seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: seputar ac n tips

Post by PenasaranGuy »

aburaza wrote:senior semua, minggu lalu saya abis isi freon krn udah g dingin. abis itu ac dingin. tp br umur seminggu kok dah gak dingin lg, trs dr tempat kluaran angin ac agak brisik. saya cek dr kondensor ke kompressor gak ada yg bocor, kompressor jg gak brisik. kira2 apanya ya? oiya, pas isi freon gak cek oli kompressor.

Ane coba bantu,mudah2an solve :e-pray: :mrgreen: kalo udah dicheck semua ga ada yang bocor/rembesan oli comp dan magnet compressornya normal(nempel pas AC di On ya), coba chck saluran expansinya(suka mampet) atau pegang selang keluarannya dr comp(panas&dingin) kalo dingin semua atau sebaliknya berarti condensor mampet. mudah2an jelas masalahnya... :beer: kalo lbh jelasnya di chk aja ke tukang AC
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: seputar ac n tips

Post by PenasaranGuy »

MitshuToyo wrote:Wah, kasusnya hampir sama dengan saya nih ; tiap di panteng jalan di atas 130 km/h, pasti AC langsung tidk dingin.. tapi setelah istirahat beberapa saat AC dingin lagi. Mungkin benar kata Penasarn Guy kalau ada Cut off otomatisnya.
Ada pengalaman lain, pernah dua kali gak dingin, dibawa ke bengkel AC ternyata cuma putus Sekringnya.. harganya cuma 5000 perak :). Untung bengkelnya super jujur.. padahal gak mudeng AC sama sekali.. misal di bilang kompresornya harus ganti, paling ya nurut saja.. :e-think:

Benar yang dibilang Penasaran Guy di atas, kalau servis sebaiknya jangan ke bengkel resmi. Pernah air netes di dalam sampai karpet basah semua. Waktu nanyain ke beres sekalian tune up, mereka bilang harus bongkar dashboard.. terkejut jg di bilang begitu. sampai dirumah saya coba lihat2 sendiri .. ternyata saluran hidran dibawah kap mesin mampet.. begitu dibersihkan, langsung ngocor air dari dshboard.. beres dah.. :mrgreen:
Sedikit menambahkan,Maksud ane cut off otomatis itu untuk sentakan accelerate tiba2 aja, dia bekerja berdasarkan vacuum dari engine mobil. Kalo mati mulu mah artinya ada masalah lain bisa fuse, magnet compressor, thermostat atau lainnya.. :beer:
Yup, jangan percaya ngerawat AC sama BERES...dari yang udah2 bisa fatal.... :frm_tumbright:
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: seputar ac n tips

Post by PenasaranGuy »

doq wrote:wah....setau sy kerja cut off otomatis itu, setelah suhu kabin mencapai suhu ideal...kompressor istirahat sampai suhu sedikit naik kembali, baru kembali bekerja.
:ungg: :ungg:
jd mesti nya ga sampe terasa tdk dingin nih :e-think:
mohon pencerahan dr master2 yg lain donk..... :ungg:
Om doq Junior mau coba meluruskan nih :frm_salut: ,Kalo itumah namanya Thermostat om :mrgreen: beda maksud sama cut off yang saya maksud seperti diatas.. :big_peace:
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: seputar ac n tips

Post by PenasaranGuy »

€lj€p€ wrote:
maskopat wrote:wah, tret oke nih..
sekedar share aja, ane pernah sebel sama bengkel AC. masuk ke sono, 1-2 bulan, pasti ke sono lagi. entah ada yang bocor, AC berasap/embun. akhirnya gak lagi deh ke bengkel itu. padahal udah langganan 8 tahun-an..

sebenernya sih, kalo AC masih dingin, harusnya gak masalah. bener gak sih pernyataan ini? tapi kalo udah mulai gai dingin, harus buru2 service. karena AC yang gak dingin, bisa diakibatkan freon habis. dan biasanya oli ikutan nguap. kalo dipaksakan idupin AC, maka kompresor kerja tanpa oli. bayangin aja seperti mesin kerja tanpa oli.. :off_no:
iya nih, sekarang saya juga sedang memikirkan untuk service Air Con. Maklum sudah masuk tahun ke 7 dan mendekati 130.000 km. Tetapi sampai sekarang masih tetap dingin dan bahkan dingin sekali apabila blower belakang juga dihidupkan. Saya khawatir kalau nanti dibuka / service, jadi tidak dingin dengan segala macam masalah. Jadi harus bolak-balik.
Satu masalah yang tidak enak saat sekarang ini ialah... apabila jalanan macet yang parah, kompresor bisa berhenti untuk beberapa menit, meskipun kemudian berjalan dengan normal lagi.
Bisa jadi magnetnya lemah tu om, atau thermostatnya mulai bermasalah, coba aja di puter2 dikit thermostatenya pas lagi macet dan comp nya mati, kalo nyala lagi thermostatenya, kalo tetep mati dan suhu kabin dah mulai gerah mungkin supply listrik atau kabel2 ke comp nya mulai troble.. mudah2an membantu...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: seputar ac n tips

Post by €lj€p€ »

Abu2 wrote:nanya dong...

1.Kira2, apa efek negatif, jika sejak dari baru, temperatur AC, gak pernah di set yg paling dingin (18derajat) ? biasanya di 20-25
2. Mobil2 baru sekarang sepertinya terdapat filter a/c tambahan yg berada di balik laci dashboard. Nah utk filter ini, jika di cabut/tidak dipakai, apakah ada efek negatif.
3. masih terkait, dgn filter ac ini, apakah ada filter a/c racing, seperti simota, k&N ..dll....wkkkwkwkkkkwk
4. untuk tipe ac auto climate control, hal2 apa aja yg perlu diperhatikan untuk perawatannya...
makasih sebelumnya untuk abang2 dan Om2 disini... :thanks:
1.Saya juga biasa di set ke 25.. sampai sekarang tidak terjadi apa-2.. aman-2 dan tetap dingin tuh. Saya jarang menggunakan AUTO blower, selalu saya set ke 1 tetapi blower belakang juga bekerja. Jadi seluruh kabin terasa dingin.

2.Benefits
One of the primary benefits of the microfilter is related to health. The sheer number of particles that arrive inside a vehicle through the air conditioning and heating system is overwhelming. Those who suffer allergies will immediately notice the difference between a clean microfilter and a dirty one. In addition, those living in areas with a high degree of smog and pollution will benefit greatly.

Significance
The most significant benefit will be the relief that comes when you discover the real reason that the air conditioner is not blowing out the frigid air it used to. Drivers should immediately have the microfilter checked before worrying about freon levels or an expensive repair job.

3.Ada filter air con racing yang oil based... tapi dikasih olinya 2 botol... ?????? :big_weee:

4.Harus sering digunakan... dan jangan merokok dalam mobil... :big_smoking:
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
caed
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:28
Location: SUMBAR

Re: seputar ac n tips

Post by caed »

Mumpung ada yg ngbahas ac neh, ane numpang tanya sekalian. Mobil ane suzuki carry th 92. Dari sononya ga pk ac. Pgn bgt pasang ac tp ga tau mo beli dmn bgsnya? Harga komplitnya kira2 brp ya? Trus kalo ongkos pasang jg kr2 brp duit? Soale ane kan di Padang. Jd pgn beli aja dulu barangnya trus dipasag di Padang. Ditunggu n trims bgt tuk info para SMers semua..
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

thanks pak Uwo dan pak doq yg dah jawabin..
walau pertanyaan nomor 3 gak perlu dijawab....waakakakakk

ane gak merokok dalam mobil...>>>aman dah...
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

doq wrote:coba2 bantu nih oom, walo bukan senior :ungg: :ungg:
evaporatornya mungkin kotor oom......
terakhir service evap kapan?
Wah, boilnya baru beli...
Jd gak tau kapan trakhir service AC. Cm pas abis beli selama 2 minggu gak ada masalah. kayaknya baru-baru aja bocornya yup, bocor, coz saya cek abis freonnya)... :frm_bang_head:
PenasaranGuy wrote:
aburaza wrote:senior semua, minggu lalu saya abis isi freon krn udah g dingin. abis itu ac dingin. tp br umur seminggu kok dah gak dingin lg, trs dr tempat kluaran angin ac agak brisik. saya cek dr kondensor ke kompressor gak ada yg bocor, kompressor jg gak brisik. kira2 apanya ya? oiya, pas isi freon gak cek oli kompressor.

Ane coba bantu,mudah2an solve :e-pray: :mrgreen: kalo udah dicheck semua ga ada yang bocor/rembesan oli comp dan magnet compressornya normal(nempel pas AC di On ya), coba chck saluran expansinya(suka mampet) atau pegang selang keluarannya dr comp(panas&dingin) kalo dingin semua atau sebaliknya berarti condensor mampet. mudah2an jelas masalahnya... :beer: kalo lbh jelasnya di chk aja ke tukang AC
Freon abis brarti bocor ya Oom? kayakna bagian dalam....emang musti ngikutin saran Om PG...ke tukang AC (bulan depan ke pekanbarunya... :off_no: )
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: seputar ac n tips

Post by mansetha »

ngomongin AC mobil emang nggak ada abisnya...keluhan utama kabin nggak dingin atau malah kedinginan...ane nyimak aja dulu ah...
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

ane malah merasa, walau tidak double blower, baris kedua GV terasa lebih dingin dari baris pertama..
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: seputar ac n tips

Post by €lj€p€ »

Abu2 wrote:ane malah merasa, walau tidak double blower, baris kedua GV terasa lebih dingin dari baris pertama..
baris pertama khan kena panas dari kaca depan.
kalau mau rata, ya pasang ini saja....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

€lj€p€ wrote:
Abu2 wrote:ane malah merasa, walau tidak double blower, baris kedua GV terasa lebih dingin dari baris pertama..
baris pertama khan kena panas dari kaca depan.
kalau mau rata, ya pasang ini saja....
Gak kebayang kalo disini dipasang gituan... Pasti seisi mobil pada gosong dah... :e-think:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

@LJP : wakakakaaakaak...asik tuh kalo atep gitu.....
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: seputar ac n tips

Post by y_anjasrana »

Atep gituan mah cocoknya buat negara yg jarang liat matahari. Jadi sekalinya ketemu matahari keliatan, apa aja dibuka.... Abis kapan lagi ketemu matahari.

Kalu disini matahari banyak bgt. Mau malem jg ada.................. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

y_anjasrana wrote:Atep gituan mah cocoknya buat negara yg jarang liat matahari. Jadi sekalinya ketemu matahari keliatan, apa aja dibuka.... Abis kapan lagi ketemu matahari.

Kalu disini matahari banyak bgt. Mau malem jg ada.................. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Iya tuh, selain di-mall-mall, dibawah mobil kita juga kan?:ngacir:
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

di daerah kota juga ada matahari..."kota matahari" namanya... :e-whistle:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

oot dikit......bukan soal AC, tp ky nya msh berhubungan sama yg dingin2 nih :upss:

2 hari kmaren kulkas d rumah mendadak ga dingin, kulkas dah tua seh emank :ungg:
kebetulan d rumah ada tabung freon yg cocok bwat si kulkas ini.....iseng2 nyoba ngisi sendiri :mrgreen: :mrgreen:

yg sy lakukan lbh ke trial n error sebenernya, krn sy blank mengenai tekanan freon yg sesuai utk kulkas.......

so....percobaan pertama, tanpa ngukur terlebih dulu sisa tekanan freon d kompressor.....langsung ane tembak sampe tekanan maksimal, semaksimalnya freon dr tabung bsa masuk ke dalem kompressor. dr jarum penunjuk tertera tekanan d dlm kompressor mencapai hampir 100 psi.
trus kulkas sy hidupkan n nunggu kompressor bekerja.
begitu kompressor nyala, ternyata tdk kuat bekerja.......alias langsung mati lagi dg jeda waktu sekitar 5 detik.
suhu d dlm kulkas pun tdk mengalami pendinginan sama sekali.

setelah bingung2 sejenak, langsung teringat klo kompressor ac d mobil memiliki tekanan ideal yg d perlukan utk bekerja.......mungkin kompressor kulkas jg sama...

percobaan kedua, kali ini tekanan d kompressor sy kurangi sampe 70 psi........dan kompressor bekerja dg sukses.
suhu d dlm kulkas jg mulai dingin.
kali ini sy melakukan observasi penuh terhadap tekanan kompressor, hasilnya:
max pressure: 70 psi pd saat kompressor mati total
pressure drop pd saat kompressor bekerja: @35 psi
sampai sini sy mengira masalah sdh beres, ternyata setelah d amati lg terdapat beberapa keanehan.........bodi luar kulkas menjadi lbh panas dr biasanya, dan listrik sering mati(overload) pd saat kompressor bekerja

dg keanehan2 itu sy simpulkan bahwa tekanan msh melebihi batas kewajaran....

percobaan ketiga, akhirnya tekanan sy kurangi lg menjadi 50 psi d mana pressure drop pd saat kompressor bekerja mencapai 25 psi.....
hasilnya.....sukses!!
bodi kulkas tdk mengalami panas berlebih dan listrik pun tdk overload huhuhuhuhu :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
yg ane syukuri cm satu..........ga perlu manggil tukang servis bwat benerin kulkas hehehehehehe






:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: seputar ac n tips

Post by aburaza »

@om doq: blh juga tuh kl mo buka serpis kulkas n ac...
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

wakakakaka....itu mah iseng aja oom, untung aja waktu dapet tekanan 100 psi ntu kompressor ngga langsung meledug hehehehe :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

:off_good_job: :off_good_job: :e-clap: :e-clap:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

thx gan......cendolnya doooonk :upss: :upss:


eh....salah yah... :big_slap: :big_slap:

.......... :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: seputar ac n tips

Post by Abu2 »

doq wrote:thx gan......cendolnya doooonk :upss: :upss:


eh....salah yah... :big_slap: :big_slap:

.......... :ngacir: :ngacir:

kalo Jendol mau ndak? :big_weee:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

jendolnya siapa dulu neh....? :big_smoking:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

setau ane kalo bukanya kelebihan pressure gt yg ada kompressor malah ga mau kerja yahh.... perna kejadian gt soalnya di kompressor mobil ane... :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

emank g mao kerja itu kompressornya oom doch....
cm nyala bentar trus mati lg...
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator