2010 Toyota 4Runner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:kalo ane lihat si 4runner sih mungkin gak terlalu masalah karena mobil ini tidak ditargetkan sebagai mobil tempur seperti prado..
kalo prado lama top dah, banyak dipake di medan tempur, seperti hilux.. kalo yang baru, yang sudah banyak elektroniknya, kita tunggu aja perkembangannya..
Yah liatnya dr mana ya....jelas2 4Runner/Prado udah platform sama, mesin sama, elektronik banyak mirip2 - kok bisa bilang 4Runner bukan buat "tempur" seperti Prado :P Baca dong press releasenye...

Ya itu lah namanya perkembangan jaman...kalo mau gak pake pernik2 elektronik - beli aja mobil thn 60an :mrgreen:
bener om.. platform dan based nya sama.. teknologi juga sama.. ane gak ragu kalo 4runner tempur... tapi kalo ane lihat di tipi, jarang lihat 4runner oleh UN atau sebagai mobil dinas perang... beda sama prado, LC yang wara wiri di medan perang bareng patrol, hilux...

makanya om, kita lihat aja kemampuan elektroniknya. semoga emang dapat diandalkan di medan off road soft to medium selama 10 tahun.. karena biasanya mobil SUV badak gini life cyclenya cukup panjang, antara 5-10 tahun... seharusnya dalam umur life cycle dia, mobil ini belum ada masalah yang berarti dengan sesuai peruntukannya.. bahkan melebihi peruntukannya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: Bandinginnya sama Fortuner 4.0 dong kalo mau main 4.0 bro billy :D...masa 2.7 diadu sama 4.0 :P

Soal kelas saya setuju. Ladder frame kalo pake besi letoy ya gak ada gunanya juga. Makanya liat asal usul mobil itu juga...FISS CR-V gak bisa disamain dgn FISS Pajero...peruntukannya udah beda. Skrg kalo diliat di mobil kelas 300-400 juta baru yg mumpuni di ajak kasar ya trio Fortuner/Pajero Sport/Everest. Asal usul jelas tangguh dari Hilux/Triton/Ranger, ada 4WD low gear.

Cherokee, Pajero, Range Rover kan bukan pure unibody lagi..tapi reinforced unibody. Mereka menggabungkan advantages dari unibody DAN ladder frame...gesit seperti unibody, rigid seperti ladder frame. Sepertinya Toyota lebih konservatif - SUV badaknya PASTI ladder frame, dr Fortuner sampe LX470.
bener, toyota konservatif di sasis, tapi berani dengan elektroniknya.. berarti toyota sudah ketemu racikan elektronik yang tangguh... we'll see..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by mandala1 »

maskopat wrote: kalo ABS, ECU mesin, mungkin udah cukup bagus..
tapi yang ngontrol drive train ini yang masih ragu.. mudah2an gak masalah yah...
Wekekeke......kalo mitsu yg bikin, masih ragu gak om? :e-think: :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
maskopat wrote: kalo ABS, ECU mesin, mungkin udah cukup bagus..
tapi yang ngontrol drive train ini yang masih ragu.. mudah2an gak masalah yah...
Wekekeke......kalo mitsu yg bikin, masih ragu gak om? :e-think: :mrgreen:
makin yakin dong... soalnya mitsubishi electric, mitsubishi heavy industry itu punya nama besar di bisnis international..

kalo toyota electric.. ane belon pernah denger tuh... atau toyota heavy industry, kayaknya gak ada deh.. paling fuji heavy industry yang bikin subaru... :mrgreen: :mrgreen:

:ungg: :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
mandala1 wrote:
maskopat wrote: kalo ABS, ECU mesin, mungkin udah cukup bagus..
tapi yang ngontrol drive train ini yang masih ragu.. mudah2an gak masalah yah...
Wekekeke......kalo mitsu yg bikin, masih ragu gak om? :e-think: :mrgreen:
makin yakin dong... soalnya mitsubishi electric, mitsubishi heavy industry itu punya nama besar di bisnis international..

kalo toyota electric.. ane belon pernah denger tuh... atau toyota heavy industry, kayaknya gak ada deh.. paling fuji heavy industry yang bikin subaru... :mrgreen: :mrgreen:

:ungg: :ungg:
Kalo Toyota gak punya nama besar ya di bisnis internasional...kan cuman THE LARGEST COMPANY IN JAPAN.... :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

balik lagi ke chassis... ada komentar tentang video ini?
http://www.youtube.com/watch?v=hgsr4xVRLTI
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:balik lagi ke chassis... ada komentar tentang video ini?
http://www.youtube.com/watch?v=hgsr4xVRLTI
Mau komentar apa lagi sih...udah dibahas 100 kali Discovery gak pake unibody murni, tapi campuran seperti abangnya Range Rover. Namanya Integrated Body Frame (IBF). Jeep punya istilah Uniframe, di Pajero lain lagi istilahnya.
In the IBF the body, the engine bay and passenger compartment is built as a monocoque, which is mated to a basic ladder-chassis holding the gearbox and suspension. It claimed to combine the virtues of both systems, but does make the Discovery 3 uncommonly heavy for its size stunting on-road performance and off-road agility, especially in soft ground such as sand.
http://en.wikipedia.org/wiki/Land_Rover_Discovery
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by mandala1 »

maskopat wrote: makin yakin dong... soalnya mitsubishi electric, mitsubishi heavy industry itu punya nama besar di bisnis international.
.
Hehehe......lucu juga merk mobil sama kayak merk kulkas :mrgreen:
maskopat wrote:kalo toyota electric.. ane belon pernah denger tuh... atau toyota heavy industry, kayaknya gak ada deh.. paling fuji heavy industry yang bikin subaru... :mrgreen: :mrgreen:
:ungg: :ungg:
pernah denger merk Denso? punya siapa yah? :e-whistle: :e-whistle:
Last edited by mandala1 on Mon Sep 28, 2009 17:14, edited 1 time in total.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
maskopat wrote: makin yakin dong... soalnya mitsubishi electric, mitsubishi heavy industry itu punya nama besar di bisnis international..

kalo toyota electric.. ane belon pernah denger tuh... atau toyota heavy industry, kayaknya gak ada deh.. paling fuji heavy industry yang bikin subaru... :mrgreen: :mrgreen:

:ungg: :ungg:
Hehehe......lucu juga merk mobil sama kayak merk kulkas :mrgreen:
sama lah dengan merk kulkas yang terpampang di bekhu, crane, bulldozer.... hitachi...
atau merk chips yang di alat2 berat... hyundai... :mrgreen: :mrgreen:

untung merk coco chips gak dipasang di truk... :ungg: :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by mandala1 »

maskopat wrote: sama lah dengan merk kulkas yang terpampang di bekhu, crane, bulldozer.... hitachi...
atau merk chips yang di alat2 berat... hyundai... :mrgreen: :mrgreen:

untung merk coco chips gak dipasang di truk... :ungg: :ungg:
Ooowww......jelas beda donk ;) Hitachi emang concern nya di elektronik n kemudian berkembang merambah ke industri alat2 berat, setidaknya ga aneh dimata ane,,
tapi kalo liat "kulkas ngebut" ini yg kadang bikin ane geli sendiri :upss:
cowcool
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by cowcool »

is it just me? Mirip dengan fortuner yang dikotakkan
ReviewDong.com - Review Mobil dan Produk | DepotKantor.com
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by firawan6275 »

FortunerMan wrote: Kalo Toyota gak punya nama besar ya di bisnis internasional...kan cuman THE LARGEST COMPANY IN JAPAN.... :mrgreen:
CMIIW... Mungkin tdk ada pabrikan di dunia yg membuat sendiri semua komponen utk mobil produknya. Kebanyakan diserahkan ke Vendor untuk membuatnya,Klo dibuat sendiri kebayang betapa ribed dan besar investasi yg perlu ditanam.Klo diperhatikan rata2 komponen elctric khususnya Jepang dibuat oleh Denso terutama Toyota. Sedangkan spec biasanya pabrikan yg menentukan,pastinya std kualitasnya ketat krn pabrikan seperti Toyota sgt konsen dgn hal ini.

IMO...sy ga kerja di toyota ataupun afilisasinya, tapi hrs diakui bahwa Toyota bisa menjadi gurita seperti sekarang krn memang proses produksi dan kualitas mrk layak dipercaya walaupun ada beberapa produknya yg memiliki defect namun jumlahnya bisa dibilang sgt sedikit dibandingkan total produksinya.

Walaupun ane pencinta jeep tulen, tapi klo urusan ini ane angkat jempol buat Toyota..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
maskopat wrote: sama lah dengan merk kulkas yang terpampang di bekhu, crane, bulldozer.... hitachi...
atau merk chips yang di alat2 berat... hyundai... :mrgreen: :mrgreen:

untung merk coco chips gak dipasang di truk... :ungg: :ungg:
Ooowww......jelas beda donk ;) Hitachi emang concern nya di elektronik n kemudian berkembang merambah ke industri alat2 berat, setidaknya ga aneh dimata ane,,
tapi kalo liat "kulkas ngebut" ini yg kadang bikin ane geli sendiri :upss:
tapi kan concern mitsu nambah pundi2 uang om dal... :big_peace: :big_peace:

hahaha... kalo kulkas kan mitsu elektrik... kalo ngebut mitsu motor... kalo truk, mitsu heavy industry...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

FortunerMan wrote:
Ya itu keuntungannya unibody kan...relatif lebih ringan. Keuntungannya ladder frame ada juga. Kalau mau the best of both sides, digabungkan seperti di XJ, Pajero, dan RR. Jadi kategorinya ada 3.
1. Unibody/monokok
2. Body on frame/ladder frame (Landcruiser, G-Class, Patrol, Pathfinder, 4Runner)
3. Campuran (XJ, Pajero, dan Range Rover...dan..Grand Vitara)

Yang saya mau tau kategori no.1...mana yang bisa dikategorikan SUV tulen? Touareg? Q7?
maksudnya suv tulen tu apa ya om?

klw definisi sya sih... sebuah SUV harus capable d habitat aslinya maka sya bilang, dri pada lihat sasis lebih enak lihat kaki2nya rigid atw independen.

ini yg berhubungan langsung ke performa dan durabilitas d habitat sebenernya SUV. klw sasis sih, asal bukan di bawa kompetisi super extrime atw metalnya yg lelah dmakan umur.dlm oprut biasa apalgi daily use sangat jarang sekali bermasalah kec tabrkaan tentunya. jd buat apa di perdebatkan? justru kaki2 yang sering jadi biang keladi masalah.

apa lgi skrng perbedaan ladder dan unibody sudah tdk terlalu signifikan.ladder sudah bisa di buat senyaman monokok,dan monokok sudah bisa di buat kuat. keduanya saling berusaha menutup kelemahannya.

mungkin penggunaan ladder atw tidak skrng sudah kearah efisiensi produksi dan marketing strategy saja. agar memungkinkan dari 1 platform sasis ladder di buat jd beberapa mobil ntah itu imv/hilux atw yg dri tacoma apalgi toyota yg demen bngt bikin varian mobil yg beda body dgn beragam market segment walau sebenernya platformnya sama. klw semua unibody pasti jadi mahal bikinnya karena bakal lebih sulit di kebangkan jadi beberapa mobil yg beda, baik bentuk hingga fungsi.

jd gw kira jaman skrng yg layak disebut SUV tulen karena masih berorientasi ke fungsi awalnya. tinggal jimny,nissan patrol,lc70,wrangler JK,defender,gclass dll........ yg lain sudah masuk hitungan kompromi dgn asphalt use.

terus point 3, itu klw di pikir2 sya kira itu wujud evolusi n akal2an enginer agar monokok bisa sekuat ladder dan tetep senyaman monokok.... jadi walau konstruksinya beda dgn monokok pada umumnya, tapi tetap ada Ciri Utama monokok dmn body dan sasis menjadi satu kesatuan,sehingga gmnpun juga tetep di katagory kan monokok juga, atw evolusi dri monokok.

walau d point XJ aga nyeleneh hehe.... ada monokok tpi jadi pickup.
Image
The Comanche is a monocoque (unibody) vehicle, an unusual form of truck design. Jeep designers based its body, styling, and suspension on the Cherokee, which had been introduced for the 1984 model year.
AMC's Jeep engineering staff designed a subframe that connected to the modified Cherokee unibody structure to support the cargo box. Two such subframes were designed; one for the long-bed model, which appeared first, and a second, shorter version for the short-bed, which debuted for 1987.
unique unibody design since XJ first introduce in 1984.

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

IMO, SUV tulen = 4x4, masih 4x2 yah banci juga.

kebanyakan SUV ladder lahir dari truk dan pickup, terutama amrik dan negara2 lain, biar bisa share dgn produk pick-up dan truk nya dimana market ini populer bisa2 40%, juga untuk bisnis the Big3.
SUV monokok dan unibody construction, diluar amrik didimonasi terutama eropa dan jepang yg concern dgn bobot, aerodynamic, sedan comfort, hi-speed ability, performa superior, handling, ride, dan terutama environment. ide mereka lahir mungkin, untuk konsumen yg kebanyakan mengemudi sendiri atau berdua termasuk kita sendiri, membawa kendaraan berbobot 2 ton dgn heavyweight engine sehari2 tentu kurang efisien.
disamping kebanyakan pemilik kendaraan ini mempunyai anggota keluarga 4 orang dgn sudah memiliki lebih dari 1 atau 2 mobil.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

billyd1773dz wrote: monokok sudah bisa di buat kuat. keduanya saling berusaha menutup kelemahannya.

mungkin penggunaan ladder atw tidak skrng sudah kearah efisiensi produksi dan marketing strategy saja. agar memungkinkan dari 1 platform sasis ladder di buat jd beberapa mobil ntah itu imv/hilux atw yg dri tacoma apalgi toyota yg demen bngt bikin varian mobil yg beda body dgn beragam market segment walau sebenernya platformnya sama. klw semua unibody pasti jadi mahal bikinnya karena bakal lebih sulit di kebangkan jadi beberapa mobil yg beda, baik bentuk hingga fungsi.

terus point 3, itu klw di pikir2 sya kira itu wujud evolusi n akal2an enginer agar monokok bisa sekuat ladder dan tetep senyaman monokok.... jadi walau konstruksinya beda dgn monokok pada umumnya, tapi tetap ada Ciri Utama monokok dmn body dan sasis menjadi satu kesatuan,sehingga gmnpun juga tetep di katagory kan monokok juga, atw evolusi dri monokok.
Rigiditas Touareg lalu cukup untuk tarik Boeing, most SUV sedan based pun (tapi tetep tanpa mengutamakan locking diff & low gear), sudah mengalami reinforced dimana2 untuk torsional dan bending rigidity.
more than skin deep, sebagian menggunakan high tensile steel kuat daripada steel dan bisa dikombinasikan dgn bagian2 aluminum untuk efisiensi lebih jauh lagi. disini ada bagian2 'dijahit' bahkan tanpa las titik dgn ketebalan berbeda2 per bagian penting demi reduce bobot sekaligus improve crumple zones.
masalahnya, monokok & unibody construction hampir tidak feasible untuk dibuat produksi skala kecil, kecuali sebagian & porsche yg bisa yah ini mobil sport.
Biaya setup peralatan monokok & unibody construction begitu mahal, perlu mesin stamping massive dan banyak pekerjaan robotic2 moulding mahal, bahkan sebagian adopsi laser welding.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by mandala1 »

maskopat wrote: tapi kan concern mitsu nambah pundi2 uang om dal... :big_peace: :big_peace:
Nah.....kalo yg ini ane setubuh dah.... :e-dance: :e-dance:
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:
Ya itu keuntungannya unibody kan...relatif lebih ringan. Keuntungannya ladder frame ada juga. Kalau mau the best of both sides, digabungkan seperti di XJ, Pajero, dan RR. Jadi kategorinya ada 3.
1. Unibody/monokok
2. Body on frame/ladder frame (Landcruiser, G-Class, Patrol, Pathfinder, 4Runner)
3. Campuran (XJ, Pajero, dan Range Rover...dan..Grand Vitara)

Yang saya mau tau kategori no.1...mana yang bisa dikategorikan SUV tulen? Touareg? Q7?
maksudnya suv tulen tu apa ya om?

klw definisi sya sih... sebuah SUV harus capable d habitat aslinya maka sya bilang, dri pada lihat sasis lebih enak lihat kaki2nya rigid atw independen.

ini yg berhubungan langsung ke performa dan durabilitas d habitat sebenernya SUV. klw sasis sih, asal bukan di bawa kompetisi super extrime atw metalnya yg lelah dmakan umur.dlm oprut biasa apalgi daily use sangat jarang sekali bermasalah kec tabrkaan tentunya. jd buat apa di perdebatkan? justru kaki2 yang sering jadi biang keladi masalah.

apa lgi skrng perbedaan ladder dan unibody sudah tdk terlalu signifikan.ladder sudah bisa di buat senyaman monokok,dan monokok sudah bisa di buat kuat. keduanya saling berusaha menutup kelemahannya.

mungkin penggunaan ladder atw tidak skrng sudah kearah efisiensi produksi dan marketing strategy saja. agar memungkinkan dari 1 platform sasis ladder di buat jd beberapa mobil ntah itu imv/hilux atw yg dri tacoma apalgi toyota yg demen bngt bikin varian mobil yg beda body dgn beragam market segment walau sebenernya platformnya sama. klw semua unibody pasti jadi mahal bikinnya karena bakal lebih sulit di kebangkan jadi beberapa mobil yg beda, baik bentuk hingga fungsi.

jd gw kira jaman skrng yg layak disebut SUV tulen karena masih berorientasi ke fungsi awalnya. tinggal jimny,nissan patrol,lc70,wrangler JK,defender,gclass dll........ yg lain sudah masuk hitungan kompromi dgn asphalt use.

terus point 3, itu klw di pikir2 sya kira itu wujud evolusi n akal2an enginer agar monokok bisa sekuat ladder dan tetep senyaman monokok.... jadi walau konstruksinya beda dgn monokok pada umumnya, tapi tetap ada Ciri Utama monokok dmn body dan sasis menjadi satu kesatuan,sehingga gmnpun juga tetep di katagory kan monokok juga, atw evolusi dri monokok.

walau d point XJ aga nyeleneh hehe.... ada monokok tpi jadi pickup.
Image
The Comanche is a monocoque (unibody) vehicle, an unusual form of truck design. Jeep designers based its body, styling, and suspension on the Cherokee, which had been introduced for the 1984 model year.
AMC's Jeep engineering staff designed a subframe that connected to the modified Cherokee unibody structure to support the cargo box. Two such subframes were designed; one for the long-bed model, which appeared first, and a second, shorter version for the short-bed, which debuted for 1987.
unique unibody design since XJ first introduce in 1984.

cmiiw

thx
:beer:
Maksud saya SUV tulen = SUV badak. Itu istilah saya aja....bukan berarti CR-V atau Harrier bukan SUV. Mari saya ganti pake istilah "SUV badak", yang bisa dipake kerja....dipake off road (tentu bukan kompetisi...tapi abuse jalanan hancur secara terus2an). Tentu semacam CR-V dan Harrier out dari kategori SUV badak.

Nah, Jeep sudah pake design unik diatas sejak 1984 - makanya dari atas saya bilang (dan bro billy juga bilang), dia bukan PURE unibody - tapi diperkuat dengan sub-FRAME, sehingga dia "unik". Land Rover Discovery dan Range Rover juga bukan PURE unibody dengan IBF nya - prinsipnya kan sama, menggabungkan unibody dengan frame - hasilnya adalah kategori no.3 diatas, alias kategori campur2 atau "unik".

Yang pure unibody kan CR-V, RAV4, Harrier, Highlander. Yang pure ladder frame kan Landcruiser, G-Class, Patrol, Wrangler.

Yang saya pengen tahu ada nggak pure unibody yang bisa dikategorikan SUV badak? Pure unibody tanpa dibantu/diperkuat dengan ditambah sub-frame. Apa Touareg/Cayenne/Q7 itu pure unibody...itu yang saya pengen tau.
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

GTR wrote:IMO, SUV tulen = 4x4, masih 4x2 yah banci juga.

kebanyakan SUV ladder lahir dari truk dan pickup, terutama amrik dan negara2 lain, biar bisa share dgn produk pick-up dan truk nya dimana market ini populer bisa2 40%, juga untuk bisnis the Big3.
SUV monokok dan unibody construction, diluar amrik didimonasi terutama eropa dan jepang yg concern dgn bobot, aerodynamic, sedan comfort, hi-speed ability, performa superior, handling, ride, dan terutama environment. ide mereka lahir mungkin, untuk konsumen yg kebanyakan mengemudi sendiri atau berdua termasuk kita sendiri, membawa kendaraan berbobot 2 ton dgn heavyweight engine sehari2 tentu kurang efisien.
disamping kebanyakan pemilik kendaraan ini mempunyai anggota keluarga 4 orang dgn sudah memiliki lebih dari 1 atau 2 mobil.
G-Class, SUV terganas Eropa...ladder frame. Landcruiser, Patrol...SUV2 terganas Jepang, ladder frame. Yang mau badak, unibody/monokok DIGABUNG dengan frame seperti Cherokee, RR, Discovery (uniframe, integrated body frame).

Apakah Touareg/Cayenne itu pure unibody - gak tau juga belon pernah liat kolongnya - kalo iya berarti harus ke kelas harga itu baru pure unibody bisa di bilang badak.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

FortunerMan wrote:Pure unibody tanpa dibantu/diperkuat dengan ditambah sub-frame. Apa Touareg/Cayenne/Q7 itu pure unibody...itu yang saya pengen tau.
Mungkin frame yg welded menyatu ke body kalo maksudnya bro FM untuk integrated frame..bukan sub-frame.
sub-frame itu frame kecil dudukan suspensi bisa di bagian suspensi depan bisa di bagian suspensi belakang, jadi ga langsung semuanya arm konek ke lantai kendaraan. bisa ada / kebanyakan duduk di monokok, misal pada kebanyakan mobil eropa untuk isolasi NVH permukaan jalan.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote: G-Class, SUV terganas Eropa...ladder frame. Landcruiser, Patrol...SUV2 terganas Jepang, ladder frame. Yang mau badak, unibody/monokok DIGABUNG dengan frame seperti Cherokee, RR, Discovery (uniframe, integrated body frame).

Apakah Touareg/Cayenne itu pure unibody - gak tau juga belon pernah liat kolongnya - kalo iya berarti harus ke kelas harga itu baru pure unibody bisa di bilang badak.
di eropa sebenernya masih ada defender... merk2 lain kurang tahu.. kalo rusia punya, udah kayak panser.. :mrgreen: :mrgreen:

ane gak yakin sih touareg pure monokok.. kemungkinan udah direinforced.. apalagi katanya bisa narik boeing.

kayak youtube disco itu, si disco bisa nahan 3 SUV yang beratnya kita anggap aja masing2 2 ton.. jadi si disco nahan 6 ton lebih secara vertikal.. plus bobot disconya sendiri di bagian penggantung di belakang. jadi sekitar 8 ton..
tapi ini kan test dengan beban statik. bukan beban kejut yang lazim terjadi di kendaraan. entah karena tabrakan atau terguling.

btw, patrol baru masih ladder ya? kalo pathfinder rasanya udah monokok kalo gak salah.. cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by DOHC »

mandala1 wrote:
maskopat wrote: tapi kan concern mitsu nambah pundi2 uang om dal... :big_peace: :big_peace:
Nah.....kalo yg ini ane setubuh dah.... :e-dance: :e-dance:
ternyata om meong... sales mitsu dan toyota yah.. :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Nah apalagi tuh Defender, dedengkotnya ladder frame dari dulu. Patrol ya ladder frame, generasi ke depan pun tetap ladder frame. Pathfinder itu Navarra dikasi body...alias ladder frame - tapi generasi berikut pake unibody, gak tau pake sub-frame atau pure unibody. Pathfinder ini...sepertinya Nissan gak tau mau kemana. Generasi 1 ladder frame, Gen 2 unibody, Gen 3 balik ladder frame....gen berikutnya, balik ke unibody...maunya apa sih :P
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Nah apalagi tuh Defender, dedengkotnya ladder frame dari dulu. Patrol ya ladder frame, generasi ke depan pun tetap ladder frame. Pathfinder itu Navarra dikasi body...alias ladder frame - tapi generasi berikut pake unibody, gak tau pake sub-frame atau pure unibody. Pathfinder ini...sepertinya Nissan gak tau mau kemana. Generasi 1 ladder frame, Gen 2 unibody, Gen 3 balik ladder frame....gen berikutnya, balik ke unibody...maunya apa sih :P
maunya??? bikin bingung om FM... :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

GTR wrote:
FortunerMan wrote:Pure unibody tanpa dibantu/diperkuat dengan ditambah sub-frame. Apa Touareg/Cayenne/Q7 itu pure unibody...itu yang saya pengen tau.
Mungkin frame yg welded menyatu ke body kalo maksudnya bro FM untuk integrated frame..bukan sub-frame.
sub-frame itu frame kecil dudukan suspensi bisa di bagian suspensi depan bisa di bagian suspensi belakang, jadi ga langsung semuanya arm konek ke lantai kendaraan. bisa ada / kebanyakan duduk di monokok, misal pada kebanyakan mobil eropa untuk isolasi NVH permukaan jalan.
Maksud ane seperti Range Rover dengan IBF nya
In the IBF the body, the engine bay and passenger compartment is built as a monocoque, which is mated to a basic ladder-chassis holding the gearbox and suspension. It claimed to combine the virtues of both systems, but does make the Discovery 3 uncommonly heavy for its size stunting on-road performance and off-road agility, especially in soft ground such as sand.
http://en.wikipedia.org/wiki/Land_Rover_DiscoveryGak bisa kan Discovery/Range Rover dibilang pure unibody? Jelas2 ada ladder framenya juga. Cherokee dan Pajero juga mirip2 prinsipnya. Nah ada gak SUV badak yg pake monokoknya aja, gak pake frame lagi dibawahnya - sepertinya hanya Touareg/Cayenne/Q7 saja, itupun saya gak pasti...makanya nanya.
Last edited by FortunerMan on Tue Sep 29, 2009 4:06, edited 2 times in total.