cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

har
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Nov 16, 2009 4:35

cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by har »

Para senior saya newbie

Saya lagi mau beli mobil yang berkemampuan naik turun ke puncak (cipanas) dengan menarik beban kurang lebih 1 ton

Apakah CJ 7 4.0 l cukup kuat atau ada saran kendaraan yang lain?

mohon bantuannya


terima kasih
:thanks:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by jalu »

kendaraan penarik yg dibutuhkan apakah harus 4wd atau tidak ?lalu bagaimana dengan kondisi jalan yg dilalui..apakah dominan aspal atau memang medan offroad yg butuh traksi yg baik ?

jika jalan yg dilalui itu dominan aspal dan tanpa penggerak 4 roda sudah cukup mumpuni....kenapa gak memilih colt diesel engkel 100 ps aja...bawa beban bisa...narik jg bisa.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by ibar78 »

yg murah prado atau pajero did :upss:
:popcorn:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by gmx »

om har, kalo untuk jadi workhorse, udah pasti deh FJ40 ngga ada matinya..
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by cokino »

Gw denger chasis dan Axle CJ7 kurang baik untuk beban. Plat Chasisnya tidak cukup tebal untuk menahan beban berat dan Axlenya rawan rontok kalo salah perlakuan.

Itu cuma denger2 sih om, soalnya ga pernah melihara CJ7.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by firawan6275 »

cokino wrote:Gw denger chasis dan Axle CJ7 kurang baik untuk beban. Plat Chasisnya tidak cukup tebal untuk menahan beban berat dan Axlenya rawan rontok kalo salah perlakuan.

Itu cuma denger2 sih om, soalnya ga pernah melihara CJ7.
IMHO,
Saya pernah pake CJ-7 Diesel asli 10 tahunan. Gagah, enak dipake dan ga terlalu banyak masalah. Radius putar bagus dibanding jip sekelas dijamannya. Sdh ada stabilizer depan standar dan setir yg akan memendek sendiri jika terjadi tabrakan frontal, cukup bagus utk safety jip di jamannya.Rem depan udah disc brake juga masih jarang utk jip dijamannya.

Yang paling disukai adalah suspensinya, empuk utk kategori jip dgn perdaun depan belakang. Indikator dashboard yg cukup lengkap (oil pressure (psi, bukan H atau L), water temp, voltmeter plus lampu indikator utk setiap switch dan dimmer lampu dashboard.kurangnya switch dimmer head lamp di lantai dekat firewall.

Memang kelemahan yg paling disorot adalah chassis sering retak didekat mounting per depan kiri persis dibawah accu, klo da teliti merawat sering ditemui CJ yg sdh dilas/reinforce di daerah itu karena korosi oleh tetesan uap air accu. Klo ukuran chassis tdk berbeda jauh dgn FJ40, bedanya chassis FJ40 berbentuk pelat U dgn cross member yang lebih banyak sehingga lbh rigid dan kaku sehingga jadi lbh kuat utk dipake jumping dan diperlakukan kasar. Namun ada kekurangannya,karakteristik suspensi jadi lbh kaku dan kalah nyaman dibanding CJ-7.

CMIIW
Sebaliknya CJ-7 chassisnya berbentuk pelat persegi yg dibentuk dari dua pelat U yg dilas, hanya jumlah cross member lbh sedikit. klo ga salah cuma dua, di depan dan di atas roda belakang dekat mounting shock absorber. Yg membantu cuma pelat guard transmisi & transfer case yg bertugas seperti cross member. Chassis jadi lebih lentur, bisa dibayangkan mobil yg cukup berat dgn chassis yg lentur. Plusnya kenyamanan lebih baik walaupun msh pake per daun. Disamping wheel base yg lebih panjang, axle lebar (tdk semua tipe) dan tinggi kendaraan yg lebih rendah sehingga lebih enak diajak ngebut di tikungan.

Klo axle belakang sering rontok krn kontruksinya tdk one piece alias terdiri dr shaft dan hub yg dihubungkan oleh spline (suri). Sering rontok krn CJ-7 (bensin) enak digeber sampai roda belakang sering spin, lama-lama hubnya kalah dan bisa ngajak shaftnya aus dibagian spline. Selama 10 tahun pake, perbaikan paling ganti seal master silinder rem dan kopling per 2 tahun. selebihnya ga ada kerusakan berarti. Yang penting dirawat dgn benar. Cukup jaga kebersihan semua filter dan oli, tinggal isi solar. Irit lagi, dalkot 1:11 km/l luar kota 1:13 -1:14 km/l. Punya temen yg bensin memang minum, dalkot 1:4 km/l luar kota 1:5 - 1:6 km/l. Tapi lebih mudah dibikin galak krn ditunjak rasio gear transmisi yg bagus. Ga heran lagi jamannya Donny SQ ikut sprint rally bisa nyaingin Galant VR4 yg udah spek rally.

Akhirnya kembali ke kebutuhan dan masalah selera, mau kerja kasar/ekstrim ambil FJ40. Klo mau nyaman ambil CJ-7, klo mau diajak kasar2an, ganti dulu axle belakang yg one piece atau sekalian pake Dana 44.
Sekarang pake Cherokee 96 limited dan alhamdulillah ga ada masalah berarti, kembali ke selera...
It's a Jeep, you wouldn't understand, No offense ya Om2..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by gmx »

kebetulan, mau nanya nih om, kebetula gw tertarik sama CJ7 diesel karena iritnya, buat harian di jakarta yg macet.. mesinnya kalo ga salah sama dengan trooper diesel dan panther lama 2300cc ya.. banyak yang bilang tenaga trooper kurang, kalo di CJ gimana, cukup ga tenaganya, baik torsi maupun power
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by firawan6275 »

gmx wrote:kebetulan, mau nanya nih om, kebetula gw tertarik sama CJ7 diesel karena iritnya, buat harian di jakarta yg macet.. mesinnya kalo ga salah sama dengan trooper diesel dan panther lama 2300cc ya.. banyak yang bilang tenaga trooper kurang, kalo di CJ gimana, cukup ga tenaganya, baik torsi maupun power
Enginenya Isuzu C240, beda dengan Chevy trooper atau isuzu panther. Panther dan trooper pake C223 NA 9non turbo) kecuali versi luar yg C223T (turbo). nginenya sama dgn Isuzu Bison 2.3, klo ga salah 2380cc. Klo untuk santai dalam kota enak krn irit, keluar kota apalagi. Pernah dari Palembang ke Solok sekitar 750 km cuma habis 53 liter. Top speed 120 kmh jalan datar, tapi harus diurut ngegasnya. Akselerasi agak bolot, imbang2an dgn trooper. Enaknya klo jalan dlm kota bisa main speed 3 dan 4 kec 40 kmh, hanya ga bisa disentak ngegasnya. Klo disentak langsung ngebul kayak cumi2.

IMO. CJ-7 (tahun 83) diesel masih under power, baru lumayan klo pake 4JA1 atau 4JA1T (panther 2.5) dan baru bener pas pake 4JB1T punya isuzu bighorn.Masih kalah dari Taft GT, cuma menang enak bantingan dan handlingnya. Ga ada problem serius selama pake. Cuma sekali ganti bearbox steering, worm gearnya rusak gara2 sealnya bocor. Punya sy belum power steering, ganti gear set ga sembuh karena housing kena. Akhirnya beli merk saginaw (klo ga salah saling tukar pake sama Holden krn buatan GM), baru sembuh dan ga pernah kambuh. Transmisi dan transfer case bandel dan ga pernah ada masalah, apalgi tuas persnelingnya lembut dioperasikan.

Klo mau ambil yg diesel penyakit yg saya tahu adlh karet mounting body belakang dekat lubang tangki sering melar karena kena solar, baru tahan setelah ganti yg polyurethane merk energy suspension, begitu juga dgn bushing2 per, stabilizer depan, mounting engine dan transmisi juga pake energy suspension.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by jalu »

TS nya kemana ya....kok blm ada responsenya..... :roll:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by gmx »

@ om firawan,
makasih om infonya, belum pernah nyoba bawa CJ atau trooper diesel sih, jadi belum punya bayangan.. di rumah ada taft diesel juga sih, mantep tenaganya

@ om jalu,
nanti jugamuncul lagi, kita ngobrol2 aja
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by maskopat »

om gmx mulai ke lain hati nih... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by reinhard_harley »

om firawan,
dulu ngebengkel jeep CJ7 dieslnya dimana ya?
dulu apakah sdh sempat engine swap pake bighorn? brp ya baiayanya?

thanx
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by jalu »

gmx wrote:@ om firawan,
makasih om infonya, belum pernah nyoba bawa CJ atau trooper diesel sih, jadi belum punya bayangan.. di rumah ada taft diesel juga sih, mantep tenaganya
OOT pisan..

ngomong2 taft...saya gak pernah punya tapi sering pake punya proyek (taft atau hiline), entah apakah krn kondisi mbl yg krg sehat krn dipake kerja, kesan yg saya dapat itu tenaganya cepet memble dan remnya kurang pakem. Itu gak cuma di beberapa unit tapi ya rata2 seperti itu. Sebenernya taft/hiline dlm kondisi sehatnya itu bagus gak sih tenaga & rem nya ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
har
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Nov 16, 2009 4:35

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by har »

wah Terima kasih nih masukannya

Karena kemarin sempat bingung mau beli yang mana karena mobil tersebut mau dipakai untuk tarik horse float.
Karena bebannya berat ( 1 kuda +/_ 500 kg , floatnya bisa bawa 2 , jadi beban kuran lebih 1 ton)

kayaknya FJ saja deh , supaya bandel dan tidak mogok di daerah puncak, repot nanti malam gelap dingin, he he he.

terima kasih
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by firawan6275 »

reinhard_harley wrote:om firawan,
dulu ngebengkel jeep CJ7 dieslnya dimana ya?
dulu apakah sdh sempat engine swap pake bighorn? brp ya baiayanya?

thanx
Wah Om, sayang sekali belum sempat terwujud mimpi engine swapnya. karena dulu mobil ortu. Pas enginenya minta Overhaul dijual. CMIIW, pengamatan sy dimensi Bell Housing (kepala babi) sama dgn trooper/panther. Kemungkinan langsung plek klo pake 4JA1 atau 4JB1.

Klo bengkelnya dulu belum ketemu bengkel Jeep di Palembang, krn enginenya Isuzu pernah bawa ke Beres Isuzu utk overhaul tapi ditolak krn mobilnya Jeep...Heran, dikasih duit kok ga mau, makanya dijual sama ortu setelah jalan 21 thn dan 394 rban km. Paling pernah dua kali ke bengkel khusus cuma buat rekondisi Fuel Injetion Pump (FIP) dan Ganti Nozel. Kalibrasi FIP setiap setahun sekali.

Makanya sekarang ganti Cherokee Limited 96, masih mimpi punya Cherokee 2.5L turbodiesel krn lbh irit, powernya cukup, lebih bandel buat hadapin genangan air dan lebih mudah dirawat dibanding yg bensin.
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by firawan6275 »

jalu wrote:
gmx wrote:@ om firawan,
makasih om infonya, belum pernah nyoba bawa CJ atau trooper diesel sih, jadi belum punya bayangan.. di rumah ada taft diesel juga sih, mantep tenaganya
OOT pisan..

ngomong2 taft...saya gak pernah punya tapi sering pake punya proyek (taft atau hiline), entah apakah krn kondisi mbl yg krg sehat krn dipake kerja, kesan yg saya dapat itu tenaganya cepet memble dan remnya kurang pakem. Itu gak cuma di beberapa unit tapi ya rata2 seperti itu. Sebenernya taft/hiline dlm kondisi sehatnya itu bagus gak sih tenaga & rem nya ?
Pengalaman pake Taft GT 95, Rocky 92, Taft GT Independent 2001 dan Hiline Pick Up 2001 di pertambangan sebenarnya cukup enak untuk dibawa. Klo rem mnrt saya cukupan utk mobil kategori 4WD dan konfigurasi sistem remnya. Memang kalah klo dibanding Dcab sekarang. Akselerasi kalah jauh, konsumsi BBM juga kalah.

Klo dibanding Ford Ranger Dcab XLT thn 2002, 2004 yg pernah dipake, memang utk kenyamanan di aspal keluarga daihatsu ini kalah jauh. Tapi klo untuk dipake di tambang (site PTBA tj enim) lebih yakin pake taft, rocky atau hiline. walaupun kurang nyaman tapi lebih bandel dibanding Ford Ranger. Penyakitnya klo sdh dipake kayak gini bearing di transfer case sering aus dan bunyi mirip suara turbo. Enaknya lagi taft bisa disentak waktu kejebak sedangkan Ranger apalagi 2.5tdi ga bisa, kecuali yg 2,9L msh mendingan.

Partsnya juga lbh murah daihatsu, transmisi juga jauh lebih bandel daihatsu. Kuat diperlakukan kasar dibanding Ranger.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by jalu »

untuk masalah berkubang lumpur saya setuju bahwa taft/hiline lbh oke dibanding dcab...dan memang benar...penyakit bearing, t-case brisik, per daun depan memble udah jadi ciri khas..... tapi ya itu tadi untuk mesin memang relatif....jika lbh apik tentunya performanya bs lbh stabil....hanya rem nya yg bikin saya kadang was2.....

btw..saya blm pernah pake yg independent....di proyek adanya yg rigid semua... :mrgreen:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by diesel mania »

Saya pernah pakai cj 7 diesel produksi tahun 1983 waktu kuliah dulu. emang tampangnya keren,mesin irit pokoknya cocok dengan kantong mahasiswa plus buat mejeng..dia pake mesin isuzu C240 dengan sistem injector yang inline bokan rotary kaya panther c223. pas overhaul ketauan dia pake pistonnya sama plek dengan panther cuma silinder linernya lebih panjang kata toko yg jual ini punyanya forklift ato metromini,buset dah.. dengan langkah piston yg lebih panjang mustinya torsi yg didapat lebih besar dibandingin panther c223 yg lebih pendek,tapi kenyataannya lebih letoi mungkin karena boschpomnya masi inline bukan rotary sama transmisinya kurang cocok karena pake punya yg bensin. dipakein ban 31 buat nanjak di pandaan ke arah malang ga kuat pake gigi 4 musti kadang oper 3 kalo keabisan nafas. Chasisnya lentur abis jd sepertinya kurang kuat,keliatan klo setirnya digoyangin chasisnya ikut menari2. hati2 sama as kopel karena baut pengikatnya cros joint cuma pake 4 baut kecil2. pusing2 kuganti dengan punya elsape yg tanpa baut lgs kuat deh ga perna copot lg. oya,master rem kuganti punya hadrtop n master kopling atas pake punya kijang. gara2 ganti aslinya baru 3 bulan pake jebol lagi, kapok deh pake sparepart aslinya yg made in india. kemudian saya lulus kuliah ganti taft GT 1992, ban 31nya kupindah ga pernah ada masalah dengan power. Buat nanjak ke pandaan bisa lho gigi 5. Cuma memang suspensinya kurang nyaman. Lalu saya menikah dan punya momongan ganti dengan panther hi sporty th 1999 yang lebih nyaman buat si kecil. masi bisa dipakein ban 30,lho.
Diesel in my head
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by firawan6275 »

diesel mania wrote:Saya pernah pakai cj 7 diesel produksi tahun 1983 waktu kuliah dulu. emang tampangnya keren,mesin irit pokoknya cocok dengan kantong mahasiswa plus buat mejeng..dia pake mesin isuzu C240 dengan sistem injector yang inline bokan rotary kaya panther c223. pas overhaul ketauan dia pake pistonnya sama plek dengan panther cuma silinder linernya lebih panjang kata toko yg jual ini punyanya forklift ato metromini,buset dah.. dengan langkah piston yg lebih panjang mustinya torsi yg didapat lebih besar dibandingin panther c223 yg lebih pendek,tapi kenyataannya lebih letoi mungkin karena boschpomnya masi inline bukan rotary sama transmisinya kurang cocok karena pake punya yg bensin. dipakein ban 31 buat nanjak di pandaan ke arah malang ga kuat pake gigi 4 musti kadang oper 3 kalo keabisan nafas. Chasisnya lentur abis jd sepertinya kurang kuat,keliatan klo setirnya digoyangin chasisnya ikut menari2. hati2 sama as kopel karena baut pengikatnya cros joint cuma pake 4 baut kecil2. pusing2 kuganti dengan punya elsape yg tanpa baut lgs kuat deh ga perna copot lg. oya,master rem kuganti punya hadrtop n master kopling atas pake punya kijang. gara2 ganti aslinya baru 3 bulan pake jebol lagi, kapok deh pake sparepart aslinya yg made in india. kemudian saya lulus kuliah ganti taft GT 1992, ban 31nya kupindah ga pernah ada masalah dengan power. Buat nanjak ke pandaan bisa lho gigi 5. Cuma memang suspensinya kurang nyaman. Lalu saya menikah dan punya momongan ganti dengan panther hi sporty th 1999 yang lebih nyaman buat si kecil. masi bisa dipakein ban 30,lho.
Sama Bro..punya saya juga diesel asli thn 83. Blm ada power steering dan belum pake booster rem. Selama pake master rem dan kopling pernah ganti group masing2 satu kali karena silindernya kemakan oleh piston. Tapi diganti dgn yg asli tahan tahunan.
Klo power benar, begitulah karakternya CJ-7 diesel. Harus ganti engine yg lebih kuat baru imbang sama drive train dan bodinya
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by diesel mania »

di surabaya ada temen saya yang udah engine swap cj7 pake punya bighorn 2800cc turbodiesel. Di cak Srundul spesialis jeep di jl. Jemursari dekat lampu merah perempatan jl. Nginden. biayanya sekitar 25-30 jeti. mungkin kalo di jakarta bisa lebih murah lagi.Dan itu sudah termasuk reinforcement chasis+kaki2nya supaya kuat menahan bobot mesin yg jauh lebih besar dan berikut transmisi bighorn. cuma yang disayangkan transfercasenya ga bisa dipake,jadinya 4x2 banci,deh.. tenaga besar nafsu pas2an..
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: cj 7 bensin 4.0 l kuat untuk tanjakan dan towing?

Post by diesel mania »

untuk bro Har saya menyarankan lebih baik pakai toyota hardtop saja karena terbukti kekuatan mesinnya serta kekokohan chasis + kaki2nya. Itu terbukti kalo di bromo kendaraan yang disewakan semuanya hardtop. tanjakan yang curamnya parah enteng aja dilibas. kalo bisa yang mesin bensin aslinya 2F 4200cc,tapi bro Har pengen yang diesel mending cari yang udah di swap pake punya truk dyna,yang ccnya 3600 ato lebih. jgn pake diesel aslinya hardtop. saya pernah coba punya temen saya hardtop diesel asli ternyata bawaannya cuma 2900 sekian ato 3000cc doang. dan tenaganya gak terlalu menjamin juga.. kalo tetap pengen pake Cj 7 banyak yang harus dimodif lagi terutama chasis serta kaki2nya..
Diesel in my head