Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Bejo_Bgt wrote:punya ane baru malem 1 suro lalu datengnya, so baru dipake 2X long wiken inih, 4 harian baru kepake 1400km lebih. Wiken pertama ke pante2 baratnya jkt (serang - tanjong lesung - pulo umang), wiken maren ke gunung2 timurnya jkt (ciwidey-sumedang-subang).

So far c okeh, but yg paling njengkelin klo manuver tajam ke kanan berkali-kali, bikin kepala pening bgt.... pengkolan jalannnya ketutupan tiang bodi kaca depan n spion yg segaban yg nempel di bodi ituh
wah mantap bgt om 4 hari 1400 km. asik dah pas dapat bisa langsung digunain. :frm_tumbright:

kalo baru beli gitu (di bawah 1000 km kata buku petunjuknya) sebenarnya secara teknis ga masalah ya kalo tuh mobil digunakan lama (berjam-jam) seperti misalnya perjalanan luar kota yang lebih dari 1-2 jam dll.? soalnya di buku petunjuk dianjurkan tidak terlalu lama penggunaannya (pas masih di bawah 1000 km) dan kecepatan disarankan tidak melebihi 120 km/j.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Hansen wrote:Manstabbbb :e-clap: :e-clap:
kalo om hans, berapa konsumsi bbm nya om?

masalah perawatan body ada treatment khusus om kaya ke tempat perawatan bodi gitu? atau ngerawat sendiri? kalo ga salah, PS om hans warna hitam kan, warna yang katanya mesti rajin dirawat?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Bejo_Bgt
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 29, 2009 15:31

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Bejo_Bgt »

zweifellos wrote: wah mantap bgt om 4 hari 1400 km. asik dah pas dapat bisa langsung digunain. :frm_tumbright:

kalo baru beli gitu (di bawah 1000 km kata buku petunjuknya) sebenarnya secara teknis ga masalah ya kalo tuh mobil digunakan lama (berjam-jam) seperti misalnya perjalanan luar kota yang lebih dari 1-2 jam dll.? soalnya di buku petunjuk dianjurkan tidak terlalu lama penggunaannya (pas masih di bawah 1000 km) dan kecepatan disarankan tidak melebihi 120 km/j.
i y c, but masalahanya waktu itu datengnya dah kemaleman banget jam 9an, so blom sempet buka buku petunjuk etc, paginya dah keburu tancep aj...

bacanya baru kemaren lusa, bis baca rada2 ketar-ketir sih takut kualat koz tlah melanggar aturan2 ituh... meskipun ga ada niat sama sekali tuk melanggarnya....
Pasrah ajah, dah terlanjur salah...
Tunggu vonis ntar klo sempet nyerpis ke beres
Wilz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
Location: Medan, Indonesia.

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Wilz »

bro..
denger2 dari infotaiment org nibung raya(pusat dagangan mobkas kota medan)
di PS perpindahan AT PS dari 2 ke 1 ada terdapat bunyi ya?

karna penasaran, gw coba.. injak pedal gas supaya lompat ke gigi 2, trus gw lepas gasnya supaya masuk ke gigi 1, dan emang bener bro ternyata ada bunyi, lumayan keras juga..

tapi ngga selalu bunyi.. kadang2 aja adanya..

kalo mo bilang bunyi porsneling waktu pindah gigi, bukannya seharusnya AT secanggih ini harus tanpa suara..

ada yg tau ngga kenapa?
Wilz
Wilz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
Location: Medan, Indonesia.

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Wilz »

btw kapan kita buat MITSUBISHI PAJERO CLUB INDONESIA ???? :big_smoking:
jangan mau kalah sama merek lain.. :big_peace:
Wilz
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by agathos »

Bejo_Bgt wrote:
zweifellos wrote: wah mantap bgt om 4 hari 1400 km. asik dah pas dapat bisa langsung digunain. :frm_tumbright:

kalo baru beli gitu (di bawah 1000 km kata buku petunjuknya) sebenarnya secara teknis ga masalah ya kalo tuh mobil digunakan lama (berjam-jam) seperti misalnya perjalanan luar kota yang lebih dari 1-2 jam dll.? soalnya di buku petunjuk dianjurkan tidak terlalu lama penggunaannya (pas masih di bawah 1000 km) dan kecepatan disarankan tidak melebihi 120 km/j.
i y c, but masalahanya waktu itu datengnya dah kemaleman banget jam 9an, so blom sempet buka buku petunjuk etc, paginya dah keburu tancep aj...

bacanya baru kemaren lusa, bis baca rada2 ketar-ketir sih takut kualat koz tlah melanggar aturan2 ituh... meskipun ga ada niat sama sekali tuk melanggarnya....
Pasrah ajah, dah terlanjur salah...
Tunggu vonis ntar klo sempet nyerpis ke beres
whehehe sama kayak PS-nya bokap gw nih, jalan dari jakarta KM baru 200, sampe surabaya udah sekitar 1800 udah gitu di geber terus lagi di tol kemaren gw di belakang dia nempel speedo gw di 145km/jam-an dan karena gw pake ban gede gw rasa itu 145 pasti aktualnya lebih hehehehe :P

Pas di semarang mobil gw di taro di hotel dan gw bawa PS bokap gw harus kasih thumb-up buat mobil ini walaupun putaran bawah agak dodol tapi kebatu triptronic-nya plus bantingan-nya dianatar Everest dan Fortuner menurut gw ini lebih refined. kemaren juga waktu ke surabaya kita lewatin 2 truk gandeng dan 1 bus without a sweat, enteng banget kalo gw liat bokap bawa-nya. oh ya konsumsi Solar dapet sekitar 1:9/10 (pembulatan keatas) Jauuuuuuh lebih irit di banding gw yang 1:5/6 :shrug: bokap-pakenya solar dex terus, cumang sekali dia pake solar biasa pas dari jakarta-semarang, dan impact-nya ke performance kata bokap lumayan kerasa.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Bejo_Bgt wrote:
zweifellos wrote: wah mantap bgt om 4 hari 1400 km. asik dah pas dapat bisa langsung digunain. :frm_tumbright:

kalo baru beli gitu (di bawah 1000 km kata buku petunjuknya) sebenarnya secara teknis ga masalah ya kalo tuh mobil digunakan lama (berjam-jam) seperti misalnya perjalanan luar kota yang lebih dari 1-2 jam dll.? soalnya di buku petunjuk dianjurkan tidak terlalu lama penggunaannya (pas masih di bawah 1000 km) dan kecepatan disarankan tidak melebihi 120 km/j.
i y c, but masalahanya waktu itu datengnya dah kemaleman banget jam 9an, so blom sempet buka buku petunjuk etc, paginya dah keburu tancep aj...

bacanya baru kemaren lusa, bis baca rada2 ketar-ketir sih takut kualat koz tlah melanggar aturan2 ituh... meskipun ga ada niat sama sekali tuk melanggarnya....
Pasrah ajah, dah terlanjur salah...
Tunggu vonis ntar klo sempet nyerpis ke beres
sepertinya sih ga masalah om. bukankah biasanya untuk kota2 yang tidak dekat sekali dengan pelabuhan atau bandara, mobilnya dibawa sendiri oleh dealer (tanpa plat dari pelabuhan/bandara ke kota tujuan)? seperti di medan, saya perhatikan banyak mobil tak bernomor kendaraan (plat), masih kaca putih dan baru, dibawa dari pelabuhan belawan ke medan (jarak belawan medan sekitar 30 km) dan mereka juga bawanya cukup kencang. kalo diperhatikan bisa tembus 120 km/j juga. blom lagi yang di jambi, katanya dibawa sendiri tuh mobil oleh pihak pemasok.

mungkin yang ngerti masalah ini bisa kasih info/penjelasan?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Wilz wrote:bro..
denger2 dari infotaiment org nibung raya(pusat dagangan mobkas kota medan)
di PS perpindahan AT PS dari 2 ke 1 ada terdapat bunyi ya?

karna penasaran, gw coba.. injak pedal gas supaya lompat ke gigi 2, trus gw lepas gasnya supaya masuk ke gigi 1, dan emang bener bro ternyata ada bunyi, lumayan keras juga..

tapi ngga selalu bunyi.. kadang2 aja adanya..

kalo mo bilang bunyi porsneling waktu pindah gigi, bukannya seharusnya AT secanggih ini harus tanpa suara..

ada yg tau ngga kenapa?
yang saya maksud di postingan sebelumnya dan maksud om wilz sepertinya ada kemiripan. kalo yang dialami, terjadi suara hentakan (ibaratnya seperti mobil manual yang perpindahan giginya ga mulus) pas kita mau berhenti atau dekat2 berhenti, jadi kecepatan mungkin sekitar 20an sampe 30an km/j trus bunyi hentak muncul pas kita kembali menekan pedal gas. menurut beres di serdana (kalo ga salah kepala bengkelnya yang ngejawab saat itu), kalo mo nurunin kecepatan atau mau berhenti gitu sebaiknya menginjak rem khususnya sebelum kita menginjak gas pas kita mau kembali berjalan.

kalo saya perhatikan, kayanya posisi nyentak itu posisi di mana rpm/kecepatannya nya nanggung. jadi mo gigi 2 nanggung langsung turun ke gigi 1 (percobaan si mesin ke gigi 2 yang diikuti perpindahan ke gigi 1 terjadi secara cepat sehingga menimbulkan hentakan). itu yang saya bayangkan/mengerti. CMIIW.

kalo posisi akselerasi dari posisi gigi 2 ke gigi 1 (prinsip AT nya saya perhatikan gitu, kalo kita tekan pedal gas cukup dalam, transmisi langsung menurunkan gigi ke gigi lebih rendah kalo memang pada saat itu rpm nya tidak tinggi di posisi gigi sebelum pedal gas diinjak dalam).

kalo saya perhatikan lagi, sepertinya yang om maksud lebih ke permasalahan perpindahan gigi 2 ke gigi 1 akibat pedal gas diangkat (menurunkan kecepatan) bukan akibat akselerasi (pedal gas ditekan dalam)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

agathos wrote:
Bejo_Bgt wrote:
zweifellos wrote: wah mantap bgt om 4 hari 1400 km. asik dah pas dapat bisa langsung digunain. :frm_tumbright:

kalo baru beli gitu (di bawah 1000 km kata buku petunjuknya) sebenarnya secara teknis ga masalah ya kalo tuh mobil digunakan lama (berjam-jam) seperti misalnya perjalanan luar kota yang lebih dari 1-2 jam dll.? soalnya di buku petunjuk dianjurkan tidak terlalu lama penggunaannya (pas masih di bawah 1000 km) dan kecepatan disarankan tidak melebihi 120 km/j.
i y c, but masalahanya waktu itu datengnya dah kemaleman banget jam 9an, so blom sempet buka buku petunjuk etc, paginya dah keburu tancep aj...

bacanya baru kemaren lusa, bis baca rada2 ketar-ketir sih takut kualat koz tlah melanggar aturan2 ituh... meskipun ga ada niat sama sekali tuk melanggarnya....
Pasrah ajah, dah terlanjur salah...
Tunggu vonis ntar klo sempet nyerpis ke beres
whehehe sama kayak PS-nya bokap gw nih, jalan dari jakarta KM baru 200, sampe surabaya udah sekitar 1800 udah gitu di geber terus lagi di tol kemaren gw di belakang dia nempel speedo gw di 145km/jam-an dan karena gw pake ban gede gw rasa itu 145 pasti aktualnya lebih hehehehe :P

Pas di semarang mobil gw di taro di hotel dan gw bawa PS bokap gw harus kasih thumb-up buat mobil ini walaupun putaran bawah agak dodol tapi kebatu triptronic-nya plus bantingan-nya dianatar Everest dan Fortuner menurut gw ini lebih refined. kemaren juga waktu ke surabaya kita lewatin 2 truk gandeng dan 1 bus without a sweat, enteng banget kalo gw liat bokap bawa-nya. oh ya konsumsi Solar dapet sekitar 1:9/10 (pembulatan keatas) Jauuuuuuh lebih irit di banding gw yang 1:5/6 :shrug: bokap-pakenya solar dex terus, cumang sekali dia pake solar biasa pas dari jakarta-semarang, dan impact-nya ke performance kata bokap lumayan kerasa.
transmisi otomatis INVECS II punya PS sepertinya emang bagus. sepertinya (belom terlalu sering nyoba), asal kita 'ngasih tanda' bahwa kita pengen akselerasi (buat nyalip atau yang lain) dengan menekan pedal gas (agak) dalam, si transmisi langsung responsif mencari torsi yang mantap untuk akselerasi.

selain transmisi, faktor yang sangat penting adalah turbonya. yang agak repot, mencari/mencapai turbo itu. kalo udah turbo, mobil serasa melejit seakan ada dorongan tenaga yang besar ke mobil buat akselerasi (kencang). itulah mungkin repotnya, yang om maksud di putaran bawah ketika turbo belum bekerja.

tadi juga cerita2 ama yang punya PS baru sebulan pake. kilometernya dah 9 ribu. sering dibawa medan-loksumawe katanya. menurut dia, PS enak dibawa kencang dan nyalippun enak, cuman memang kurang asik kalo geber-geberan, ga seperti xtrail (geber2an maksud dia mungkin buat akselerasi ala mesin bensin).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Wilz wrote:btw kapan kita buat MITSUBISHI PAJERO CLUB INDONESIA ???? :big_smoking:
jangan mau kalah sama merek lain.. :big_peace:
milis udah ada om buat pajero. gabung aja dulu di sana om: [email protected]

kalo ga salah om ryco yang ngebuat. mungkin kalo dah banyak membernya bisa dilaksanakan ide buat clubnya. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by esh »

zweifellos wrote:
Bejo_Bgt wrote:
zweifellos wrote: wah mantap bgt om 4 hari 1400 km. asik dah pas dapat bisa langsung digunain. :frm_tumbright:

kalo baru beli gitu (di bawah 1000 km kata buku petunjuknya) sebenarnya secara teknis ga masalah ya kalo tuh mobil digunakan lama (berjam-jam) seperti misalnya perjalanan luar kota yang lebih dari 1-2 jam dll.? soalnya di buku petunjuk dianjurkan tidak terlalu lama penggunaannya (pas masih di bawah 1000 km) dan kecepatan disarankan tidak melebihi 120 km/j.
i y c, but masalahanya waktu itu datengnya dah kemaleman banget jam 9an, so blom sempet buka buku petunjuk etc, paginya dah keburu tancep aj...

bacanya baru kemaren lusa, bis baca rada2 ketar-ketir sih takut kualat koz tlah melanggar aturan2 ituh... meskipun ga ada niat sama sekali tuk melanggarnya....
Pasrah ajah, dah terlanjur salah...
Tunggu vonis ntar klo sempet nyerpis ke beres
sepertinya sih ga masalah om. bukankah biasanya untuk kota2 yang tidak dekat sekali dengan pelabuhan atau bandara, mobilnya dibawa sendiri oleh dealer (tanpa plat dari pelabuhan/bandara ke kota tujuan)? seperti di medan, saya perhatikan banyak mobil tak bernomor kendaraan (plat), masih kaca putih dan baru, dibawa dari pelabuhan belawan ke medan (jarak belawan medan sekitar 30 km) dan mereka juga bawanya cukup kencang. kalo diperhatikan bisa tembus 120 km/j juga. blom lagi yang di jambi, katanya dibawa sendiri tuh mobil oleh pihak pemasok.

mungkin yang ngerti masalah ini bisa kasih info/penjelasan?
setahu saya dari cerita supir yang kerja di dealer mereka itu kalau bawa mobilnya suka dipake ngebut. :e-doh:
Wilz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
Location: Medan, Indonesia.

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Wilz »

brarti hentakan itu emang bener adanya

kalo waktu kenaikan gigi 1 ke 2 sih gw kurang perhatikan (suaranya ngga kedengaran menurut gw)
yg kedengaran itu waktu turun dari gigi 2 ke gigi 1 (melepaskan pedal gas ketika sedang melaju dalam kecepatan sedang)
Wilz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Wilz wrote:brarti hentakan itu emang bener adanya

kalo waktu kenaikan gigi 1 ke 2 sih gw kurang perhatikan (suaranya ngga kedengaran menurut gw)
yg kedengaran itu waktu turun dari gigi 2 ke gigi 1 (melepaskan pedal gas ketika sedang melaju dalam kecepatan sedang)
iya bos, hentakannya kerasa bgt, ga hanya buat sopir juga buat penumpang. jadi buat sopir seperti merasa baru belajar bawa mobil karena hentakan yang cukup keras itu. benar2 ga nyaman bgt.

mungkin mesti dites berkali2 untuk mengetahui pada rpm/kecepatan berapa kasus menghentak itu biasanya muncul, jadi sopir bisa bersiap untuk menurunkan kecepatan alias menginjak pedal rem (bukan cuman melepas pedal gas) di rpm yang terjadi hentakan itu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

zweifellos wrote:
Hansen wrote:Manstabbbb :e-clap: :e-clap:
kalo om hans, berapa konsumsi bbm nya om?

masalah perawatan body ada treatment khusus om kaya ke tempat perawatan bodi gitu? atau ngerawat sendiri? kalo ga salah, PS om hans warna hitam kan, warna yang katanya mesti rajin dirawat?
Kalo masalah perawatan body sih dirawat sendiri om...:mrgreen:
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

di PS model remnya mang mesti agak dalam ngeremnya ya baru dapat hasil pengeremannya? trus dah gitu pas direm dalam, dapet hasil pengeremannya pun kaya tiba2 ngerem gitu? dibandingin dengan innova misalnya, pengeremannya dikit aja langsung dapet hasil pengeremannya dan bisa pelan2 ngeremnya buat dapetin efek pengereman secara bertahap. atau di katana, model pengereman mesti tekan rem agak dalam tapi tetap bisa ngedapetin efek pengereman bertahap dengan menginjak pedal rem agak dalam (sampe dapet efek pengereman) terus dilanjutin tekan lagi secara perlahan (sedikit demi sedikit). kalo di PS, ketikda pedal rem dah ditekan agak dalam, langsung dapat efek pengereman yang kuat (agak susah buat mendapatkan pengereman secara perlahan atau sangat halus).

ada komentar?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Hansen wrote:
zweifellos wrote:
Hansen wrote:Manstabbbb :e-clap: :e-clap:
kalo om hans, berapa konsumsi bbm nya om?

masalah perawatan body ada treatment khusus om kaya ke tempat perawatan bodi gitu? atau ngerawat sendiri? kalo ga salah, PS om hans warna hitam kan, warna yang katanya mesti rajin dirawat?
Kalo masalah perawatan body sih dirawat sendiri om...:mrgreen:
eh rajin juga om hansen ternyata. :big_peace:

:ngacir:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by BADAK »

Om hansen mah lebih rajin ngerawat body mobilnya drpd body nya sendiri (alias jarang mandi)
....................... :ngacir: :ngacir:
:big_peace: bro..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

zweifellos wrote:
Hansen wrote:
zweifellos wrote:kalo om hans, berapa konsumsi bbm nya om?

masalah perawatan body ada treatment khusus om kaya ke tempat perawatan bodi gitu? atau ngerawat sendiri? kalo ga salah, PS om hans warna hitam kan, warna yang katanya mesti rajin dirawat?
Kalo masalah perawatan body sih dirawat sendiri om...:mrgreen:
eh rajin juga om hansen ternyata. :big_peace:

:ngacir:
Emangnye PSnya om zwei warna apa? :e-think: :big_weee:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

BADAK wrote:Om hansen mah lebih rajin ngerawat body mobilnya drpd body nya sendiri (alias jarang mandi)
....................... :ngacir: :ngacir:
:big_peace: bro..
Badak minggu ini udah mandi belom? :big_weee:
Image
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by esh »

Om Hansen konsumsi BBM di MIDnya tertera berapa ya? :D
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by DOHC »

zweifellos wrote:di PS model remnya mang mesti agak dalam ngeremnya ya baru dapat hasil pengeremannya? trus dah gitu pas direm dalam, dapet hasil pengeremannya pun kaya tiba2 ngerem gitu? dibandingin dengan innova misalnya, pengeremannya dikit aja langsung dapet hasil pengeremannya dan bisa pelan2 ngeremnya buat dapetin efek pengereman secara bertahap. atau di katana, model pengereman mesti tekan rem agak dalam tapi tetap bisa ngedapetin efek pengereman bertahap dengan menginjak pedal rem agak dalam (sampe dapet efek pengereman) terus dilanjutin tekan lagi secara perlahan (sedikit demi sedikit). kalo di PS, ketikda pedal rem dah ditekan agak dalam, langsung dapat efek pengereman yang kuat (agak susah buat mendapatkan pengereman secara perlahan atau sangat halus).

ada komentar?
mungkin mobil masi baru bro... rem baru perlu penyesuaian... walaupun pabrikan blg 300 km uda cukup... tp yg ane rasain sigh rata2 kalo baru pake mobil baru atau baru ganti spatu rem, perlu lebi dari 300 km buat "beading in"...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by agathos »

DOHC wrote:
zweifellos wrote:di PS model remnya mang mesti agak dalam ngeremnya ya baru dapat hasil pengeremannya? trus dah gitu pas direm dalam, dapet hasil pengeremannya pun kaya tiba2 ngerem gitu? dibandingin dengan innova misalnya, pengeremannya dikit aja langsung dapet hasil pengeremannya dan bisa pelan2 ngeremnya buat dapetin efek pengereman secara bertahap. atau di katana, model pengereman mesti tekan rem agak dalam tapi tetap bisa ngedapetin efek pengereman bertahap dengan menginjak pedal rem agak dalam (sampe dapet efek pengereman) terus dilanjutin tekan lagi secara perlahan (sedikit demi sedikit). kalo di PS, ketikda pedal rem dah ditekan agak dalam, langsung dapat efek pengereman yang kuat (agak susah buat mendapatkan pengereman secara perlahan atau sangat halus).

ada komentar?
mungkin mobil masi baru bro... rem baru perlu penyesuaian... walaupun pabrikan blg 300 km uda cukup... tp yg ane rasain sigh rata2 kalo baru pake mobil baru atau baru ganti spatu rem, perlu lebi dari 300 km buat "beading in"...
gw harus setuju sih bos, salah satu kelemahan PS adalah rem-nya harus dalem gak begitu responsif, waktu gw bawa di semarang, karena belum kebiasa, nyokap ngomel2 katanya ngerem-nya terlalu mendadak, pedahal pedal rem udah di injek dari jauh2. ini hampir sama dengan toyota rush istri gw, yang juga pake rem tromol di belakang. tapi over all, mkn karena gw belum dapat feeling ngerem-nya aja sih, soal-nya kalo di beberapa mobil yang gw bawa, kebetulan pake disc breake depan belakang, di sentuh dikit aja rem-ya udah kick-in, jadi udah ke biasa light-on-break :P
Wilz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
Location: Medan, Indonesia.

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Wilz »

zweifellos wrote: beberapa yang jadi masalah:
1. dari posisi R (mundur) ke N disebutkan di buku petunjuk tidak perlu menekan cincin di ujung tuas otomatik, namun ketika dimundurin dari R ke N ada suara 'tek' (bersuara). pas dicoba ditekan itu cincin (di buku petunjuk dianjurkan untuk tidak menekan itu cincin kalo memang tidak perlu menekan), bunyinya jauh berkurang (hampir ga ada bunyi). ada yang punya atau merasakan hal yang sama?

2. ketika mobil mau diturunkan kecepatannya tanpa mengerem, maka pedal gas tentu diangkat perlahan bahkan sampai full diangkat (tanpa menginjak rem). tapi terkadang efeknya, pas pas pedal gas kembali ditekan (perlahan), mobil seakan menyentak (seperti kalo di manual, kurang halus perpindahan giginya alias pelepasan klos dan penginjakan pedal gas kurang selaras). SEPERTINYA kalo mau menurukan kecepatan, mendingan sebelum gas ditekan kembali, pedal rem ditekan biar posisi perseneling tidak nanggung (tidak di posisi antara, misal antara 3 dan 4). kalo saya liat sepertinya di situ permasalahannya. tolong dikoreksi.

3. saya perhatikan, kalo dibawa santai (pedal gas ditekan perlahan alias gak dalam nekannya) perpindahan gigi terjadi di rpm 1400-1600. jadi saya perhatikan rpm rata2 di dekat2 1000, dari 1200 ampe 1600. apakah ini normal? dalam kondisi seperti ini, apakah memang turbo belum bekerja (karena kalo ga salah, torsi maksimal pada RPM 2000)? maksudnya apakah memang turbonya bekerja pada RPM 2000 alias pada puncak torsi bisa diraih?

4. kap (penutup bagian moncong depan) panas sekali ketika mobil sudah berjalan sekitar 1 jam-an. memang kondisi medan kalo siang adalah panas terik. cuman kalo dibandingkan dengan bodi bagian samping (tingkat panasnya), cukup jauh bedanya. apakah ini normal (mengingat kondisi cuaca panas dan warna mobil adalah hitam)?

5. sudah adakah yang pernah membawa PS transimisi otomatis ke daerah perbukitan atau pegunungan model puncak di jawa barat atau danau toba/tapanuli di sumatera utara? bagaimana performa transmisi otomatis INVECS II dari PS ini? kalo di buku manual sih tertulis, ketika menanjak dan menurun tranmisi bisa turun sendiri demi mendapatkan torsi/tenaga yang lebih besar.

segini dululah, inipun keknya dah kebanyakan nanyanya. :mrgreen:

thanks bgt sebelumnya atas reply yang diberikan.
1. perpindahan porsneling dari R ke N emang berbunyi (jika tidak menekan tombolnya), dikarenakan ada drat pengaman yang mengunci gigi di N, jadinya dari N menuju R tidak bisa langsung masuk (mesti tekan tombol)

2. kalo hentakan ini saya juga merasa bro.. malah ada keluar bunyi yg lumayan keras pula..

3. setau ane sih.. turbo bekerja pada kondisi RPM tertentu.. utk lebih jelasnya, mungkin mesti nanya senior2 disini

4. ane punya juga panas bro.. mungkin pelapis di balik kap mesinnya kurang bagus, mesti diganti yg lebih bagus lagi..

5. ane pernah bawa menanjak, ane sih merasa lebih enak waktu menanjak tu pake mode sport (manual). emang koq kalo kita menginjak gas dalem2, transmisi akan menurunkan giginya 1 tingkat, sehingga kita bisa mendapatkan akselerasi yg kita mau.. tapi kalo utk nanjak, enakan pake mode sport, jadi ngga usa injek2 gas dalem2 (kan bisa boros BBM tuh)
Wilz
Wilz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
Location: Medan, Indonesia.

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Wilz »

zweifellos wrote:di PS model remnya mang mesti agak dalam ngeremnya ya baru dapat hasil pengeremannya? trus dah gitu pas direm dalam, dapet hasil pengeremannya pun kaya tiba2 ngerem gitu? dibandingin dengan innova misalnya, pengeremannya dikit aja langsung dapet hasil pengeremannya dan bisa pelan2 ngeremnya buat dapetin efek pengereman secara bertahap. atau di katana, model pengereman mesti tekan rem agak dalam tapi tetap bisa ngedapetin efek pengereman bertahap dengan menginjak pedal rem agak dalam (sampe dapet efek pengereman) terus dilanjutin tekan lagi secara perlahan (sedikit demi sedikit). kalo di PS, ketikda pedal rem dah ditekan agak dalam, langsung dapat efek pengereman yang kuat (agak susah buat mendapatkan pengereman secara perlahan atau sangat halus).

ada komentar?
kalo soal rem, koq gw ngga ada complain ya, gw merasa rem nya bagus koq..
mungkin punya bro mesti di service tuh.. supaya disetel kembali remnya..
Wilz
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by solar_kerosen »

gimana perbedaan akselerasi dan konsumsi BBM PS menggunakan PERTADEX maupun Solar biasa , kalau akselerasi matic ma manual beda berapa detik harusnya sih bisa beda 3 detik
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun