SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 26 Oct 2014, 10:37

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 32 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 12:25 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 19 Jun 2010, 09:20
Posts: 21
bro boil gua kijang kapsul diesel 2000

masalahnya pas lewat genangan air ada bunyi "cet cet" di bagian belakang mobil.

kata teman saya itu per daun nya kering. bawa ke tukang per aja.

apa bener bro itu karena per nya? terus supaya ga bunyi lagi gimana ya ? soalnya gua ga tau tukang per yang bagus neh di surabaya.. ada rekomendasi?

note: 70% pas lewat genangan pasti bunyi jadi bukan setiap kali lewat genangan bunyi gan hehe

thankyou bro


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 12:41 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
di lembar per daun ada karet tipis yg berfungsi untuk meredam bunyi gesekan dng lembar yg lainnya (karet sisipan), biasanya posisinya diujung lembaran, coba dibawa ke tukang per untuk dicek apakah karetnya masih bagus atau nggak, sebab seiring waktu biasanya karet tsb lama2 aus. Kalo dah aus biasanya bengkel bikin karet ganjelan untuk penggantinya, contoh :

Image

penyebab bunyi2 lain bs jg karena ada lembar yg berkarat atau kotoran kejebak, ini bs dimaklum krn skrg kan musim hujan, byk genangan air jadi part kaki2 sering basah dng air kotor, selain itu kondisi karet/bushing di shackle (anting per) yg udah aus atau kering bisa jg menyebabkan bunyi.

monggo dibawa ke bengkel per untuk dicek lbh seksama :D

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 12:42 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 19 Jun 2010, 09:20
Posts: 21
kira-kira ongkos totalnya berapa ya bro? ada rekomendasi ga bengkel per di surabaya?

jadi emang bener ya bunyi-bunyian pas lewat genangan air itu wajar pada mobil yang pake per daun?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 12:51 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
saya tinggal dijakarta, jadi bener2 gak tau berapa ongkosnya kalo di surabaya
kalo dijakarta bongkar per dikisaran harga 100rb an om..

btw, mbl per daun atau per keong kalo sering lewat genangan sama2 bs berpotensi bunyi2, makanya saya biasakan kalo sering lewat genangan lbh rutin cuci kolong2 mbl.

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 15:24 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1176
Oom Sparta, bunyi nya itu memang hanya lewat genangan air saja, kalau pada saat jalan rusak goyang2x gitu bunyi tidak ?

soalnya kapsul ane juga bunyi kalu lewat jalan rusak atau pada saat goyang2x gitu, bunyi nya itu bunyi reot kayka angkot gitu dah .. ane dah tanya ke montir ane kalu bunyi itu adalah bunyi karet2x nya, ada tiga titik kalau ga salah, ane lupa nama karetnya apa .. kalu benerin itu untuk harga karet2nya habis skitar 600rb ...

sape nich hari tuh tokisul ane lom ane benerin sich, jadi masih biarin bunyi gitu ... he..he..he.. :big_weee:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 17:54 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4355
Itu mau disebut karet atau teflon boleh2 aja. Letaknya di anting2 pernya. Bentuknya silindris.

Harganya per titik gak mahal, jauh di bawah 100 ribu. Cuma teflon aja kok.

_________________
Ready to Race


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jan 2011, 22:56 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
kapsul 97 wrote:
Oom Sparta, bunyi nya itu memang hanya lewat genangan air saja, kalau pada saat jalan rusak goyang2x gitu bunyi tidak ?

soalnya kapsul ane juga bunyi kalu lewat jalan rusak atau pada saat goyang2x gitu, bunyi nya itu bunyi reot kayka angkot gitu dah .. ane dah tanya ke montir ane kalu bunyi itu adalah bunyi karet2x nya, ada tiga titik kalau ga salah, ane lupa nama karetnya apa .. kalu benerin itu untuk harga karet2nya habis skitar 600rb ...

sape nich hari tuh tokisul ane lom ane benerin sich, jadi masih biarin bunyi gitu ... he..he..he.. :big_weee:

bro kapsul, klo mau lbh murah, coba dulu saran ane nih........ salah satu penyebab bunyi2an tsb adalah baut antara chasis n body....baut tsb dilepas, kmd bautnya diolesin gemuk.....lalu pasang kembali..... biasanya bunyi2an tsb ilang.....nah, jumlah bautnya cukup banyak deh.....

smoga bermanfaat............


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 09:00 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1176
sjamsul wrote:
kapsul 97 wrote:
Oom Sparta, bunyi nya itu memang hanya lewat genangan air saja, kalau pada saat jalan rusak goyang2x gitu bunyi tidak ?

soalnya kapsul ane juga bunyi kalu lewat jalan rusak atau pada saat goyang2x gitu, bunyi nya itu bunyi reot kayka angkot gitu dah .. ane dah tanya ke montir ane kalu bunyi itu adalah bunyi karet2x nya, ada tiga titik kalau ga salah, ane lupa nama karetnya apa .. kalu benerin itu untuk harga karet2nya habis skitar 600rb ...

sape nich hari tuh tokisul ane lom ane benerin sich, jadi masih biarin bunyi gitu ... he..he..he.. :big_weee:

bro kapsul, klo mau lbh murah, coba dulu saran ane nih........ salah satu penyebab bunyi2an tsb adalah baut antara chasis n body....baut tsb dilepas, kmd bautnya diolesin gemuk.....lalu pasang kembali..... biasanya bunyi2an tsb ilang.....nah, jumlah bautnya cukup banyak deh.....

smoga bermanfaat............

jadi kalau gitu bukan karet-karet nya dong Oom sjamsul ?? soalnya montir ane bilang karet2nya ...
kira-kira berapa biji tuh bautnya ya ?

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 11:23 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1396
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
jiaaahh...bro kapsul kykny gak nangkep ye. ente lg diksh PR tuh bro dg prop sjamsul.



ngitungin jumlah baut .... :ngacir: ....

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 16:49 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
kapsul 97 wrote:
jadi kalau gitu bukan karet-karet nya dong Oom sjamsul ?? soalnya montir ane bilang karet2nya ...
kira-kira berapa biji tuh bautnya ya ?

maksud ane belon tentu karetnya..... wlp ada kemungkinan dari sana juga bisa.....nah, drpd keluar duit, mendingan coba dulu yg ga usah keluar duit, jadi nt tinggal gemukin dulu sendiri......

jumlah bautnya ane belon ngitung pastinya, tp bisa diliat n itung sendiri bro...... hahaha......


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 17:08 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1396
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
@kapsul97: tuh betul kan, ente dikasih PR dg prop sjamsul. :upss:



..... :ngacir: .....

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 17:27 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Posts: 1439
apa yang digemukin sih, bingung..Ntar kalo dicuci steam gemuknya rontok lagi :ungg:

_________________
Powered by BBM Subsidi


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 18:05 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13152
Location: in your heart
Andrian wrote:
@kapsul97: tuh betul kan, ente dikasih PR dg prop sjamsul. :upss:



..... :ngacir: .....


hush, propesor lagi nurunin ilmu ke asistennya... :upss:

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 21:36 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
hmm... kalo menurut ane masalah ini simple kok.

1. biasa dari lembaran tumpukan per daun yang bergesekan, coba dulu mobil di angkat pake dongkrak ampe ban ke angkat, trus semprot celah2 per daun pake penetrant ampe ke sela2 maksimal terdalam. kalo bunyi ilang untuk selanujutnya bisa dengan menyelipkan guntingan bekas ban dalam ke sela2 pe tadi, dengan cara yang sama saat penyemprotan penetran cuman di bantu engkek per daunnya supaya celahnya di lebarkan dengan obeng min yang agak besar.

2. ya dari bushing yang dia anting2 depan dan belakang ( lupa ane nama bengkelnya )

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 21:47 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
m4rio wrote:
dengan cara yang sama saat penyemprotan penetran cuman di bantu engkek per daunnya supaya celahnya di lebarkan dengan obeng min yang agak besar.


muncul lagi kalimat itu.... :upss:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 21:49 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
jalu wrote:
m4rio wrote:
dengan cara yang sama saat penyemprotan penetran cuman di bantu engkek per daunnya supaya celahnya di lebarkan dengan obeng min yang agak besar.


muncul lagi kalimat itu.... :upss:



itu mah ane ikutin kalimat prop jal. biar istilahnya gampang, kan ama prop engkek udah di jelasin, jadi kan ane gk susah2 jelasin lagi. hehehehe.

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jan 2011, 23:56 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
ilhami wrote:
apa yang digemukin sih, bingung..Ntar kalo dicuci steam gemuknya rontok lagi :ungg:

yg digemukin adalah baut pengikat antara chasis dg bodi...... gemuknya ga bakalan rontok, khan posisi gemuknya ada di baut. Jadi saat baut dipasang, gemuknya berada di dalam...... nah, untuk lebih jelasnya sebentar ane potoin yahhh...... biar nt lbh ngarti.... ok.....


btw ane jadi inget ngomongan mas bro andi cengpe, klo suatu saat ane menjelaskan sesuatu mesti pake poto..... hahaha......... :upss:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jan 2011, 00:19 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
@ilhami:
bro, smoga foto ini bermanfaat................

btw ini cuma salah satu penyebab bunyi2an......


Attachments:
sm.jpg
sm.jpg [ 74.93 KiB | Viewed 3660 times ]
Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jan 2011, 06:37 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4355
Mounting bodi kok gak pakai karet ya. Berarti tiap tahun kudu kasih pelicin ... kayak stempet gemuk aja

_________________
Ready to Race


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jan 2011, 08:39 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 19 Jun 2010, 09:20
Posts: 21
iya bro bunyinya pas lewat genangan air aja. tapi itu pun juga ga selalu bunyi... waduh kok banyak penyebabnya gini ya bro?

ada yang mobilnya kijang kapsul dan ada masalah seprti saya?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Jan 2011, 09:31 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
daripada makin bingung dng beberapa asumsi kerusakan, lbh baik segera dibawa ke bengkel per untuk dibongkar...supaya bisa dicek langsung apa aja yg mesti diperbaiki. Meski terliat susah, bongkar per daun itu gak lama kok, montir2 lokal di kita udah jago2,heheheh....

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Jan 2011, 08:32 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 19 Jun 2010, 09:20
Posts: 21
oala oke de bro thanx ya.. o ya kijang gua juga ada masalah lagi neh.. gua ceritain di thread baru aja ya bro hehehe


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Mar 2011, 10:56 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1176
@TS : gmana bro, jadi masalahnya apa? dah benerin ... ??

jadi ceritanya minggu kemarin tokisul ane di ceperin sekaligus tanya sama montir nya kalu tokisul ane kalu goyang2 or liwat jalan rusak bunyi reot2 gitu, trus ternyata sama dia cuma diganti karet2 yang ada di perdaun nya, ada 12 biji, sebijinye cuma 5 rebu ... walhasil bunyi nya dah kaga ada lagi, apa masalahnya sama ya kayak TS .. ?

trus ceritanya mobil ceper lah ya ... wadooohh.. kaga enak banget gan, jadinya ane balikin lagi dah ke normal ..

maap OOT mudah2an bisa membantu juga ... :big_peace:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Mar 2011, 20:44 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
kapsul 97 wrote:
@TS : gmana bro, jadi masalahnya apa? dah benerin ... ??

jadi ceritanya minggu kemarin tokisul ane di ceperin sekaligus tanya sama montir nya kalu tokisul ane kalu goyang2 or liwat jalan rusak bunyi reot2 gitu, trus ternyata sama dia cuma diganti karet2 yang ada di perdaun nya, ada 12 biji, sebijinye cuma 5 rebu ... walhasil bunyi nya dah kaga ada lagi, apa masalahnya sama ya kayak TS .. ?

trus ceritanya mobil ceper lah ya ... wadooohh.. kaga enak banget gan, jadinya ane balikin lagi dah ke normal ..

maap OOT mudah2an bisa membantu juga ... :big_peace:



apakah karet yang dimaksud kared yang diantara lembaran per daunnya???

contoh anak gaul zaman sekarang nih, mobil ceper booo...

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Mar 2011, 07:16 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1176
kalu yang diantara perdaun nya itu kan biasa pake kayak karet silicon atau plastik gitu, tpai kata montirnya ga awet, jadi sekarang pake ptongan ban dalem ... tapi mainly bukan itu yang buat bunyi boz, tapi karet pegangan ujung per daun nya ..

*gmana cara jelasin nya ya ... :big_peace: *

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 32 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 14 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com