Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:
Turboman wrote:
poeticmind wrote: memang ada planning utk mengganti sistem rem di belakang jadi discbrake, hanya waktu yg belum dapet.
Hati-hati yah um, yg ane lihat percobaan banyak orang rem belakang ganti dari drum ke Disc pake DB ex mobil lain lebih dr 50% yg kurang berhasil ketimbang yg berhasil dgn mulus.

Kalo sy pribadi lebih suka upgrade sistem rem yg sudah ada spt :
- Pake minyak rem DOT 4 yg high grade
- Selang rem yg braided (saat di rem nggak ngembang)
- Brake pad kemampuan tinggi.
kalo menurut nubie sotoy macam supir truk gini, mobil penumpang macam sedan, penting tuh rem belakang pakai DB. Tapi kalo udh mobil angkutan diatas 5 penumpang, rasanya kok masih lebih baik kalau rem belakangnya tromol ya?

Rasanya minibus engkel aja masih tromol semua remnya, karena lebih mengutamakan kemampuan angkat beban berlebih (termasuk angkat manusia dlm jumlah lebih banyak dibanding sedan..

Mohon koreksi pakar...

:big_peace:
mitsubishi fuso di eropa sudah disc brake di 4 roda lhoor.... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22034
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

zweifellos wrote: khusus mengenai brake pad, apa ga rentan malah nantinya disc (depan) lebih cepat 'kemakan' om? dengar punya dengar, ganti brakepad yang lebih baik dikhawatirkan bisa mengakibatkan cakram lebih cepat 'kemakan', sedang pake brakepad bawaan paling kanvas rem aja lebih sering di ganti.
Kalo mau rem lebih pakem yah memang konsekuensinya begitu, bahkan konon ada rasio hitungan : 3-4X ganti brake pad = ganti disc rotor.

Juga tergantung material brake pad-nya, khususnya unsur metallic pada brake pad

Maka itu biasanya penggantian brake pad dgn yg type Hi Perf idealnya diikuti dgn penggantian disc rotor yg lebih kuat.
* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by DOHC »

maaf dikit OOT neh...

kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet... dan biasanya kalo utk seal2 di kaliper piston gt, per brapa km yahh patokan nya utk diganti... soalnya kalo ane perhatikan ga dicantumkan di servis berkala... cuman inget dulu di panther ane rajin bener tuh seal rusak... setaon skali pasti kaliper piston nya macet gara2 seal nya rusak...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22034
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

DOHC wrote:maaf dikit OOT neh...

kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
No problem at all

Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

Turboman wrote:
DOHC wrote:maaf dikit OOT neh...

kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
No problem at all

Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya hanya tertulis DOT 3 only apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by BADAK »

Turboman wrote:
DOHC wrote:maaf dikit OOT neh...

kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
No problem at all

Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
corogot
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Jun 05, 2009 14:07

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by corogot »

Salam kenal semuanya. Boleh kah pajero sport memakai filter oli L300?
Terimakasih
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22034
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

BADAK wrote: Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39

Kalo DOT 5.1 jarang

DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by BADAK »

Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by BADAK »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39

Kalo DOT 5.1 jarang

DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
BMW E39 memungkinkan pake DOT4 krn mmg lebih memungkinkan mencapai titik didih yg tinggi. Tapi untuk pemakaian harian mbl2 mcm panther ato innova rasanya hampir tidak ada manfaatnya menggunakan DOT4. CMIIW ya om..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22034
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

BADAK wrote: BMW E39 memungkinkan pake DOT4 krn mmg lebih memungkinkan mencapai titik didih yg tinggi. Tapi untuk pemakaian harian mbl2 mcm panther ato innova rasanya hampir tidak ada manfaatnya menggunakan DOT4. CMIIW ya om..
Sudah dicoba belun ?

Kalo ane dah coba, kalo mobil Matic akan lebih kerasa dimana kerja rem lebih berat.

Di LS AT ane dulu pake DOT 3 nyelonong, ganti DOT 5.1 nulung banyak.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39

Kalo DOT 5.1 jarang

DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
higroskopis-nya ini bisa disiasati dgn interval kuras-ganti lebih cepat, gitu kali ya pak turbo :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

Hansen wrote:
Turboman wrote:No problem at all

Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
Mudah2an dapet jawaban... :e-pray:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22034
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Turboman »

Hansen wrote: om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
Mudah2an dapet jawaban... :e-pray:[/quote]

So far di Ipah / ToKiDies / Katana / Panther gak ada masalah sama sekali, dengan catatan : pakai DOT 3 hanya sekali bawaan pabrik, sekali ganti lgs ke DOT 4
* Bukan ajakan Beli *
corogot
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Jun 05, 2009 14:07

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by corogot »

BADAK wrote:
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
Thanks atas pencerahannya bro Hansen dan bro Badak
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by golfpunk »

Ini bung hansen yg terkenal PSnya di medan yah........salam kenal yahhh newbie
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Hansen »

golfpunk wrote:Ini bung hansen yg terkenal PSnya di medan yah........salam kenal yahhh newbie
Waduhh...serasa dipukul pake golokajaib nih :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Salam kenal juga yah om golfpunk
Image
User avatar
Owen
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Aug 31, 2009 2:55

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by Owen »

salam kenal juga, ane newbie baru belajar indent dakar 4x2=8 :mrgreen:
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

BADAK wrote:
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?

maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

Turboman wrote:
Hansen wrote: om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
Mudah2an dapet jawaban... :e-pray:
So far di Ipah / ToKiDies / Katana / Panther gak ada masalah sama sekali, dengan catatan : pakai DOT 3 hanya sekali bawaan pabrik, sekali ganti lgs ke DOT 4[/quote]

om Turboman, kadang kita kan menambah minyak rem yang berkurang (bikan kuras/ganti total) apakah DOT 4 boleh kita tambahkan pake yang netral ?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by BADAK »

kaos_oblong wrote:
BADAK wrote:
Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Part no pst gak sama.
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?

maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by kaos_oblong »

[quote="BADAK]
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?

maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?[/quote]
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).[/quote]

kalo untuk produk lokal, yang banyak dijumpai dipasaran merk S*kur* dan Un*on, elemennya yang lebih rapat/halus yang mana ya om ? (dengan pemikiran nubie semakin halus/rapat, semakin baik menyaring partikel-partikel)
atau ada rekomendasi merk lain yang okey ?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by BADAK »

Saya jg nubie om, tp coba bnt jawab ya.
Minyak rem gak boleh dicampur antara DOT3 & DOT4. Myk rem merah dgn putih jg gak blh dicampur. Fatal kl smp menggumpal, master rem bisa macet.
Istilah netral maksudnya bisa dicampur minyak rem sesama DOT, sesama warna, blh beda merk. CMIIW.

Kalo filter tidak semata dr kerapatan saringannya. Kualitas material jg sangat berpengaruh. Untuk merk2 yg beredar dipasaran konstruksinya gmn krg memperhatikan om, jd gak bisa bantu jawab.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03

Post by ak4ng »

DAK... pd minyak rem DOT yg sama.... knp warna menyebabkan penggumpalan????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR