Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ajokz wrote:Mana salesnya biar gua ikut marahin ^^
sama aja kan, Jazz juga ngasih bintangnya berdasar JNCAP. versi indo juga beda kan. di jepang sono airbagnya ada 6. di sini cuma 2 yang RS doang. masih mending mazda 2 ngasih airbag satu di varian paling bawah.
ada di brosur resmi jazz tuh ditulis mendapat 6 bintang.
Jadi emang kayaknya katalog emang gitu!
pernah dengar, airbag jazz pernah ga keluar saat tabrakan?
Safety kan bukan dr airbag aja...reaksi body waktu di hajar juga termasuk hitungan - kadang rollover test juga dimasukin itungan. Jadi kalo crash test di luar bagus...ya disini pasti bagus juga - cuman penumpangnya tidak se empuk di luar negeri dgn 6 airbagnya
Kalo soal kasus airbag gak keluar, S-Class pun ada kasus begini...
wkwkw empuk gimana bro?
iya selain airbag emang ada hitung2 an fisika meredam benturan.
ajokz wrote:Mana salesnya biar gua ikut marahin ^^
sama aja kan, Jazz juga ngasih bintangnya berdasar JNCAP. versi indo juga beda kan. di jepang sono airbagnya ada 6. di sini cuma 2 yang RS doang. masih mending mazda 2 ngasih airbag satu di varian paling bawah.
ada di brosur resmi jazz tuh ditulis mendapat 6 bintang.
Jadi emang kayaknya katalog emang gitu!
pernah dengar, airbag jazz pernah ga keluar saat tabrakan?
Safety kan bukan dr airbag aja...reaksi body waktu di hajar juga termasuk hitungan - kadang rollover test juga dimasukin itungan. Jadi kalo crash test di luar bagus...ya disini pasti bagus juga - cuman penumpangnya tidak se empuk di luar negeri dgn 6 airbagnya
Kalo soal kasus airbag gak keluar, S-Class pun ada kasus begini...
yeppp,,tapi jazz nulis dibawa ada versi japan,bukan indo,,klo di mazda g ditulis dibawanya,,minimal fontz 8 lah...itu g ada,,,salesx jga ngmong itu yg 6 ada pada jazz japan...gtu brooo,,,tpi ngmngnya yg better value dikelasz swift mgkin ya,,soalx masih murahh,,n purna jual jga tidak jatuh bget..btw,kan klo jazz org dah tau klo beda ma japan,,klo mazda kan org byk tau import japan...jadi beda lah,, kan cuma seri m2,pick up,,etc lah...
Last edited by Mr otoamtsiong on Thu Mar 04, 2010 23:06, edited 1 time in total.
squalledd wrote:@ajokz:
aku sih di daerah barat. jadi mending di sukomanunggal ya..
Paint Protection penting untuk jaga kilapnya.. Kalau anti karat perlu nggak ya?
klo tingga; didaerah banjir,,mgkin sby jga rawan banjir... mending di anti karat n teflon,, agar mencegah korosi n teflonya menjaga warna cat..
ajokz wrote:Mana salesnya biar gua ikut marahin ^^
sama aja kan, Jazz juga ngasih bintangnya berdasar JNCAP. versi indo juga beda kan. di jepang sono airbagnya ada 6. di sini cuma 2 yang RS doang. masih mending mazda 2 ngasih airbag satu di varian paling bawah.
ada di brosur resmi jazz tuh ditulis mendapat 6 bintang.
Jadi emang kayaknya katalog emang gitu!
pernah dengar, airbag jazz pernah ga keluar saat tabrakan?
Safety kan bukan dr airbag aja...reaksi body waktu di hajar juga termasuk hitungan - kadang rollover test juga dimasukin itungan. Jadi kalo crash test di luar bagus...ya disini pasti bagus juga - cuman penumpangnya tidak se empuk di luar negeri dgn 6 airbagnya
Kalo soal kasus airbag gak keluar, S-Class pun ada kasus begini...
yeppp,,tapi jazz nulis dibawa ada versi japan,bukan indo,,klo di mazda g ditulis dibawanya,,minimal fontz 8 lah...itu g ada,,,salesx jga ngmong itu yg 6 ada pada jazz japan...gtu brooo,,,tpi ngmngnya yg better value dikelasz swift mgkin ya,,soalx masih murahh,,n purna jual jga tidak jatuh bget..btw,kan klo jazz org dah tau klo beda ma japan,,klo mazda kan org byk tau import japan...jadi beda lah,, kan cuma seri m2,pick up,,etc lah...
sama aja kan. di brosur mazda 2 kan ditulis itu versi euro/eropa.
omonganmu tidak pernah konsisten selalu ditambah2 i atau diganti. pertama bahas gambar2, sekarang bahas tulisan.
Semua berita di internet dan majalah2 semua dah pada bahas mazda 2 indonesia buatan thailand.
baru saya liat lg bang ajokz,,g ada tulisannya versi europe,,cuma mendapatkan penghargaan safety apa di europe,,kan org pnya dua pemikiran yang masuk indo apa yg khusus dsana,,soalnya mazda kan pertama launching pernah jual yang versi luar bbrp unit.jadi org jkrta kadang bingung,, temen saya punya kok gni,, tpi saya punya kok gni,,misalnya..,
berita di internet kan cuma baru2 aja gencar,, dlu saya binggung,saya kira sama seperti yang versi luar,, (sekitar november09)..kan gencar2 nya pertengahan desember,,di iklan kan januari-mret dimajalah2..
btw,m2 uji emisi sma kah pake euro2an, m2 lulus emisi euro brp bang,,mhon infonya donk..
maxx wrote:
satu kekurangan besar seri i Hyundai adalah.... karena tante saya ada yang beli i10, kualitas cat nya luar biasa jelek.. kalau ga dirawat mudah sekali kusam.. kebetulan tante saya awam mobil...
setuju... Trajet XG yg saya beli Nov 2009 kemarin juga kualitas catnya ngga terlalu menggembirakan.
ajokz wrote:emang di brosur jazz tertulis "versi indonesia beda dengan versi jepang"?
ck2.
dia g nulis gtu,, kata2 dibrowsur kan bukan kata2 narasi ato kata2 seperti di koran,,
dari sana aja pembeli dah tau,,oh ini yang japan ato fit/jazz dpet penghargaan 6airbags..
yg jelas org dah tw perbedaan jazz indo n diluar dri fisik kita liat aja atapnya yg penuh dgn kaca(hampr full kaca) alias sunroof electric,,kalau di indo m2 cuma beda bemper di fisik,, kira org custom,padahal facelift m2 thailand gtu..,
maxx wrote:
satu kekurangan besar seri i Hyundai adalah.... karena tante saya ada yang beli i10, kualitas cat nya luar biasa jelek.. kalau ga dirawat mudah sekali kusam.. kebetulan tante saya awam mobil...
setuju... Trajet XG yg saya beli Nov 2009 kemarin juga kualitas catnya ngga terlalu menggembirakan.
klo bgitu ketika beli hyndai i,, kredit aja,kan dpet asuranssi,,nti klo beret. masukin aja di bengkel yg bagus...
misalnya pke cat spies hecker,blinken,seiken,dll..kan bagus... klo gtu pesan wrna aja,biasanya g dikenakan wrna jika dealer g ada wrna tersebut ato mobil hyundai g ada wrna tsb(sebelum dibuatkan bpkb)..
share untuk suspension:jazz
Sistem Suspensi Depan
Dengan memakai macpherson strut sama persis dengan apa yang dipakai oleh CR-V dengan menggunakan bushing jenis baru untuk meningkatkan gerak vertical dan horizontal. Serta sudut caster yang diperbesar dari 2.2degree hingga 3.3degree (caster trail from 5mm to 20mm) sehingga meningkatkan akurasi pengendalian steer.
Sistem Suspensi belakang
Menggunakan H Shape Torsion Beam, dengan memperpanjang trailing arm (+39mm), memperbesar rear trailing arm bush (hingga 43%), bentuk torsion beam yang dirubah sehingga system suspensi ini dapat meredam getaran (lebih empuk) hingga 25% dan kestabilan hingga 48%.
-------
Double wishbone:
system suspensi dengan 2 link roda. diatas. dan dibawah. Gerakan link yang sejajar antara bawah( terkait pd roda bagian bawah) dan atas(terkait pada roda bagian atas) ,membuat ayunan roda tegak lurus terhadap jalan. Ada gerakan roda masuk sedikit kedalam saat terjadi ayunan. DW mengikuti kontur jalan ,lebih stabil drpd mac pherson.DW dg reactive link gue kurang tahu. Mungkin istilah saja utk stabiliser yg menghubungkan kiri dan kanan.
Mac.pherson.
Hanya memiliki 1 link , di bagian bawah roda. bagian atas terkait pada shock absorber , dan koil , dengan sedikit gerakan elastis. Kelebihannya lebih kompak. Ayunan roda yg terjadi tidak tegak lurus thd jalan,.Kalau roda kita lihat dr belakang , membentuk sudut thd jalan. (analogi gue Hampir sama spt gerakan pendulum terhadap titik pusatnya,dimana titik pusat adalah as link,titik link dengan sasis.).Utk kestabilan masih dibawah DW.
Multilink
System dg 3 atau lebih link dapat dikatakan multilink. Pada honda double wishbone dg tambahan 3 link(utk mengurangi gerakan roda masuk kedalam). Pada bmw karena membentuk link z ,dikatakan sbg z axle. Pada audi quadralink( 4link) dll. Merupakan system suspensi yg terbaik ,rumit dan mahal. Mengeliminasi gerakan roda ke dalam ,ke depan/ belakang/ sudut berlebih ,dg mengijinkan terjadinya sedikit perubahan sudut agar mengikuti kontur jalan ,flexible,dan nyaman.
Trailing arm/ semi trailing.
Biasa dipakai kendaraan lama. di bagian belakang dg gardan belakang. Intinya adalah roda memiliki 1 arm besar yang terkait dengan sasis., dan satunya lagi roda terkait pada as gardan. Perbedaannya .
trailing arm , as arm di sasis lurus/melintang horisontal thd body. Jadi hanya mengijinkan gerakan roda naik dan turun. Tidak flexible.
Semi trailing:
sama ,tapi as armnya membentuk sudut thd body.Sehingga memungkinkan terjadinya gerakan sedikit sudut dari roda saat berbelok(sedikit understeer). Lebih flexible.membantu pengendalian.
Keduanya sudah jarang dipake utk jaman sekarang.
Torsion Beam.
Biasa utk sedan kompak. Roda kanan dan kiri dikaitkan dengan batang as besar ,juga berguna sebagai anti roll bar.Dikatakan juga semi /setengah independent. Karena ada satu link dari tiap roda ke sasis. Di bagian atas selain terkait link ,juga terkait dg shock dan coil/per./spiral. Dg pengembangan yg advance ,kestabilannya oke dibandingkan dg kompetitor terdekatnya yaitu mc.pherson.
Torsion bar dan torsion beam beda.Torsion beam system suspensi. Torsion bar ,bagian dari system.berupa batang torsi( berbentuk seperti stabiliser menghubungkan roda kiri dan kanan) dengan memuntir batang,terkait pada sasis,sehingga bersifat seperti spring. kelebihannya adalah mudah meninggikan/men ceperkan mobil dg memutar batang torsi.dipakai pada kijang ,panther dan blazer yg gue tahu.
kesimpulan:
system terbaik adalah multilink diikuti double wishbone.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
wah wah kok pada ngomongin M2 semua ? kemana i20 ?
Ya dah lah gw yg nulis
gw pake crdi, fc lukot 16,7something BBM solar. 3rd gear lari 100kpj.. suara masih alus dan masih bisa nambah lagi. 4th gear lari 140kmh rpm 2700. Overall gw suka i20 yang crdi. Kalo yang bensin gw lebih suka ANJ dari semua faktor yang gw pertimbangin. Satu-satunya faktor gw beli i20 karena ada yang diesel. Suspensi i20 keras tapi terkompensasi ke pengendalian yang mantap, zig zag 120kmh suspensi gak limbung atau ada gejala bodyroll yang berlebihan. CDRi selevel sama GL manual, airbag1 di sopir, parking sensor, electric foldable miror, audio control di steering hanya AUX minus USB, MID hanya menampilkan Trip A, Trip B, Engine run time. Kalo di SG lebih lengkap lagi, Distance To Fuel (brp km lagi sebelum kehabisan BBM) dan fuel rate serta 2 airbag, foglamp, dan sunroof. CRDi juga minus fog lamp. Central lock dari 2 pintu depan, dan yg lucu ada rear fog lamp di mobil ini. Jadi bila ada mobil dgn high beam dr blkg n lu ngerasa terganggu bisa diisengin dengan rear fog lamp..
LAGI PERTIMBANGAN AMBIL YARIS J MATIC (190-15=175) DENGAN MAZDA 2 S MATIC (185 - DISKON BERAPA SIH = ?) .. ADA YANG BISA KASIH MASUKAN MENDINGAN YANG MANA?
LAGI PERTIMBANGAN AMBIL YARIS J MATIC (190-15=175) DENGAN MAZDA 2 S MATIC (185 - DISKON BERAPA SIH = ?) .. ADA YANG BISA KASIH MASUKAN MENDINGAN YANG MANA?
Kalo ane sih ngerasa lebih luas di dalem Yaris dan bagusan interior Yaris, tp typical Toyota pasti handlingnya gak sebagus Mazda 2...si Zoom Zoom. Kalo pengen hatchback gede dalemnya dan handling bagus ada Jazz...tp harganya juga lbh mahal. Om pengennya kaya apa?