SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 19 Sep 2014, 18:48

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 46 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
PostMessage posted...: 20 Dec 2009, 21:00 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 20 Dec 2009, 11:24
Posts: 2
Salam kenal Smer's sekalian,
Assalamu'alaikum wr.wbr, Salam sejahtera bagi kalian semua.

Bila boleh saya mau tanya, minta pendapatnya.

Rencananya pertengahan tahun depan, saya sekeluarga merasa sudah perlu mobil. Sudah mulai pikir2 mau beli apa dg budget 100jtan sj.
Point yang dicatat :
- Mobil keluarga untuk 8 orang (jalan-jalan dg mbah buyut juga....)
- Tdk ngerepotin alias rewel. (gak senang buang waktu ngurusi mobil)
- BBM wajar.
- ini yang penting....resale value-nya bagus. (maunya dipake paling lama 3 tahunan).

Sementara pilihannya :
- Kijang LGX EFI bensin.
- Panther LS
- Taruna CSX.

Memang anggarannya mgk jadi tambah sedikit, tp yang penting bisa dpt mobil yang pas dan nyaman lah.

monggo rekan-rekan yang ahli...saya harapkan pendapatnya...

matur suwun.... :big_peace: :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 20 Dec 2009, 21:49 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
vote for panther LS...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 04:48 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 03 Jan 2009, 09:19
Posts: 4348
Taruna buat 8 orang itu kekecilan mas. Tapi emang ini mobil menarik sih. Kenalan saya punya Taruna dan Avanza katanya keduanya mirip tuh kayak Inopah dan Kijang yg sebelumnya apa tuh Kapsul kali ya.

Kijang emang nyaman, tapi boros.

Kalau cuma mau irit, mending Panther : boyo, bau, goyang tapi irit (katanya, soalnya nggak tahu solar berapa sekarang).

Jadi vote for : Xenia 1,0 yang ACnya panas itu tapi mepet2 cepek , syukur bisa dapet Avanza double blower bekas ....... lhooooooooo?????

_________________
Ready to Race


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 08:46 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Saya cuman mau kasi sedikit masukan aja, walopun saya sendiri msh newbie..
Kalo mau jalan tengahnya, ambil Kijang Diesel LX taon 2003/2004 modif tipe LGX.
BBM cukup irit mengingat mesin diesel, kenyamanan lebih baek drpd Panther, perawatan juga tidak rumit, dapet taon muda dgn penampilan ala LGX.
Cuman jualnya kembali yg mungkin sedikit lbh susah dr LGX beneran, karena basisnya tetap LX walopun dr luar tidak kelihatan..

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 09:00 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
ijinkan ane jg memberi komen soal panther, scara walaupun ane pakenya panther kotak taon 99 tapi basis mesin dan sasis nya kan masi sama ama panther kapsul... dan lagi banyak saudara ane yg pake neh mobil jadi ane perna coba jg dan tentunya sgala penyakit nya jg ane kira2 garis besar nya ada tau dikit2 lahhh...

panther itu utk urusan mesin diantara ntuh pilihan laen nya TS, panther paling gampang dirawat dan murah.... karena panther kaga perlu ganti busi, stel pengapian, dll.... resep agar panther awet cuman rajin ganti oli mesin, filter oli, solar dan filter udara.... stel klep pun per 20 rebu km jg gpp.... itung punya itung biaya servis nya jauhh lebi murah.... terlebih oli mesin utk mesin diesel jg jauhhh lebi murah dari oli utk mesin bensin....

nahh diantara 3 merek tsb, emang panther paling lemah utk soal kaki2 sperti shockbreaker dan bushing2 suspensi depan... malah kalo yg ane denger dari saudara2 ane... panther kapsul lebi lemah kaki2 nya dari panther kotak... padahal panther kotak aja kaki2 nya mnurut ane uda cukup lemah.... tapi ane anggap ini wajar scara ini mesin diesel gt, blok mesin masi asli besi, bukan aluminium.... ya iya lah, bobot neh mobil aja 2.1 ton gt.... inova aja cuman 1.5 ton.....
mengenai biaya kaki2 jg kaga usa takut, murah koq.... parts KW an nya aja ada banyak....

mengenai kenyamanan, ane rasa TS bisa test drive dulu deh... tapi kalo mnurut ane sigh, cukup ok koq.... malah cenderung limbung di kecepatan tinggi.... kalo saran2 temen2 di SM sini sigh, ganti shock ama kayaba ultra biar lebi mantap....

satu hal lagi, AC panther itu dingin nya minta ampun.... single blower aja tendangan udara dingin nya bisa nyampe 3rd row loh......

kalo soal BBM... ane sigh dapetnya utk dalkot 1 :10 dalam keadaan AC full nyala terus... nyetir campur emosi.... tapi itu utk panther kotak logh.... denger2 utk panther kapsul lebi irit lagi scara tenaga mesin uda disunat, biar lebi irit.....

resale value ?? jgn ditanya..... ini mobil kaga beda ama kijang kapsul LGX.... harga jual tinggi... malah kadang mnurut ane cenderung ga masuk akal..... dan baik kijang LGx ama panther tuh peminatnya tinggiii bangetttttt...... bahkan utk panther kotak macam ane punya aja peminat nya masi tinggiii... tiap ke kemayoran aja pasti ada mas2 yg kecentilan nyamperin nanya2 ane mo dijual apa kaga.... :frm_bang_head:

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 12:19 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12933
Location: in your heart
sebenernya, ada satu lagi mobil yang bisa jadi pilihan. kuda.. tapi saran ane, ambil yang diesel. harganya lebih jatuh daripada panther dan kijang..

tapi ane sih mending LGX diesel kali yah..

ada lagi, bisa APV tahun 2005-2006. kisaran segitu juga harganya. tapi bantingannya ajrut2an.. larinya mak nyoss.. sayang konsumsi BBMnya sekitar 1:6-1:8 dalkot.. lukot 1:11-1:12..

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 12:51 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
sekedar sumbang saran...taruna CSX yg disebut diatas sepertinya kurang cocok untuk bawa 8 orang...kalo mau taruna yang F series (long sasis)

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 14:26 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Posts: 626
Kalau mau 8 orang pilihannya cuma Kijang bensin/diesel atau Panther

Nah kalau Kijang bensin jelas boros 1 L = 8 KM an (katanya karena saya tidak punya Kijang bensin)
Kalau Kijang diesel 1 L =10 KM, Kalau Panther 1 L = 11 KM

Kalau urusan spare part dan servis murah jelas vote panther
Kalau urusan kenyamanan, relatif lebih nyaman sedikit Kijang diesel daripada Panther

Nah mau yang lebih nyaman sedikit tetapi rada boros solar dan pemeliharaan relatif lebih mahal sedikit pilih Kijang diesel.
Dan kebalikannya
Kalau mau yang sedikit kurang nyaman, lebih irit solar dan pemeliharaan relatif lebih murah pilih Panther

Silahkan dipilih


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 15:43 
Offline
Visitor
Visitor

Joined: 20 Dec 2009, 11:24
Posts: 2
:big_peace: :big_peace:

Sepertinya banyak yang vote Panther LS ya....
sarannya bagus-bagus, harga ke-3-nya memang pada kisaran yang sama, 100-an lah untuk tahun yang sama (2000 - 2001).

sebenarnya kurang minat ke diesel karena suaranya yang agak berisik. Tp dari banyak pertimbangan rasanya memang panther LS cukup lumayan ya.
ini mobil rencananya mobil pertama saya, nanti kl sdh ada rezeki lagi tahun 2013-2014 baru ganti innopah. kl ndak ada rezeki ya dijual juga.... :mrgreen: :oops:

terus kalau untuk panther LS bekas, kl baru beli bekas apa sj yg perlu di tuning biar kondisi tetap fit dan mesin ndak kasar?.
kadang2 keinginan panther suka turun kalau ketemu panther yg suaranya berisik dan asapnya mengganggu...

:big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 17:00 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer

Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Posts: 626
Hmm

Ini yang sulit untuk mendapatkan Panther dengan kondisi baik
Bisa juga dengan cara :
1. Minta mekanik yang anda percayai untuk memastikan sebelum terjadi transaksi pembelian ataupun uang muka
2. Setelah memberi uang muka misalnya 1 jt, kalau mau aman masukkan ke bengkel Isuzu untuk cek ... jelas keluar biaya yang cukup mahal misalnya cek mesin, cek master rem, cek gardan, dll (mungkin 500 rb) tetapi Anda dapatkan mesin yang bagus dan terhindar dari biaya perbaikan yang cukup mahal.

cek mesin berguna untuk : cek kompresi apakah masih bagus, cek bos pump (gak tahu tulis yg benernya gimana)
Kalau kompresi yang rusak wah ini bisa macam macam penyebabnya bisa karena dari bos pump, bisa dari per seker, bisa dari klep.
Harga perbaikannya tergantung dari mana yang rusak dan seberapa parah rusaknya.

cek master rem : kalau rusak mungkin bisa jutaan
cek gardan : jaranng rusak sih tetapi ada juga terkadanng tidak pernah ganti olie gardan sehingga rusak --> kalau rusak juga jutaan

Semoga membantu
happy hunting :)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 17:15 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
smua jawaban ane uda di borong ama bro profithh...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 22:00 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3008
kalo menurut ane mah lebih nyamanan panther loh, ane pernah nyobain kijang diesel yang LSX trus ama panther ane kapsul LS, menurut ane mendingan yang panther deh.

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 22:57 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
bagi yang duduk di depan..panther lbh empuk....
bagi yang duduk di belakang...kijang lbh empuk...
no offence :big_peace:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 23:40 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
panther kalo suspensi nya dalam kondisi standard, emang pas baru nya agak keras dan kurang nyaman... tapi stelah staon rata2 jadi lumayan empuk tuh.... malah cenderung limbung...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 23:43 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
LGX aja dah...panter ngebul2...hehehe


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 23:45 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
kalo ga pusing soal biaya perawatan dan BBM yah LGX silahkennn....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 23:49 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
nah ngemeng2 biaya perawatan LGX efi vs taruna efi masih lbh mahal yg mana yaa..?? :ungg:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 23:51 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
kayanya tetep murahan LGX dah...populasi lebih tinggi...taruna yang epi sih lebih moderen dikit...toh daihatsu masih dibawah toyota juga..:D :D


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 21 Dec 2009, 23:58 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
saya kan dulu user LGX....kalo mau setia ke beres sih mahallll...tapi berhubung part kw nya banyak jd bs lebih murah....

entah kalo acuannya sama2 ke beres..mungkin saja LGX lbh mahal dr taruna...atau sebaliknya...?? :roll:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Dec 2009, 00:02 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 19 Jul 2009, 20:23
Posts: 2644
kalo buat dibawa (sebagai sopir) lebih kokoh ke jalan (lebih tidak limbung) mana ya, LGX apa panther? cuman sekali bawa panther itupun cuman beberapa menit, yang dirasain limbung bgt. kaya jalan di atas genangan air gitu, serasa melayang. :mrgreen: kalo LGX blom pernah nyoba.

_________________
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Dec 2009, 00:07 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
kalo buat bawa jalan... jelas LGX lebi enakk broo.... scara ane ada ntuh 2 mobil... dan ane uda perna ngerasain.... tapi kedua mobil tsb ada kesamaan.... yaitu kalo di rem mendadak, amat sangat bahaya... entah itu karena rem nya kelewat pakem atau suspensi depan kurang keras...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Dec 2009, 00:14 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
DOHC wrote:
kalo buat bawa jalan... jelas LGX lebi enakk broo.... scara ane ada ntuh 2 mobil... dan ane uda perna ngerasain.... tapi kedua mobil tsb ada kesamaan.... yaitu kalo di rem mendadak, amat sangat bahaya... entah itu karena rem nya kelewat pakem atau suspensi depan kurang keras...


sejak generasi grand extra sampe ke kapsul....rem nya memang pakem banget...

IMO LGX EFI model awal (2000-2002) itu yang paling kedap interiornya, suspensi lbh empuk. sementara yg model akhir (03-04) tidak sekedap sebelumnya..tetapi ext/int lbh segar dipandang.

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Dec 2009, 01:16 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12931
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
nah saking pakem nya itu yg kadang bikin anehh.... tapi malah kadang kalo di rem mendadak, suka rada aneh jg pedal rem nya... agak ngeloss dikit baru ketahan gt....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Dec 2009, 01:23 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer

Joined: 15 Jun 2008, 15:41
Posts: 1727
hehehe emang teknologinye ajaib kali tuh...tp emang beda2 feelnya...mungkin karena blakangnya tromol jadi setelannya jg pengaruh...dan kalo panter mustinya berat depan karena mesin diselnya kan mayan berat....weight transfernya ga jelas namanya dua2nya mbl asal2an dari pickup jadi wagon...ya terima aja apa adanya...

kalo bentuk si LGX facelift emang manis..gua jg demen..sempet mau beli yang matic...:D :D


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 22 Dec 2009, 01:30 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
kijang, fc nya bocor. taruna jg agak kempos, agak sempit buat 8 org, buat enam aja sempit.
mending panther ls, walaupun suara dieselnya masih terdengar.

kenyamanan biasa2 aja.
kalo ogah direpotin mobil, berarti perawatan berkala harus sip.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 46 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com