End rayen mobil baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

gak jg mas....muntil msh dibutuhkan untuk rakyat jelata seperti saya....bbm irit, dimensi ringkas cocok buat muter2 dalkot... :e-dance:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

jalu wrote:gak jg mas....muntil msh dibutuhkan untuk rakyat jelata seperti saya....bbm irit, dimensi ringkas cocok buat muter2 dalkot... :e-dance:
Jadi kalo mau ganti.. :e-think: hmm.. Splash, Fiat 500, Toyota iQ.... Fiat aja ya lucu..... :weekk:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

hehe001 wrote:hallo, ortu baru beli mobil baru, livina xr. lalu doi bilang ngga boleh dibawa jalan jauh dulu krn masih end rayen?
- emang end rayen itu apa sih?
- kalo ngga end rayen knp?
- end rayen yg bener gimana?
Rrrr.... pernyataan diatas nggak tepat yah.. boleh2 aja kok jalan jauh..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: End rayen mobil baru

Post by poeticmind »

inreyen justru boleh dipake jalan jauh... yg tidak boleh adalah menjalankan kendaraan secara ekstrem.. cukup gas konstan di sekitar 80km/jam ditol.
penggunaan oli mineral atau sintetik atau full sintetik sama saja... kenapa disarankan mineral karena lebih murah saja, dan lebih kental.. jadi debu besi hasil gesekan pertama didalam mesin dapat diikat oleh oli mineral. setelah itu dibuang.

baru setelah masa inreyen lewat, diberi oli 'mahal' .. merek terserah, itu saja sih...
Image
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: End rayen mobil baru

Post by solar_kerosen »

Inreyens sebaiknya mobil jangan dipanaskan lama lama cukup 1 menit , dan dibawa jalan jauh tidak boleh pedal gas dihentak hentak lembut aja akselerasinya sampai 500 km baru setelah ganti oli SPEED GOERS
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: End rayen mobil baru

Post by hehe001 »

berarti: inreyen itu, masa "adaptasi" atau "pemanasan" dari mobil baru karena penggunaan komponen2 kendaraan yg masih "hijau". dan secara jarak yg direkomendasikan adalah <= 1000km.

demikian juga untuk mobil yg uda lama jika ada pergantian spare part maka "dianjurkan" melewati masa inreyen.

itu kesimpulan saya sih, maaf kalo kliru.
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: End rayen mobil baru

Post by hehe001 »

dari id.wikipedia
Oli Mineral
Oli mineral berbahan bakar oli dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.
Oli Sintetis
Oli Sintetis] biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.
begitu keluar dari showroom lgs ganti oli mineral yah?
nah yg cocok untuk Grand Livina apa ya? merk dan type-nya:D
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

AD74YA wrote:
jalu wrote:gak jg mas....muntil msh dibutuhkan untuk rakyat jelata seperti saya....bbm irit, dimensi ringkas cocok buat muter2 dalkot... :e-dance:
Jadi kalo mau ganti.. :e-think: hmm.. Splash, Fiat 500, Toyota iQ.... Fiat aja ya lucu..... :weekk:
fiat 500....gak deh....gak ada beresnya ditempat saya..... :ungg:
lgian mobil buat wara wiri tengah kota, mesti siap2 kalo lecet kesenggol motor...kalo mblnya unit CBU...waaaa...... :frm_bang_head:
solar_kerosen wrote:Inreyens sebaiknya mobil jangan dipanaskan lama lama cukup 1 menit , dan dibawa jalan jauh tidak boleh pedal gas dihentak hentak lembut aja akselerasinya sampai 500 km baru setelah ganti oli SPEED GOERS
om..apa bedanya sih manasin mbl di garasi selama 1 menit....dengan antri di lampu merah selama hampir 10 menit ?? kan sama2 stasioner/idle...??

IMO...tidak ada larangan untuk memanaskan mbl lbh dr 1 menit di garasi......
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: End rayen mobil baru

Post by poeticmind »

mungkin maksudnya, mobil2 jaman sekarang tidak perlu memanaskan mobil pagi2. kalo mau juga tidak apa2... :upss:

merek oli sama saja semua, yg penting dipakai sesuai dengan aturan specnya.
@hehe01 : buat apa mengganti oli pas keluar dari showroom? ga ada gunanya... kecuali baru membeli mobil 2nd, iya sebaiknya mengganti oli, kalo mobil baru dipakai saja. tidak mungkin showroom pabrikan memberikan oli agar mesin jebol. :)
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

hehe001 wrote:berarti: inreyen itu, masa "adaptasi" atau "pemanasan" dari mobil baru karena penggunaan komponen2 kendaraan yg masih "hijau". dan secara jarak yg direkomendasikan adalah <= 1000km.

demikian juga untuk mobil yg uda lama jika ada pergantian spare part maka "dianjurkan" melewati masa inreyen.

itu kesimpulan saya sih, maaf kalo kliru.
Ya kira2 begitu oom..
solar_kerosen wrote:Inreyens sebaiknya mobil jangan dipanaskan lama lama cukup 1 menit , dan dibawa jalan jauh tidak boleh pedal gas dihentak hentak lembut aja akselerasinya sampai 500 km baru setelah ganti oli SPEED GOERS
Bukannya kalo semakin warm mesin semakin bagus? soalnya kerja pada suhu optimal plus oli mesin sudah berputar...
hehe001 wrote:dari id.wikipedia




begitu keluar dari showroom lgs ganti oli mineral yah?
nah yg cocok untuk Grand Livina apa ya? merk dan type-nya:D
OO buat GL.. mantep2... hem.. kalo menurut saya pribadi sih keluar showroom ya pake aja oli dari showroomnya.. tapi ganti fully syn ketika udah 1000 km.. begitu kira2.. jadi ga usah ganti oli mineral lagi
jalu wrote:[
fiat 500....gak deh....gak ada beresnya ditempat saya..... :ungg:
lgian mobil buat wara wiri tengah kota, mesti siap2 kalo lecet kesenggol motor...kalo mblnya unit CBU...waaaa...... :frm_bang_head:
Oooo berarti T. iQ dong... :weekk:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: End rayen mobil baru

Post by AD74YA »

poeticmind wrote:mungkin maksudnya, mobil2 jaman sekarang tidak perlu memanaskan mobil pagi2. kalo mau juga tidak apa2... :upss:
Kalo itu sih namanya bukan mobil, tapi se-pe-da :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: End rayen mobil baru

Post by jalu »

kalo sepeda yg perlu pemanasan ya pengendaranya...supaya gak keram..... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: End rayen mobil baru

Post by hehe001 »

AD74YA wrote:
hehe001 wrote:

begitu keluar dari showroom lgs ganti oli mineral yah?
nah yg cocok untuk Grand Livina apa ya? merk dan type-nya:D
OO buat GL.. mantep2... hem.. kalo menurut saya pribadi sih keluar showroom ya pake aja oli dari showroomnya.. tapi ganti fully syn ketika udah 1000 km.. begitu kira2.. jadi ga usah ganti oli mineral lagi
pak,make sure aja ya :D keluar showroom biarin apa pk oli bawaan ngga usah diganti oli mineral. lalu mencapai 1000km ganti fully synthetic? maaph pak banyak tanya :)
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: End rayen mobil baru

Post by Hansen »

hehe001 wrote:
AD74YA wrote:
hehe001 wrote:

begitu keluar dari showroom lgs ganti oli mineral yah?
nah yg cocok untuk Grand Livina apa ya? merk dan type-nya:D
OO buat GL.. mantep2... hem.. kalo menurut saya pribadi sih keluar showroom ya pake aja oli dari showroomnya.. tapi ganti fully syn ketika udah 1000 km.. begitu kira2.. jadi ga usah ganti oli mineral lagi
pak,make sure aja ya :D keluar showroom biarin apa pk oli bawaan ngga usah diganti oli mineral. lalu mencapai 1000km ganti fully synthetic? maaph pak banyak tanya :)
oli bawaan dari pabrik itu biasanya dikasih oli mineral bro.... :upss:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: End rayen mobil baru

Post by DOHC »

tapi kalo yg ane tanya... nissan itu dari baru nya jg uda dikasi NGO siong.... yg 10W-30 itu logh.... katanya uda di inreyen atau beading in waktu di pabrik nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: End rayen mobil baru

Post by Hansen »

mana mungkin chiong, rasanya uda menjadi standar kalo pabrikan ngasih oli mineral ke mobil yg baru diproduksi....palingan juga pake NGO yg 20W50... :e-think:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: End rayen mobil baru

Post by DOHC »

yg bener siong... koq ane dikasi nya ntuh yg 10W-30... lagian masa oli mineral diganti nya per 10 rebu km.... ntuh kan waktu servis 1000 km aja kaga di ganti oli nya... servis yg 10 rebu baru diganti oli nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: End rayen mobil baru

Post by Hansen »

waduh bingung juga ane jadinya chiong..... :ungg:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: End rayen mobil baru

Post by DOHC »

kalo ane rasa sehh mungkin dari pabrik nya uda di inreyen dan diganti oli nya kali... jadi proses beading in nya uda berjalan lah siong...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: End rayen mobil baru

Post by m4rio »

tapi broo.. pengalaman ane magang di pabrik mobil ya, selesai mesin di rakit mesin langsung naik ke bagian test dan disana mesin di geber selama beberapa menit untuk mengecek kebocoran oli di seal, dan melihat apakah ada suara aneh yang timbul. jadi mesin udah di inrenyen donk ya?? jadi kalo kita beli mobil boleh lgsg tancap gas poll donk ya???

trus kata mekanik beres kalo mobil baru kita sayang2 pakenya, dibanding yang dari awal suka main di RPM tinggi nti hasilnya lebih enak mesin yang dari awal sering digeber putaran tinggi.bener gk tuh ya?
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: End rayen mobil baru

Post by imsus2c »

m4rio wrote:tapi broo.. pengalaman ane magang di pabrik mobil ya, selesai mesin di rakit mesin langsung naik ke bagian test dan disana mesin di geber selama beberapa menit untuk mengecek kebocoran oli di seal, dan melihat apakah ada suara aneh yang timbul. jadi mesin udah di inrenyen donk ya?? jadi kalo kita beli mobil boleh lgsg tancap gas poll donk ya???
test-nya kondisi stasioner ya meneer? mirip test dyno? kalau iya, kondisinya bakal beda jika ditest secara "live", maksudnya dengan beban driver/passenger dan langsung dijalanan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: End rayen mobil baru

Post by benzz89 »

Waduh....memang masa2 inreyen ini penuh dengan mitosnya tersendiri :e-doh:

Dulu teman waktu baru beli kijang kapsul yang diesel (baru pertama kali keluar th 97) malah orang bengkelnya bilang itu oli mesin adalah bawaan dari jepang (katanya yach) jadi olinya beda dengan yang indo punya dan secara kualitasnya pasti lebih bagus....jadi jangan buru2 di ganti dengan yang oli sini. :e-whistle:

Tapi ada yang bilang kalo mobil baru itu pasti diisi oleh oli yang pas2-an kualitasnya, secara pabrikan pasti engga mau rugi kalo di kasih oli yang bagus...apalagi sekarang persaingan dagang semakin ketat mereka pasti sudah hitung2 yang matang untuk oli bawaan dari pabrik ini. :shrug:

Yang bikin bingung lagi adalah banyak mobil2 sekarang yang ganti oli pertama kalinya di 10.000 km, padahal jelas2 di kota2 besar seperi di Jkt ini macetnya ampun2...dan di tambah bingungnya lagi itu SA di bengkel resminya malah bilang "disarankan sih untuk ganti oli di 5.000 km pak".....ahhh cape jadinya mau ikutin aturan yang mana??? :e-wall:

Ada lagi yang saranini ganti oli di antara 1.000-1.500 km pertama....belum lagi bingung olinya pake yang jenis apa? Ada yang bilang mineral lebih bagus....pas sampe di bengkel malah di bilang "engga salah pak pake oli yang mineral alias murah???" Pake yang semi synthetic-lah paling minim...ahhh jadi bingung lagi...akhirnya mobil baru ane di isi pake oli semi synthetic aja deh :drinking:

Belum lagi dengan cara berkendara yang "benar" selama inreyen ini....Ada yang bilang harus ikut manual book yaitu pengendaraan yang halus, tapi ada aliran lain yang bilang mobil baru harus di geber2 dikit supaya kedepannya tidak "banci" alias jadi boyo..Ada lagi pengalaman dari teman, bos-nya beli 3 atau 4 jenis mobil yang sama persis (tahun pembuatan & mereknya) untuk di pakai pada keperluan kantor dan harian. Yang 1 di pake oleh bos-nya yang kebetulan gila bawa mobilnya alias suka ngebut. Setelah beberapa tahun ternyata memang benar mobil yang di bawa dengan lembut dari awalnya...menjadi tidak enak di bawa lari alias jadi boyo dibanding dengan mobil yang dibawa oleh si boss :mrgreen: ini dia bilang benar2 dari pengalaman pribadi...engga tau deh benar atau tidak... :roll:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: End rayen mobil baru

Post by m4rio »

imsus2c wrote:
m4rio wrote:tapi broo.. pengalaman ane magang di pabrik mobil ya, selesai mesin di rakit mesin langsung naik ke bagian test dan disana mesin di geber selama beberapa menit untuk mengecek kebocoran oli di seal, dan melihat apakah ada suara aneh yang timbul. jadi mesin udah di inrenyen donk ya?? jadi kalo kita beli mobil boleh lgsg tancap gas poll donk ya???
test-nya kondisi stasioner ya meneer? mirip test dyno? kalau iya, kondisinya bakal beda jika ditest secara "live", maksudnya dengan beban driver/passenger dan langsung dijalanan

kgk broo.. di testnya RPM tinggi.. gk cuman stationer beban doank..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: End rayen mobil baru

Post by maskopat »

benzz89 wrote: Belum lagi dengan cara berkendara yang "benar" selama inreyen ini....Ada yang bilang harus ikut manual book yaitu pengendaraan yang halus, tapi ada aliran lain yang bilang mobil baru harus di geber2 dikit supaya kedepannya tidak "banci" alias jadi boyo..Ada lagi pengalaman dari teman, bos-nya beli 3 atau 4 jenis mobil yang sama persis (tahun pembuatan & mereknya) untuk di pakai pada keperluan kantor dan harian. Yang 1 di pake oleh bos-nya yang kebetulan gila bawa mobilnya alias suka ngebut. Setelah beberapa tahun ternyata memang benar mobil yang di bawa dengan lembut dari awalnya...menjadi tidak enak di bawa lari alias jadi boyo dibanding dengan mobil yang dibawa oleh si boss :mrgreen: ini dia bilang benar2 dari pengalaman pribadi...engga tau deh benar atau tidak... :roll:
kalo sudah inreyen, gak apa2 digeber. tapi kalo mobil yang biasanya dibawa pelan jadi boyo, kayaknya itu masalah karakter mesinnya aja. karena biasa dibawa halus, jadi tingkat keausan masih tinggi. nah, kalo biasa digeber, keausannya tinggi. kalo ausnya tinggi dan masih dalam batas toleransi, ini paling enak bawanya.. tapi tunggu 5rb - 10rb km... bakal overhaul... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: End rayen mobil baru

Post by doq »

benzz89 wrote: Ada lagi pengalaman dari teman, bos-nya beli 3 atau 4 jenis mobil yang sama persis (tahun pembuatan & mereknya) untuk di pakai pada keperluan kantor dan harian. Yang 1 di pake oleh bos-nya yang kebetulan gila bawa mobilnya alias suka ngebut. Setelah beberapa tahun ternyata memang benar mobil yang di bawa dengan lembut dari awalnya...menjadi tidak enak di bawa lari alias jadi boyo dibanding dengan mobil yang dibawa oleh si boss :mrgreen: ini dia bilang benar2 dari pengalaman pribadi...engga tau deh benar atau tidak... :roll:

ada jg kemungkinan perawatan kendaraan yg d lakukan pada mobil si bos lbh baik dr pada mobil yg lain...... :ungg: :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator