SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Aug 2014, 06:33

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 11 Oct 2010, 07:00 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 17 Feb 2010, 18:29
Posts: 46
Rekan-rekan SMers,
saya berencana membeli motor seken (Supra X 125 saya rencana mau ditaruh di mertua biar kalau lagi dibandung gampang hehe...), setelah muter-muter kesana kemari saya menjatuhkan pilihan pada shogun 125 SP thn 2007-2008 yang dijual oleh saudara saya :big_peace: . pertanyaan saya :
1. F/C SHogun SP 125 tahun segitu kira-kira berapa? cara bikin irit tanpa mengorbankan performa gimana?
2. kelebihan dan kekurangan shogun 125 sp.
2. Bagian apa saja yang perlu saya cek? kalau ada yang perlu diganti apa saja?
3. Cocoknya pakai oli merk apa?
4. bagaimana cara ngerawat shogie dengan bener?
5. dan hal-hal lain yang mungkin belum saya tahu karena jujur saja ini pertam kali saya membeli (bukan pakai :e-dance: )motor selain honda :big_slap:
saran-sara dari sesepuh sangat saya harpkan :off_good: :thanks:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 11 Oct 2010, 10:06 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Posts: 2351
Location: JAKBLARRRR
1. Ane pake yang tahun tua (2005), sampe sekarang masih bisa dapet 1:50-an (bawaannya kalem gak grasa-grusu). Cara irit tanpa korbankan performa? Ganti end-gear dengan yang tahun tua punya. AFAIK yang 2007 ke atas mata gear-nya lebih kecil 1 dibanding tahun tua. :e-dance:

2. Kelebihan dan sekaligus bisa jadi kekurangannya adalah kopling manualnya. Kelebihannya karena power gak loss saat oper gigi, kekurangannya gak praktis karena kedua tangan harus tetap di setang. AFAIK untuk tahun >2007 build quality-nya sudah lebih bagus dibanding <2007 (body-nya berisik kalo dah lama). Kekurangan lainnya, untuk >2007 karbunya model vakum, akibatnya tarikan rada lemot.

3. Liat KM-nya dah sampe berapa. Kalo dah di atas 20rb, mending diservis besar sekalian. Kalo di BeReS, servis besar hanya meliputi buka head mesin aja, tapi di bengkel non-BeReS ada yang sampe buka blok mesin. Pastinya sih cek kondisi ring-seher ama setang seher, perlu diganti ato nggak (cari bengkel yang banyak rekomen). Asumsi tahun segitu pelat+kampas kompling masih bagus. Perhatikan juga konsumsi BBM-nya selama ini pake premium ato sudah oktan-92. Kalo sudah oktan-92, biasanya kondisi mesin lebih bersih, terutama di lubang ex-nya.

4. Ane punya pengalaman mengesankan pake oli Indoparts (Elf, SAE10W40), tapi mungkin sekarang sudah gak bisa ketemu dimanapun. Untuk tahun >2007, boleh pake oli encer, tapi gak rekomen yang SAE10W30. Bisa aja sih kalo mo dicoba, tapi pantau terus kondisi knalpotnya (ada asap putih ato nggak). Merek apa aja asal sesuai nilai API dan SAE-nya bisa dipake, asal jangan merek BM-1 (bikin mesin cepat panas).

5. Servisnya biasa aja, gak ada yang perlu diistimewakan. Tapi jangan lupa lumasi kabel kopling pake oli ato pelumas rantai (jangan pake cairan penetran 'cem WD-40). Juga jangan lupa ganti filter oli maksimal setelah 4x ganti oli. Beda dengan Supra yang filter olinya gak bisa diganti, filter oli Suzuki relatif jauh lebih murah.

6. Motor Suzuki rata2 mesinnya awet, tapi bodinya ringkih. Jadi jangan terlalu sering bongkar-pasang bodi. Apalagi motor2 baru rata2 baut bodinya bejibun bertebaran di mana2.

Itu ajah dari ane. Ada yang mo tambahin?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Oct 2010, 07:35 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 17 Feb 2010, 18:29
Posts: 46
Makasih responnya om tuff :off_good_job:
1. end gear itu = gear yang ada di roda belakang? kalau iya bilang ke tukang bengkelnya gimana?
2. gpp tarikan rada lemot juga bukan buat kebut2an ,paling buat jalan-jalan aja hehe...
3. Temen-temen ada referensi untuk bengkel non BERES daerah bogor (Motor Suzuki)?
4. Untuk Suzuki shogun cocoknya SAE berapa ?. ada merk yang di rekomendasiin untuk motor Shogun 125?

yang lain ada yang tau ga kalau pake Premium Shogun ada masalah ga? atau harus pakai pertamax?


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Oct 2010, 08:13 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Posts: 2351
Location: JAKBLARRRR
Di rumah ada satu Shogun SP 2009, selama ini juga diisi premium gak pernah ada masalah, kecuali tarikannya yang lebih lambat. Tapi berhubung yang pake adik ane yang larinya gak pernah lebih pelan dari 80kpj, ya borosnya jadi sekitar 1:35-an.

Untuk gear belakang, bilang aja ama bengkelnya ganti punya Shogun lama, ato Arashi (gear-nya lebih banyak lagi matanya dibanding Shogun lama). Tapi kalo memang bukan buat kebut2an, ya kondisi standar aja juga dah cukup kok. Adik ane dengan kondisi standar bbrp kali ngasapin MX yang dah pake knalpot custom. *tidak untuk ditiru, jalanan adalah milik umum*

Untuk oli, pake merek apa aja asal SAE15W40 juga dah cukup.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 13 Oct 2010, 05:58 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 17 Feb 2010, 18:29
Posts: 46
Thx banget referensinya Om Tuff :thanks:
Ini lagi nunggu motornya dateng (dah 2 hari ini sodara belum nelepon lagi)
padahal dana dah siap hehe...
Kalau dah ditangan motornya saya kabarin lagi :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Oct 2010, 07:42 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 17 Feb 2010, 18:29
Posts: 46
kemamrin gw nelepon saudara gw... katanya motornya di jual ke orang lain... :frm_bang_head:
Speechless dah gw :e-doh:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 19 Oct 2010, 09:03 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Posts: 2351
Location: JAKBLARRRR
Kekekekekekek..... motor bagus emang banyak yang naksir. :upss: :ngacir:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Oct 2010, 05:50 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 17 Feb 2010, 18:29
Posts: 46
Iya om. soalnya saya tahu sejarahnya. saudara saya kl bawa motor ga pernah ugal2an (paling banter 60-80kpj), motor ga di modif macem-macem (setting standar), dan sodara saya orangnya relatif apik. yawd nunggu lagi kl ada temen/sodara jual motor kl kek gini sih hehe...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com