SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 30 Oct 2014, 19:56

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 45 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 30 May 2010, 22:47 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
Halo bro semuana..

Mohon masukan neh, kalao suzuki carry 1.0 dipasangin AC kira2 memungkinkan ga dari segi kemampuan tenaga mesin? Soale ane tanya2 tukang AC katanya kalo utk Carry 1.0 ga usah dipasangin AC deh karena bakalan nyedot banyak tenaga dari mesin. Jadinya pas AC nyala, tenaga mesin bener2 jadi loyo abis! benar begitu tuh om? Mohon masukannya yah..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2010, 22:52 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
lha kenapa tidak..??
itu karimun kotak atau katana gx kan dr bawaannya udah dilengkapi AC...padahal mesinnya sama dengan carry 1.0...

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2010, 22:55 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Jul 2007, 06:03
Posts: 1987
Iya bro pasti bisa lah dipasang AC..Jangankan mobil 1 Liter 4 silinder..3 silinder 1 liter + bonet (hidung) pun masih kuat dipasang ac he2 :big_peace: Kalo tenaga berkurang pasti lah kan kompresor AC ambil power dari putaran kruk as mesin..

_________________
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2010, 23:07 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
tul jg..tp tuh tukang AC ngegaris bawahi, tenaga bakalan TERLALU BYK BERKURANG. Kalo berkurang ampe max 30% ga pa2 kali ya om?? Trus kalo AC seken merk Sanden ditawarin ke ane 1,7 jt wajar ga tuh??


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 30 May 2010, 23:20 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
caed wrote:
tul jg..tp tuh tukang AC ngegaris bawahi, tenaga bakalan TERLALU BYK BERKURANG. Kalo berkurang ampe max 30% ga pa2 kali ya om?? Trus kalo AC seken merk Sanden ditawarin ke ane 1,7 jt wajar ga tuh??


harganya wajar...sanden universal memang tidak semahal ND...kecuali memang yang OEM..
setau saya...kompresor sanden universal yg ada dipasaran itu rata2 spek kapasitasnya untuk mesin diatas 1300cc...makanya kalo dipasang di mesin 1000cc bener2 ngedrop performa mesinnya. mungkin itulah sebabnya si bengkel ac gak rekomen.

saran saya.....khusus kompresor ac sebaiknya pake merek ND bawaannya karimun kotak atau katana GX....karena kapasitasnya sudah didesain dr pabrikan sesuai dng mesinnya, selain itu karena mesin carry,katana dan karimun kotak itu sama.maka untuk mounting dan braket2nya tidak akan byk masalah. sedangkan untuk part lainnya seperti kondensor, evaporator dll boleh deh pake barang universal.

sisi lainnya...kompresor mumun atau katana karena merek ND jelas harganya jauh lbh mahal dr sanden universal itu...

CMIIW.... :ngacir:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 May 2010, 22:01 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
Saran yang bagus bgt tuh om Jalu..Oya, dengan perkembangan tekhnologi zaman sekarang yg serba portable, kira2 ada ga AC yang portable jg, maksudnya yang cuma butuh listrik dari colokan (lighter) di mobil. Jd tanpa kompresor gitu loh..?? Kalu ada, wah..minat juga tuh. tlg imponya donk.. :e-pray:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 31 May 2010, 23:21 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
@ jalu.. kyknya biarpun mesinnya sama tapi belom tentu lokasi penempatan komponen, mounting dan braket2nya juga sama loh...
kyk gran max 1.3 kan sama kyk xenia yang 1.3 dan kalo gran max yang 1.5 sama kyk terios gitu mesinnya ( kalo gk salah, lupa soalnya tapi harusnya sih sama ). nah letak posisi beltnya juga beda kalo gran max pake belt 2 pcs, klo terios gitu cukup 1 buat muter semuanya. trus pompa power sterring terios ada di atas, nah punya gran max ada di bawah.
nah jadi menurut ane biarpun mesin sama belom tentu lokasi penempatannya pun juga sama. karena tergantung tempat yang tersedia di ruang mesin dan posisi mesin melintang atau lurus..

ini sih menurut ane ya broo.. kalo salah ya dimaapin ya... :big_peace: :big_peace:

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 01 Jun 2010, 06:05 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
m4rio wrote:
@ jalu.. kyknya biarpun mesinnya sama tapi belom tentu lokasi penempatan komponen, mounting dan braket2nya juga sama loh...
kyk gran max 1.3 kan sama kyk xenia yang 1.3 dan kalo gran max yang 1.5 sama kyk terios gitu mesinnya ( kalo gk salah, lupa soalnya tapi harusnya sih sama ). nah letak posisi beltnya juga beda kalo gran max pake belt 2 pcs, klo terios gitu cukup 1 buat muter semuanya. trus pompa power sterring terios ada di atas, nah punya gran max ada di bawah.
nah jadi menurut ane biarpun mesin sama belom tentu lokasi penempatannya pun juga sama. karena tergantung tempat yang tersedia di ruang mesin dan posisi mesin melintang atau lurus..

ini sih menurut ane ya broo.. kalo salah ya dimaapin ya... :big_peace: :big_peace:


untuk masalah braket andaikan memang tidak persis sama, bengkel ac punya banyak jurus untuk penempatannya...fokus saya sebenernya adalah supaya kompresor ac nya menggunakan dr mobil lain satu merek dan mesinnya setipe...supaya kapasitasnya sesuai jadi mesinnya gak terlalu ngedrop tenaganya saat ac dihidupkan

thx atas koreksinya broo....

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Jun 2010, 10:31 
Offline
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic

Joined: 18 Feb 2010, 13:51
Posts: 143
dulu saya pake caary 1000 th 85 dah pake ac tuh... walaupun ac nya jarang hidup soalnya kurang dingin, karena kabin cukup luas, jadi dengen kompresor yg sesuai sama mesinya pendinginan juga kurang...
beda sama karimun yg kabin nya lebih kecil, di katana pun butuh tambahan peredam atas biar bisa maksimal dingin nya.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Jun 2010, 11:38 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 10 May 2008, 19:09
Posts: 9342
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
jalu wrote:
caed wrote:
tul jg..tp tuh tukang AC ngegaris bawahi, tenaga bakalan TERLALU BYK BERKURANG. Kalo berkurang ampe max 30% ga pa2 kali ya om?? Trus kalo AC seken merk Sanden ditawarin ke ane 1,7 jt wajar ga tuh??


harganya wajar...sanden universal memang tidak semahal ND...kecuali memang yang OEM..
setau saya...kompresor sanden universal yg ada dipasaran itu rata2 spek kapasitasnya untuk mesin diatas 1300cc...makanya kalo dipasang di mesin 1000cc bener2 ngedrop performa mesinnya. mungkin itulah sebabnya si bengkel ac gak rekomen.

saran saya.....khusus kompresor ac sebaiknya pake merek ND bawaannya karimun kotak atau katana GX....karena kapasitasnya sudah didesain dr pabrikan sesuai dng mesinnya, selain itu karena mesin carry,katana dan karimun kotak itu sama.maka untuk mounting dan braket2nya tidak akan byk masalah. sedangkan untuk part lainnya seperti kondensor, evaporator dll boleh deh pake barang universal.

sisi lainnya...kompresor mumun atau katana karena merek ND jelas harganya jauh lbh mahal dr sanden universal itu...

CMIIW.... :ngacir:


cm sharing berdasarkan pengalaman, lbh baik menggunakan kompressor yg "brand new" dari pada seken, beda harganya jg ga sampe satu juta kok oom. berbeda dengan inspeksi saat beli mobil seken, kompressor sama sekali ga bsa d inspeksi bagian dalemnya.......sukur2 klo dapet yg part2 internalnya msh bagus, nah klo dapet apes ky sy paling2 setaunan umur kompressor itu.......abis itu beli lg

jatohnya malah lbh boros dr beli baru, belum termasuk isi freon-kuras saluran ac(wajib)-ganti expansi-ganti dryer dll

_________________
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Jun 2010, 21:41 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 06 Feb 2007, 15:17
Posts: 3711
Location: Bdg
gw ga ngerti caranya gmn. tp ada temen gw pake MASPION buat di belakang. mgkn dia pake inverter AC/DC bos

_________________
http://sites.google.com/site/satyrwebstore/ - Webstore
http://www.facebook.com/satyrwebstores


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Jun 2010, 20:10 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
Mas satyr, maksudna maspion kipas angin ya?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Jun 2010, 21:18 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16105
AC split kali....?? :e-think: :e-think: :e-think:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 04 Jun 2010, 00:02 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
Hansen wrote:
AC split kali....?? :e-think: :e-think: :e-think:
AC window pastinya! :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 09 Jun 2010, 21:27 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
Kadang2 ane kepikiran juga, knp ya ga ada yg mikir tuk bikin AC mobil yg ga pake kompresor. Jd kyk AC rumahan aja n tenaga diambil aja pk dc to ac inverter..kan asyik tuh..


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jun 2010, 01:10 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 03 Apr 2007, 21:24
Posts: 16105
caed wrote:
Kadang2 ane kepikiran juga, knp ya ga ada yg mikir tuk bikin AC mobil yg ga pake kompresor. Jd kyk AC rumahan aja n tenaga diambil aja pk dc to ac inverter..kan asyik tuh..

AC rumah kan tetep pake kompressor bro....? :e-think: :e-think: :e-think:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 12 Jun 2010, 06:45 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 08 Jul 2007, 06:03
Posts: 1987
Kalo ga ada kompresor ga dingin bro.. :big_peace:

_________________
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 14 Jun 2010, 11:56 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Apr 2007, 19:40
Posts: 5264
sebaiknya mesin dipasangi turbo ajah, jadi pake AC gak ganggu power mesin...

_________________
Norival Fuel Enhancer
ada Norival Silver, Gold, Platinum, Diesel, Titanium & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp 081328516999


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Jun 2010, 14:23 
Offline
Visitor
Visitor
User avatar

Joined: 16 Jun 2010, 11:28
Posts: 1
kalau semi ac, bisa bro. Mobil gue carry 1.0 tahun 1990 gue pasangin inverter DC 12 V to 220 V -150 watt (harga sekitar rp 150.000) yang banyak dijual di toko komputer. Pasangnya juga gampang kok, cuman colok ke cigarette lighter yang ada di mobil. Lalu sebagai pendinginnya gue pakai air cooler merk Sanyo (75 watt - harga sekitar rp. 1.200.000) berpendingin air es /gel yang dibekukan. Walau tidak sedingin ac, namun cukup sejuk karena blowernya dapat menyemburkan angin dan embun halus yang dapat mendinginkan dan melembabkan ruangan kabin. Lumayan penumpang tidak kegerahan lagi walau tutup kaca di tengah macetnya jakarta dan mesin tidak mengalami over heat. Selain itu Karena bentuknya portabel, maka ketika dirumah kegerahan juga, tinggal gotong aja air coolernya dan tancapkan ke listrik. jadi dimobil adem, dirumah juga adem, asyik nggak tuch bro........ : big_peace: :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Jun 2010, 23:51 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
@Bee-Think: emang ga justru nyedot accu mobil tuh om???


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Jun 2010, 21:46 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic

Joined: 22 Jun 2010, 20:14
Posts: 48
Location: Depok City
pengalaman pribadi:

carry ku waktu itu ngambil di taun 2008 dengan kondisi dia produksi 1990.
waktu kuterima sudah dipasang ac dengan kompresor sanden SD505 (alias yg paling kecil untuk ukuran kompresor).

nah, kalo untuk sendirian, dia lumayan dingin, tapi ternyata dengan kompresor sanden, mesin jadi ngeden dan boros bensin karena putarannya berat.

atas bujukan teman, akhirnya saya beli kompresor exsing nd yg untuk suzuki forsa. cuman gobloknya temen saya itu gak ngomong kalo harus flush semua selang dan evaporator termasuk juga dryernya. abis dipasang emang kerasa beda antara denso dan sanden. bedanya:
1. mesin ringan banget kalo pake denso
2. temperatur tidak sepanas kalo pake sanden.

waktu itu di tes ke rangkas bitung lewat tangerang PP dan suhu mesin tetep gak nyampe 1/4nya.

nah gak berapa lama setelah itu, ternyata ada trouble. karena dryer gak diganti maka tiba2 bocor freon dan keluar oli yg warnanya itam dari kompresor, yg artinya: harus beli kompresor baru.

nah, supaya puas, akhirnya evaporator ganti baru (yg satu set, jadi termasuk katup ekspansinya), kondensor ganti baru, dryer ganti baru cuman kompresornya kembali eksing (eks singapur) dan semua selang2 di flush.

lumayan dingin sampe akhirnya penyakit lama kambuh. tiba2 keluar oli yg warnanya itam dari kompresor yg artinya lagi: harus beli kompresor.

karena udah nyebelin, ya udah, langsung dilipet dah tuh carry.

so, in short:
1. bisa pake ac asalkan semua pake merk denso, bukan yg universal typenya dan harus baru. lebih puas deh. (jangan kaya gw, kompresornya masih eksing. bikin sengsara dah)
2. karena semua blower makan listrik yg sangar (contoh extra fan itu 100watt, terus fan evaporator 80watt, belum kompresornya sendiri) maka sebaiknya ganti akinya dengan yg NS60 supaya gak tekor2 amat. tapi mengingat tempat aki carry gak bisa diutak utik, akhirnya mentok pake aki NS40ZL dengan mengganti dinamo amper pk yg 60 ampere punyanya t120ss.
3. kalo mao krasa dingin, ya ajak jalan ke luar kota. dijamin nyaman kok (asal gak kena macet). itu masalah buat carry kalo macet: gak da yg mompa kompresor supaya dingin. bisa dipasangin idle up, tapi gak jamin dah, lebih sering error daripada suksesnya.
4. untuk konsumsi bbm, asal pake kompresor denso (ada yg nyaranin pake kompresornya ceria yg rotary supaya lebih ringan) punya forsa atau karimun, beda dengan tidak pake ac hanya 1 - 2km saja. untuk contoh saya ke jogja lewat utara hanya menghabiskan bensin 185rb dengan kondisi ac hidup terus.
5. mudah2an yg masang pinter karena masang kompresor di carry 1000 butuh kreatifitas yg luar biasa, karena space yg ada sangat kecil.

itu aja pengalaman saya dengan carry extra dan acnya

_________________
I am dreaming of a Hino RK8 260 PS


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 23 Jun 2010, 22:28 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
Kalo gitu, ane jual aja neh carry! Bikin repot aja! :frm_bang_head:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Jun 2010, 00:43 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
ikut cerita jg dulu punya carry extra 1.0....posisi kondensor AC nya dirubah agak nyleneh karena posisinya di antara bemper blgk dng tangki bensin....keluar duit ekstra buat selang/pipa krn lbh panjang...tapi hasilnya maknyuss krn meski cuaca terik atau macet masih tetap dinginn...beda jauh sewaktu kondensor AC masih terpasang didepan

krn karbu carry gak ada sistem idle up ya idle nya dinaikin lewat baut stelan di throttle linkage nya....resikonya kalo AC lg off ya idlenya jg tinggi deh,hehehehe....

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Jun 2010, 21:07 
Offline
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
User avatar

Joined: 19 Aug 2008, 11:28
Posts: 180
Location: SUMBAR
jalu wrote:
ikut cerita jg dulu punya carry extra 1.0....posisi kondensor AC nya dirubah agak nyleneh karena posisinya di antara bemper blgk dng tangki bensin....keluar duit ekstra buat selang/pipa krn lbh panjang...tapi hasilnya maknyuss krn meski cuaca terik atau macet masih tetap dinginn...beda jauh sewaktu kondensor AC masih terpasang didepan

krn karbu carry gak ada sistem idle up ya idle nya dinaikin lewat baut stelan di throttle linkage nya....resikonya kalo AC lg off ya idlenya jg tinggi deh,hehehehe....


Total biaya brp tuh gan?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Jun 2010, 21:09 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
udah lupa om.....itu mblnya thn 1988...rombak AC nya thn 1992.......... :e-wall:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 45 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Yahoo [Bot] and 7 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com