share captiva - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

jadi penasaran jg, yg mogok tersebut gara2 apa?
mungkin ga kalo cuman pake bio solar tanpa aditif, fuel pumpnya ga kuat?
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 03

Post by Deasegara »

kampret wrote:
Deasegara wrote:@ Bro ezdollar & wllaw2 : waktu awal pake Norival pernah saya share di trit Norival : lebih irit dan bertenaga dibanding redline waktu pake dosis maintenance. Sekarang saya isi biosolar+dex+norival+redline dosis maximum tenaga lebih nendang. Waktu kickdown anak-anak dan istri tak suruh lihat dibelakang gak ada asap, di spion jg gak kelihatan. Waktu pake redline dosis maintenance+biosolar masih ada ngepul. Redline dosis maximum sepertinya lebih nendang dari norival, tapi norival tetep saya campurkan karena ampuh ngurangin bau masem dan juga asap. Jadi kesimpulanya : Dengan racikan biosolar+dex+redline dosis max+norival, yg saya rasakan tenaga lebih nendang, bau masem berkurang jauh, tidak ngepul waktu bejek, kalo konsumsi bbm belum saya tes lagi.
Thanks bro, nice share.
Btw, kalau mix nya gk pake dex hasilnya gimana? Dan kalau plus dex, pakai ratio berapa ke biosolar nya?

Oiya, kemaren k beres nemu VCDi FL yang problem engine check & mogok di jalan. Udah di-reset ecu, tapi masih brebet. Katanya lagi banyak issue dari fuel system. Apa biosolar kualitasnya lagi gk bagus ya?
Mix 50:50, terakhir isi full biosolar 53 liter tanpa dex untuk tenaga sepertinya gak ada perubahan, tapi suara mesin agak beda waktu idle, setiap beberapa menit ada suara tek sekali (gak terlalu kenceng sih), kalo mix dg dex tak ada suara tek sama sekali.

Untuk bbm kita harus lebih selektif pilih spbu, saya pernah dapat solar kotor pagi hari waktu start agak brebet, sekarang gak brebet lagi
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

Mau nanya, di thread ini sudah ada yg pernah posting soal volt stabiliser ya? Yang ada fotonya juga.
Bagus mana sebenernya antara pivot mega raizin vs xcs3 ?
Thanks
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: share captiva - PART 03

Post by Belphegor »

Kalo volt stabilizer harus tanya om evo, dia yang udah pasang :mky_01:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

eits ada yv manggil... hehe
perbandingannya ya ga tau um
cuman pernah pengalaman dulu pake xcs 1 sama pivot biru, perasaan ga ada beda, sama2 bikin start mudah, utk klaim suara audio membaik dan lampu2 tambah terang sih ane ga merasa perbedaan.. mungkin berasanya pd mobil yg udah lawas kali yah

cuman belakngan volt stabilizer pada ga kasih ground cable
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 03

Post by wllaw2 »

Deasegara wrote:@ Bro ezdollar & wllaw2 : waktu awal pake Norival pernah saya share di trit Norival : lebih irit dan bertenaga dibanding redline waktu pake dosis maintenance. Sekarang saya isi biosolar+dex+norival+redline dosis maximum tenaga lebih nendang. Waktu kickdown anak-anak dan istri tak suruh lihat dibelakang gak ada asap, di spion jg gak kelihatan. Waktu pake redline dosis maintenance+biosolar masih ada ngepul. Redline dosis maximum sepertinya lebih nendang dari norival, tapi norival tetep saya campurkan karena ampuh ngurangin bau masem dan juga asap. Jadi kesimpulanya : Dengan racikan biosolar+dex+redline dosis max+norival, yg saya rasakan tenaga lebih nendang, bau masem berkurang jauh, tidak ngepul waktu bejek, kalo konsumsi bbm belum saya tes lagi.

Thanks gan atas infonya. Kalau boleh tahu itu iritnya signifikan atau cuma lebih irit dikit aja? Udah berapa km gan mobilnya?
Takutnya sih karena campur Redline+Norival bisa2 ada efek negatif terhadap fuel pump ataupun injectornya. Agan udah pernah kuras tangki bbm nya?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 03

Post by wllaw2 »

Kebetulan pas minggu lalu, terpaksa kickdown karena ada truk depan yang jalannya pelan dan lagi buru2. Tapi alangkah terkejutnya asap hitam nya tebal kali. Seperti truk2 :mky_04:
Setelah baca sana-sini, kayaknya Captiva FL diesel ini dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter), dan seharusnya dia bisa automatic cleaning.

Dan tadi siang udah coba bawa ke tol untuk "Italian tune-up" sama bawa mobilnya sampai ke kisaran 120-130 km/jam pada gigi ke 6. Kemudian saya coba kick-down lagi dan hasilnya cukup memuaskan :mky_02: Asap hitamnya tinggal sedikit. Kayaknya mesti dilakukan seminggu sekali supaya lebih memuaskan hasilnya :mrgreen:

BBM yang dipakai sih Biosolar+Redline.
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: share captiva - PART 03

Post by RVR »

wllaw2
Re: share captiva - PART 03
25 minutes ago
Kebetulan pas minggu lalu, terpaksa kickdown karena ada truk depan yang jalannya pelan dan lagi buru2. Tapi alangkah terkejutnya asap hitam nya tebal kali. Seperti truk2
Setelah baca sana-sini, kayaknya Captiva FL diesel ini dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter), dan seharusnya dia bisa automatic cleaning.

Dan tadi siang udah coba bawa ke tol untuk "Italian tune-up" sama bawa mobilnya sampai ke kisaran 120-130 km/jam pada gigi ke 6. Kemudian saya coba kick-down lagi dan hasilnya cukup memuaskan Asap hitamnya tinggal sedikit. Kayaknya mesti dilakukan seminggu sekali supaya lebih memuaskan hasilnya

BBM yang dipakai sih Biosolar+Redline.



Bener bro
Metode ini memang sangat simple & efektif
Temen ane yg pake pasport & doyan ngebut ga pernah tuh ngalamin asap item
Karena sehari-hari ngelakuin 'italian tune up'
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva - PART 03

Post by esh »

Deasegara wrote:@ Bro ezdollar & wllaw2 : waktu awal pake Norival pernah saya share di trit Norival : lebih irit dan bertenaga dibanding redline waktu pake dosis maintenance. Sekarang saya isi biosolar+dex+norival+redline dosis maximum tenaga lebih nendang. Waktu kickdown anak-anak dan istri tak suruh lihat dibelakang gak ada asap, di spion jg gak kelihatan. Waktu pake redline dosis maintenance+biosolar masih ada ngepul. Redline dosis maximum sepertinya lebih nendang dari norival, tapi norival tetep saya campurkan karena ampuh ngurangin bau masem dan juga asap. Jadi kesimpulanya : Dengan racikan biosolar+dex+redline dosis max+norival, yg saya rasakan tenaga lebih nendang, bau masem berkurang jauh, tidak ngepul waktu bejek, kalo konsumsi bbm belum saya tes lagi.
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.

Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: share captiva - PART 03

Post by RVR »

evolution21
Re: share captiva - PART 03
Today, 00:16
btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?


Paling gampang deteksinya itu oli untuk diesel ato bensin bisa dicheck dari API Service-nya:

CC.....CF4../ SF......SM.. ----> diesel
SF......SM../ CC.....CF4.. ----> bensin
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

evolution21 wrote:eits ada yv manggil... hehe
perbandingannya ya ga tau um
cuman pernah pengalaman dulu pake xcs 1 sama pivot biru, perasaan ga ada beda, sama2 bikin start mudah, utk klaim suara audio membaik dan lampu2 tambah terang sih ane ga merasa perbedaan.. mungkin berasanya pd mobil yg udah lawas kali yah

cuman belakngan volt stabilizer pada ga kasih ground cable
om evo pake volt stabilizer apa?
xcs3 atau pivot?
kalo dri segi pemasangan, sepertinya xcs 3 jauh lebih simple, karena tidak menggunakan kabel banyak.
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: share captiva - PART 03

Post by claude_wallace »

xcs3 dan pivot megaraizin itu volt stabilizer. hehehe..
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 03

Post by wllaw2 »

RVR wrote:

Bener bro
Metode ini memang sangat simple & efektif
Temen ane yg pake pasport & doyan ngebut ga pernah tuh ngalamin asap item
Karena sehari-hari ngelakuin 'italian tune up'
Wah.. ternyata ada teman agan yang sering2 "Italian tune-up" juga :mrgreen:
Kalau tiap hari digituin bukannya, jadi boros bbm nya :mky_01:
Agak susah juga sih mau tiap hari "Italian tune-up" soalnya gak lewat tol. Cuma keliling dalam kota aja dan sering sekali idle akibat banyaknya lampu merah.

Cuma sekarang bingungnya di cara break-in sama bersihin DPF nya (Diesel Particulate Filter: Untuk menyaring asap hitam) . Soalnya kalau berdasarkan service manual yang diupload salah satu user di forum lain, Captiva FL ini ada DPF nya. Kirain cuma yang dijual di Eropa aja dipasangin DPF.
Dan kalau memang ada, itu DPF nya bisa otomatis cleaning kalau udah kotor. Tapi mobilnya harus dibawa jalan kencang gitu (Gak tahu kecepatan minimumnya mesti berapa), kondisi idle gak bakal aktif cleaningnya. Nah, makanya mobilnya saya coba bawa sampai 120 km/jam gitu.
Dan hari itu sih kepala bengkelnya pernah bilang, sekali2 dibawa sampai 120 km/jam gitu supaya bagian Catalytic Converter nya bisa bersih. Masuk akal sih, soalnya kalau DPF pas lagi aktif, itu mobil pas dibawa kencang, di ruang mesinnya bakal ada secondary injection bahan bakar. Namun bahan bakarnya gak terbakar di ruang mesinnya, namun terbakar di bagian CC. Sehingga panas yang tinggi itu dapat merontokkan/membersihkan kerak2 hitam yang udah tersaring di DPF.

Nah, hal ini masih belum saya konfirmasi ke Chevrolet Indonesia sih, apakah ada terpasang DPF atau gak.
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 03

Post by wllaw2 »

esh wrote:
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.

Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.

Kalau boleh tahu ada perubahan gak di konsumsi BBM nya? Lebih irit?
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva - PART 03

Post by esh »

wllaw2 wrote:
esh wrote:
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.

Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.

Kalau boleh tahu ada perubahan gak di konsumsi BBM nya? Lebih irit?
Saya nggak pernah ukur konsumsi BBM, tapi yang jelas angka yang tertera di MID saya berubah, yang sebelumnya 11,3 liter/100 km sekarang 10,6 liter/100 km. itu untuk pemakaian kombinasi (lebih banyak dalkot). Angka 10,6 liter/100 km itu saya dapat setelah menempuh jarak lebih dari 1000 km sejak direset pada saat awal pake norival.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 03

Post by Deasegara »

evolution21 wrote:btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
Saya pernah nanya pak Turboman untuk vcdi non FL nenggak biosolar saran beliau ini bro :
Bisa pakai yg standard Dexos 2 hingga Heavy Duty Diesel 5W30 / 5W40
Kalao pakai Biosolar full, sy lebih pilih yg TBN nya minimal 9,5 mg KOH (Dexos 2 less than 9,5), so bisa pilih Shell Helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30 / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 / Mobil1 European Formula 0w40. Rencana di service yg ketiga nanti saya juga mo ganti dg Shell Helix Ultra 5W30.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 03

Post by Deasegara »

esh wrote:
wllaw2 wrote:
esh wrote:
Sekedar sharing, saya saat ini pake biosolar+norival dengan dosis 1 botol 12 ml untuk full tank dan hasilnya benar2 minim getaran dan tarikan di bawah 2000 rpm lebih 'berisi'. Sebelumnya saya sudah bertanya kepada produsen norival bagaimana bila dosis satu botol untuk full tank dan dijawab nggak masalah. Lalu saya mulai coba dengan 2X dosis, 3X dosis, dan akhirnya sebotol 12 ml untuk full tank dan hasilnya menurut saya lebih oke dibandingkan dengan full pertadex.

Yang jelas sejak pake norival masalah asap hitam dan bau asem berkurang drastis, hal ini tidak saya dapatkan pada fuel additif lainnya.

Kalau boleh tahu ada perubahan gak di konsumsi BBM nya? Lebih irit?
Saya nggak pernah ukur konsumsi BBM, tapi yang jelas angka yang tertera di MID saya berubah, yang sebelumnya 11,3 liter/100 km sekarang 10,6 liter/100 km. itu untuk pemakaian kombinasi (lebih banyak dalkot). Angka 10,6 liter/100 km itu saya dapat setelah menempuh jarak lebih dari 1000 km sejak direset pada saat awal pake norival.
Wah mo coba juga ah 1 botol Norival untuk full tank....kalo masalah ngilangin bau masem vcdi, Norival memang belum nemu tandinganya....
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

ini spek oli bawannya gm
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

Deasegara wrote:
evolution21 wrote:btw ada yg pernah coba pake oli mesin non beres? (q8)
setelah ane perhatikan tu oli ternyata utk gasoline n diesel
dan ane baca artikel di majalah otomotif, katanya kalo diesel, sebaiknya pake oli khusus diesel, hasilnya akan lebih baik. bener ga ya....?
Saya pernah nanya pak Turboman untuk vcdi non FL nenggak biosolar saran beliau ini bro :
Bisa pakai yg standard Dexos 2 hingga Heavy Duty Diesel 5W30 / 5W40
Kalao pakai Biosolar full, sy lebih pilih yg TBN nya minimal 9,5 mg KOH (Dexos 2 less than 9,5), so bisa pilih Shell Helix Ultra 5W30 / Ultra AB 5W30 / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 / Mobil1 European Formula 0w40. Rencana di service yg ketiga nanti saya juga mo ganti dg Shell Helix Ultra 5W30.
btw dr semua pilihan tsb api service masi cf semua ya
kalo ga salah utk khusus diesel dah ada yg ci kan ya... kenapa ga pake yg itu...?
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: share captiva - PART 03

Post by RVR »

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

jadi poin2 penting keunggulan masing2 gimana um rvr?
boed2
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34

Re: share captiva - PART 03

Post by boed2 »

evolution21 wrote:ini spek oli bawannya gm
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
Bedanya Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 ama yg V Long Life apa yah???
Di list GM yg dexos2 approved, Q8 yg Special G Long Life.

Btw sekalian sharing service pertama vcdi FL (5 bulan lewat, odo 5,000 km), ganti oli dan filternya.
Pilihan oli di beres antara Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 atau Total (ga tau tipenya).
Saya pilih yg Q8. Pekerjaan lainnya, bersih2 rem karena komplain kalo pagi kadang bunyi seperti remnya basah, reset ecu, dll. dan ada recall carter oli (recall dari GM karena seal di carter olinya ga bener bisa merembes, jadi dicopot trus dilem), lama pekerjaan sekitar 3 jam lebih, gratis tentunya.

Sekarang suara mesin terasa lebih halus.. Konsumsi bbm pertama2 koq jadi lebih boros banyak dari seblomnya, di mid sempet sentuh 15lt/100km (reset pas isi solar), tapi emang macet berat sih,
di mid jalan 55 menit, odo baru 9.5 km hahaha.. trus mulai turun pelan2....
Sekarang jalan 200+ km, mid di 11.1lt/100km.
Apa gara2 reset ecu??? Kita liat kelanjutannya nanti...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

btw ane abis browsing banyak oli
ngeliat 1 yg kayaknya speknya bagus
mobil delvac 5w30 api service udah ci

sebelumnya sempet kesengsem fastron tp ternyata olinya 15w40 kayaknya rada kekentelan walaupun api service dah ci jg

soalnya q8 5w30 tp api srrvice cuman cf

jd pengen coba upgrade, sapa tau ada peningkatan signifikan?
wllaw2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Tue May 29, 2012 7:26

Re: share captiva - PART 03

Post by wllaw2 »

boed2 wrote:
evolution21 wrote:ini spek oli bawannya gm
sepertinya mending milih di pasaran aja yah, ada yg lebih bagus drpd spek tsb...
Bedanya Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 ama yg V Long Life apa yah???
Di list GM yg dexos2 approved, Q8 yg Special G Long Life.

Btw sekalian sharing service pertama vcdi FL (5 bulan lewat, odo 5,000 km), ganti oli dan filternya.
Pilihan oli di beres antara Q8 Formula Special G Long Life 5W-30 atau Total (ga tau tipenya).
Saya pilih yg Q8. Pekerjaan lainnya, bersih2 rem karena komplain kalo pagi kadang bunyi seperti remnya basah, reset ecu, dll. dan ada recall carter oli (recall dari GM karena seal di carter olinya ga bener bisa merembes, jadi dicopot trus dilem), lama pekerjaan sekitar 3 jam lebih, gratis tentunya.

Sekarang suara mesin terasa lebih halus.. Konsumsi bbm pertama2 koq jadi lebih boros banyak dari seblomnya, di mid sempet sentuh 15lt/100km (reset pas isi solar), tapi emang macet berat sih,
di mid jalan 55 menit, odo baru 9.5 km hahaha.. trus mulai turun pelan2....
Sekarang jalan 200+ km, mid di 11.1lt/100km.
Apa gara2 reset ecu??? Kita liat kelanjutannya nanti...

Harusnya kalau reset ECU gak gitu pengaruh ke konsumsi nya, kecuali ECU nya ada diprogram ulang.

Gan, itu yang Carter Oli direcall emang pas waktu free service itu dikasih tahu atau dikasih tahu sebelumnya oleh pihak GM? Carter oli itu gimana punya ya? :mky_01: