SerayaMotor.com

Indonesian Automotive Discussion Forum
It is currently 31 Aug 2014, 13:16

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 333 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 14  Next

Merk Radiator Coolant pilihan anda
Top1 Radiator Coolant 10%  10%  [ 5 ]
Sonax Radiator Coolant 8%  8%  [ 4 ]
Proxima Coolant for Radiator 0%  0%  [ 0 ]
Prestone Ready to use Coolant 60%  60%  [ 29 ]
Seiken bear brand Coolant 4%  4%  [ 2 ]
Jumbo Radiator Coolant 6%  6%  [ 3 ]
Wurth Sabesto Radiator Coolant 4%  4%  [ 2 ]
Megacool Radiator Coolant 6%  6%  [ 3 ]
Total votes : 48
Author Message
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 09:14 
Offline
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 21 Dec 2007, 11:45
Posts: 5767
Kini telah banyak merk2 radiator coolant di pasaran. Dan saya berencana menjual merk yg sudah terbukti kualitasnya. Kalo menurut Smer merk apa yg terbaik kalau diukur dari jumlah konsentratnya, pendinginan, dan harganya. Apakah radiator coolant ini benar2 berpengaruh terhadap performa mesin?

_________________
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 12:23 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
kalo ane sigh uda perna make top1, seiken, prestone ama megacool.... smuanya sama2 bagus koq, kaga bikin rusak radiator... tapi harga emang beda... paling murah itu megacool, diikuti top1, lalu seiken dan prestone... btw paling laris kayanya cuman top1 ama prestone doank nehh kalo ane perhatiin...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 13:24 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 05 Aug 2008, 08:11
Posts: 2541
om noken as..perbedaan ap yang paling signifikan apabila kita pake yang murah sama yang mahal heheheh..(kalo yang murah bagus pain beli yang lebih mahal)..kaya iklan yah hehehehhe :big_peace:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 13:53 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
@BADAK: coba bro dibaca2 link ini..........viewtopic.php?f=18&t=2063&start=0


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 13:55 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
spt yg ane pernah tulis, ane pilih prestone, tp bukan yg ready to use ya........ tp yg literan, yg dicampur ama air lagi..... dg perbandingan 50 % coolant & 50 % air.......... :e-whistle:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 17:21 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
om madeinandy : kalo yg terjadi di mobil ane sigh, kayanya kaga ada beda tuh, ane pake bertaon2 kaga ada masalah, cuman kalo yg agak mahal macam prestone itu, entah ini sugesti atau bukan, tapi indikator temperatur nya lebi adem ketimbang yg agak murahan... sperti di sedan ane dulu, kalo pake aer biasa, temperatur bisa naek ampe pas di level stengah, tapi kalo pake yg agak murah coolantnya, dia turun dibawah stengah sedikittttttt...... tapi kalo pake prestone, turun lagi.......
btw liat jenis mesin dan radiatornya bro, kalo yg dari aluminium apalagi mobil2 modern, ane lebi saranin pake yg mahal, karena disitu dicantum dgn jelas kandungan nya dan dijamin aman buat aluminium, tp kalo yg murahan kadang ga ditulis.... tapi megacool yg kluaran akhir2 ini uda ditulis aman buat aluminium jg sigh...

@ om sjma : ane jg sama ama ente, pake yg ntuh prestone skrg, tapi perbandingan ane itu, 30 % coolant, 70% air suling... biar mesin cepet mencapai suhu kerjanya gt...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 17:51 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
DOHC wrote:

@ om sjma : ane jg sama ama ente, pake yg ntuh prestone skrg, tapi perbandingan ane itu, 30 % coolant, 70% air suling... biar mesin cepet mencapai suhu kerjanya gt...

mesin bisa cepat mencapai suhu kerjanya berkat bantuan thermostart, jadi wlp di mbl ane pakenya setengah2, suhu kerja bisa cepat dicapai....

di mbl ane, standard pabriknya ga pake thermostart....... dg bantuan seorang teman, ane pasangin tambahan thermostart, jadi jarum temperatur bisa mencapai setengah kurang sedikit......... n wlp mbl dipake seharian itu jarum ga bergerak dr posisi itu, jadi tetap aja setengah kurang sedikit.....
sebelon pake thermostart itu jarum nyender di bawah.......... :ungg:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 17:57 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
ohh gt toh ternyata.... tapi alesan ane bikin campuran itu jg biar irit di kantong jg sehh... mahal soalnya si prestone itu.... dan lagi masi ckup memberi perlindungan ke water jacket jg sigh kayanya...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 17:59 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
DOHC wrote:
ohh gt toh ternyata.... tapi alesan ane bikin campuran itu jg biar irit di kantong jg sehh... mahal soalnya si prestone itu.... dan lagi masi ckup memberi perlindungan ke water jacket jg sigh kayanya...

ga masalah bro....... yg penting itu radiator mendapatkan perlindungan........ jadi ga cepat berkarat shg radiator bisa memberikan manfaat yg semestinya................ :frm_tumbright:





Nampaknya ada yg aneh dehhhh................. ga biasa2nya ane kaga OOT..................... :upss:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 18:52 
Offline
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
User avatar

Joined: 27 Aug 2009, 11:41
Posts: 42
kalo gua sekarang pake castrol yg literan. gua pake 2 liter, sisanya air.. bagus tuh kalo kita pegang cairannya kaya mengandung sejenis lilin...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 18:54 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
sjamsul wrote:
DOHC wrote:
ohh gt toh ternyata.... tapi alesan ane bikin campuran itu jg biar irit di kantong jg sehh... mahal soalnya si prestone itu.... dan lagi masi ckup memberi perlindungan ke water jacket jg sigh kayanya...

ga masalah bro....... yg penting itu radiator mendapatkan perlindungan........ jadi ga cepat berkarat shg radiator bisa memberikan manfaat yg semestinya................ :frm_tumbright:





Nampaknya ada yg aneh dehhhh................. ga biasa2nya ane kaga OOT..................... :upss:


itu tandanya ente uda siap utk jadi camod, sama ama om meong tuh om sjam...

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 18:56 
Offline
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Posts: 12921
Location: in engine bay with carbonfibre as roof
karupin wrote:
kalo gua sekarang pake castrol yg literan. gua pake 2 liter, sisanya air.. bagus tuh kalo kita pegang cairannya kaya mengandung sejenis lilin...


umumnya yg gw pake sigh emang kalo dipegang berasa kaya ada lilin gt, tapi kalo yg kelas murmer kaya megacool sigh kaga berasa licin gt... tapi ntuh merek not bad koq, tapi ane recommend sigh buat yg mobil2 yg mesin nya masi non aluminium aja yah

_________________
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 20:57 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:11 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
imsus2c wrote:
seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head: ..


emangnye dah berapa lama bro itu air radiator diganti terakhir kalinya............ :e-think: ...


yg penting nt perhatikan jangka waktu penggantiannya........ spy radiator bisa bekerja maksimal.............. :e-whistle:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:17 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head: ..


emangnye dah berapa lama bro itu air radiator diganti terakhir kalinya............ :e-think: ...


yg penting nt perhatikan jangka waktu penggantiannya........ spy radiator bisa bekerja maksimal.............. :e-whistle:


terakhir kuras bulan april 2008, jadi sudah 1.5 tahun

bagusnya, kuras radiator tiap berapa tahun/km sih meneer? :thanks:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:19 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head:


mgkn sentimennya lebih ke produk oli-nya meneer..., kalo sentimen utk produk lain dengan merk sama, saya kok belum pernah lihat/baca :e-think:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:24 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
imsus2c wrote:

terakhir kuras bulan april 2008, jadi sudah 1.5 tahun

bagusnya, kuras radiator tiap berapa tahun/km sih meneer? :thanks:

waksss........... pantesan aja ada karatnya............ :frm_bang_head: ...


klo ane biasanya setahun sekali........ n nampaknya ane pernah tulis deh............ tp ane lupa di thread mana............ n khusus buat nt ane tulis lagi deh.........

ane gantinya tiap perpanjang stnk........... pas perpanjang stnk, ane ganti deh itu air radiator........ n campuran airnya juga harus diperhatikan klo mau baik............ jadi klo ganti air radiator bukan berdasarkan km, tp berdasarkan waktu yaitu setaon sekali............ hal ini ane lakukan spy radiator terjaga kesehatannya................. :e-whistle:

u r welcome..........


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:34 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
sjamsul wrote:
imsus2c wrote:

terakhir kuras bulan april 2008, jadi sudah 1.5 tahun

bagusnya, kuras radiator tiap berapa tahun/km sih meneer? :thanks:

waksss........... pantesan aja ada karatnya............ :frm_bang_head: ...


klo ane biasanya setahun sekali........ n nampaknya ane pernah tulis deh............ tp ane lupa di thread mana............ n khusus buat nt ane tulis lagi deh.........

ane gantinya tiap perpanjang stnk........... pas perpanjang stnk, ane ganti deh itu air radiator........ n campuran airnya juga harus diperhatikan klo mau baik............ jadi klo ganti air radiator bukan berdasarkan km, tp berdasarkan waktu yaitu setaon sekali............ hal ini ane lakukan spy radiator terjaga kesehatannya................. :e-whistle:

u r welcome..........


doh... :e-doh: berarti tiap tahun collateral costnya lumayan ribet dong :ungg:

yg udah jelas dijadwalkan dan ketauan
-bayar pkb/stnk
-servis rem dan kuras minyaknya
-servis radiator dan kuras cairannya
-rotasi, balancing dan spoooring roda
-kuras dan ganti oli mesin/transmisi (kalau ngepasi jadwalnya)
-servis besar/tune up
-periksa kaki2


... :ngacir:

tapi ga apa2 deh... selama mobil bisa selalu bugar dan diandalkan setiap saat :off_good:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:44 
Offline
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
User avatar

Joined: 05 Aug 2008, 08:11
Posts: 2541
imsus2c wrote:
sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head:


mgkn sentimennya lebih ke produk oli-nya meneer..., kalo sentimen utk produk lain dengan merk sama, saya kok belum pernah lihat/baca :e-think:


tapi kayakny oli power stering ny juga ok loh bener gak yah hehheheh :e-think:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 21:50 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 22:07 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
sjamsul wrote:
^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Ja, meneer... maksud saya kuras aja... tapi secara di mobil saya ga ada lubang pembuangannya, terpaksa kuras ini dilakukan dengan cara copot selang, bersihin bekas sealer-nya, trus kasih sealer lagi dan pasang selang lagi... memang ga sampe turunin radiator sih

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 22:14 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
imsus2c wrote:
sjamsul wrote:
^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Ja, meneer... maksud saya kuras aja... tapi secara di mobil saya ga ada lubang pembuangannya, terpaksa kuras ini dilakukan dengan cara copot selang, bersihin bekas sealer-nya, trus kasih sealer lagi dan pasang selang lagi... memang ga sampe turunin radiator sih

ohhh.... sip2..................btw klo boleh tau mbl nt apa nih..........kok ga ada pembuangan air radiatornya ya.......... :e-think:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 22:27 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Posts: 6174
Location: almost there...
sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
sjamsul wrote:
^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Ja, meneer... maksud saya kuras aja... tapi secara di mobil saya ga ada lubang pembuangannya, terpaksa kuras ini dilakukan dengan cara copot selang, bersihin bekas sealer-nya, trus kasih sealer lagi dan pasang selang lagi... memang ga sampe turunin radiator sih

ohhh.... sip2..................btw klo boleh tau mbl nt apa nih..........kok ga ada pembuangan air radiatornya ya.......... :e-think:


Hyundai Santa Fe, thn 2001, memang begitu adanya meneer... harus copot selang....atau jangan2 cari lubangnya yg ga teliti nih :ungg:

_________________
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 22:28 
Offline
SM Moderator
SM Moderator
User avatar

Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Posts: 9291
Location: Surabaya, Pakuwon City East Coast
Dari semua penjelasn panjang lebar di tret ini yang masuk banget di otak ane cuma quote ini :
sjamsul wrote:

Nampaknya ada yg aneh dehhhh................. ga biasa2nya ane kaga OOT..................... :upss:



........... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

_________________
Anda sudah TEST DRIVE belum?...


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
PostMessage posted...: 15 Sep 2009, 22:30 
Offline
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
User avatar

Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Posts: 10340
Location: betawi barat
^^

coba dong nt tanyakan ama beresnya......... barangkali lubangnya tersembunyi atau ada cara lain yg lbh mudah, siapa tau nt jadi lbh mudah saat kuras radiator.............. :ungg:


Top
Bookmark and Share  Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 333 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 14  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Yandex [Bot] and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
Hosting by SerayaHost.com - SerayaGroup.com