SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 21 Oct 2014, 13:58

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 120 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 00:12 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
jalu wrote:
ide bagus tuh mar....seal crank shaft kadang emang terlupakan, apalagi untuk mbl yg udah berumur baiknya sekalian diganti... :frm_tumbright:


iya klep.. cuman kasusnya di mobil bokap ane terbalik..
kondisi kopling dari mobil baru masih bagu mpe skrg, tapi sealnya ( kyknya ) udah bocor duluan. nah kan jadi bingung nih seal gk ganti oli kurang mulu.. seal ganti kerja 2 kali jadinya. kalo kopling sekalian ganti sayang duit juga..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 00:18 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
m4rio wrote:
jalu wrote:
DOHC wrote:
kak rijal... kalo perseneleng panther ane dari gigi 3 dan lg jalan gt, bisa ane pindahin ke netral... kira2 rusak apa yahh... padahal kaga nginjek kopling loh...


hmm....saya pernah jg ngalamin ini chiong, tapi di mbl ford laser, dr posisi gigi 3, kalo tongkat kesenggol dia pindah ke netral pdhal gak injek kopling....setelah beberapa waktu akhirnya gigi 3 sering "loncat" alias pindah sendiri ke netral, biasanya waktu deselerasi.

krn udah kesel megangin tongkat gigi mulu supaya gak balik ke netral :mrgreen: , akhirnya transmisi dibongkar, diganti ring sinkromesh sama hub sleevenya...



jal dut.. antara pertanyaan klep ama ente jawab ane rasa ada miss nih..
yg mksd klep apakah perseneling bisa masuk ke Netral kalo kita pindahkan atau pindah sendiri seperti yg ente jelaskan..
kalo yg ente jelaskan masalah emang di sinkromesh


sudah saya jawab di postingan sesudahnya mar... :D

jalu wrote:
tanpa diinjak kopling, perseneling manual bisa kok dipindahin ke netral....tapi ini sebenernya gak rekomen dan bs cpt ompong komponen di dalam girbok. krn jika kopling gak diinjak berarti antara input n output shaft sama2 sedang menghantarkan daya, jika kopling diinjak maka input shaft akan posisi free (rileks) sehingga gerakan komponen didalam girbok aman.

CMIIW :beer:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 00:55 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
m4rio wrote:
jalu wrote:
ide bagus tuh mar....seal crank shaft kadang emang terlupakan, apalagi untuk mbl yg udah berumur baiknya sekalian diganti... :frm_tumbright:


iya klep.. cuman kasusnya di mobil bokap ane terbalik..
kondisi kopling dari mobil baru masih bagu mpe skrg, tapi sealnya ( kyknya ) udah bocor duluan. nah kan jadi bingung nih seal gk ganti oli kurang mulu.. seal ganti kerja 2 kali jadinya. kalo kopling sekalian ganti sayang duit juga..


saran saya, sebaiknya dibongkar aja mar....sambil ganti seal kan ente bs cek kondisi kopling yg aktualnya.
kalo memang diyakini kondisi kopling masih bagus semua, ya pasang lagi, gpp nanti jadi 2x kerja yg penting mesin bs terselamatkan, sebab kalo mesin sampe aus krn kurang oli (akibat seal bocor) itu damage cost nya lbh mahal lagi. :D

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 05:31 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 28 Nov 2010, 05:17
Posts: 2
post pertama ni di SM :big_peace:
salam kenal dulu sebelumnya..

mau nanya masbro, mobil saya carens II '03. tadi tuh mobil lagi jalan mau pindah dari gigi 3 ke 4 gak bisa, mau balik lg ke 3 jg g bisa.. akhirnya minggir lah saya.. di pinggir saya coba masukkan gigi ke mana pun (current position "N") pada saat engine nyala ga bisa, kalo pas mati bisa.. kopling ditekan cuma kerasa pegas aja.. jadilah diderek pulang tuh mobil

nah pertanyaanku adalah :
inikah yang namanya kopling lengket? emang kemaren2 sudah kerasa slip sih.. belum s4 urus soale kerjaan lg sibuk pisan
perbaikan tuh mobil bakal mahal gak ya? kira2 apa aja yang harus diganti, mbl mau dijual soale..

tks b4, :)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 11:27 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
grahazen wrote:
post pertama ni di SM :big_peace:
salam kenal dulu sebelumnya..

mau nanya masbro, mobil saya carens II '03. tadi tuh mobil lagi jalan mau pindah dari gigi 3 ke 4 gak bisa, mau balik lg ke 3 jg g bisa.. akhirnya minggir lah saya.. di pinggir saya coba masukkan gigi ke mana pun (current position "N") pada saat engine nyala ga bisa, kalo pas mati bisa.. kopling ditekan cuma kerasa pegas aja.. jadilah diderek pulang tuh mobil

nah pertanyaanku adalah :
inikah yang namanya kopling lengket? emang kemaren2 sudah kerasa slip sih.. belum s4 urus soale kerjaan lg sibuk pisan
perbaikan tuh mobil bakal mahal gak ya? kira2 apa aja yang harus diganti, mbl mau dijual soale..

tks b4, :)


salam kenal mas grahazen,...megang salak & sersermadi.... :D

penyebab sulit masuk/pindah gigi itu bermacam2, diantaranya :
1. kopling ; bisa karena plat kopling lengket atau matahari/diafragm udah letoy
2. pedal kopling dan sistemnya ; stelan pedal kopling yg terlalu rendah (free play terlalu besar), untuk yg sistem hidrolik bisa krn ada kebocoran atau piston seal udah ngempos/rembes, sedangkan yg sistem kawat bs karena putus total atau putus sebagian serabut kawatnya jadinya melar.
3. tongkat perseneling dan sistemnya ; bushing di linknya sudah aus

sebelum memutuskan bongkar kopling sebaiknya dicek dulu satu persatu, tapi dr keterangan mas graha bahwa gigi masih bs masuk waktu mesin mati sepertinya point ke 3 bs kt abaikan. tinggal point 1 & 2 yang perlu dianalisa lbh lanjut :D

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 18:19 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 28 Nov 2010, 05:17
Posts: 2
hatur nuhun kang jalu, let's hope 4 d best 4 my arrens.. ditinggal dulu mobilku itu skrg, survey lokasi kerjaan dulu, ngumpulin SPJ bwt perbaikan :p


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Nov 2010, 21:36 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
setuju ama broo jal....

bisa kopling lengket atau sistem hidrolis kopling yang bermasalah... bisa juga kopling udah habis total... tapi biasanya sih sebelom habis total mobil dipakenya udah gk nyaman, antara raungan ama laju mobil udah kerasa jauh bgt..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 11:40 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 29 Nov 2010, 11:09
Posts: 7
Para juragan,,,, saya punya PR nih dari FORD Laser 95. 2 hari yang lalu bawa tunggangan saya ke Bengkel, gejalanya kalow di gas knceng Ex:mao nyalip angkot, pake ada ngaungnya, trus kalow masuk gigi 2 koq seret ya,,, kadang bunyi sreeeeesetttt. Udah gitu presnelingnya oblag parah. Saya pikir mungkin plat koplingnya kali ya,,,. Pas di bongkar ternyata ada oli masuk ke ruang kopling (Sil rembes), digantilah semua sealnya. Waktu Dekrupnya di cek katanya masih bagus, de klaher juga bagus. Akhirnya saya ganti saja plat koplingnya dan semua sealnya. Buat ngatasin persneling oblag diganti rumah persnelingnya. Di pasang semuanya,,,, ngaungnya hilang, persnelingnya udah ga oblag, tapi koq kalow angkat kopling pertama (baru jalan pake gigi 1) bunyi jedug/hentakan, trus kalow ngoper gigi dari 3 ke 2 masih sereeeeet,,, sreseeeeet (bunyinya)..... Somebody help Me!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 11:51 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1175
Oom jaluuuu ... mana nech si Kakak Pembina ..

:big_smoking: :2gunfire:

@itozang : tenang Oom, disini banyak ahlinya, asal sabar aja, soalnya lagi pada bagi-bagi praktek nich di tret2 yang lean ...

:big_weee:

:big_slap: :frm_shock:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 13:01 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13113
Location: in your heart
jalu wrote:
ide bagus tuh mar....seal crank shaft kadang emang terlupakan, apalagi untuk mbl yg udah berumur baiknya sekalian diganti... :frm_tumbright:

jadi ada 5 komponen yang diganti ya...
1. rumah matahari (dekrup)
2. plat kopling
3. release bearing
4. pilot bearing (ini kalo mobilnya pake pilot bearing, karena ada beberapa mobil gak pake pilot bearing)
5. seal crank shaft.

sepertinya harga part 3 s.d 5 gak terlalu mahal ya. tapi jasa kerjanya yang lumayan nyesek. di bengkel biasa sekitar 300rb sekali bongkar pasang.. cmiiw..

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 13:03 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13113
Location: in your heart
kalo berusuan dengan kopling, saran ane kalo sudah rasa selip atau susah oper gigi, mending periksa kopling deh. dan kalo emang ada yang masalah, segera ganti part yang bermasalah. tapi lebih baik lagi kalo semuanya diganti. 5 part yang ane coba rangkum di atas... cmiiw..

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 20:34 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
itozang wrote:
Para juragan,,,, saya punya PR nih dari FORD Laser 95. 2 hari yang lalu bawa tunggangan saya ke Bengkel, gejalanya kalow di gas knceng Ex:mao nyalip angkot, pake ada ngaungnya, trus kalow masuk gigi 2 koq seret ya,,, kadang bunyi sreeeeesetttt. Udah gitu presnelingnya oblag parah. Saya pikir mungkin plat koplingnya kali ya,,,. Pas di bongkar ternyata ada oli masuk ke ruang kopling (Sil rembes), digantilah semua sealnya. Waktu Dekrupnya di cek katanya masih bagus, de klaher juga bagus. Akhirnya saya ganti saja plat koplingnya dan semua sealnya. Buat ngatasin persneling oblag diganti rumah persnelingnya. Di pasang semuanya,,,, ngaungnya hilang, persnelingnya udah ga oblag, tapi koq kalow angkat kopling pertama (baru jalan pake gigi 1) bunyi jedug/hentakan, trus kalow ngoper gigi dari 3 ke 2 masih sereeeeet,,, sreseeeeet (bunyinya)..... Somebody help Me!!!!!!!


ada hentakan waktu lg lepas kopling bisa karena CV joint/as roda udah oblak, bs jg krn matahari di dekrup udah aus krn gesekan dng druk laher/releas bearing. berhubung mas ito udah ganti plat kopling, asumsi per plat kopling yg udah lemah rasanya bs diabaikan.

sedangkan kalo susah masuk/oper gigi (khusus case mas ito), coba diperiksa lg bushing2 yg ada di link sistem tongkat perseneling, mungkin udah byk yg aus, penyebab kedua, bisa jadi ring singkromes gigi 2 udah aus...jadi susah turun gigi.

Nah skrg ini, susah pindah gigi hanya dr 3 ke 2 saja....atau dari 1 ke 2 juga susah...??
gimana dng posisi gigi percepatan yg lain....ada yg bermasalah susah masuk gak..??

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Nov 2010, 21:21 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
mksdnya ganti rumah perseneling apaan ya??? apakah ganti blok transmisi gitu????

oli transmisi udah diganti belom broo..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Dec 2010, 08:43 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 29 Nov 2010, 11:09
Posts: 7
Trims atas pencerahannya bro,,,,

Seretnya pas masuk gigi 2, turun seret, naek juga seret. Memang waktu di bengkel kemarin tidak diganti tongkat persenelingnya karena ga ada yang jual.. jadi saya ganti bos perseneling yang dibawah, dan besi panjangnya yang ke transmisi (lupa namanya).

Mudah2an sih cuma tongkat persnelingnya aja dan bushing2nya,,,, soalnya juga tongkat persneling saya bisa di puntir bro. POsitiv tongkat perselingnya kali ya,,,,,

Masalahnya punya ford laser susah dicari,,, paling copotan,,,,


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Dec 2010, 14:59 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
oke IC...sepertinya yg diganti bushing tongkat sama batang link nya yah ?? :D
waktu ganti link tsb bushing2 kecil yg ada di titik2 sambungannya ikut diganti gak ?

untuk 1 set tongkat perseneling mungkin bs cari copotan, kalo udah mentok paling dibawa ke bengkel bubut untuk direparasi. bushing2 link kalo susah dapet untuk ford laser mungkin bs dicoba akal2an pake punya mbl lain. Seinget saya, part ford laser itu identik dng mazda 323 dan beberapa part jg cocok dng Timor....mudah2an aja ada yg bs disubtitusi.

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Dec 2010, 09:35 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 29 Nov 2010, 11:09
Posts: 7
Kemarin saya mampir ke Madura daerah parung,,,saya udah dapet tongkat persnelengnya glundungan satu set sama batang linknya, dan barnya. Hari ini mau dipasang,,,, hope that can solve the problem.

Nanti saya kabari lagi perkembangannya,,,
Thx for the advice,,,, :thanks:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 09:18 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 29 Nov 2010, 11:09
Posts: 7
Updated perkembangan terbaru nih,,,,, Saya sudah ganti tongkat persneling, mw ganti bushing kata montirnya belum ada rusak. Gejalanya masih sama, kalow dimasukin gigi ngepasinnya susah (pas ke gigi 2 dari 1 atau dari 3) jadi pas masuk ke 2, kayaknya di tongkatnya kerasa aga melengkung, engga lurus kayak yang normal. Kira2 apanya yang bengkok ya? :e-snooty: atau memang ada masalah di gear box,,,


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 09:44 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
lalu masuk gigi 4 dan mundur agak susah juga gak ? kalo memang terasa begitu....mungkin distel lagi drat pembaginya...dan kalo posisi mesin mati...itu masuk gigi 2 susah gak ?

tapi kalo memang hanya gigi 2 saja dan gigi lain lancar, untuk meyakinkan apa bener ada yg bengkok atau nyangkut coba dicek dng 2 orang.... 1 orang di kabin untuk masukin gigi, 1 orang lagi dikolong untuk meliat gerakan link2nya.

mudah2an aja problem masih disekitar eksternal girbok... :e-pray: :e-pray:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 10:05 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1175
Kakak Jalu ini, apa sih yang ga tua ya ..

:big_weee:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 10:08 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1175
kapsul 97 wrote:
Kakak Jalu ini, apa sih yang ga tua ya ..

:big_weee:



maksudnya ga tau, bukan ga tua ... :big_peace:

*tapi emang kan ya*
:snipersmile: :ngacir:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 10:09 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
giginyaaa tinggal duaaa.......... :big_weee: :big_weee:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 13:22 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9315
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
kelapa tua gtu looooch....
kentel santen nya :big_weee:

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 13:53 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1175
iya emang, kelapa kalu dah tua kentel santen nye, tapi eitss awas!!, kebanyakan santen kolesterol nanti Oom ....

:2gunfire: :ngacir:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi atau Indigard u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kontak 0882 1082 5710 or BBM 74190302 untuk permintaan penawaran...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Dec 2010, 14:06 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
naseeeeb jadi kelapa tua......diparut2....... :upss:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Dec 2010, 11:36 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13113
Location: in your heart
jalu wrote:
naseeeeb jadi kelapa tua......diparut2....... :upss:

kalo kelapa muda, airnya disruput2... dagingnya diemut2... :ngacir:

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 120 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 12 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com