per daun kijang kapsul bunyi

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

spartanwarrior
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 19 Jun 2010, 09:20

per daun kijang kapsul bunyi

Postby spartanwarrior » 27 Jan 2011, 12:25

bro boil gua kijang kapsul diesel 2000

masalahnya pas lewat genangan air ada bunyi "cet cet" di bagian belakang mobil.

kata teman saya itu per daun nya kering. bawa ke tukang per aja.

apa bener bro itu karena per nya? terus supaya ga bunyi lagi gimana ya ? soalnya gua ga tau tukang per yang bagus neh di surabaya.. ada rekomendasi?

note: 70% pas lewat genangan pasti bunyi jadi bukan setiap kali lewat genangan bunyi gan hehe

thankyou bro

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby jalu » 27 Jan 2011, 12:41

di lembar per daun ada karet tipis yg berfungsi untuk meredam bunyi gesekan dng lembar yg lainnya (karet sisipan), biasanya posisinya diujung lembaran, coba dibawa ke tukang per untuk dicek apakah karetnya masih bagus atau nggak, sebab seiring waktu biasanya karet tsb lama2 aus. Kalo dah aus biasanya bengkel bikin karet ganjelan untuk penggantinya, contoh :

Image

penyebab bunyi2 lain bs jg karena ada lembar yg berkarat atau kotoran kejebak, ini bs dimaklum krn skrg kan musim hujan, byk genangan air jadi part kaki2 sering basah dng air kotor, selain itu kondisi karet/bushing di shackle (anting per) yg udah aus atau kering bisa jg menyebabkan bunyi.

monggo dibawa ke bengkel per untuk dicek lbh seksama :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

spartanwarrior
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 19 Jun 2010, 09:20

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby spartanwarrior » 27 Jan 2011, 12:42

kira-kira ongkos totalnya berapa ya bro? ada rekomendasi ga bengkel per di surabaya?

jadi emang bener ya bunyi-bunyian pas lewat genangan air itu wajar pada mobil yang pake per daun?

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby jalu » 27 Jan 2011, 12:51

saya tinggal dijakarta, jadi bener2 gak tau berapa ongkosnya kalo di surabaya
kalo dijakarta bongkar per dikisaran harga 100rb an om..

btw, mbl per daun atau per keong kalo sering lewat genangan sama2 bs berpotensi bunyi2, makanya saya biasakan kalo sering lewat genangan lbh rutin cuci kolong2 mbl.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1262
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby kapsul 97 » 27 Jan 2011, 15:24

Oom Sparta, bunyi nya itu memang hanya lewat genangan air saja, kalau pada saat jalan rusak goyang2x gitu bunyi tidak ?

soalnya kapsul ane juga bunyi kalu lewat jalan rusak atau pada saat goyang2x gitu, bunyi nya itu bunyi reot kayka angkot gitu dah .. ane dah tanya ke montir ane kalu bunyi itu adalah bunyi karet2x nya, ada tiga titik kalau ga salah, ane lupa nama karetnya apa .. kalu benerin itu untuk harga karet2nya habis skitar 600rb ...

sape nich hari tuh tokisul ane lom ane benerin sich, jadi masih biarin bunyi gitu ... he..he..he.. :big_weee:
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0857 1162 7450 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby asudarsono » 27 Jan 2011, 17:54

Itu mau disebut karet atau teflon boleh2 aja. Letaknya di anting2 pernya. Bentuknya silindris.

Harganya per titik gak mahal, jauh di bawah 100 ribu. Cuma teflon aja kok.
Ready to Race

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby sjamsul » 27 Jan 2011, 22:56

kapsul 97 wrote:Oom Sparta, bunyi nya itu memang hanya lewat genangan air saja, kalau pada saat jalan rusak goyang2x gitu bunyi tidak ?

soalnya kapsul ane juga bunyi kalu lewat jalan rusak atau pada saat goyang2x gitu, bunyi nya itu bunyi reot kayka angkot gitu dah .. ane dah tanya ke montir ane kalu bunyi itu adalah bunyi karet2x nya, ada tiga titik kalau ga salah, ane lupa nama karetnya apa .. kalu benerin itu untuk harga karet2nya habis skitar 600rb ...

sape nich hari tuh tokisul ane lom ane benerin sich, jadi masih biarin bunyi gitu ... he..he..he.. :big_weee:

bro kapsul, klo mau lbh murah, coba dulu saran ane nih........ salah satu penyebab bunyi2an tsb adalah baut antara chasis n body....baut tsb dilepas, kmd bautnya diolesin gemuk.....lalu pasang kembali..... biasanya bunyi2an tsb ilang.....nah, jumlah bautnya cukup banyak deh.....

smoga bermanfaat............

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1262
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby kapsul 97 » 28 Jan 2011, 09:00

sjamsul wrote:
kapsul 97 wrote:Oom Sparta, bunyi nya itu memang hanya lewat genangan air saja, kalau pada saat jalan rusak goyang2x gitu bunyi tidak ?

soalnya kapsul ane juga bunyi kalu lewat jalan rusak atau pada saat goyang2x gitu, bunyi nya itu bunyi reot kayka angkot gitu dah .. ane dah tanya ke montir ane kalu bunyi itu adalah bunyi karet2x nya, ada tiga titik kalau ga salah, ane lupa nama karetnya apa .. kalu benerin itu untuk harga karet2nya habis skitar 600rb ...

sape nich hari tuh tokisul ane lom ane benerin sich, jadi masih biarin bunyi gitu ... he..he..he.. :big_weee:

bro kapsul, klo mau lbh murah, coba dulu saran ane nih........ salah satu penyebab bunyi2an tsb adalah baut antara chasis n body....baut tsb dilepas, kmd bautnya diolesin gemuk.....lalu pasang kembali..... biasanya bunyi2an tsb ilang.....nah, jumlah bautnya cukup banyak deh.....

smoga bermanfaat............

jadi kalau gitu bukan karet-karet nya dong Oom sjamsul ?? soalnya montir ane bilang karet2nya ...
kira-kira berapa biji tuh bautnya ya ?
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0857 1162 7450 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...

User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1452
Joined: 08 Apr 2010, 16:37

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby Andrian » 28 Jan 2011, 11:23

jiaaahh...bro kapsul kykny gak nangkep ye. ente lg diksh PR tuh bro dg prop sjamsul.



ngitungin jumlah baut .... :ngacir: ....
Image

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby sjamsul » 28 Jan 2011, 16:49

kapsul 97 wrote:jadi kalau gitu bukan karet-karet nya dong Oom sjamsul ?? soalnya montir ane bilang karet2nya ...
kira-kira berapa biji tuh bautnya ya ?

maksud ane belon tentu karetnya..... wlp ada kemungkinan dari sana juga bisa.....nah, drpd keluar duit, mendingan coba dulu yg ga usah keluar duit, jadi nt tinggal gemukin dulu sendiri......

jumlah bautnya ane belon ngitung pastinya, tp bisa diliat n itung sendiri bro...... hahaha......

User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1452
Joined: 08 Apr 2010, 16:37

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby Andrian » 28 Jan 2011, 17:08

@kapsul97: tuh betul kan, ente dikasih PR dg prop sjamsul. :upss:



..... :ngacir: .....
Image

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1444
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby ilhami » 28 Jan 2011, 17:27

apa yang digemukin sih, bingung..Ntar kalo dicuci steam gemuknya rontok lagi :ungg:

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13658
Joined: 06 Nov 2008, 16:28

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby maskopat » 28 Jan 2011, 18:05

Andrian wrote:@kapsul97: tuh betul kan, ente dikasih PR dg prop sjamsul. :upss:



..... :ngacir: .....


hush, propesor lagi nurunin ilmu ke asistennya... :upss:
next mods:
uchychan
ak4ng

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3090
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby m4rio » 28 Jan 2011, 21:36

hmm... kalo menurut ane masalah ini simple kok.

1. biasa dari lembaran tumpukan per daun yang bergesekan, coba dulu mobil di angkat pake dongkrak ampe ban ke angkat, trus semprot celah2 per daun pake penetrant ampe ke sela2 maksimal terdalam. kalo bunyi ilang untuk selanujutnya bisa dengan menyelipkan guntingan bekas ban dalam ke sela2 pe tadi, dengan cara yang sama saat penyemprotan penetran cuman di bantu engkek per daunnya supaya celahnya di lebarkan dengan obeng min yang agak besar.

2. ya dari bushing yang dia anting2 depan dan belakang ( lupa ane nama bengkelnya )
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby jalu » 28 Jan 2011, 21:47

m4rio wrote:dengan cara yang sama saat penyemprotan penetran cuman di bantu engkek per daunnya supaya celahnya di lebarkan dengan obeng min yang agak besar.


muncul lagi kalimat itu.... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3090
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby m4rio » 28 Jan 2011, 21:49

jalu wrote:
m4rio wrote:dengan cara yang sama saat penyemprotan penetran cuman di bantu engkek per daunnya supaya celahnya di lebarkan dengan obeng min yang agak besar.


muncul lagi kalimat itu.... :upss:



itu mah ane ikutin kalimat prop jal. biar istilahnya gampang, kan ama prop engkek udah di jelasin, jadi kan ane gk susah2 jelasin lagi. hehehehe.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby sjamsul » 28 Jan 2011, 23:56

ilhami wrote:apa yang digemukin sih, bingung..Ntar kalo dicuci steam gemuknya rontok lagi :ungg:

yg digemukin adalah baut pengikat antara chasis dg bodi...... gemuknya ga bakalan rontok, khan posisi gemuknya ada di baut. Jadi saat baut dipasang, gemuknya berada di dalam...... nah, untuk lebih jelasnya sebentar ane potoin yahhh...... biar nt lbh ngarti.... ok.....


btw ane jadi inget ngomongan mas bro andi cengpe, klo suatu saat ane menjelaskan sesuatu mesti pake poto..... hahaha......... :upss:

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby sjamsul » 29 Jan 2011, 00:19

@ilhami:
bro, smoga foto ini bermanfaat................

btw ini cuma salah satu penyebab bunyi2an......
Attachments
sm.jpg

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby asudarsono » 29 Jan 2011, 06:37

Mounting bodi kok gak pakai karet ya. Berarti tiap tahun kudu kasih pelicin ... kayak stempet gemuk aja
Ready to Race

spartanwarrior
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 19 Jun 2010, 09:20

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby spartanwarrior » 29 Jan 2011, 08:39

iya bro bunyinya pas lewat genangan air aja. tapi itu pun juga ga selalu bunyi... waduh kok banyak penyebabnya gini ya bro?

ada yang mobilnya kijang kapsul dan ada masalah seprti saya?

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7990
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby jalu » 29 Jan 2011, 09:31

daripada makin bingung dng beberapa asumsi kerusakan, lbh baik segera dibawa ke bengkel per untuk dibongkar...supaya bisa dicek langsung apa aja yg mesti diperbaiki. Meski terliat susah, bongkar per daun itu gak lama kok, montir2 lokal di kita udah jago2,heheheh....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

spartanwarrior
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 19 Jun 2010, 09:20

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby spartanwarrior » 30 Jan 2011, 08:32

oala oke de bro thanx ya.. o ya kijang gua juga ada masalah lagi neh.. gua ceritain di thread baru aja ya bro hehehe

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1262
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby kapsul 97 » 29 Mar 2011, 10:56

@TS : gmana bro, jadi masalahnya apa? dah benerin ... ??

jadi ceritanya minggu kemarin tokisul ane di ceperin sekaligus tanya sama montir nya kalu tokisul ane kalu goyang2 or liwat jalan rusak bunyi reot2 gitu, trus ternyata sama dia cuma diganti karet2 yang ada di perdaun nya, ada 12 biji, sebijinye cuma 5 rebu ... walhasil bunyi nya dah kaga ada lagi, apa masalahnya sama ya kayak TS .. ?

trus ceritanya mobil ceper lah ya ... wadooohh.. kaga enak banget gan, jadinya ane balikin lagi dah ke normal ..

maap OOT mudah2an bisa membantu juga ... :big_peace:
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0857 1162 7450 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3090
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby m4rio » 29 Mar 2011, 20:44

kapsul 97 wrote:@TS : gmana bro, jadi masalahnya apa? dah benerin ... ??

jadi ceritanya minggu kemarin tokisul ane di ceperin sekaligus tanya sama montir nya kalu tokisul ane kalu goyang2 or liwat jalan rusak bunyi reot2 gitu, trus ternyata sama dia cuma diganti karet2 yang ada di perdaun nya, ada 12 biji, sebijinye cuma 5 rebu ... walhasil bunyi nya dah kaga ada lagi, apa masalahnya sama ya kayak TS .. ?

trus ceritanya mobil ceper lah ya ... wadooohh.. kaga enak banget gan, jadinya ane balikin lagi dah ke normal ..

maap OOT mudah2an bisa membantu juga ... :big_peace:



apakah karet yang dimaksud kared yang diantara lembaran per daunnya???

contoh anak gaul zaman sekarang nih, mobil ceper booo...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1262
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: per daun kijang kapsul bunyi

Postby kapsul 97 » 30 Mar 2011, 07:16

kalu yang diantara perdaun nya itu kan biasa pake kayak karet silicon atau plastik gitu, tpai kata montirnya ga awet, jadi sekarang pake ptongan ban dalem ... tapi mainly bukan itu yang buat bunyi boz, tapi karet pegangan ujung per daun nya ..

*gmana cara jelasin nya ya ... :big_peace: *
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0857 1162 7450 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Return to “Minibus / Station Types”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests



cron