End rayen mobil baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: End rayen mobil baru

Post by poeticmind »

benzz89 wrote:Waduh....memang masa2 inreyen ini penuh dengan mitosnya tersendiri :e-doh:

Dulu teman waktu baru beli kijang kapsul yang diesel (baru pertama kali keluar th 97) malah orang bengkelnya bilang itu oli mesin adalah bawaan dari jepang (katanya yach) jadi olinya beda dengan yang indo punya dan secara kualitasnya pasti lebih bagus....jadi jangan buru2 di ganti dengan yang oli sini. :e-whistle:

Tapi ada yang bilang kalo mobil baru itu pasti diisi oleh oli yang pas2-an kualitasnya, secara pabrikan pasti engga mau rugi kalo di kasih oli yang bagus...apalagi sekarang persaingan dagang semakin ketat mereka pasti sudah hitung2 yang matang untuk oli bawaan dari pabrik ini. :shrug:
bukan soal oli bagus atau tidak, tapi biasanya inreyen menggunakan oli biasa dan tidak lama penggunaan nya utk membuang sisa gesekan baru (debu metal), itu sebabnya mobil2 baru dr pabrikan tidak pernah menggunakan oli berkualitas, minimal standar nya.
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: End rayen mobil baru

Post by DOHC »

tapi kalo nissan katanya utk inreyen uda dilakukan di pabrikan sana nya om... trus yg pas kita ambil mobil nya atau pas kluar dari showroom itu uda pake NGO... makanya mereka suru kita ganti oli nya di 10000 km...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: End rayen mobil baru

Post by poeticmind »

iya, terkecuali itu... saya juga ga begitu memperhatikan malah.. hehe! sebenernya sih yg penting jangan sampai telat ganti oli, ga peduli olinya apapun selama memang rekomen.
Image
User avatar
Fefe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
Location: Bintaro Sektor 9

Re: End rayen mobil baru

Post by Fefe »

sama ni Om, ada yg tahu gak alesannya,kmrn waktu bawa mobil (jazz) ke bengkel utk servis 1,000 km jg SAnya bilang, olinya tiap 10,000 km gantinya Mas...terus gw tanya balik,emang ada ya oli yg tahan 10,000 km di jalanan jakarta??gak ngerti juga,tp menurut gw gak make sense...ada yg tahu gak?apa memang oli sekarang bisa tahan sampe ceban?soalnya ini saran dari ATPM...jadi bingung :ungg: jangan2 sengaja biar boil cepet ganti lagi :weekk:
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: End rayen mobil baru

Post by poeticmind »

tergantung olinya merek apa, ya? ada beberapa memang tahan sampai ceban km, but saya sih saranin oli maksimal di goceng km aja... lebih aman. :)
Image
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: End rayen mobil baru

Post by nugroho bagor »

ganti di 1000 aja tenang pikiran :mky_08: aku pake mobil 1,buat ANJ :weekk:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: End rayen mobil baru

Post by poeticmind »

nugroho bagor wrote:ganti di 1000 aja tenang pikiran :mky_08: aku pake mobil 1,buat ANJ :weekk:
hanya muter2 di bogor saja? wah mewah sekali... :frm_tumbright:
Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: End rayen mobil baru

Post by ilhami »

coba dibaca lagi,
10 ribu km atau 6 bulan

atau kalau sudah nggak enak ya ganti oli sendiri aja.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: End rayen mobil baru

Post by Nightster Guy »

Om Ilhami....

Ya, di manual Escudo saya juga disarankan ganti di 5.000 ATAU 3 bulan, mana yang tercapai duluan. Tapi, pada prakteknya, saya kalo 3 bulan baru di 2.000 atau 3.000 KM, karena gak keluar tiap hari ato kalo deket2 saya pake motor. Sering juga pake taxi kalo ke mall (males muter2 cari parkir).

Jadi sayang buang oli walau uda 3 bulan hehehe.... :mky_01: Jadi ngikutin yang 5.000 aja deh walau uda kena di sekitar bilangan 6 bulan.
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: End rayen mobil baru

Post by Turboman »

Ijin urun rembug

1. Oli mineral pada masa inreyen
Masa inreyen utk mobil2 produksi massal ane tetap pilh oli mineral, kenapa ? namanya mesin produksi massal, jika semua komponen dipoles dahulu semua dr pabrik tentu akan menyebabkan peningkatan Cost bagi pabrik, sedangkan pabrik pasti selalu berusaha menekan cost, jadi saya tetap pakai oli mineral s/d 5000 Km

Kalo mesin2 mobil2 yg diproduksi terbatas en berharga sgt mahal spt mesin Kuda Jingkrak / Kerbau / B-merah yah ane percaya dari pabrik komponen2-nya udah dipolesin semua, keluar showroom pakai Full Synth it's OK.

2. Mesin yg inreyennya digeber lebih sehat ?
Dalam masa inreyen ane tetap nyetir scr halus sampai 2000 Km pertama, di atas 2000 Km baru mulai tarik2 dikit sampai rentang 75% RPM - Redline, di atas 4000 Km baru sesekali tarik2 sampai mendekati redline.

Kalo soal mesin lebih sehat sih bukan krn inreyen udah sering digeber, andai mesin yg inreyennya digeber2 trus after 5000 Km pake-nya santai2 aja juga pasti lama2 jadi bolot krn tumpukan karbon di ruang bakar......maka itu ada istilah Italian Tune Up (ITU)

3. Oli yg bisa dipakai s/d 10.000 Km utk kombinasi Dalkot - Luar Kota :
Semua tergantung kadar TBN / SAPS / Detergent serta Viscosity Index.
Sy & teman2 bbrp X coba test oli yg udah dipakai 8500 - 10.000 Km dlm perioda 8 - 10 bulan utk kombinasi DalKot & Luar Kota, ternyata :
- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)

bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)

catatan :
Gak semua oli layak dipakai sampai 10 rb. Km.....hati2 yah.

Demikian sharing
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: End rayen mobil baru

Post by Nightster Guy »

Turboman wrote:- CUT -

- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)

bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)

- CUT -
Om Turbo....

Yang ane kuot di atas, itu ngukurnya mesti di lab kimia canggih gitu, ato bisa kita tes ngukur sendiri pake alat2 sederhana? Thanx. Butot nih masalah gituan....
Das Beste oder nichts.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

Turboman wrote:Ijin urun rembug

1. Oli mineral pada masa inreyen
Masa inreyen utk mobil2 produksi massal ane tetap pilh oli mineral, kenapa ? namanya mesin produksi massal, jika semua komponen dipoles dahulu semua dr pabrik tentu akan menyebabkan peningkatan Cost bagi pabrik, sedangkan pabrik pasti selalu berusaha menekan cost, jadi saya tetap pakai oli mineral s/d 5000 Km

Kalo mesin2 mobil2 yg diproduksi terbatas en berharga sgt mahal spt mesin Kuda Jingkrak / Kerbau / B-merah yah ane percaya dari pabrik komponen2-nya udah dipolesin semua, keluar showroom pakai Full Synth it's OK.

2. Mesin yg inreyennya digeber lebih sehat ?
Dalam masa inreyen ane tetap nyetir scr halus sampai 2000 Km pertama, di atas 2000 Km baru mulai tarik2 dikit sampai rentang 75% RPM - Redline, di atas 4000 Km baru sesekali tarik2 sampai mendekati redline.
sampe skrg ini saya masih berpatokan dng 2 point tsb diatas... :frm_tumbright:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: End rayen mobil baru

Post by m4rio »

mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.

soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.

tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.

CMIIW
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

m4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.

soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.

tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.

CMIIW
Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan mar :mky_03:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: End rayen mobil baru

Post by ZombiEE »

Perlu tidak ya inreyen?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: End rayen mobil baru

Post by maskopat »

AD74YA wrote:
m4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.

soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.

tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.

CMIIW
Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan mar :mky_03:
1000 km pertama balik ke beres, saatnya mengajukan komplain untuk beberapa kekurangan... :mky_08:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: End rayen mobil baru

Post by Abu2 »

inreyen itu dari bahasa apa ya?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: End rayen mobil baru

Post by ilhami »

dari saft7.com
Masa Inreyen (Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: End rayen mobil baru

Post by Abu2 »

ilhami wrote:dari saft7.com
Masa Inreyen (Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in

thanks bang Ilham :frm_salut:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

AD74YA wrote:
m4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.

soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.

tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.

CMIIW
Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan mar :mky_03:
dng perkembangan teknologi fabrikasi, komponen2 mesin bs dicetak dng tingkat kepresisian yg terus membaik, tapi saya masih tetap berkeyakinan untuk kendaraan mass product tetap perlu inreyen, tp bedanya skrg masa inreyennya udah gak terlalu lama lagi...dengan jarak tempuh 1000km pertama sudah cukup.

IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: End rayen mobil baru

Post by m4rio »

AD74YA wrote:
m4rio wrote:mang masih perlu inrenyen mesin baru??? menurut ane kgk deh.

soalnya pengalaman ane di salah satu pabrik perakitan kendaraan, mesin setelah selesai di pasang, diisi oli, kemudian di test dengan cara di geber dengan RPM tinggi selama beberapa menit untuk melihat ada tidaknya kebocoran oli di mesin. selain itu pada saat perakitan mesin, pad komponen yang harus segera terkena oli pada saat mesin bekerja sudah diberikan oli, selain itu untk mencegah adanya sisa sisa gram dari hasil pengecoran atau pembuatan blok mesin dll mesin sudah dicuci terlebih dahulu dengan dimasukan di alat.

tapi ya tergantung hati masing2 orang sih.

CMIIW
Banyak yang bilang gitu mar... Tapi anehnya pabrikan kok nggak pernah bikin announcement baik tertulis maupun tidak mengenai inreyen masih ada atau enggak.. Tapi 1000 km masih disuruh balik ke BeRes.. Meskipun maksudnya pengecekan tapi asa gimana gitu kan mar :mky_03:
betul broo. banyak pabrikan yang mengharuskan mobil masuk ke bengkel untk pengecekan di 1.000 km pertama.

namun perlu diingat, kalo ane boleh share sedikit selama ane di beres daihatsu setiap mobil yang masuk untuk pemeriksaan 1.000 km pertama itu lebih cenderung ke pengecekan baut dan kondisi cairan di mesin, pembersihan saringan udara dan keluhan2 customer terutama pada kenyamanan seperti ketinggian kopling, freeplay kabel as yang terlalu besar dll. tidak ada kaitannya dengan yg namanya inrenyen, karena setau saya inrenyen itu adalah proses adaptasi mesin terhadap sesama komponen dalam kondisi masih baru yang saling berhubungan. CMIIW

iini sih menurut pandangan dan pengamatan ane aja ya.

kalau ada yg mau menambahkan monggo sihlakan.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: End rayen mobil baru

Post by asudarsono »

Saya rasa semua merk minta ke beres pada 1000 dan 5000 km pertama. Itu ada dalam manualnya. Kalau ada merk yang langsung ke 10.000 km, boleh juga tahu itu merk mobil apa?

Dalam 10.000 km pertama dulu dianjurkan menggunakan oli mineral, karena oli sintetis akan membentuk lapisan pelindung pada komponen, malah fungsi inreyen sendiri tidak tercapai.

Saya pernah melakukan dua percobaan, satu pada Nissan Lipina, tidak pakai inreyen makah dikasari, fuel consumption emang rada tinggi tapi tenaga oke. Kedua pada Isuzu Panther, sama nggak diinreyen. Langsung kelihatan asap ngebul, tenaga drop, boros.
Ready to Race
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: End rayen mobil baru

Post by evolution21 »

ada tuh, mazda ane disuruhnya langsung 10rb km
tapi ane ga percaya, jadi tetep ane ganti aja tu olinya
kebetulan jg pas ketemunya kepala montir senior yg menjengkelkan
saat itu jg ane minta otomatic sirkulasi udara ac nya di nonaktifkan, agar ga otomatis ngebuka
eh dengan b*d*hnya tu kepala montir malah ngetes mobil ane ngebuntutin mobil diesel puter2 kota utk ngebuktiin bahwa sirkulasi akan otomatis terbuka dan udara luar yg bau akan masuk ke dalam kabin.
setelah itu disimpulkan harus di bongkar dashboard, utk di tutup secara manual

penasaran, ane pindah ke kepala montir di dealer lain
dibilang kalo menurut buku panduan memag 10rb, tapi sangat disarankan langsung ganti aja 1000, 5000km
pas diganti langsung berasa banget tenaganya enteng, mungkin karena olinya jg udah lama ya (ane beli unit taun 2010)
masalah sirkulasi udara, ane cerita dia langsung ngerti, ga perlu ngetes dengan cara tak lazim
hasilnya... hanya cabut soket otomatisnya sirkulasi udaranya langsung beres..
biaya? free.... ane kasih tip aja
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: End rayen mobil baru

Post by ilhami »

jangan-jangan 1000 km itu Quality Control yang diserahkan ke bengkel :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: End rayen mobil baru

Post by Turboman »

Nightster Guy wrote:
Turboman wrote:- CUT -

- Visc Kinematic @ 100 deg nya masih Normal
- TBN masih layak (belum sampai di bawah 3 mg KOH)
- Kandungan Soot masih normal (masih jauh dari ambang batas)

bahkan sy pernah test oli 5W30 Full Synth yg comply MB 229.5 / BMW LL-01 jalan 8900 Km (8 bulan) di Ipah D4 D ternyata angka TBN akhirnya masih 7,65 mg KOH !!! (TBN awal 10 mg KOH, means cuman turun 2,4 mg KOH)

- CUT -
Om Turbo....

Yang ane kuot di atas, itu ngukurnya mesti di lab kimia canggih gitu, ato bisa kita tes ngukur sendiri pake alat2 sederhana? Thanx. Butot nih masalah gituan....
Bawa sample oli bekas ke Corelab Indonesia, biaya test = Rp. 185 rb.
* Bukan ajakan Beli *