seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

@om Poet : kayaknya efek kemarin kipas nyala terus kerasa deh. Ini kok kalo gas gak ditekan rpm-nya 500...600..500..600 terus ya? pas pagi hari juga. Padahal bukannya kalo pagi itu sekitar 800/900, baru kalo udah panas turun ke 600-700.
Ini efek dari kipas kemarin nyala terus, atau masalah di mesin (injektor ato filter bensin). mesin corabs 2.0 injeksi.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
m rakha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Apr 14, 2010 0:49

Re: seputar ac n tips

Post by m rakha »

bro SMers, ada yang tau gak yang bisa servis kompresor merk zekstel
mobil nissan genesis AT
udah agak ngorok nih, masih dingin sih
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

d bengkel ac biasa ga bsa yah oom?bukannya sama2 aja...? :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

broo... ane kalo misalnya nih ya, mobil kejemur di depan rumah, n mau berangkat pake tuh mobil, kan pasti kondisi kabin pengapp n panas bgt tuh ya, nyalain AC juga hawa yang keluar gk dingin2 amat.. nah ud beberapa bulan ni ane kalo kondisi kyk bgtu, ane selalu sirem kondensor ama air, sambil ac dinyalain, dengan mksd agar suhu di kondensor jadi lebih dingin dan perpindahan panas freon di kondensor jadi cepet, kan klo kondensor panas efek dari mobil kejemur tadi perpindahan panas freonnya jadi gk mksimal, nah mangkanya ane bantu sambil di sirem selama 1-2 menit lah seluruh kondensornya, dan hasilnya lumayan sih hawa AC jadi langsung dingin dengan maksimal, gk kyk sebelomnya...

ada tambahan???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

wahh kalo ane sehh nyalain ac tapi sambil buka pintu driver dulu mar... jadi nyalain mesin trus nyalain ac tapi pintu supir kaga ditutup dulu... nah stelah udaara panas nya kluar baru dehh tutup pintu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

DOHC wrote:wahh kalo ane sehh nyalain ac tapi sambil buka pintu driver dulu mar... jadi nyalain mesin trus nyalain ac tapi pintu supir kaga ditutup dulu... nah stelah udaara panas nya kluar baru dehh tutup pintu...
iya, itu juga ane lakukan broo.. tapi masalahnya udara ac yang keluar juga gk terlalu dingin2 amat. nah mangkanya selain buka jendela pintu driver, ane bantu ama siram itu kondensor biar udara yang keluar dari AC itu lebih cepet dingin.....
mksd ane udara AC yang keluar gk dingin2 amat bukan berarti AC ane trouble ya....

setelah ane rasakan sih suhu kabin ane lebih cepet dingin dengan dibantu ama cara ane itu..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

cb cek freonnya bro.
sapa tau dah mo abis...
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

kgk broo.. gk mungkin ada kebocoran di sistem AC ane... di jamin....
kan kalo mobil hbis di jemur kan, otomatis kondensor juga ikutan panas, dan suhu udara sekitar juga pasti panas..
nah supaya pelepasan panas freon di kondenssor cepet, nah ane bantu dengan menyiram kondenssor ane sambil AC dinyalakan dengan tujuan supaya suhu di kondenssor turun n pelepasan panas freon juga jadi cepet, sehingga berefek ke suhu udara yang akan keluar di dalam kabin.......
ini sih eh pemikiran ane aja ya.....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

btw ini panther nya bro mario yahh yg lg dibhas... :e-think: :e-think:

setau ane sehh ac panther itu mahh kuat banget tendangan nya.. apalagi dingin nya... ac ane yg uda rusak, kompresor uda ngorok kenceng aja, ama kondensor uda tinggal menunggu waktu jebol aja masi dingin koq siang2 terik.... single blower pula....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

DOHC wrote:btw ini panther nya bro mario yahh yg lg dibhas... :e-think: :e-think:

setau ane sehh ac panther itu mahh kuat banget tendangan nya.. apalagi dingin nya... ac ane yg uda rusak, kompresor uda ngorok kenceng aja, ama kondensor uda tinggal menunggu waktu jebol aja masi dingin koq siang2 terik.... single blower pula....
iya broo.. mank dingin bgt kok.. banget banget malahan..
tapi kan yang ane mksd skrg ini kan kalo habis di jemur tu mobil n mau di pake, kalo udah jalan lama pas terik sih mank dingin broo.
mksd cara ane tdi tuh, cara supaya kalo mobil habis di jemur dan AC nyala gk pake waktu lama buat hawa dinginnya keluar..
karena selama ni yang ane ngalamin ya, kalo pas terik tuh pertama2 yang keluar tuh angin gk lngsung dingin, ada agak adem dulu, lama kelamaan baru dingin normal......

ya mank cara itu sih pengalaman pribadi ane, tau sugesti tau apa deh ya.. tapi kyknya sih bukan sugesti ane.. :big_peace: :big_peace:
kalo ane salah di maapin ya broo.. jgn di omelin.... namanya juga masih belajar.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

hehehe... masalah nya dapetin tuh aer yg ga gampang mar... kalo di depan rumah sehh masi ok... tapi kalo lagi berpergian kluar kota... itu baru sulit.. :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

hehehe.. tul tuh broo... mangkannya ane cuman terapin kalo pas di rumah aja.....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: seputar ac n tips

Post by Hansen »

Asal jgn dikencingin yah mar......:big_weee: ........:ngacir:
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

klo sy bilang seh itu sugesti aja oom mar............
hawa keluar yg pertama emank ga bakalan dingin, apalagi klo abis d jemur.....soale khan saluran ac d bawah dasbor itu ikut kejemur, jadinya waktu baru nyala pastinya bakal hembusin angin yg ga dingin dulu......

lagian sama2 aja seh imho, klo nyalain ac sambil nunggu dingin sama nyiram kondensor biar ac d dalem jadi dingin.....waktu yg d butuhin pasti sama tuh, paling 1-2 menitan khan? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

kalo yang saya rasakan sih beda broo dinginnya... kalo gk di sirem 1 - 2 menitan dinginnya beda ma yang disirem...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
m rakha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Apr 14, 2010 0:49

Re: seputar ac n tips

Post by m rakha »

m4rio wrote:kalo yang saya rasakan sih beda broo dinginnya... kalo gk di sirem 1 - 2 menitan dinginnya beda ma yang disirem...
kalo menurug gw sih bukan sugesti kok, gw juga dulu suka ngelakuin itu di mercy tiger (sesuai saran tukan servis AC)
itu membantu merawat sistem pendinginan AC mobil kita katanya, jadi gak ada salahnya dilakuin toh gak ngerugiin jg buat gw
dan memang saya rasa lebih cepet dinginnya tuh
m rakha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Apr 14, 2010 0:49

Re: seputar ac n tips

Post by m rakha »

doq wrote:d bengkel ac biasa ga bsa yah oom?bukannya sama2 aja...? :ungg:
UDAH BEBERAPA BENGKEL NOLAK, GAK BISA TUH, KATANYA SPAREPARTNYA GAK ADA
JADI GAK BISA SERVIS, VONIS GANTI
HARGANYA SELANGIT
SIAPA TAU ADA YANG BISA SERVIS
KABARI YA
THX
hanatarouu
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sat Aug 29, 2009 13:33

Re: seputar ac n tips

Post by hanatarouu »

siang sm-ers mobil saya altis taun 2004,kemarin baru service ac,ganti evap sama kabel thermis,nah cuma kabel thermisnya pake yg punya avanza,,,terus sekarang kalo ac nyala kan extra fan yg high speed nya nyala tuh,,kalo kompressor mati harusnya extra fan juga mati kan??
nah kalo ini pas kompressor nyala extra fan nyala cuma gitu kompressor mutus,extra fan yg high speed masi jalan sampe pas kompressor mau nyala extra fan baru mati,jadi baru 1detik extra fan mati kompressor jalan uda nyala lagi,,,itu pertama baru nyalain ac ketika mobil baru nyala,,
tapi lama kelamaan tu ntar extra fan nya di tempat relay bunyi relay gitu cetak cetok gitu,,extra fan nya juga nyala mati nyala mati terus,gitu terus selama ac dinyalain,nah sekarang juga ac udah mulai ngga dingin lagi,,,
nah yang mau saya tanyain:
1.apa pengaruh thermis avanza dipakein ke mobil saya sehingga mempengaruhi kinerja ac saya?
2.kenapa extra fannya bisa nyala mati nyala mati kayak gitu yah?
3.evaporator nya kan saya ganti yg ori,kena 1,4jta kenapa ga gitu dingin yah ac nya?
tq yah atas jawaban yg akan diberikan,sukses slalu bro,,,tq..
User avatar
caed
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
Location: SUMBAR

Re: seputar ac n tips

Post by caed »

Ane pindah kesini aja deh. Numpang tanya neh para pakar AC. Gimana cara nentuin berapa byk harus nambah freon AC mobil (Kijang Grand AC Dobel). Takut ken a kibul aja ame tukang AC.. Thanx sebelumnya..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

hanatarouu wrote:siang sm-ers mobil saya altis taun 2004,kemarin baru service ac,ganti evap sama kabel thermis,nah cuma kabel thermisnya pake yg punya avanza,,,terus sekarang kalo ac nyala kan extra fan yg high speed nya nyala tuh,,kalo kompressor mati harusnya extra fan juga mati kan??
nah kalo ini pas kompressor nyala extra fan nyala cuma gitu kompressor mutus,extra fan yg high speed masi jalan sampe pas kompressor mau nyala extra fan baru mati,jadi baru 1detik extra fan mati kompressor jalan uda nyala lagi,,,itu pertama baru nyalain ac ketika mobil baru nyala,,
tapi lama kelamaan tu ntar extra fan nya di tempat relay bunyi relay gitu cetak cetok gitu,,extra fan nya juga nyala mati nyala mati terus,gitu terus selama ac dinyalain,nah sekarang juga ac udah mulai ngga dingin lagi,,,
nah yang mau saya tanyain:
1.apa pengaruh thermis avanza dipakein ke mobil saya sehingga mempengaruhi kinerja ac saya?
2.kenapa extra fannya bisa nyala mati nyala mati kayak gitu yah?
3.evaporator nya kan saya ganti yg ori,kena 1,4jta kenapa ga gitu dingin yah ac nya?
tq yah atas jawaban yg akan diberikan,sukses slalu bro,,,tq..
coba balik lagi ke bengkel ac tsb, minta mereka periksa ulang lagi..... ada kemungkinan relay extra fannya rusak atau ada kerusakan lainnya.....
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

caed wrote:Ane pindah kesini aja deh. Numpang tanya neh para pakar AC. Gimana cara nentuin berapa byk harus nambah freon AC mobil (Kijang Grand AC Dobel). Takut ken a kibul aja ame tukang AC.. Thanx sebelumnya..
cara nentuin nya bsa d liat pada tekanan freon yg tersisa di mobil oom....kebetulan waktu dulu pernah ngobrol2 sm mekanik ac: :ungg:
doq wrote:perawatan yg d sarankan tiap 6-8 bulan sekali: kuras oli kompressor
utk perawatan per 1,5-2 thn sekali: service evaporator (kuras)

apabila oli kompressor yg terkuras berwarna gelap/tua/hitam/butek, menandakan adanya kerusakan pd bagian internal, sebaiknya segera d lakukan pembersihan secara total (selang2, service kompressor, kuras kondensor, ganti drier, kuras evaporator)
pastikan agar gram2 kecil yg berada d system benar2 bersih...

pressure ideal:
- single blower 40-45psi
- double blower 50-55psi
note: utk tekanan double blower, dg asumsi double blower on. klo dlm posisi off sama dengan single blower

apabila tekanan berada d bawah ideal menandakan kurangnya freon.
apabila tekanan berada d atas batas ideal, mengindikasikan tingkat kerja kompressor yg berada d atas batas normal......kemungkinan besar ada masalah pd kompressor

penggantian kompressor wajib d barengi dg pembersihan full system ac, agar d dapat hasil yg maximal
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Veyron_
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu Aug 20, 2009 10:06

Re: seputar ac n tips

Post by Veyron_ »

Selamat pagi rekan semua.

Mau tanya mengenai AC donk.

Indikator Lampu AC ku berkedip-kedip.
Pada awalnya sepertinya ngga deh.

Apa memang kondisi normal nya seperti itu (berkedip - karena IMHO klo sesuatu yang blinking seperti itu memandakan ada masalah)

FYI
Kendaraan XL7, kondisi suhu di set sekitar 25 derajat C, seting fan di yang terkecil (setingkat diatas Auto).
Sudah pernah cek ke bengkel AC katanya sih ngga ada masalah, yang keliatan cuma belt nya yang kelihatan agak pecah2 dan sudah diganti.
Namun tetap masih blink ing.

Mohon pencerahannya.

Salam,
Salam,
Endry

-Grease, Oil, Cleaner, Anti-Rust, Additive, Fire-Extinguisher- more info PM.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: seputar ac n tips

Post by Andrian »

Siang om2 semua...
nubie mw tanya seputar istilah ac nih.
Pengertian dari ac 1 play dg 2 play apa ya?(bener gak sih penulisannya?)
Kalo gak salah baca, pernah ada yg ubah ac 1 play jadi 2 play (mazda vantrend kalo gak salah)
kalo ada disertai foto biar tau perbedaannya. Maklum buta banget nih tentang ac mobil. :big_peace:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: seputar ac n tips

Post by m4rio »

Andrian wrote:Siang om2 semua...
nubie mw tanya seputar istilah ac nih.
Pengertian dari ac 1 play dg 2 play apa ya?(bener gak sih penulisannya?)
Kalo gak salah baca, pernah ada yg ubah ac 1 play jadi 2 play (mazda vantrend kalo gak salah)
kalo ada disertai foto biar tau perbedaannya. Maklum buta banget nih tentang ac mobil. :big_peace:

hmm.. kalo menurut ane sih mungkin dibagian kondenssornya kali ya yang di rubah, jadi kyk radiator kan juga ada yang 1 ply dan 2 ply, yang bikin beda cuman jalur dalamnya aja sih.. 1 lobang atau 2 lobang..
kalo gk slaah ya, menurut ane sih begitu....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

Veyron_ wrote:Selamat pagi rekan semua.

Mau tanya mengenai AC donk.

Indikator Lampu AC ku berkedip-kedip.
Pada awalnya sepertinya ngga deh.

Apa memang kondisi normal nya seperti itu (berkedip - karena IMHO klo sesuatu yang blinking seperti itu memandakan ada masalah)

FYI
Kendaraan XL7, kondisi suhu di set sekitar 25 derajat C, seting fan di yang terkecil (setingkat diatas Auto).
Sudah pernah cek ke bengkel AC katanya sih ngga ada masalah, yang keliatan cuma belt nya yang kelihatan agak pecah2 dan sudah diganti.
Namun tetap masih blink ing.

Mohon pencerahannya.

Salam,
salah satu GV punya temen jg pernah bermasalah sama...indikator blinking, lalu sm dia dibawa ke beres dan problemnya ada di sensor temperatur yg ada di atas dasbor, oleh beres sensor2 tsb di reset ulang dan skrg udah gak blinking lg lampu indikatornya.

moga2 aja problemnya hampir sama.... :e-pray:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby