SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 21 Oct 2014, 23:44

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 416 posts ]  Go to page Previous  1 ... 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 ... 17  Next
Author Message
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 23:56 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13118
Location: in your heart
gmx wrote:
andy1800 wrote:
turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.


kalo yang dimaksud itu adalah istilahnya ceruk V, medannya turunan extreme, kemudian tanjakan extreme, sehingga ngga bisa ambil ancang2 untuk momentum nanjak, itu salah satu rintangan yang disukai para offroader karena tantangannya..

turunnya sih biasa aja, pelan2 mengandalkan engine brake, jangan injek kopling, kalo mau injek rem dikiiiit aja asal jangan meluncur, tetap percayakan pada engine brake, jangan sampe injek rem abis, bisa2 mobil nyerosot sendiri tanpa kendali dan bisa terbalik.. naiknya itu yang tanpa momentum yang sulit


ngomong2 engine break di ford everest matik, rada serem euy. biasanya kan kalo matik tuas di 1, gear box gak akan ganti ke gear 2. tapi di everest matik, bisa naik ke dua. jadi driver gak bisa memastikan torsi yang cukup untuk mendaki dan engine break untuk turun... :frm_bang_head:

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 23:57 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13118
Location: in your heart
yang gardan portal, rasanya suka lihat di truk off road. kalo lihat truk militer lagi jalan, selama bukan truk basis sipil, gardannya naek semua. di atas poros roda..

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Oct 2010, 00:19 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13118
Location: in your heart
oh ya, kalo mau nanjak lumpur, coba pake roda yang seperti ini...
Image
:big_weee:

ane pernah lihat untuk SUV. jadi rodanya diganti seperti gambar di atas.

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Oct 2010, 17:35 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
maskopat wrote:
gmx wrote:
andy1800 wrote:
turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.


kalo yang dimaksud itu adalah istilahnya ceruk V, medannya turunan extreme, kemudian tanjakan extreme, sehingga ngga bisa ambil ancang2 untuk momentum nanjak, itu salah satu rintangan yang disukai para offroader karena tantangannya..

turunnya sih biasa aja, pelan2 mengandalkan engine brake, jangan injek kopling, kalo mau injek rem dikiiiit aja asal jangan meluncur, tetap percayakan pada engine brake, jangan sampe injek rem abis, bisa2 mobil nyerosot sendiri tanpa kendali dan bisa terbalik.. naiknya itu yang tanpa momentum yang sulit


ngomong2 engine break di ford everest matik, rada serem euy. biasanya kan kalo matik tuas di 1, gear box gak akan ganti ke gear 2. tapi di everest matik, bisa naik ke dua. jadi driver gak bisa memastikan torsi yang cukup untuk mendaki dan engine break untuk turun... :frm_bang_head:


wah masasih g bisa om? klw g salah tuasnya kan untuk gear 1 misah sendiri yah? harusnya g mungkin loncat k 2 sih... klw XJ memang ada kemungkinan loncat klw overrev karna gear 1-2nya nyatu... dan memang nentuin gigi saat start nanjak jdi tantangan tersendiri d XJ hehe... kebanyakan ngegas naik k 2 kadang tenaga langsung drop... atw klw tetep di satu over power dan harus ke 2 mesti membiasakan ini sih.... seberapa dlm ngegasnya klw uda biasa sih nikmat g cape ngoper hehe.. atau.. oprek GB AW4nya biar triptonik haha...


btw pernah ngobrol dgn offroader yg uda senior banget.. mungkin di bandung dia yg paling jauh dan berat bawa XJnya d rute2 expedisi indonesia.....dri jaman DCI,NCI sampai BEE kemarin juga dia jabanin, klw orang bandung yg sering ngobrol dgn temen pjb pasti tau deh XJnya hehe....mungkin ini sebatas yg sya tangkap dri ilmunya ktanya klw ketemu turunan panjang dgn mobil matic GB justru mesti d N... bukan karna g percaya enginebrake, tp klw uda terlalu curam kecepatan d tekan serendah mungkin, klw GB d 1 & 4L + ratio FG rendah mesin masih neken kedepan dan malah ngebebanin rem malah jd g bisa berhenti/melambat... wong jalan nanjak aja ga digas mobil bisa naik kok.. apa lgi turun... jd bgtu engine brake g bekerja segera pindah k N biar mesin g ikut neken rem, selanjutnya pinter2 aja mainin rem agar ban g ngunci...

hehe manarik tuh ilmunya... :big_peace:

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Oct 2010, 17:50 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
maskopat wrote:
yang gardan portal, rasanya suka lihat di truk off road. kalo lihat truk militer lagi jalan, selama bukan truk basis sipil, gardannya naek semua. di atas poros roda..


iya om.. di indonesia paling banyak di pakai d mercy unimog.... kebanyakan memang untuk militer hehe

sakti tuh, d ujung axlenya ada reduction gear lagi.. get low...


:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Oct 2010, 20:23 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
billyd1773dz wrote:
wah masasih g bisa om? klw g salah tuasnya kan untuk gear 1 misah sendiri yah? harusnya g mungkin loncat k 2 sih... klw XJ memang ada kemungkinan loncat klw overrev karna gear 1-2nya nyatu... dan memang nentuin gigi saat start nanjak jdi tantangan tersendiri d XJ hehe... kebanyakan ngegas naik k 2 kadang tenaga langsung drop... atw klw tetep di satu over power dan harus ke 2 mesti membiasakan ini sih.... seberapa dlm ngegasnya klw uda biasa sih nikmat g cape ngoper hehe.. atau.. oprek GB AW4nya biar triptonik haha...


btw pernah ngobrol dgn offroader yg uda senior banget.. mungkin di bandung dia yg paling jauh dan berat bawa XJnya d rute2 expedisi indonesia.....dri jaman DCI,NCI sampai BEE kemarin juga dia jabanin, klw orang bandung yg sering ngobrol dgn temen pjb pasti tau deh XJnya hehe....mungkin ini sebatas yg sya tangkap dri ilmunya ktanya klw ketemu turunan panjang dgn mobil matic GB justru mesti d N... bukan karna g percaya enginebrake, tp klw uda terlalu curam kecepatan d tekan serendah mungkin, klw GB d 1 & 4L + ratio FG rendah mesin masih neken kedepan dan malah ngebebanin rem malah jd g bisa berhenti/melambat... wong jalan nanjak aja ga digas mobil bisa naik kok.. apa lgi turun... jd bgtu engine brake g bekerja segera pindah k N biar mesin g ikut neken rem, selanjutnya pinter2 aja mainin rem agar ban g ngunci...

hehe manarik tuh ilmunya... :big_peace:

:beer:


makanya pake landy hehehehe..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 07 Oct 2010, 21:50 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13118
Location: in your heart
gmx wrote:
billyd1773dz wrote:
wah masasih g bisa om? klw g salah tuasnya kan untuk gear 1 misah sendiri yah? harusnya g mungkin loncat k 2 sih... klw XJ memang ada kemungkinan loncat klw overrev karna gear 1-2nya nyatu... dan memang nentuin gigi saat start nanjak jdi tantangan tersendiri d XJ hehe... kebanyakan ngegas naik k 2 kadang tenaga langsung drop... atw klw tetep di satu over power dan harus ke 2 mesti membiasakan ini sih.... seberapa dlm ngegasnya klw uda biasa sih nikmat g cape ngoper hehe.. atau.. oprek GB AW4nya biar triptonik haha...


btw pernah ngobrol dgn offroader yg uda senior banget.. mungkin di bandung dia yg paling jauh dan berat bawa XJnya d rute2 expedisi indonesia.....dri jaman DCI,NCI sampai BEE kemarin juga dia jabanin, klw orang bandung yg sering ngobrol dgn temen pjb pasti tau deh XJnya hehe....mungkin ini sebatas yg sya tangkap dri ilmunya ktanya klw ketemu turunan panjang dgn mobil matic GB justru mesti d N... bukan karna g percaya enginebrake, tp klw uda terlalu curam kecepatan d tekan serendah mungkin, klw GB d 1 & 4L + ratio FG rendah mesin masih neken kedepan dan malah ngebebanin rem malah jd g bisa berhenti/melambat... wong jalan nanjak aja ga digas mobil bisa naik kok.. apa lgi turun... jd bgtu engine brake g bekerja segera pindah k N biar mesin g ikut neken rem, selanjutnya pinter2 aja mainin rem agar ban g ngunci...

hehe manarik tuh ilmunya... :big_peace:

:beer:


makanya pake landy hehehehe..


landy matik gak mindah sendiri ya? :mrgreen:

waktu itu, coba betot gas everest matik dan tuas berada di 1. terasa perubahan gear box di 2000RPM. coba di posisi 4L gitu juga. berubah di 2000RPM. tapi gak dicoba ketika diaktifkan "hold". katanya hold ini seperti overdrive.
konfirmasi ke teknisi ford, katanya kalo tuas berada di 1, gigi yang bermain adalah 1 dan 2.
gawat nih kalo off road serius...

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 08 Oct 2010, 06:53 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
maskopat wrote:
gmx wrote:
billyd1773dz wrote:
wah masasih g bisa om? klw g salah tuasnya kan untuk gear 1 misah sendiri yah? harusnya g mungkin loncat k 2 sih... klw XJ memang ada kemungkinan loncat klw overrev karna gear 1-2nya nyatu... dan memang nentuin gigi saat start nanjak jdi tantangan tersendiri d XJ hehe... kebanyakan ngegas naik k 2 kadang tenaga langsung drop... atw klw tetep di satu over power dan harus ke 2 mesti membiasakan ini sih.... seberapa dlm ngegasnya klw uda biasa sih nikmat g cape ngoper hehe.. atau.. oprek GB AW4nya biar triptonik haha...


btw pernah ngobrol dgn offroader yg uda senior banget.. mungkin di bandung dia yg paling jauh dan berat bawa XJnya d rute2 expedisi indonesia.....dri jaman DCI,NCI sampai BEE kemarin juga dia jabanin, klw orang bandung yg sering ngobrol dgn temen pjb pasti tau deh XJnya hehe....mungkin ini sebatas yg sya tangkap dri ilmunya ktanya klw ketemu turunan panjang dgn mobil matic GB justru mesti d N... bukan karna g percaya enginebrake, tp klw uda terlalu curam kecepatan d tekan serendah mungkin, klw GB d 1 & 4L + ratio FG rendah mesin masih neken kedepan dan malah ngebebanin rem malah jd g bisa berhenti/melambat... wong jalan nanjak aja ga digas mobil bisa naik kok.. apa lgi turun... jd bgtu engine brake g bekerja segera pindah k N biar mesin g ikut neken rem, selanjutnya pinter2 aja mainin rem agar ban g ngunci...

hehe manarik tuh ilmunya... :big_peace:

:beer:




makanya pake landy hehehehe..




landy matik gak mindah sendiri ya? :mrgreen:



waktu itu, coba betot gas everest matik dan tuas berada di 1. terasa perubahan gear box di 2000RPM. coba di posisi 4L gitu juga. berubah di 2000RPM. tapi gak dicoba ketika diaktifkan "hold". katanya hold ini seperti overdrive.
konfirmasi ke teknisi ford, katanya kalo tuas berada di 1, gigi yang bermain adalah 1 dan 2.
gawat nih kalo off road serius...


siaappp pke landyy acchhhh..... :big_peace: :big_peace:


eh evienya pasti yg TDI yah? yg masih 4speed 4x4? hehe klw yg TDCI sih enggak om, kemarin uda d confirm ke temen yg bwa ranger dan enggak pindah kok...

pindah d 2000?
wah klw XJ sih klw g overREV k merah ga akan pindah om..... manteng d 1 terus.... jd ya pinter2 aja makenya.... hehe

klw serius offroad balap sih malah g di pindah ke 1 waktu turun panteng aja d D.... hehehe wong turun aja sambil di gas kok.... suspensi dan rem aja yg bagus.... <---- tp jgn di tiru yg d atas jg jgn haha bwat oprut normal sih hehe...

btw mejeng lg ah...

XJ-Adventure
Image
XJ limited 1999 4.0 AT

XJ-Speed
Image
XJ limited 1996 4.0 AT

semuanya matic mesin hanya d tune dan seting ulang,suspensi masih mid modal resevoir aja, blm sampai kelas coilover n bypass dan alhamdulilah uda pernah dpt tropy 1 & 2 hehehe.....

sapa takut pke maticc.... :big_peace: :big_peace:

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 09:39 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
maskopat wrote:
landy matik gak mindah sendiri ya? :mrgreen:


landy banyak kok yang matic... maksudnya suka pindah2 gigi sendiri hahahahaha.... tapi tetep, landy emang top dah...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 09:47 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Posts: 8860
Location: smi, bdg, jawa barat
XJ ADVENTURE stir kiri???
dapet dr mn?

_________________
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 10:10 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
^^
stir kanan kok om.... hehehe

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 10:12 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
gmx wrote:
maskopat wrote:
landy matik gak mindah sendiri ya? :mrgreen:


landy banyak kok yang matic... maksudnya suka pindah2 gigi sendiri hahahahaha.... tapi tetep, landy emang top dah...


ngiler euy om... kemarin di ceritain temen pengusaha outbond d lembang, landy lwbnya d sewain bwat wisata oprut ke sukawana.. seorang 250rb isinya bisa 5-7 orng... ramee terus tiap weekend... hehehehe... boljug tuh... klw yg gini sih musti landy kyanya.... g mungkin pke jimny hehe g bakal ada yg mw kyanya haha pke landy kesannya gmn gtuu.. hehehe


:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 10:18 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
^^emang pake landy tuh ada kesan sensasi tersendiri.. di jatinagor ada juga tuh Bumi Khayangan, dari jalan masuk UnWin terus aja ke atas.. di bandung sih emang gudangnya landy, liat landy di jalan ngga aneh rasanya, kalo di jkt ada landy di jalan mesti foto2 deh hahahaha..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 10:34 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
billyd1773dz wrote:
andy1800 wrote:
oiya ngomong2, ....yg punya Power Take Off (PTO) tu cuma landy aja ya?...di defender msh ada kah?...
kalau mobil lain yg ada PTO nya apa ?....
pada jarang makai winch PTO tu cuma krn device nya mmg langka, atau krn dipandang enggak sip kah ? ....

klw PTO OEM sih toyota dan taft juga ada om....


ada nih pajero pake PTO, pasti hasil bikinan sendiri..

http://www.youtube.com/watch?v=pnRrwAvTez8


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 11:15 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
gmx wrote:
^^emang pake landy tuh ada kesan sensasi tersendiri.. di jatinagor ada juga tuh Bumi Khayangan, dari jalan masuk UnWin terus aja ke atas.. di bandung sih emang gudangnya landy, liat landy di jalan ngga aneh rasanya, kalo di jkt ada landy di jalan mesti foto2 deh hahahaha..

dibandung bnyk om...

tp yg bener2 rajin d pke oprut dikit uy... biasanya uda gado2 isinya...

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 14:45 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Posts: 8860
Location: smi, bdg, jawa barat
share ttg yg ini donk:
Image
daihatsu taft

_________________
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 16:27 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
^^coba masuk aja ke forum Taft Diesel Indonesia, apa aja tentang taft ada di sana om, termasuk taft kebo F50

--> http://taftdieselindonesia.com/forum/index.php


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 18:14 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
baca2 cerita Borneo Equator Expedition asik juga, cerita lengkap, foto banyak

http://www.advrider.com/forums/showthread.php?t=585918

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 19:05 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Posts: 8763
Location: La-3°33'27.17"N /Lo-98°37'18.96"E
aduh, memang asik neh dunia spt ini, preman aja blm tentu sanggup.....

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 23:08 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
^^
punya pak syamsir tu mbahnya taft n SUV diesel hehehe.....

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Oct 2010, 23:37 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
btw thx om gmx linknya DASYAAT!! pisan... hehehe

http://www.advrider.com/forums/showthread.php?t=585918

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Oct 2010, 08:40 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Posts: 8860
Location: smi, bdg, jawa barat
up up up
:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:

_________________
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Oct 2010, 08:39 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 23 Nov 2007, 12:52
Posts: 154
Suhu2 offroad izin mantau ya, sekalian mau tanya yang selama ini jadi ganjalan:

1. Apakah fungsi ABS pada saat medan berat turunan licin bisa mengganggu ketika mobil terpaksa harus berhenti?,
2. Jika cukup mengganggu apakah pada mobil2 offroad fungsi ABS bisa ON & OFF

Note : saya pecinta offroad yang ga pernah coba offroad, niatnya pengen coba, tetapi terkendala dgn kendaraan suv banci :)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Oct 2010, 17:24 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
pertanyaan untuk billy nih yang tunggangannya udah pake ABS, tunggangan saya sih ga pake ABS, jadi nyantai aja..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Oct 2010, 12:39 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4350
Banyak adventure yg kita bisa lalui dng SUV standard, om Neo. Kalau nunggu bangun 4x4 handal, bisa tahunan tuh. Dimulai aja dari apa yg kita punya.

_________________
Ready to Race


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 416 posts ]  Go to page Previous  1 ... 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 ... 17  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 17 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com