seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26940
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

kaga nyala sama skali dehh om dog.... soalnya waktu itu tuas ac uda ane nyalain tapi yg kluar cuman angin dari fan doank.... sedangkan kaga dingin2... trus gt dkurangin tekanan nya baru dehhh nyala tuh kompresor...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

hooo...mungkin beda system kali yah oom......
walo sama2 kompressor......tapi yg satu bwat ac mobil, yg atu lg bwat kulkas :upss: :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: seputar ac n tips

Post by the-mantal »

numpang lewat soal ac, mo share pengalaman ac xenia kakak ane

lihat http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 17#p385317
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

Biar gak OOT kita bhas ac lg yuk.
Btw pas 2minggu lalu ke pekanbaru langsung sambangi tukang ac. Nha ternyata yg bocor selang yg dingin sama pentilnya. Akhirnya ganti deh.
Tp br dipake jln 2hari, ada keanehan. Lampu indikator acnya kedip2. Dan ac tidak dingin, cm kipasnya aja.
Bawa lg kebengkel, ternyata masalahnya ada di ampli, terus dicopot dan dignti thermostat.
Ac jd normal sih, tp gak sedingin sebelumnya.
Trs yg jd masalah lain, ada colokan (lokasinya di depan aki, diatas kaca intip freon) yg kl g salah berfungsi utk nyala matikan kipas radiator n kondensor. Yg aneh itu colokan eror (kl dipasang kipas g muter walaupun mesin panas, klo dicopot kipas muter terus walo mesin dingin). Akhirnya copot aja. Nah yg jd pertanyaan,
1. Emg bisa ya ampli dignti thermostat?
2. Colokan itu knp ya?
3. Akibat kipas disetel idup terus, jarum2 di dashboard pada ngaco. Apa pengaruh ke aki ya?
Trims, sorry ngetiknya pake hp, jd bahasanya aneh.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

prasaan td ngetiknya lama, tp ternyata pendek jg reply saya.
tambahan tanya neh. kl ngatur thermostat biar settingnya lbh dingin gmn ya?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

doq wrote:yg msh jd pertanyaan sy……knapa pd kendaraan baru, relative minim perawatan selama 2-3 thn??
yg menjadi kendala pada masalah AC adalah piping, selang... sambungan, dan kebersihan evap dll. kalo sudah lama kerja tekanan dan penyaluran freon dan oli tidak smooth, ini yg menjadikan AC tidak sesempurna seperti kendaraan baru..malah kadang cepet rusaknya lagi, padahal sudah diservis. coba saja pasang AC full baru pada mobil2 yg belum ada ACnya, pasti awet2 saja selama 5tahun kedepan, dengan catatan pemasangan nya bener dan bengkel bergaransi.

jadi belum tentu kendaraan baru itu ACnya lebih bagus, ada beberapa mobil justru ACnya menggunakan kompresor yg kecil, jadi ada comment bahwa AC mobil merek X tidak dingin. padahal bukan begitu, tapi karena si kompresor butuh kerja lebih lama utk menjadikan cabin dingin suhunya pada derajat yg diinginkan.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

aburaza wrote:Biar gak OOT kita bhas ac lg yuk.
Btw pas 2minggu lalu ke pekanbaru langsung sambangi tukang ac. Nha ternyata yg bocor selang yg dingin sama pentilnya. Akhirnya ganti deh.
Tp br dipake jln 2hari, ada keanehan. Lampu indikator acnya kedip2. Dan ac tidak dingin, cm kipasnya aja.
Bawa lg kebengkel, ternyata masalahnya ada di ampli, terus dicopot dan dignti thermostat.
Ac jd normal sih, tp gak sedingin sebelumnya.
Trs yg jd masalah lain, ada colokan (lokasinya di depan aki, diatas kaca intip freon) yg kl g salah berfungsi utk nyala matikan kipas radiator n kondensor. Yg aneh itu colokan eror (kl dipasang kipas g muter walaupun mesin panas, klo dicopot kipas muter terus walo mesin dingin). Akhirnya copot aja. Nah yg jd pertanyaan,
1. Emg bisa ya ampli dignti thermostat?
2. Colokan itu knp ya?
3. Akibat kipas disetel idup terus, jarum2 di dashboard pada ngaco. Apa pengaruh ke aki ya?
Trims, sorry ngetiknya pake hp, jd bahasanya aneh.
bisa diganti, karena ampli asli OEM tersebut tidak bisa dibeli satuan partsnya atau kadang tidak tersedia, rata2 harus seluruh nya, dan sangat mahal... bisa juga cari lepasan sampah mobil import.
soal colokan kipas, itu ada kemungkinan rusak... dan ini sangat berpengaruh pada kinerja AC. coba dicek lagi, dari otomatis kipas dan jalur kabel yg mungkin terbalik. mobilnya apa ya?
kipas yg disetel hidup terus, itu sebaiknya dihindari. ini biasanya dilakukan pada mobil2 lama, tanpa ECU dan sensor, itu ga masalah. tapi pada mobil2 baru akan berpengaruh pada sensor2 lain... ada baiknya kembali ke bengkel (bengkel umum juga bisa), utk dibenarkan.
menjawab pertanyaan berikut, penyetelan termostat sebaiknya tidak disetel full mentok, mengapa? karena bisa menimbulkan kebekuan pada kisi2. dan ini berpengaruh pada tingkat suhu dalam cabin. sebaiknya dipasang secukupnya, 3/4 atau hampir full.
bagaimana membuat cabin dingin, ini dijawab dengan keadaan cabin itu sendiri... apakah kaca filmya cukup baik dalam menolak panas, apakah bagian atap cukup peredaman nya serta bahan2 jenis interior yg digunakan... maksudnya apakah bahan tersebut mudah menyimpan panas, dan terakhir adalah kebocoran udara ke dalam cabin... ini penting, coba cek karet2 pintu (terutama bagian bawah), firewall (lubang2 kabel dll), serta satu lagi adalah buka tutup sirkulasi udara. cara mencek nya sangat mudah.. coba set pada posisi sirkulasi udara menutup (sirkulasi cabin berputar), jika pada waktu berkendara tidak ada bau luar masuk jika dibelakang bus atau lewat truk sampah misalnya, maka sirkulasi buka tutup nya masih bagus, tapi jika bau luar masih masuk artinya udara luar masih masuk, ini menyebabkan suhu cabin yg tidak sempurna... sehingga udara tidak dingin.
Image
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

om poeticmind muantap neh.
mobilnya corabs om, udah pake ECU.
Kalo colokan kipasnya yg eror itu ada kemungkinan kabelnya yg bermasalah ya Om? soalnya ane liat kabelnya udah kliatan usang dr luar (maklum mobil lawas) :big_peace:
Rencana abis ngajar petugas sensus ini ane mau ke pekanbaru cek elektroniknya. mending di beres atau bengkel umum?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

mungkin bukan colokan kipasnya oom... tapi sensor nya. saya curiga udah error itu. :)
utk perbaikan sih cukup ke bengkel umum bisa, atau ke bengkel khusus AC sama saja. Kalo ke bengkel resmi hanya lebih resmi, lebih lama sama lebih mahal... :mrgreen:

sukses sensus nya ya oom! :frm_tumbright:
Image
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

Sensor? yg bagian mana ya? maklum nubie. ntar biar gak diusilin orang bengkel
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

wah.....nambah ilmu lg nih, baru tau ac jg pk ampli.....ky tape aja heheheh :big_slap:
ngomong2 oom PCM, tugas ampli ac apa aja yah? terletak d mana n bentuknya ky mana?
klo ada fotonya bole dooonk d posting :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

@om doque. bentuknya kotak, mirip2 thermostat jg. kmrn hampir mo dikoleksi sama org bengkel, tp saya minta. cm skrg malah lupa simpan dmn.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

sensor kipas, oom... sama seperti sensor kipas radiator. yg model lain adalah otomatis switch, jadi kipas AC akan jalan kalo kompresor jalan...
@pedoq : ampli itu sebenernya sama aja dengan switch geser... dan fungsi sama saja dengan termostat puter, hanya bentuknya kotak. kadang2 ada orang pinter yg bisa benerin amplinya, cuma emang susah.. makanya diganti.
harusnya sih ga perlu dilepas, biarkan saja di tempatnya... agak aneh kalo bengkel minta utk dikoleksi. biasanya termostat puter hanya ditambahkan/jumper... dan dipasang dibawah dash atau panel dash yg kosong, pokoknya mudah utk diraih/disetel. :)
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

wooo....ic ic.....jd itu d sebutnya ampli yah heheheh maap rada kuper oom :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

ga kuper... cuma gue tau kalo elo ngira ampli buat turbo kan?! wakakakaka!
*ngaco... :big_peace:
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

wkwkwk......ada lagi ampli turbo :big_weee: :big_weee:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

sensornya yg letaknya di kotak yg ada tulisan "sensor n relay" gitu ya omPoet?
brarti ada kemungkinan ganti sensor dong?
:e-doh: :e-doh: :e-doh:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

wait...wait... bisa dipoto ga? waduh, takut salah saya nih... ga hapal sama corabs euy! haha! coba bsok2 saya liat di camry, sama ga ya? :e-think:
Image
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

dlm waktu dekat...
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

poeticmind wrote:wait...wait... bisa dipoto ga? waduh, takut salah saya nih... ga hapal sama corabs euy! haha! coba bsok2 saya liat di camry, sama ga ya? :e-think:
Nih dia om gambarnya :
Image
Lokasinya di depan aki (yg ada panahnya)


Nah barangnya kayak gini nih :
Image
Image

jadi itu benda kalo di pasang, kipas gak muter. tapi kalo dilepas, kipas muter tapi tdk otomatis, jd muter terus.
Itu yg disebut switch otomatis kipas bukan?
mohon pencerahan.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

Sekalian kalo mau scan ecu mending di beres atau umum?biaya kira2 berapa? soalnya kayaknya kelistrikan udah pd ngaco (selain kipas, jarum rpm n jarum temperature suka naik turun semaunya) :e-doh:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

oh bukan, oom... itu hanya sambungan konektor kabel. bukan switch. :)
nanti saya ganti fotoin ya... hehe! utk scan ECU, bisa di bengkel Resmi atau Bengkel umum yg punya alat scanning..sama saja. tapi kalo teori saya, jarum rpm dan lain2 berubah2 karena ada sensor yg ga bener di mesin, apakah itu sensor AC, atau sensor di TB. atau ada sambungan selang yg salah arah...
coba hidupkan engine, tanpa AC.. jarum rpm turun naek tidak? bandingkan dengan AC dihidupkan, apakah ada perubahan? jika iya, artinya ada masalah di sensor2.
Image
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

trims om...saya tunggu fotonya
btw jarum rpm n temperatur gak tentu jatuhnya. kadang ac on mereka beres2 aja. kadang g pake ac mereka jg jatuh. ada kaitan dg aki gak ya?soalnya pernah aki dibawah grs minimum,trs pernah saya tinggal seminggu g dipanasin.
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

ga ada hubungan nya dengan aki.. tapi mungkin selenoid AC yg bermasalah.. :)
Image
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

akhirnya ketemu masalahnya om...thermoswitchnya udah g sensitif...jd g bs muter otomatis...
dganti dg camry punya...tp kok tulisannya 90-off ya? g 80 ya? tp ini lg saya tes pjalanan pekanbaru-bengkalis (200km) nonstop jarum suhu ditengah terus. udah bgs ya?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan