SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 23 Oct 2014, 20:44

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 70 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 14:21 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 27 Nov 2008, 07:57
Posts: 24
hallo smers...
sekedar uneg-uneg aja nih
saya sehari-hari menggunakan kijang kapsul,rute : cibubur-tol jagorawi-tol dalkot, keluar kuningan-casablangka-sudirman.saya menggunakan kijang dengan alasan bisa muat banyak,karena saya sebagai pemberi tumpangan di nebeng.com. sejak kijang ngambek.saya menggunakan Cherokee ( viewtopic.php?f=12&t=9867)milik istri yang konon haus bbm. Ternyata konsumsi bbm kijang 2.0 dengan Cherokee 4.0 nyaris sama, dengan perbandingan tenaga bagaikan langit dengan bumi :frm_bang_head:
Sebenernya yang salah kijang atau Cherokee? kenapa dengan bbmnya, padahal sama-sama premium ?

mohon penjelasannya para senoir..karena saya sekarang merasa dongkol dengan kijang. :mrgreen:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 14:56 
Offline
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Joined: 12 Jun 2008, 17:46
Posts: 378
pgas wrote:
saya sekarang merasa dongkol dengan kijang. :mrgreen:


kalau dongkol kijangnya jangan dikasih makan rumput ya Om, oooopps..... :big_slap:



:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 16:07 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
Halo juga om pgas.....
Sebelumnya ane doa kan supaya om pgas diberi kesehatan yg baik, murah rezeki dan selalu dalam perlindunganNya :e-pray: karena udah berbaik hati tiap hari ngasih tumpangan...... :mrgreen:

Setau ane kapsul EFI 2.0 emang boros sih....banyak koq yg bilang begitu.....tapi kalo sampe seboros Cherokee sih kali ada yg salah yah? :e-think:
Kalo boleh ane nanya, gimana mengenai riwayat servicenya? Apakah cukup rutin di beres? Atau bisa minta di stel supaya bensin nya ga rakus...... :)


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 16:50 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Dec 2007, 20:33
Posts: 660
emang kijang 2.0 bener-bener kelewat boros BBM nya..... apalagi jika dibandingkan dengan tenaga yang dihasilkanya (bukan diatas kertas, tapi real nya) gw pake escudo 2,0 aja bingung pake kijang Krista 2.0 tenaganya kaga ada lagi..... BtW yang 1.8 juga ga irit kok malah cenderung boros... Escudo 2.0 saya masih bisa 1:10 waktu dibwa kejakarta kemarin.. hm.. cheeroke emang tenaganya sangar yah bos? dapet perbandingan bensin berpa?

_________________
Seeing is believing[*]


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 17:19 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Posts: 2128
Location: Purwokerto
Kalau emang benar dari sononya aku aku milih cheroke aja ...emang FC cheroke berapa nggak di sebutin Om Pags..kalau kijang setahu ane,kebetulan juga pernah piara 1:9 yang 1.800 kalau yang 2000 cc dia atas itu. :mrgreen:

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 17:32 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 13033
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
di kantor bokap ane ada tuh kijang yg biasa dipake buat ngangkut barang, boros seh emang tuh, mesin 1500 cc tapi FC bisa 1:7 atau 6.... tapi kalo soal tenaga jgn ditanya, sering ngangkut barang berat, jangan2 ampe nyerempet 1 ton kali tuh... per nya aja uda sering putus mulu ama bearing oblak... emang kebo tuh mobil....

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 19:41 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 May 2009, 19:38
Posts: 3010
hmmmm... kalo ane make kijang kapsul yang 1.8 karburator, buat PP jakarta - BSD seminggu habis 150rbu, boros gk ya broo semua?????

_________________
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 19:52 
Offline
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 28 Dec 2007, 20:33
Posts: 660
DOHC wrote:
di kantor bokap ane ada tuh kijang yg biasa dipake buat ngangkut barang, boros seh emang tuh, mesin 1500 cc tapi FC bisa 1:7 atau 6.... tapi kalo soal tenaga jgn ditanya, sering ngangkut barang berat, jangan2 ampe nyerempet 1 ton kali tuh... per nya aja uda sering putus mulu ama bearing oblak... emang kebo tuh mobil....


1500cc? itu kijang kotak yah bos? atau kijang super?

_________________
Seeing is believing[*]


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 02 Nov 2009, 20:30 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
hehe pengalaman pribadi dr jaman miara grand extra 1500cc, kapsul lgx 1800cc sampe Innova....FC nya dibawah 1:10 semua....... :mrgreen:

IMO, yang "rada irit" itu kijang kapsul LX (dulu sering pake)....tapi waktu itu larinya cuma 125 kpj...diatas itu udah ngos2an.....mungkin krn LX itu minim fitur bobot ringan dan kayaknya setingan karbu dr pabrikan udah dibikin irit.CMIIW

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 06:14 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 13033
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
DhanZ wrote:
DOHC wrote:
di kantor bokap ane ada tuh kijang yg biasa dipake buat ngangkut barang, boros seh emang tuh, mesin 1500 cc tapi FC bisa 1:7 atau 6.... tapi kalo soal tenaga jgn ditanya, sering ngangkut barang berat, jangan2 ampe nyerempet 1 ton kali tuh... per nya aja uda sering putus mulu ama bearing oblak... emang kebo tuh mobil....


1500cc? itu kijang kotak yah bos? atau kijang super?


kijang kotak bro, sejenis ama super kijang G... cuman yg di kantor bokap itu kayanya lebi jadul lagi soalnya dasboard masi warna oren menyala, bukan nya yg abu2...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 09:01 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
TS pgas perkenankan gw utk ketawa dulu: huahuau...curhat nya ts jadi lucu gini. sorry... :big_peace:

dr model super kijang grand extra 1.8 udah terkenal boros, tapi tenaga gitu2 aja. mungkin pengartian org boros bensinnya sebanyak mobil yg cc lebih besar tp tenaga biasa.
itu udah sampe ke ipah sperti itu. ga tau knp. Gw bicara kijang sehat. temen2 gw yg pk kijang kebykkan bilang boros. (malah ada yg pk kijang model lgx diesel, tp ngeraasa boros).

kalo crq, cc besar, 6cyl, tenaga besar, fc lumayan royal. tp tenaga yg keluar sama bensin yg diminum masih sebanding. kalo pun boros, at least ada hasilnya, mungkin pengartiannya kayak gitu. sst..pak pgas, klo crq bininya dikasih pertamax, pasti lebih irit deh heheh..cuma boros di dompet..

beda teknologi nya udah jauh pak pgas, mungkin disini penyebabnya. hrg baru jg udah beda, hrg ga bo'ong lah.


Last edited by roadtrain99 on 03 Nov 2009, 09:14, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 09:13 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
m4rio wrote:
hmmmm... kalo ane make kijang kapsul yang 1.8 karburator, buat PP jakarta - BSD seminggu habis 150rbu, boros gk ya broo semua?????

pake premium atau apa?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 10:11 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 27 Nov 2008, 07:57
Posts: 24
mandala1 wrote:
Halo juga om pgas.....
Sebelumnya ane doa kan supaya om pgas diberi kesehatan yg baik, murah rezeki dan selalu dalam perlindunganNya :e-pray: karena udah berbaik hati tiap hari ngasih tumpangan...... :mrgreen:

Setau ane kapsul EFI 2.0 emang boros sih....banyak koq yg bilang begitu.....tapi kalo sampe seboros Cherokee sih kali ada yg salah yah? :e-think:
Kalo boleh ane nanya, gimana mengenai riwayat servicenya? Apakah cukup rutin di beres? Atau bisa minta di stel supaya bensin nya ga rakus...... :)


biasa service rutin di auto 2000. kalo telat sehari orang bengkel yang tlp buat ngingetin. sejauh ini gak ada masalah, mesin kering


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 10:22 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 27 Nov 2008, 07:57
Posts: 24
DhanZ wrote:
emang kijang 2.0 bener-bener kelewat boros BBM nya..... apalagi jika dibandingkan dengan tenaga yang dihasilkanya (bukan diatas kertas, tapi real nya) gw pake escudo 2,0 aja bingung pake kijang Krista 2.0 tenaganya kaga ada lagi..... BtW yang 1.8 juga ga irit kok malah cenderung boros... Escudo 2.0 saya masih bisa 1:10 waktu dibwa kejakarta kemarin.. hm.. cheeroke emang tenaganya sangar yah bos? dapet perbandingan bensin berpa?


sorry om Mod, ngomongin cherookee sedikit :big_peace:
cherokee seboros2 nya 1:5 (macet parah di dalkot) paling irit 1:10 tol cipularang keadaan lancar.
jakarta-solo rata2 1:9. (H-5 lebaran kemaren) :mrgreen: 1:5 kalo pas maen lumpur di pondok cabe


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 10:33 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 27 Nov 2008, 07:57
Posts: 24
pgas wrote:
DhanZ wrote:
emang kijang 2.0 bener-bener kelewat boros BBM nya..... apalagi jika dibandingkan dengan tenaga yang dihasilkanya (bukan diatas kertas, tapi real nya) gw pake escudo 2,0 aja bingung pake kijang Krista 2.0 tenaganya kaga ada lagi..... BtW yang 1.8 juga ga irit kok malah cenderung boros... Escudo 2.0 saya masih bisa 1:10 waktu dibwa kejakarta kemarin.. hm.. cheeroke emang tenaganya sangar yah bos? dapet perbandingan bensin berpa?


sorry om Mod, ngomongin cherookee sedikit :big_peace:
cherokee seboros2 nya 1:5 (macet parah di dalkot) paling irit 1:10 tol cipularang keadaan lancar.
jakarta-solo rata2 1:9. (H-5 lebaran kemaren) :mrgreen: 1:5 kalo pas maen lumpur di pondok cabe


sorry ketinggalan: cara itungnya tangki saya penuhin sampe muntah (luber). pake jalan sampe indikator 1/4.isi lagi sampe luber. lalu itung bensin yang di isi tadi sama jarak yang ada di odometer.hasilnya di bagi. ketemu deh hasilnya. (kalo salah mohon di koreksi) :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 12:00 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
Kijang...memang tiada iritnya....eh duanya....... :big_slap:

(*padahal eike jg pake kijang...... :mrgreen: )

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 13:32 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
jalu wrote:
Kijang...memang tiada iritnya....eh duanya....... :big_slap:

(*padahal eike jg pake kijang...... :mrgreen: )

Hehehe..
Tp mas jalu, berarti kan sebagian besar org taulah kijang rada boros kurang tenaga, tp laku. Kira2 dulu pas mas jalu beli, pertimbangannya gimana?
Krn gw pikir nih kijang sampe ipah sakti bgt, boros, tenaga kurang (tp seblm ipah masih mendinglah muatannya lebih byk) tp laku. Kira2 gimana mas jalu?


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 13:57 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 07 May 2008, 21:47
Posts: 2530
Mas pgas

Coba aja sekali2 bw kijang service di bengkel khusus modif mesin. Blm tentu jg mekanik di a2k jago ngoprek.
Mungkin bs coba oli merk lain, upgrade coil, ganti kabel busi, ganti busi merk lain, pk open air filter, bubut flywheel (tp jg byk2) dll, siapa tau lumayan.


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 15:06 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
pgas wrote:
hallo smers...
sekedar uneg-uneg aja nih
saya sehari-hari menggunakan kijang kapsul,rute : cibubur-tol jagorawi-tol dalkot, keluar kuningan-casablangka-sudirman.saya menggunakan kijang dengan alasan bisa muat banyak,karena saya sebagai pemberi tumpangan di nebeng.com. sejak kijang ngambek.saya menggunakan Cherokee ( viewtopic.php?f=12&t=9867)milik istri yang konon haus bbm. Ternyata konsumsi bbm kijang 2.0 dengan Cherokee 4.0 nyaris sama, dengan perbandingan tenaga bagaikan langit dengan bumi :frm_bang_head:
Sebenernya yang salah kijang atau Cherokee? kenapa dengan bbmnya, padahal sama-sama premium ?

mohon penjelasannya para senoir..karena saya sekarang merasa dongkol dengan kijang. :mrgreen:

halo bro... begini ceritanya, karena saya pernah sering pake cherokee juga... saya baca diatas rutenya lebih banyak tol ya? itu wajar jika dibandingkan dengan kijang 2.0 , memang hampir sama. secara power cherokee gede jadi tidak perlu bejek gas terlalu dalem, di tol jelas lebih irit... sedangkan kijang 2.0 keteteran powernya, akan lebih dalem menginjak gasnya jadi lebih agak boros.
tentu keadaan diatas akan mempunyai total FC yang hampir sama...

so, menurut saya.. yg bisa dilakukan adalah tune up ulang kijangnya. minta kepada bengkel langganan utk di'sentuh' modif sedikit utk irit.. (irit ya, bukan performance...) pasti mereka ngerti. selanjutnya perhatikan kondisi air filter dan busi, jika sudah 50% diganti saja. terakhir adalah kondisi ban serta tekanan ban itu sendiri.
then, jangan lupa kaki kanan... sewaktu menginjak gas coba hapalkan karakter power yg dihasilkan, lama2 akan ketemu dan biasa... dalam bahasa gaulnya, kaki kita disekolahin...
sedikit lambat tidak apa2, tapi kita bisa saving rupiah lebih banyak...

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 16:21 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 13145
Location: in your heart
emang FC kijang kapsul 2.0 ini yang wajar berapa ya? :e-think:

_________________
next mods:
uchychan
ak4ng


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 17:06 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Posts: 17286
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
maskopat wrote:
emang FC kijang kapsul 2.0 ini yang wajar berapa ya? :e-think:

tergantung kaki.. hehe std pabrikan claim di 1:8, tapi roadtest di 1:7an, hasil dari tune up agar irit menjadi 1:9-10an dalam kota ya... keluar kota bisa lebih. :)
cherokee di 1:4-5an, jauh lah harusnya kan?... kalo luar kota di 1:7an, kalo kakinya pinter... hehe!

_________________
Image


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 18:48 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
salah satu bengkel dijakarta yang ngetop untuk utak atik mesin kijang K series adalah ERC....menu andalannya adalah dial cam...... :big_peace:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 20:33 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master

Joined: 17 Feb 2009, 11:44
Posts: 7551
^^tapi kan kijang efi 2.0 udah bukan generasi K :big_peace:


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 20:36 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 13033
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
mandala1 wrote:
^^tapi kan kijang efi 2.0 udah bukan generasi K :big_peace:


masi satu saudara ama ipah atau uda lain bapak ibu tuh om meong ??

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
 Profile  
 
PostMessage posted...: 03 Nov 2009, 20:38 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Posts: 13922
Location: jakarta
DOHC wrote:
mandala1 wrote:
^^tapi kan kijang efi 2.0 udah bukan generasi K :big_peace:


masi satu saudara ama ipah atau uda lain bapak ibu tuh om meong ??


nampaknya lain oom,,, vvt-i juga belum,,, :roll:

_________________
Washing > Paint Preparation > Polishing > Protecting > Maintaining


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 70 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 10 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com