2010 Toyota 4Runner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by jalu »

pintu bagasinya mirip an xtrail :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by mandala1 »

maskopat wrote: wong evo aja mirip GTR... kalo gak salah audi dulu tuh yang moncong kayak gitu.. terus GTR atau evo.. sekarang merk ente yang ngikuti...
maskopat wrote: iiih... pilar C si forti itu ganggu banget... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Hehehe........itu udah trademark nya toyota,, mitsu ga boleh niru2 yah.... :upss:
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by firawan6275 »

FortunerMan wrote:
maskopat wrote:menurut ane sih, ladder frame dan cuv gak suatu hal yang berbeda... emang sih, pada umumnya cuv pake monokok...
kalo gini, XJ masuk mana? dia monokok tapi SUV tulen juga...
Cherokee kalo mau beneran dipake kasar banyak yg pake stiffener... seperti http://www.cherokeeforum.com/f61/origin ... ner-15241/
Cherokees were originally designed to do the mall crawl in questionable weather, not to climb a 30-foot waterfall. As a result, the unibody will flex and eventually get bent out of shape causing issues with door-fitment, creaking and groaning while driving, and many other less than pleasant issues.

T&T was the first to come out with Uni-body stiffeners for your XJ and ours are constructed of 3/16" steel plate . By using our Unibody Stiffeners you can establish a sub-frame where there never has been one.
Coba aja CR-V diajak offroading...kan sama aja :mrgreen:
Boleh ikutan ya Om...

Mungkin setiap SUV untuk ngukur ketangguhannya bisa ditest kayak di link ini ya? No offense buat maniak SUV lain, tapi ini salah satu alasan kenapa ane percaya sama Jeep Cherokee..

http://www.youtube.com/watch?v=w0rCEeWCi5Q
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by firawan6275 »

billyd1773dz wrote:^^
kereen gan..... ford jd rounded toyota makin boxy......


klw XJ sih, nda murni unibody kok, beda konstruksinya dgn CRV.. lihat aja masih ada tulangnya mirip sasis di bawahnya, bedanya menyatu dgn body tidak d pisahkan bushing.
skrng wrangler JK juga jd unibody.

selain itu material body n framenya ga main2... klw mw ngebor sasis XJ effortnya 3x lipet ngebor sasis mobil jepang pa lgi sampe motong sesuatu........ siapin aja mata bor pengganti...
blm lgi klw ketukang ketok body biasanya minta harga lebih mahal... soalnya aloot...

tpi klw mw di siksa ga itu ladderframenya toyota atw unibody XJ tetep WAJIB di reinforce sasisnya klw mau awet..


thx
:beer:
Setuju bro Billy... IMO...apalagi sekarang konstruksi ladder frame vs unibody belum tentu menentukan kekuatan atau rigid tidaknya suatu SUV secara keseluruhan, juga untuk kemudahan handling..banyak sisi lain seperti kemampuan menyerap benturan pada saat terjadi crash..konstruksi ladder frame juga belum tentu menjamin struktur body tidak berubah atau membahayakan penumpang saat terjadi crash test..

CMIIW..Malah ada struktur unibody atau monokok mempunyai rating crash test lebih baik karena struktur framenya menganut sarang lebah yg dapat meyerap energi benturan sehingga cabin relatif utuh saat terjadi crash. Klo melihat konstruksinya, ladder frame menggabungkan body dengan frame di beberapa titik dengan mounting sehingga titik tersebut menanggung beban cukup berat saat terjadi body roll di medan ekstrim. Sementara konstruksi unibody lebih padu karena frame di satukan dengan body dengna spot welding.

IMO...Mungkin konstruksi Cherokee Country bisa jadi contoh, CMIIW 50% lebih rigid dibanding Cherokee XJ limited..gimana bro Billy? Memang ladder frame lebih rigid dan kuat, tapi klo bicara kestabilan kesatuan body dan frame..ane pikir unibody lebih baik..dan setuju klo main ekstrim sangat sedikit SUV standard yg bisa dihajar di medan ekstrim tanpa melakukan proses penguatan (reinforce).
Ane belum ketemu fakta test esktrim SUV standard untuk melihat ketangguhan kontruksinya..anyway, tetap salut juga buat Toyota yg masih konsisten dengan ladder framenya..
Thanks.
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by cruizer »

Ane sependapet ama yg di atas. Ceroki biar monokok tapi keker..
Pernah nih ade yg bilang monokok gak bise oprut, pas ane jawab ceroki eksje, tau taunye dibilang untuk ceroki pengecualian kekeke tetep ajeh judulnye monokok...

Kalow ngobrolin ladder banding monokok, pasti entar rame dah kekekek tinggal tunggu ajeh
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by firawan6275 »

cruizer wrote:Ane sependapet ama yg di atas. Ceroki biar monokok tapi keker..
Pernah nih ade yg bilang monokok gak bise oprut, pas ane jawab ceroki eksje, tau taunye dibilang untuk ceroki pengecualian kekeke tetep ajeh judulnye monokok...

Kalow ngobrolin ladder banding monokok, pasti entar rame dah kekekek tinggal tunggu ajeh
Setuju Bro..

Biarlah para pakar dan offroader yg punya pengalaman yg menjawab masalah ini. Ane yakin di pabrik pun tujuan desain juga ga untuk menjawab kebutuhan ekstrim tanpa perlu modifikasi kecuali memang klo pabriknya menyasar konsumen kelas ini.

Mungkin yg dicari adalah komprosi terhadap semua tuntutan sehingga klo pun perlu modifikasi juga minim, misalnya untuk kelas T3 ane yakin sudah banyak komponen asli mobil yg dipertahankan walaupun basic mobilnya tangguh.

IMO..yang penting sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Klo pun ada fanatikan terhadap merk sah-sah aja tanpa menjelekkan merk yang lain. Klo pun ada yg pake SUV hanya jadi Mall Terrain SUV ya ga pa2 juga, cuma sayang mubazir jadinya. Tapi sdh sulit didebat klo alasannya adalah selera dan kepercayaan masing2.

Bagi ane...There is only one Jeep, the real jeep is JEEP and it is built not bought...he3x ..No offense yah...
Thanks
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

^^
yup stebuh bngt om firawan dan cruizer..

klw di perhatiin mobil2 yg di pakai kompetisi oprut.. justru sasisnya d sunat dan di kawinin dgn rangka body tubular.. tdk pakai body mounting lagi yg memisahkan sasis dgn body... atw justru tdk pakai sasis dri mobil, konstruksinya jd body tubular semua tampa sasis yg terpisah. jd mirip dgn unibodynya XJ kan?
unibody XJ sepertinya tdk murni monokok karena masih ada tulangnya, yg membedakan tdk ada celah/mounting ke bodynya.. jd jgn di samain dgn crv....

klw nguping denger2 sih.. orang2 bikin mobil oprut kya gini, karena jaman skrng uda g kaya dulu lagi...dulu jip oprut selalu jangkung groundclearence tinggi kekar..skrng justru di buat ceper n memiliki center of gravity serendah mungkin dgn groundclearece secukupnya...suspension lift jd seminimal mungkin gantinya body di babat, dan malah d drop dgn menyatukan body dan sasis desain pun d ringkaskan mengejar fungsi... biasanya yg gini d speed, tpi skrng d adventure jg sudah mulai... gunanya tentu agar makin stabil dan ga mudah klontang.. klw pun masih pke body terpisah minimal konstruksi rollbar/body tubularnya pun dinyambung ke sasis agar makin kuat dan kaku..

cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

cruizer wrote:
Kalow ngobrolin ladder banding monokok, pasti entar rame dah kekekek tinggal tunggu ajeh
hehehe

klw menurut ane sih XJ itu tdk bisa mewakili kubu monokok atau pun kubu rigid.....

karena

XJ itu JEEP
jadi

"There's Only One!"

:big_peace: :beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

firawan6275 wrote:
Setuju bro Billy... IMO...apalagi sekarang konstruksi ladder frame vs unibody belum tentu menentukan kekuatan atau rigid tidaknya suatu SUV secara keseluruhan, juga untuk kemudahan handling..banyak sisi lain seperti kemampuan menyerap benturan pada saat terjadi crash..konstruksi ladder frame juga belum tentu menjamin struktur body tidak berubah atau membahayakan penumpang saat terjadi crash test..

IMO...Mungkin konstruksi Cherokee Country bisa jadi contoh, CMIIW 50% lebih rigid dibanding Cherokee XJ limited..gimana bro Billy? Memang ladder frame lebih rigid dan kuat, tapi klo bicara kestabilan kesatuan body dan frame..ane pikir unibody lebih baik..dan setuju klo main ekstrim sangat sedikit SUV standard yg bisa dihajar di medan ekstrim tanpa melakukan proses penguatan (reinforce).
Ane belum ketemu fakta test esktrim SUV standard untuk melihat ketangguhan kontruksinya..anyway, tetap salut juga buat Toyota yg masih konsisten dengan ladder framenya..
Thanks.
hehe IMO juga, klw masang rollbar d mobil bersasis terpisah di sarankan rollbarnya nyambung kesasis agar ikut ngikat, klw tdk saat terjadi insiden parah kya jatuh kejurang 80meter gtu(ihh amit-amittt) ada kemungkinan body dan sasis kepisah klw sasis yg sebagai tulangnya sampe lepas gmn bodynya tu...... klw unibody cukup di dalam body sudah aman tulang dan rangkanya tdk kemana2. eitss ini unibody xj yah.... ane gtw dgn monokok lainyah...

hmmmm.... sya lupa lagi 50% lebih kaku atw justru lebih lentur yah? hehehe..... klw efeknya sih country memang terasa lebih empuk,n handling lebih presisi dari limited.karena unibody bobot mobil bisa di peras,berat limited 1,3T country naik jd 1,45T badan seringan ini d genjot mesin 4000cc 6cyld 190ps hehehe bandingin dgn CRV n Xtrail 2ltr 1.4T, fortuner 2.7 ltr dan PS 2.5ltr sekitar 2T, padahal engine+GB xj jauhlebih besar..

bobot ringan jg bukan bearti body kaleng.

TKPnya d punclut bandung
Image
korban isengg..

mobil nya XJ limited 96 Tidak pke rollbar sama sekali.
klw pun ringsek, desain pilar2 asalkan tdk kena benturan dri luar, tidak akan bengkok kedalam membahayak penumpang.. dan selalu mengarah keluar.

klw soal kuat tdk sih relatif yah, gmn bahan dan KELAS mobilnya sehingga tdk bisa di generalisasikan.
kya pajero gen3 dia FISS, tpi ga bisa dunk di samain dgn FISSnya CRV 4x4?
monokok crv dgn unibody xj? :e-think: :e-think:

tpi enaknya pke rigid, klw suatu saat bengkok tu sasis bisa di ganti atw d btulin dgn mudah.

klw mau bwat terbang2 sih baik itu ladder atw unibody tetep harus d reinforce..


cmiiw

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:hmmmm.... sya lupa lagi 50% lebih kaku atw justru lebih lentur yah? hehehe..... klw efeknya sih country memang terasa lebih empuk,n handling lebih presisi dari limited.karena unibody bobot mobil bisa di peras,berat limited 1,3T country naik jd 1,45T badan seringan ini d genjot mesin 4000cc 6cyld 190ps hehehe bandingin dgn CRV n Xtrail 2ltr 1.4T, fortuner 2.7 ltr dan PS 2.5ltr sekitar 2T, padahal engine+GB xj jauhlebih besar..

klw soal kuat tdk sih relatif yah, gmn bahan dan KELAS mobilnya sehingga tdk bisa di generalisasikan.
kya pajero gen3 dia FISS, tpi ga bisa dunk di samain dgn FISSnya CRV 4x4?
monokok crv dgn unibody xj?
Bandinginnya sama Fortuner 4.0 dong kalo mau main 4.0 bro billy :D...masa 2.7 diadu sama 4.0 :P

Soal kelas saya setuju. Ladder frame kalo pake besi letoy ya gak ada gunanya juga. Makanya liat asal usul mobil itu juga...FISS CR-V gak bisa disamain dgn FISS Pajero...peruntukannya udah beda. Skrg kalo diliat di mobil kelas 300-400 juta baru yg mumpuni di ajak kasar ya trio Fortuner/Pajero Sport/Everest. Asal usul jelas tangguh dari Hilux/Triton/Ranger, ada 4WD low gear.

Cherokee, Pajero, Range Rover kan bukan pure unibody lagi..tapi reinforced unibody. Mereka menggabungkan advantages dari unibody DAN ladder frame...gesit seperti unibody, rigid seperti ladder frame. Sepertinya Toyota lebih konservatif - SUV badaknya PASTI ladder frame, dr Fortuner sampe LX470.
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
cruizer wrote:
Kalow ngobrolin ladder banding monokok, pasti entar rame dah kekekek tinggal tunggu ajeh
hehehe

klw menurut ane sih XJ itu tdk bisa mewakili kubu monokok atau pun kubu rigid.....

karena

XJ itu JEEP
jadi

"There's Only One!"

:big_peace: :beer:
Seperti kata bro billy diatas,
billyd1773dz wrote:klw XJ sih, nda murni unibody kok, beda konstruksinya dgn CRV.. lihat aja masih ada tulangnya mirip sasis di bawahnya, bedanya menyatu dgn body tidak d pisahkan bushing
Nah Pajero dan Range Rover pun pake sistem campur aduk begini (bukan pure monokok).

SUV badak yang pake pure unibody apa ya? Touareg? Q7?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

FortunerMan wrote: Bandinginnya sama Fortuner 4.0 dong kalo mau main 4.0 bro billy :D...masa 2.7 diadu sama 4.0 :P

Soal kelas saya setuju. Ladder frame kalo pake besi letoy ya gak ada gunanya juga. Makanya liat asal usul mobil itu juga...FISS CR-V gak bisa disamain dgn FISS Pajero...peruntukannya udah beda. Skrg kalo diliat di mobil kelas 300-400 juta baru yg mumpuni di ajak kasar ya trio Fortuner/Pajero Sport/Everest. Asal usul jelas tangguh dari Hilux/Triton/Ranger, ada 4WD low gear.

Cherokee, Pajero, Range Rover kan bukan pure unibody lagi..tapi reinforced unibody. Mereka menggabungkan advantages dari unibody DAN ladder frame...gesit seperti unibody, rigid seperti ladder frame. Sepertinya Toyota lebih konservatif - SUV badaknya PASTI ladder frame, dr Fortuner sampe LX470.

SUV badak yang pake pure unibody apa ya? Touareg? Q7?
iya om, maksud sya ngebandingin berat mobilnya, XJ yg 4000cc aja sudah lebih ringan dari yang 2,7ltr apa lgi dgn yang 4ltr V6 juga?klw tenaga sih 1GR-FEnya toyota ganas tu.. 235ps klw nda salah...
klw uda masuk SUV premium kyanya sih enginernya juga uda nda pelit bahan bwat ngereinforce dan bikin struktur yg kuat?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote: Bandinginnya sama Fortuner 4.0 dong kalo mau main 4.0 bro billy :D...masa 2.7 diadu sama 4.0 :P

Soal kelas saya setuju. Ladder frame kalo pake besi letoy ya gak ada gunanya juga. Makanya liat asal usul mobil itu juga...FISS CR-V gak bisa disamain dgn FISS Pajero...peruntukannya udah beda. Skrg kalo diliat di mobil kelas 300-400 juta baru yg mumpuni di ajak kasar ya trio Fortuner/Pajero Sport/Everest. Asal usul jelas tangguh dari Hilux/Triton/Ranger, ada 4WD low gear.

Cherokee, Pajero, Range Rover kan bukan pure unibody lagi..tapi reinforced unibody. Mereka menggabungkan advantages dari unibody DAN ladder frame...gesit seperti unibody, rigid seperti ladder frame. Sepertinya Toyota lebih konservatif - SUV badaknya PASTI ladder frame, dr Fortuner sampe LX470.

SUV badak yang pake pure unibody apa ya? Touareg? Q7?
iya om, maksud sya ngebandingin berat mobilnya, XJ yg 4000cc aja sudah lebih ringan dari yang 2,7ltr apa lgi dgn yang 4ltr V6 juga?klw tenaga sih 1GR-FEnya toyota ganas tu.. 235ps klw nda salah...
klw uda masuk SUV premium kyanya sih enginernya juga uda nda pelit bahan bwat ngereinforce dan bikin struktur yg kuat?

thx
:beer:
Ya itu keuntungannya unibody kan...relatif lebih ringan. Keuntungannya ladder frame ada juga. Kalau mau the best of both sides, digabungkan seperti di XJ, Pajero, dan RR. Jadi kategorinya ada 3.
1. Unibody/monokok
2. Body on frame/ladder frame (Landcruiser, G-Class, Patrol, Pathfinder, 4Runner)
3. Campuran (XJ, Pajero, dan Range Rover...dan..Grand Vitara)

Yang saya mau tau kategori no.1...mana yang bisa dikategorikan SUV tulen? Touareg? Q7?
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

billyd1773dz wrote:skrng wrangler JK juga jd unibody.
Yang mana bro yg unibody? Kalo ane baca di websitenya sih body on frame.

http://www.jeep.com/en/2009/wrangler/sa ... rity_tour/

Image
Wrangler’s body-on-frame construction is fully boxed for added strength, stiffness and durability. A boxed body-on-frame design enhances suspension performance, reduces noise, vibration and harshness, and helps eliminate creaks and groans.
Grand Cherokee pun bukan pure unibody, tapi namanya Uniframe
UniFrame is an unusual construction scheme, it incorporates all of the strength and durability of a body-on-frame construction into a unitized construction. By adding stiffness and rigidity to the structure, they enhanced the ride and strengthened the network of steel beams, rails and pillars (or "safety cage") that surround and protect occupants. More than 70 percent of the underbody is high-strength steel. All Jeep Grand Cherokees feature UniFrame construction.
Jadi, SUV tulen yg pure unibody yang mana ya...Cayenne?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

nah, ini kayaknya masalah definisi lagi nih....
kalo GC, Disco, pajero setahu ane pake monokok yang diperkuat... seperti gabungan ladder dan monokok..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

sepertinya ke depan, SUV bakal berevolusi dari body on frame ke unibody construction atau bisa jadi ke full monokok. teknologi tinggi dan penggunaan material khusus akan kontribusi kesini.
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Ini iklan youtubenya 4Runner baru - lebih ganteng dr foto2nya kalo diliat bergerak...

http://www.youtube.com/watch?v=nP9oWnT- ... r_embedded
Dari press releasenya
In addition to the upgraded V6 engine, a proven 2.7-liter four-cylinder engine with VVT-i is available on the 4x2 SR5 model. The gutsy DOHC, 16-valve 2.7 makes 157 horsepower and 178 lb-ft of torque. Mated to a four-speed automatic transmission with 2.80:1 first gear and 0.753 overdrive 4th, the 2.7 delivers 18 city/23 highway mpg.
Hi hi...familiar banget nih spek.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by zweifellos »

dari depan kek mobil ala amerika cuman rada kurusan. dari samping dan belakang jadi mirip land cruiser kecil.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

kayanya ini sharing sama New Prado..?
cuma bedanya di New prado ga pake mesin 2TR-FE lagi?
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

GTR wrote:kayanya ini sharing sama New Prado..?
cuma bedanya di New prado ga pake mesin 2TR-FE lagi?
Memang 4Runner share platform sama Prado dan FJ Cruiser (pake basis Tacoma)

New Prado pun masih pake 2TR-FE http://www.kompas.com/tcorner/read/0//2 ... in.canggih
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

udah mulai banyak assist offroad electronic di 4runner ini, kayanya ada crawl juga.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

itu yang ane takutkan, banyak komponen elektronik di prado.. biasanya mobil tempur gini jarang pake elektronik yang rumit dan canggih..
mudah2an toyota sudah dapat membuat komponen elektronik pada mobil tempurnya cukup durable sedurable mekanik...
:big_peace: :big_peace:

kalo ane lihat si 4runner sih mungkin gak terlalu masalah karena mobil ini tidak ditargetkan sebagai mobil tempur seperti prado..
kalo prado lama top dah, banyak dipake di medan tempur, seperti hilux.. kalo yang baru, yang sudah banyak elektroniknya, kita tunggu aja perkembangannya..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by GTR »

Prado baru bukannya udah banyak elektronik buat 4wd nya yah.
elektronik ga terlalu masalah harusnya, udah banyak SUV yg pake juga.
disamping ABS & komputer mesin itu sendiri, disel sekalipun.
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:kalo ane lihat si 4runner sih mungkin gak terlalu masalah karena mobil ini tidak ditargetkan sebagai mobil tempur seperti prado..
kalo prado lama top dah, banyak dipake di medan tempur, seperti hilux.. kalo yang baru, yang sudah banyak elektroniknya, kita tunggu aja perkembangannya..
Yah liatnya dr mana ya....jelas2 4Runner/Prado udah platform sama, mesin sama, elektronik banyak mirip2 - kok bisa bilang 4Runner bukan buat "tempur" seperti Prado :P Baca dong press releasenye...

Ya itu lah namanya perkembangan jaman...kalo mau gak pake pernik2 elektronik - beli aja mobil thn 60an :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

GTR wrote:Prado baru bukannya udah banyak elektronik buat 4wd nya yah.
elektronik ga terlalu masalah harusnya, udah banyak SUV yg pake juga.
disamping ABS & komputer mesin itu sendiri, disel sekalipun.
kalo ABS, ECU mesin, mungkin udah cukup bagus..
tapi yang ngontrol drive train ini yang masih ragu.. mudah2an gak masalah yah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green