Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Suryaputra »

Volk wrote: Thu Feb 27, 2020 12:28 Kebetulan sebentar lagi ganti oli nih..mau tanya2 dikit y suhu..
Kalo 0-20 kan memang untuk cuaca yg ekstrim dingin,nah adik ipar nyaranin pake 5-30 untuk suhu indonesia.apakah bener?sy pake mazda 2.selama ini sih bengkel resmi juga kasi 0-20..trims jawabannya yah
gakda masalah om.
justru mesin mobil jepang jaman now, rata2 minta 0w20, krn internal parts lbh rapet, dan oli 0w20 viskositasnya pas untuk cepat melumasi yg rapet" tsb.

aman nya ikut rekomendasi manual book saja om.
krn yg buat kan dah nulis spt itu.

yg penting olinya asli, dan beli dr trusted seller klo bawa dr luar.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Volk »

Suryaputra wrote: Thu Feb 27, 2020 12:47
Volk wrote: Thu Feb 27, 2020 12:28 Kebetulan sebentar lagi ganti oli nih..mau tanya2 dikit y suhu..
Kalo 0-20 kan memang untuk cuaca yg ekstrim dingin,nah adik ipar nyaranin pake 5-30 untuk suhu indonesia.apakah bener?sy pake mazda 2.selama ini sih bengkel resmi juga kasi 0-20..trims jawabannya yah
gakda masalah om.
justru mesin mobil jepang jaman now, rata2 minta 0w20, krn internal parts lbh rapet, dan oli 0w20 viskositasnya pas untuk cepat melumasi yg rapet" tsb.

aman nya ikut rekomendasi manual book saja om.
krn yg buat kan dah nulis spt itu.

yg penting olinya asli, dan beli dr trusted seller klo bawa dr luar.
Sy biasa pakai total 0-20..lebih bgs ga y drpd MGO?apa ada yg lebih bgs dibawah Total?biar lbh murah hehehe
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Suryaputra »

Volk wrote: Thu Feb 27, 2020 12:57
Suryaputra wrote: Thu Feb 27, 2020 12:47
Volk wrote: Thu Feb 27, 2020 12:28 Kebetulan sebentar lagi ganti oli nih..mau tanya2 dikit y suhu..
Kalo 0-20 kan memang untuk cuaca yg ekstrim dingin,nah adik ipar nyaranin pake 5-30 untuk suhu indonesia.apakah bener?sy pake mazda 2.selama ini sih bengkel resmi juga kasi 0-20..trims jawabannya yah
gakda masalah om.
justru mesin mobil jepang jaman now, rata2 minta 0w20, krn internal parts lbh rapet, dan oli 0w20 viskositasnya pas untuk cepat melumasi yg rapet" tsb.

aman nya ikut rekomendasi manual book saja om.
krn yg buat kan dah nulis spt itu.

yg penting olinya asli, dan beli dr trusted seller klo bawa dr luar.
Sy biasa pakai total 0-20..lebih bgs ga y drpd MGO?apa ada yg lebih bgs dibawah Total?biar lbh murah hehehe
Ok koq TQ 9000 0w20 bagus.
sy pernah pakai.

klo mau naik lagi bisa coba Q8 Formula Ultra 0w20, cuman stok lama.
or PTT 0w20.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Thu Feb 27, 2020 12:21

https://www.lubrizoladditives360.com/sp ... lsac-gf-6/

ILSAC GF-6,
- better fuel economy & emission vs GF-5
- prevent LSPI di mesin turbo kekinian

ketika sudah release, maka lendir viscocity 0w16 & 0w8 untuk mesin2 hybrid dan EV+genset,
akan mulai banyak beredar :ngacir:
wahhh...

untung blm punya mobil hibrid....

klo standar 0-16 cepat habis isi dompet nih......

apalg EV...0-8 bisa 500 ribu/liter...


mobilnya go green...

owner go red....amsiongk..cekak alias bokek...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Suryaputra »

kompresorz wrote: Fri Feb 28, 2020 0:06
Suryaputra wrote: Thu Feb 27, 2020 12:21

https://www.lubrizoladditives360.com/sp ... lsac-gf-6/

ILSAC GF-6,
- better fuel economy & emission vs GF-5
- prevent LSPI di mesin turbo kekinian

ketika sudah release, maka lendir viscocity 0w16 & 0w8 untuk mesin2 hybrid dan EV+genset,
akan mulai banyak beredar :ngacir:
wahhh...

untung blm punya mobil hibrid....

klo standar 0-16 cepat habis isi dompet nih......

apalg EV...0-8 bisa 500 ribu/liter...


mobilnya go green...

owner go red....amsiongk..cekak alias bokek...
EV gak pk oli mesin lg omm.. goodbye oli mesin.

Image

nunggu wangsit dr om gajah turbo, baru pake 0w8 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Herman7103 »

Yup, di kendaraan EV ngak ada pergantian oli mesin lagi karena ngak pakai mesin tapi pakai electric motor, yang masih ada di EV cuma minyak rem kata driver blue bird EV yg pernah saya tumpangi.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Suryaputra »

Herman7103 wrote: Fri Feb 28, 2020 3:13 Yup, di kendaraan EV ngak ada pergantian oli mesin lagi karena ngak pakai mesin tapi pakai electric motor, yang masih ada di EV cuma minyak rem kata driver blue bird EV yg pernah saya tumpangi.
Gear oil.
dan coolant untuk pendingin batre, control module, dkk nya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Fri Feb 28, 2020 0:18
kompresorz wrote: Fri Feb 28, 2020 0:06
Suryaputra wrote: Thu Feb 27, 2020 12:21

https://www.lubrizoladditives360.com/sp ... lsac-gf-6/

ILSAC GF-6,
- better fuel economy & emission vs GF-5
- prevent LSPI di mesin turbo kekinian

ketika sudah release, maka lendir viscocity 0w16 & 0w8 untuk mesin2 hybrid dan EV+genset,
akan mulai banyak beredar :ngacir:
wahhh...

untung blm punya mobil hibrid....

klo standar 0-16 cepat habis isi dompet nih......

apalg EV...0-8 bisa 500 ribu/liter...


mobilnya go green...

owner go red....amsiongk..cekak alias bokek...
EV gak pk oli mesin lg omm.. goodbye oli mesin.

Image

nunggu wangsit dr om gajah turbo, baru pake 0w8 :ngacir:
wah om gajah melayang mau beli EV.... :mky_02:


ikutan pesan pangsit eh nunggu wangsit dah.... :big_slap:


:ngacir: