Hallo,
Menjelang datangnya hari Paskah, forum Seraya Motor mengadakan acara Bakti Sosial. Dimohon kiranya rekan2 forum dapat ikut berpartisipasi di dalamnya.
Link : viewtopic.php?f=13&t=22181
Jumlah dana hingga saat ini (26Mar) : 999.000
Terima kasih.

Merk radiator coolant terbaik

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: ricz, y_anjasrana, imingwahyudi, madcat015, ChZ, billyd1773dz, amfibi, imsus2c, ZombiEE, Turboman

Merk Radiator Coolant pilihan anda

Top1 Radiator Coolant
5
10%
Sonax Radiator Coolant
4
8%
Proxima Coolant for Radiator
0
No votes
Prestone Ready to use Coolant
31
62%
Seiken bear brand Coolant
2
4%
Jumbo Radiator Coolant
3
6%
Wurth Sabesto Radiator Coolant
2
4%
Megacool Radiator Coolant
3
6%
 
Total votes: 50

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5767
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Merk radiator coolant terbaik

Postby BADAK » 15 Sep 2009, 09:14

Kini telah banyak merk2 radiator coolant di pasaran. Dan saya berencana menjual merk yg sudah terbukti kualitasnya. Kalo menurut Smer merk apa yg terbaik kalau diukur dari jumlah konsentratnya, pendinginan, dan harganya. Apakah radiator coolant ini benar2 berpengaruh terhadap performa mesin?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13961
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby DOHC » 15 Sep 2009, 12:23

kalo ane sigh uda perna make top1, seiken, prestone ama megacool.... smuanya sama2 bagus koq, kaga bikin rusak radiator... tapi harga emang beda... paling murah itu megacool, diikuti top1, lalu seiken dan prestone... btw paling laris kayanya cuman top1 ama prestone doank nehh kalo ane perhatiin...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: 05 Aug 2008, 08:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby buatandi » 15 Sep 2009, 13:24

om noken as..perbedaan ap yang paling signifikan apabila kita pake yang murah sama yang mahal heheheh..(kalo yang murah bagus pain beli yang lebih mahal)..kaya iklan yah hehehehhe :big_peace:

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 13:53

@BADAK: coba bro dibaca2 link ini..........viewtopic.php?f=18&t=2063&start=0

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 13:55

spt yg ane pernah tulis, ane pilih prestone, tp bukan yg ready to use ya........ tp yg literan, yg dicampur ama air lagi..... dg perbandingan 50 % coolant & 50 % air.......... :e-whistle:

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13961
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby DOHC » 15 Sep 2009, 17:21

om madeinandy : kalo yg terjadi di mobil ane sigh, kayanya kaga ada beda tuh, ane pake bertaon2 kaga ada masalah, cuman kalo yg agak mahal macam prestone itu, entah ini sugesti atau bukan, tapi indikator temperatur nya lebi adem ketimbang yg agak murahan... sperti di sedan ane dulu, kalo pake aer biasa, temperatur bisa naek ampe pas di level stengah, tapi kalo pake yg agak murah coolantnya, dia turun dibawah stengah sedikittttttt...... tapi kalo pake prestone, turun lagi.......
btw liat jenis mesin dan radiatornya bro, kalo yg dari aluminium apalagi mobil2 modern, ane lebi saranin pake yg mahal, karena disitu dicantum dgn jelas kandungan nya dan dijamin aman buat aluminium, tp kalo yg murahan kadang ga ditulis.... tapi megacool yg kluaran akhir2 ini uda ditulis aman buat aluminium jg sigh...

@ om sjma : ane jg sama ama ente, pake yg ntuh prestone skrg, tapi perbandingan ane itu, 30 % coolant, 70% air suling... biar mesin cepet mencapai suhu kerjanya gt...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 17:51

DOHC wrote:
@ om sjma : ane jg sama ama ente, pake yg ntuh prestone skrg, tapi perbandingan ane itu, 30 % coolant, 70% air suling... biar mesin cepet mencapai suhu kerjanya gt...

mesin bisa cepat mencapai suhu kerjanya berkat bantuan thermostart, jadi wlp di mbl ane pakenya setengah2, suhu kerja bisa cepat dicapai....

di mbl ane, standard pabriknya ga pake thermostart....... dg bantuan seorang teman, ane pasangin tambahan thermostart, jadi jarum temperatur bisa mencapai setengah kurang sedikit......... n wlp mbl dipake seharian itu jarum ga bergerak dr posisi itu, jadi tetap aja setengah kurang sedikit.....
sebelon pake thermostart itu jarum nyender di bawah.......... :ungg:

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13961
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby DOHC » 15 Sep 2009, 17:57

ohh gt toh ternyata.... tapi alesan ane bikin campuran itu jg biar irit di kantong jg sehh... mahal soalnya si prestone itu.... dan lagi masi ckup memberi perlindungan ke water jacket jg sigh kayanya...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 17:59

DOHC wrote:ohh gt toh ternyata.... tapi alesan ane bikin campuran itu jg biar irit di kantong jg sehh... mahal soalnya si prestone itu.... dan lagi masi ckup memberi perlindungan ke water jacket jg sigh kayanya...

ga masalah bro....... yg penting itu radiator mendapatkan perlindungan........ jadi ga cepat berkarat shg radiator bisa memberikan manfaat yg semestinya................ :frm_tumbright:





Nampaknya ada yg aneh dehhhh................. ga biasa2nya ane kaga OOT..................... :upss:

User avatar
karupin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 27 Aug 2009, 11:41

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby karupin » 15 Sep 2009, 18:52

kalo gua sekarang pake castrol yg literan. gua pake 2 liter, sisanya air.. bagus tuh kalo kita pegang cairannya kaya mengandung sejenis lilin...

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13961
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby DOHC » 15 Sep 2009, 18:54

sjamsul wrote:
DOHC wrote:ohh gt toh ternyata.... tapi alesan ane bikin campuran itu jg biar irit di kantong jg sehh... mahal soalnya si prestone itu.... dan lagi masi ckup memberi perlindungan ke water jacket jg sigh kayanya...

ga masalah bro....... yg penting itu radiator mendapatkan perlindungan........ jadi ga cepat berkarat shg radiator bisa memberikan manfaat yg semestinya................ :frm_tumbright:





Nampaknya ada yg aneh dehhhh................. ga biasa2nya ane kaga OOT..................... :upss:


itu tandanya ente uda siap utk jadi camod, sama ama om meong tuh om sjam...
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 13961
Joined: 01 Feb 2009, 00:48

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby DOHC » 15 Sep 2009, 18:56

karupin wrote:kalo gua sekarang pake castrol yg literan. gua pake 2 liter, sisanya air.. bagus tuh kalo kita pegang cairannya kaya mengandung sejenis lilin...


umumnya yg gw pake sigh emang kalo dipegang berasa kaya ada lilin gt, tapi kalo yg kelas murmer kaya megacool sigh kaga berasa licin gt... tapi ntuh merek not bad koq, tapi ane recommend sigh buat yg mobil2 yg mesin nya masi non aluminium aja yah
16 valves double over head camshaft

clutch, shift, pedal to the floor...

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby imsus2c » 15 Sep 2009, 20:57

seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 21:11

imsus2c wrote:seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head: ..


emangnye dah berapa lama bro itu air radiator diganti terakhir kalinya............ :e-think: ...


yg penting nt perhatikan jangka waktu penggantiannya........ spy radiator bisa bekerja maksimal.............. :e-whistle:

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby imsus2c » 15 Sep 2009, 21:17

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head: ..


emangnye dah berapa lama bro itu air radiator diganti terakhir kalinya............ :e-think: ...


yg penting nt perhatikan jangka waktu penggantiannya........ spy radiator bisa bekerja maksimal.............. :e-whistle:


terakhir kuras bulan april 2008, jadi sudah 1.5 tahun

bagusnya, kuras radiator tiap berapa tahun/km sih meneer? :thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby imsus2c » 15 Sep 2009, 21:19

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head:


mgkn sentimennya lebih ke produk oli-nya meneer..., kalo sentimen utk produk lain dengan merk sama, saya kok belum pernah lihat/baca :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 21:24

imsus2c wrote:
terakhir kuras bulan april 2008, jadi sudah 1.5 tahun

bagusnya, kuras radiator tiap berapa tahun/km sih meneer? :thanks:

waksss........... pantesan aja ada karatnya............ :frm_bang_head: ...


klo ane biasanya setahun sekali........ n nampaknya ane pernah tulis deh............ tp ane lupa di thread mana............ n khusus buat nt ane tulis lagi deh.........

ane gantinya tiap perpanjang stnk........... pas perpanjang stnk, ane ganti deh itu air radiator........ n campuran airnya juga harus diperhatikan klo mau baik............ jadi klo ganti air radiator bukan berdasarkan km, tp berdasarkan waktu yaitu setaon sekali............ hal ini ane lakukan spy radiator terjaga kesehatannya................. :e-whistle:

u r welcome..........

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby imsus2c » 15 Sep 2009, 21:34

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
terakhir kuras bulan april 2008, jadi sudah 1.5 tahun

bagusnya, kuras radiator tiap berapa tahun/km sih meneer? :thanks:

waksss........... pantesan aja ada karatnya............ :frm_bang_head: ...


klo ane biasanya setahun sekali........ n nampaknya ane pernah tulis deh............ tp ane lupa di thread mana............ n khusus buat nt ane tulis lagi deh.........

ane gantinya tiap perpanjang stnk........... pas perpanjang stnk, ane ganti deh itu air radiator........ n campuran airnya juga harus diperhatikan klo mau baik............ jadi klo ganti air radiator bukan berdasarkan km, tp berdasarkan waktu yaitu setaon sekali............ hal ini ane lakukan spy radiator terjaga kesehatannya................. :e-whistle:

u r welcome..........


doh... :e-doh: berarti tiap tahun collateral costnya lumayan ribet dong :ungg:

yg udah jelas dijadwalkan dan ketauan
-bayar pkb/stnk
-servis rem dan kuras minyaknya
-servis radiator dan kuras cairannya
-rotasi, balancing dan spoooring roda
-kuras dan ganti oli mesin/transmisi (kalau ngepasi jadwalnya)
-servis besar/tune up
-periksa kaki2


... :ngacir:

tapi ga apa2 deh... selama mobil bisa selalu bugar dan diandalkan setiap saat :off_good:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: 05 Aug 2008, 08:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby buatandi » 15 Sep 2009, 21:44

imsus2c wrote:
sjamsul wrote:
imsus2c wrote:seminggu lalu barusan ganti selang radiator dan dikuras isinya... trus dikasi topwan..., maklum di bengkel cuman ada itu

sebelumnya saya lupa bin ga tau diisi merk apa, yg jelas warnanya jg sama-sama ijo, tapi saat cairan lama dikuras/dibuang, terlihat airnya ada campuran karatnya (kecoklat coklatan)

seminggu ini setelah saya ganti selang dan radiator, mobil sudah jalan 700an KM, semalam malah tak bawa luar kota (smg-solo-mjk), dan nampaknya jarum penunjuk temperaturnya baik2 aja...maksudnya suhu mesin normal

ga napa2 bro............ merk tsb juga ok loh........... cuma aja banyak yg sentimen ama merk tsb....... :frm_bang_head:


mgkn sentimennya lebih ke produk oli-nya meneer..., kalo sentimen utk produk lain dengan merk sama, saya kok belum pernah lihat/baca :e-think:


tapi kayakny oli power stering ny juga ok loh bener gak yah hehheheh :e-think:

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 21:50

^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby imsus2c » 15 Sep 2009, 22:07

sjamsul wrote:^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Ja, meneer... maksud saya kuras aja... tapi secara di mobil saya ga ada lubang pembuangannya, terpaksa kuras ini dilakukan dengan cara copot selang, bersihin bekas sealer-nya, trus kasih sealer lagi dan pasang selang lagi... memang ga sampe turunin radiator sih
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 22:14

imsus2c wrote:
sjamsul wrote:^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Ja, meneer... maksud saya kuras aja... tapi secara di mobil saya ga ada lubang pembuangannya, terpaksa kuras ini dilakukan dengan cara copot selang, bersihin bekas sealer-nya, trus kasih sealer lagi dan pasang selang lagi... memang ga sampe turunin radiator sih

ohhh.... sip2..................btw klo boleh tau mbl nt apa nih..........kok ga ada pembuangan air radiatornya ya.......... :e-think:

User avatar
imsus2c
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 6441
Joined: 31 Jul 2007, 21:11

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby imsus2c » 15 Sep 2009, 22:27

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:
sjamsul wrote:^^
bro, maksud nt serpis radiator dan kuras cairannya apa ya.......... :e-think: ..


mungkin maksud nt adalah kuras radiator aja ya......... tanpa serpis........ krn pengertian servis di tempat ane adalah itu radiator dilepas dari mobil, baru dibersihkan............ :ungg:


Ja, meneer... maksud saya kuras aja... tapi secara di mobil saya ga ada lubang pembuangannya, terpaksa kuras ini dilakukan dengan cara copot selang, bersihin bekas sealer-nya, trus kasih sealer lagi dan pasang selang lagi... memang ga sampe turunin radiator sih

ohhh.... sip2..................btw klo boleh tau mbl nt apa nih..........kok ga ada pembuangan air radiatornya ya.......... :e-think:


Hyundai Santa Fe, thn 2001, memang begitu adanya meneer... harus copot selang....atau jangan2 cari lubangnya yg ga teliti nih :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
AD74YA
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9524
Joined: 13 Jun 2008, 02:51

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby AD74YA » 15 Sep 2009, 22:28

Dari semua penjelasn panjang lebar di tret ini yang masuk banget di otak ane cuma quote ini :
sjamsul wrote:
Nampaknya ada yg aneh dehhhh................. ga biasa2nya ane kaga OOT..................... :upss:



........... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10355
Joined: 26 Aug 2008, 00:56

Re: Merk radiator coolant terbaik

Postby sjamsul » 15 Sep 2009, 22:30

^^

coba dong nt tanyakan ama beresnya......... barangkali lubangnya tersembunyi atau ada cara lain yg lbh mudah, siapa tau nt jadi lbh mudah saat kuras radiator.............. :ungg:


Return to “Polling Corner”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests