Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

Turboman wrote: Lalu BeRes Mitsubishi juga bisa melakukan Re-Map dengan menaikkan Fuel Rail Pressure pakai instrumen mereka & konon biayanya nggak seberapa (minta bantuan teknisi BeRes aja)

Semoga membantu
Boleh nanya gak nich om, pro and cons dari naekin fuel rail pressure apa yach? :ungg: :thanks:
Image
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

helloo all
kita cuman mau inform aja kalo kita sudah bikin milis pajero lovers community tolong yg ingin join pleaseeeeee join the milis mungkin bisa jadi ajang para pajeroers untuk saling mengenal dan tuker informasi tentang pajero pajeronya

please visit us at http://autos.groups.yahoo.com/group/paj ... community/

cheers for all pajeroers
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Beda milis ya sama [email protected]?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

Hansen wrote:
Turboman wrote: Lalu BeRes Mitsubishi juga bisa melakukan Re-Map dengan menaikkan Fuel Rail Pressure pakai instrumen mereka & konon biayanya nggak seberapa (minta bantuan teknisi BeRes aja)

Semoga membantu
Boleh nanya gak nich om, pro and cons dari naekin fuel rail pressure apa yach? :ungg: :thanks:
Pro :
Kinerja pembakaran akan lebih baik

Konsekuensi :
Kualitas solar yg digunakan harus lebih baik, spt daya lumas yg lebih baik, solusinya bisa dgn menambahkan additive solar yg bermutu.
* Bukan ajakan Beli *
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Veyron »

Turboman wrote:
Hansen wrote:
Turboman wrote: Lalu BeRes Mitsubishi juga bisa melakukan Re-Map dengan menaikkan Fuel Rail Pressure pakai instrumen mereka & konon biayanya nggak seberapa (minta bantuan teknisi BeRes aja)

Semoga membantu
Boleh nanya gak nich om, pro and cons dari naekin fuel rail pressure apa yach? :ungg: :thanks:
Pro :
Kinerja pembakaran akan lebih baik

Konsekuensi :
Kualitas solar yg digunakan harus lebih baik, spt daya lumas yg lebih baik, solusinya bisa dgn menambahkan additive solar yg bermutu.
Om turboman, ada patokan nggak yah naikin fuel rail pressure nya dari berapa dan dinaikin jadi berapa ?
Kalau dah tahu kan lebih enak ngomong sama teknisinya beres.

Satu lagi, kalau fuel rail pressure nya dinaikkin ada efek nggak dengan hasil EGT nya nanti. Dan asap nya bakal jadi "cumi-cumi" nggak ?
Thanks'.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

Veyron wrote: 1. Om turboman, ada patokan nggak yah naikin fuel rail pressure nya dari berapa dan dinaikin jadi berapa ?
Kalau dah tahu kan lebih enak ngomong sama teknisinya beres.

2. Satu lagi, kalau fuel rail pressure nya dinaikkin ada efek nggak dengan hasil EGT nya nanti. Dan asap nya bakal jadi "cumi-cumi" nggak ?
Thanks'.
1. Tergantung kualitas solar yg digunakan, semakin baik daya lumas & semakin bersih solar maka pressure bisa lebih tinggi.

Kalau kita sering kepaksa harus isi solar jelek lebih baik pressure jangan dinaikkan

Atau kalau kualitas solar yg kita pakai sering berfluktuasi, maka better akalin pake Piggyback aja macam Dastek Q, ada setting Netral (Fuel di 0) lalu setting Mild Power / Power (setting Power dgn Dastek ada naekkin fuel pressure). Sementara ECU nya sendiri jangan di apa2 in, jadi di MAP Netral pressure-nya tetep standard.

2. Fuel Rail Pressure dinaikkan justru cumi2 akan berkurang, kalau EGT tergantung dr debit-nya

Just IMHO

*bukan sales Dastek*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by maskopat »

Turboman wrote:Nubie ijin urun rembug, semoga berkenan (hanya saran ajah)

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan bagi rekan rekan pengguna PS yang sudah mengupgrade kemampuan mesin PS nya :

Jika sering mengemudi dengan kecepatan tinggi maka :
- Jadwal inspeksi / service rem 10.000 Km sekali, cek brake pad / bersihan & lumasi pasak Caliper
- Minyak rem bisa gunakan DOT-4 & ganti tiap 1,5 tahun sekali

Minyak rem DOT-4 memiliki boiling point yg lebih tinggi drpd DOT-3, membuat kinerja sistem rem lebih stabil setelah mobil berjalan lama / repeated braking dimana akan menimbulkan panas pada sistem rem.

Ban :
- Perhatikan speed rating ban yang anda gunakan baik baik. Jika speed rating hanya S atau T maka jangan dikebut lebih dari 180 km/jam
- Bagi yang senang mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalan aspal mulus, ada baiknya pertimbangkan utk menggunakan ban seri "H/P" ketimbang ban "H/T"

Kesimpulan ini ane susun setelah melihat performa PS hanya dengan penggunaan Down Pipe + Ring wastegate + Piggyback + Re-map ECU + free flow air filter.......tarikannya dah ngeri boo.......lalu ada report kemampuan Top Speed si PS ini tergolong tinggi utk ukuran SUV tinggi, lebih tinggi daripada Ipah D4 D A/T........

Bagaimanapun juga, mengemudi dengan aman & tidak memacu SUV tinggi utk mengejar top speed adalah lebih baik.

salam safety driving.
bener nih, rem dan ban suka luput dari perhatian ketika sudah upgrade mesin.

btw, waktu test drive, kayaknya tarikan PS aja dah ngeri, padahal kondisi standar walau belum segahar everest standar... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

maskopat wrote:
Turboman wrote:Nubie ijin urun rembug, semoga berkenan (hanya saran ajah)

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan bagi rekan rekan pengguna PS yang sudah mengupgrade kemampuan mesin PS nya :

Jika sering mengemudi dengan kecepatan tinggi maka :
- Jadwal inspeksi / service rem 10.000 Km sekali, cek brake pad / bersihan & lumasi pasak Caliper
- Minyak rem bisa gunakan DOT-4 & ganti tiap 1,5 tahun sekali

Minyak rem DOT-4 memiliki boiling point yg lebih tinggi drpd DOT-3, membuat kinerja sistem rem lebih stabil setelah mobil berjalan lama / repeated braking dimana akan menimbulkan panas pada sistem rem.

Ban :
- Perhatikan speed rating ban yang anda gunakan baik baik. Jika speed rating hanya S atau T maka jangan dikebut lebih dari 180 km/jam
- Bagi yang senang mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalan aspal mulus, ada baiknya pertimbangkan utk menggunakan ban seri "H/P" ketimbang ban "H/T"

Kesimpulan ini ane susun setelah melihat performa PS hanya dengan penggunaan Down Pipe + Ring wastegate + Piggyback + Re-map ECU + free flow air filter.......tarikannya dah ngeri boo.......lalu ada report kemampuan Top Speed si PS ini tergolong tinggi utk ukuran SUV tinggi, lebih tinggi daripada Ipah D4 D A/T........

Bagaimanapun juga, mengemudi dengan aman & tidak memacu SUV tinggi utk mengejar top speed adalah lebih baik.

salam safety driving.
bener nih, rem dan ban suka luput dari perhatian ketika sudah upgrade mesin.

btw, waktu test drive, kayaknya tarikan PS aja dah ngeri, padahal kondisi standar walau belum segahar everest standar... :big_peace:
iya om, ga kebayang tuh ama PS yang udah diupgrade performa mesinnya. mesti gahar bgt.

untuk nyalip mobil berbagai jenis mobil (di jalan lintas), kemampuan standard PS udah cukup. kurangnya cuman matiknya yang rada lag. bisa sih pake nginjak pedal gas dalem2 (biar bikin rpm tinggi dan/atau giginya turun) cuman kasian mesinnya jadi meraung gitu. mo nyalip tetap lebih enak dan nyaman dengan geser tuas ke kiri (sport mode).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by imsus2c »

zweifellos wrote:
maskopat wrote:
Turboman wrote:Nubie ijin urun rembug, semoga berkenan (hanya saran ajah)

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan bagi rekan rekan pengguna PS yang sudah mengupgrade kemampuan mesin PS nya :

Jika sering mengemudi dengan kecepatan tinggi maka :
- Jadwal inspeksi / service rem 10.000 Km sekali, cek brake pad / bersihan & lumasi pasak Caliper
- Minyak rem bisa gunakan DOT-4 & ganti tiap 1,5 tahun sekali

Minyak rem DOT-4 memiliki boiling point yg lebih tinggi drpd DOT-3, membuat kinerja sistem rem lebih stabil setelah mobil berjalan lama / repeated braking dimana akan menimbulkan panas pada sistem rem.

Ban :
- Perhatikan speed rating ban yang anda gunakan baik baik. Jika speed rating hanya S atau T maka jangan dikebut lebih dari 180 km/jam
- Bagi yang senang mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalan aspal mulus, ada baiknya pertimbangkan utk menggunakan ban seri "H/P" ketimbang ban "H/T"

Kesimpulan ini ane susun setelah melihat performa PS hanya dengan penggunaan Down Pipe + Ring wastegate + Piggyback + Re-map ECU + free flow air filter.......tarikannya dah ngeri boo.......lalu ada report kemampuan Top Speed si PS ini tergolong tinggi utk ukuran SUV tinggi, lebih tinggi daripada Ipah D4 D A/T........

Bagaimanapun juga, mengemudi dengan aman & tidak memacu SUV tinggi utk mengejar top speed adalah lebih baik.

salam safety driving.
bener nih, rem dan ban suka luput dari perhatian ketika sudah upgrade mesin.

btw, waktu test drive, kayaknya tarikan PS aja dah ngeri, padahal kondisi standar walau belum segahar everest standar... :big_peace:
iya om, ga kebayang tuh ama PS yang udah diupgrade performa mesinnya. mesti gahar bgt.

untuk nyalip mobil berbagai jenis mobil (di jalan lintas), kemampuan standard PS udah cukup. kurangnya cuman matiknya yang rada lag. bisa sih pake nginjak pedal gas dalem2 (biar bikin rpm tinggi dan/atau giginya turun) cuman kasian mesinnya jadi meraung gitu. mo nyalip tetap lebih enak dan nyaman dengan geser tuas ke kiri (sport mode).
jujur aja...rata-rata sodara2 dan rekan kita yang saya baca di milis2/forum2... mayoritas selalu berpikir dan berusaha mobil/mesinnya bisa lebih kenceng...kenceng dan kenceng... :D

selalu yang didebatkan seputaran "tarikan" dan "top speed"

tapi jarang yang berdiskusi/otak-atik gimana performa rem lebih pakem dan pendek... :mrgreen: cmiiw loh...

jadi inget omongan mekanik bengkel langganan... "bikin mobil lebih cepet dari kondisi standard tu relatif lebih gampang pak, yang ribet dan jarang ditanyakan tu gimana bisa bikin berhentinya lebih pakem, pendek, cepet dan aman..." :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Veyron »

Turboman wrote:
Veyron wrote: 1. Om turboman, ada patokan nggak yah naikin fuel rail pressure nya dari berapa dan dinaikin jadi berapa ?
Kalau dah tahu kan lebih enak ngomong sama teknisinya beres.

2. Satu lagi, kalau fuel rail pressure nya dinaikkin ada efek nggak dengan hasil EGT nya nanti. Dan asap nya bakal jadi "cumi-cumi" nggak ?
Thanks'.
1. Tergantung kualitas solar yg digunakan, semakin baik daya lumas & semakin bersih solar maka pressure bisa lebih tinggi.

Kalau kita sering kepaksa harus isi solar jelek lebih baik pressure jangan dinaikkan

Atau kalau kualitas solar yg kita pakai sering berfluktuasi, maka better akalin pake Piggyback aja macam Dastek Q, ada setting Netral (Fuel di 0) lalu setting Mild Power / Power (setting Power dgn Dastek ada naekkin fuel pressure). Sementara ECU nya sendiri jangan di apa2 in, jadi di MAP Netral pressure-nya tetep standard.

2. Fuel Rail Pressure dinaikkan justru cumi2 akan berkurang, kalau EGT tergantung dr debit-nya

Just IMHO

*bukan sales Dastek*
Thanks for tips nya bung turboman.
BTW, kalau mau pasang ring wastegate mesti beli ring dan baut ukuran berapa ya ?
kemarin semept mampir di gbt, mereka minta dibeliin baut dan ringnya dulu
calz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Jul 14, 2010 21:12

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by calz »

hi all. ada pertanyaan ni.. saat ini ada suspension kit buat PS ini gak yah ?? kalo ada merk nya apa yah ?? agak nungkring soalnya..tq..
willy wilianto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Tue Apr 27, 2010 23:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by willy wilianto »

pertanyaan berikutnya adalah .....bagaimana memodifikasi rem PS agar lebih mantap cengkeramannya....apalagi untuk PS ...yg sdh dimodif......????

Setelah dimodif Remap+ring wasgate +DP +EP ditambah PowerPlug+ cetane boster .....sepertinya rem PS
tidak sesuai lagi..........mengingat tarikan atas sangat nyaman ??? sudah spt mobil bensin .
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by maskopat »

mungkin link forum sebelah bisa bantu...
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=177738
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by maskopat »

nah, setelah rem, ke air suspension... ane baru ketemu untuk triton... :big_peace:
http://www.kampers.com.au/sale.php?p=Triton_4x4_TB
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

willy wilianto wrote:pertanyaan berikutnya adalah .....bagaimana memodifikasi rem PS agar lebih mantap cengkeramannya....apalagi untuk PS ...yg sdh dimodif......????
Ada di halaman sebelum ini.

Nah tinggal cari brake pad yg bagus macam buatan Nissei, utk street use bisa pakai yg dus ijo.

Nah apakah Nissei udah bikin / belom utk PS ? kira2 ada yg bisa bantu ?
* Bukan ajakan Beli *
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Veyron »

Thanks for tips nya bung turboman.
BTW, kalau mau pasang ring wastegate mesti beli ring dan baut ukuran berapa ya ?
kemarin semept mampir di gbt, mereka minta dibeliin baut dan ringnya dulu[/quote]

Om turboman,

Saya baru balik dar beres mitsubishi di jl. panjang.
Rencananya mau suruh mengendurkan baut di wastegate nya.
Tapi sama teknisinya dibilangin jangan ditambah ring lagi.
Takut nanti mesin terlalu panas, piston bisa terlalu panas, dll...
Intinya mereka nggak "approved" untuk ditambahin ring@wastegate.

Apakah benar yang di sampaikan oleh teknisinya beres ?
Apakah emang ada efek negatifnya dari penambahan ring@wastegate ?

Mohon pencerahannya, om.

Thanks'.
User avatar
powerplug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Wed May 19, 2010 7:52

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by powerplug »

Turboman wrote:
Veyron wrote: 1. Om turboman, ada patokan nggak yah naikin fuel rail pressure nya dari berapa dan dinaikin jadi berapa ?
Kalau dah tahu kan lebih enak ngomong sama teknisinya beres.

2. Satu lagi, kalau fuel rail pressure nya dinaikkin ada efek nggak dengan hasil EGT nya nanti. Dan asap nya bakal jadi "cumi-cumi" nggak ?
Thanks'.
1. Tergantung kualitas solar yg digunakan, semakin baik daya lumas & semakin bersih solar maka pressure bisa lebih tinggi.

Kalau kita sering kepaksa harus isi solar jelek lebih baik pressure jangan dinaikkan

Atau kalau kualitas solar yg kita pakai sering berfluktuasi, maka better akalin pake Piggyback aja macam Dastek Q, ada setting Netral (Fuel di 0) lalu setting Mild Power / Power (setting Power dgn Dastek ada naekkin fuel pressure). Sementara ECU nya sendiri jangan di apa2 in, jadi di MAP Netral pressure-nya tetep standard.

2. Fuel Rail Pressure dinaikkan justru cumi2 akan berkurang, kalau EGT tergantung dr debit-nya

Just IMHO

*bukan sales Dastek*


Om Veyron dan Om Turboman, mohon ijin kasih opini...

Tekanan solar di commonrail yang lebih tinggi bisa membuat tenaga meningkat sekaligus konsumsi bahan bakar lebih irit, karena pengkabutan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih baik.

Sayangnya, kalau debit bahan bakar terlalu banyak - karena tekanan solar yang terlalu tinggi atau timing penyemprotan yang terlalu lama - EGT bisa naik jauh dari ideal.

Seperti om Turboman sampaikan, kalau tekanan solar dinaikkan, idealnya solar ditambahi aditif yang memiliki fungsi LUBRIKASI, bukan hanya cetane booster. Lubrikasi ini membantu kinerja pompa injeksi (yang tugasnya menghasilkan tekanan di dalam commonrail) supaya lebih efisien. Lubrikasi juga bisa membuat pompa injeksi lebih senyap saat bekerja.

Efek cumi-cumi dihasilkan oleh debit solar yang terlalu banyak - karena tekanan solar yang terlalu tinggi atau timing penyemprotan yang terlalu lama - relatif dengan volume/kualitas udara yang masuk

Untuk mengurangi efek cumi-cumi bisa dilakukan:
1) Penggunaan solar yang mutunya lebih baik (tenaga improve)
2) Penambahan aditif berkualitas (tenaga improve)
3) Meningkatkan debit udara, misalnya ganti air filter yang lebih free-flow atau menaikkan boost turbo atau menggunakan intercooler yang lebih efektif dan efisien (tenaga improve)
3) Penyesuaian debit solar (konsekuensi tenaga berkurang)
Your POWERPLUG Crew
User avatar
powerplug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Wed May 19, 2010 7:52

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by powerplug »

Veyron wrote:Thanks for tips nya bung turboman.
BTW, kalau mau pasang ring wastegate mesti beli ring dan baut ukuran berapa ya ?
kemarin semept mampir di gbt, mereka minta dibeliin baut dan ringnya dulu
Om turboman,

Saya baru balik dar beres mitsubishi di jl. panjang.
Rencananya mau suruh mengendurkan baut di wastegate nya.
Tapi sama teknisinya dibilangin jangan ditambah ring lagi.
Takut nanti mesin terlalu panas, piston bisa terlalu panas, dll...
Intinya mereka nggak "approved" untuk ditambahin ring@wastegate.

Apakah benar yang di sampaikan oleh teknisinya beres ?
Apakah emang ada efek negatifnya dari penambahan ring@wastegate ?

Mohon pencerahannya, om.

Thanks'.[/quote]


Om Veyron, mohon ijin memberikan tanggapan...

Semua bentuk modifikasi aftermarket, sudah pasti tidak disarankan oleh ATPM/ Beres, bahkan seringkali diHARAMKAN.

Misalnya ganti velg, pasti tidak disarankan karena nanti mempengaruhi umur ball joint.

Upgrade stereo, pasti tidak disarankan karena bisa mempengaruhi sistim kelistrikan mobil.

Begitu juga modifikasi mesin pasti juga tidak direkomendasikan oleh ATPM/ Beres karena akan mempengaruhi usia pakai mesin. Meski komentar ini ada benarnya, tapi sebenarnya tergantung modifikasi apa dan seberapa jauh modifikasi tersebut dilakukan.

Penambahan ring wastegate adalah modifikasi ringan yang akan menghasilkan peningkatan boost turbo secara minimal. Sama seperti banyak hal, sebenarnya kalau dilakukan tanpa kebablasan hasilnya lebih banyak positif ketimbang negatif. Seperti om Turboman pernah sampaikan, menambah 2 ring (+/- 2mm total) masih cukup aman, meski banyak rekan-rekan lain yang menggunakan 3 ring tanpa masalah.

Yang perlu diperhatikan adalah jika kita meminta lebih dari kendaraan, kendaraan juga harus dirawat lebih. Jadi pastikan menggunakan bahan bakar yang bagus, aditif berkualitas, dan pelumas yang bagus juga. Niscaya umur pakai kendaraan anda akan sama panjang atau bahkan lebih panjang dari yang dirancang oleh ATPM.

Baut yang dibutuhkan untuk Pajero Sport adalah baut dengan kepala torx T25 (kalau tidak salah baut ukuran 8). Untuk ringnya sendiri, pemasangannya akan lebih mudah jika menggunakan ring untuk baut ukuran 10.

Mohon masukan dari rekan-rekan lain yang sudah pengalaman pasang ring wastegate.
Your POWERPLUG Crew
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Turboman »

powerplug wrote:
Veyron wrote:Thanks for tips nya bung turboman.
BTW, kalau mau pasang ring wastegate mesti beli ring dan baut ukuran berapa ya ?
kemarin semept mampir di gbt, mereka minta dibeliin baut dan ringnya dulu
Om turboman,

Saya baru balik dar beres mitsubishi di jl. panjang.
Rencananya mau suruh mengendurkan baut di wastegate nya.
Tapi sama teknisinya dibilangin jangan ditambah ring lagi.
Takut nanti mesin terlalu panas, piston bisa terlalu panas, dll...
Intinya mereka nggak "approved" untuk ditambahin ring@wastegate.

Apakah benar yang di sampaikan oleh teknisinya beres ?
Apakah emang ada efek negatifnya dari penambahan ring@wastegate ?

Mohon pencerahannya, om.
IMHO:

Semua BeRes pasti nggak akan ada yg mengijinkan modifikasi apapun.

Penambahan ring wastegate implikasi-nya ada sedikit meningkatkan backpressure Pre turbin sehingga EGT Pre Turbin memang ada meningkat, maka itu ane selalu suggest pasang Down Pipe terlebih dahulu.

Lalu soal EGT vs BackPressure Pre Turbin (BPPT) vs Performa, hukumnya adalah = Boost harus selalu 50% lebih besar drpd BPPT, jika BPPT besarnya sudah mendekati besarnya Boost maka performa akan drop (www.myturbodiesel.com), nah di sinilah mesin bisa jadi panas.

Yg kita rasakan adalah dengan 2 sampai 3 ring tipis, performa membaik, maka berarti rasio Boost thd BPPT masih dalam zona kondusif, pasokan udara masuk besar & aliran gas buang juga tetap lancar.

Utk ring wesget saya selalu ambil pendekatan moderat (2 ring tipis), ini utk mencegah surging-nya BPPT.

Nah jika kita menggunakan EBC / EVC baru itu harus kita sesuaikan benar2, sebab dia bisa tahan wastegate sampai boost naik tinggi.......jika Turbo kita paksa bekerja di luar Map chart-nya (yg grafik spt emas monas miring itu) maka akan berisiko thd si Turbo-nya.

Btw soal mesin panas juga akan sgt dipengaruhi oleh AFR, jika AFR rich maka EGT akan naik.

AFAIK & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Veyron »

Om turboman,

Saya baru balik dar beres mitsubishi di jl. panjang.
Rencananya mau suruh mengendurkan baut di wastegate nya.
Tapi sama teknisinya dibilangin jangan ditambah ring lagi.
Takut nanti mesin terlalu panas, piston bisa terlalu panas, dll...
Intinya mereka nggak "approved" untuk ditambahin ring@wastegate.

Apakah benar yang di sampaikan oleh teknisinya beres ?
Apakah emang ada efek negatifnya dari penambahan ring@wastegate ?

Mohon pencerahannya, om.

Thanks'.[/quote]


Om Veyron, mohon ijin memberikan tanggapan...

Semua bentuk modifikasi aftermarket, sudah pasti tidak disarankan oleh ATPM/ Beres, bahkan seringkali diHARAMKAN.

Misalnya ganti velg, pasti tidak disarankan karena nanti mempengaruhi umur ball joint.

Upgrade stereo, pasti tidak disarankan karena bisa mempengaruhi sistim kelistrikan mobil.

Begitu juga modifikasi mesin pasti juga tidak direkomendasikan oleh ATPM/ Beres karena akan mempengaruhi usia pakai mesin. Meski komentar ini ada benarnya, tapi sebenarnya tergantung modifikasi apa dan seberapa jauh modifikasi tersebut dilakukan.

Penambahan ring wastegate adalah modifikasi ringan yang akan menghasilkan peningkatan boost turbo secara minimal. Sama seperti banyak hal, sebenarnya kalau dilakukan tanpa kebablasan hasilnya lebih banyak positif ketimbang negatif. Seperti om Turboman pernah sampaikan, menambah 2 ring (+/- 2mm total) masih cukup aman, meski banyak rekan-rekan lain yang menggunakan 3 ring tanpa masalah.

Yang perlu diperhatikan adalah jika kita meminta lebih dari kendaraan, kendaraan juga harus dirawat lebih. Jadi pastikan menggunakan bahan bakar yang bagus, aditif berkualitas, dan pelumas yang bagus juga. Niscaya umur pakai kendaraan anda akan sama panjang atau bahkan lebih panjang dari yang dirancang oleh ATPM.

Baut yang dibutuhkan untuk Pajero Sport adalah baut dengan kepala torx T25 (kalau tidak salah baut ukuran 8). Untuk ringnya sendiri, pemasangannya akan lebih mudah jika menggunakan ring untuk baut ukuran 10.

Mohon masukan dari rekan-rekan lain yang sudah pengalaman pasang ring wastegate.[/quote]

Thanks' for the tips.
BTW, setelah pasang PP hari jumat kemarin, mobil makin enak tarikannya, terutama untuk rpm di atas 2000.
Untuk rpm di bawah 2000, turbo lag nya masih ada, walaupun agak mendingan setelah dipasang PP.
Makanya untuk mengatasi tarikan di rpm rendah kan solusinya penambahan ring @wastegate itu.
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Veyron »

Turboman wrote:
powerplug wrote:
Veyron wrote:Thanks for tips nya bung turboman.
BTW, kalau mau pasang ring wastegate mesti beli ring dan baut ukuran berapa ya ?
kemarin semept mampir di gbt, mereka minta dibeliin baut dan ringnya dulu
Om turboman,

Saya baru balik dar beres mitsubishi di jl. panjang.
Rencananya mau suruh mengendurkan baut di wastegate nya.
Tapi sama teknisinya dibilangin jangan ditambah ring lagi.
Takut nanti mesin terlalu panas, piston bisa terlalu panas, dll...
Intinya mereka nggak "approved" untuk ditambahin ring@wastegate.

Apakah benar yang di sampaikan oleh teknisinya beres ?
Apakah emang ada efek negatifnya dari penambahan ring@wastegate ?

Mohon pencerahannya, om.
IMHO:

Semua BeRes pasti nggak akan ada yg mengijinkan modifikasi apapun.

Penambahan ring wastegate implikasi-nya ada sedikit meningkatkan backpressure Pre turbin sehingga EGT Pre Turbin memang ada meningkat, maka itu ane selalu suggest pasang Down Pipe terlebih dahulu.

Lalu soal EGT vs BackPressure Pre Turbin (BPPT) vs Performa, hukumnya adalah = Boost harus selalu 50% lebih besar drpd BPPT, jika BPPT besarnya sudah mendekati besarnya Boost maka performa akan drop (http://www.myturbodiesel.com), nah di sinilah mesin bisa jadi panas.

Yg kita rasakan adalah dengan 2 sampai 3 ring tipis, performa membaik, maka berarti rasio Boost thd BPPT masih dalam zona kondusif, pasokan udara masuk besar & aliran gas buang juga tetap lancar.

Utk ring wesget saya selalu ambil pendekatan moderat (2 ring tipis), ini utk mencegah surging-nya BPPT.

Nah jika kita menggunakan EBC / EVC baru itu harus kita sesuaikan benar2, sebab dia bisa tahan wastegate sampai boost naik tinggi.......jika Turbo kita paksa bekerja di luar Map chart-nya (yg grafik spt emas monas miring itu) maka akan berisiko thd si Turbo-nya.

Btw soal mesin panas juga akan sgt dipengaruhi oleh AFR, jika AFR rich maka EGT akan naik.

AFAIK & CMIIW
Thanks' om turboman buat penjelasan yang mantap.
So, tidak ada alasan lagi bagi yang masih ragu2 untuk pasang ring @ wastegatenya.
Saya sendiri sudah ganti Down Pipe + Collector Pipe nya Saki.
Dan baru dipasang PP juga minggu lalu.
Sementara ini, performa PS nya sudah jauh sekali dibanding dalam kondisi standar.
Hanya untuk turbo lag di rpm bawah yang masih perlu dibenahi.
willy wilianto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Tue Apr 27, 2010 23:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by willy wilianto »

Ikut nimbrung......men sy sich.....nikmati aja modifikasi mobil selama
Tidak terlalu extreem.......!!!!!kenyamanan yg lebih apa salahnya .....kalAu kita rasakan standard terasa kurang.....
kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by kerogawa »

pada servis di bengkel resmi mana nih bro2 skalian utk 5000km?

hrs booking dulu ga?

brapa lama nunggu nya?
willy wilianto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Tue Apr 27, 2010 23:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by willy wilianto »

Untuk rekan2 pemakai PS....Coba perhatikan thn buatannya!!!!!
Karena dibuku manual....PS 2009. Pengantiaan olie mesin 7.5 ltr...
Sedangkan yg 2010. Adalah 6.5 ltr.....yg bener yg mana yah.
Apa memang beda.......
kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by kerogawa »

aneh bener, masa ganti oli KM 5000 free service, di kasih nya oli meditran pertamina punya??

baru pertama kali nya pake oli pertamina di bengkel resmi..

maklum, biasa mobil honda kalo kaga bmw.... biasa shell, mobil1, ato castrol...

apa memang standar nya bengkel resmi mitsu itu oli meditran ya?

bagus ga sih?