SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Jul 2014, 20:28

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 19 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 11:55 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
agan-agan yang ganteng, minta masukannya dong, kira-kira okay ga ya kalu Visco Fan ganti Electric Fan (Kijang Kapsul ..) ???

kelebihan N kekuranganya apa aja ? biaya nya berapa ya ?

terima kasih sebelumnya .. :big_peace:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:10 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
sebenernya sih OK OK aja broo, kalo mau diganti ama kipas electrik..
tapi jgn lupa di itungin kapasitas sedot anginnya... dan kalo bisa MUNGKIN kipasnya itu dibikin nyala terus kali ya??? biar pendinginan tetep ada terus, sekalian buat ngedinginin kondenssor...
kalo kelebihannya sih yg pasti suara mesin bakal lebih halus.. mksdnya bukan suara internal mesin ya.. soalnya ane pernah coba dulu, pas ganti timing belt di mobil lain, pas kipas dicopot mesin dinyalakan suaranya jadi beda bgt....

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:15 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
oh ya broo.. ngmg2 kenapa di ganti tuh kipas visco nya????

tambahan nih, kelebihan kalo diganti kipas electrik yg pasti beban mesin akan berkurang, nah sedikit banyak akan pengaruh ke tenaga mesin..

karena penggunaan visco juga bertujuan untuk itu, untuk mengurangi beban mesin pada saat pendinginan mesin sudah cukup. dan kipas akan melepaskan putaran dari putaran mesin.. nah biasanya pas posisi ini, suara mesin kijang kapsul akan lebih halus dan tenaga mesin akan berbeda antara kipas masih menempel dengan putaran mesin dengan setelah melepas dari putaran mesin..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:21 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
kalu visco nya sich gpp sich Om m4rio ... tapi kepikir nya itu tadi, selain mesin lebih enteng tarikan nya, kerja alternator juga lebih ga 'capek' CMIIW :ungg:

tapi sempet kepikir juga takut kalu someday akan terjadi overheat aja, karena ini kan sifatnya robahan ...

tapi pake electric fan usahakan tetap jalan fan nya ? emang bisa ya om ? bukannya dia muter ngikutin sensor, kalu suhu nya dah sekian baru dia nyala, gitu kan ? CMIIW :big_peace:

kalu biaya gmana ?

o iya, kalu boleh tanya yang lain (OOT ?) kalu pas AC nyala kenapa ya kok tarikan mesin berasa banget berkurang nya? jadi berat gitu, kayak kesedot tenaga nya ? padahal 1800 cc, apa ga ngaruh jg ya cc itu ? :ungg:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:28 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
kapsul 97 wrote:
kalu visco nya sich gpp sich Om m4rio ... tapi kepikir nya itu tadi, selain mesin lebih enteng tarikan nya, kerja alternator juga lebih ga 'capek' CMIIW :ungg:

tapi sempet kepikir juga takut kalu someday akan terjadi overheat aja, karena ini kan sifatnya robahan ...

tapi pake electric fan usahakan tetap jalan fan nya ? emang bisa ya om ? bukannya dia muter ngikutin sensor, kalu suhu nya dah sekian baru dia nyala, gitu kan ? CMIIW :big_peace:

kalu biaya gmana ?

o iya, kalu boleh tanya yang lain (OOT ?) kalu pas AC nyala kenapa ya kok tarikan mesin berasa banget berkurang nya? jadi berat gitu, kayak kesedot tenaga nya ? padahal 1800 cc, apa ga ngaruh jg ya cc itu ? :ungg:



iya... kalo di mobil2 yang udah dari sononya pakein electric fan sih gk masalah..
nah takutnya di kijang ini kan awalnya bukan electric fan, nah takutnya malah over heat..
kalo mau di bikin nyala terus gampang sih, ambil ada lgsg ke aki trus ikutin swith kunci kontak ON. jadi begitu kunci kontak ON itu kipas langsung hidup. sampe kunci kontak berubah posisi selain ON.. hehehe..

kalo biaya ane gk tau deh broo.. belom pernah coba sih ane, cuman sempet kepikir aja..

ane gk ngerti yang alternator capek itu mksdnya gmn ya???? kan mau pake kipas electric to kgk yg namanya alternator juga puter terus????

ya namanya pengurangan tenaga sih pasti ada bro pas nyala AC kan beban mesin jadi bertambah.

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:29 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
apakah maksud sebenernya diganti electrik hanya ingin membantu meringankan kinerja mesin?????

nih saya jelasin dulu sedikit ya....
kipas visco kan aktif pada saat mesin membutuhkan pendinginan lebih misalnya pada saat thermostat baru kebuka dan air yang mengalir ke radiator air panas dari mesin, nah pada saat itu visco akan menghubungkan putaran mesin dengan kipas sehingga antara putaran mesin dan kipas akan sama, untuk melakukan pendinginan. setelah air dirasa udah cukup dingin maka visco akan melepaskan kembali putaran mesin dengan putaran kipas, nah disini antara putaran mesin dan kipas akan berbeda. dan hasilnya suara mesin akan berbeda pula, coba deh perhatiin perubahan suara mesinnya...
nah patokan panasnya dan dinginnya yang diterima visco dari mana?? nah di kipas visco kan ada yg namanya rumah keong atau bahasa tekniknya kalo gk salah bimetal, nah bimetal ini akan berkerja berdasarkan panas yang dibawa dari hembusan angin radiator.

nah kalo cuman ingin mengurangi kinerja mesin atau meminimalkan lamanya kipas visco menghubungkan putaran kipas dengan mesin. ente bisa coba dulu dengan cara mengganti air radiator kijang ente dengan yang bagus kualitasnya..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:51 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
alternator 'capek' maksudnya beban yang dia terima jadi lebih berat Om m4rio, bener ga ya ? :ungg:

jadi ya itulah oom, sebenarnya setengah hati juga mau ganti, karena sifatnya robahan takut kenapa2x nya itu .. :big_peace:

okray Om m4rio, thank atas masukannya ..

*btw kalu radiator kapsul itu untuk menuhin nya butuh berapa jerigen air radiator coolant ya ?*

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 12:57 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
oOM m4rio, boleh tanya yang lain ? (apa perlu buat thread baru ya ?), soalnya kemairn dah buat tapi sepi comment ... :big_peace:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 13:30 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Kalau pakai kipas mekanik (yg digerakkan puli), kemungkinan overheat kalau rpm rendah. Kalau diganti kipas elektrik, biasanya yg rawan overheat adalah pas kerja berat (rpm tinggi). Logis khan.

Banyak orang ganti ke kipas elektrik kok. Katanya yg bagus dan murah yg ex-Volvo, tapi banyak sih merk yg lebih bagus. Hati2 aja di rpm tinggi.

_________________
Ready to Race


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 13:36 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
wah menarik nih bahasannya...

kijang dikonversi electric fan bisa2 saja.....di bengkel tempat dulu saya bekerja, beberapa kijang sudah ada yg coba tuh dan hasilnya baik2 saja.....malah pemiliknya mengaku kinerja mesin terasa lbh ringan karena jika sewaktu masih pake viskofan posisi engage maka putaran mesin terasa sedikit tertahan (plus gemuruh angin)....

karena dulu sifatnya semi eksperimen, adapun langkah2 yg dulu kami kerjakan adalah :

1. menggunakan electric fan seken yg kondisinya masih baik dan masih lengkap dng fan shroudnya, dng diameter yang hampir sama dengan kipas bawaan asli kijang. (sayang sekali saya lupa dulu pake fan dr mobil apa :e-wall: , tapi yg jelas itu dr sedan 2000cc)
2. membuat braket dr besi plat/strip untuk dudukan kipas elektrik ke radiator
3. ke bengkel bubut, untuk membuat selongsong aluminum dengan diameter yang sesuai dengan ukuran nipple sambungan selang diradiator kijang bagian atas..di bagian tengah selongsong tsb juga dibuatkan lubang ulir/ditap..untuk memasang thermal sensor
4. waktu itu thermal sensor pake punya ford laser taksi dng pertimbangan harganya tidak terlalu mahal dan jika sensor tsb rusak maka dia akan berada di posisi normally close, artinya kipas justru akan hidup terus.
5. setelah fan elektrik dan braket mcgyver terpasang di radiator, selanjutnya slang radiator atas dipotong bagian tengahnya untuk menyisipkan selongsong alumunium tsb. dilanjut dng pasang thermal sensor dan merapikan wiring & relay.
6. setelah semua rapi terpasang, baru deh mesin dihidupkan dan ditest

dengan sistem yang sederhana ini, maka pergerakan kipas hanya on dan off saja (kecepatan kipas pun hanya 1 speed)....saat temp mesin masih rendah (seperti awal start dipagi hari), kipas akan mati....dan akan hidup jika temp sudah naik....

Nah untuk yang lbh advance supaya kipas bisa multispeed dan lbh adaptif thd beban mesin, mari kita tanyakan kepada engkong sjamsul sebagai pakar kelistrikan disini...doi punya resep mantap untuk yang satu ini... :cupss:

btw..karena ini sistem jadi2an....jadi disarankan kepada pemiliknya agar lbh rajin mengecek sistem ini....untuk antisipasi jika ada kegagalan secara teknis krn bs berakibat mesin overheat. namanya jg kreasi montir tentu tidak sebaik pabrikan.

:beer:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Last edited by jalu on 20 Sep 2010, 13:47, edited 1 time in total.

Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 13:45 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
waduuhh.. makasih agan-agan semua, memang paling ngga dah dapet lah gambaran nya klau mau dipasang gmana, dan kalu ga dipasang gmana ... :beer: :big_peace:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 14:33 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
asudarsono wrote:
Kalau pakai kipas mekanik (yg digerakkan puli), kemungkinan overheat kalau rpm rendah. Kalau diganti kipas elektrik, biasanya yg rawan overheat adalah pas kerja berat (rpm tinggi). Logis khan.

Banyak orang ganti ke kipas elektrik kok. Katanya yg bagus dan murah yg ex-Volvo, tapi banyak sih merk yg lebih bagus. Hati2 aja di rpm tinggi.


kalo dengan kipas electric panas di RPM tinggi bisa ya bisa juga tidak sih om kalo menurut ane.

karena sebelom mesin overheat kan udah terjadi pertukaran air di dalam mesin dengan yang di radiator, nah kalo kita bisa mendinginkan suhu air di radiator dengan maksimal kyknya hal itu gk tejadi. nah skrg tinggal dicoba aja pake electrik fan apa yang cocok dengan mesin kijang kapsul agar tidak over heat dan kalau bisa yang high RPM pula itu kipas electricnya.

kalo kipas mekanik di RPM rendah bisa overheat nah kalo ini iya masuk akal, karena pada saat putaran rendah kecepatan kipas pun kan tidak cepat dan bearti udara yang dihasilkan untuk pendinginan juga akan kurang.

ini sih pendapat ane aja om.. jgn marah ya om... :big_peace:

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 14:37 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
kapsul 97 wrote:
alternator 'capek' maksudnya beban yang dia terima jadi lebih berat Om m4rio, bener ga ya ? :ungg:

jadi ya itulah oom, sebenarnya setengah hati juga mau ganti, karena sifatnya robahan takut kenapa2x nya itu .. :big_peace:

okray Om m4rio, thank atas masukannya ..

*btw kalu radiator kapsul itu untuk menuhin nya butuh berapa jerigen air radiator coolant ya ?*


wuah kalo ditanya kapasitas radiator kijang iu berapa banyak ane juga kurang tau deh...
tapi ane saranin kalo mau pake coolant itu mending yang kemasan 1 liter yang isinya itu full consentrate. nah setelah itu baru di campur aer biasa ampe penuh.
atau kalo mau pake yang jerigen gitu ane sih seneng pake prestone, karena kalo diliat itu kentel bgt campurannya ane mau liat kisi2 radiatornya aja gk bisa saking pekatnya tuh... hehehehe

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 14:38 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
kapsul 97 wrote:
oOM m4rio, boleh tanya yang lain ? (apa perlu buat thread baru ya ?), soalnya kemairn dah buat tapi sepi comment ... :big_peace:


mank kemaren buat di treat mana broo?????

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 14:38 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
okray Oom m4rio, thanks ya ... :big_peace:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 14:40 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
tret nya disini oom :

viewtopic.php?f=15&t=13584&p=423654#p423654

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 14:45 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 2992
ok broo.. segera meluncur....

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 16:14 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 12 Dec 2005, 12:14
Posts: 7665
Nubie ikutan urun rembug

IMHO :
- Lobang Fan shroud idealnya harus nyaris sama dgn diameter kipas

Kalo mobil2 yg aslinya udah pake E-fan, biasanya Thermo sensor berada di badan radiator (bagian tepi).

Konektor2 soket en relay......ini yg krusial, kalo pake konektor2 biasa nti kalo dah lama konektor bisa berisiko korosi en sesudahnya bisa ditebak.......

Yg nubie perhatikan kalo mobil2 yg aslinya udah pake E-Fan, konektor2-nya rata2 modelnya sealed / nggak sembarangan punya.

Mobil2 RWD dgn mesin membujur saat ini sebagian besar sudah menggunakan E-Fan, coba perhatikan mesin2 BMW / MB / Nissan Elgrand / VW Touareg, dll. & perhatikan bagaimana soket2-nya.

Utk benchmark :
Perhatikan e-fan buatan Flex A-Lite, sistem sensor dia pake probe yg diselipkan di kisi2 radiator & bukan Thermo sensor di jalur air radiator, lalu dilengkapi kontrol variable jadi titik suhu dimana kipas mulai nyala / mati bisa kita atur.

Semoga membantu & CMIIW

_________________
Cool Stuff :
http://tinyurl.com/p7gfeng
:big_blushing:

Affiliation :
http://intautobody.com/


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Sep 2010, 16:21 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 16 Sep 2010, 13:04
Posts: 1111
Thanks Oom turboman .. emang sebenarnya masih mikir2x mau ganti/rubah, taku kenapa2x...

bisa bantu disini oom ? : viewtopic.php?f=15&t=13584&p=423698#p423698

thanks bangtezz sebelumnya ... :big_peace:

_________________
Green Carb ...

Butuh Asuransi u/ Kendaraan Anda...?
Silahkan kirim email ke asuransisukses@gmail.com untuk permintaan penawaran nya ...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 19 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google Adsense [Bot], ongisnade and 19 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com