SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 15 Sep 2014, 11:01

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 
Author Message
PostMessage posted...: 12 Mar 2010, 21:54 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
ada yang tau gk langkah - langkah atau proses pengecatan mobil yang baik dan benar itu bagaimana??
kalao bisa sekalian fungsi dari masing2 langkah dan bahan yang digunakan berguna untuk apa, contoh hardener, surfacer, dll

maap nih kalo bikin topic baru... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 16 Mar 2010, 16:11 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
kalo saya, pertama yg dilakukan sebenarnya dikerok abis dulu, dan cek kondisi plat... kalo karatan lebih baik dipotong dan diganti.

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Mar 2010, 07:29 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 656
Location: Yogyakarta
Yang paling penting n menentukan adalah persiapan pengecatan. kalo body masih bagus n gak ada dempul mudah, tgl pake paint remover habisin semua cat. terus dibersihin hingga plat mengkilap. jangan sampe ada karat, minyak , ato kotoran, n harus kering. kalo udah gitu, tgl proses ngecat aja.

kalo bodi berdempul (penyok), karatan harus dibereskan karatnya dulu. body yang ditambal pelat biasanya tak tahan lama, soalnya bisa jadi permukaan penambal, las2an ato body disekitarnya udah bersih dari karat n mengkilap, tapi di sebaliknya kita gk tahu, apalagi di bagian pintu2 bawah. sangat sulit untuk membersihkan karat dan mengecat di bagian dalam. kalo bisa sih, bagian dalam dibersihin karat2nya, trus dicat pake antirust, catnya jelek gpp, pake kuas juga gpp, kn gk keliatan. nah, bagian luar relatif mudah, setelah dibersihkan sampe bersih n mengkilap, baru didempul ato dicat dasar baru didempul,

selama besi masih berwarna coklat (ada karat), bisa dipastikan, catnya tidak akan awet. tapi kalo besi plat mengkilap (tanpa karat n bersih), hasil cat pasti awet.
ini baru tahap pertama lo, tapi emang ini yang paling penting, mo pake cat ato thinner terbaik, proses oven yang excellent pun percuma kalo persiapan pengecatan amburadul,


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 24 Mar 2010, 08:13 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12922
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
sama satu lagi bro, pelat yg digunakan.... mo sebagus apapun cara2 persiapan nya, mo semengkilap apapun di amplas nya... tetep aja ga bakal tahan lebi dari setaon kalo plat yg digunakan pelat super tipis kaya kaleng krupuk (bahkan lebi tipis dari apansa logh).... terkesan mustahil yah kedengeran nya, tapi faktanya ini terjadi di salah satu bengkel body repair yg cukup terkenal di bilangan pluit....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Mar 2010, 00:11 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
sebenarnya yg pengaruh besar terhadap daya tahan itu apakah kualitas coating galvanis nya atau ketebalan pelatnya...?? :e-think:

lantas ketebalan plat yang ideal untuk body repair itu ketebalan berapa ?? :e-think:
terlalu tipis tentu susah dilas, sebaliknya kalo tebal susah ngebentuknya, apalagi mbl umumnya punya kontur membulat.

Cloud wrote:
kalo bisa sih, bagian dalam dibersihin karat2nya, trus dicat pake antirust, catnya jelek gpp, pake kuas juga gpp, kn gk keliatan. nah


setuju sama yg ini....dan memang yg ini seringkali sulit dilakukan krn letaknya tersembunyi di bagian dalam panel body...
kita basa saja memberi lapisan cat antirust sebelum plat baru dilas, tapi pada saat pengelasan cat antirust itu jg sebagian ada yg terbakar,hehehe.....

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Mar 2010, 13:41 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Posts: 656
Location: Yogyakarta
Pelat tipis sebenarnya gk masalah asalkan terututup sempurna oleh cat yang berkualitas. tapi,

pelat tipis lebih sulit dilas ke body, rawan bolong, n terbakar. so lebih mudah pake yang tebal. n sebaiknya memakai tebal yang sama. terus, setelah dilas harus dirontokin keraknya, sampai bersih (utamakan yang dalam dulu), trus digosok pake kawat baja n amplas (bisa pake mesin, biar lebih cepat), biar mengkilap. kalo udah, dibersihin pake thinner, trus dicat pake antirust, atau cat dasar baru pake antirust. nah, dengan begini pasti lebih awet, tinggal ngurus bagian luar yang mudah disentuh.

hampir 90% karat pada body mobil tambalan tercipta dari balik dalam body (bahkan body yang bukan tambalan juga rata2 dari bagian dalam), coz disitu tak tersentuh. kan sering kita liat, cat menggelembung, trus tau2 body rontok, padahal permukaan cat baik2 aja, nah, yang harus diperhatikan ya hal2 kecil tapi mematikan itu,
1. permukaan dibalik body,
2. ujung2 body n sambungan, (misal ujung tepi bawah body)
3. tempelan2 antar logam (spt pintu, dsb)
4. pelat yang dilubangi ato berlubang,
5. bagian yang berpotensi menampung air,
n bagian lain yang rawan kena air n kelembaban, tapi dianggap cuek karena tak terlihat,
ingat, bagian tak terliihat justru menyumbang bahaya terbesar. maunya irit, tapi malah tak maksimal, mending mahal dikit tapi bertahan bertahun2, kecuali proyek repair buat dijual ulang,
tapi buat pembeli yang jeli, pasti memperhatikan hal2 tsb.
kalo cat bagus tapi permukaan dibaliknya tak dicat, pasti bentar aja keropos lagi, apalagi di daerah pantai n sering kena rob, dijamin gk sampai setahun udah berkarat2,


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 25 Mar 2010, 21:46 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12922
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
nah kalo skrg kasus nya gmana kalo pelat asli bawaan mobil kita (yg kadang walaupun tipis tapi masi memenuhi "standard" pabrik tsb lah at least) di las dgn plat2 abal2 ga jlas dapat dari mana oleh bengkel yg nakal tsb.. :e-think: :e-think: apakah dgn teknik2 yg telah dijabarkan diatas tsb dan diterapkan di atas plat "ekonomis" tsb maka dpt menghasil kan kualitas pengerjaan yg bagus jg :e-think: :e-think:

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Mar 2010, 21:33 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
well... jangan memilih bengkel nakal lah, iya toh? :)

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 26 Mar 2010, 23:24 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12922
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
nah itu dia yg susah om pcm, mending suru ane cari jarum dalam jerami dehh daripada cari bengkel body bagus... soalnya kalo yg ane ngalamin seh, biasanya bengkel body itu kerjaan nya agak bagus kalo seandainya itu mobil kita claim asuransi, tapi kalo dateng utk body repair karatann atau repair yg bukan cover asuransi yah hasilnya mengecewakan, either itu pengecatan nya payah atau yah itu, pelat karatan bukanya dipotong tapi maen di timpa aja, dan parahnya lagi pake plat super tipis itu... behh kapok dahh ane... biar kata affiliate forum2 tertentu jg kerjaannya ternyata mengecewakan (tenang, yg ane maksud bukan affiliate forum SM ini koq... :mrgreen: :mrgreen: )

skrg sehh, ane kalo repair2 yg body karatan gt mending manggil las ketok jalanan aja dehh... mereka biar pun cuman bermodal kan gerobak tapi kerjaan nya jujur.... nahh kalo uda selsai di las, baru dahh ane bawa mobil nya ke bengkel cat....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 00:23 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
kembali lagi....mari kita cari bengkel body repair yang mahal dan jujur..... :big_peace:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 10:08 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
jalu wrote:
kembali lagi....mari kita cari bengkel body repair yang mahal dan jujur..... :big_peace:

kalo sy kasih garansi 2tahun, cukup ga oom jalu? :mrgreen:

@ DOHC : ga selalu, oom... karena saya pikir banyak bengkel bagus. kenapa? karena mereka tidak mau ada claim complain dari customer sehingga ada pengecatan ulang, itu repot. Saya pernah konsultasi dengan beberapa bengkel jawaban nya sama, mereka ga mau maen2 dengan plat. plat yg digunakan adalah galvanil anti karat, ketebalan tergantung dari masing2 body kendaraan.
well, memang ada beberapa bengkel nakal... mengatakan mereka menggunakan bahan bagus, tapi ternyata tidak. nah bengkel2 seperti ini biasanya sepi. boleh dilihat deh, sebagai patokan memilih bengkel... cari yg ramai saja. Memang bukan patokan mutlak, tapi dengan kerugian pengerjaan nya lama karena menunggu giliran masuk tempat cat.
bengkel rekanan asuransi tidak semua bagus kok, saya punya pengalaman buruk dengan rekanan asuransi ini... hasilnya bisa dilihat di mobil saya sekarang. kap mesin ga rata pengecatan nya dan coating pernis yg keliatan menggunakan merek murah.

kadang2 mencari bengkel cat memang harus coba2... resiko memang selalu ada. dan, seperti kata oom jalu, mencari yg mahal dan jujur... well, kalo saya mencari yg reasonable dan jujur. mahal itu relatif ya? hahaha!

oke, back to topic... langkah2 pengecatan body, bukan memilih bengkel cat. wkwkwk.. ada topicnya sendiri ya... :frm_tumbright:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 12:08 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
oke kembali ke langkah2 pengecatan..

pengalaman nubie beberapa kali ngecat, IMO peran cat dasar jg ada pengaruhnya meski gak terlalu signifikan, warna cat baru bs saja sama persis tapi saat diliat dr sudut lain kadang nampak bedanya. Sbg acuan warna cat dasar biasanya saya liat dr bekas2 cat yg ngelupas.

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 13:13 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
yakinlah apa yg dikatakan oom jalu... :big_peace:

sewaktu kita mengecat ulang seluruh body, peran cat dasar ini bisa sebagai customize dalam bermain warna... caranya bermacam2, dicoba dulu pada panel plat sisa... setelah mendapatkan hasil yg diinginkan jangan lupa mencatat takaran dan no.kode cat yg digunakan. :)

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 13:30 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
poeticmind wrote:
yakinlah apa yg dikatakan oom jalu... :big_peace:

sewaktu kita mengecat ulang seluruh body, peran cat dasar ini bisa sebagai customize dalam bermain warna... caranya bermacam2, dicoba dulu pada panel plat sisa... setelah mendapatkan hasil yg diinginkan jangan lupa mencatat takaran dan no.kode cat yg digunakan. :)


waah...Yakinlah apa yang dikatakan Romy....... :frm_tumbright:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 20:04 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
satu lagi tips kalo mau cat2an nya maksimal... deketin yg ngerjain mobil kita, rajin2 kasih tip ke tukang nya... hahaha! dijamin deeeeeh!

@jalu : :2gunfire:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 20:38 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12922
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
hahahaha... yakin lah apa kata tuh 2 orang di atas ane.... :big_weee: :big_weee:

btw kalo ane sehh skrg caranya nge las yg bagian karatan gt di tukang las jalanan aja om, cepet koq mereka dan hasil kerja nya ga mengecewakan, mereka beneran dipotong smua yg bagian karat2, kaga pake timpa2an sgala... ngelas full 2 spakbor blakang aja 2 hari kelar, bisa rawat jalan pula... bahan besi nya jg yg tebel punya malah... malah tebel banget, ga tau mereka dapet dari mana.... nahh stelah itu bsok an nya baru bawa dehh ke bengkel cat, beri sdikit bumbu2 crita ngibul jg mereka ntar mau ngerjain ngecat tuh mobil... hasilnya ?? sdikit lebi mahal tapi memuaskann.... :mrgreen: :mrgreen:

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:09 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
iya nih broo. kan did ek ama spakbor panther ane ada karat, nah ud di potong n ganti olat tuh. pas besoknya ane liat di kolong spakbord ternayat platnya gk di tutup apa2 ma dia yg di bawa, alias masih warna plat gitu dari bawah. nah langsung aja ane semprot pake flinkote yang spray dengan sebelomnya ane olesin noverox dulu.
nah gk lama kemudian baru ke inget ang di bawah deck itu gmn ya? pasti sama kan tuh hasilnya.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: mau di liat tapi susah di kolong letaknya, gk tengah bgt sih tempatnya.. ya di pinggir tapi ud bagian deck.

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:15 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12922
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
emang nt kerjain nya di bengkel mana mar.... koq ceroboh amat....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:17 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
sekali saya pernah liat painting pake oksigen dalam tabung, padahal bengkel itu punya kompresor....menurut dia oksigen kemasan memiliki kadar air yang rendah, sehingga hasil pengecatan bisa optimal dibanding dengan kompresor meski udah pake air dryer.

bengkelnya di daerah kali malang jak-tim, tapi skrg udah pindah entah kemana..... :ungg:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:26 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
DOHC wrote:
emang nt kerjain nya di bengkel mana mar.... koq ceroboh amat....


ada deket rumah sih.. bengkel asuransi juga, klo claim kita tau beres aja, tinggal bilang mau claim ini itu ini itu, nah langsung beres aja.. klo yang bagian dalamnya sih ama dia si di cat rapi. yang bikin ane panik tuh bagian baliknya ini loh alias yang mengarah ke jalanan.. duh musti cepet2 di liat nih..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:27 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
waduh itu jarang banget oom jalu... pake oksigen.. haha!

satu lagi, apa anda2 semua yakin kalo mereka bilang cat sistem oven, bener2 digunakan? hehehe! paling2 hanya ruangan nya saja... agar bebas debu. :big_peace:
oven nya, kapan2... kalo ada yg bayar mahal...

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:28 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
klo mpe nyebar kan berabe... :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh: masa udah bagus2 karatan lgi :e-doh: :e-doh: :e-doh: :e-doh:

ama ane mau bongkar trim panther ane yang paling belakang nih, kmrn ada las di sana juga, tapi pasti gk apa apa2in juga deh.. cuman luar doank di cat..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:30 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3007
poeticmind wrote:
waduh itu jarang banget oom jalu... pake oksigen.. haha!

satu lagi, apa anda2 semua yakin kalo mereka bilang cat sistem oven, bener2 digunakan? hehehe! paling2 hanya ruangan nya saja... agar bebas debu. :big_peace:
oven nya, kapan2... kalo ada yg bayar mahal...


klo yang bengkel temen ane bener broo ( tapi bukan bengkel langganan ane, bis asuransi ane gk rekanan ama bengkel temen ane ) ane pernah liat beberapa kali mobil yang lgi do oven, suaranya kedengeran bgt, trus dri atas oven ada saluran pembuangan gk tau deh buat apa, katanya sih buat ovennya..

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 21:33 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
iya mungkin itu beneran pake kalo gitu... soalnya saya (off the record) tanya ke bengkel2 cat... mereka geleng2 kepala. alesan nya : listrik...
kalo pun ada kedengeran bunyi mesin... itu blow off (blower) yg nyedot keluar agar debu cat ketarik. :)

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 27 Mar 2010, 23:43 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
hehehe..gak peduli diluar ruangannya tertulis lutro, blowtherm dll....yah umumnya paling didalem cuma dikasi spotlight untuk pemanasnya,hehehehe.....itupun byk yg gak pake..

adapun exhaust blower itu emang udah wajib dihidupkan selama proses pengecatan...mejaga kebersihan raungan dr debu dan memperkecil potensi terjadinya overspray pada panel yg lain....

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 25 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com