fan gak mampu mendinginkan radiator, maka sensor suhu akan menunjukkan overheating, tp ini tidak, padahal sensor suhu saya yakin normal. Pernah saya test dg melepas kabel fan lalu saya gas terus, indikator suhu naik di atas normal (overheating), berarti kan sensor suhu bekerja dg baik.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 21:58 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
scorpio wrote:
ikutan nanya :mrgreen:
bisakah fan elektrik radiator itu di servis?
misalnya, putarannya udah lemah


Apa perlu ya mas, sbb mesinnya gak pernah over heating, artinya fan-nya kan masih mampu mendinginkan mesin?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 22:09 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
poeticmind wrote:
ini mobilnya apa pak? (Toyota Corona 2000cc th.90 injection)
kadang2 kita ga sadar kalo fan radiator itu sudah lemah... coba cek lagi. Meskipun muter tapi berapa kencang putaran nya? (anginnya fan cukup kenceng pak, selain itu indikator suhu tdk pernah overheat, berarti fan masih mampu mendinginkan mesin kan?)
yang lain adalah putaran air di radiator menuju mesin dan balik lagi ke radiator, apakah lancar? (kondisi dingin saya hidupin mesin saya buka tutup pipa head radiator, aliran air lancar pak) jika tidak lancar artinya ada yg tersumbat...atau tertahan.

air di reservoir berkurang itu kalo habis dan tidak kembali, sebenernya bukan terhisap ke radiator, melainkan karena radiator terlalu panas menyebabkan air di reservoir malah terbuang di saluran pembuangan (Yg ini bingung saya mas, radiator kan gak punya saluran pembuangan mas, saluran pembuangannya ya reservoir itu, jd kalo radiator terlalu panas harusnya kan dibuang ke resevoir, jd harusnya air di reservoir bertambah kalo mesin panas). Penyebab radiator terlalu panas bisa bermacam2... antara lain sensor2 (biasanya ada bbrapa) yg sudah error (perhatikan jenis nya, ada di berapa derajat sensor itu bekerja) (sensor masih baik pak, sudah saya test spt postingan saya di atas), water pump yg lemah (gak over heating kok, berarti water pump gak problem kan?), tutup radiator yg sudah longgar (tutup dibelikan baru original Toyota Denso dan tdk longgar), fan radiator yg sudah lemah dan termostat (tdk ada overheating, termostat dilepas dan dipasang hasilnya sama, tetep bikin bocor radiator)
meskipun radiator sudah diservis, tidak ada salahnya utk diliat lagi...bisa saja kemungkinan radiator masih bermasalah, atau pengerjaan nya kurang sempurna...(kejadian ini udah 4x bocor dan 4x dibenerin pak)


- Toyota Corona 2000cc th.90 injection mas.
-


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 22:10 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
Mas poeticmind, udah tak jawab di dalam tanda kurung ya...thx...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jan 2012, 22:19 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Ini yang saya tangkap, masalahnya airnya sering berkurang ya bos. Temperatur normal.

Pertanyaan lagi bos (jangan bosan ya), kalau temperatur mesin udah naik, selang air masuk radiator dan selang air keluar dua2nya kalau dipegang hangat khan? Kalau satu selang dingin, artinya termostatnya buntu.

Perkiraan saya sistem air ke botol ekspansi (botol air cadangan) nggak beres. Cirinya, setelah mesin mencapai temperatur operasi (kipas menyala) air dari botol tidak berkurang. Tapi setelah dimatikan, dalam beberapa menit air akan mengucur deras ke botol ekspansi dan luber. Akibatnya air dalam radiator akan berkurang lebih dari 1/2 liter

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 09:00 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
asudarsono wrote:
Ini yang saya tangkap, masalahnya airnya sering berkurang ya bos. Temperatur normal. (=>Yup, air di reservoir sering berkurang sedikit2 tapi gak ada kebocoran. Setelah 1 - 2 minggu baru deh bocor. Temperatur normal gak pernah overheat, sensor suhu bekerja dg baik)

Pertanyaan lagi bos (jangan bosan ya), kalau temperatur mesin udah naik, selang air masuk radiator dan selang air keluar dua2nya kalau dipegang hangat khan? Kalau satu selang dingin, artinya termostatnya buntu. (=> Yup, hangat semua, kebocoran terjadi sebelum dan sesudah dipasang thermostat, jada saya tdk menganggap problemnya ada di thermostat)

Perkiraan saya sistem air ke botol ekspansi (botol air cadangan) nggak beres. Cirinya, setelah mesin mencapai temperatur operasi (kipas menyala) air dari botol tidak berkurang. Tapi setelah dimatikan, dalam beberapa menit air akan mengucur deras ke botol ekspansi dan luber. Akibatnya air dalam radiator akan berkurang lebih dari 1/2 liter (=>Sepertinya gak begitu bos, sbb yg disini terjadi kebalikannya. Saat suhu mesin panas, air di reservoir berkurang, tapi setelah mesin dingin, gak ada air yg dikembalikan ke reservoir shg air di reservoir semakin lama semakin sedikit)


Udah aq jawab di dlm kurung ya bos, thx bos...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 09:12 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
doq wrote:
menurut saya kemungkinan suspect di tutup radiator, karena klep yg ga bisa terbuka sempurna mengakibatkan tekanan berlebih sehingga ekses pembuangan malah membuat radiatot bocor. dulu jg sempat kejadian saa saya seperti ini, setelah diganti tutup radiato masalah selesai :D

coba aja ganti dulu yg original, jangan yg kw yah


Udah saya ganti dg yg baru & original mas, tapi tetep sama problemnya. Hal ini terjadi setelah saya mengganti pipa head radiator atas (yg ada tempat tutup-nya, kemungkinan leher tutup-nya terlalu pendek shg saat di tutup, pegas tutup radiator sudah rapat/gak ada celah, shg jika ada tekanan berlebih, klep tutup radiator gak bisa membuka utk mengalirkan air ke reservoir krn gak ada celah diantara pegasnya.

Tapi saya bingung cara mengatasi hal ini, kalo ganti tutup radiator jelas gak menyelesaikan masalah krn dimensinya sama. Kalo ganti pipa head-nya lagi yg dari kuningan, pastinya akan sama aja tinggi leher penutup-nya. Kalo ganti pipa head yg ori kyk-nya gak ada dan gak bisa, kyk-nya harus beli 1 set dg badan/kisi2 radiatornya sekalian dan mahal banget (bisa 3jt-an lebih) krn ini mobil lama & dan jumlah-nya sedikit dibanding Corolla dll.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 10:21 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Posts: 1965
Location: Indonesia
TFK wrote:
doq wrote:
menurut saya kemungkinan suspect di tutup radiator, karena klep yg ga bisa terbuka sempurna mengakibatkan tekanan berlebih sehingga ekses pembuangan malah membuat radiatot bocor. dulu jg sempat kejadian saa saya seperti ini, setelah diganti tutup radiato masalah selesai :D

coba aja ganti dulu yg original, jangan yg kw yah


Udah saya ganti dg yg baru & original mas, tapi tetep sama problemnya. Hal ini terjadi setelah saya mengganti pipa head radiator atas (yg ada tempat tutup-nya, kemungkinan leher tutup-nya terlalu pendek shg saat di tutup, pegas tutup radiator sudah rapat/gak ada celah, shg jika ada tekanan berlebih, klep tutup radiator gak bisa membuka utk mengalirkan air ke reservoir krn gak ada celah diantara pegasnya.

Tapi saya bingung cara mengatasi hal ini, kalo ganti tutup radiator jelas gak menyelesaikan masalah krn dimensinya sama. Kalo ganti pipa head-nya lagi yg dari kuningan, pastinya akan sama aja tinggi leher penutup-nya. Kalo ganti pipa head yg ori kyk-nya gak ada dan gak bisa, kyk-nya harus beli 1 set dg badan/kisi2 radiatornya sekalian dan mahal banget (bisa 3jt-an lebih) krn ini mobil lama & dan jumlah-nya sedikit dibanding Corolla dll.



sangat tidak disarankan mengganti Head radiator karena harganya tidak berbeda jauh dibandingkan beli baru , kalau masalah Tekanan jelas tidak bisa di lembesi harus di las . kalau ada waktu coba bawa saja ke tukang radiator minta di laskan bagian yg bocor setelah itu di oles lem besi biar makin paten

_________________
Google search Engine


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 10:38 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 29 Jul 2009, 06:57
Posts: 462
solar_kerosen wrote:
kalau radiator udah sering2 bocor mending diganti baru sekalian , tapi ikut juga sekalian termostat,water temp sensor sama airnya


Ane setuju Bro.
Untuk mobil yang lawas dan radiatornya sudah berkarat berat , sampai diservis dan digosok2 bagian dalam radiatornya , Menjadikan plat radiator bagian dalam menjadi tipis dan pasti akan bocor kembali.

Radiator seperti ini sudah nggak bisa di repair. Repair Hanya bersifat seentara saja.

Ane berani memastikan bahwa sebelumnya , mobil ini pernah tidak memakai coolant dalam waktu yang lama. Sehingga ada kesempatan karat untuk timbul di dalam radiator dan pipa2 lainnya.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 10:44 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 29 Jul 2009, 06:57
Posts: 462
TFK wrote:
doq wrote:
menurut saya kemungkinan suspect di tutup radiator, karena klep yg ga bisa terbuka sempurna mengakibatkan tekanan berlebih sehingga ekses pembuangan malah membuat radiatot bocor. dulu jg sempat kejadian saa saya seperti ini, setelah diganti tutup radiato masalah selesai :D

coba aja ganti dulu yg original, jangan yg kw yah


Udah saya ganti dg yg baru & original mas, tapi tetep sama problemnya. Hal ini terjadi setelah saya mengganti pipa head radiator atas (yg ada tempat tutup-nya, kemungkinan leher tutup-nya terlalu pendek shg saat di tutup, pegas tutup radiator sudah rapat/gak ada celah, shg jika ada tekanan berlebih, klep tutup radiator gak bisa membuka utk mengalirkan air ke reservoir krn gak ada celah diantara pegasnya.

Tapi saya bingung cara mengatasi hal ini, kalo ganti tutup radiator jelas gak menyelesaikan masalah krn dimensinya sama. Kalo ganti pipa head-nya lagi yg dari kuningan, pastinya akan sama aja tinggi leher penutup-nya. Kalo ganti pipa head yg ori kyk-nya gak ada dan gak bisa, kyk-nya harus beli 1 set dg badan/kisi2 radiatornya sekalian dan mahal banget (bisa 3jt-an lebih) krn ini mobil lama & dan jumlah-nya sedikit dibanding Corolla dll.


Kalau Radiator dan Tutupnya tidak mengalami kerusakan , kemungkinan kebocoran terjadi di bagian pipa atau karet2nya. Ane pernah ngalamin di mobil honda jadul ane. Kebocoran terjadi di pipa besi saluran water pump dan selang karet saluran pemanas di kabin.

Coba aja cari di google diagram / instalasi saluran airnya.

Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 13:04 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9209
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
TFK wrote:
doq wrote:
menurut saya kemungkinan suspect di tutup radiator, karena klep yg ga bisa terbuka sempurna mengakibatkan tekanan berlebih sehingga ekses pembuangan malah membuat radiatot bocor. dulu jg sempat kejadian saa saya seperti ini, setelah diganti tutup radiato masalah selesai :D

coba aja ganti dulu yg original, jangan yg kw yah


Udah saya ganti dg yg baru & original mas, tapi tetep sama problemnya. Hal ini terjadi setelah saya mengganti pipa head radiator atas (yg ada tempat tutup-nya, kemungkinan leher tutup-nya terlalu pendek shg saat di tutup, pegas tutup radiator sudah rapat/gak ada celah, shg jika ada tekanan berlebih, klep tutup radiator gak bisa membuka utk mengalirkan air ke reservoir krn gak ada celah diantara pegasnya.

Tapi saya bingung cara mengatasi hal ini, kalo ganti tutup radiator jelas gak menyelesaikan masalah krn dimensinya sama. Kalo ganti pipa head-nya lagi yg dari kuningan, pastinya akan sama aja tinggi leher penutup-nya. Kalo ganti pipa head yg ori kyk-nya gak ada dan gak bisa, kyk-nya harus beli 1 set dg badan/kisi2 radiatornya sekalian dan mahal banget (bisa 3jt-an lebih) krn ini mobil lama & dan jumlah-nya sedikit dibanding Corolla dll.


hmm......klo boleh tau, kepala radiator yg lama(fiber) jebol nya karena apa ya oom? apa kasus nya sama begini jg?

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 13:06 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9209
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
oya, satu lg yg bisa dicek; selang penyalur dari kepaa radiator yg menuju ke tanki reservoir, mampet ga? coba dilepas lalu tiup aja oom

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Jan 2012, 18:29 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12820
Location: in your heart
duh, pusing bacanya kalo pake kurung2 gitu... :frm_bang_head:
diquote aja perkalimatnya om, trus langsung dijawab tanpa quote.
seperti ini:
test wrote:
test tanya?
dijawab dengan benar


jadi sekarang bocor airnya ada di bagian bawa radiator yang terhubung ke mesin melalui selang ya?
kalo ane tangkep, sebelumnya gak pake thermostat dan sekarang dipasangi thermostat. hal ini akan memungkinkan tekanan di radiator tinggi pada saat thermostat tertutup (karena suhu mesin dingin).
mungkin bisa dipastikan kalo bagian yang bocor itu "ditambal" dengan rapat.
lalu masuk ke pemikiran om doq tentang tutup radiator. pastikan air radiator dapat masuk reservoir jika terjadi tekanan berlebihan di radiator. bisa masalah tutupnya, atau pastikan selang dari radiator ke penampungan dapat mengalir dengan baik.
ane mengasumsikan masih ada masalah dari radiator ke penampungan walau dari penampungan ke radiator dapat bekerja karena air di penampungan ikut berkurang.

tapi yang masih ane kurang paham, kenapa kalo jalan tanpa AC air radiator gak berkurang.. :e-think:

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Jan 2012, 19:36 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Posts: 1439
imho. coba tutupnya diganti yang nilainya lebih kecil sehingga kalau ada tekanan berlebih dia lebih cepat membuka.

_________________
Powered by BBM Subsidi


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Feb 2012, 12:52 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Posts: 8039
Location: Kebayoran Lama
kyknya sih masalah di bagian atas & bwh radiator yg dulunya fiber trus diganti kuningan. twincam sy dulu jg diganti bagian bawahnya saja. efeknya mirip2, seperti bocor halus. kalau ga salah dulu problemnya justru dari kompresor ac. ga ngerti apa hubungannya, tp seinget saya setelah kompresornya dibetulin problemnya hilang. beberapa bulan kemudian begitu lagi. waktu itu sy ga sampe ganti kompresor ac, cuma dibetulin aja.

cmiiw

_________________
Accurate V3&4 Accounting System Consultant

Image <=== Click me to call mods....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Feb 2012, 17:38 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 18 Jun 2005, 09:36
Posts: 77
ilhami wrote:
imho. coba tutupnya diganti yang nilainya lebih kecil sehingga kalau ada tekanan berlebih dia lebih cepat membuka.

Itu udah yg paling rendah katanya mas...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 26 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: billyd1773dz and 19 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com