mitsubishi fuso di eropa sudah disc brake di 4 roda lhoor....VanzMatic wrote:kalo menurut nubie sotoy macam supir truk gini, mobil penumpang macam sedan, penting tuh rem belakang pakai DB. Tapi kalo udh mobil angkutan diatas 5 penumpang, rasanya kok masih lebih baik kalau rem belakangnya tromol ya?Turboman wrote:Hati-hati yah um, yg ane lihat percobaan banyak orang rem belakang ganti dari drum ke Disc pake DB ex mobil lain lebih dr 50% yg kurang berhasil ketimbang yg berhasil dgn mulus.poeticmind wrote: memang ada planning utk mengganti sistem rem di belakang jadi discbrake, hanya waktu yg belum dapet.
Kalo sy pribadi lebih suka upgrade sistem rem yg sudah ada spt :
- Pake minyak rem DOT 4 yg high grade
- Selang rem yg braided (saat di rem nggak ngembang)
- Brake pad kemampuan tinggi.
Rasanya minibus engkel aja masih tromol semua remnya, karena lebih mengutamakan kemampuan angkat beban berlebih (termasuk angkat manusia dlm jumlah lebih banyak dibanding sedan..
Mohon koreksi pakar...
Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 22034
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Kalo mau rem lebih pakem yah memang konsekuensinya begitu, bahkan konon ada rasio hitungan : 3-4X ganti brake pad = ganti disc rotor.zweifellos wrote: khusus mengenai brake pad, apa ga rentan malah nantinya disc (depan) lebih cepat 'kemakan' om? dengar punya dengar, ganti brakepad yang lebih baik dikhawatirkan bisa mengakibatkan cakram lebih cepat 'kemakan', sedang pake brakepad bawaan paling kanvas rem aja lebih sering di ganti.
Juga tergantung material brake pad-nya, khususnya unsur metallic pada brake pad
Maka itu biasanya penggantian brake pad dgn yg type Hi Perf idealnya diikuti dgn penggantian disc rotor yg lebih kuat.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
maaf dikit OOT neh...
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet... dan biasanya kalo utk seal2 di kaliper piston gt, per brapa km yahh patokan nya utk diganti... soalnya kalo ane perhatikan ga dicantumkan di servis berkala... cuman inget dulu di panther ane rajin bener tuh seal rusak... setaon skali pasti kaliper piston nya macet gara2 seal nya rusak...
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet... dan biasanya kalo utk seal2 di kaliper piston gt, per brapa km yahh patokan nya utk diganti... soalnya kalo ane perhatikan ga dicantumkan di servis berkala... cuman inget dulu di panther ane rajin bener tuh seal rusak... setaon skali pasti kaliper piston nya macet gara2 seal nya rusak...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 22034
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
No problem at allDOHC wrote:maaf dikit OOT neh...
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya hanya tertulis DOT 3 only apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?Turboman wrote:No problem at allDOHC wrote:maaf dikit OOT neh...
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.Turboman wrote:No problem at allDOHC wrote:maaf dikit OOT neh...
kalo mengenai upgrade minyak rem ke DOT 4, apakah ada pengaruh pada umur seal2 karet...
Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Fri Jun 05, 2009 14:07
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Salam kenal semuanya. Boleh kah pajero sport memakai filter oli L300?
Terimakasih
Terimakasih
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
-
- SM Specialist
- Posts: 22034
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39BADAK wrote: Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
Kalo DOT 5.1 jarang
DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Part no pst gak sama.Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
BMW E39 memungkinkan pake DOT4 krn mmg lebih memungkinkan mencapai titik didih yg tinggi. Tapi untuk pemakaian harian mbl2 mcm panther ato innova rasanya hampir tidak ada manfaatnya menggunakan DOT4. CMIIW ya om..Turboman wrote:DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39BADAK wrote: Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
Kalo DOT 5.1 jarang
DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- SM Specialist
- Posts: 22034
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Sudah dicoba belun ?BADAK wrote: BMW E39 memungkinkan pake DOT4 krn mmg lebih memungkinkan mencapai titik didih yg tinggi. Tapi untuk pemakaian harian mbl2 mcm panther ato innova rasanya hampir tidak ada manfaatnya menggunakan DOT4. CMIIW ya om..
Kalo ane dah coba, kalo mobil Matic akan lebih kerasa dimana kerja rem lebih berat.
Di LS AT ane dulu pake DOT 3 nyelonong, ganti DOT 5.1 nulung banyak.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
higroskopis-nya ini bisa disiasati dgn interval kuras-ganti lebih cepat, gitu kali ya pak turboTurboman wrote:DOT 4 banyak yg pake sbg minyak rem std, salah 1 nya BMW E39BADAK wrote: Nubie mau tanya nih om, tujuan pake minyak rem diatas DOT3 tuh apa ya? Kalo mmg DOT4 ato DOT5.1 lbh bagus dr DOT3 knapa std pabrik tdk menggunakannya? Toh dr biaya produksi antara DOT3 & DOT4 relatif sama.
Kalo DOT 5.1 jarang
DOT makin tinggi = kinerja lebih stabil saat rem di abuse, krn titik didih-nya lebih tinggi, tapi trade off = lebih higroskopis.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Mudah2an dapet jawaban...Hansen wrote:om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?Turboman wrote:No problem at all
Bahkan LS AT ane dulu pake DOT 5.1 juga gpp sampe mobil dijual.
-
- SM Specialist
- Posts: 22034
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Mudah2an dapet jawaban... [/quote]Hansen wrote: om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
So far di Ipah / ToKiDies / Katana / Panther gak ada masalah sama sekali, dengan catatan : pakai DOT 3 hanya sekali bawaan pabrik, sekali ganti lgs ke DOT 4
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Fri Jun 05, 2009 14:07
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Thanks atas pencerahannya bro Hansen dan bro BadakBADAK wrote:Part no pst gak sama.Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Ini bung hansen yg terkenal PSnya di medan yah........salam kenal yahhh newbie
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Waduhh...serasa dipukul pake golokajaib nihgolfpunk wrote:Ini bung hansen yg terkenal PSnya di medan yah........salam kenal yahhh newbie
Salam kenal juga yah om golfpunk
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Aug 31, 2009 2:55
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
salam kenal juga, ane newbie baru belajar indent dakar 4x2=8
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?BADAK wrote:Part no pst gak sama.Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
So far di Ipah / ToKiDies / Katana / Panther gak ada masalah sama sekali, dengan catatan : pakai DOT 3 hanya sekali bawaan pabrik, sekali ganti lgs ke DOT 4[/quote]Turboman wrote:Mudah2an dapet jawaban...Hansen wrote: om turbo, kalo di mobil yg buku manualnya dan tutup reservoir minyak rem tertulis "use DOT 3 only" apakah boleh dikasih minyak rem DOT 4?
om Turboman, kadang kita kan menambah minyak rem yang berkurang (bikan kuras/ganti total) apakah DOT 4 boleh kita tambahkan pake yang netral ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.kaos_oblong wrote:om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?BADAK wrote:Part no pst gak sama.Hansen wrote:Part no. untuk filter oli pajero sport : 1230A045
Coba dicek apakah sama dengan milik L300 bro...
F/ oli L300D bisa subtitusi dgn kuda D. Kalo buat pejero tinggal dilihat apakah diameter seal dan diameter sisi luar filter sama dgn pny L300. Intinya kl seal & diameter berbeda, ada kemungkinan filter tidak bisa menempel scr presisi pd rumah filter.
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
[quote="BADAK]
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?[/quote]
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).[/quote]
kalo untuk produk lokal, yang banyak dijumpai dipasaran merk S*kur* dan Un*on, elemennya yang lebih rapat/halus yang mana ya om ? (dengan pemikiran nubie semakin halus/rapat, semakin baik menyaring partikel-partikel)
atau ada rekomendasi merk lain yang okey ?
om Badak, apakah konstruksi elemen penyaring didalem filter tidak mempengaruhi ke-efektifan penyaringan ?
maksud nubie, mungkin konstruksi dan bahan masing-masing filter oli bisa berbeda, misalnya yang untuk L300 yang menggunakan oli mesin lebih kental mungkin pori-pori elemen-nya lebih besar dibanding dengan PS yang menggunakan oli lebih encer ?[/quote]
Konstruksi filter oli relatif sama. Biasa yg menentukan rapat tidaknya saringan itu dr merk filter nya. Lain dgn filter bensin/solar yg beda2 konstruksinya.
Just for info, dr list yg saya dapatkan filter oli Pajero sport 2,5 diesel bisa subtitusi dgn L300D & Kuda D (part no MD069782).[/quote]
kalo untuk produk lokal, yang banyak dijumpai dipasaran merk S*kur* dan Un*on, elemennya yang lebih rapat/halus yang mana ya om ? (dengan pemikiran nubie semakin halus/rapat, semakin baik menyaring partikel-partikel)
atau ada rekomendasi merk lain yang okey ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
Saya jg nubie om, tp coba bnt jawab ya.
Minyak rem gak boleh dicampur antara DOT3 & DOT4. Myk rem merah dgn putih jg gak blh dicampur. Fatal kl smp menggumpal, master rem bisa macet.
Istilah netral maksudnya bisa dicampur minyak rem sesama DOT, sesama warna, blh beda merk. CMIIW.
Kalo filter tidak semata dr kerapatan saringannya. Kualitas material jg sangat berpengaruh. Untuk merk2 yg beredar dipasaran konstruksinya gmn krg memperhatikan om, jd gak bisa bantu jawab.
Minyak rem gak boleh dicampur antara DOT3 & DOT4. Myk rem merah dgn putih jg gak blh dicampur. Fatal kl smp menggumpal, master rem bisa macet.
Istilah netral maksudnya bisa dicampur minyak rem sesama DOT, sesama warna, blh beda merk. CMIIW.
Kalo filter tidak semata dr kerapatan saringannya. Kualitas material jg sangat berpengaruh. Untuk merk2 yg beredar dipasaran konstruksinya gmn krg memperhatikan om, jd gak bisa bantu jawab.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 03
DAK... pd minyak rem DOT yg sama.... knp warna menyebabkan penggumpalan????