SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 31 Oct 2014, 12:27

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 39 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 07:12 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 19 Jan 2011, 16:47
Posts: 8
Ijin brgabung master2 SM,sory kalo topik ne dah d bahas sblmnya,maklum br gabung!br beli cielo vtec 97 pnya masalah d rpm.nya.pd saat ac d nyalakan rpm drop kadang mati kayak g mampu ngangkat!ak dah service ac katanya g ada mslh cm d prbaiki auto.nya aja,dah coba tune up jg hsl scaner g temukan mslh!mhon pncerahannya maklum mobil prtama jd bisu sama skali ttg mobil!trims sebelmnya..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 10:38 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1178
jadi problem RPM nya hanya pada saat nyalain AC ya boz ?
sudah coba cek idle up dan selenoid nya?

kalu AC ga nyala gmana RPM nya ?

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 11:42 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 19 Jan 2011, 16:47
Posts: 8
Waduh ini yg ak takutin,sory gan idle up ma selenoid tu yg d sebelah mana n fungsinya bgmn?kmrn fuel pump,saringan minyak, n koil dah d service n d ganti,kalo kondisi ac mati mobil g jln rpm awal d 900 stabil tp bgtu jln rpm turun 100-200,lbh parah lg kalo ac nyala drop bgt.tp bgtu rpm ak taruh d 1000 pake jln ato diem dia stabil,bgtu ac coba on dia naik skitar 50-100 tp ya bs d bayangin raungan mesin kasihan bgt!mngkin ada solusi lg,makasih pncerahannya


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 11:51 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1178
jadi idle up AC itu guna nya untuk naikkin RPM kalu AC di nyalakan dan setelan nya itu di RPM 1000 kalu AC nyala, sedangkan selenoid itu untuk mengatur vakum atau penyedotan terhadap si idle up ini, tukang Ac tahu kok, coba konsul atau cari tau aja apa masih bagus apa ngga ...

jadi klu RPM 900 dengan AC mati trus dibawa jalan RPM drop di 100-200? brebetkah atau ajrut-ajrutan jalan nya kah? drop RPM di 100-200 ini naik turun atau tidak ya Oom? kalu gas ditambahin gmana, mati ngga mesin nya?

lalu di RPM 1000 di pake jalan stabil? kalu dipake jalan berarti RPM jadi naik dong ya, berarti kalu dengan case RPM 900 dengan ada penambahan injakan gas berarti ga ada masalah/RPM tidak drop ?

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 12:27 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 19 Jan 2011, 16:47
Posts: 8
Kalo itu idle up ama selenoid normal gan,ac bserta komponen g ada mslh dah d cek brkali2!rpm d 900 kondisi ac off tetap kalo jln dia drop,jd kalo gak pinter2 mainan gas pd saat masukin ato ngurangin gigi dia mati n jls tarikan awal tiap prpindahan gigi dia anjrut2an . Kondisi itu jg trjadi pada rpm 1000 pd saat jln, perbedaannya hanya pd saat posisi tdk brjln kalo rpm 900 dia stabil bgtu ac nyala drop..kalo d 1000 stabil bgtu ac nyala rpm naik ampe 50-100 n rpm stabil.
Demikian gan kondisinya..pening..!!

Ak temui itu jg d genio th.94an ama ferio th 95 d showroom teman tp g separah ceiloku ini, apa sedan honda second pnyakitnya spt ini ya..?
Trims...!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 13:19 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1178
kalu itu memang penyakit common nya Honda keluaran segitu ga tau juga ya, tapi ane bawa Genio temen sich ga ada masalah begituan ...

dah coba cek juga jalur kabel-kabel pengapaian nya gan?
soalnya ane ada pengalaman tapi di kijang kapsul, jalur/soket pengapian ada yang basah jadi aga mberebet/ajrut-ajrut an ...

tapi untuk ndut-ndut an juga sebenarnya harus dibedakan menjadi dua : bisa karena ada gangguan pada jalur suplai bahan bakar atau pada pengapian nya.

kalu problem nya di jalur suplai bahan bakar biasa ciri nya mbrebet kayak ada yang kotor gitu, tapi kalu di jalur pengapian ndut-ndut/ajrut-ajrutan ... *apa ya bahasa yang pas nya^_^*

*pada kemane para SMers nich, kayaknya pada asyik nonton Tom&Jerry ya*
.....................

:big_slap:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 14:00 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 19 Jan 2011, 16:47
Posts: 8
inilah susahnya mesin injeksi blank sama skali,kalo masalah ndut..ndutan itu krn pd saat masuk n krngi gigi aja,antara nglepas kopling ama nginjek gas gak pas,jd skr cara bawanya kayak bawa truck,msti d sendal dikit br d lepas koplingnya(kasihan dah ne sedan d samain ama truck)

oya gan lupa,prnah salah satu packing yg d deket injeksinya d ganti n d buntuin salah satu saluran udaranya alhasil dia stabil d rpm 900 tp ya itu tetep aja bgtu ac d nyalain dia drop 50-100.

tolooooong....agan agan yg prnah alami n tangani problem ini utk pncerahannya....!!!!!sayang ne ceilo kalo d jual lg.
trims...!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 14:35 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1178
mmmhhh ...

kalu gitu kita tunggu ya Gan pakar-pakar nya, bentar lagi dateng mudah2an, maapkan ga bisa bantu banyak ...

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 14:52 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
Arief K wrote:
inilah susahnya mesin injeksi blank sama skali,kalo masalah ndut..ndutan itu krn pd saat masuk n krngi gigi aja,antara nglepas kopling ama nginjek gas gak pas,jd skr cara bawanya kayak bawa truck,msti d sendal dikit br d lepas koplingnya(kasihan dah ne sedan d samain ama truck)

oya gan lupa,prnah salah satu packing yg d deket injeksinya d ganti n d buntuin salah satu saluran udaranya alhasil dia stabil d rpm 900 tp ya itu tetep aja bgtu ac d nyalain dia drop 50-100.

tolooooong....agan agan yg prnah alami n tangani problem ini utk pncerahannya....!!!!!sayang ne ceilo kalo d jual lg.
trims...!!

klo boleh tau, nt tinggal di kota mana bro...... :e-think: ...

klo di jakarta, ane bisa kasih tau tempat yg bagus nih.......


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 15:34 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 19 Jan 2011, 16:47
Posts: 8
di madiun gan,mknya pusing dsni g ada bengkel resmi!!cm saling kenal aja ama temen mekanik langganan...

trims...

:frm_bang_head:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jan 2011, 18:47 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1397
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
ajrut2an? kyk kurang tenaga gitu ya?
ada hubungannya dg busi dan kabel busi gak ya? :e-think:

maaf om arief, ini cuma diagnosa ngawur ane aja. :ungg:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Jan 2011, 18:54 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
mana nih m4rio.....doi kan pakar mesin injeksi.... :roll: :roll:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Jan 2011, 19:27 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Coil udah mulai lemah mungkin om?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Jan 2011, 22:01 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
jalu wrote:
mana nih m4rio.....doi kan pakar mesin injeksi.... :roll: :roll:

bukannya mesin giling yah jal........ :e-think: .....

:ngacir: :ngacir: :ngacir:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 07:01 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 29 Jul 2009, 06:57
Posts: 462
Harus general Check UP OM.
Penyebabnya banyak tuh.

Bisa EACV , solenoid AC , atau selang2 vacum yang bocor.
Coba deh ke bengkel Honda biar ketemu penyakitnya.

Ane nggak punya cielo. Tapi punya maestro pgmfi. Secara engine ama bay engine hampir sama kok. Juga letak2 sensornya. Identik. Cuma kapasitas mesinnya yang beda.

Coba deh nanti ane foto bagian2 yang jadi kemungkinan supect penyebab mesin nggak langsam ya.
Ditunggu masih ane upload :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 09:59 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
sjamsul wrote:
jalu wrote:
mana nih m4rio.....doi kan pakar mesin injeksi.... :roll: :roll:

bukannya mesin giling yah jal........ :e-think: .....

:ngacir: :ngacir: :ngacir:


:big_weee: :big_weee: :big_weee:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 19:43 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9346
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Arief K wrote:
oya gan lupa,prnah salah satu packing yg d deket injeksinya d ganti n d buntuin salah satu saluran udaranya alhasil dia stabil d rpm 900 tp ya itu tetep aja bgtu ac d nyalain dia drop 50-100


klo boleh tau, knapa waktu itu sampe d buntuin oom?? :ungg:

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 20:55 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
Arief K wrote:
Waduh ini yg ak takutin,sory gan idle up ma selenoid tu yg d sebelah mana n fungsinya bgmn?kmrn fuel pump,saringan minyak, n koil dah d service n d ganti,kalo kondisi ac mati mobil g jln rpm awal d 900 stabil tp bgtu jln rpm turun 100-200,lbh parah lg kalo ac nyala drop bgt.tp bgtu rpm ak taruh d 1000 pake jln ato diem dia stabil,bgtu ac coba on dia naik skitar 50-100 tp ya bs d bayangin raungan mesin kasihan bgt!mngkin ada solusi lg,makasih pncerahannya


hmm... coba ya ane kasih saran yang mungkin berguna.
hmm.. menurut ane, kalo ceritanya begitu bisa ada masalah di mesin bisa juga di komponen non mesin deh.
OK. kalo ane baca dari awal, kyknya komponen mesin yang dicurigai udah di check.
nah bearti ane simpulkan sementara kerusakan bukan di sektor mesin, bisa gk ya, ada suatu hal yang menyebabkan laju putaran roda tertahan, sehingga ketika jalan RPM bergerak turun ke bawah, karena di akibatkan adanya suatu tahanan yang menganggu putaran laju roda, jadi seperti mobil mau maju tapi di rem, nah pasti RPM lgsg turun dan mesin mati, beda kalo kondisi mobil Diem mesin tidak menerima tahanan dari putaran roda.
nah karene disini kasusnya bukan di rem, dan RPM drop sekitar 100-200, laju roda tertahan bisa karena beberapa hal, seperti Rem macet sehingga mengigit disk terus ( walaupun tidak terlalu besar daya gigitnya ), laher yang mungkin sudah macet, dll

kalo masuk akal ya diterima kalo gk ya juga gpp sih bro..
ane cuman kasih pendapat dengan logika ane dan pengetahuan ane aja.

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 21:08 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
Arief K wrote:
Ijin brgabung master2 SM,sory kalo topik ne dah d bahas sblmnya,maklum br gabung!br beli cielo vtec 97 pnya masalah d rpm.nya.pd saat ac d nyalakan rpm drop kadang mati kayak g mampu ngangkat!ak dah service ac katanya g ada mslh cm d prbaiki auto.nya aja,dah coba tune up jg hsl scaner g temukan mslh!mhon pncerahannya maklum mobil prtama jd bisu sama skali ttg mobil!trims sebelmnya..


bro, kyknya gk semua komponen bisa ke baca dengan scanner. karena setau ane scanner hanya bisa baca kerusakan pada sensor. nah kalo untuk masalah kerusakan di aktuator scanner gk bisa ngebaca, KECUALI kalo aktuatornya bisa ngirim signal balik ke ECU ( ane lupa apa istilahnya ), nah itu baru bisa ke baca.

contoh. Injector menurut ane itu aktuator, karena dia menerima perintah dari ECU, untuk buka dan tutup saluran bahan bakar. nah kalo injector bermasalah setau ane gk keluar blingking deh ( menurut ane dan seinget ane )

Sensor menurut ane : komponen yang menerima input dari ECU kemudian di olah dan di kirim balik ke ECU hasil olahan dari sensor.
aktuator menurut ane : komponen yang menerima perintah dari ECU.

itu menurut ane bro, kalo ada salah ya dimaapin ya, namanya juga masih belajar. :big_peace:

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 21:10 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
Arief K wrote:
Ijin brgabung master2 SM,sory kalo topik ne dah d bahas sblmnya,maklum br gabung!br beli cielo vtec 97 pnya masalah d rpm.nya.pd saat ac d nyalakan rpm drop kadang mati kayak g mampu ngangkat!ak dah service ac katanya g ada mslh cm d prbaiki auto.nya aja,dah coba tune up jg hsl scaner g temukan mslh!mhon pncerahannya maklum mobil prtama jd bisu sama skali ttg mobil!trims sebelmnya..


bro, kyknya gk semua komponen bisa ke baca dengan scanner. karena setau ane scanner hanya bisa baca kerusakan pada sensor. nah kalo untuk masalah kerusakan di aktuator scanner gk bisa ngebaca, KECUALI kalo aktuatornya bisa ngirim signal balik ke ECU ( ane lupa apa istilahnya ), nah itu baru bisa ke baca.

contoh. Injector menurut ane itu aktuator, karena dia menerima perintah dari ECU, untuk buka dan tutup saluran bahan bakar. nah kalo injector bermasalah setau ane gk keluar blingking deh ( menurut ane dan seinget ane )

Sensor menurut ane : komponen yang menerima input dari ECU kemudian di olah dan di kirim balik ke ECU hasil olahan dari sensor.
aktuator menurut ane : komponen yang menerima perintah dari ECU.

itu menurut ane bro, kalo ada salah ya dimaapin ya, namanya juga masih belajar. :big_peace:

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 21:44 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 12 Nov 2008, 23:57
Posts: 623
Location: tangerang <-> jakarta
sjamsul wrote:
klo boleh tau, nt tinggal di kota mana bro...... :e-think: ...

klo di jakarta, ane bisa kasih tau tempat yg bagus nih.......


wah buat masalah mesin injeksi ndut2an gitu prof... kasi tau dunk. lagi butuh tempat gituan :mrgreen:
kali2 deket gitu jadi bisa dateng

_________________
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 21:59 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
scorpio wrote:
sjamsul wrote:
klo boleh tau, nt tinggal di kota mana bro...... :e-think: ...

klo di jakarta, ane bisa kasih tau tempat yg bagus nih.......


wah buat masalah mesin injeksi ndut2an gitu prof... kasi tau dunk. lagi butuh tempat gituan :mrgreen:
kali2 deket gitu jadi bisa dateng

mobilnya apa bro.... yg ane maksud klo mobilnya honda..... klo yg laen ane ga tau nih.....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 22:30 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 12 Nov 2008, 23:57
Posts: 623
Location: tangerang <-> jakarta
@oom sjamsul

mobilnya suzuki swift oom, masalahnya hampir sama tapi kayanya lebih ke arah mesin, karena di bagian lain tidak bermasalah.

_________________
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 22:36 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10347
Location: betawi barat
scorpio wrote:
@oom sjamsul

mobilnya suzuki swift oom, masalahnya hampir sama tapi kayanya lebih ke arah mesin, karena di bagian lain tidak bermasalah.

ohh..... sepertinya masalah spt ini ane udah tulis deh, tp lupa dimana..... nah, buat nt ane tulis lagi deh.....

saat itu mbl temen ane punya masalah spt ini, udah bolak balik bengkel dg diganti parts yg macem2 .... ga ketemu juga penyakitnye....... terakhir disarankan buat kuras tangki bahan bakar n sekalian fuel filternya diganti lagi, padahal belum lama diganti.......hasilnya.... mantapppppp....... masalah selesai......

Hal ini disebabkan krn kotoran dari tangki bahan bakar mengganggu suplai ke ruang bakar, akibatnya mesin bisa tersendat2.....ini cuma salah satu penyebabnya aja yah.... klo tangkinya ga bermasalah alias bersih, ane ga tau lagi deh...... :shrug:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Jan 2011, 23:00 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9346
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
jahhh...........khan tempohari udh ane kasi tau tuh oom scorpi......... :e-think:

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 39 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 9 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com