SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 30 Oct 2014, 21:26

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 10:12 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Posts: 10408
Location: Jakarta Timur
azie wrote:
Selamat pagi rekan-rekan, saya newbee nieh, mohon pencerahan tadinya pengguna motor yang mencoba beralih punya mobil, maklum ini mobil pertama.karena sekarang punya istri punya anak, hehehe baru aja membeli hyundai elantra tahun 1995 1.6 gls. ada beberapa pertanyaan, mengenai beberapa mesin hyundai : (mohon pencerahan untuk yang punya info)

1. Untuk stater awal apakah memang tahun 95 hyundai harus menginjak kopling.
2. Stater ketika mulai kadang-kadang perlu tiga kali kontak, tenaga ada tapi tidak langsung nyala, kemarin di ahli dinamo, dipasang relay dan masih seperti itu kadang-kaadang kira kira kenapa ya pak.

3. Tadi pagi Ketika dipanaskan mesin berasap putih butuh waktu 30 menit untuk asap hilang, ini sama seperti ketika kemarin sehabis ganti oli, butuh 30 menit untuk asapnya hilang apakah normal pak kalau tidak kenapa ya pak.
4. untuk rpm , ketika mesin tanpa menyalakan ac rp m berada di 1000 dan 900, dan bunyi knalpot tidak stabil turun naik, tetapi dimesin tidak, ketika ac dinyalakan rpm tetap di jarak tersebut dan stabil. apakah normal, kalau tidak kira-kira apa penyebabnya. dan baru dua hari ini kalo lagi dijalan tiba tiba rpm turun naek trus normal lagi kaya hilang gas gitu deh.
5. Karpet mobil basah kenapa ya...
6. Untuk ban apakah aman membeli ban bekas pak, mengingat keterbatasan dana.
7. Untuk penggunaan oli mesin apakah ada pengaruhnya pak sama bunyi mesin, beda merek beda kualitas, saya pakai oli pert***** prima XP.
8. ada yang punya info nggak bengkel hyundai alternatif di bekasi atau jakarta timur

:mky_01:

thanks


Coba sundul dikit yaa...
Untuk asap knalpot, apakah Anda pernah coba menyolek daleman ujung knalpot? Apakah licin seperti oli, atau lembab seperti air? Metode awam, coba anda 'tahan' asapnya dengan jarak kira kira sejengkal dari ujung knalpot, buka telapak tangan anda disitu, apakah tangan anda jadi lembab karena uap air, atau oli?

Kalau karena uap air, itu wajar, akibat efek kondensasi knalpot. Kalau karena oli, sebaiknya dicek. Apakah kalau digas asapnya bertambah setelah mesin panas?

Untuk AC, ini elantra sudah injeksi kah? Maaf lupa sy.. :mky_01:

_________________
Just click on Image to call moderator..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 10:33 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
Coba sundul dikit yaa...
Untuk asap knalpot, apakah Anda pernah coba menyolek daleman ujung knalpot? Apakah licin seperti oli, atau lembab seperti air? Metode awam, coba anda 'tahan' asapnya dengan jarak kira kira sejengkal dari ujung knalpot, buka telapak tangan anda disitu, apakah tangan anda jadi lembab karena uap air, atau oli?

Kalau karena uap air, itu wajar, akibat efek kondensasi knalpot. Kalau karena oli, sebaiknya dicek. Apakah kalau digas asapnya bertambah setelah mesin panas?

Untuk AC, ini elantra sudah injeksi kah? Maaf lupa sy.. :mky_01:[/quote]

wah belum sempet toel toel knalpot...nanti di coba....asap kalo dah jalan, asapnya ilang.... elantra dah injeksi, pake ECU untuk kontrol udara masuk ke injeksinya (sok tau banget ya) cuma liat dari balik kap mobil aja, hehehe ....thanks gan di sundul......nanti di coba...

:thanks:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 10:38 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Posts: 10408
Location: Jakarta Timur
azie wrote:

wah belum sempet toel toel knalpot...nanti di coba....asap kalo dah jalan, asapnya ilang.... elantra dah injeksi, pake ECU untuk kontrol udara masuk ke injeksinya (sok tau banget ya) cuma liat dari balik kap mobil aja, hehehe ....thanks gan di sundul......nanti di coba...

:thanks:


Keliatannya kecil kemungkinan oli bocor ke ruang bakar mesin, om.. Tinggal cek colek ujung knalpot.

mengenai oli, setau ane sih, dari hasil kuliah om Turboman..untuk mesin ini pakai XP aja nggapapa yamama kok om.. :mky_01:

_________________
Just click on Image to call moderator..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 10:45 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
Keliatannya kecil kemungkinan oli bocor ke ruang bakar mesin, om.. Tinggal cek colek ujung knalpot.

mengenai oli, setau ane sih, dari hasil kuliah om Turboman..untuk mesin ini pakai XP aja nggapapa yamama kok om.. :mky_01:[/quote]

pake xp nggak apa ya....soalnya nyari yang pas di kantong....hehehe, kalo mesin boros apanya yang sala ya, bang.... kalo menurut info elantra bisa sampe 1:12.... kemaren test seharian 1:5 ....wah puyenk dah..... :mky_04:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 11:01 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Posts: 10408
Location: Jakarta Timur
azie wrote:

pake xp nggak apa ya....soalnya nyari yang pas di kantong....hehehe, kalo mesin boros apanya yang sala ya, bang.... kalo menurut info elantra bisa sampe 1:12.... kemaren test seharian 1:5 ....wah puyenk dah..... :mky_04:


Yaa memang banyak yg harus dicek om untuk jeroan mesin....
Nunggu mastah2 injeksi disini ah... Ane orang paling jalot (jadul kolot) disini.. :mky_06:

_________________
Just click on Image to call moderator..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 11:06 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
Yaa memang banyak yg harus dicek om untuk jeroan mesin....
Nunggu mastah2 injeksi disini ah... Ane orang paling jalot (jadul kolot) disini.. :mky_06:[/quote]


iya lagi belajar banyak tentang mesin ... biar nggak ke tepu.....gitu deh........

:e-pray: :thanks:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 11:26 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
airflow wrote:
gmx wrote:
dapet di mana om, berapa harganya?


Dapat di Senen Atrium, harganya 600 ribu. Itu made in Korea juga. Kalau yang real original, harganya sampai 4 juta.

Alhamdulillah, sekarang mobilnya sudah lancar jaya...



mo tanya dunk....masih inget nama tokonya nggak di atrium senen....kayaknya sama nieh elantra ane.... ndut-ndutan.....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 12:23 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:
Selamat pagi rekan-rekan, saya newbee nieh, mohon pencerahan tadinya pengguna motor yang mencoba beralih punya mobil, maklum ini mobil pertama.karena sekarang punya istri punya anak, hehehe baru aja membeli hyundai elantra tahun 1995 1.6 gls. ada beberapa pertanyaan, mengenai beberapa mesin hyundai : (mohon pencerahan untuk yang punya info)

1. Untuk stater awal apakah memang tahun 95 hyundai harus menginjak kopling.
2. Stater ketika mulai kadang-kadang perlu tiga kali kontak, tenaga ada tapi tidak langsung nyala, kemarin di ahli dinamo, dipasang relay dan masih seperti itu kadang-kaadang kira kira kenapa ya pak.

3. Tadi pagi Ketika dipanaskan mesin berasap putih butuh waktu 30 menit untuk asap hilang, ini sama seperti ketika kemarin sehabis ganti oli, butuh 30 menit untuk asapnya hilang apakah normal pak kalau tidak kenapa ya pak.
4. untuk rpm , ketika mesin tanpa menyalakan ac rp m berada di 1000 dan 900, dan bunyi knalpot tidak stabil turun naik, tetapi dimesin tidak, ketika ac dinyalakan rpm tetap di jarak tersebut dan stabil. apakah normal, kalau tidak kira-kira apa penyebabnya. dan baru dua hari ini kalo lagi dijalan tiba tiba rpm turun naek trus normal lagi kaya hilang gas gitu deh.
5. Karpet mobil basah kenapa ya...
6. Untuk ban apakah aman membeli ban bekas pak, mengingat keterbatasan dana.
7. Untuk penggunaan oli mesin apakah ada pengaruhnya pak sama bunyi mesin, beda merek beda kualitas, saya pakai oli pert***** prima XP.
8. ada yang punya info nggak bengkel hyundai alternatif di bekasi atau jakarta timur

:mky_01:

thanks


penyebab dari masalah, biasanya tidak hanya berasal dari 1 sumber saja, jadi musti diperiksa menyeluruh...
tapi bisa diurutkan dari penyebab umumnya...

1. Rasanya tidak..., dan bukan hanya elantra saja.
2. Cek aki, kemungkinan sudah lemah. Cek juga motor starter-nya, mungkin arang-nya (carbon brush) sudah tipis atau juga penyebab lain
3. Apakah asap ini masih tetap keluar saat panas (meski tipis)? apakah saat digas, asapnya tambah banyak? kemungkinan oli masuk ruang bakar, cek kondisi/volume oli secara teratur. Apakah ada pengurangan volume?
4. Tune up dulu, bersihkan ruang bakar dan throttle body, dan periksa kondisi idle control (ISC), kemungkinan kotor...
5. Kurang tahu...kemungkinan ada lembab/bocor?
6. Sebaiknya jangan, kalaupun kepepet karena darurat, kalau sudah ada budget-nya mendingan ganti baru.
7. Tentu, kondisi dan kualitas oli sangat berpengaruh ke kinerja mesin. Minimal pastikan kekentalan dan api service-nya sesuai mintanya mesin. Kalau merk diatas, selama asli dan cocok spek-nya sih buat harian ok saja kok... Kalau bunyinya gemerisik, ada kemungkinan katup hidrolis-nya (HLA) sudah kena. Mesin dgn katup hidrolis, sebaiknya pakai oli dgn kekentalan 10w40, tapi pastikan dulu kalau jeroan mesin masih rapet (lihat nr. 3)
8. Maaf, tidak tahu...

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 12:26 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:

pake xp nggak apa ya....soalnya nyari yang pas di kantong....hehehe, kalo mesin boros apanya yang sala ya, bang.... kalo menurut info elantra bisa sampe 1:12.... kemaren test seharian 1:5 ....wah puyenk dah..... :mky_04:


pastikan gaya mengemudi-nya alus....istilahnya kaki kanan nya sudah bersertifikat :upss:

setelah itu, pastikan kesehatan mesin...bisa dimulai dengan tune up total, ganti oli, cek pengapian dsb...

saat tune up, coba dicek kondisi sensor airflow-nya

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 14:05 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:

pake xp nggak apa ya....soalnya nyari yang pas di kantong....hehehe, kalo mesin boros apanya yang sala ya, bang.... kalo menurut info elantra bisa sampe 1:12.... kemaren test seharian 1:5 ....wah puyenk dah..... :mky_04:


pastikan gaya mengemudi-nya alus....istilahnya kaki kanan nya sudah bersertifikat :upss:

setelah itu, pastikan kesehatan mesin...bisa dimulai dengan tune up total, ganti oli, cek pengapian dsb...

saat tune up, coba dicek kondisi sensor airflow-nya


mudah-mudahan buka air flownya..... terima kasih


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 14:08 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
penyebab dari masalah, biasanya tidak hanya berasal dari 1 sumber saja, jadi musti diperiksa menyeluruh...
tapi bisa diurutkan dari penyebab umumnya...

1. Rasanya tidak..., dan bukan hanya elantra saja.
2. Cek aki, kemungkinan sudah lemah. Cek juga motor starter-nya, mungkin arang-nya (carbon brush) sudah tipis atau juga penyebab lain
3. Apakah asap ini masih tetap keluar saat panas (meski tipis)? apakah saat digas, asapnya tambah banyak? kemungkinan oli masuk ruang bakar, cek kondisi/volume oli secara teratur. Apakah ada pengurangan volume?
4. Tune up dulu, bersihkan ruang bakar dan throttle body, dan periksa kondisi idle control (ISC), kemungkinan kotor...
5. Kurang tahu...kemungkinan ada lembab/bocor?
6. Sebaiknya jangan, kalaupun kepepet karena darurat, kalau sudah ada budget-nya mendingan ganti baru.
7. Tentu, kondisi dan kualitas oli sangat berpengaruh ke kinerja mesin. Minimal pastikan kekentalan dan api service-nya sesuai mintanya mesin. Kalau merk diatas, selama asli dan cocok spek-nya sih buat harian ok saja kok... Kalau bunyinya gemerisik, ada kemungkinan katup hidrolis-nya (HLA) sudah kena. Mesin dgn katup hidrolis, sebaiknya pakai oli dgn kekentalan 10w40, tapi pastikan dulu kalau jeroan mesin masih rapet (lihat nr. 3)
8. Maaf, tidak tahu...[/quote]

terima kasih atas infonya... tapi gmana cara bersihkan ISCnya ya bang....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Apr 2012, 23:43 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9342
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
azie wrote:
Selamat pagi rekan-rekan, saya newbee nieh, mohon pencerahan tadinya pengguna motor yang mencoba beralih punya mobil, maklum ini mobil pertama.karena sekarang punya istri punya anak, hehehe baru aja membeli hyundai elantra tahun 1995 1.6 gls. ada beberapa pertanyaan, mengenai beberapa mesin hyundai : (mohon pencerahan untuk yang punya info)

1. Untuk stater awal apakah memang tahun 95 hyundai harus menginjak kopling.
2. Stater ketika mulai kadang-kadang perlu tiga kali kontak, tenaga ada tapi tidak langsung nyala, kemarin di ahli dinamo, dipasang relay dan masih seperti itu kadang-kaadang kira kira kenapa ya pak.

3. Tadi pagi Ketika dipanaskan mesin berasap putih butuh waktu 30 menit untuk asap hilang, ini sama seperti ketika kemarin sehabis ganti oli, butuh 30 menit untuk asapnya hilang apakah normal pak kalau tidak kenapa ya pak.
4. untuk rpm , ketika mesin tanpa menyalakan ac rp m berada di 1000 dan 900, dan bunyi knalpot tidak stabil turun naik, tetapi dimesin tidak, ketika ac dinyalakan rpm tetap di jarak tersebut dan stabil. apakah normal, kalau tidak kira-kira apa penyebabnya. dan baru dua hari ini kalo lagi dijalan tiba tiba rpm turun naek trus normal lagi kaya hilang gas gitu deh.
5. Karpet mobil basah kenapa ya...
6. Untuk ban apakah aman membeli ban bekas pak, mengingat keterbatasan dana.
7. Untuk penggunaan oli mesin apakah ada pengaruhnya pak sama bunyi mesin, beda merek beda kualitas, saya pakai oli pert***** prima XP.
8. ada yang punya info nggak bengkel hyundai alternatif di bekasi atau jakarta timur

:mky_01:

thanks


3. yg dimaksud asap ini seperti apa oom? apakah tipis saja seperti orang merokok atawa cukup pekat berwarna putih? klo jawaban nya yg terakhir ada kemungkinan oli menelusup ke ruang bakar, klo di gas apakah tambah ngebul? coba cek level oli dr dipstick saat mesin sdh adem
5. bagian yg basah disebelah mana? ada beberapa kemungkinan, yg paling aman adalah terkena tetesan dr saluran pembuangan air ac, tp bisa jg karena karet2 pintu sudah afkir sehingga saat hujan atawa menerobos genangan air bisa rembes kedalam......coba diingat2 terakhir pakai mobil saat hujan ga?
6. aman asal memilih yg kembangan nya masih diatas 60% namun bukan yg suntikan, dan ini sifat nya darurat saja, dalam artian sebaik nya tidak dipakai utk kecepatan tinggi maupun manuver ekstrim

cmiiw :D

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Apr 2012, 08:06 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
doq wrote:
azie wrote:
Selamat pagi rekan-rekan, saya newbee nieh, mohon pencerahan tadinya pengguna motor yang mencoba beralih punya mobil, maklum ini mobil pertama.karena sekarang punya istri punya anak, hehehe baru aja membeli hyundai elantra tahun 1995 1.6 gls. ada beberapa pertanyaan, mengenai beberapa mesin hyundai : (mohon pencerahan untuk yang punya info)

1. Untuk stater awal apakah memang tahun 95 hyundai harus menginjak kopling.
2. Stater ketika mulai kadang-kadang perlu tiga kali kontak, tenaga ada tapi tidak langsung nyala, kemarin di ahli dinamo, dipasang relay dan masih seperti itu kadang-kaadang kira kira kenapa ya pak.

3. Tadi pagi Ketika dipanaskan mesin berasap putih butuh waktu 30 menit untuk asap hilang, ini sama seperti ketika kemarin sehabis ganti oli, butuh 30 menit untuk asapnya hilang apakah normal pak kalau tidak kenapa ya pak.
4. untuk rpm , ketika mesin tanpa menyalakan ac rp m berada di 1000 dan 900, dan bunyi knalpot tidak stabil turun naik, tetapi dimesin tidak, ketika ac dinyalakan rpm tetap di jarak tersebut dan stabil. apakah normal, kalau tidak kira-kira apa penyebabnya. dan baru dua hari ini kalo lagi dijalan tiba tiba rpm turun naek trus normal lagi kaya hilang gas gitu deh.
5. Karpet mobil basah kenapa ya...
6. Untuk ban apakah aman membeli ban bekas pak, mengingat keterbatasan dana.
7. Untuk penggunaan oli mesin apakah ada pengaruhnya pak sama bunyi mesin, beda merek beda kualitas, saya pakai oli pert***** prima XP.
8. ada yang punya info nggak bengkel hyundai alternatif di bekasi atau jakarta timur

:mky_01:

thanks


3. yg dimaksud asap ini seperti apa oom? apakah tipis saja seperti orang merokok atawa cukup pekat berwarna putih? klo jawaban nya yg terakhir ada kemungkinan oli menelusup ke ruang bakar, klo di gas apakah tambah ngebul? coba cek level oli dr dipstick saat mesin sdh adem
5. bagian yg basah disebelah mana? ada beberapa kemungkinan, yg paling aman adalah terkena tetesan dr saluran pembuangan air ac, tp bisa jg karena karet2 pintu sudah afkir sehingga saat hujan atawa menerobos genangan air bisa rembes kedalam......coba diingat2 terakhir pakai mobil saat hujan ga?
6. aman asal memilih yg kembangan nya masih diatas 60% namun bukan yg suntikan, dan ini sifat nya darurat saja, dalam artian sebaik nya tidak dipakai utk kecepatan tinggi maupun manuver ekstrim

cmiiw :D


thanks di resopon ya bang.....
3. asapnyanya putih banyak...tapi pas jalan dah panas sieh ilang.... di gas juga nggak keluar lagi tuh asap, kemaren ane coba toel knalpot (saran dari bang VanzMatic), sepertinya uap air..... mudah-mudahan nggak salah.
5. karpet yang basah persis di bawah supir terus ke karpet belakang penumpang belakang. asumsi awal sieh waktu pas ujan buka kaca air masuk.... tapi beberapa hari kering trus muncul lagi...kemarin ada cari info katanya sieh efek heater airnya masuk...tapi kalau air heater air radiator pastinya berkurang tapi ini tidak..... ada yang bilang di bypass aja hose yang ke heaternya.... ada efeknya nggak ya....
kalau bukan itu ada yang info evaporatornya.... ane belum nemu evaporator elantra dimana .....
6. kemaren memutuskan beli ban baru berhubung temen ada beli ban seken meletus...jadi beli baru.....

sekarang ada trouble lagi lampu buat belok kiri dan kanan mati cek bohlam ok.. pakai hazard dua-duanya hidup.... belum cek sampai sekring , belum tau dimana....

thanks infonya....

:thanks:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Apr 2012, 08:12 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:

pake xp nggak apa ya....soalnya nyari yang pas di kantong....hehehe, kalo mesin boros apanya yang sala ya, bang.... kalo menurut info elantra bisa sampe 1:12.... kemaren test seharian 1:5 ....wah puyenk dah..... :mky_04:


pastikan gaya mengemudi-nya alus....istilahnya kaki kanan nya sudah bersertifikat :upss:

setelah itu, pastikan kesehatan mesin...bisa dimulai dengan tune up total, ganti oli, cek pengapian dsb...

saat tune up, coba dicek kondisi sensor airflow-nya



mudahan kaki kanan ane mau disekolahin dulu, karena kemaren ikut kelas motor sekarang ikut kelas mobil :frm_tumbleft:, mau tanya lagi kalau didareah timing belt bunyi nya trek trek trek nggak kenceng apa yang salah ya,..... mesin bunyi kasar juga knapa ya.......


thanks

:thanks:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Apr 2012, 22:08 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:
terima kasih atas infonya... tapi gmana cara bersihkan ISCnya ya bang....


sekedar saran, kalau belum familiar dan terbiasa, mending serahkan ke bengkel
cari bengkel yang sudah akrab/kenal, dan boleh ngelihatin proses kerjanya

tar diperhatikan sambil manfaatin buat tanya jawab....setelah itu bisa dicoba sendiri...

cara-cara ini yang saya terapkan...

makanya untuk tune up ringan macam ganti oli, carbon clean, bersihkan throttle, isc/airflow dll...saya kerjakan sendiri, tapi itupun setelah beberapa kali ngelihat dan tanya jawab di bengkel

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Apr 2012, 11:55 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:
terima kasih atas infonya... tapi gmana cara bersihkan ISCnya ya bang....


sekedar saran, kalau belum familiar dan terbiasa, mending serahkan ke bengkel
cari bengkel yang sudah akrab/kenal, dan boleh ngelihatin proses kerjanya

tar diperhatikan sambil manfaatin buat tanya jawab....setelah itu bisa dicoba sendiri...

cara-cara ini yang saya terapkan...

makanya untuk tune up ringan macam ganti oli, carbon clean, bersihkan throttle, isc/airflow dll...saya kerjakan sendiri, tapi itupun setelah beberapa kali ngelihat dan tanya jawab di bengkel


saran bagus ...nbang kalo saya bawa ke beres gmana ya bang tanya via telp general check up kena 220rb....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Apr 2012, 13:09 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
abank-abank mo tanya bisa kasih saran tentang ac, kompresor ane macet n harus diganti...ada yang bisa kasih info nggak bengkel ac yang tepat buat elantra ane.... enakan ganti second atau baru.....terima kasih


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Apr 2012, 20:18 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:
imsus2c wrote:
azie wrote:
terima kasih atas infonya... tapi gmana cara bersihkan ISCnya ya bang....


sekedar saran, kalau belum familiar dan terbiasa, mending serahkan ke bengkel
cari bengkel yang sudah akrab/kenal, dan boleh ngelihatin proses kerjanya

tar diperhatikan sambil manfaatin buat tanya jawab....setelah itu bisa dicoba sendiri...

cara-cara ini yang saya terapkan...

makanya untuk tune up ringan macam ganti oli, carbon clean, bersihkan throttle, isc/airflow dll...saya kerjakan sendiri, tapi itupun setelah beberapa kali ngelihat dan tanya jawab di bengkel


saran bagus ...nbang kalo saya bawa ke beres gmana ya bang tanya via telp general check up kena 220rb....


memang bagusnya sih ke BeRes, tapi tidak harus...
bisa ke bengkel umum yg bagus, selama dia terbiasa mesin injeksi dan punya peralatan scanner-nya
setau saya, mesin elantra lama masih turunan dari mitsubishi, jadi kalau ada bengkel umum yg biasa pegang mitsubishi, pasti bisa bantu periksa elantra :D

saya sendiri, dapat dikatakan kalau service ga pernah ke BeRes...perginya ke bengkel umum atau bengkel spesialis
ke BeRes cuma kalo lagi butuh beli suku cadang asli yg kebetulan ga ada di toko umum :D

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Apr 2012, 20:31 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:
abank-abank mo tanya bisa kasih saran tentang ac, kompresor ane macet n harus diganti...ada yang bisa kasih info nggak bengkel ac yang tepat buat elantra ane.... enakan ganti second atau baru.....terima kasih


bagaimanapun juga, ganti baru bisa dipastikan hasilnya lebih baik dibanding ganti barang bekas/second :D
enaknya, part baru misalnya kompressor AC buat hyundai/elantra, engga semahal merk lain
seinget saya, OEM kompressor AC hyundai merknya HCC (Halla Climate Control), dalam kondisi baru, harganya relatif lebih murah jika misalnya dibanding merk ND (Denso) atau Sanden.

cuma kalau mau pakai jurus hemat, bisa beli barang rekondisi dan tentunya minta garansi
kalau memang milih ini, ambil yg ber-merk sekalian (misalnya Denso/ND)

saran lagi (dan jika ada dananya), saat ganti kompressor, sebaiknya gantu juga kondensor dan dryer... memang jatuhnya jadi agak mahal...siapkan budget 3-4 jutaan... :e-doh:
karena biasanya, jika AC jarang servis, begitu servis, minta gantinya macam-macam....mulai dari expansion, piping, filter, dst...dst...dst...
kalau AC sehat, service minimal setahun sekali, keluar biaya paling 400-600ribuan buat servis tahunan (diluar biaya ganti suku cadang)
secara saya pernah punya pengalaman pahit...3 tahun lebih ac ga pernah diservis, akhirnya ke bengkel karena ngga dingin dan suara ngorok dari kompressor...
akhirnya musti ganti macama2 tadi...habisnya jutaan :e-wall:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 12:52 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
memang bagusnya sih ke BeRes, tapi tidak harus...
bisa ke bengkel umum yg bagus, selama dia terbiasa mesin injeksi dan punya peralatan scanner-nya
setau saya, mesin elantra lama masih turunan dari mitsubishi, jadi kalau ada bengkel umum yg biasa pegang mitsubishi, pasti bisa bantu periksa elantra :D

saya sendiri, dapat dikatakan kalau service ga pernah ke BeRes...perginya ke bengkel umum atau bengkel spesialis
ke BeRes cuma kalo lagi butuh beli suku cadang asli yg kebetulan ga ada di toko umum :D[/quote]

terima kasih bang atas sharingnya...menambah wawasan ane..... ane lagi nyari nyari bengkel yang pas n sreg dihati ... punya rekomendasi bang.....Hyundai atau mitsubishi daerah bekasi atau jakarta timur ya....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 12:56 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
imsus2c wrote:
azie wrote:
abank-abank mo tanya bisa kasih saran tentang ac, kompresor ane macet n harus diganti...ada yang bisa kasih info nggak bengkel ac yang tepat buat elantra ane.... enakan ganti second atau baru.....terima kasih


bagaimanapun juga, ganti baru bisa dipastikan hasilnya lebih baik dibanding ganti barang bekas/second :D
enaknya, part baru misalnya kompressor AC buat hyundai/elantra, engga semahal merk lain
seinget saya, OEM kompressor AC hyundai merknya HCC (Halla Climate Control), dalam kondisi baru, harganya relatif lebih murah jika misalnya dibanding merk ND (Denso) atau Sanden.

cuma kalau mau pakai jurus hemat, bisa beli barang rekondisi dan tentunya minta garansi
kalau memang milih ini, ambil yg ber-merk sekalian (misalnya Denso/ND)

saran lagi (dan jika ada dananya), saat ganti kompressor, sebaiknya gantu juga kondensor dan dryer... memang jatuhnya jadi agak mahal...siapkan budget 3-4 jutaan... :e-doh:
karena biasanya, jika AC jarang servis, begitu servis, minta gantinya macam-macam....mulai dari expansion, piping, filter, dst...dst...dst...
kalau AC sehat, service minimal setahun sekali, keluar biaya paling 400-600ribuan buat servis tahunan (diluar biaya ganti suku cadang)
secara saya pernah punya pengalaman pahit...3 tahun lebih ac ga pernah diservis, akhirnya ke bengkel karena ngga dingin dan suara ngorok dari kompressor...
akhirnya musti ganti macama2 tadi...habisnya jutaan :e-wall:


iya bener banget bang... ane sempet ke tk ac yang deket rumah... dirinci yang diganti, ekapnsi, drier, condensor, kompressornya yang copotan... dikasih garansi setahun... dari 4 tkg ac ane datangi...yang deket rumah yg kasih garansi 1 tahun.....dananya lumayan, persis perkiraan abang cuman kompressornya bukan baru, punya kijang 15 A, pake yang sejenis persis sama dengan yang rusak kemaren....karena dah di modif....sama yang jual kemaren..... menurut abang gmana ya.....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 16:15 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 03 Apr 2012, 07:54
Posts: 40
azie wrote:
imsus2c wrote:
azie wrote:
abank-abank mo tanya bisa kasih saran tentang ac, kompresor ane macet n harus diganti...ada yang bisa kasih info nggak bengkel ac yang tepat buat elantra ane.... enakan ganti second atau baru.....terima kasih


bagaimanapun juga, ganti baru bisa dipastikan hasilnya lebih baik dibanding ganti barang bekas/second :D
enaknya, part baru misalnya kompressor AC buat hyundai/elantra, engga semahal merk lain
seinget saya, OEM kompressor AC hyundai merknya HCC (Halla Climate Control), dalam kondisi baru, harganya relatif lebih murah jika misalnya dibanding merk ND (Denso) atau Sanden.

cuma kalau mau pakai jurus hemat, bisa beli barang rekondisi dan tentunya minta garansi
kalau memang milih ini, ambil yg ber-merk sekalian (misalnya Denso/ND)

saran lagi (dan jika ada dananya), saat ganti kompressor, sebaiknya gantu juga kondensor dan dryer... memang jatuhnya jadi agak mahal...siapkan budget 3-4 jutaan... :e-doh:
karena biasanya, jika AC jarang servis, begitu servis, minta gantinya macam-macam....mulai dari expansion, piping, filter, dst...dst...dst...
kalau AC sehat, service minimal setahun sekali, keluar biaya paling 400-600ribuan buat servis tahunan (diluar biaya ganti suku cadang)
secara saya pernah punya pengalaman pahit...3 tahun lebih ac ga pernah diservis, akhirnya ke bengkel karena ngga dingin dan suara ngorok dari kompressor...
akhirnya musti ganti macama2 tadi...habisnya jutaan :e-wall:


iya bener banget bang... ane sempet ke tk ac yang deket rumah... dirinci yang diganti, ekapnsi, drier, condensor, kompressornya yang copotan... dikasih garansi setahun... dari 4 tkg ac ane datangi...yang deket rumah yg kasih garansi 1 tahun.....dananya lumayan, persis perkiraan abang cuman kompressornya bukan baru, punya kijang 15 A, pake yang sejenis persis sama dengan yang rusak kemaren....karena dah di modif....sama yang jual kemaren..... menurut abang gmana ya.....


oh iya satu lagi bang lagi bingung...mau setting timing belt... di HYundai resmi atau di hyundai no bengkel resmi enakan yang mana ya bang.... di non beres jasanya 250k di hyundai beres 480k ....enakan yang mana yan bang.....please answer.... trus lebih baik pasang ac dulu, atau setting timing belt dulu ya... info bengkel non berres saya baru satu kali kesitu dan itu saran yang jual....di cikarang keluar cikarang barat...tenkiu banyak.... :mky_04:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 20:16 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:
terima kasih bang atas sharingnya...menambah wawasan ane..... ane lagi nyari nyari bengkel yang pas n sreg dihati ... punya rekomendasi bang.....Hyundai atau mitsubishi daerah bekasi atau jakarta timur ya....


waduh...maaf saya buta rekomendasi bengkel situ...secara saya posisi di jawa tengah/jawa timur :ungg:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 20:19 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:
imsus2c wrote:
azie wrote:
abank-abank mo tanya bisa kasih saran tentang ac, kompresor ane macet n harus diganti...ada yang bisa kasih info nggak bengkel ac yang tepat buat elantra ane.... enakan ganti second atau baru.....terima kasih


bagaimanapun juga, ganti baru bisa dipastikan hasilnya lebih baik dibanding ganti barang bekas/second :D
enaknya, part baru misalnya kompressor AC buat hyundai/elantra, engga semahal merk lain
seinget saya, OEM kompressor AC hyundai merknya HCC (Halla Climate Control), dalam kondisi baru, harganya relatif lebih murah jika misalnya dibanding merk ND (Denso) atau Sanden.

cuma kalau mau pakai jurus hemat, bisa beli barang rekondisi dan tentunya minta garansi
kalau memang milih ini, ambil yg ber-merk sekalian (misalnya Denso/ND)

saran lagi (dan jika ada dananya), saat ganti kompressor, sebaiknya gantu juga kondensor dan dryer... memang jatuhnya jadi agak mahal...siapkan budget 3-4 jutaan... :e-doh:
karena biasanya, jika AC jarang servis, begitu servis, minta gantinya macam-macam....mulai dari expansion, piping, filter, dst...dst...dst...
kalau AC sehat, service minimal setahun sekali, keluar biaya paling 400-600ribuan buat servis tahunan (diluar biaya ganti suku cadang)
secara saya pernah punya pengalaman pahit...3 tahun lebih ac ga pernah diservis, akhirnya ke bengkel karena ngga dingin dan suara ngorok dari kompressor...
akhirnya musti ganti macama2 tadi...habisnya jutaan :e-wall:


iya bener banget bang... ane sempet ke tk ac yang deket rumah... dirinci yang diganti, ekapnsi, drier, condensor, kompressornya yang copotan... dikasih garansi setahun... dari 4 tkg ac ane datangi...yang deket rumah yg kasih garansi 1 tahun.....dananya lumayan, persis perkiraan abang cuman kompressornya bukan baru, punya kijang 15 A, pake yang sejenis persis sama dengan yang rusak kemaren....karena dah di modif....sama yang jual kemaren..... menurut abang gmana ya.....


setau saya, kijang pakai ND (denso), kalau bengkel berani kasih garansi 1 tahun, menurut saya itu bagus..
yg penting kompressornya, meski bekas tapi sudah diperiksa dan direbuild (servis), bukan sekedar comot-pasang
toh kalau beli yg ori hyundai (HCC), saya ga yakin kalau juga digaransi sampe setahun, apalagi kalo pasangnya bukan di BeRes, bisa dipastikan tanpa garansi (hanya garansi bengkel, itu saja jika bengkelnya mau kasih)

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Apr 2012, 20:23 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6232
Location: almost there...
azie wrote:

oh iya satu lagi bang lagi bingung...mau setting timing belt... di HYundai resmi atau di hyundai no bengkel resmi enakan yang mana ya bang.... di non beres jasanya 250k di hyundai beres 480k ....enakan yang mana yan bang.....please answer.... trus lebih baik pasang ac dulu, atau setting timing belt dulu ya... info bengkel non berres saya baru satu kali kesitu dan itu saran yang jual....di cikarang keluar cikarang barat...tenkiu banyak.... :mky_04:


lho...memangnya timing belt-nya kenapa kok musti disetting ulang? lompat giginya?
buat saya, selama bengkel umumnya bagus dan punya reputasi, ga masalah dikerjakan di situ
saya 2x ganti timing belt juga ga pernah di BeRes :upss:

kalau suruh milih benerin timing belt atau AC, saya akan pilih timing belt dulu secara dia berpengaruh langsung ke mesin
kalau timing belt bermasalah/rusak, mesin bisa-bisa malah wassalam... :e-doh:
kalau AC yg bermasalah, gejala yg langsung terasa, mobilnya jadi panas dan gerah... :mrgreen:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 71 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 13 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com