SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 22 Oct 2014, 06:55

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 416 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 ... 17  Next
Author Message
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 17:57 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
^^
heheh liat aja di video yg di atas, di cerna baik2 nanti kelihat knp mesti di lock n open.....


:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 18:05 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
gmx wrote:
billyd1773dz wrote:
ak4ng wrote:
ada yg pernah punya atw nyoba? share y!? :big_smoking: :big_smoking:

mbl bokap gw dari sma sampai gw sd hehehe.......a very nostalgic car...


:beer:


share lebih detil dong Bill..

kan uda d jelasin om gmx dgn sangat baik... hehehe :ungg: :ungg:

nambahin apayah...... hmmmm any clue??


:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 19:25 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 11 Aug 2009, 15:11
Posts: 324
Location: Medan
billyd1773dz wrote:
firawan6275 wrote:
Om semua,

pernah donlot video penggunaan 4x4 part time di website 4xForum kebetulan contohnya Nissan Frontier, dia bilang saat hujan di jalan licin atau gravel 4x4 part time akan lebih mantap traksinya dibanding 4x4 fulltime atau malah AWD. Ada juga contohnya pake mitsu pajero kayak punya Om gmx, masalahnya 4x4 part time akan memperpendek umur transfer case dibanding 4x4 full time atau AWD. Ada beberapa mobil dlm manualnya mensyaratkan agar tidak melebihi kecepatan 80 kmh saat 4x4 part time aktif di jalan aspal. Nah, ini jadi perdebatan antara saya dan temen2 di kantor. Klo prinsip saya jika memang di aspal licin masih mungkin pake pakai 2H dgn mengontrol kecepatan sesuai kemampuan mengemudi sy nggak akan pake 4H part time kecuali jika memang terjadi gejala selip pake 2H. Klo off the road sih langsung pake 4H part time, biasanya di tambang regulasi safetynya mensyaratkan 4H part time selalu aktif.

Tolong sharingnya dong, thanks.


keypointnya dri karakternya om yang selalu ngebagi 50:50 kapan pun dan bagaimanapun...

persis seperti yg om maskopat bilang, tc jd maksa pembagian daya ke depan dan blkng selalu sama, akibatnya traksi lebih terjamin di partitime,dibanding fulltime yang pembagian daya tergantung beban(seperti kerja gardan). atau AWD yang harus nunggu slip dulu baru sistem 4x4nya aktif.

dan benar kta om, penggunaan partitme di aspal kurang sehat bukan hanya ke TC aja tp kesumua komponen drivetrain... knp? karna sifat partime td yg memaksa selalu membagi 50:50 td.. mungkin selama di aspal lurus tidak jadi masalah malahan traksinya akan semakin mantap.. tp klw di suruh belok dmn pembagian daya tidak 50:50 nah baru deh terjadi tarik2an.. klw permukaannya licin maka bannya yg slip dan tidak ada masalah ke drivetrain efek tarik2an tidak terasa tp klw kering baru kerasa bisa ban berdecit atw suara2 gear dri drivetrain...

jd klw kta sya sih selama di pakai di jalur yg relatif lurus meskipun kecepatan cukup tinggi tidak haram pakai partitme di aspal selama tidak melakukuan belok secara tajam/patah...

umm soal maksimal 80km itu cruising speednya, atau tidak boleh masuk 4H saat lebih dari 80kmh? biasanya sih peringatannya dilarangnya saat d oper ke 4H yg ga boleh,tp klw dri awal udah masuk 4H sblm 80kmh tdk masalah.... biasanya lo yah.. hehe tp da sya jg hampir setiap hujan d tol selalu masuk 4H dan g jarang lebih dari 120kmh fine2 aja malah aman hehe....

tp klw di jalan aspal berkelok2 yang paling efektif itu AWD.... hehe meskipun membutuhkan slip dulu untuk mentrigger tapi dia bisa selalu membagi daya dgn pas meskipun saat belok patah untuk mengkoreksi arah. hehe ini baru kerasa di wj setelah "aga" kecewa dgn performa awd d tanah. namun ternyata di aspal bisa berkerja dgn sangat baik. pernah saya coba Uturn dgn sengaja sambil bejek gas (biasanya klw pke mbl lain d tmpt ini selalu iseng kepot2an hehehe). sedangkan permukaan aspal ada pasir2 tipis bekas galian jalan dan sedang hujan, masuk belokan - hentak gas - ban blkng langsng kerasa spin dan mw melintir tp hanya setengah detik, langsung d ikuti hentakan halus dri gardan depan dan langsung terkoreksi padahal gas g diangkat meskipun memang ga pol.. gagal deh mau kepot2an... hahaha di mbl ini RWD g ada ESP atw elektronik lain pure awd aja... klw dia partitme pasti malah ngebuang/gbisa belok atw udersteer klw dpaksa belok paksa.. tp klw FWD rasanya jg ga akan melintir semudah RWD yah... jd tetep aja masih penasaran klw awd d fwd nih hehehe...

cmiiw yah
thx
:beer:


Thanks Bro..mantap banget penjelasannya...diskusi makin asyik..lanjutt


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 19:27 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
gmx wrote:
pada transfer case itulah adanya istilah parttime dan fulltime, yang melibatkan differential lock/open antara kopel belakang dan depan. di gardan juga ada differential lock antara as roda kanan dan kiri, atau yang lebih moderat yaitu Limited Differential Lock (LSD). kalo nekat sih locker2 itu bisa juga pake LMD (Las Mati Differential)

timbul pertanyaan, kenapa perlu di lock, dan kenapa perlu di open..


saya salah tulis nih, LSD adalah Limited Slip Differential, bukan Limited Differential Lock..

egon wrote:
:beer:
trims om mw ane cerna dulu ntr nanya lg ya
:big_peace:
menunggu pencerahan dr om gmx tntg knp di lock n knp mesti di open


dari video itu walaupun yang dibahas adalah di gardan belakang, tapi prinsipnya sama di gardan depan dan di transfer case, udah jelas kan kenapa harus open, saat ban dengan permukaan jalan mempunyai traksi yang bagus, seperti di jalan aspal. jelas juga kalo di lock, yaitu kedua as roda kanan-kiri, atau kopel depan-belakang dikunci seperti dilas, menjadi bahaya bisa terjadi patah..

open itu di kondisi jalan bagus, lalu bagaimana bila di jalan rusak, misalnya di lumpur sehingga salah satu ban karena licinnya kehilangan pijakan, atau jalur dengan kontur gelombang dalam sehingga satu ban ngangkat juga kehilangan pijakan dengan tanah, yang disebut kehilangan traksi.. pada kondisi itu, ban yang masih berpijak akan lebih berat untuk diputar daripada ban yang kehilangan pijakan, maka semua tenaga putaran dari mesin akan disalurkan ke ban yang kehilangan pijakan sehingga muter terus, sedangkan ban yang masih berpijak ngga akan mendapat tenaga putaran, sehingga mobil ngga bisa maju.. pada kondisi seperti itulah dibutuhkan locker agar ban yang masih berpijak tetap bisa berputar dan mobil bisa maju

locker bisa dipasang di transfer case, atau di gardan belakang, atau di gardan depan. yang dijelaskan oleh billy pada jip2 lama differential di transfer case akan mengunci kopel depan-belakang pada saat masuk ke mode 4x4 yaitu di 4H atau 4L (saya juga baru tau nih, kirain open aja), inilah yang disebut part time, dan berbahaya di mode 4x4 parttime kalo berjalan di jalan aspal. pada SUV2 baru sudah dilengkapi fulltime yaitu differential open sehingga bisa dengan aman memakai mode 4x4 di jalan raya..

pada kondisi standard, beberapa mobil sudah dilengkapi locker di gardan depan/belakang yang bisa diatur open close-nya, seperti di mercedes 300GE. banyak juga locker aftermarket untuk mobil2 tertentu, namun pemakaian locker di gardan depan sangat berbahaya karena ban depan yang belok..

pilihan lain yang fungsinya mirip locker adalah LSD, tapi ngga bener2 ngelock ngunci, system kerjanya seperti kopling, jadi pembagian tenaga putaran tidak persis sama untuk roda yang kehilangan pijakan dengan ban yang berpijak, masih lebih lebih aman dipakai di jalan raya daripada locker. banyak SUV sekarang sudah dilengkapi dengan LSD seperti dcab, PS, everest dll. teman2 di landy series ada yang ngoprek bikin LSD dari plat kopling untuk gardan belakang

tersedia atau tidaknya locker/LSD yang rata2 sebagai part aftermarket juga jadi pertimbangan pemilihan mobil. yang banyak locker untuk jeep dan toyota, rasanya belum pernah denger untuk taft atau jimny, makanya gardan toyota banyak dipakai untuk modifikasi..

jenis locker pun macam2, ada detroit locker, air locker dll, saya juga belum apal..

selanjutnya apalagi ya.. kalo gearbox dan mesin kayaknya sama aja dengan mobil lain.. mobil sedan dipasang drivetrain dan kaki2 jimny juga bisa jadi mobil offroad, ada kan holden yang dimodif seperti itu.. kombinasi ban, jenis axle, suspensi, gardan, transfer case, gearbox, mesin dll cukup untuk bahan pertimbangan pemilihan mobil..

paling aja tambahan accessories seperti winch, bullbar, roofrack, lampu2, tyre/jerry can hanger, towing bar dll.. tapi mengenai winch cukup menarik juga untuk dibahas sih..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 19:54 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13118
Location: in your heart
ada satu lagi sih kalo untuk rock crawling. reduksi kopel. jadi setelah transfer case, ada satu gear yang dipasang. sebesar gear 1 di gear box. jadi total gear ratio bisa menjadi 4x dari standar. ini paling mantap digabungin dengan ban 35"++
detailnya ane kurang tahu juga. mungkin para pakar off roader bisa ngejelasin :thanks:

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 20:42 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
pajero lepas stabilizer bisa jadi gini kali ya

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Oct 2010, 21:45 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 21 Sep 2010, 17:07
Posts: 43
Location: jakarta
siiipp..trims brad
:beer:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Oct 2010, 20:32 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
andy1800 wrote:
jadi, yg ingin kita dapatkan pengetahuan dari para yg udah lbh pengalaman adalah:
mobil 4x4 yg standar
misalnya, vitara standar
trus ya spt yg billy pernah bilang itu...
"vitara escudo sidekick.....
klw di banding jimny, bukan kalah tangguh mesinya .... tapi kalah tangguh kaki-kakinya.... kalah simple ....dan kalah murah...serta kalah mudah dalam memodifikasi" (ini berarti ketersediaan aftermarket atau parts kaki copotan nya, kalau vitara lbh susah didapatkan)

nah, itu akan lbh bagus kalau sedikit dikasih alasan2 yg didapat dari pengalaman ...misalnya: "dari pengalaman kalau pas jalan bareng, vitara yg sering patah tuh axle depannya"...minsalnya gitu...
trus ditambah alasan teknis dikit.."karena ukuran as rodanya itu cuma 20 spline"...misalnya


udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..

udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 05 Oct 2010, 20:44 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Abu2 wrote:
btw, ikut nyelip pic dikit ya, dekan ban spt ini, trus dicangkok 4x4, spt nya dah bisa maen2 di oprot ringan kali ya...


Image


nyangkok 4x4 di GV ngga murah lho, kalo ngga salah denger nyangkok 4x4 di XL-7 bisa abis 70jt, di GV mungkin ngga jauh beda, udah gitu dapetnya mobil kinyis2 4x4 dengan kaki2 kurang lincah, dijamin ngga akan kuat dan tega dipake blusukan .. mendingan duitnya dipake untuk beli jimny, 70jt sih dapet yang udah jadi, masih ada sisa buat traktir kita2 hehehehe


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 08:39 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 01 Sep 2010, 15:00
Posts: 26
Location: Maluku Utara
Ulasannya mantap2 omm.. udah banyak gambaran neh buat nubi seperti saya

Mungkin bisa di sharing juga, pengalaman2 atau trik2 mengemudi seperti apa pada medan light offroad (safety drive) karena saya liat faktor pengemudi juga sangat menentukan keberhasilan melewati suatu medan.
Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..

Btw, sering saya lihat di lapangan, SUV 4WD bagus kalah dengan jip sederhana/teknologi lama.. (faktor nyali kali ya hehehe)


Mungkin yang ini agak susah kali ya karena harus praktek langsung, tapi paling tidak ada gambaran buat kita2, apa yang perlu dipersiapkan untuk adventure/light offroad

Trit ini sangat bermanfaat,
Thanks a lot


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 09:26 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
gmx wrote:
udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..

udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?

yak yak... mulai jelas bu guru...hehehhee... very :off_good_job: :frm_salut:
jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....
oks oks, mari kita lanjut....
:off_good:

oiya ngomong2, ....yg punya Power Take Off (PTO) tu cuma landy aja ya?...di defender msh ada kah?...
kalau mobil lain yg ada PTO nya apa ?....
pada jarang makai winch PTO tu cuma krn device nya mmg langka, atau krn dipandang enggak sip kah ? ....

pdhl, sebenarnya menurut ane, antara winch PTO dan winch elektrik tu adlh saling melengkapi....
mengingat bhw electric winch tu ada potensi utk ngaco selenoidnya (spt cerita ditto ttg bbrp "winch setan" yg diakibatkan oleh selenoid winch yg suka2 on-off sendiri...mmg siih kejadian begini statistik probabilitasnya sbenernya mmg gak besar)... maka, dlm logika gw, winch PTO tu sdikit lbh aman dibanding electric winch, maka gw berpemikiran, kalao ngewinch tu sebaiknya PTO dulu.. kalau dah gak mampu, barulah mainkan winch elektrik nya...

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 09:37 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
omong2..kalau lumpur2 macem gini ini, memungkinkan enggak sih, kita ngelewatinnya tu dg kalem2 ?....maksdunya, gak kudu maen ngembat gitu ?
kita misalkan, kalau device nya mencukupi : diff lock dan transfer case lock
.
Image

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 10:02 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Posts: 8290
Location: djakarta
psekidelik wrote:
Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..
turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.


Attachments:
ceruk02.JPG
ceruk02.JPG [ 21.12 KiB | Viewed 3213 times ]

_________________
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 13:36 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Posts: 8763
Location: La-3°33'27.17"N /Lo-98°37'18.96"E
gmx wrote:
nyangkok 4x4 di GV ngga murah lho, kalo ngga salah denger nyangkok 4x4 di XL-7 bisa abis 70jt, di GV mungkin ngga jauh beda, udah gitu dapetnya mobil kinyis2 4x4 dengan kaki2 kurang lincah, dijamin ngga akan kuat dan tega dipake blusukan .. mendingan duitnya dipake untuk beli jimny, 70jt sih dapet yang udah jadi, masih ada sisa buat traktir kita2 hehehehe


kalo gitu, sebagai pemula yg sangt nubie, mending bangun FJ aja versi rockcrawler yg remote control kali yaaaaa, 15jt dah komplit siap tempur... :big_peace:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 19:25 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
Abu2 wrote:
gmx wrote:
nyangkok 4x4 di GV ngga murah lho, kalo ngga salah denger nyangkok 4x4 di XL-7 bisa abis 70jt, di GV mungkin ngga jauh beda, udah gitu dapetnya mobil kinyis2 4x4 dengan kaki2 kurang lincah, dijamin ngga akan kuat dan tega dipake blusukan .. mendingan duitnya dipake untuk beli jimny, 70jt sih dapet yang udah jadi, masih ada sisa buat traktir kita2 hehehehe


kalo gitu, sebagai pemula yg sangt nubie, mending bangun FJ aja versi rockcrawler yg remote control kali yaaaaa, 15jt dah komplit siap tempur... :big_peace:


mending unduh game aja om..... murmer,rame, mw d gulingin juga g bakal pusing hehehe.......

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 19:44 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
andy1800 wrote:
gmx wrote:
udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..

udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?

yak yak... mulai jelas bu guru...hehehhee... very :off_good_job: :frm_salut:
jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....
oks oks, mari kita lanjut....
:off_good:

oiya ngomong2, ....yg punya Power Take Off (PTO) tu cuma landy aja ya?...di defender msh ada kah?...
kalau mobil lain yg ada PTO nya apa ?....
pada jarang makai winch PTO tu cuma krn device nya mmg langka, atau krn dipandang enggak sip kah ? ....

pdhl, sebenarnya menurut ane, antara winch PTO dan winch elektrik tu adlh saling melengkapi....
mengingat bhw electric winch tu ada potensi utk ngaco selenoidnya (spt cerita ditto ttg bbrp "winch setan" yg diakibatkan oleh selenoid winch yg suka2 on-off sendiri...mmg siih kejadian begini statistik probabilitasnya sbenernya mmg gak besar)... maka, dlm logika gw, winch PTO tu sdikit lbh aman dibanding electric winch, maka gw berpemikiran, kalao ngewinch tu sebaiknya PTO dulu.. kalau dah gak mampu, barulah mainkan winch elektrik nya...


klw PTO OEM sih toyota dan taft juga ada om....

tp bwat yg pngin ptonya jadi kebut yg dambil modul gb ptonya aja, trus di kawinin ke bonggol gardan + rem motor haha... gtw aman apa enggak... ada jg yg lebih rapih dan aman pke wormgear atw apa yah sya jg blm apal hehe.. tp kenceng n kuat banget.. klw lomba orang lain mah naiknya 1-1 dia mah setim 3 mobil sekaligus langsung d tarik pke pto mobil paling depan uda kuat kenceng lg.... sadiss... hasilnya juara nasional jarum deh beberapa tahun kemarin waktu pto setan masih jarang saat itu... btw mobilnya taft kebo... tp gtw nih skrng masih boleh g regulasinya kabel slinknya lebih dri 8mm... selain itu klw masangnya g bener, sasis jg bisa jadi korban...

itu klw yg seneng kompetisi dmn bobot penting, ada jg yg adventure yg ngehybridin 8274 dgn PTO, jd dia bisa elektrik bisa juga PTO... mantap nih tp jd berat bangt.....

idealnya sih sediain 2 winch elektrik yang kecil bwat ngewicnh pendek dan terutama saat mesin mati dan pto bwat ngewinch yg jarakny panjang atw klw butuh ngebut....

klw elektrik bisa aja di buat kenceng dgn dual motor 9.5XP d body 8274 hehehe... sadis kebuutt dan kuat.... tp nyedot listriknya jg galak...
klw soal solenoid sih memang jadi masalah utama winch elektrik, ideany setiap habis main harus rajin di bersihin di rawat gtu.. hehe tp skrng ada yg jual single solid solenoid sya jg blm nyoba, katanya sih lebih bandel dri solenoid biasa yg jumlahnya lebih dari satu.

cmiiw
:beer:

_________________
just my dummy head....


Last edited by billyd1773dz on 06 Oct 2010, 20:35, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:08 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
andy1800 wrote:
omong2..kalau lumpur2 macem gini ini, memungkinkan enggak sih, kita ngelewatinnya tu dg kalem2 ?....maksdunya, gak kudu maen ngembat gitu ?
kita misalkan, kalau device nya mencukupi : diff lock dan transfer case lock
.
Image


kyanya tetep g bisa om..... klw d lumpur gtu dimana semua roda licin + dikasih nanjak.. teman setia itu tetep momentum + suspensi yg sesuai g mesti longtravel yah agar saat ngembat guncangannya tetep nikmat stabil dan dpt traksi terus hehehe....

locker baru efektir klw di batu-batuan atw d tempat yg relatif kering..

IMHO klw d westajava sih yg kebanyakan muddy, pke LSD biasanya uda cukup... apa lg klw lsdnya truetrac hehe.

klw blm pernah pke locker biasanya tampak menggiurkan banget yah? tp klw uda apa lg itu arb airlocker...terus terang cape benerinnya deh... sering bocor pneumaticnya,oli naik lah, gbisa ngunci terakhirnya akhirnya rontok.... hohoho uda gtu trus terang klw d muddy2 gtu kurang significan bedanya.. maksud gw saat itu klw gw pke locker, sedangkan yg lain tidak... tapi tetep aja klw gw naik yg lain naik.. gw stuck yg lain jg stuck hampir sama, hehehe jd dipikir ngapain juga toh d level mainnya kita yg nubie ini non locker jg masih bisa jabanin hehe....... malah klw gw lupa nyalain difflocknya atw tiba2 ngadat langsung kerasa mudah hilang traksi klw yg pke LSD enak2 aja naiknya karna aktif terus...

uda gtu handlingnya langsung kerasa beda hehe klw difflock blkng nyala sulit ngebikin yg blkng diem atw biar ngikutin dpn, maunya geser terus... klw depan nyala susah belok... terakhir harus apik bawanya klw mw awet.... haha open+lsd aja akhirnya skrng bisa ngembat2 lebih aman hehehe.... toh yg bikin asik oprut waktu ngembatnya kan? hehehe


tp yah selera orang beda2... klw ada rejeki boleh lah d coba pasang locker hehehe.... klw yg demen main di poncab saat kering sih sya rasa pasti pengaruhnya besar tu locker..... klw main d gundukan2 tanah gtu... trutama klw suspensnya uda kurang panjang hehe


:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:14 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
andy1800 wrote:
psekidelik wrote:
Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..
turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.


kebetulan ada videonya nih waktu main kesana sama temen2 jimny nanti deh di cari + edit/cut + uplot dulu hehehe....

bentar yachh... :big_peace:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:16 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
gmx wrote:
pajero lepas stabilizer bisa jadi gini kali ya

Image


yg blkng sih dijamin mininimal shockny uda d ganti yg longtravel tu hehehe... yg depan okelah mantap, kyanya stablizier g di lepas jg masih bisa sgtu sih yah? hehe

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:21 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
maskopat wrote:
ada satu lagi sih kalo untuk rock crawling. reduksi kopel. jadi setelah transfer case, ada satu gear yang dipasang. sebesar gear 1 di gear box. jadi total gear ratio bisa menjadi 4x dari standar. ini paling mantap digabungin dengan ban 35"++
detailnya ane kurang tahu juga. mungkin para pakar off roader bisa ngejelasin :thanks:


abis transfercase jadi reduction gearnya d pasang 2 om?d output depan dan blkng gtu? wah kurang tw y om... hehe mungkin aja ada sih...

biasanya sih klw jimun di mana TCnya misah dgn GB, jadi bisa di pasang TC 2 biji... hasilnya yah Extreme Low gear... terlebih klw 2 TC itu uda yg super low.... hehe cuma low bener mw bwat apa sih?? hehehe rockcrawling sih pasti maknyuss pisan...


:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:24 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
psekidelik wrote:
Mungkin bisa di sharing juga, pengalaman2 atau trik2 mengemudi seperti apa pada medan light offroad (safety drive) karena saya liat faktor pengemudi juga sangat menentukan keberhasilan melewati suatu medan.


betul om, pengemudi sangat menentukan, makanya perlu juga sekali2 main2 dengan mobil kita apa adanya, bukan untuk jadi jawara kompetisi, tapi untuk lebih mengenal kemampuan dan kekurangan mobil kita, juga sedikit mengasah driving skill, tapi ingat SAFETY FIRST

nonton lagi yuk, sedikit dasar2 offroad driving

Basic Offroad Driving Skills Part 1 --> http://www.youtube.com/watch?v=O3Ai8Kr7cxg
Basic Offroad Driving Skills Part 2 --> http://www.youtube.com/watch?v=AL61JOmPoCo
Basic Offroad Driving Skills Part 3 --> http://www.youtube.com/watch?v=XJTTro5QsTo

Land Rover driving technique 01 --> http://www.youtube.com/watch?v=v07kCA606E0
Land Rover driving technique 02 --> http://www.youtube.com/watch?v=vi4kaT3yfoM

psekidelik wrote:
Atau juga paling enak mana antara jip/kendaraan panjang (kaya Pajero, Strada DC) dibandingkan jip pendek kaya jimny atau CJ7, beserta kelebihan dan kekurangannya..


kalo untuk melewati rintangan2 dalam offroad, lebih enak dengan jip short karena approach angle, departure angle, dan radius putar U-turn lebih baik, jalur di offroad kan sempit2, beloknya patah2, turunan dan tanjakannya kejam2..

kalo yang disebutkan Pajero dan dcab dibandingkan dengan jimny atau CJ7, ya beda kelas, karena jimny dan CJ7 kan twin rigid axle, sedangkan pajero dan dcab kan IFS.. udah panjang, gede, kalah pula di kaki2..

tapi tergantung juga kebutuhannya, kalo butuh bawa barang banyak, misalnya jadi logistic di rombongan, atau bawa barang2 buat baksos, atau bawa hasil panen, mau ga mau pake yang long kan..

pada Borneo Equator Expedition, beberapa mobil kecil ngga jadi berangkat, bukan karena ngga yakin mobilnya mampu atau tidak, tapi ngga yakin logisticnya cukup atau ngga..

psekidelik wrote:
Btw, sering saya lihat di lapangan, SUV 4WD bagus kalah dengan jip sederhana/teknologi lama.. (faktor nyali kali ya hehehe)


dulu kan infrastructure jalan kan kurang sekali, makanya jip2 dibuat siap untuk extreme.. jip2 sekarang juga banyak yang kemampuan offroadnya bagus, tapi harganya MUAAAHAAAAL..

andy1800 wrote:
gmx wrote:
udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..


jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....


kalo saya antara jimny atau vitara, saya pilih vitara.. kalo mau jalan2 ke pondok saladah di papandayan dari jkt, di papandayannya sih enak pake jimny, tapi males banget ngebayangin dari jkt ke sana lewat tol cipularang pake jimny dengan perabotan lenong hahahaha... banyak orang yang mau ngajalanin, tapi count me out ya.. kalo mau itu jimny dinaikin ke trailer, tarik pake pajero sampe sana, pajeronya titipin, trus naik ke pondok saladah pake jimny..

mengenai PTO dan winch electric, kira2 lebaran kemarin banyak dibahas di milis landy_series, saya buka2 arsip dulu..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:31 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
gmx wrote:
andy1800 wrote:
jadi, yg ingin kita dapatkan pengetahuan dari para yg udah lbh pengalaman adalah:
mobil 4x4 yg standar
misalnya, vitara standar
trus ya spt yg billy pernah bilang itu...
"vitara escudo sidekick.....
klw di banding jimny, bukan kalah tangguh mesinya .... tapi kalah tangguh kaki-kakinya.... kalah simple ....dan kalah murah...serta kalah mudah dalam memodifikasi" (ini berarti ketersediaan aftermarket atau parts kaki copotan nya, kalau vitara lbh susah didapatkan)

nah, itu akan lbh bagus kalau sedikit dikasih alasan2 yg didapat dari pengalaman ...misalnya: "dari pengalaman kalau pas jalan bareng, vitara yg sering patah tuh axle depannya"...minsalnya gitu...
trus ditambah alasan teknis dikit.."karena ukuran as rodanya itu cuma 20 spline"...misalnya


udah jelas kan mas kenapa billy bilang VES kalah tangguh kaki2nya dibanding jimny..

udah dibahas ban, suspensi, axle, gardan, transfer case.. kalo udah jelas, saya akan coba masuk ke mobil2 yang saya tau dikit2.. tapi mengenai yang udah dibahas itu, udah jelas ya?

Quote:
yak yak... mulai jelas bu guru...hehehhee... very :off_good_job: :frm_salut:
jd bikin ilfil sama VES....hahahhaa... gak diiinggg....
oks oks, mari kita lanjut....
:off_good:


hehe sya bilang kalah bukan bearti kalah tuh kalah jauh atw jd jelek yah........plz jgn salah arti hehehe.... nanti ada yg ngamuk lagi hehe... no offese... :big_peace: :big_peace:

hehe bwat adventure turing dan city use sih ves mantaapp pisan jauh lebih nyaman dan tenaga lebih besar dri jimun... hehe.. axle depan juga bisa dikawinin dgn driveshaft hilux ifs biar lebih sakti. tp ya tentu ada kelemahannya dan bwat yg uda cinta mati sama mobilnya akhirnya rela acak2 ganti axle bwat nutupin kelemahannya hehehe...

gampangnya sih memang beda segment antara jimun n ves.... kodratnya aja jimun itu GPV murni sedangkan ves itu SUV.... hehe

:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 20:57 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Abu2 wrote:
kalo gitu, sebagai pemula yg sangt nubie, mending bangun FJ aja versi rockcrawler yg remote control kali yaaaaa, 15jt dah komplit siap tempur... :big_peace:


experiencenya beda om, kalo pake mobil beneran bisa jalan2 refreshing, bukan sekedar play the toy, bisa menikmati pemandangan, udara segar hehehehe..

15jt buat remote control, sayang amat ya... buat buka warteg cukup tuh om..

andy1800 wrote:
turut nebeng pertanyaan om psikedlik ini.... dg penggambaran, kita ambil saja contoh yg dlm medan nya billy itu, yg dari atas trus masuk ke ceruk ini (di nyalindung ?) (kita semua udah liat videonya kan)....
nah, disitu, kalau kita pakenya mobil2 kecil (jangkrik, jimny410 atau sierra), gmana kira2 kemungkinan kejadiannya ?
* misalnya: "kemungkinan besar gini: waktu turun dr atas, dia akan gak bisa lurus, trus masuk ceruk hrs lbh presisi, kalau enggak maka kemungkinan besar klontang, ....krn wheelbase terlalu pendek, atau break-off angle kegedean"...atau mlh sebaliknya.... misalnya saja begitu...
.


kalo yang dimaksud itu adalah istilahnya ceruk V, medannya turunan extreme, kemudian tanjakan extreme, sehingga ngga bisa ambil ancang2 untuk momentum nanjak, itu salah satu rintangan yang disukai para offroader karena tantangannya..

turunnya sih biasa aja, pelan2 mengandalkan engine brake, jangan injek kopling, kalo mau injek rem dikiiiit aja asal jangan meluncur, tetap percayakan pada engine brake, jangan sampe injek rem abis, bisa2 mobil nyerosot sendiri tanpa kendali dan bisa terbalik.. naiknya itu yang tanpa momentum yang sulit

pinjem foto hasil jepretan om GSA waktu Sahur Offroad 4Wheeler kemarin (saya ngga ikut, terlalu extreme pas lagi puasa)

Image

sahur offroad kemarin itu diikuti sekitar 70 mobil kalo ngga salah, dari yang kawakan sampai yang newbie.. dari semua itu, hanya satu yang bisa lolos tanpa nge-winch, yaitu pake Land Rover Defender 200TDi kalo ga salah..

di WJAOR kemarin juga ada ceruk V, saya ngga tau berapa yang bisa lolos tanpa winch, tapi yang saya tau yang lolos itu landy yang namanya TO, pake gardan portal+locker (belum ngerti gardan portal itu apa) dan ban Smex ET 35.. mesinnya ngga tau udah dioprek gimana..

buat nanjak2 pelan2 seperti ceruk V gitu, land rover series dan defender lumayan jago, tapi kalo series mesti dioprek dulu mesinnya supaya ngga keabisan napas waktu nanjak tanpa momentum, karena standardnya series pake karburator, fuel pump system membran, kalo tanjakan gitu bensin sering ngga naik, mesin jadi mati.. biasanya fuelpump membran ganti pake rotax, atau swap engine pake injection atau diesel..

pernah waktu ujan2, di tanjakan licin, taft kebo dan jimny mesti coba beberapa kali baru bisa naik, landy saya yang bawa temen saya sekali sentak aja langsung naik, saya bawa pajero ban dueler MT tinggal teriak aja, "woooi tarikiiiin.."


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 21:13 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Posts: 1865
Location: EternaGTi'91&Pajero'97
andy1800 wrote:
oiya ngomong2, ....yg punya Power Take Off (PTO) tu cuma landy aja ya?...di defender msh ada kah?...
kalau mobil lain yg ada PTO nya apa ?....
pada jarang makai winch PTO tu cuma krn device nya mmg langka, atau krn dipandang enggak sip kah ? ....

pdhl, sebenarnya menurut ane, antara winch PTO dan winch elektrik tu adlh saling melengkapi....
mengingat bhw electric winch tu ada potensi utk ngaco selenoidnya (spt cerita ditto ttg bbrp "winch setan" yg diakibatkan oleh selenoid winch yg suka2 on-off sendiri...mmg siih kejadian begini statistik probabilitasnya sbenernya mmg gak besar)... maka, dlm logika gw, winch PTO tu sdikit lbh aman dibanding electric winch, maka gw berpemikiran, kalao ngewinch tu sebaiknya PTO dulu.. kalau dah gak mampu, barulah mainkan winch elektrik nya...


bener kata Billy, PTO ada juga buat toyota dan taft.. atau mau ngoprek winch electric Ramsey RE-series bisa dijadiin PTO karena arah motornya mengarah ke belakang, bukan ke samping

ini dia arsip dari milis landy_series, gara2 sehari sebelum lebaran ada yang kejeblos dalem di pondok cabe dan call for help..

Quote:
Lucu nih... PTO vs ELectric
Sebenarnya kasusnya yg kemarin (kejeblos) hanya bisa ditolong pake winch, susah dan akan ngerusak mobil kalo dibetot pake strap... Ya kalo ga as roda yg narik patah, atau chassis ketarik/copot... Dah sering kasus kayak gini... Jd next time langsung pake winch deh...
Nah back to laptorp.... PTO vs Electric...
Masing2 punya kelebihan dan kekurangan..
Gw mau sharing sedikit, biar makin anget he he.... (Di sukabumi tiris pisan... Hii hujan terus...) Tp ini pendapat pribadi ya... Jd lebih subjective... He he he....
PTO, lebih karena originalitas... Inipun mungkin pada waktu ini winch electric belon ada... Coba waktu itu udah ada, mungkin 8274 bisa jadi collector item.... Wakakaka....
Masalah tenaga, PTO sing ada lawan, tapi loyo begitu mesin mati... Nah ini agak riskan untuk mobil bensin, yg lebih gampang mati krn masuk air atau posisi mobil miring, beda sama injection dan diesel... Walaupun landy terkenal waterproof, tp kalo kejeblos kaya kmrn, dijamin mati...
Tp kalo masalah kepraktisan makenya, PTO ribet dan bolot... Makanya diciptakan PTO setan..
Safety??? PTO gw lupa ada remnya ga? Seinget gw ga ada... Nah ini ngeri.... Suer... Pernah ngerasain winch ngulur sendiri ditanjakan... Makanya salah satu syarat scrut winch harus bisa ngerem.. Nah skrg PTO setan pun udah dilengkapi rem...
Ohh iya PTO maitenance free... ga ribet sama selenoid dll..

Nah electric lawannya dari yg diatas..
Kelebihannya cuman praktis makenya.. Tp suka rewel dgn selenoid... Terutama yg Warn.. Gw sendiri, udah ganti punya Tmax, yg cmn pake 2 biji compare to warn yg 4 plus harganya mahal... Djoko jangkrik malah pake selenoid tmax seperti warn 4 buah, 2 untuk tarik dan 2 untuk ulur... Nah skrg ada yg versi albright satu untuk semua (cmn harganya 1,6 jt) he he he.....
Speed?? Variatif, dr yg std sampai super kenceng (bahkan ada yg bisa nyamain winch setan....) tergantung kekuatan motor, ratio gear (4,5 HP, 6 HP sampe double motor)
Sesuai namanya, bergantung dgn supply listrik... Aki suka tekor, kalo supply listrik dr altenator kurang, antisipasi ganti dgn alternator yg lebih besar amperenya...
Kalo mesin mati, masih bisa narik, walaupun cmn sebatas kemampuan aki.. Ya paling 2 menit juga tekor apalagi narik landy LWB dan nancep dilumpur.... He he he....
Tp bisa diakalin dengan dual battery.. Kayaknya pemakain dua aki sudah mulai lazim skrg... Bahkan di jangkrik fiddoh dan djoko yg beratnya ga sampai 1 ton, pake 2 aki kapasitas 100 A... Ini manteb, pernah merasakan ngewinch dari mobil terbalik (ga mungkin nyala lah ya... Lah wong jemur gardan, he he he... Kalo nyala pun dimatiin, takut ngebleduk) sampai berdiri lagi trus ampir finish sampe kabel dikepala aki meleleh saking panasnya disiksa...
Kalo berat, sepertinya lebih enteng electric, kecuali 8274 yg lebih berat...
Nah terakhir harga... Siapa bilang PTO murah? Menurut gw sih ampir sama bahkan kadang lebih mahal.. Di sukabumi ditawarin bikin winch setan 10 jt!
tp apapun typenya winch adalah wajib dibanding beli simex atau swamper for the sake of safety dan punya winch ga akan rugi, itung2 investasi.... Ya kalo dijual turun pun ga akan ngedrop jauh.. Ya itung2 biaya make/sewa... He he he....
Btw camel tropy pake electric atau PTO ya?

Sekali lagi ini subective ya, jd sorry sorry jek... Kalo ada yg ga setuju.... He he he...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 06 Oct 2010, 21:15 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Posts: 2921
Location: Bandungers
^^
hehe gardan portal sih bukan gardan bawaan landy yah hehehe... itu biasanya gardan unimog atw truk volvo c303 hummvee dan hummer h1 juga pke axle model gini yg d kawin kan dgn lengan ayun independen jd g pure Fiss

bedanya?
Image

kelihat kan bedanya? pke ban 31" kurang lebih bisa punya groundclearence setara 35-37" hehe.... dan di indonesia axle model gini terakhir dger d regulasi g boleh di pakai untuk kompetisi... nah klw 35"??

mungkin jadi obat mujarab nih bwat landy yg bonggol axlenya terkenal sangat besar.... selain pke axle toyota tentunya.. mantaapp tu landy pastinya haha

yup keungulan diesel tuh klw nanjak d lumpur biasanya lebih mantap di banding bensin hehehe.. sleian torsi lebih gede, tenaganya cendrung tidak liar seperti bensin, hasilnya traksi akan lebih mudah di dapat. mungkin ini yah kelebihan landy, yang semua enginenya sampai yg V8 sekalipun terkenal perangainya halus. jd lebih mudah dpt traksi.. meskipun bwat penggemar bejek aga kurang cucok kli yah hehehe....

kemarin jg wjaor 09 ada satu scs d ciater, waktu itu yg bisa naik bisa ke hitung jari salah satunya vitara "monster" yg ada d page blkng (sangaarr), xj , dan trio taft langsung jd fastes karna kompak setim bisa lewat semua hehehe..... modelnya ya cerukan gtu... semuanya diesel (pastinya hehe), dan ada yg masih n/a kaki2 std ban 31-32" memang yg sya rasakan klw pke diesel lezzut klw ada beginian hehehe.... klw xj matic? harus bljr neken gasnya watu itu gw usahain approching bejek maticnya hrs langsung loncat ke gear 2 biar ga overpower bru bsia naik, yg satu gagal meskipun dia pke locker.... hehe

thx
:beer:

_________________
just my dummy head....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 416 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 ... 17  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: artoodetoo, Baidu [Spider] and 10 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com