SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 02 Sep 2014, 13:41

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3
Author Message
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 23:29 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:

oh iya satu lagi bang lagi bingung...mau setting timing belt... di HYundai resmi atau di hyundai no bengkel resmi enakan yang mana ya bang.... di non beres jasanya 250k di hyundai beres 480k ....enakan yang mana yan bang.....please answer.... trus lebih baik pasang ac dulu, atau setting timing belt dulu ya... info bengkel non berres saya baru satu kali kesitu dan itu saran yang jual....di cikarang keluar cikarang barat...tenkiu banyak.... :mky_04:


lho...memangnya timing belt-nya kenapa kok musti disetting ulang? lompat giginya?
buat saya, selama bengkel umumnya bagus dan punya reputasi, ga masalah dikerjakan di situ
saya 2x ganti timing belt juga ga pernah di BeRes :upss:

kalau suruh milih benerin timing belt atau AC, saya akan pilih timing belt dulu secara dia berpengaruh langsung ke mesin
kalau timing belt bermasalah/rusak, mesin bisa-bisa malah wassalam... :e-doh:
kalau AC yg bermasalah, gejala yg langsung terasa, mobilnya jadi panas dan gerah... :mrgreen:


giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 23:46 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:
terima kasih bang atas sharingnya...menambah wawasan ane..... ane lagi nyari nyari bengkel yang pas n sreg dihati ... punya rekomendasi bang.....Hyundai atau mitsubishi daerah bekasi atau jakarta timur ya....


waduh...maaf saya buta rekomendasi bengkel situ...secara saya posisi di jawa tengah/jawa timur :ungg:


ooops maaaf ane kira di jakarta dan sekitarnya.... :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 23:53 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
azie wrote:
imsus2c wrote:
azie wrote:
terima kasih bang atas sharingnya...menambah wawasan ane..... ane lagi nyari nyari bengkel yang pas n sreg dihati ... punya rekomendasi bang.....Hyundai atau mitsubishi daerah bekasi atau jakarta timur ya....


waduh...maaf saya buta rekomendasi bengkel situ...secara saya posisi di jawa tengah/jawa timur :ungg:


ooops maaaf ane kira di jakarta dan sekitarnya.... :big_peace:



kayanya ane mantab nie mau setting timing belt dulu bukan di beres....hari jumat mo cuti ngurusin setting belt, trus sabtu pasank ac.... minggu test drive sama anak dan istri...... terima kasih banyak ya bang....ane jadi banyak pengetahuan....sebenrnya banyak masalah dimobil ane....mau tanyanya satu-satu dulu.... mudah-mudahan abang masih berkenan menjawabnya..... :mky_02:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Apr 2012, 20:40 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
azie wrote:
giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


definisi suara "kasar" bisa macam2, yg artinya bisa beda juga penyebabnya

salah satunya, bagi mesin yg pakai sistem tappet hidrolis (HLA), katup yg mulai bermasalah jg bisa bikin bunyi berisik/kasar, kebetulan mesin2 hyundai (termasuk elantra) pakai HLA

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Apr 2012, 10:02 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:
giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


definisi suara "kasar" bisa macam2, yg artinya bisa beda juga penyebabnya

salah satunya, bagi mesin yg pakai sistem tappet hidrolis (HLA), katup yg mulai bermasalah jg bisa bikin bunyi berisik/kasar, kebetulan mesin2 hyundai (termasuk elantra) pakai HLA


wah HLA....iya kemaren ke bengkel...setting timing belt...dan ketauan setting beltnya tidak pas....dari situ ketauan juga pulley dumper nya dilas.....setelah disetting mesin rada halus.... agak bunyi di timing belt...kata yang nyeting itu bunyi beltnya...stok lama....(mungkin nggak stok lama bunyi), kalau enurut dia masih aman dipakai karena masih baru.....saya juga tanya pulley dumper masalah di las.... saya memang rencana ganti tapi stocknya belum ada (puuley dumper bisa menimbulkan suara juga tidak ya).....setelah disetting timing belt....bener nggak sieh jadi lebih irit....karena kemaren tes jalan bensinnya nggak turun turun...saya pikir rusak indikatornya...saya tambah bensin indikatornya naik.... kemaren saya pasank ac juga diganti eks singapore, ganti drier, expansi valve, sama condensor.... digaransi satu tahunn.....


Attachments:
P1000108_768x576.jpg
P1000108_768x576.jpg [ 88.9 KiB | Viewed 2663 times ]
P1000118_768x576.jpg
P1000118_768x576.jpg [ 105.94 KiB | Viewed 2663 times ]
P1000119_768x576.jpg
P1000119_768x576.jpg [ 96.26 KiB | Viewed 2663 times ]
P1000110_768x576.jpg
P1000110_768x576.jpg [ 86.88 KiB | Viewed 2663 times ]
P1000115_768x576.jpg
P1000115_768x576.jpg [ 79.06 KiB | Viewed 2663 times ]
Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Apr 2012, 14:52 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:
giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


definisi suara "kasar" bisa macam2, yg artinya bisa beda juga penyebabnya

salah satunya, bagi mesin yg pakai sistem tappet hidrolis (HLA), katup yg mulai bermasalah jg bisa bikin bunyi berisik/kasar, kebetulan mesin2 hyundai (termasuk elantra) pakai HLA


bang...dah nyari tentang info HLA... nggak ngerti...karateristiknya kalau rusak selain kasar ada lagi nggak...bisa fatal tidak... thankss


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 17 Apr 2012, 20:33 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
azie wrote:
imsus2c wrote:
azie wrote:
giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


definisi suara "kasar" bisa macam2, yg artinya bisa beda juga penyebabnya

salah satunya, bagi mesin yg pakai sistem tappet hidrolis (HLA), katup yg mulai bermasalah jg bisa bikin bunyi berisik/kasar, kebetulan mesin2 hyundai (termasuk elantra) pakai HLA


bang...dah nyari tentang info HLA... nggak ngerti...karateristiknya kalau rusak selain kasar ada lagi nggak...bisa fatal tidak... thankss


HLA (hydraulic lash adjuster), alat yg bertugas menjaga ke-renggang-an/jarak (clearance) klep (valve) mesin selalu dalam kondisi ideal/presisi
jadi tidak diperlukan pengaturan manual

kalau HLA ini rusak, ya tentunya clearance valve-nya ditakutkan tidak pada kondisi ideal

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 18 Apr 2012, 11:29 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
HLA (hydraulic lash adjuster), alat yg bertugas menjaga ke-renggang-an/jarak (clearance) klep (valve) mesin selalu dalam kondisi ideal/presisi
jadi tidak diperlukan pengaturan manual

kalau HLA ini rusak, ya tentunya clearance valve-nya ditakutkan tidak pada kondisi ideal[/quote]

berarti kalau ini rusak sama seperti turun setengah mesin ya bang......


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 18 Apr 2012, 16:50 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3001
azie wrote:
HLA (hydraulic lash adjuster), alat yg bertugas menjaga ke-renggang-an/jarak (clearance) klep (valve) mesin selalu dalam kondisi ideal/presisi
jadi tidak diperlukan pengaturan manual

kalau HLA ini rusak, ya tentunya clearance valve-nya ditakutkan tidak pada kondisi ideal


berarti kalau ini rusak sama seperti turun setengah mesin ya bang......[/quote]

kyknya gk bisa setengah mesin, harus turun mesin total ya menurut ane, karena HLA letaknya di bawah bukan di atas, kecuali kalo yg sistem shim itu bisa cuman angkat cam shaft doank lalu ganti shim-nya aja.
CMIIW

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Apr 2012, 07:31 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
m4rio wrote:
azie wrote:
HLA (hydraulic lash adjuster), alat yg bertugas menjaga ke-renggang-an/jarak (clearance) klep (valve) mesin selalu dalam kondisi ideal/presisi
jadi tidak diperlukan pengaturan manual

kalau HLA ini rusak, ya tentunya clearance valve-nya ditakutkan tidak pada kondisi ideal


berarti kalau ini rusak sama seperti turun setengah mesin ya bang......


kyknya gk bisa setengah mesin, harus turun mesin total ya menurut ane, karena HLA letaknya di bawah bukan di atas, kecuali kalo yg sistem shim itu bisa cuman angkat cam shaft doank lalu ganti shim-nya aja.
CMIIW[/quote]

gejala keliatannya kalau HLA appan ya....selain bunyi kasar.....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Apr 2012, 20:29 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
saya belum pernah otak-atik mesin elantra, tapi sepertinya sih ga perlu turun mesin total
soalnya posisi HLA ini ada diatas, jadi mungkin cuma lepas kepala silinder...cmiiw

untuk deteksi kerusakan HLA, paling mudah/awal sih memang dari "berisik"nya suara katup

biasanya kalau baru dinyalakan (mesin dingin), suaranya berisik, tapi seriring mesin panas (oli mulai lebih encer, sehingga bisa mulai bisa masuk ke celah), suara berisik ini berkurang atau hilang

kalau masih tetap berisik, biasanya kerusakan sudah cukup parah

coba minta bantuan mekanik atau orang yg sudah "terbiasa" untuk deteksi ini :D

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Apr 2012, 14:25 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
saya belum pernah otak-atik mesin elantra, tapi sepertinya sih ga perlu turun mesin total
soalnya posisi HLA ini ada diatas, jadi mungkin cuma lepas kepala silinder...cmiiw

untuk deteksi kerusakan HLA, paling mudah/awal sih memang dari "berisik"nya suara katup

biasanya kalau baru dinyalakan (mesin dingin), suaranya berisik, tapi seriring mesin panas (oli mulai lebih encer, sehingga bisa mulai bisa masuk ke celah), suara berisik ini berkurang atau hilang

kalau masih tetap berisik, biasanya kerusakan sudah cukup parah

coba minta bantuan mekanik atau orang yg sudah "terbiasa" untuk deteksi ini :D



wah maaf nieh baru on line lagi... orang terbiasa lagi cari belum nemu aja...lagi lelah pikiran, tenaga and biaya....ngurusin nieh elantra....mudah-mudahan semangatnya masih ada..... thank you ya bang.....


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 May 2012, 01:23 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 27 May 2012, 01:04
Posts: 6
airflow wrote:
Salam,

Saya baru bergabung di situs ini, mau sharing tentang problem yang saya hadapi dengan hyundai elantra. Permasalahannya adalah mobilnya jalannya tersendat-sendat (sempat juga mati kalau lagi jalan). Kalau lagi dipanasin, terlihat RPMnya suka turun sendiri sampai seperti mau mati gitu mesinnya. Sudah dicek ke bengkel (bukan beres). Dia pakai alat scanner, dan kesimpulannya adalah di air flow sensor.

Berhubung harganya mahal (ori-nya), maka saya mau dapat masukan lagi dari sini. Kemarin dikasih tau harganya sampai 3 juta. Siapa tahu, problemnya ada di sektor lain (mungkin perlu dites bagian lainnya). Atau, mungkin kalau memang sudah betul problemnya di air flow sensor, ada info nggak barang merek lain yang sepadan? Jika ada merek lain, carinya di mana di Jakarta?

Thanks!


Malam rekan2,
ikutan nimbrung ya ikutan di forum ini,
kebetulan sy juga elantra juga th 96,
utk mengenai AFS memang penyakit elantra, dan klo mau ganti biasanya brg yg terjangkau hargany di kisaran 550 - 6000 itupun rekon korea, itu yg sdh sy pake juga di elan saya, namun AFS itu bisa di benerin, kebetulan temen di milis sebelah bisa perbaikin AFS elantra,
penyakit ini biasanya antara lain mengakibatkan :
1. asap knalpot hitam saat baru start awal
2. rpm naik turun, brebet mesinnya
3. pada kasus terparah hilang tenaga sama sekali, ini kasus yg terjadi sm saya

untuk pengecekan dini bisa dengan di cabut soket afs yg ada di saringan udara,
ketika di cabut perhatikan apakah brebet hilang atau tidak dan rpm apak stabil setelah di cabut,
mungkin itu yg bisa sy share maaf klo ada yg kurang mungkin bisa di tambahkan sama rekan yg lain

_________________
Best Regards,


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 May 2012, 01:27 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 27 May 2012, 01:04
Posts: 6
imsus2c wrote:
azie wrote:
giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


definisi suara "kasar" bisa macam2, yg artinya bisa beda juga penyebabnya

salah satunya, bagi mesin yg pakai sistem tappet hidrolis (HLA), katup yg mulai bermasalah jg bisa bikin bunyi berisik/kasar, kebetulan mesin2 hyundai (termasuk elantra) pakai HLA


Untuk mengenai HLA dicoba menggunakan oli dgn SAE 10-40,
sy sempat mau ganti kmrn namun stlh di ganti oli nya sdh hilang suaranya,
sempet nanya utk HLA itu per buah 30 ribuan itu barang copotan

_________________
Best Regards,


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 May 2012, 01:32 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 27 May 2012, 01:04
Posts: 6
azie wrote:
imsus2c wrote:
saya belum pernah otak-atik mesin elantra, tapi sepertinya sih ga perlu turun mesin total
soalnya posisi HLA ini ada diatas, jadi mungkin cuma lepas kepala silinder...cmiiw

untuk deteksi kerusakan HLA, paling mudah/awal sih memang dari "berisik"nya suara katup

biasanya kalau baru dinyalakan (mesin dingin), suaranya berisik, tapi seriring mesin panas (oli mulai lebih encer, sehingga bisa mulai bisa masuk ke celah), suara berisik ini berkurang atau hilang

kalau masih tetap berisik, biasanya kerusakan sudah cukup parah

coba minta bantuan mekanik atau orang yg sudah "terbiasa" untuk deteksi ini :D



wah maaf nieh baru on line lagi... orang terbiasa lagi cari belum nemu aja...lagi lelah pikiran, tenaga and biaya....ngurusin nieh elantra....mudah-mudahan semangatnya masih ada..... thank you ya bang.....



Jangan patah semangat om,
elantra ga rewel koq klo kita handle dgn baik dan benar, dan terkadang bengkel pinggir jalan engga gitu ngerti jadi nya main asal bongkar dan pasang, ini elantra slama kita punya bengkel yg cukup bisa di andalkan dan mengerti karakteer elan pasti akan enak koq,
kalo toh memang harus turun mesin, bisa dipertimbagkan pake mesin dan gan ex singa, hasilnya lebih responsig di mobil elan temen saya

_________________
Best Regards,


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 May 2012, 01:36 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 27 May 2012, 01:04
Posts: 6
azie wrote:
imsus2c wrote:
azie wrote:
giginya tidak lompat...cuma di tempat timing belt muncul suara kasar seperti adanya gesekan....saya agak kawathir... soalnya mau di bawa jauh....yang suruh setting timing belt bengkel hyundai non beres.......waktu cek mesin di tempat itu, dia bilang kalau kecepatan tinggi bisa menimbulkan masalah. kalo kata yang jual timing belt baru ganti.........kalau suara mesin kasar apakah dari timing beltnya bang.....maklum nieh belum ngerti banyak tentang mobil.....


definisi suara "kasar" bisa macam2, yg artinya bisa beda juga penyebabnya

salah satunya, bagi mesin yg pakai sistem tappet hidrolis (HLA), katup yg mulai bermasalah jg bisa bikin bunyi berisik/kasar, kebetulan mesin2 hyundai (termasuk elantra) pakai HLA


wah HLA....iya kemaren ke bengkel...setting timing belt...dan ketauan setting beltnya tidak pas....dari situ ketauan juga pulley dumper nya dilas.....setelah disetting mesin rada halus.... agak bunyi di timing belt...kata yang nyeting itu bunyi beltnya...stok lama....(mungkin nggak stok lama bunyi), kalau enurut dia masih aman dipakai karena masih baru.....saya juga tanya pulley dumper masalah di las.... saya memang rencana ganti tapi stocknya belum ada (puuley dumper bisa menimbulkan suara juga tidak ya).....setelah disetting timing belt....bener nggak sieh jadi lebih irit....karena kemaren tes jalan bensinnya nggak turun turun...saya pikir rusak indikatornya...saya tambah bensin indikatornya naik.... kemaren saya pasank ac juga diganti eks singapore, ganti drier, expansi valve, sama condensor.... digaransi satu tahunn.....


Pemasangan Timing Belt dgn benar memberikan peranan besar terhadap performa mesin om,
jangan sampe pemasangan salah dan mengakibatkan putus hasilnya mesin jadi bubar nanti,

_________________
Best Regards,


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 May 2012, 01:43 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 27 May 2012, 01:04
Posts: 6
azie wrote:
abank-abank mo tanya bisa kasih saran tentang ac, kompresor ane macet n harus diganti...ada yang bisa kasih info nggak bengkel ac yang tepat buat elantra ane.... enakan ganti second atau baru.....terima kasih


hanya sekedar share om, kompresor ac ex singa kisaran 800 - 1.500 juta,
kmrn sy total sekaligus setting ulaang pipa dan ganti dryer totalnya 2 juta,

_________________
Best Regards,


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 27 May 2012, 02:00 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 27 May 2012, 01:04
Posts: 6
azie wrote:
Selamat pagi rekan-rekan, saya newbee nieh, mohon pencerahan tadinya pengguna motor yang mencoba beralih punya mobil, maklum ini mobil pertama.karena sekarang punya istri punya anak, hehehe baru aja membeli hyundai elantra tahun 1995 1.6 gls. ada beberapa pertanyaan, mengenai beberapa mesin hyundai : (mohon pencerahan untuk yang punya info)

1. Untuk stater awal apakah memang tahun 95 hyundai harus menginjak kopling.
2. Stater ketika mulai kadang-kadang perlu tiga kali kontak, tenaga ada tapi tidak langsung nyala, kemarin di ahli dinamo, dipasang relay dan masih seperti itu kadang-kaadang kira kira kenapa ya pak.

3. Tadi pagi Ketika dipanaskan mesin berasap putih butuh waktu 30 menit untuk asap hilang, ini sama seperti ketika kemarin sehabis ganti oli, butuh 30 menit untuk asapnya hilang apakah normal pak kalau tidak kenapa ya pak.
4. untuk rpm , ketika mesin tanpa menyalakan ac rp m berada di 1000 dan 900, dan bunyi knalpot tidak stabil turun naik, tetapi dimesin tidak, ketika ac dinyalakan rpm tetap di jarak tersebut dan stabil. apakah normal, kalau tidak kira-kira apa penyebabnya. dan baru dua hari ini kalo lagi dijalan tiba tiba rpm turun naek trus normal lagi kaya hilang gas gitu deh.
5. Karpet mobil basah kenapa ya...
6. Untuk ban apakah aman membeli ban bekas pak, mengingat keterbatasan dana.
7. Untuk penggunaan oli mesin apakah ada pengaruhnya pak sama bunyi mesin, beda merek beda kualitas, saya pakai oli pert***** prima XP.
8. ada yang punya info nggak bengkel hyundai alternatif di bekasi atau jakarta timur

:mky_01:

thanks


coba bantu jawab semoga bener :big_peace:
1. Iya om harus injek kopling, kecuali matic kan ga ada koplingnya :big_peace:
2. bisa di cek akinya, kmrn sy juga mengalami hal yg serupa
3. lebih baik cek ulang setelan sensor nya
4. bisa di cek AFS nya
5. kemungkinan rembesa dr bawah coba dilihat om bawah deknya ada yg lobang atau bocor engga,
6. tgantung selera om utk ban, di ban tersebut ada jumlah minggu dan tahun pembuatannya jumlahnya 4 digit, namun tidak menjamin
bahwa dgn tahun yg baru kondisi ban bagus, mesti dilihat lagi kondisi bannya tersebut, apakah sdh getas, atau pernah ada bocor,
terlebih jangan pernah beli ban vulkanisir di perhatikan om klo kerokan pasti keliatan klo ga rapih itu guratannya. kmrn sy beli juga koq
ban bekas, berhubung pake velg 17 bannya mahal euy klo baru hehehe
7. sebaiknya pake SAE 10 - 40 om, bisa merk shell atau yg lain
8. ada bengkel rujukan yg kebetulan di pake temen2 di daerah jatiasih, mungkin bisa pm ke saya utk detilnya

CMIWW ya..

_________________
Best Regards,


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jun 2012, 17:20 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 20 Jun 2012, 17:12
Posts: 1
airflow wrote:
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...


Gan, minta nomor telponnya dunk yang di Atrium Senen! Apa nama tokonya? Tks


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jun 2012, 19:13 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
Elly wrote:
airflow wrote:
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...


Gan, minta nomor telponnya dunk yang di Atrium Senen! Apa nama tokonya? Tks

Ria Jaya Motor
E 135
345 1564
351 8210 fax jg

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Jul 2013, 08:07 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 26 Jul 2013, 07:54
Posts: 1
Yang punya problem tentang Air Flow Sensor ( AFS) Hyundai Elantra, saya sudah coba otak atik, yang tadinya lampu " check Engine" menyala, bisa kembali mati dan normal,saya mungkin bisa sedikit membantu untuk servis AFS nya untuk info lebih lanjut hubungi saya M KHOLIL YUNIA HAKIM, saya bertugas di SMK 1 Kedungwuni, Kab. Pekalongan.bisa contak saya 085693684552, untuk yang jauh bisa paket AFS nya ke alamat tempat tugas saya mengenai biaya jangan kuatir,bisa nego jika AFSnya sudah selesai saya kerjakan ! terima kasih


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google Adsense [Bot] and 23 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com