SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 02 Sep 2014, 11:15

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 51 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
PostMessage posted...: 09 Oct 2009, 22:47 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 08 Oct 2009, 15:07
Posts: 17
Turboman wrote:
jidan wrote:
Selamat Sore Om2, Perkenalkan Nama saya Jidan.
Saya baru beli Everest TDCi AT, karena memang suka dengan Exteriormya, Mesinnya juga cukup Yahud...
Ada satu permasalahan besar yang mengganjal, masalah Suspensi.
Awalnya suspensi Depan terlalu Lembut, dan Belakang Mengayun kalo di jalan Tol yang


Monggo join : fordcommunityindonesia@yahoogroups.com

Konsul dgn pak Firman G (Joe Black)

Evie TDCi beliau enak dinaekkinnya, suspensi belakangnya udah serasa per keong tetapi tetap stabil buat nikung. Bisa konsul dgn beliau apa2 aja yg udah dilakukan.


Terimakasih Infonya Om, nanti saya coba join ke fordcommunity, mudah2an bisa spt evienya pak Firman.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 07:43 
Online
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12878
Location: in your heart
om jidan, kata temen ane, coba pake lumbar support. mungkin bisa lebih gak capek..

sori kalo udah pernah dijawab, yang pegel bagian mana? semua badan? tapi lebih pegel di mana?

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 08:40 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 08 Oct 2009, 15:07
Posts: 17
Lumbar support ya...bisa dicoba nih.
tapi mobil harus lebih normal dulu om...mudah2an ada jalan keluar. hari ini mau coba ke bengkel Per di kebon nanas.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 09:02 
Online
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12878
Location: in your heart
ok om.. nanti kabar2i di sini ya om...

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 09:27 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 08 Oct 2009, 15:07
Posts: 17
InsyaAllah pasti tak review lagi hasilnya Om...trims


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 11:14 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
om jalu, mo tanya skalian donk, kalo di everest kan system nya upperaxle, nah kalo di underaxle gmana tuh kalo ane mo ngejar empuk dan ga terlalu ngayun...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 16:18 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
DOHC wrote:
om jalu, mo tanya skalian donk, kalo di everest kan system nya upperaxle, nah kalo di underaxle gmana tuh kalo ane mo ngejar empuk dan ga terlalu ngayun...


waduh saya juga awam seluk beluk per daun om poros bubungan ganda di kepala silinder (dohc),info2 diatas cuma saya kutip dr bengkel per, menurut dia baik posisi overaxle atau underaxle itu konstruksi dasar per daun tetap sama, bedanya ada yang bercelah ada jg yang rapet semua, itu tergantung desain dr pabrik mbl tsb. Untuk mbl truk jepang single axle biasanya per blkg dibuat 2 bundle untuk mengakomodasi beban

Masalah kelenturan per daun jg banyak faktornya, selain dari kualitas kelenturan bahan, panjang lembar no 1 (jarak antar gelungan),ketebalan lembaran dan jumlah lapisan. Mobil2 eropa kualitas per daunnya tinggi, empuk dan jarang patah. salah satu contoh mbl per daun yang nyaman adalah volvo 960/s90. CMIIW.

Adapun trik2 modif untuk merubah karakter per daun menurut dia hampir sama, yang paling simpel adalah mengatur/memberi celah, selanjutnya mengganti lembaran atau melepas/menambah jumlah lembaran, rata2 bersifat try n error sih. Ada beberapa mobil yang cukup dng riset bbrp kali sudah ketemu resep yang nyaman, ada jg yang mesti berkali2 rombakan, biasanya mobil2 yang suspensi depannya sangat empuk yang seperti itu.

BTW mobilnya apa nih yang mau dirombak oom...??

Semua info dikutip dari bengkel per....pls koreksi kalo ada yang keliru :big_peace:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 18:02 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
mobil ane panther kotak om jalu.... bantingan blakang agak keras soalnya... pengen lepasin satu tapi takutnya ntar malah jadi mantul2...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 18:47 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
oo panther kotak...hmm menurut bengkel itu panther kotak itu salah satu mbl yang eksperimen per daunnya blm tentu sekali cocok buat konsumen...no offence ya oom dohc.... :big_peace:

jadi gini, karena panther kotak suspensi depannya sangat empuk, sehingga suspensi belakangnya cenderung pasif karena penyesuaian kontur jalan lbh dominan dilakukan yang depan.

Menurut dia kalo mau lbh seimbang, suspensi depannya mesti dibikin agak keras, contohnya dng penggunaan sokbereker yg lbh keras, sehingga suspensi blkg akan lbh aktif (luwes) plus penggantian sokbreker blkg yg lbh empuk. Nah masalahnya blm tentu semua konsumen mau suspensi depannya dibikin agak keras...kalo bisa maunya empuk semua kan...hehehe...

Kalo dibikin empuk semua bisa saja yang blkg dirombak jadi lbh empuk....tapi akibatnya belakang jadi sering mentok stopper meski sudah dipotong, sebab belakang harus dibikin sangat empuk supaya bisa luwes untuk mengimbangi suspensi depan yg sangat empuk....tentunya konsumen jg gak mau kan kalo sering mentok,hehehe....

Yang terbaik supaya nyaman ya ditinggikan, supaya jarak main suspensi leluasa meski diset empuk depan blkg, konsekuensi jadi limbung...jadi pemasangan stabilizer sangat membantu disini, kembali kepada konsumen, apakah mau panthernya jadi empuk tapi lbh limbung,hehehe...

Itulah alasan2 dia kenapa rombak suspensi panther untuk dikatakan "nyaman" susah2 gampang, karena ekspektasi kepuasan konsumen relatif, tinggal kembali kepada om dohc...yang manakah yang masih mendekati ekspektasi ?

monggo dikoreksi kalo ada info yang keliru :big_peace:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 19:08 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
ohh gt tohh... kalo seandai nya jumlah lembaran per nya ane kurangin dan per nya ane bikin agak lurus, kagak melengkung kaya skrg, itu kira2 bikin tambah empuk ga yah ?? btw jenis shock depan yg agak keras apa yah, emang yg depan tuh mengayun banget... maklum lah, mesin diesel berat, bobot neh mobil aja uda 2,1 ton...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 19:21 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 08 Oct 2009, 15:07
Posts: 17
Image

Om Jalu, tadi saya udah kebengkel Per didaerah kebon nanas, Menurut mekaniknya Per Evie tipis semua, jadi ga ideal untuk 2 per paling bawah di bengkokin (kira2 begitu maksudnya mungkin). Solusinya per yang no 2 (terlihat di gambar) diganti dengan yang lebih pendek.

Hasilnya sih sementara ada perubahan positif, sebelumnya kalo lewat polisi tidur, suspensi belakang spt nge-banting, sekarang udah lebih lembut :e-clap: , tapi harus dites di tol yang agak bergelombang.

Pertanyaan saya, apa cukup kuat hanya satu Per yang menanggung beban paling berat, yaitu per no 1 (paling atas).
Mohon masukannya Om.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 19:43 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
@2 poros nok di slinder kop (dohc)

jumlah lembaran dikurangi jelas bisa bikin lbh empuk oom, sementara per yang dipress lurus itu malah akan menjadi lbh kaku...alaminya, per daun yang masih melengkung (kondisi std) itu dlm posisi lentur. Kalo dibilang bahan per daun panther itu keras, ternyata gak juga, buktinya ada kijang kapsul yang diganti lembarannya dengan punya panther krn lbh tipis supaya empuk.

karakter suspensi depan pather yang empuk mengayun banyak yg suka, ada pula yang nggak,hehehe....Kalo memang om dohc mau depannya dibikin keras mungkin bisa dicoba resep ini, SA depan ganti tipe gas yang keras (blh dicoba merek bilstein, boge atau aftermarket lainnya/bahkan ada yang pake SA offroad seperti rancho/procomp supaya efek kerasnya lbh dapet krn bobot moncong panther yang berat), sementara SA blkg ganti yang dbl action dng karakter lbh empuk dr std,(bs dicoba punya kijang kapsul atau subtitusi dr mobil lain), per daun blkg jangan diutak atik dulu tapi stoppernya coba dipotong sedikit (dng catatan ukuran ban masih std).

Mudah2an resep ini bs membantu...mohon maaf kalo misalkan hasil akhirnya masih tidak sesuai dengan ekspektasi om dohc krn ini cuma info dr bengkel...masing2 bengkel kan punya formula yang berbeda....piss... :beer:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:13 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
yg per blakang emang ane ada custom bro dulu, ane tambahin ntuh pernya, soalnya sering banget putus, tapi agak nyesel jg skrg soalnya bantingan keras nya minta ampun, lama2 sakit jg scara jalanan jakarta ancur gt... nah kalo soal lurus dan melengkung itu, aslinya dulu waktu masi baru tuh per emang melengkung, cuman lama2 dia jadi lurus dan mobil jadi turun gt, bantingan sigh malah jadi enak, tapi karena per2 dibawah nya gampang patah makanya ane tambahin...

ok deh bro jalu, ntar kalo sempet ane coba bawa ke tukang per dikotak katik lagi

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:18 
Online
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Posts: 12878
Location: in your heart
jidan wrote:
Om Jalu, tadi saya udah kebengkel Per didaerah kebon nanas, Menurut mekaniknya Per Evie tipis semua, jadi ga ideal untuk 2 per paling bawah di bengkokin (kira2 begitu maksudnya mungkin). Solusinya per yang no 2 (terlihat di gambar) diganti dengan yang lebih pendek.

Hasilnya sih sementara ada perubahan positif, sebelumnya kalo lewat polisi tidur, suspensi belakang spt nge-banting, sekarang udah lebih lembut :e-clap: , tapi harus dites di tol yang agak bergelombang.

Pertanyaan saya, apa cukup kuat hanya satu Per yang menanggung beban paling berat, yaitu per no 1 (paling atas).
Mohon masukannya Om.


wah, seru nih tret... ane pantau aja deh...
tapi om, waktu belum dirombak, yang megang ke sasis juga cuman per paling atas kan? harusnya sih kuat2 aja.. tapi dipantau aja takut kalau2 jadi bengkok...

_________________
SL 82 4G33 Dark Brownies and Coffee Milk... Yummiiee

ayo dipilih... dipilih... next Momod...
viewtopic.php?f=18&t=13587


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:22 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
@jidan :

seneng rasanya kalo solusi everest nya sudah bisa terpecahkan.... :off_good_job:
seperti yang saya jelaskan sebelumnya bengkel per punya 1001 macam solusi untuk merombak per daun,terus terang malah saya juga super awam untuk masalah per daun oom.... :big_peace:

terlihat dr konstruksi ini selain per pengganti lbh pendek dan sepertinya lembaran baru ini lbh tipis ya ? :e-think:
Kalo benar lbh tipis, berarti karakternya jg lbh lentur.CMIIW. Pendeknya per kedua akan membuat lembaran 1 lbh elastis karena titik tumpunya bergeser. Mengenai pertanyaan om jidan ttg apakah kuat jika hanya lembar nmr 1 yang menanggung beban, mungkin jawabannya seperti ini oom....beban kendaraan memang bertumpu di lembar nmr 1, tetapi dibawahnya kan ada lapisan2 lembaran lain yang menyokongnya. CMIIW

Hanya yang mesti di perhatikan setelah rombakan ini (setelah bbrp waktu) apakah ada deformasi (perubahan bentuk) di lembaran 1, mengingat titik tumpu lembaran ke 2 sudah bergeser (krn lembar 2 lbh pendek) dan saya notice dr foto ini...sudah ada renggang antara lembar 1 & 2, posisinya diantara clamp penjaga, idealnya mesti tetap bersusun rapat. Mudah2an aja tidak ada masalah untuk kedepannya. Aminn..... :big_peace:

Mohon dikoreksi kalo ada yang keliru..piss... :beer:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:25 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
kalo soal lembar ke 1 itu, dulu di panther ane aslinya dari pabrik yg per ke 2 nya tuh jg pendek banget koq, skilas malah cuman kliatan yg ke 1 doank, tapi ampe ari ini masi utuh koq, malah per yg ke 2 dan ke 3 yg putus duluan... soal kuat dan ga kuat, kan bukanya si shockbreaker tabung jg bantu nahan yah beban nya :e-think: :e-think:

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:39 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
DOHC wrote:
yg per blakang emang ane ada custom bro dulu, ane tambahin ntuh pernya, soalnya sering banget putus, tapi agak nyesel jg skrg soalnya bantingan keras nya minta ampun, lama2 sakit jg scara jalanan jakarta ancur gt... nah kalo soal lurus dan melengkung itu, aslinya dulu waktu masi baru tuh per emang melengkung, cuman lama2 dia jadi lurus dan mobil jadi turun gt, bantingan sigh malah jadi enak, tapi karena per2 dibawah nya gampang patah makanya ane tambahin...

ok deh bro jalu, ntar kalo sempet ane coba bawa ke tukang per dikotak katik lagi


setelah sekian lama sebenernya yang membuat terasa lbh empuk bukan krn bentuknya yang makin lurus, tapi karena rigiditas sudah menurun (makin lentur), logikanya per makin lentur tentunya jadi makin turun krn "daya tolak"nya menurun.CMIIW. Salah satu karakter per daun adalah semakin lama semakin turun, sama seperti atlit, perdaun jg ada perlu diurut secara berkala untuk mengembalikan posisinya, yaitu dibongkar dan dipress ulang sehingga ketinggian kembali keposisi semula dan susunan lembarannya dirapikan kembali.CMIIW

piss..... :beer:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:42 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
tp masalahnya skrg, stelah tuh per custom ala ane, yg uda ane pake selama 3 taon ini kaga mau turun2 jg, dan masi tetep keras bantingan nya... ampun dehh

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 20:46 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
DOHC wrote:
tp masalahnya skrg, stelah tuh per custom ala ane, yg uda ane pake selama 3 taon ini kaga mau turun2 jg, dan masi tetep keras bantingan nya... ampun dehh


hehehe....mungkin krn sudah lebih keras jadi turunnya jg cuma sedikit2 (gak drastis).CMIIW. :big_peace:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 21:02 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
sip bearti next step yg musti ane coba itu, cabut tuh per tambahan back to default, ganti shock tabung dgn yg double action macam kayaba, kalau kayaba yg warna kuning itu jenis apa yah, sering ane liat tuh dipake...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 21:13 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
kayaba kuning...?? apa maksudnya kayaba ultra oom...?? :e-think:

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 21:23 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
wah ga tau tuh om pramuka, yg ane tau sigh dia body nya full kuning color smua...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 21:55 
Offline
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic

Joined: 08 Oct 2009, 15:07
Posts: 17
jalu wrote:
@jidan :

seneng rasanya kalo solusi everest nya sudah bisa terpecahkan.... :off_good_job:
seperti yang saya jelaskan sebelumnya bengkel per punya 1001 macam solusi untuk merombak per daun,terus terang malah saya juga super awam untuk masalah per daun oom.... :big_peace:

terlihat dr konstruksi ini selain per pengganti lbh pendek dan sepertinya lembaran baru ini lbh tipis ya ? :e-think:
Kalo benar lbh tipis, berarti karakternya jg lbh lentur.CMIIW. Pendeknya per kedua akan membuat lembaran 1 lbh elastis karena titik tumpunya bergeser. Mengenai pertanyaan om jidan ttg apakah kuat jika hanya lembar nmr 1 yang menanggung beban, mungkin jawabannya seperti ini oom....beban kendaraan memang bertumpu di lembar nmr 1, tetapi dibawahnya kan ada lapisan2 lembaran lain yang menyokongnya. CMIIW

Hanya yang mesti di perhatikan setelah rombakan ini (setelah bbrp waktu) apakah ada deformasi (perubahan bentuk) di lembaran 1, mengingat titik tumpu lembaran ke 2 sudah bergeser (krn lembar 2 lbh pendek) dan saya notice dr foto ini...sudah ada renggang antara lembar 1 & 2, posisinya diantara clamp penjaga, idealnya mesti tetap bersusun rapat. Mudah2an aja tidak ada masalah untuk kedepannya. Aminn..... :big_peace:

Mohon dikoreksi kalo ada yang keliru..piss... :beer:


Trims Om Jalu atas saran2nya yang ok punya. Mudah2an ga bermasalah nantinya. dan mudah2an setingannya udah pas buat saya...jadi ga perlu kebengkel untuk urusan yang sama...
nanti saya review lagi setelah long trip test...trims all.


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 22:31 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 16 Jun 2009, 15:17
Posts: 7990
DOHC wrote:
wah ga tau tuh om pramuka, yg ane tau sigh dia body nya full kuning color smua...


maksudnya yang ini bukan oom...?? :e-think:

Image

_________________
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 10 Oct 2009, 22:40 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
bentuk nya mirip kaya gt om pramuka, tapi warna kuning nya lebi terang..

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 51 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: sukribo and 27 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com