seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

tenang aja.. selama perawatan baik, kompresor AC cukup awet koq... di SL ane, lebih 20 tahun alhamduliLlah bagus2 aja.. 2 tahun yang lalu ganti kompresor. barengan dengan mesin overhaul... :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
muxonated
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jan 07, 2010 3:12

Re: seputar ac n tips

Post by muxonated »

jalu wrote:ongkos kerja relatif om kopat, memang lbh mahal, tapi kalo harga beberapa part ada jg yg lbh murah...
om bos boleh donk di-pm-in nama toko and contact-nya...
trims ya om bos.. :frm_salut:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

P1000511.JPG
nah itu foto hasil modif an ane buat selang besi ac... scara mobil2 skrg pelit nya minta ampun... masa selang ac dibiarin telanjang gt... kan kasian kena panas mesin... :mrgreen: :mrgreen: jadi ane pakein jaket dehh....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

DOHC wrote:
P1000511.JPG
nah itu foto hasil modif an ane buat selang besi ac... scara mobil2 skrg pelit nya minta ampun... masa selang ac dibiarin telanjang gt... kan kasian kena panas mesin... :mrgreen: :mrgreen: jadi ane pakein jaket dehh....
eitsss.... dik dohc.... jangan sembarangan main lapis selang ac nya lohhh..... pegang dulu itu selang yg panas ato yg dingin..... klo yg panas sebaiknya dibiarkan aja telanjang, spy ada pendinginan dari kipas mesin...... :e-whistle:
User avatar
Fefe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
Location: Bintaro Sektor 9

Re: seputar ac n tips

Post by Fefe »

maskopat wrote:
Fefe wrote:Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? :off_no: ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya, :thanks:
coba diservice aja.. bersihin kondensor, evap dan kompresor. nanti ketahuan mana yang rusak. tapi risikonya, kalo ternyata kompresor parah, harus siap2 ganti kompresor. kalo gak, paling bearing di kompresor yang diganti.
kalo ganti kompresor, saran ane jangan yang ex singapur atau ex-ex lainnya. mending beli baru. emang lebih mahal 2x, tapi daya tahannya bisa 5x...

perkiraan biaya service semuanya sekitar 600rb - 1jt. itu termasuk ganti drier, oli dan freon.
Makasih infonya ya...kalo ngelihat taksiran biayanya,kayaknya gue nabung dulu deh..hehehe maklum mobil abis jajan lumayan kmrn di bengkel :e-doh: ....
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
User avatar
Fefe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 23, 2009 1:24
Location: Bintaro Sektor 9

Re: seputar ac n tips

Post by Fefe »

doq wrote:
maskopat wrote:
Fefe wrote:Udah ada sih tu suara, hehehe berarti ud mau wassalam dong? :off_no: ,gue cuman khawatir olinya udah ga jelas di dlm kompresornya,karena ga tau gimana pemilik sebelumnya, makasih ya Om replynya, :thanks:
coba diservice aja.. bersihin kondensor, evap dan kompresor. nanti ketahuan mana yang rusak. tapi risikonya, kalo ternyata kompresor parah, harus siap2 ganti kompresor. kalo gak, paling bearing di kompresor yang diganti.
kalo ganti kompresor, saran ane jangan yang ex singapur atau ex-ex lainnya. mending beli baru. emang lebih mahal 2x, tapi daya tahannya bisa 5x...

perkiraan biaya service semuanya sekitar 600rb - 1jt. itu termasuk ganti drier, oli dan freon.
aloo oom fefe.............
setuju sm oom kopat, sebaiknya d lakukan pembersihan system ac scr menyeluruh sekalian cek kompressor d tempat service..............imho suara kompressor yg mulai aga kasar blum tentu berarti bakal tewas......yg jelas sih klo uda bunyi2 gitu, trus ga segera d lakukan service.....yaaa tinggal tunggu waktu aja :mrgreen: :mrgreen:

klo sampe kompressor d vonis kudu ganti, sebisa mungkin d ganti dg yg baru........klo d total biaya ganti baru plus service dan tetekbengek nya mungkin "hanya" lbh mahal sejuta.........sedangkan klo ganti yg ex-singapuran daya tahannya bsa d katakan untung2an :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hal itu sy alami sendiri beberapa waktu yg lalu......gara2 niatnya pengen ngirit malah ngorot :frm_bang_head: :frm_bang_head: bayangin aja, satu kompressor ex-singapuran umurnya ga sampe 6 bulan!!!! dan saat itu mobil sy udah "makan" 2 kompressor ac lho :glodak:

akhirnya setelah cape dan jg trauma, mau g mau duid simpenan d belikan kompressor baru sekaligus service full system ac.....hasilnya?? dompet pun mendadak kurus :big_slap:
aloo juga Om Doq, thanks sharingnya,emang ngeselin bener kalo bolak balik gitu, boleh tau ga Om, waktu itu untuk beli kompresor abisnya berapa?kayaknya mau ngikutin jejak Om Doq,dalam menabung ni... :shrug:
You reached for the secret too soon, you cried for the moon. Shine on you crazy diamond.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

sjamsul wrote:
DOHC wrote:
P1000511.JPG
nah itu foto hasil modif an ane buat selang besi ac... scara mobil2 skrg pelit nya minta ampun... masa selang ac dibiarin telanjang gt... kan kasian kena panas mesin... :mrgreen: :mrgreen: jadi ane pakein jaket dehh....
eitsss.... dik dohc.... jangan sembarangan main lapis selang ac nya lohhh..... pegang dulu itu selang yg panas ato yg dingin..... klo yg panas sebaiknya dibiarkan aja telanjang, spy ada pendinginan dari kipas mesin...... :e-whistle:
tenang om sjam... ntuh yg dingin koq...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

Fefe wrote:
doq wrote: aloo oom fefe.............
setuju sm oom kopat, sebaiknya d lakukan pembersihan system ac scr menyeluruh sekalian cek kompressor d tempat service..............imho suara kompressor yg mulai aga kasar blum tentu berarti bakal tewas......yg jelas sih klo uda bunyi2 gitu, trus ga segera d lakukan service.....yaaa tinggal tunggu waktu aja :mrgreen: :mrgreen:

klo sampe kompressor d vonis kudu ganti, sebisa mungkin d ganti dg yg baru........klo d total biaya ganti baru plus service dan tetekbengek nya mungkin "hanya" lbh mahal sejuta.........sedangkan klo ganti yg ex-singapuran daya tahannya bsa d katakan untung2an :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hal itu sy alami sendiri beberapa waktu yg lalu......gara2 niatnya pengen ngirit malah ngorot :frm_bang_head: :frm_bang_head: bayangin aja, satu kompressor ex-singapuran umurnya ga sampe 6 bulan!!!! dan saat itu mobil sy udah "makan" 2 kompressor ac lho :glodak:

akhirnya setelah cape dan jg trauma, mau g mau duid simpenan d belikan kompressor baru sekaligus service full system ac.....hasilnya?? dompet pun mendadak kurus :big_slap:
aloo juga Om Doq, thanks sharingnya,emang ngeselin bener kalo bolak balik gitu, boleh tau ga Om, waktu itu untuk beli kompresor abisnya berapa?kayaknya mau ngikutin jejak Om Doq,dalam menabung ni... :shrug:
2 tahun yang lalu ane ganti kompresor. harga kompresor sekitar 2.5jt.. total sama service, ganti selang, pipa dsb sekitar 3.5jt...
saran ane, emang mending ganti yang ori... tapi lumayan lah, insya Allah lebih dari 5 tahun hidup lebih tenang.. paling service rutin tahunan.. service evap, kondensor dan ganti drier.. sekitar 400rb-an.. :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

DOHC wrote:
sjamsul wrote: eitsss.... dik dohc.... jangan sembarangan main lapis selang ac nya lohhh..... pegang dulu itu selang yg panas ato yg dingin..... klo yg panas sebaiknya dibiarkan aja telanjang, spy ada pendinginan dari kipas mesin...... :e-whistle:
tenang om sjam... ntuh yg dingin koq...
hm.. tapi koq ada 2 selang? ini double blower yah?
btw jaketnya pake apaan nih? bisa dishare?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

AC memang ada 2 slang/pipa om kopat.....simpelnya...1 saluran masuk kompresor...1 lagi keluaran dr kompresor.....CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

kaga om kopat, lipina mah single blower doank koq.... ntuh 2 selang, ada yg agak gede ada yg agak kecil... nah yg gede itu kalo dipegang dingin... kalo yg agak kecil kurang gt dingin dipegang...

ane bungkus pake kondom pipa AC rumahan aja koq... beli di tukang AC 20 rebu utk 2 meter...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

ane juga tahu kalo kompresor ada 2 pipa.. yang satu pipa panas/anget yang satu dingin.. nah yang dibungkus oleh om dohc kan ada 2. dan katanya dingin semua. makanya dugaan ane ini pipa keluar. kalo pipa masuk jangan diperem gitu.. malah dibiarin terbuka agar tidak terlalu panas kalo masuk kompresor.
kayaknya ini deh yang dimaksud oleh propesor... tul gak prop? :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

hah ?? yg ane bungkus cuman 1 pipa doank om kopat.... yg dipegang dingin punya..... kalo yg pipa satu lagi yg agak kecil dan anget itu mah di telanjangin aja....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

lho? itu satu pipa toh? tapi beda segmen? segment yang ente sarungin itu pipa yang kebuka?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: seputar ac n tips

Post by Profith83 »

Saya pernah dengar kalau AC diisi freon terlalu banyak/penuh sehingga tekanannya tinggi.
Nah katanya kompresssornya justru cepat rusak karena tekananannya tinggi. --> logika masuk akal

TETAPI masuk akal juga kalau freon banyak maka cepat dingin sehingga termostat akan cepat menginstruksikan AC mati sehingga meringankan beban AC.

Ini saya dapat informasi untuk AC split rumah ... seharusnya cara kerja sama juga untuk AC mobil.

Yang betul bagaimana ? Kalau saya pribadi lebih suka isi freon yang penuh sekali ... tetapi katanya kompresor bisa meledak kalau tekanan terlalu tinggi ....
Apa benar kalau isi freon kepenuhan kompresornya gampang rusak atau bahkan bisa meledak karena tekanan yang tinggi
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

@fefe:
total biaya yg d keluarkan 3.100.000,-
yg d ganti =
-compressor assy denso baru 2,4jt
-drier nd 100rb
-expansi nd 100rb
-pressure switch nd r134 50rb
-service+ongkos pasang 375rb (kuras oli seluruh, bersihin evaporator+kondensor, ganti oli, isi freon)
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

doq wrote:@fefe:
total biaya yg d keluarkan 3.100.000,-
yg d ganti =
-compressor assy denso baru 2,4jt
-drier nd 100rb
-expansi nd 100rb
-pressure switch nd r134 50rb
-service+ongkos pasang 375rb (kuras oli seluruh, bersihin evaporator+kondensor, ganti oli, isi freon)
hah, lumayan murah tuh drier dan expansi ND segitu.. bengkelnya di mana om doq? di PM dunk... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

Profith83 wrote:Saya pernah dengar kalau AC diisi freon terlalu banyak/penuh sehingga tekanannya tinggi.
Nah katanya kompresssornya justru cepat rusak karena tekananannya tinggi. --> logika masuk akal

TETAPI masuk akal juga kalau freon banyak maka cepat dingin sehingga termostat akan cepat menginstruksikan AC mati sehingga meringankan beban AC.

Ini saya dapat informasi untuk AC split rumah ... seharusnya cara kerja sama juga untuk AC mobil.

Yang betul bagaimana ? Kalau saya pribadi lebih suka isi freon yang penuh sekali ... tetapi katanya kompresor bisa meledak kalau tekanan terlalu tinggi ....
Apa benar kalau isi freon kepenuhan kompresornya gampang rusak atau bahkan bisa meledak karena tekanan yang tinggi
mengenai pertanyaan soal tekanan freon bsa d lihat d page pertama oom http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=12361

smoga membantu........... :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

maskopat wrote:ane juga tahu kalo kompresor ada 2 pipa.. yang satu pipa panas/anget yang satu dingin.. nah yang dibungkus oleh om dohc kan ada 2. dan katanya dingin semua. makanya dugaan ane ini pipa keluar. kalo pipa masuk jangan diperem gitu.. malah dibiarin terbuka agar tidak terlalu panas kalo masuk kompresor.
kayaknya ini deh yang dimaksud oleh propesor... tul gak prop? :frm_salut:
betulllllll...... seratussss buat dik kopat......... :frm_tumbright: .....
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

@maskopat:
itu drier nd yg made in singapure oom(bukan ex lho ya) klo yg japan punya g ngerti brapaan :mrgreen: :mrgreen:
PM sent
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

nah, kalo mobil sejak baru rutin ke Beres untuk perawatan sesuai yg di jadwalkan, kira2 bagian AC ini disentuh gak ya ama bers, seperti isi freon, cek tekanan, ganti oli AC dll.....

karena sampe sekarang (hampir 3 taon), alhamdulillah si AC aman2 aja....jgn sampe deh ada masalah...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

wan, kayaknya gak deh.. AC jarang disentuh oleh beres...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

AC mah kaga di otak atik ama beres... paling mentok yg bisa mereka lakukan cuman ganti parts atau tambah freon doank...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: seputar ac n tips

Post by Debiyarto »

nah, kalo mobil sejak baru rutin ke Beres untuk perawatan sesuai yg di jadwalkan, kira2 bagian AC ini disentuh gak ya ama bers, seperti isi freon, cek tekanan, ganti oli AC dll.....

karena sampe sekarang (hampir 3 taon), alhamdulillah si AC aman2 aja....jgn sampe deh ada masalah...
:off_no: di Beres mobil tidak diurusin ACnya kecuali ada keluhan.

Jika ada keluhan misal blower mulai lemah atau AC mulai kurang dingin, mereka akan tawarkan utk diservice disana. Namun dari pengalaman gua...hiiii....harga servicenya gak masuk akal.
Mending diservis di bengkel khusus AC aja.

BTW., kalo udah 3 tahun pake, udah waktunya tuh diservice, maksudnya dibersihkan secara total. Biar ACnya bisa kerja efektif dan efisien yang berujung systemnya panjang umur.
Biasanya evaporator/condenser dan blower udah banyak yang mampet karena debu. Juga biasanya dilakukan penggantian Filter drier.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

betul.......
d beres, ac tdk pernah d sentuh...sy liat d buku manual kendaraan pun tdk ada panduan mengenai pemeliharaan ac, yaaa jd jangan berharap ac bakal d utak atik oleh beres klo kta ga kasi komplenan :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator