Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Hansen wrote:Emangnye PSnya om zwei warna apa? :e-think: :big_weee:
saya ga punya om. itu punya bos.

warnanya ya warna sejuta ummat kek punya om. :big_weee:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

DOHC wrote:mungkin mobil masi baru bro... rem baru perlu penyesuaian... walaupun pabrikan blg 300 km uda cukup... tp yg ane rasain sigh rata2 kalo baru pake mobil baru atau baru ganti spatu rem, perlu lebi dari 300 km buat "beading in"...
iya om, bisa jadi kaya gitu gara2 masih baru. jadi perlu penyesuaian. kalo pakem sih pakem, cuman cara ngeremnya aja kali beda ama yang lain.
agathos wrote:gw harus setuju sih bos, salah satu kelemahan PS adalah rem-nya harus dalem gak begitu responsif, waktu gw bawa di semarang, karena belum kebiasa, nyokap ngomel2 katanya ngerem-nya terlalu mendadak, pedahal pedal rem udah di injek dari jauh2. ini hampir sama dengan toyota rush istri gw, yang juga pake rem tromol di belakang. tapi over all, mkn karena gw belum dapat feeling ngerem-nya aja sih, soal-nya kalo di beberapa mobil yang gw bawa, kebetulan pake disc breake depan belakang, di sentuh dikit aja rem-ya udah kick-in, jadi udah ke biasa light-on-break :P
iya om, perasaan macam itulah yang didapat, ga hanya penumpang sopir pun kaget karena responnya agak lama (maksudnya itu pedal rem dah ditekan dalem, ternyata masih kurang dalem lagi ditekan buat ngedapetin respon pengereman yang diinginkan), pas respon dapet langsung cukup mendadak berhentinya tuh mobil. memang perlu penyesuaian, tapi keknya lebih susah penyeseuaian di PS ini daripada model double disc depan belakang (sensitifnya tinggi dalam artian tekan dikit langsung pakem) atau kaya innova (ini ga butuh lama adaptasi) yang tekan dikit juga langsung kerasa ngeremnya. kalo di PS tekan dalam belom dapat respon, tambah lagi eh langsung mendadak gitu berhentinya (meski tak semendadak nyoba double disc depan belakang pertama kali).

belakang udah enakan cuman tetap aja masih blom dapat feeling kalo mesti ngerem mendadak (belum tau mesti sedalam mana).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

zweifellos wrote:
Hansen wrote:Emangnye PSnya om zwei warna apa? :e-think: :big_weee:
saya ga punya om. itu punya bos.

warnanya ya warna sejuta ummat kek punya om. :big_weee:
Sesama item dilarang saling ledek meledek...:e-naughty: :big_weee:
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Wilz wrote:1. perpindahan porsneling dari R ke N emang berbunyi (jika tidak menekan tombolnya), dikarenakan ada drat pengaman yang mengunci gigi di N, jadinya dari N menuju R tidak bisa langsung masuk (mesti tekan tombol)

2. kalo hentakan ini saya juga merasa bro.. malah ada keluar bunyi yg lumayan keras pula..

3. setau ane sih.. turbo bekerja pada kondisi RPM tertentu.. utk lebih jelasnya, mungkin mesti nanya senior2 disini

4. ane punya juga panas bro.. mungkin pelapis di balik kap mesinnya kurang bagus, mesti diganti yg lebih bagus lagi..

5. ane pernah bawa menanjak, ane sih merasa lebih enak waktu menanjak tu pake mode sport (manual). emang koq kalo kita menginjak gas dalem2, transmisi akan menurunkan giginya 1 tingkat, sehingga kita bisa mendapatkan akselerasi yg kita mau.. tapi kalo utk nanjak, enakan pake mode sport, jadi ngga usa injek2 gas dalem2 (kan bisa boros BBM tuh)
1. iya om, ketauannya pas nanya ama tekniker dari bengkel resminya. tambahan penjelasan om tentang dari N ke R yang perlu tekan tombol makin bikin ngerti.

2. keras bgt kalo kita ga hati2 dan gak pelan2 nekan gasnya. ngeganggu bgt dah pokoknya. makanya sekarang kalo dah di speed 20-30 (kayanya di sini masalahnya) tekan pedal gasnya pelan2 buat nyari tau apa bakal nyentak apa ga, pas ngerasain ada efek pedal ditekan (efek suara mesin menderu pelan) tinggal tambah tekanan ke pedal gas. kalo ga salah buat sport-mode gigi 1 itu disarankan buku manualnya sampe 25 km/j (lupa, blom sempat cek lagi). jadi dugaan saya di posisi dekat2 batas maksimal (yang disarankan) itulah yang bikin bunyi itu.

3. dari pengalaman emang turbonya kerasa pas 2000 rpm gitu (atau 1800-1900an dah mulai kerasa?). selepas itu (mungkin 2500 rpm atau lebih?) ga gitu kerasa turbonya, yang ada mesin menderu demi tercapainya akselerasi (kalo posisi sedang menyalip mobil di depan).

4. dugaan yang masuk akal om. mungkin yang lain punya kasus serupa atau malah udah ada yang ganti pelapis di balik kap? di warna lain kaya silver ama putih ngalamin hal yang samakah (bagian luar kap mesin panas bgt)?

5. makasih om dah diingetin tentang boros BBM. jadi memang sebaiknya pake sport mode aja daripada pake manual tapi gas tekan dalam. sebelumnya ga kepikir ke masalah boros BBMnya.
Wilz wrote:kalo soal rem, koq gw ngga ada complain ya, gw merasa rem nya bagus koq..
mungkin punya bro mesti di service tuh.. supaya disetel kembali remnya..
iya om, remnya sih saya yakin bagus dan pakem, cuman kurang penyesuaian aja keknya dan penyesuaiannya pun sepertinya agak lama sikit. :mrgreen:

:thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Hansen wrote:
zweifellos wrote:
Hansen wrote:Emangnye PSnya om zwei warna apa? :e-think: :big_weee:
saya ga punya om. itu punya bos.

warnanya ya warna sejuta ummat kek punya om. :big_weee:
Sesama item dilarang saling ledek meledek...:e-naughty: :big_weee:
di medan, kemana mata memandang, PS yang berkeliaran warna PS nya om hansen semua. :big_weee:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

zweifellos wrote:
Hansen wrote:
zweifellos wrote: saya ga punya om. itu punya bos.

warnanya ya warna sejuta ummat kek punya om. :big_weee:
Sesama item dilarang saling ledek meledek...:e-naughty: :big_weee:
di medan, kemana mata memandang, PS yang berkeliaran warna PS nya om hansen semua. :big_weee:
Saya sering juga tuh ngeliat PS putih berkeliaran di medan...:mrgreen:
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Hansen wrote:
zweifellos wrote:di medan, kemana mata memandang, PS yang berkeliaran warna PS nya om hansen semua. :big_weee:
Saya sering juga tuh ngeliat PS putih berkeliaran di medan...:mrgreen:
seringnya melihat putih dengan seringnya melihat PS berwarna seperti mobil om hansen seperti apa dulu perbandingannya? :big_weee:

putih emang keren saya akui. cuman sepertinya kurang berwibawa ataupun elegan buat selain para pemuda. :mrgreen:

pengen liat PS putih dengan velg hitam ala om cuple. keknya mantap kalipun. :D
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

ada yang suka memperhatikan knalpot kalo mobil habis jalan trus mesin dah mati lama? apakah ada keluar cairan berwarna hitam dari knalpot adalah hal normal? ada yang bilang itu normal, karena cairan hitam itu karbon (dari hasil pembakaran).

trus ada yang udah masang solar filter (atau apa namanya itu yang berfungsi memfilter solar) yang ditempatin sebelum filter dari bawaan mobil? harganya 1 jutaan apa 2 jutaan gitu, trus ntar tinggal ganti saringannya seharga 250 ribu pas km tertentu (lupa berapa ribu). apakah perlu untuk mobil2 yang beredarnya mayoritas di perkotaan (yang ketersediaan spbu nya banyak)? apakah kalo udah pake solar non spbu pertamina kaya petronas, shell masih perlu filter seperti itu?

yang saya bayangin, filter seperti itu yang butuh mobil2 di daerah. :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

zweifellos wrote:
Hansen wrote:
zweifellos wrote:di medan, kemana mata memandang, PS yang berkeliaran warna PS nya om hansen semua. :big_weee:
Saya sering juga tuh ngeliat PS putih berkeliaran di medan...:mrgreen:
seringnya melihat putih dengan seringnya melihat PS berwarna seperti mobil om hansen seperti apa dulu perbandingannya? :big_weee:

putih emang keren saya akui. cuman sepertinya kurang berwibawa ataupun elegan buat selain para pemuda. :mrgreen:

pengen liat PS putih dengan velg hitam ala om cuple. keknya mantap kalipun. :D
Seperti langit dan bumi kahh? :upss: :big_weee:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

zweifellos wrote:ada yang suka memperhatikan knalpot kalo mobil habis jalan trus mesin dah mati lama? apakah ada keluar cairan berwarna hitam dari knalpot adalah hal normal? ada yang bilang itu normal, karena cairan hitam itu karbon (dari hasil pembakaran).
Kalo gw pake solarnya petronas sih di knalpot keluarnya cairan biru tua :mrgreen:
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

Hansen wrote:
zweifellos wrote:seringnya melihat putih dengan seringnya melihat PS berwarna seperti mobil om hansen seperti apa dulu perbandingannya? :big_weee:

putih emang keren saya akui. cuman sepertinya kurang berwibawa ataupun elegan buat selain para pemuda. :mrgreen:

pengen liat PS putih dengan velg hitam ala om cuple. keknya mantap kalipun. :D
Seperti langit dan bumi kahh? :upss: :big_weee:
kayanya sih gitu om. :mrgreen:
Hansen wrote:
zweifellos wrote:ada yang suka memperhatikan knalpot kalo mobil habis jalan trus mesin dah mati lama? apakah ada keluar cairan berwarna hitam dari knalpot adalah hal normal? ada yang bilang itu normal, karena cairan hitam itu karbon (dari hasil pembakaran).
Kalo gw pake solarnya petronas sih di knalpot keluarnya cairan biru tua :mrgreen:
punya bos juga pake petronas tapi cairannya hitam (apa mesti liat dekat baru keliatan biru?).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by cuple »

jiahh..another thread for PS..kekekek.. absen dulu deh gan.. :big_smoking:

Kemarin baru coba minum TOTAL plus RedLine 85.. cess pleng euy!
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

cuple wrote:jiahh..another thread for PS..kekekek.. absen dulu deh gan.. :big_smoking:

Kemarin baru coba minum TOTAL plus RedLine 85.. cess pleng euy!
apakah pemakaian additive ada efek samping negatifnya om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by flame »

zweifellos wrote:
beberapa yang jadi masalah:
1. dari posisi R (mundur) ke N disebutkan di buku petunjuk tidak perlu menekan cincin di ujung tuas otomatik, namun ketika dimundurin dari R ke N ada suara 'tek' (bersuara). pas dicoba ditekan itu cincin (di buku petunjuk dianjurkan untuk tidak menekan itu cincin kalo memang tidak perlu menekan), bunyinya jauh berkurang (hampir ga ada bunyi). ada yang punya atau merasakan hal yang sama?

2. ketika mobil mau diturunkan kecepatannya tanpa mengerem, maka pedal gas tentu diangkat perlahan bahkan sampai full diangkat (tanpa menginjak rem). tapi terkadang efeknya, pas pas pedal gas kembali ditekan (perlahan), mobil seakan menyentak (seperti kalo di manual, kurang halus perpindahan giginya alias pelepasan klos dan penginjakan pedal gas kurang selaras). SEPERTINYA kalo mau menurukan kecepatan, mendingan sebelum gas ditekan kembali, pedal rem ditekan biar posisi perseneling tidak nanggung (tidak di posisi antara, misal antara 3 dan 4). kalo saya liat sepertinya di situ permasalahannya. tolong dikoreksi.

3. saya perhatikan, kalo dibawa santai (pedal gas ditekan perlahan alias gak dalam nekannya) perpindahan gigi terjadi di rpm 1400-1600. jadi saya perhatikan rpm rata2 di dekat2 1000, dari 1200 ampe 1600. apakah ini normal? dalam kondisi seperti ini, apakah memang turbo belum bekerja (karena kalo ga salah, torsi maksimal pada RPM 2000)? maksudnya apakah memang turbonya bekerja pada RPM 2000 alias pada puncak torsi bisa diraih?

4. kap (penutup bagian moncong depan) panas sekali ketika mobil sudah berjalan sekitar 1 jam-an. memang kondisi medan kalo siang adalah panas terik. cuman kalo dibandingkan dengan bodi bagian samping (tingkat panasnya), cukup jauh bedanya. apakah ini normal (mengingat kondisi cuaca panas dan warna mobil adalah hitam)?

5. sudah adakah yang pernah membawa PS transimisi otomatis ke daerah perbukitan atau pegunungan model puncak di jawa barat atau danau toba/tapanuli di sumatera utara? bagaimana performa transmisi otomatis INVECS II dari PS ini? kalo di buku manual sih tertulis, ketika menanjak dan menurun tranmisi bisa turun sendiri demi mendapatkan torsi/tenaga yang lebih besar.

segini dululah, inipun keknya dah kebanyakan nanyanya. :mrgreen:

thanks bgt sebelumnya atas reply yang diberikan.
Permisi om2 semua,
sy bukan PS users, melainkan Triton M/T, berhubung ada kesamaan antara PS dan Triton, setidaknya basisnya: engine, bodi(moncong saja), chasis ladder-frame, interior(dash), suspensi depan. sy mau kasi komentar atas unek2 nya om zweifellos.
Jadi hanya no.2,3,4

di Triton M/T, jg begitu, perasaan seperti efek dari sensor pedal gas yg terlalu sensitif ato respon crd nya yg telat, sepertinya: input dan output nya sistem throtle ini tidak seimbang. efeknya nyentak, seperti belajar bawa mobil.
Waktu melepas gas, kopling tidak diinjek, trus rpm turun sampe sekitar 1400, trus mau injak gas, malah nyentak2, bunyi as kopel glutak-glutuk, seperti udah koplak, padahal mobil masih baru, gejala ini sejak pertama kali mobil dibeli. nanya2 pemilik Trition yg lain jg sama gejala dan keluhannya.
Trus, kalo turbonya, mulai bekerja pada sekitar 2000rpm, dan bukan pada puncak torsi, turbonya baru bekerja.
Kap mesin, waktu panas, biasa aja, seperti mobil lain.
Satu lagi, khusus M/T, pedal kopling terlalu tinggi, sudah ditanya ke beres, tidak bisa distel. :frm_bang_head:
Apakah ini juga dijumpai pada PS manual?
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by cuple »

zweifellos wrote:apakah pemakaian additive ada efek samping negatifnya om?
Aku coba googling si ga nemu omm.. Kalau ada yg nemu mungkin bisa dishare linknya..
zweifellos wrote:5. sudah adakah yang pernah membawa PS transimisi otomatis ke daerah perbukitan atau pegunungan model puncak di jawa barat atau danau toba/tapanuli di sumatera utara? bagaimana performa transmisi otomatis INVECS II dari PS ini? kalo di buku manual sih tertulis, ketika menanjak dan menurun tranmisi bisa turun sendiri demi mendapatkan torsi/tenaga yang lebih besar.
Sudah 3x bawa ke pegunungan Patuha (Ciwidey) dan performa amat sangat memuaskan. Dengan catatan selama ini pergi ke sana PS sudah menggunakan unichip, dan setting unichip selalu di posisi 5 (max).. wakakaka :e-whistle:

Pingin denger jg nih kalo ada PS ori jalan2 ke puncak, gimana rasanya yah?
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

flame wrote:
zweifellos wrote:
beberapa yang jadi masalah:
1. dari posisi R (mundur) ke N disebutkan di buku petunjuk tidak perlu menekan cincin di ujung tuas otomatik, namun ketika dimundurin dari R ke N ada suara 'tek' (bersuara). pas dicoba ditekan itu cincin (di buku petunjuk dianjurkan untuk tidak menekan itu cincin kalo memang tidak perlu menekan), bunyinya jauh berkurang (hampir ga ada bunyi). ada yang punya atau merasakan hal yang sama?

2. ketika mobil mau diturunkan kecepatannya tanpa mengerem, maka pedal gas tentu diangkat perlahan bahkan sampai full diangkat (tanpa menginjak rem). tapi terkadang efeknya, pas pas pedal gas kembali ditekan (perlahan), mobil seakan menyentak (seperti kalo di manual, kurang halus perpindahan giginya alias pelepasan klos dan penginjakan pedal gas kurang selaras). SEPERTINYA kalo mau menurukan kecepatan, mendingan sebelum gas ditekan kembali, pedal rem ditekan biar posisi perseneling tidak nanggung (tidak di posisi antara, misal antara 3 dan 4). kalo saya liat sepertinya di situ permasalahannya. tolong dikoreksi.

3. saya perhatikan, kalo dibawa santai (pedal gas ditekan perlahan alias gak dalam nekannya) perpindahan gigi terjadi di rpm 1400-1600. jadi saya perhatikan rpm rata2 di dekat2 1000, dari 1200 ampe 1600. apakah ini normal? dalam kondisi seperti ini, apakah memang turbo belum bekerja (karena kalo ga salah, torsi maksimal pada RPM 2000)? maksudnya apakah memang turbonya bekerja pada RPM 2000 alias pada puncak torsi bisa diraih?

4. kap (penutup bagian moncong depan) panas sekali ketika mobil sudah berjalan sekitar 1 jam-an. memang kondisi medan kalo siang adalah panas terik. cuman kalo dibandingkan dengan bodi bagian samping (tingkat panasnya), cukup jauh bedanya. apakah ini normal (mengingat kondisi cuaca panas dan warna mobil adalah hitam)?

5. sudah adakah yang pernah membawa PS transimisi otomatis ke daerah perbukitan atau pegunungan model puncak di jawa barat atau danau toba/tapanuli di sumatera utara? bagaimana performa transmisi otomatis INVECS II dari PS ini? kalo di buku manual sih tertulis, ketika menanjak dan menurun tranmisi bisa turun sendiri demi mendapatkan torsi/tenaga yang lebih besar.

segini dululah, inipun keknya dah kebanyakan nanyanya. :mrgreen:

thanks bgt sebelumnya atas reply yang diberikan.
Permisi om2 semua,
sy bukan PS users, melainkan Triton M/T, berhubung ada kesamaan antara PS dan Triton, setidaknya basisnya: engine, bodi(moncong saja), chasis ladder-frame, interior(dash), suspensi depan. sy mau kasi komentar atas unek2 nya om zweifellos.
Jadi hanya no.2,3,4

di Triton M/T, jg begitu, perasaan seperti efek dari sensor pedal gas yg terlalu sensitif ato respon crd nya yg telat, sepertinya: input dan output nya sistem throtle ini tidak seimbang. efeknya nyentak, seperti belajar bawa mobil.
Waktu melepas gas, kopling tidak diinjek, trus rpm turun sampe sekitar 1400, trus mau injak gas, malah nyentak2, bunyi as kopel glutak-glutuk, seperti udah koplak, padahal mobil masih baru, gejala ini sejak pertama kali mobil dibeli. nanya2 pemilik Trition yg lain jg sama gejala dan keluhannya.
Trus, kalo turbonya, mulai bekerja pada sekitar 2000rpm, dan bukan pada puncak torsi, turbonya baru bekerja.
Kap mesin, waktu panas, biasa aja, seperti mobil lain.
Satu lagi, khusus M/T, pedal kopling terlalu tinggi, sudah ditanya ke beres, tidak bisa distel. :frm_bang_head:
Apakah ini juga dijumpai pada PS manual?
ternyata podo wae ya dengan triton kasus2 atau masalah2nya (meski kondisi baru). thanks om atas info2nya. jadi makin yakin memang begitulah masalah yang ada.

iya nih om, keknya blom ada yang ngebawa PS manual. mungkin karena peruntukannya yang lebih ke mobil non-aspal (non kota), jadi yang maen ke forum mobil pun jarang.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

cuple wrote:
zweifellos wrote:apakah pemakaian additive ada efek samping negatifnya om?
Aku coba googling si ga nemu omm.. Kalau ada yg nemu mungkin bisa dishare linknya..
mungkin om turboman bisa bantu ya, cuman jarang ngeliat om turboman. pengen tau aja efek negatifnya ada ga meski kecil2an aja (ga signifikan bgt).
zweifellos wrote:5. sudah adakah yang pernah membawa PS transimisi otomatis ke daerah perbukitan atau pegunungan model puncak di jawa barat atau danau toba/tapanuli di sumatera utara? bagaimana performa transmisi otomatis INVECS II dari PS ini? kalo di buku manual sih tertulis, ketika menanjak dan menurun tranmisi bisa turun sendiri demi mendapatkan torsi/tenaga yang lebih besar.
cuple wrote: Sudah 3x bawa ke pegunungan Patuha (Ciwidey) dan performa amat sangat memuaskan. Dengan catatan selama ini pergi ke sana PS sudah menggunakan unichip, dan setting unichip selalu di posisi 5 (max).. wakakaka :e-whistle:

Pingin denger jg nih kalo ada PS ori jalan2 ke puncak, gimana rasanya yah?
itu ke pegunungan pake sport mode apa full matic om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by BADAK »

Om Turboman sedang bertapa di Gunung Kelud............ :ngacir:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by cuple »

zweifellos wrote: Pingin denger jg nih kalo ada PS ori jalan2 ke puncak, gimana rasanya yah?
itu ke pegunungan pake sport mode apa full matic om?
Full-matic om.. nafas panjang dan cukup responsif..
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

cuple wrote:
zweifellos wrote: Pingin denger jg nih kalo ada PS ori jalan2 ke puncak, gimana rasanya yah?
itu ke pegunungan pake sport mode apa full matic om?
Full-matic om.. nafas panjang dan cukup responsif..
mantap juga.

kalo akselerasi buat nyalip suara mesin gimana om? akselarasi yang saya maksud akselerasi cepat, bukan secara perlahan. dari pengalaman, untuk model akselerasi buat nyalip, suara mesinnya menderu keras sekali (jika dibandingkan dengan kondisi akselerasi secara perlahan yang sangat senyap suara mesin yang dihasilkan). trus si ECU sepertinya langsung mempertahankan kondisi RPM mirip2 ketika pas nyalip (yang sempat terlihat di kisaran 3000 rpm) pada kondisi selanjutnya terkecuali sopir melonggarkan pedal gas buat ngedapetin rpm yang bikin suara mesin tenang. intinya, yang saya rasakan adalah fitur adaptasi pintar model INVECS sepertinya cepat sekali kerjanya (jadi si komputer langsung dengan cepat beradaptasi dengan kondisi cara bawa sopir saat itu juga, bukan dengan cara bawa sopir secara umum dari mesin pertama kali dinyalakan).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
nathanael_nainggolan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Wed Oct 21, 2009 3:25

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by nathanael_nainggolan »

sekalian minta pencerahan nih,
kalo PS yang manual gimana ya? konsumsi dan performa? apakah transmisinya nyentak jg dan pengaruh ke transfercasenya?
thanks for all
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by roadtrain99 »

zweifellos wrote:
kesan pertama sih disopirin alias duduk di samping sopir. rasanya kurang berkesan karena merasa "loh, kok kalah nyaman suspensinya dari innova". tapi keingat omongan mastah2 di sini, kalo mobil yang enak dibawa kencang/stabil di tikungan suspensinya agak keras. jadi mikirnya bisa jadi PS agak keras suspensinya karena faktor yang disebut barusan (ga taulah ntah benar gitu apa ga).

beberapa yang jadi masalah:
1. dari posisi R (mundur) ke N disebutkan di buku petunjuk tidak perlu menekan cincin di ujung tuas otomatik,...?

2. ketika mobil mau diturunkan kecepatannya tanpa mengerem, maka pedal gas tentu diangkat perlahan bahkan sampai full diangkat (tanpa menginjak rem). tapi terkadang efeknya, pas pas pedal gas kembali ditekan (perlahan), mobil seakan menyentak (seperti kalo di manual, kurang halus perpindahan giginya alias pelepasan klos dan penginjakan pedal gas kurang selaras). SEPERTINYA kalo mau menurukan kecepatan, mendingan sebelum gas ditekan kembali, pedal rem ditekan biar posisi perseneling tidak nanggung (tidak di posisi antara, misal antara 3 dan 4). kalo saya liat sepertinya di situ permasalahannya. tolong dikoreksi.

3. saya perhatikan, kalo dibawa santai (pedal gas ditekan perlahan alias gak dalam nekannya) perpindahan gigi terjadi di rpm 1400-1600. jadi saya perhatikan rpm rata2 di dekat2 1000, dari 1200 ampe 1600. apakah ini normal? dalam kondisi seperti ini, apakah memang turbo belum bekerja (karena kalo ga salah, torsi maksimal pada RPM 2000)? maksudnya apakah memang turbonya bekerja pada RPM 2000 alias pada puncak torsi bisa diraih?

4. kap (penutup bagian moncong depan) panas sekali ketika mobil sudah berjalan sekitar 1 jam-an. memang kondisi medan kalo siang adalah panas terik. cuman kalo dibandingkan dengan bodi bagian samping (tingkat panasnya), cukup jauh bedanya. apakah ini normal (mengingat kondisi cuaca panas dan warna mobil adalah hitam)?

5. sudah adakah yang pernah membawa PS transimisi otomatis ke daerah perbukitan atau pegunungan model puncak di jawa barat atau danau toba/tapanuli di sumatera utara? bagaimana performa transmisi otomatis INVECS II dari PS ini? kalo di buku manual sih tertulis, ketika menanjak dan menurun tranmisi bisa turun sendiri demi mendapatkan torsi/tenaga yang lebih besar.

segini dululah, inipun keknya dah kebanyakan nanyanya. :mrgreen:

thanks bgt sebelumnya atas reply yang diberikan.

gw ga ada ps dan blm pernah coba..gw nanggep yg kira2 ada di a/t lain aja ya siapa tau mirip..
1. rata2 klo a/t, dari r ke n ga perlu teken shift knob. Yg dimaksud cincin kayak gimana tuh bro zwei? pengen liat kalo ada fotonya.
asumsi gw bunyi itu mungkin spt tanda pembatas antara n & r nya sudah memblok R nya.

2. mungkin spt navara. navara, jika diinjek gas kembali mendadak responnya spt itu. tingal pembiasaan aja, bisa kok dibuat alus, nginjeknya agak "ngurut", sampe ke rpm yang bertorsi (a/t). kalo m/t kan lsg dpt rpm isi.

yg di bold agak kurang paham gw bro..

3. mungkin krn ecu nya detect nyetir nya santai, jd seblm rpm keburu tinggi, dioper dulu, biar ga boros.
setau gw, turbo idup jika pressure yg diinginkan turbine sudah dpt, berarti utk ps dptnya pas 2rb. jd bukan dpt peak torque lalu turbo br nyala gitu.
soal peak torque..kayaknya ada jg yg ga mesti di rpm pas turbo nyala.

4. kap mesin pasti lebih panas lah, apalagi wrn hitam lalu bawahnya mesin. kap atas aja yg bawahnya bukan mesin tapi panas bgt.

5. gw klo nyetir daerah toba sih udah beberpa kali, tapi blm pernha dgn a/t nih. cuma kalo yg kondisi naik turun dgn a/t di daerah lain pernah.
kalo a/t mobil lain, kondisi jalanan turun, biasanya downshift sendiri kalo gas dilepas (tanpa rem) utk engine brake.
kalo shift utk dpt torsi, mungkin spt ini, tanjakkan, gas misalnya ditahan 3rb, tapi tanjakan makin curam, rpm otomatis turun walau gas ditahan, biasanya gear lsg turun ke rendah sendiri, biar torque naik.

sepemahaman gw aja lho...mungkin ada yg beda...
User avatar
albert_nazaretha
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Nov 25, 2009 15:13

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by albert_nazaretha »

salam kenal semua....
lokasi di surabaya, jawa timur
saya lagi indent pajero sport 4x4 exceed matic warna putih sejak november 2009 kemarin dah dapat kepastian tgl 15 januari datang
saya mau tanya teman2, ada yg tau gak kira2 velg+ban dibawah ini harganya sampai brp?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by goodwill »

salam sekalian bro2,

moga2 ga salah kamar (soalnya gue bukan owner,tp calon :P )
karena lagi melihat2 dan mau jadi CALON OWNER,gue masuk lah ke SM forum ini,lumayan bnyk information yg bisa gue dapet disini,good to know :) :off_good_job:

gue cuman mau kasih information on pajero sport australian version [differences only], jadi bisa comparison sama model yg om2 SM beli.

1.tipe disono dapet LCD di centre consolenya
2. rem belakang teromolnya udah 16"
3. kalo gue ga salah ada sunroofnya
4. TERPENTING power outputnya,mungkin ini pengaruh chip sama fuel quality kali yah 131KW and 350NM jadi sekitar 180an HP!!gede kan?!


sama mau tanya sama user2 PS disini, karena saya user Harrier AIRS dan mau beli mobil ini sbg tambahan family SUV :D
1. rem belakangnya itu pakem gak ya,karena remnya masi drum aka blom discbrake??
2. berapakah harga yg pantas untuk 4x2 PS?saya kmrn ngecek masi inden,kini yg ada stock mau saya telp tapi takut diketok harganya, jadi untuk consideration, dulu pada beli sekitar berapa ya?

THANKS SEMUANYA
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by zweifellos »

yoi om, yang ausie lebih mantap dari yang sini tapi saya yakin kalo masuk sini bedanya bisa ratusan juta juga IMO.
kalo ga salah yang ausie itu mesinnya DI-D+ dengan torsi 400 Nm dengan power sekitar seperti yang om tuliskan.

perbedaan lainnya selain yang om tulis adalah teknologi2 yang diterapin di Pajero (yang harga 1,2 M di indo). lupa saya detailnya apa aja, tapi bisa dicek di web sana.

1. mengenai rem belakang, menurut saya sih pakem. cuman karakteristik cara pengeremannya agak lain dari mobil yang pernah saya bawa (innova, rocky, katana) namun tetap remnya pakem.
2. harga 2009 kalo ga salah sekitar 370 juta (atau 370an juta). kalo buat saya sih, harga yang pantas mestinya di bawah itu, plus minus 300 juta lah mestinya buat yang 4x2. emang harga 2010 naik ya om? naik berapa?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.