SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 17 Sep 2014, 08:27

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 113 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 10:25 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1354
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
@tuff : kalo sekarang gak ganti2 lagi sih om. awalnya ni motor pake castrol power one. trus sempet pake top 1. tapi cuma 2 kali. trus balik lagi ke castrol, sekarang da 1/2 taon pake shell adv. kemaren ceritanya olinya kehabisan stok. mw coba motul duitnya kurang. terpaksa pake repsol. gitu lho om ceritanya.
btw, kalo sampe sludge, part apa aja yg dihajar? kemungkinan terburuk akibat sludge apa bisa sampe rontokin mesin? mohon pencerahannya om.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 11:02 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Posts: 2357
Location: JAKBLARRRR
Biarlah yang lebih ahli yang menjawab.

Kalo ane sok tahu ntar mesin orang jebol lagi. :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 11:10 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 656
Location: Yogyakarta
sjamsul wrote:
elama ini sih ga pernah terjadi tuh........ krn ane udah pernah coba berbagai macam oli mobil ke spd mtr........ yg penting specnya aja sesuai peruntukkannya, maksudnya oli mobil yg buat mesin klo dipake pada mesin spd motor itu ga masalah, misalkan mtr bebek pake oli mobil mesran super sae 20W-50.....


mesran super tu emang speknya bisa untuk kopling basah, jadi kalo motor jadul (supra, grand, vega, shogun lama, gl, tiger, megapro, dll) bisa pake itu. tapi oli sekarang beda formulasinya, yang penting kalo untuk motor kopling basah harus sesuai. kalo pake formulasi khusus mobil, pasti selip terutama kalo mesin dah panas. kalo dipake biasa, gak terasa. tapi coba, di putaran atas, di top gear. ditekan koplingnya, gas ditarik penuh, terus dilepas lagi koplingnya. kalau oli bagus langsung diam, rpm kembali ke semula, motor menhghentak, tapi kalo oli gak sesuai, pasti mesin rpmnya naik meski ntar balik lagi ke rpm semula (catatan, kondisi kopling masih bagus).
kalo matik, gak masalah pake oli motor ato mobil, yang penting spek kekentalannya sesuai.

sludge jarang kebentuk kalo oli secara periodik diganti, apalagi pada motor yang 2000-4000 km diganti. paling ada sedikit yang kaya gel di dasar mesin, itu juga ikut terbuang biasanya ketika ganti oli. kalo oli dipake terus2an, n cuma ditambah kalo berkurang, nah pasti kebentuk sludge. rata2 dialami pemilik kendaraan umum yang males ganti oli, cuma nambahin volume oli yang nguap aja. oli merk tertentu kalo diperlakukan kaya gini ada yang sedikit sludgenya, ada juga yang parah, silakan liat forum2 lain, byk yang mengatakan oli A paling cepat bikin sludge, oli B.... dst,

jika ada sludge, untuk sepeda motor yang pertama terserang komponen di kepala silinder, seperti camshaft dan rocker arm, trus sering overheat, n selanjutnya pompa oli cepat aus,
untuk mesin bawah relatif aman, coz motor umumnya pake ball ato needle bearing, jadi tetep bisa kemasukan oli. piston juga relatif aman, karena pelumasannya terbantu percikan komponen disekitarnya.
beda dengan mobil, bantalannya menggunakan metal, n mensyaratkan oli encer agar mampu mengisi celah antara metal dengan crank journal ato crank pin. kalo sampe mampet, ya udah, silakan turun mesin, undersize,

kalo cari yang paling sedikit tingkat pemalsuannya, pake idemitsu aja. ni oli dh teruji, harga bersahabat, n belum banyak ato malah belum ada palsunya. banyak macamnya, n gampang diperoleh. n jgn lupa, hbs pake oli, dirusak kemasannya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 11:15 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Apr 2010, 16:37
Posts: 1354
Location: Citeureup- Cibitung- Citeureup
@cloud: thanks infonya bro... berarti intinya kembali ke interval pergantian oli ya bro. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 17:05 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Posts: 2357
Location: JAKBLARRRR
Tuh, ahlinya dah bersabda. Ganti oli berikutnya pake AHM ah. Tapi rada khawatir juga, soalnya SAE10W30.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 20:47 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 Jun 2008, 23:55
Posts: 3294
Location: Where the sunshine on me...
TUFF Stough wrote:
KIOS3R wrote:
wiw pake zymol, katanya nggak mau pake oli mahal :e-whistle:

@ om Tuff : btw knp bisa sludge om? kalo nggak dicampur bukannya gpp ya? even ada beberapa oli yang boleh dicampur, atau sludge karena bentrok aditiv nya?

Pertanyaan yang dijawab sendiri. :big_peace: Sludge itu cuma contoh ekstrimnya aja. Selama gonta-gantinya masih dalam batas kewajaran, harusnya butuh waktu yang lama untuk jadi sludge. Kalo sering gonta-ganti oli, baiknya durasi penggantian filter oli juga dipercepat.

Motor ane sekarang masih pake Castrol yang iklannya CR7, belum 2000km tapi performanya biasa2 ajah. Masih nyari2 juga neh.



wekekek,, kan cm berdasar logika asal asalan saya aja bro,,,

kalo masalah ganti filter sih tiap ganti oli saya pasti ganti filter :big_peace:

sbenernya ane gak mau sih ganti2 oli, tp apa daya, suka gatel kalo liat orang jual bodo, pasti beli, akhirnya mo nyari yg sama malah susah,,, mungkin kalo oli dirumah udh abis, bakal stay pake 1 merk yang belom ane tentukan apa

_________________
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 21:10 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
kan kgk semua motor punya filter oli yang terpisah kyk mobil gitu... jadi gmn dnk tuh????

kalo pun ada setau ane harus buka bagian kanan mesin ( sebelah pedal rem belakang )

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 21:29 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 26 Dec 2008, 14:55
Posts: 1266
Location: 64112
@Mario, untuk produk suzuki kayaknya filter olinya ada di luar, jadi gak perlu buka mesin segala. Hanya saja untuk shogun yg baru, pemasangannya rawan terbalik karena antara sisi satu dan lainnya relatif mirip. Bukan begitu om stuff :mrgreen:

_________________
...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 21:30 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
eNeR wrote:
@Mario, untuk produk suzuki kayaknya filter olinya ada di luar, jadi gak perlu buka mesin segala. Hanya saja untuk shogun yg baru, pemasangannya rawan terbalik karena antara sisi satu dan lainnya relatif mirip. Bukan begitu om stuff :mrgreen:



kalo suzuki yang lama kyknya masih belom deh..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Nov 2010, 22:12 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10344
Location: betawi barat
Cloud wrote:
sjamsul wrote:
elama ini sih ga pernah terjadi tuh........ krn ane udah pernah coba berbagai macam oli mobil ke spd mtr........ yg penting specnya aja sesuai peruntukkannya, maksudnya oli mobil yg buat mesin klo dipake pada mesin spd motor itu ga masalah, misalkan mtr bebek pake oli mobil mesran super sae 20W-50.....


mesran super tu emang speknya bisa untuk kopling basah, jadi kalo motor jadul (supra, grand, vega, shogun lama, gl, tiger, megapro, dll) bisa pake itu. tapi oli sekarang beda formulasinya, yang penting kalo untuk motor kopling basah harus sesuai. kalo pake formulasi khusus mobil, pasti selip terutama kalo mesin dah panas. kalo dipake biasa, gak terasa. tapi coba, di putaran atas, di top gear. ditekan koplingnya, gas ditarik penuh, terus dilepas lagi koplingnya. kalau oli bagus langsung diam, rpm kembali ke semula, motor menhghentak, tapi kalo oli gak sesuai, pasti mesin rpmnya naik meski ntar balik lagi ke rpm semula (catatan, kondisi kopling masih bagus).
kalo matik, gak masalah pake oli motor ato mobil, yang penting spek kekentalannya sesuai.

sludge jarang kebentuk kalo oli secara periodik diganti, apalagi pada motor yang 2000-4000 km diganti. paling ada sedikit yang kaya gel di dasar mesin, itu juga ikut terbuang biasanya ketika ganti oli. kalo oli dipake terus2an, n cuma ditambah kalo berkurang, nah pasti kebentuk sludge. rata2 dialami pemilik kendaraan umum yang males ganti oli, cuma nambahin volume oli yang nguap aja. oli merk tertentu kalo diperlakukan kaya gini ada yang sedikit sludgenya, ada juga yang parah, silakan liat forum2 lain, byk yang mengatakan oli A paling cepat bikin sludge, oli B.... dst,

jika ada sludge, untuk sepeda motor yang pertama terserang komponen di kepala silinder, seperti camshaft dan rocker arm, trus sering overheat, n selanjutnya pompa oli cepat aus,
untuk mesin bawah relatif aman, coz motor umumnya pake ball ato needle bearing, jadi tetep bisa kemasukan oli. piston juga relatif aman, karena pelumasannya terbantu percikan komponen disekitarnya.
beda dengan mobil, bantalannya menggunakan metal, n mensyaratkan oli encer agar mampu mengisi celah antara metal dengan crank journal ato crank pin. kalo sampe mampet, ya udah, silakan turun mesin, undersize,

kalo cari yang paling sedikit tingkat pemalsuannya, pake idemitsu aja. ni oli dh teruji, harga bersahabat, n belum banyak ato malah belum ada palsunya. banyak macamnya, n gampang diperoleh. n jgn lupa, hbs pake oli, dirusak kemasannya.

thanks bro buat penjelasannya...... ane jadi nambah elmu nih.......

btw ane mau sdikt nanya nih, di mtr bebek yg ane pake, saat pindah dari gigi 3 ke 4 dg rpm yg cukup tinggi, mtr ga mau melaju (untuk beberapa saat), setelah itu baru mau melaju lg... Apakah ini yg disebut slip ?. Mohon pencerahannya.......thanks.....

Catatan:
oli mesin pake Motul yg ada tulisan Jaso..... yg katanya khusus buat sepeda motor.........


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 Nov 2010, 16:13 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 26 Dec 2008, 14:55
Posts: 1266
Location: 64112
sjamsul wrote:
Cloud wrote:
sjamsul wrote:
elama ini sih ga pernah terjadi tuh........ krn ane udah pernah coba berbagai macam oli mobil ke spd mtr........ yg penting specnya aja sesuai peruntukkannya, maksudnya oli mobil yg buat mesin klo dipake pada mesin spd motor itu ga masalah, misalkan mtr bebek pake oli mobil mesran super sae 20W-50.....


mesran super tu emang speknya bisa untuk kopling basah, jadi kalo motor jadul (supra, grand, vega, shogun lama, gl, tiger, megapro, dll) bisa pake itu. tapi oli sekarang beda formulasinya, yang penting kalo untuk motor kopling basah harus sesuai. kalo pake formulasi khusus mobil, pasti selip terutama kalo mesin dah panas. kalo dipake biasa, gak terasa. tapi coba, di putaran atas, di top gear. ditekan koplingnya, gas ditarik penuh, terus dilepas lagi koplingnya. kalau oli bagus langsung diam, rpm kembali ke semula, motor menhghentak, tapi kalo oli gak sesuai, pasti mesin rpmnya naik meski ntar balik lagi ke rpm semula (catatan, kondisi kopling masih bagus).
kalo matik, gak masalah pake oli motor ato mobil, yang penting spek kekentalannya sesuai.

sludge jarang kebentuk kalo oli secara periodik diganti, apalagi pada motor yang 2000-4000 km diganti. paling ada sedikit yang kaya gel di dasar mesin, itu juga ikut terbuang biasanya ketika ganti oli. kalo oli dipake terus2an, n cuma ditambah kalo berkurang, nah pasti kebentuk sludge. rata2 dialami pemilik kendaraan umum yang males ganti oli, cuma nambahin volume oli yang nguap aja. oli merk tertentu kalo diperlakukan kaya gini ada yang sedikit sludgenya, ada juga yang parah, silakan liat forum2 lain, byk yang mengatakan oli A paling cepat bikin sludge, oli B.... dst,

jika ada sludge, untuk sepeda motor yang pertama terserang komponen di kepala silinder, seperti camshaft dan rocker arm, trus sering overheat, n selanjutnya pompa oli cepat aus,
untuk mesin bawah relatif aman, coz motor umumnya pake ball ato needle bearing, jadi tetep bisa kemasukan oli. piston juga relatif aman, karena pelumasannya terbantu percikan komponen disekitarnya.
beda dengan mobil, bantalannya menggunakan metal, n mensyaratkan oli encer agar mampu mengisi celah antara metal dengan crank journal ato crank pin. kalo sampe mampet, ya udah, silakan turun mesin, undersize,

kalo cari yang paling sedikit tingkat pemalsuannya, pake idemitsu aja. ni oli dh teruji, harga bersahabat, n belum banyak ato malah belum ada palsunya. banyak macamnya, n gampang diperoleh. n jgn lupa, hbs pake oli, dirusak kemasannya.

thanks bro buat penjelasannya...... ane jadi nambah elmu nih.......

btw ane mau sdikt nanya nih, di mtr bebek yg ane pake, saat pindah dari gigi 3 ke 4 dg rpm yg cukup tinggi, mtr ga mau melaju (untuk beberapa saat), setelah itu baru mau melaju lg... Apakah ini yg disebut slip ?. Mohon pencerahannya.......thanks.....

Catatan:
oli mesin pake Motul yg ada tulisan Jaso..... yg katanya khusus buat sepeda motor.........
Lhah, om sjam, kok kaSusnya sama dgku, kadang kalo digas malah berhenti

_________________
...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Dec 2010, 19:15 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 656
Location: Yogyakarta
sjamsul wrote:
btw ane mau sdikt nanya nih, di mtr bebek yg ane pake, saat pindah dari gigi 3 ke 4 dg rpm yg cukup tinggi, mtr ga mau melaju (untuk beberapa saat), setelah itu baru mau melaju lg... Apakah ini yg disebut slip ?. Mohon pencerahannya.......thanks.....


ya itu selip tapi masih dalam batas toleransi, ntar mau jalan lagi. kalo kelamaan mesin meraung tapi enggak jalan2 ya itu selipnya harus dicek di sekitar kopling (kalo spek oli sesuai). rata2 motor sekarang emang gitu, misal jupiter z yang baru, cuma dikit kampasnya (2), n pake diafragma pula, jadi gak segalak jupiter z lama yang kampasnya lebih banyak n pake pegas spiral.
kalo untuk honda, supra 125 agak sedikit selipnya, begitu pula yang 110, relatif bagus. suzuki generasi shogun 110 sering selip, generasi smash n shogun 125 felatif bagus. motor sport relatif bagus semua, hanya kalo pas panas, beberapa ada yang mengeluhkan sedikit selip (ketika habis melepas kopling di rpm tinggi pada top gear), seperti tiger, pulsar, n scorpio, n kemungkinan bisa juga untuk yang lain, tapi masih dalam batas toleransi.

kalo di kopling ganda bebek, emang biasanya ada jeda seperti selip kopling, soalnya mekanisme pembalik penekan koplingnya murni mengandalkan pegas, jadi kekuatan pegas ada batasnya (berjeda), beda dengan yang murni ditarik tangan (full clutch), langsung bisa lengket ketika melepas tuas kopling.

kalo mau meningkatkan performa, bisa dengan memperkeras per spiral/diafragma. untuk harian cukup diganjal ring 1-2 mm, yang penting masih ada batas main pernya. bisa juga pake aftermarket ato produk racing, ato kanibal dari motor lain. kalau pake kampas n pelat racing, per harus lebih keras, pake per yang racing juga. tarikan lumayan bagus, namun penekanan persneling jadi lebih keras.
per pembalik di tuas persneling juga dibuat lebih keras agar hasil lebih maksimal, caranya bisa dengan diganti ato cara murah, cukup dengan membengkokkan ujungnya sehingga lebih terpuntir (lebih keras).

tapi buat harian sih, standar sudah cukup, lagipula kalo mo buat kenceng2an ngapain pake motor standar, gak ada yang kencang kalo diliat dari potensi tenaga yang bisa dihasilkan. kalo mo kencang, sekalian aja dirombak n turun di sirkuit,
toh jalanan bukan ajang kebut2an, ratusan ribu nyawa melayang karena kecelakaan lo, melebihi perang, hiii.....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Dec 2010, 00:30 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10344
Location: betawi barat
^^
thanks bro buat penjelasannya...... :thanks:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Dec 2010, 00:36 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10344
Location: betawi barat
eNeR wrote:
Lhah, om sjam, kok kaSusnya sama dgku, kadang kalo digas malah berhenti

mungkin ada yg ga bener ner........ :e-think: ....(sambil pasang muke serius)......


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Jan 2011, 09:57 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 11 Jan 2011, 07:41
Posts: 1
Location: Bandung
eNeR wrote:
Sudah lama nih gak maen disini, hehehe
langsung aja dah, ni aku mo minta bantuan pada kalian semua, oli motor yg bagus merk apa ya?
untuk info, sebelumnya aku memakai oli shell adv vsx 10-40, nah apesnya aku kena tipu oli palsu (udah kukonfirmasikan ke shell). Kan pastinya ada rasa trauma kan? Maka dari itu aku mo ganti oli yg paling jarang dipakai (gak pasaran gt) tp yg bagus. Nah kira-kira ada yg punya ide gak? Kalo aku kepengennya nyoba silkolene, kira2 bagus gak?
Makasih sebelumnya


Pake Oli F8 Nano Technology aja :frm_tumbleft:

Nano adalah satu bagian dari satu miliar. Satu nanometer sama dengan satu per miliar meter. Ukuran anggaran 4 kali lebih besar dari ukuran 1 atom dan 1000 kali lebih kecil dari sehelai rambut manusia.

Ilmu Teknologi Nano
Ilmu Teknologi Nano telah menukar revolusi ilmu. Ilmu Teknologi Nano telah menukar hampir semua bidang perobatan,automobil hingga objek di luar imajinasi kita. Terdapat banyak informasi dan penelitian tentang teknologi nano yang bisa didapatkan di berbagai website aplikasinya dalam dunia perobatan,automobil dan berbagai produk.

Untuk Motor :
8 Keunggulan U.S.A Nano Technology Oli Motor F8
1. Mesin motor lebih mudah dihidupkan dalam kondisi suhu dingin
2. Memberikan perlindungan mesin lebih optimal
3. Menurunkan suhu mesin dalam waktu 15 menit
4. Mampu bertahan pada suhu panas
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit
6. Bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 km (tergantung pada cara pemakaian kendaraan)
7. Bisa menghemat bahan bakar kendaraan
8. Mengurangi suara bising kasar akibat gesekan mesin hanya dalam waktu 3 menit

Untuk Mobil :
8 Keunggulan U.S.A Nano Technology Oli MOBIL F8
1. Umur pelumas lebih tahan 3-4 kali dari pelumas biasa,Jarak ganti oli bisa sampai 15.000 km.
2. Menghemat bahan bakar minyak
3. Membersihkan deposit kerak carbon, memberikan perlindungan 5 kali lebih optimal dibanding oli biasa dari keausan mesin.
4. Menurunkan emisi gas buang
5. Meningkatkan tenaga mesin dalam waktu 15 menit
6. Mengurangi kebisingan
7. Temperatur mesin lebih dingin
8. Aman dan ramah lingkungan

Klo mau pesen PM aja ya :thanks:

_________________
mari kita Hijaukan Bumi ini


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Apr 2011, 21:37 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic

Joined: 06 Aug 2010, 21:12
Posts: 96
petronas mach-5 (harusnya buat mobil)
tapi perasaan lebih enak daripada syntium-nya

terakhir udah pake motul 5100, bandel.

oli mahal bukan jaminan, misalnya motul 300v, gak cocok untuk dipake harian.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Apr 2011, 15:52 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Posts: 10191
Location: Jakarta Timur
Kalo tinggal di Jkt, beli oli Sh*ll bisa di SPBUnya langsung. Jadi engga kena kepalsuan...eh...kena oli palsu....

Yang ane agak heran, pernah nih motor bebek ane ngga ganti oli 7000km, kbtln pas make Sh*ll Adv Ultra. Waktu sekira 1000 km menjelang km 7000, dari arah dalam posisi pangkal drive sprocket, ada suara kletek2 gitu kalo rpm idle en mesin mulai panas.

Habis itu, ane ganti End*ro 4T Racing. Kletek2nya mulai muncul kalo mesin udh panas waktu dipanasin pagi2... Sumbernya masih sama....posisi standar tengah. Trus bunyi kalo idle tapi standar samping..

Kenapa ya?

_________________
Just click on Image to call moderator..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Apr 2011, 13:25 
Offline
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 26 Feb 2009, 10:43
Posts: 78
Location: Jakarta
Tetep Shell - beli di SPBU (eh memang tinggal dimana?)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 29 Apr 2011, 14:36 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic

Joined: 01 Apr 2011, 15:01
Posts: 141
jupiter z '08 pake yamalube yg gold minta ganti pd 1000km+ trs ganti ke castrol power1 minta ganti jg 1000km+
skr pake motul 5100 uenak tenan sampe 2000km blm minta ganti...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Jun 2011, 08:23 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 23 Jun 2011, 07:45
Posts: 3
permisi saya newbie disini dan sekalian numpang tanya kalo oli buat motor matik yg bagus apa yah...??
enak buat harian ama touring :thanks:

_________________
Voetbal


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 18 Jul 2011, 18:54 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10344
Location: betawi barat
WilmanMx wrote:
permisi saya newbie disini dan sekalian numpang tanya kalo oli buat motor matik yg bagus apa yah...??
enak buat harian ama touring :thanks:

coba liat aja anjuran di buku serpisnya bro..... merk apapun ga masalah, yg penting gantinya teratur n kekentalannya sesuai dg anjuran pabrik..... :mrgreen:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jul 2011, 16:57 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Posts: 10191
Location: Jakarta Timur
AbahF8 wrote:

Pake Oli F8 Nano Technology aja :frm_tumbleft:


Untuk Motor :
8 Keunggulan U.S.A Nano Technology Oli Motor F8
1. Mesin motor lebih mudah dihidupkan dalam kondisi suhu dingin
2. Memberikan perlindungan mesin lebih optimal
3. Menurunkan suhu mesin dalam waktu 15 menit
4. Mampu bertahan pada suhu panas
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit
6. Bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 km (tergantung pada cara pemakaian kendaraan)
7. Bisa menghemat bahan bakar kendaraan
8. Mengurangi suara bising kasar akibat gesekan mesin hanya dalam waktu 3 menit

Klo mau pesen PM aja ya :thanks:


Yang ane bold....

5000 km itu batas maksimum atau tolerance +/- ?

Saya pakai adv Ultra untuk Revo100cc, bisa sampai 7000 - 8000 km, kondisi sering berpanas2 en bermacet sinting a la Jakarta...

_________________
Just click on Image to call moderator..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2011, 10:39 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
mau nanya oli f8 itu:
3. menurunkan suhu panas dalam waktu 15 menit maksudnya bagaimana? suhu nya turun ke berapa?
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit, mohon penjelasan. apa tenaga nya jadi bagus cuma utk 15min atau nunggu 15min lalu tenaga nya nambah 97%? 97% dari hitungan horsepower atau gimana?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Jul 2011, 16:47 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Posts: 1439
Saya pernah motor mogok, nggak bisa di start. Menurut mekanik kompresi hilang.
dibuka, sekeliling kepala piston ada sludge coklat kentel. Di kepala piston ada kerupuk keperakan...carbon yang tebal.

itu karena bensin eceran tercampur minyak tanah, atau olinya yang jelek?

_________________
Powered by BBM Subsidi


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 28 Jul 2011, 21:56 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Posts: 10191
Location: Jakarta Timur
ilhami wrote:
Saya pernah motor mogok, nggak bisa di start. Menurut mekanik kompresi hilang.
dibuka, sekeliling kepala piston ada sludge coklat kentel. Di kepala piston ada kerupuk keperakan...carbon yang tebal.

itu karena bensin eceran tercampur minyak tanah, atau olinya yang jelek?


IMO, carbon tebal itu gara2 sampeyan selalu isi premium.
Kalau timbul sludge, itu karena demen gonta ganti oli, tapi interval penggantiannya jarang jarang ganti...

CMIIW yaa....!
:big_peace:

_________________
Just click on Image to call moderator..


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 113 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com